Cara Merakit Komputer

Cara Merakit Komputer – Komputer merupakan bagian terpenting dalam berbagai jenis pekerjaan. Mulai dari pegawai kantoran hingga guru, kasir swalayan, dan berbagai pelayanan umum sudah menggunakan komputer.

Kebutuhan di setiap orang berbeda-beda. Inilah yang membuat banyak orang yang mencari informasi cara merakit komputer yang sesuai dengan kebutuhan.

Perkembang zaman, di era globalisasi dan kebutuhan manusia yang semakin beragam menuntut produsen perangkat keras untuk menciptakan sebuah inovasi teknologi komputer yang bisa memenuhi tuntunan konsumen.

Salah satunya adalah dengan cara membiarkan konsumen merakit sendiri. Dari komputer yang khusus untuk desain dengan kapasitan penyimpanannya yang lebih besar, sampai komputer khusus permainan atau game dengan processor yang lebih canggih dan masih banyak jenis komputer yang lainnya.

Selain itu, para produsen perangkat keras juga menyediakan komponen lepas rakitan. Bagi yang belum tahu caranya merakit komputer di PC sendiri, bisa menyimak artikel di bawah ini :

Mengenal Komponen Komputer

Mengenal Komponen Komputer

Sebelum memulai merakit komputer sendiri, Kita harus tahu komponen apa saja yang ada di komputer dan apa fungsinya. Secara umum, komponen komputer berupa CPU, layar monitor, mouse dan keyboard.

Dari komponen tersebut, CPU yang berperan penting dalam menjalankan semua perintah dan aturan dalam rangkaian komponen lainnya.

Di dalam CPU sendiri, ada beragam komponen yang penting, seperti :

  • Motherboard adalah bagian yang terpenting, dan mempunyai fungsi sebagai penghubung antara satu komponen dengan komponen yang lainnya. Di dalam motherboard terdapat processor, video card, sound card, hardisk dan lain-lain.
  • Processor tidak kalah pentingnya dengan motherboard. Processor berperan seperti otak, karena tidak ada proceesor maka komputer tidak bisa bekerja, bahkan tidak bisa menyala.Dalam dunia rakit merakit processor sangat penting untuk menentukan sebuah kecepatan dan kemampuan memproses data.
  • RAM “Random Access Memory” berperan sebagai tempat penampungan data sementara, sebelum dialirkan ke komponen-komponen yang lain. RAM bisa mempengaruhi kecepatan pemrosesan data, sehingga penting dalam merakit komputernya sendiri.
  • Hardisk, VGA Card, DVD ROM/CD, Power Supply, dan Sound Card menjadi komponen peting lain di dalam CPU yang tidak boleh ditinggalkan.

Baca Juga : Sejarah Komputer

Tahap Persiapan Sebelum Merakit Komputer :

Tahap Persiapan Sebelum Merakit Komputer :

  1. Menyiapkan komponen-komponen perangkat keras. Persiapkan semua komponen tersebut, kemudian letakkan di tempat yang mudah untuk dijangkau. Cek terlebih dahulu semua komponen-komponen perangkat keras “disesuaikan dengan typenya” dan jangan sampai salah di spesifikasinya.Sebagai contoh mainboard yang mendukung slot DDR3 hanya bisa ditempatkan di memory dengan type DDR 3 juga.
  2. Buku manual perakitan. Biasanya setiap komponen menyertakan buku manual. Buku manual ini jangan sampai hilang sebagai bahan referensi instalasi atau pemasangan komponen perakit komputer.
  3. Peralatan yang digunakan untuk merakit komputer. Siapkanlah semua alat-alat yang diperlukan untuk merakit, misalkan seperti alat obeng “plus dan minus”, tang, gelang anti statis yang bisa mencegah terjadinya korslet “short circuit” pada komponen dan peralatan yang lain yang diperlukannya.
  4. Driver CD. Driver merupakan salah satu hal yang jangan dilupakan karena tanpa adanya driver sebuah perangkat keras tidak bisa difungsikan. Oleh karena itu persiapkan driver dari masing-masing komponen supaya proses perakitan bisa berjalan secara lancar.

Cara Merakit Komputer

Berikut ini adalah cara merakit komputer untuk pemula, cara merakit PC dari awal sampai akhir :

Pasang Jumper Mainboard

Cara Merakit Komputer

Bacalah terlebih dahulu buku manual “manual guide book” mainboard supaya bisa tau dimana jumper akan diletakkan. Jumper adalah komponen kecil yang diletakkan pada mainboard sebagai pengatur CPU dan tegangan yang masuk ke dalam mainboard, pengaturan jumper yang salah bisa mengakibatkan rusaknya processor.

Jadi haru berhati-hati pada saat memasang jumper ini dengan memastikan memasangnya dengan benar.

Pasang Processor

Cara Merakit Komputer

Pemasangan processor pada mainboard akan lebih mudah untuk dilakukan apabila mainboard belum terpasang di casing. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat memasang processor adalah menentukan terlebih dahulu posisi 1 pinnya.

Biasanya ada tanda pada processor pada setiap ujungnya, masukkan processor sesuai dengan arah pin, angkat tuas pengunci dalam posisi tegak dan terbuka kemungkinan processor pada socket processor yang ada pada mainboard.

Setelah processor terpasang pada mainboard, maka kembalikan tuas pengunci ke arah bawah untuk menutup processor tersebut.

Pasang Heatsink “Kipas Processor”

Cara Merakit Komputer

Processor mempunyai suhu yang panas pada saat komputer dalam keadaan menyala. Oleh karena itu diperlukan kipas untuk mengurangi hawa panas. Heatsink merupakan kipas yang dipasang tepatnya di atas processor.

Untuk memasangnya cukup mudah sekali, hanya tinggal memasukkan kaki-kakinya saja kedalam mainboard dan kemudian dikencangkan. Heatsink dibekali sebuah konektor yang disambungkan pada mainboard sebagai dayanya.

Pasang Memory

Cara Merakit Komputer

Pada umumnya memory yang digunakan pada saat ini adalah berjenis RAM “DDR2 dan DDR3”. Pastikan terlebih dahulu jika socket memori pada mainboard adalah type socket dengan jenis ini supaya sesuai.

Cara pasang memory sangatlah mudah dengan cara menyesuaikan cekungan yang ada di memory dengan slot pada mainboard.

Pasang Mainboard Pada Casing

Cara Merakit Komputer

Langkah selanjutnya adalah memasang mainboard pada casing. Cara memasang mainboard pada casing dengan cara menentukn dudukan “mounting” mainboard pada casing.

Jika dudukan sudah dipasang, maka memerlukan beberapa perkakas seperti obeng untuk mengencangkan sekrupnya. Atur letak di posisi I/0 dengan benar. Berhati-hati dan harus pelan-pelan pada saat memasangnya, supaya mainboardnya tidak rusak atau patah.

Pasang VGA Card

Cara Merakit Komputer

Setelah mainboard terpasang di casing, maka langkah selanjutnya adalah memasang VGA Card. Cara memasang VGA Card pada dasarnya hampir sam dengan cara memasang memori yaitu dengan menyesuaikan cekungan slot yang ada di mainboard.

Penempatan VGA Card pada mainboard bisa dilihat pada tabel Mainboard manual diagram instruction yang menunjukkan AGP Slot.

Pasang Power Supply “Catu Daya”

Cara Merakit Komputer

Lankah selanjutnya adalah memasang power supply atau catu daya. Power supply berada di bagian pojok atas di bagian belakang casing. Cara memasangnya sangatlah mudah sekali, yaitu dengan menempatkan pada tempatnya “bays” power supply yang sudah disediakan.

Kemudian mengencangkan baut-bautnya dengan obeng, jangan sampai goyang dan pastikan dengan posisi terlbaik “upside down”.

Pasang Kabel-Kabel Motherboard

Cara Merakit Komputer

Sambungkan semua kabel-kabel yang tersedia di power supply ke mainboard untuk memberikan dayat. Atur dan tinggalkan kabel untuk HDD dan ODD.

Pasang ODD “Optical Device Drive” seperti HDD “Harddisk Drive” dan DVD

Cara Merakit Komputer

Setelah kabel-kabel power supply terpasang di mainboard, langkah selanjutnya adalah memasang hard driver pada casing. Sesuaikan masing-masing hard driver sesuai dengan ruang drive pada casing “bays”.

Biasanya untuk DVD diletakkan pada casing di bagian paling atas depan, sedangkan untuk HDD nya terdapat bays sendiri. Buka penutup bay drive pada casing dan kemudian pasang dan kencangkan baut-bautnya.

Jika hard driver sudah terpasang dengan sempurna, kemudian colokan kabel dari power supply ke masing-masing hard drive.

Finishing Atau Penyelesaian

Cara Merakit Komputer

Sesudah semua kabel dan konektor sudah tersambung, begitu pula dengan mainboard pada casing. Kini saatnya melakukan finishing dengan cara mengecek semua fungsi dari komponen-komponen yang sudah dirakit menjadi sebuah komputer pc.

Berikut ini adalah langkah-langkah pengecekan yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

  • Pasang penutup casing dengan sempurna menggunakan perkakas obeng.
  • Pasangkan kabel port VGA ke monitor dan colokkan kabel power monitor.
  • Kemudian colokkan kabel power CPU ke socket atau saklar listrik, kemudian nyalakan.

Test PC

Pada saat monitor dan PC dinyalakan, jika tidak ada masalah, maka selanjutnya PC akan masuk pada mode post dan tinggal melakukan pengaturan settingan BIOS. Permasalahan yang sering terjadi adalah kesalah pemasangan kabel, pemasangan komponen yang tidak pas dan lain-lain.

Baca Juga : Jaringan Komputer

Biasanya kesalahn akan langsung terdeteksi dan PC akan mengeluarkan tanda yang berupa beep dengan nada yang teratur. Maka periksa kembali pemasangan kabel dan cek posisi komponen-komponennya.

Jika unit sudah berjalan lancar dan normal, maka selanjutnya adalah setting BIOS dan menginstal Operating System. Jangan lupa untuk menyiapkan CD instalasi aplikasi dan driver dari komponen-komponen tersebut.

Kelebihan Merakit Komputer Sendiri

Merakit komputer PC tersendiri mungkin terasa sulit dan merepotkan. Walaupun begitu, tutorial merakit komputer PC sendiri memiliki banyak keuntungannya. Diantaranya adalah :

  • Lebih mudah untuk menyesuaikan kemampuan komputer dengan kebutuhannya.
  • Lebih mudah untuk melakukan klaim garansi, karena bisa membeli komponen apa saja.
  • Bisa memilih sendiri spesifikasi komponen yang ingin digunakannya.
  • Mudah untuk melakukan modifikasi dan upgrade komponen sesuai dengan keinginannya.
  • Apabila terjadi kerusakan, komponen perangkat keras lebih mudah untuk dibeli di pasaran.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita Semua, apabila ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply