Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop – Fitur didalam laptop begitu banyak, salah satunya adalah fitur yang dberikan yaitu Bluetooth yang merupakan fitur bawaan baik di Laptop/PC atau smartphone.

Salah satu fungsi dari bluetooth adalah untuk mengirim atau menerima file dari perangkat satu ke perangkat lainya namun harus berdekatan atau yang memungkingkan untuk tetap terhubung antara laptop satu dengan lainya.

Namun masih banyak pengguna laptop yang kurang paham dengan penggunaan bluetooth ini baik cara mengaktifkan dan cara menggunakanya.

Nah pada kesempatan kali ini akan membantu kamu untuk menggunakan cara mengaktifkan bluetooth di laptop baik windows 7,8 dan 10. Namun pastikan dulu yah laptop kamu sudah mempunyai fitur bluetooth karena tidak semua laptop mempunyai fitur ini.

Cara Melihat Fitur Bluetooth di Laptop

Harus kamu ketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua laptop mempunyai fitur ini, cek terlebih dahulu apakah laptop kamu mempunyai fitur ini atau tidak ? untuk cara mengetahui fitur bluetooth di laptop adalah sebagai berikut.

  1. Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X lalu pilih Device Manager.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

  1. Setelah Device Manager terbuka disana akan terlihat perangkat apasaja yang terinstal pada laptop kamu. Cek apakah Bluetooth ada di laptop kamu jika ada akan tercantum seperti gambar dibawah ini.
  2. Nah jika tidak menemukan Bluetooth pada Device Manager kamu bisa menggunakan opsi lain yaitu pada bagian kategori Network Adapter yang ada pada menu di Device Manager.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Untuk mengaktifkan Bluetooth ada beberapa cara yang bisa di lakukan tentunya dengan mudah dan praktis bisa di gunakan dan dilakukan semua orang. namun tetap akan menjadi masalah jika kamu tidak mengetahui caranya.

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan bluetooth dilaptop atau PC kamu.

1. Menggunakan Menu Setting

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan menu setting yang ada dilaptop / PC kamu.

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih menu pada windows kemudian cari dan pilih bagian setting.
  • Setelah itu akan muncul beberapa menu, lalu pilih opsi yang Device

Menggunakan Menu Setting

  • Pada halaman berikutnya akan muncul beberapa opsi yang bisa dpilih lalu pilih opsi bagian Bluetooth & Other Devices, akan muncul tombol untuk meyalakan bluetooth yaitu dari Off ke On.
  • Nah jika sudah dinyalakan kamu tinggal menghubungkan perangkat laptop kamu dengan perangkat yang lain. Namun dalam hal ini kamu perlu “paired” dulu agar bisa di hubungkan dengan perangkat lain.
  • Nah setalh perangkat sudah tersambung kemudian kamu pilih connact agar perangkat bisa tersambung.
  • Kamu bisa juga menambahkan perangkat lain yang belum terhubung ke peerangkat kamu dengan cara pilih opsi paling atas yaitu Add Bluetooth or other device.

2. Mengaktifkan Bluetooth Dengan Device Manager

Mengaktifkan Bluetooth Dengan Device Manager

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan Bluetooth di Device manager seperti yang sudah dijelaskan diawal yaitu cek fitur.

  • Langkah pertama kamu bisa menggunakan menu diwindows atau menekan tombol Windows + X lalu pilih Device Manager.
  • Ketika sudah berada di menu Device Manager dan menemukan daftar Bluetooth kamu klik dan akan muncul pilihan, lalu pilih Enable guna mengaktifkannya.

3. Cara Mengaktifkan Bluetooth Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Cara Mengaktifkan Bluetooth Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Yah seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa tidak semua laptop mempunyai fitur bluetooth. Namun tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memebeli dongle USB Bluetooth.

Untuk cara menggunakanya pun tidak susah karena kamu tinggal nyolok USB nya saja di port USB laptop/PC kamu maka kamu bisa menggunakan bluetooth tanpa susah – susah.

Dongle USB ini mirip dengan flashdisk dan siapa sih yang tidak bisa menggunakan flashdisk tentunya dengan adanya dongle ini mempermudah bagi kamu yang laptop/ PC nya tidak mempunyai fitur bluetooth.

4. Menggunakan Fn + Ikon Bluetooth

cara mengaktifkan bluetooth dengan Menggunakan Fn + Ikon Bluetooth

Cara ini bisa kamu lakukan jika sudah dipastikan mempunyai built – in bluetooth dilaptop atau PC kamu yah.

Untuk cara menggunakanya pun tidak susah karena kamu hanya cukup menekan tombol Fn + tombol yang biasanya terdapat di bagian atas dari F1 – F2 biasanya terdapat salah satu icon bluetooth yang ada disalah satu tombol tersebut.

Nah setelah ketemu umpamanya ada ditombol F5 maka untuk cara mengaktifkanya adalah dengan menekan berbarengan tombol Fn + F5. Jika sudah maka akan secara otomatis akan muncl ikon bluetooth di task bar dikanan yang mana menandakan bahwa bluetooth sudah bisa digunakan.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mengirim dan Menerima Melalui Bluetooth

Setelah mengetahui cara untuk mengaktifkan bluetooth dari berbagai cara yang bisa kamu lakukan tentuya harus kamu ketahui juga bagaimana cara untuk menerima dan mengirim file antar laptop yang benar. Untuk itu pahami cara dibawah ini.

Cara Mengirim File

  • Pertama yang harus kamu lakukan saat ingin mengirim adalah tentukan file yang akan dikirim terlebih dahulu.
  • Setelah itu klik kanan pada file maka akan muncul beberapa opsi.
  • Pilih Send by Bluetooth to

Cara Mengirim dan Menerima Melalui Bluetooth

  • Jika ada perangkah bluetooth yang aktif maka akan mendeteksi dan kamu pilih perangkat yang ingin dikirim.
  • Akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Cara Mengirim dan Menerima Melalui Bluetooth

  • Setelah itu maka file akan terkirim secara otomatis dan tunggu hingga pengiriman selesai dan bisa cepat bisa juga lambat sesuai dengan ukuran file yang kamu kirim.

Cara Menerima File

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengkatifkan bluetooth lebih dulu sesuai dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas.
  • Setelah itu laptop akan menerima permintaan izin untuk mentransfer file yang ingin dikirim.

Cara Mengirim dan Menerima Melalui Bluetooth

  • Ketika muncul pemberitahuan selanjutnya pilih ok

Cara Mengirim dan Menerima Melalui Bluetooth

  • Ketika file sudah terkirim maka akan ada notifikasi seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengirim dan Menerima Melalui Bluetooth

  • Setelah itu selesai dah. Kamu sudah bisa menerima file yang diinginkan dari perangkat lain.

Baca Juga : Cara Download Aplikasi di Laptop

Cara Menginstal Bluetooth di Laptop

Nah seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa tidak semua laptop mempunyai driver bluetooth. Untuk itu kamu harus tahu bagaimana cara untuk menginstall bluetooth di laptop atau komputer kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek dibagian device manager, cek menu disana dan jika sudah ada fitur bluetooth maka kamu sudah bisa mentransfer atau menerima file dari perangkat lain.

Demikian tadi pembahasan mengenai Cara mengaktifkan bluetooth di laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Tentunya ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan jika ingin mengirim file dari perangkat lain ke laptop kamu.

Namun yang paling mudah adalah dengan menggunakan bluetooth. Selain itu fitur ini memang sudah banyak digunakan dan dikenal sehingga pastinya sudah banyak yang membuktikan kalau fitur ini memang andalan.

Mudah – mudahan artikel yang saya berikan ini bisa menginspirasi dan memberikan wawasan untuk kamu yah. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan. Jangan lupa jika ada yang ingin ditanyakan bisa komen dibawah.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply