Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Aksara Murda

2 min read

aksara murda

Aksara Murda –Ada yang mengatakan bahwa tidak lengkap kalau belajar menulis Jawa, namun tidak belajar aksara yang satu ini. Aksara jawa sendiri sudah dikenal sejak dulu. Yang peling terkenal adalah Hanacaraka.

Ketika belajar Bahasa Indonesia, maka akan belajar beberapa kata yang menunjukkan nama, gelar dan tempat yang semua di tulis dengan huruf kapital.

Contoh sederhanya adalah nama orang atau jabatan, maka menggunakan huruf kapital untuk menghormati subjek tersebut. Supaya lebih jelas lagi, simak pembahasannya secara lengkap hingga selesai.

Pengertian Aksara Murda

Pengertian Aksara Murda

Aksara murda yaiku salah siji jenise aksara kang ana ing tata tulis Jawa. tata tulis ini dikenal dengan nama sebutan jawa murda dan gedhe.

Aksara ini adalah bagian dari aksara Jawa atau carakan yang digunakan untuk menulis nama, gelar, jabatan atau tempat. Arti singkatnya adalah huruf kapital versi Jawa.

Aksara murda tegese aksara sirah utawi aksarah sesirah. Penggunaan aksara ini tidaklah sembarangan, karena ada beberapa ketentuan yang perlu untuk Kita ketahui semuanya.

Aksara Murda Kanggo Nulis

Dalam sehari-hari, penggunaan aksara Jawa ini umumnya digantikan dengan huruf latin yang pertama kali dikenalkan oleh Negara Belanda pada abad ke 19.

Aksara Jawa resmi dimasukkan dalam Unicode versi 5.2 sejak tahun 2009. Walaupun demikian, kompleksitas aksara Jawa hanya bisa ditampilkan dalam program dengan teknologi Graphite SIL, seperti di browser firefox dan beberapa processor kata open source, sehingga penggunaannya tidak semudah di huruf latin.

Kesulitan pengguna tulisan jawa murda didalam media digitas merupakan salah satu faktor yang menyebabkannya kurang populer di kalangan preservasionis.

Aksara Murda Cacahe Ana 8

Aksara Murda Cacahe Ana 8

Jumlah aksara Jawa murda ada delapan, namun yang sering digunakan adalah tujuh. Delapan aksara jawa diantaranya adalah :

  1. Na
  2. Ta
  3. Ka
  4. Pa
  5. Sa
  6. Ga
  7. Ba
  8. Nya

Karena ada depalan huruf, maka tidak semuanya tulisan aksara Jawa yang ada versi murdanya. Jika tidak ada aksara jawa murdanya, maka masih tetap menggunakan hanacaraka atau bisa juga dengan aksara biasa.

Pasangan Aksara Jawa Murda

Pasangan Aksara Jawa Murda

Seperti halnya hanacaraka Jawa, tulisan Jawa murda juga mempunyai pasangan. Pasangan untuk penulisan Jawa sendiri berguna ketika aksara sebelumnya murda yang dibaca mati. Berikut ini adalah pasangan aksara Jawa murda.

Berikut ini adalah contoh penulisannya :

Pasangan aksara murda contoh

Fungsi Murda

Seperti yang sudah di jelaskan di awal, kegunaan dari aksara ini adalah untuk menulis nama-nama yang khusus.

Contoh untuk menulis :

  • Nama seseorang.
  • Geografi “nama kota, desa, gunung, sungai dan lain-lain”.

Oleh karena itu, aksara ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Gunane aksara jawa niki mung kangge ing tata prunggu tegese kangge pakurmatan.

Jenis aksara Jawa tersebut mempunyai fungsi sebagai pertanda huruf kapital “huruf besar”. Jika diterapkan di kata-kata yang tidak perlu huruf kapital, maka kuranglah tepat. Karena penulisan aksara berkaitan dengan teknis penulisan.

Penggunaan Aksara Murda

Ada beberapa aturan penulisan Jawa murda, diantaranya adalah :

  1. Aksara Jawa ini tidak bisa dijadikan huruf mati, contohnya adalah :

Penggunaan Aksara Murda

  1. Aksara inibisa diberi pasangan.
  2. Aksara ini bisa diberikan sandhangan.
  3. Awal kalimat tidak perlu menggunakan aksara, kecuali jika awal kalimat nama gelar, orang, organisasi, tempat, dan lembaga.
  4. Jika kata tersebut tidak ada akasarnya, maka menggunakan aksara hanacaraka biasa. Meskipun yang berupa nama orang, gelar, tempat, organisasi dan lembaga.
  5. Cara penggunaannya aksara dengan urutan awal kata sampai akhir kata.

Contohnya : ketika huruf awal tidak ada murdnya, maka huruf yang kedua, ketiga dan terusnya.

  1. Di setiap satu kata, cukup mengandung aksara murdanya.

Cara Translate Aksara Jawa Murda

Translet aksara Jawa akan sangat membantu kita semua yang sedang belajar atau yang sedang menulis aksara Jawa. Translate aksara bisa dilakukan melalui website yang khusus.

Berikut ini caranya translate aksara melalui website :

  1. Masuk di website sastra.org
  2. Kita bisa membuka lewat hp ataupun lewat laptop.
  3. Kemudian langsung saja ketik aksara yang ingin kita tulis.
  4. Website ini sangatlah lengkap, karena ada aksara pasangan, aksara angka dan aksara sandhangan.

Aturan Penulisan Aksara Jawa Murda

Aturan Penulisan Aksara Jawa Murda

Untuk aturan penulisan sendiri, aksara ini sebenarnya hampir sama dengan penulisan aksara pokok di dalam carakan. Tetapi ada beberapa aturan tambahan, diantaranya adalah :

  • Aksara ini tidak bisa dijadikan sebagai sigeg atau biasanya dikenal dengan konsonen penutup untuk jenis suku kata.
  • Apabila ditemukan bentuk aksara Jawa jenis ini yang menjadi sigeg, maka yang harus di tulis adalah bentuk aksara pokoknya.
  • Jika di dalam satu suku kata atau kalimat ada lebih dari satu bentuk aksara, maka ada dua aturan yang bisa di pakai, yaitu dengan cara mencantumkan aksara untuk yang terdepan atau menuliskan semua aksara yang ditemuinya.

Contoh Penulisan Aksara Murda

  1. Contoh penulisan tempat :
  • Indonesia

contoh penulisan indonesia

  • Eropa

contoh penulisan tempat eropa

  1. Contoh penulisan pangkat :

Contoh penulisan pangkat aksara murda

  1. Contoh penulisan gelar :

Contoh penulisan gelar aksara murda

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semua, apabila ada kesalahan kata mohon untuk di maafkan.

data-full-width-responsive="true"
Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Weton Senin Kliwon

Abdul Roqib
4 min read

Weton Senin Pahing

Abdul Roqib
4 min read

Tembang Jawa

Abdul Roqib
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *