Cara Instal Ulang Laptop

Cara Instal Ulang Laptop – Laptop atau PC merupakan barang yang paling penting sekarang ini,, karena setiap pekerjaan atau kebutuhan memang menuntut kita untuk selalu menggunakan laptop baik untuk bekerja atau hanya untuk bermain lagi.

Namun banyak yang belum tahu tentang bagaimana untuk menginstal ulang komputer atau laptop. Karena laptop juga perlu yang namanya perbarauan baik ketika terkena serangan laptop atau virus kadang sistem bisa eror dan memerlukan pembarauan atau instal ulang.

Sebenarnya untuk menginstal bisa menggunakan jasa, namun jika kamu bisa melakukanya sendiri tentunya akan lebih ngirit dan tidak bergantung pada orang lain. Nah namun bagaimana sih cara untuk menginstal ulang itu ?

Berikut ini akan kita bahas apa saja yang perlu di siapkan dan diperhatikan saat instal ulang. Berikut caranya. Perhatikan yaa.

Untuk sebagian orang cara ini memang tidak lah sulit, namun sebagian lagi yang memang tidak ada background di dunia IT akan kesulitan namun itu tidak membuat halangan untuk terus belajar dan berkembang.

Apa saja sih persiapan yang harus dilakuakn sebelum melakukan eksekusi ?

Persiapan Sebelum Instal Ulang

Persiapan Sebelum Instal Ulang

  • Melakukan Back – up Data

Sebenarya bisa tanpa melakukan backup data penting untuk install namun hanya berlaku di partisi ( D ) atau data saja tidak berlaku pada partisi ( C ) System.

Untuk melakukan eksekusi pertama adalah mem backup data penting agar tidak terhapus. Karena ketika menginstal ulang maka data – data akan hilang nah agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan maka alangkah baiknya untuk melakukan backup dulu.

Untuk caranya bermacam – macam bisa menggunakan USB Flash disk atau harddisk eksternal namun pastikan agar media penyimpanan masih cukup untuk data penting kamu.

Selain dengan media itu kamu juga bisa menggunakan media dari google drive yang sangat gampang melakukanya karena tinggal simpan di media cloud atau drive dan ketika sudah selesai install tinggal download lagi filnya dan aman deh.

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop

  • Pastikan Baterai Pada Laptop Masih Banyak

Selain backup langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa baterai pada laptop agar ketika menginstal tetap bisa dilakukan.

Kebanyakan orang yang masih kurang paham akan membiarkan walaupun laptop sudah low bat, padahal itu yang akan menggangi saat pengerjaan penginstalah dan tentunya akan membuat pengisntalan gagal.

Selain itu proses pengisntalan akan memakan daya baterai yang banyak. Jadi pastikan saja saat sebelum digarap di cas penuh atau bisa instal sambil ngecas.

  • Inget Serial Number

Sepeti halnya mansia yang mempunyai ID sendiri seperti KTP ternyata semua program yang ada di laptop juga mempunyai ID atau serial number terutama program yang berbayar.

Serial number sangat penting terutama di windows karena akan digunakan kembali setelah melakukan penginstalan.

Pada OS windows sebagian program hanya bisa di Install jika menggunakan serial number atau bisa instal program tapi tidak bisa di akses itu salah satunya hal yang mempengaruhi laptop atau PC kamu.

Melakuakn pencatatan serial number bisa menggunakan cara yang manual atau menggunakan tool seperti Belarc Advisor.

Toll tersebut bisa melakukan scan untuk semua program yang digunakan di laptop dan mendaftarkan semua serial numbernya.

  • Siapkan Driver

Hal yang perlu disiapkan adalah driver dari windows itu sendiri. Namun hal ini sudah tidak berfungsi pada Windows 10 karena bisa otomatis mendeteksi hardware dan otomatis meengistal drivernya.

Namun untuk kamu yang tidak mempunyai windows 10 tentunya wajib mempersiapkan driver yang nantinya akan di instal pada laptop kamu.

Untuk mendapatkan driver banyak caranya , bisa mendownload sendiri atau menghubungi teman – teman yang sekiranya punya dan ngerti perihal perkomputeran.

  • Siapkan OS Baru

Langkah terakhir yang perlu di siapkan adalah OS atau windows instalan. Ada banyak macamnya bisa menggunakan CD atau Flashdisk tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan.  Menggunakan Flashdisk jika memang tidak mempunyai CD room.

Instal laptop menggunakan CD Room atau Flashdisk sama saja, namun cara karena keduanya hanya media. Namun harus di persiapkan langkah – langkah berikut ini.

  • Colokan flasdisk atau CD room pada laptop.
  • Kemudian pastikan agar laptop kamu ada software burning dulu ya
  • Pilih file dan atur lokasi yang ingin di burning pada flasdisk
  • Pilih star Software
  • Setelah proses selesai cabut flashdisk dan siap digunakan

Cara Instal Ulang Laptop atau PC

Cara Pertama

Melakuka pengisntalan ada berbagai macam pilihan nah untuk cara yang pertama adalah dengan :

  • Masuk ke menu start dan cari ikon roda gigi lalu kemudian klik setelah itu kamu akan di arahkan ke menu Setting
  • Pada menu Setting cari dan pilih Update & Security

Cara Instal Ulang Laptop atau PC

  • Kemudian cari dan klik tulisan Recoveri kemudian klik

Cara Instal Ulang Laptop atau PC

  • Setelah itu kamu akan di beri pilihan yaitu Reset This PC dan Advance Start Up
  • Klik tombol Get Started pada Reset This PC

Cara Instal Ulang Laptop atau PC

  • Setelah selesai maka kamu akan di hadapkan dengan 2 pilihan yaitu melakukan reset bersih dengan menghapus semua file kecuali Windows atau dengan mengamankan file personal. Kemudian pilihan kedau file yang akan terhapus adalah program, aplikasi dan file – file yang berhubungan dengan aplikasi. Nah untuk dokimen seperti foto, vidio pribadi akan tetap aman.
  • Dari kedua pilihan di atas pilih lah yang sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu akan ada instruksi dari windows dan tinggal ikuti saja.
  • Terakhir reset ke New State dan langkah ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung dari file yang di hapus atau di bersihkan. Setelah itu proses selesai kondisi laptop akan kembali saat pertama kali membeli dan menyalakan laptop.

Cara Kedua

Cara Instal Ulang Laptop atau PC

Cara ini paling umum di gunakan untuk menginstal baik windows 8 atau windows 10 dan os lainya.

Namun sebelum melakukan penginstalan dan pembersihan pada laptop pastikan untuk mempunyai file atau OS instaler dan tetnunya berserta serial numbernya.

Jika sudah di pastikan ada kamu bisa melakukan bersih – bersih file yang sudah tidak terpakai. Untuk bersih – bersih agar lebih baik kamu bisa menggunakan program seperti BDAN ( Darik Boot And Nuke ) yang bisa membantu sampai bersih total.

  • Restart Laptop Dulu setalah itu

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah melakukan restar pada perangkat laptop yang ingin di instal ulang karena melakukan penginstalan tidak bisa jika dalam keadaan laptop menyala dan pastikan semua jendela yang terbuka agar tertutup.

Untuk melakukan restart kamu bisa menggunakan atau klik Esc, F1, F2, F8 atau F10. Menyesuaikan dengan jenis laptop kamu jadi kamu cari aja yang bisa.

  • Masuk Pengaturan BIOS

Langkah kedua adalah masuk ke menu bios, untuk di menu bias yang perlu dilakukan adalah masuk ke Bios Setup kemudian akan kamu temukan menu Boot Tab kemudian pilih boot yang ingin dipilih pada pilihan CD – Drive pilih sesuai dengan media penginstalan. Kemudian save dan keluar.

  • CD DBAN

Untuk proses CD DBAN klik enter untuk membuka DBAN, saat menu pada DBAN sudah muncul klik J dan K agar bisa memilih drive yang ingin di hapus.

Setelah itu klik F10 untuk mulai penghapusan. Namun saat proses penghapusan pastikan agar laptop dalam keadaan baterai banyak atau bisa di charge agar tetap aman.

Kemudain jika porses hapus data sudah selesai kamu bisa menginstal.

  • Install OS

Setelah proses pengapusan drive selesai kamu bisa melakukan penginstalan dengan cara measukan CD untuk menjalankn boot pada laptop.

Setalh itu akan muncul menu dan kamu tinggal mengikuti intruksinya saja.

Di langkah terakhir biasanya kamu di minta untuk memasukan serial numbernya setelah itu proses instalasi akan berjalan. Tunggu ketika sudah selesai laptop kamu akan berubah menjadi baru.

Baca Juga : Cara Download Aplikasi di Laptop

Cara Instal Ulang Laptop Windows 10

  • Membuat Bootable Windows 10 di Flashdisk

Membuat Bootable Windows 10 di Flashdisk

Untuk melakukan bootable bisa menggunakan flashdisk atau microSD dengna tambahan Card Reader. Untuk yang dibutuhkan cukup laptop atau komputer dan perangkat seperti flashdisk dengan ukuran minimal 8 GB karena ukuranya yang besar.

Namun perlu disiapkan juga software tambahan yaitu Rufus dan tentunya Widows 10 dengan format ISO. Jika kamu belum punya bisa download di rufus.akeo.ie .

  • Mengubah Boot Priority Pada Bios

Mengubah Boot Priority Pada Bios

Untuk langkah kedua cukup mudah. Pertama sambungkan flashdisk pada port USB laptop atau PC yang ingin di instal ulang.

Kemudain nualakan dan masuk ke bios dengan menekan tombol ESC pada keyboard atau langkah gampangnya tekan F2, F4, F8, F9 atau F12 sesuai dengan jenis dari laptopnya.

Selanjutnya rubah setingan priority bootingnya dan arahkan ke flashdisk. Untuk settingan yang lain biarkan default saja.

  • Proses Instalasi Windows

 

Setelah pengaturan pada BIOS selesai maka laptop / PC kamu akan mulai proses instalasinya. Biarkan loading terlebih dahulu. Biasanya akan muncul jendela windows yang meminta setup bahasa dan waktu. Tidak perlu di rubah dan klik next.

Selanjutnya ketika muncul tilisan Klik Now maka klik dan kamu akan di arahkan pada jendela Aktivate Windows tidak perlu bingung pilih saja I Don’t Have Active Key.

Kemudian pilih system yang ingin di instal, pilih saja Windows 10 pro kemudian klik next.

Akan muncul perintah I Accept the licence term centang pada kotak sebelah kiri kemudian klik Next.

Proses Instalasi Windows

Setelah itu akan muncul dua pilihan yaitu Upgrade dan Custom, untuk itu pilih yang Custom.

Nah jika sudah semua biasanya banyak orang yang bingung ketika memasuki proses ini yaitu membuat partisi. Caranya Klik Drive 0 kemudian Klik New kemudian kamu buat drive C. Setelah itu akan muncul jendela untuk mengisikan size sesuai dengan drive dan keinginan.

membuat partisi

Namun standarnya membuat drive dengan ukuran 40.000 MB. Setelah itu klik Apply dan OK.

  • Pengaturan Dasar Windows 10

Pengaturan Dasar Windows 10

Ada dua pilihan yang di tawarkan oleh windows yaitu da pilihan Use Express Settings dan Costumize  pilihlah Use Express Settings  jika ingin menggunakan pengaturan dari windows.

Namun jika ingin mengatur dengan keinginan sendiri pilih Costumize. Pengaturannya simple karena pada settingan awal disuruh milih region kemudian klik yes lalu klik US lalu yes dan skip untuk pilihan laayout kemudian pilihan conect interten.

Dan pengaturan lainya yang bisa kamu sesuaikan tentunya.

Cara Instal Ulang Laptop Windows 8  atau windows 7 dan OS lain aslinya sama saja, karena yang terpenting dalam penginstalan adalah pengaturan di bios dan partisi yang di inginkan serta serial number yang berbeda.

Hal tersebut juga berlaku untuk Cara Instal Ulang Laptop Lenovo, Asus, Toshiba, HP dan jenis laptop lainya baik menggunakan CD room atau Flashdisk.

Jika dasar dalam penginstalan sudah kamu ketahui tentunya akan mudah jika harus di hadapkan dengan laptop lain dan OS lain.

Demikian pembahasan mengenai cara Instalasi laptop atau PC yang bisa kita berikan. Mudah – mudahan bisa membantu dan memberikan pengalaman baru untuk kamu. Termakasih. Jangan lupa share agar temenmu bisa mendapat pengetahuan baru juga.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply