Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop – Apakah Kamu pernah mengalami masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi secara tiba-tiba ? Tentunya ini sangatlah tidak mengenakkan dan bisa membuat kepanikan.

Terlebih jika diadline sudah di depan mata. Jika ini terjadi, tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali cara  mengatasi masalah tersebut.

Keyboard memang mempunyai peran yang sangatlah penting, sehingga jika tidak berfungsi dengan baik akan menghabat pekerjaan. Biasanya, kerusakan keyboard dari perangkat software dan hardware.

Untuk itu, setelah sudah mengetahui sumber dari masalahnya, perlu untuk segera memperbaiki dengan beberapa cara sebagai berikut :

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Dua hal yang bisa menyebabkan ketidak fungsinya keyboard, yaitu ada di software atau hardwarenya. Kita harus memastikan terlebih dahulu kerusakan ada pada bagian mana.

Pemastian tersebut sangatlah penting, karena ini akan bisa menentukan seperti apa penanganannya yang harus dilakukan nantinya terhadap keyboard.

Cara mengecek keyboard sangatlah mudah dengan cara mengakses BIOS di laptop. Jika bisa masuk menggunakan keyboard, maka kerusakan kemungkinan besar ada di software. Jika tidak, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada hardware.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

1. Perbaiki Driver Keyboard

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Keyboard yang tidak berfungai bisa disebabkan karena driver keyboard yang kurang up to date. Atau jika tidak, bisa disebabkan karena keyboard kurang responsif. Untuk mengetahui, Kita bisa mengeceknya dengan cara berikut ini :

  • Klik start Menu dan klik tombol Control Panel.
  • Klik System and Security, kemudian klik Device Manager.
  • Pilih menu keyboard dan disitu akan menemukan menu driver di bagian bawah.

Jika di menu driver ada segitiga warna kuning dengan tanda seru di bagian dalam keyboard berarti keyboardnya laptop kacau.

Jika begitu, segeralah update driver keyboard yang Kita meiliki melalui website resmi produsen laptop dan segerah di update.

2. Periksa Num Lock

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik terkadang secara tidak disengaja dikarenakan oleh kita sediri. Salah satu yang paling umum terjadi adalah aktifnya karena menekan kombinasi tombol yang tertentu.

Ketika num lock aktif, maka karakter yang keluar biasana berbeda dengan tombol yang ditekannya. Untuk mematikan num lock, silahkan tombol Fn+NumLk di tekan secara bersamaan.

untuk beberapa jenis laptop, menekan Caps Lock+NumLk juga bisa mematikan. Silahkan hubungi customer support dari produse  laptop untuk mengetahui cara mematikan Num Lock jika kedua kombinasi di atas tidak berfungsi.

3. Restore Windows

Jika keyboard bermasalah setelah mengubah pengaturan atau menginstall aplikasi yang baru, bisa menyelesaikannnya dengan cara merestore Windows.

Dengan begitu, keyboard besar kemungkinannya akan bisa berfungsi lagi. Untuk merestore windows, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Klik Start Menu dan pilih menu Control Panel.
  • Klik System and Security, kemudian klik menu Backup your computer.
  • Klik Open System Restore.
  • Tunggu sampai proses reboot selesai.

Jika kerusakan keyboard dikarenakan kerusakan system, keyboard seharusnya bisa berfungsi kembali setelah proses reboot.

Jika tidak mengalami perubahan, segeralah bawah ke tukang service laptop untuk pemeriksaan lebih lanjut lagi.

Baca Juga : Jaringan Komputer

4. Sesuaikan Pengaturan Keyboard

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Keyboard yang masih menggunakan fitur dan program bawaan ada beberapa juga justru bisa kacau dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Seperti contoh, jika mengatur Repeat Delay, terlalu singkat, bisa jadi keyboard di tekan sekali seolah ditekan berkali-kali.

Di samping itu, bisa jadi ada jeda waktu yang cukup lama antara karakter yang muncul satu dengan yang lainnya.

Jika itu terjadi, bisa merubah pengaturannya dengan cara memperbaiki keyboard laptop yang eror seperti di bawah ini :

  • Klik Start Menu dan pilih menu Control Panel.
  • Klik menu Ease Of Access.
  • Klik tombol Make the keyboard easier to use.
  • Pada Set up Sticky Keys, pilih Unchek all.

Jika sudah selesai, pastikan kembali apakah keyboard sudah berfungsi dengan benar. Jika belum, bisa menonaktifkan setting Sticky Keys di menu yang sama.

5. Ganti Layout Keyboard

Jika beberapa cara belum berhasil, maka bisa jadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi sebagian yang terletak pada layoutnya.

Kerusakan layout keyboard bisa mengakibatkan keyboard masih berfungsi, tetapi huruf yang dihasilkan tidaklah sesuai.

Untuk bisa merubah settingan layout keyboard yang mungkin bisa berubah, Kita bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka Start Menu
  • Temukan menu pengaturan Region dan Language. Untuk memudahkan ketik Language pada kolom pencarian.
  • Klik bahasa yang hendak digunakan
  • Klik Options dan pastikan bahwa US QWERTY berada di bagian bawah keyboards pada halaman selanjutnya.
  • Hapus layout keyboard lainnya yang tidak dibutuhkannya.

6. Restart Laptop

Jika semua keyboard di laptop tiba-tiba tidak merespon sama sekali, maka cobalah untuk merestart laptopnya. Namun, jika cara tersebut belum bisa mengatasinya, kemungkinan besar hardware yang terhubung pada laptop sedang error dan tidak berfungsi sebagaimana semestinya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Eror

  • Mematikan dan Menghidupkan Kembali Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Eror

Mungkin saja Kita sudah sekian lam tidak pernah melakukan reebot ataupun shutdown pada laptop. Jadi masalah keyboard yang terjadi pada laptop bisa jadi karena program lain yang memakan memori banyak sehingga mengganggu kerja driver keyboard.

Bisa juga dikarenakan ada di settingannya yang salah. Jadi langkah awal yang harus dilakukan adalah shutdhown, kemudian lepaskanlah batrei. Kemudian pasanglah kembali baterai dan nyalakan kembali.

  • Memerikasa Tombol Fn atau F – Lock

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Eror

F-Lock yang dimaksuda adalah sebagai kunci fungsi yang bisa mematikan fungsi tombol, yang bisa membuat semua tombol keyboard tidak berfungsi. Ada beberapa laptop yang menandai tombol F-Lock dengan tombol Fn.

Tekan tombol Fn atau F-Lock, coba apakah sudah berfungsi atau tidak. Jika belum maka coba tekan tombol Fn+11 secara bersamaan, atau Fn+NumLock atau Fn+Shift+NumLock.

  • Memeriksa Setelan Input Dan Bahasa

Lakukan cara ini jika karakter yang diketik tidaklah sesuai. Urutan-urutan masuk di pengaturan bahasa adalah Control Panel > Regional and Language Options > Keyboards and Languages > Change Keyboards > Advanced Key Settings.

Kemudian pilih Between Input Languages kemudian Klik Change Key Sequence. Sesudah itu akan muncul jendela baru, kemudian cek Not Assigned di bagian Switch Input Language dan Switch Keyboard Layout.

  • Membersihkan Keyboard Dari Kotoran

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Eror

Bisa saja masalah pada keyboard disebabkan oleh masuk kotoran di keyboard, karena masalah kotoran, pada umumnya yang tidak berfungsi hanya beberapa saja yang paling sering adalah tombol space, enter atau karakter-karakter huruf terutama huruf i, A, D, E atau S.

Tandai mana saja yang karakternya macet, kemudian congkel dengan obeng secara perlahan-lahan dan hati-hati. Pastikan terlebih dahulu melepas baterai laptop sebelum memulainya. Kemudian ambil lidi yang ujungnya di tempel dengan double tape untuk membersihkan jika ada debu yang menempel.

Jika habis terkena tumpahan air pada keyboard, coba di sembur dengan hair dryer secara merata secara merata dan berulang-ulang di semua keyboard.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Cara memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian

Cara memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian

  • Pastikan Keyboard Laptop Tidak Terkunci

Pastikan keyboard laptop tidak terkunci, ini penting sekali, kurang lebih sama seperti sebelumnya, namun bukan karena terdisable “nonaktif” melainkan adalah lock “terkunci”.

Efek terkunci disini bisa ditemui di semua tombol keyboard, atau sebagian tombol saja, sehingga keyboard menjadi  tidak berfungsi.

  • Reinstall Driver Keyboard Laptop

Buka di Device Manager > buka pada opsi keyboard > pilih salah satu “yang dimana saja” > Klik Update driver Software > selanjutnya ikuti saja langkah-langkah yang ada.

  • Bersihkan Keyboard Laptop

Keyboard laptop yang kotor, bisa mengganggu fungsi keyboard, bisa membuat beberapa tombol menjadi susah untuk di tekan, bahkan tidak bisa ditekan sama sekali.

Coba bersihkan tombol keyboard laptop dengan memakai kain, setidaknya supaya debu yang menempelnya bisa hilang.

Cara memperbaiki Keyboard Laptop Mencet Sendiri

Cara memperbaiki Keyboard Laptop Mencet Sendiri

1. Jalankan Troubleshoot Keyboard

    • Buka Menu Setting di pencarian Windows.
    • Scroll ke bawah, pilih menu Update & Security.
    • Masuk ke tab Troubleshoot, geser ke bawah, cari dan pilih
    • Pilih Run Troubleshooter.
    • Tunggu prosesnya dan ikuti langkah-langkah yang diberikan sampai selesai.

2. Update Driver keyboard

  • Pastikan sudah terhubung dengan internet.
  • Buka di menu Device Manager di pencarian windows.
  • Dan akan menemukan Driver yang terinstall pada hardware laptop dan pilih pada
  • Klik kanan pada Standard PS/2 Keyboard dan pilih Update Driver.
  • Pilih Search Automatically for update driver software.

 3. Matikan Fitur Sticky Keys

Jika menggunakan laptop orang lain atau baru saja membeli laptop dari orang lain bisa saja pengguna sebelumnya mengaktifakn fitur sticky keys, fitur ini berfungsi untuk mengubah fungsi dari sebuah tombol. Sehingga jika menekan tombol tersebut, mungkin hasilnya bisa tidak sesuai, berikut ini adalah caranya :

  • Buka Control Panel.
  • Ubah tampilan terlebih dahulu ke small icons di pojok kanan atas.
  • Pilih Ease of Access Center.
  • Pilih Make the Keyboard easier to use.
  • Hilangkan tanda centang pada Turn on Sticky Keys.
  • Kemudian pilih Set up Sticky Keys
  • Hilangkan semua tanda centang yang ada, kemudian klik Apply dan

4. Bersikhkan Debu Atau Kotoran Di Bawah Keyboard

Cara ini harus dilakukan secara hati-hati, jika masih awam atau takut rusak yang semakin parah, maka tidak merekomendasikan untuk melakukannya sendiri. Berikut ini adalah cara membersihkan di bagian bawah keyboard yang benar :

  • Gunakan obeng pipih yang berukuran kecil untuk mempermudahkan dalam melepas tombol yang rusak.
  • Ungkit tombol dengan obeng pipih secara perlahan-lahan.
  • Bersihkan di bagian bawa tombol menggunakan cotton but, jika memiliki vacum cleaner khusus keyboard gunakan saja.
  • Jika sudah bersih, tutup atau pasang kembali tombol sampai berbunyi klik.

Baca Juga : Cara Menambah Ram Laptop

Merawat Keyboard Supaya Tetap Awet

Merawat Keyboard Supaya Tetap Awet

Sebaiknya, Kita harus rutin membersihkan keyboard sebagai perawatan sebelumnya masalah seperti di atas. Biasanya salah satu tombol keyboard yang tidak berfungsi salah satu masalahnya yaitu karena debu yang menumpuk di keyboard.

1. Bersihkan Debu Pada Keyboard

Kita bisa membersihkan tuts keyboard laptop dari debu dengan cara yang sangatlah efektif, yaitu dengan cara memposisikan laptop dengan kemiringan 75 derajat.

Kemudian goyangkan secara perlahan-lahan, namun harus memastikan bahwa laptop sudah benar-benar non aktif. Barulah setelah itu dengan perlahan-lahan memiringkan laptop hingga kemiringan 95 derajat.

2. Bersihkan Keyboard Di Bagian Bawah Dengan Selotip

Di bagian bahwa yang ada pada laptop biasanya cara membersihkannya dengan cara dibersihkan menggunakan selotip. Kemudian periksa semua tombol apakah fungsi kembali seperti sediakalah sesudah dibersihkan.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semua, apabila ada kesalah kata atau tulisan mohon untuk di maafkan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply