Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 – Safe mode adalah fitur yang canggih di Windows 10. Dan mempunyai fungsi untuk melakukan troubleshooting OS Windows.

Ada kalanya Kita ingin melakukan troubleshooting pada laptop atau komputer  dengan mengakses lewat safe mode. Ada beberapa cara untuk masuk ke safe mode yang bisa digunakan.

Cara yang bisa dilakukan seperti mengakses dari bios pada saat laptop atau komputer sedang proses booting. Cara yang di bawah bisa Kita terapkan di berbagai merk laptop seperti Asus, Hp, Lenovo dan berbagai merk yang lainnya.

Asalakan sytem operasinya digunakan adalah sytem Windows 10. Mulai dari beberapa program yang berjalan secara tidak normal sampai infeksi virus yang menyerang komputer atau laptop Kita.

Dengan menjalankan Safe Mode. Windows ini hanya akan menjalankan berbagai driver dan beberapa program yang penting.

Dengan menjalankan safe mode. Windows hanya akan menjalankan berbagai driver dan beberapa program yang penting saja.

Dengan begitu maka berbagai aplikasi dan pengaturan yang bermasalah tidak akan berjalan, sehingga bisa dengan mudah untuk memperbaikinya tanpa adanya gangguan.

Bagaimana cara masuk ke Safe Mode di Windows 10 ?

Maka jawabannya ada 4 cara, diantaranya adalah :

  1. Masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol F8.
  2. Masuk ke Safe Mode melalui fitur settings.
  3. Membuka Safe Mode melalui
  4. Cara masuk Safe Mode melalui login screen.

Apa Itu Safe Mode ?

pengertian safe mode

Safe Mode adalah fitur bawaan dari Windows 10, yang dimana mempunyai fungsi untuk melakukan troubleshooting system operasi Windows, baik di laptop ataupun komputer.

Contoh manfaatnya dari Safe Mode :

Pada saat laptop atau komputer mengalami kerusakan driver atau terkena virus. Misalkan, normalnya Windows secara otomatis bisa terganggu. Maka Kita bisa mengatasi tersebut melalui safe mode ini.

Saat masuk Windows 10 menggunakan safe mode, maka tampilan layar akan hitam, karena pada saat mengaktifkan safe mode, hanya file system tertentu dan drive peting yang aktif.

Selain itu, Kita juga akan melihat tulisan “Safe Mode” di pojok bawah system Windows 10, jadi jangan khawatir.

Catatan : Fitur safe mode tersedia di Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows Vista, Windows Xp dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10

Apa Pentingnya Fitur Safe Mode di Windows 10 ?

Fitur safe mode jelas sangatlah penting, karena fitur ini berfungsi untuk melakukan scan virus, perbaikan driver, dan recovery system.

Dengan demikian, kalau Windows eror, maka tidak perlu langsung install ulang system operasi di laptop atau komputer.

Fungsi Safe Mode

Fungsi Safe Mode

Windows merupakan salah satu system operasi yang besar dengan penggunanya yang sangatlah banyak. Dengan antar muka atau user interface yang cukup friendly, system operasi Windows ini membuat penggunaanya mudah untuk digunakan meskipun bagi orang awam sekali pun.

Opsi Safe Mode ini berguna untuk membantu pengguna dalam mengatasi berbagi masalah yang terjadi pada laptop atau komputer, berikut ini ada beberapa fungsi dari Safe Mode :

  • Melakukan System Restore

Dalam mode biasa, system restorasi ini bisa berjalan tetapi cara-cara ini tidak cukup aman apabila ada masalah. Adapun fungsi lain dari Safe Mode adalah bisa menjalankan system restore.

  • Mengakses Registry Editor

Untuk pengguna yang seringkali mengutak-atik registry editor atau regedit pasti akan bersyukur karena pada saat Safe Mode bisa mengakses registry editor. Sebenarnya bisa dilakukan dalam mode yang normal, akan tetapi mengakses registry editor di dalam safe mode pastinya bisa lebih aman lagi.

  • Mendeteksi Kerusakan

Bisa memberikan kesempatan pengguna untuk memeriksa kesalahan yang terjadi pada laptop atau komputer, sehingga kesalahan bisa di deteksi.

  • Menjalankan Checkdisk “CHKDSK

Bisa melakukan verifikasi terhadap integritas system berkas yang tersimpan di dalam harddisk. Maka laptop atau komputer akan menampilkan status integritas dari system file.

  • Menangani Atau Memperbaiki Kerusakan

Dalam metode yang ini, pengguna bisa menangani atau memperbaiki kerusakan yang terjadi pada system. Hal ini bisa berupa uninstall aplikasi yang bisa menyebabkan laptop atau komputer eror, menonaktifkan program yang tertentu dan lain-lain.

  • Menghapus Malware atau Virus

Pengguna bisa mengatasi masalah malware atau virus yang menyerang laptop atau komputer. Biasanya virus ini atau malware tidak bisa berjalan dalam mode aman ataupun safe mode.

Cara Masuk Safe Mode Melalui Fitur Settings

Cara Masuk Safe Mode Melalui Fitur Settings

Cara ini bisa dikapai untuk masuk ke dalam safe mode, saat sudah login ke system Windows 10. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Buka menu Caranya adalah klik menu Start > pilih dan klik menu Setting.
  • Tunggu hingga muncul halaman Startup Setting Windows
  • Pilih dan klik di menu Update & Security.
  • Pilih menu Recovery yang ada di sebelah kiri dari panel. Kemudian klik fitur Restart Now yang ada di bawah menu Advanced Startup.
  • Klik Troubleshoot > Advanced options > startup setting > Restart.
  • Pilihlah opsi Safe Mode.

Perlu diperhatikan, ada beberapa pilihan yang bisa dipakai :

  • Tekan F4 pada keyboard, untuk memulai Safe Mode pada Windows 10.
  • Tekan F5 pada keyboard, untuk melalukan Boot Safe Mode pada Windows 10 melalui Networking.
  • Tekan F6 untuk masuk ke Windows 10 Safe Mode melalui Command Prompt.

Baca Juga : Cara Instal Windows 7

Cara Masuk Safe Mode Dengan Tombol F8

Cara Masuk Safe Mode Dengan Tombol F8

Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan tombol F8 yang ditekan secara berulang-ulang pada saat Windows sedang melalukan booting. Sayangnya pada Windows 10 cara masuk safe mode  yang menggunakan tombol F8 sudah ditiadakan. Dengan alasan untuk mempercepat proses saat booting.

Namun masih bisa menggunakan dengan cara khusus untuk mengembalikan fitur tersebut.Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Nyalakan laptop atau komputer terlebih dahulu hingga selesai.
  • Kemudian klik kanan pada tombol Start. Klik Command Prompt “Admin”. Klik yes jika muncul pop up
  • Setelah CMD sudah terbuka, ketik perintah “bcdedit/set {default} botmenupolicy legacy”.
  • Tekan enter. Setelah itu restart laptop atau komputernya. Mulai sekarang setiap proses booting bisa menekan tombol F8 untuk masuk ke menu Safe Mode.
  • Untuk mengembalikan seperti semulanya, maka ulangi langkah yang ada di atas kemudian masukkan kode berikut ini bcedit/set {default} bootmenupolicy standart.
  • Kemudian tekan Enter, maka tombol F8 tidak bisa digunakan lagi untuk masuk ke Safe Mode.

Cara Masuk Safe Mode Melalui System Configuration

Cara Masuk Safe Mode Melalui System Configuration

cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan system configuration atau yang biasanya di sebut dengan msconfig. Berikut ini cara masuk Safe Mode pada Windows 10 di laptop atau komputer :

  1. Yang pertama adalah buka Start Menu pada laptop dan ketik System Configuration. Atau bisa dengan menggunakan fitur Run dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersama.
  2. Selanjutnya ketik msconfig lalu klik Ok atau tekan Enter.
  3. Maka akan muncul jendel System Configuration. Pada Menu Boot Option. Kemudian centang Safe Boot. Ada 4 macam Safe Boot yang bisa figunakannya. Berikut ini adalah penjelasannya :
  • Alternate Shell

Membuka Safe Mode dengan perintah Command Prompt atau menggunakan Windows GUI. Opsi yang satu ini membutuhkan pengetahuan tentang perintah atau coding Command Text.

  • Minimal

Membuka Safe Mode dengan menjalankan driver dn services yang diperlukan saja. tampilannya sangatlah minimal dengan cara menggunakan Windows GUI.

  • Active Directory Repair

Membuka Safe Mode dengan memberikan berbagai akses informasi terhadap komponen perangkat keras. Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk memperbaiki hardware yang sedang bermasalah.

  • Network

Membuka Safe Mode dengan menggunakan tampilan GUI dan hanya menjalankan driver dan services yang diperlukan untuk mengakses sebuah jaringan.

  1. Setelah mempunyai opsi Safe Boot yang akan digunakan, kemudian klik OK atau bisa di tekan Enter.
  2. Maka akan muncul jendela konformasi, apakah akan melakukan restart terhadap laptop atau komputer saat ini ataupun nanti.
  3. Untuk mengembalikan ke booting seperti semula lagi. Maka hilangkan tanda centang pada Safe Boot.

Cara Masuk Safe Mode Melalui Shift + Restart

Cara Masuk Safe Mode Melalui Shift + Restart

Cara yang satu ini sebenarnya sam dengan cara menggunakan Advanced Option. Hanya berbeda pada langkah awalnya saja. berikut ini adalah cara masuk safe mode dari BIOS.

  • Nyalakan terlebih dahulu laptop atau komputernya.
  • Setelah meyala klik Start pada laptop atau komputer. Kemudian klik opsi
  • Maka akan ke menu Recovery Mode.
  • Kemudian pilih Troubleshoot > Advanced Option > Startup Setting > klik Restart.
  • Kemudian pilih type Safe Mode yang hendak digunakan. Untuk pemula silahkan memilih Safe Mode biasa dengan menekan tombol F4.

Masuk Ke Safe Mode Dari Login Screen

Bisa masuk juga pada saat berada di login screen. Cara ini bisa dipakai ketika Windows bisa masuk ke login screen tetapi tidak bisa masuk ke dekstop. Berikut ini adalah caranya :

  • Pada halaman login klik tombol Power pada pojok kanan bawah > pilih
  • Tunggu sampai Windows restart, setelah itu Kita akan masuk ke halaman Windows RE “Recovery Environment”.
  • Pilih
  • Pilih Advanced Options.
  • Pilih Startup Settings.
  • Tekan tombol F4 untuk masuk ke Safe Mode.
  • Tekan tombol F5 untuk masuk ke Safe Mode With Networking.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semua, apabila ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkannya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply