Cara Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop – Teknologi semakin kesini semakin menjadi – jadi, tidak luput juga dengan perkembangan komputer yang semakin canggih dengan fitur – fitur yang semakin lengkap dan mudah untuk membantu pekerjaan kita.

Salah satunya adalah dengan merekam layar yang mungkin bagi sebagian orang tidak asing lagi ditelinga. Baik untuk kebutuhan konten youtube atau pekerjaan lainya.

Untuk itu akan kami bahas mengenai cara merekam layar baik di laptop atau PC yang bisa kamu gunakan tentunya tidak sulit untuk digunakan. Berikut adalah pembahasanya.

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi Pihak Ke 3

1. Windows 10

Cara Merekam Layar Laptop windows 10

Salah satunya dengan merekam layar baik di windows 7, 8 dan windows 10. Namun untuk windows 10 cara merekam layar laptop tidak lah harus menggunakan pihak ketiga seperti kampatsia atau lainya.

Karena dalam fitur di windows 10 mempunyai fitur yang dinamakan Xbox DVR. Jadi dengan menggunakan aplikasi bawaan windows ini kamu tidak perlu menggunakan dari pihak ke tiga. Namun bagaimana sih caranya ? berikut adalah rangkumanya.

  • Log In dan Konfigurasi

Pertama yang perlu kamu lakukan sebelum merekam layar adalah dengan mengkonfigurasikan dulu Xbox DVR nya.

Caranya dengan log in ke Xbox DVR dengan menggunakan Microsoft kamu lalu klik settings dan pilih game DVR. Kemudian klik pada Windows Setting.

Cara Merekam Layar Laptop windows 10

Setelah itu kamu dapat memilih lokasi untuk menyimpan hasil dari rekaman serta bisa ditentukan kualitas dari rekaman yang di hasilkan. Dalam hal ini semakin besar fps yang kamu pilih maka akan semakin besar ual ukuran yang akan di hasilkan.

Cara Merekam Layar Laptop windows 10

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop

2. Cara Merekam Dengan Software Bawaan Windows

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk merekam tanpa aplikasi pihak ketiga atau software bawaan windows. Mau tau caranya ? berikut adalah ulasanya.

  • Pertama kamu harus membuka “Run” kotak dialog dengan cara tekan bersamaan tombol logo windows dan “R” atau membuka dari menu start kemudian pilih pencarian pada kolom yang tersedia,
  • Setelah itu pada Run ketika perintah untuk membuka software bawaan yaitu ketik PSR lalu tekan enter. Namun ada cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan menu start dan tulis kata kunci Recorder maka kamu akan menemukanya.
  • Jika sudah ketemu dan terbuka tekan tombol “Start Record” maka aplikasi akan merekam layar dan apapun yang terlihat di layar akan tereka,.
  • Setelah itu pada software ini kamu bisa menambahkan komentar atau diskripsi tambahan. Seperti halnya tulisan untuk lebih memudahkan penjelasan.
  • Untuk caranya pun cukup mudah karena kamu hanya pilih “Add Comment” dan dari situ sudah tersedia area yang bisa kamu pilih. Kemudian pilih kontak teks yang tersedia ketik OK untuk menyelesaikan dan menyimpan.
  • Simpan rekaman dengan memilih stop recorder.setelah itu tentukan folder yang akan di buat untuk save.

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Selain dengan menggunakan software bawaan dari Windows kamu juga bisa loh menggunakan Aplikasi pihak ke 3 yang mana biasanya untuk menu atau fitur dalam aplikassinya lebih banyak. Nah apa saja sih software yang bisa di gunakan ? berikut adalah ulasanya.

Camtasia

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Rekomendasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar adalah software camtasia. Fitur didalam software ini pun cukup lengkap serta cara untuk menggunakanya juga tidak terlalu ribet dan cenderung mudah bahkan bagi orang yang pertama menggunakan. Download Aplikasi

Didalamnya juga terdapat template dan preset yang bisa di gunakan tentunya sesuai dengan kebutuhan kamu yahh. Efek yang ada juga bisa kamu gunakan seperti halnya untuk menambahkan panah, highlight dan cursor tentunya agar memudahkan orang yang menonton video kamu.

Camtasia memang sudah terbukti canggih karena fitur yang ada didalamnya seperti greenscreen, peambahan closed caption atau subtitle, menghilangkan background noise pada suara dan fitur canggih lainya.

Bandicam

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Yang kedua selain camtasia ada yang namanya Bandicamp. Namun untuk softtware yang satu ini hanya bisa di gunakan di Windows saja.

Video yang dihasilkan terkenal dengan kualitas tinggi yang mana untuk file vedoa bisa disimpan dengan format AVI atau MP4 atau dalam file gambar diam.

Fitur unggulan yang di tawarkan dalam aplikasi ini adalah kemampuan memilih dan merekam area tertentu atau keseluruhan dari layar laptop kamu.

Selain itu dengan software ini kamu bisa menggambar meskipun sedang merekan dan menambah Overlay webcam dimana kamu bisa merekam wajah kamu.

Cara merekam di laptop menggunakan aplikasi ini tidak lah sulit karena sama dengan aplikasi perekam lainya.

Fitur didalamnya juga hampir sama dengan camtasia yaitu menambahkan suara, animasi, efek mouse dan fitur lainya.

Tiny Take

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Tiny take adalah salah satu aplikasi yang mudah di gunakan dan tentunya bisa di dapatkan dengan gratis.

Selain itu aplikasi ini mempunyai keunggulan dengan keringanan pada aplikasinya yaitu hanya 50 an MB saja.

Untuk fitur yang ada di dalamnya kamu bisa merekam sesuai dengan keinginan atau separoh layar saja.

Selain itu aplikasi ini juga bisa mengambil gambar layar atau yang biasa dikenal dengan sebutan Screenshot dengan durasi mencapai 2 jam.

Tampilan pada aplikasi ini pun mudah untuk di pelajari karena mirip dengan Microsoft Office. Sama seperti aplikasi pada umumnya pada aplikasi ini terdapat texbox, garis.

Selain itu kamu juga bisa langsung mengunggah ke Youtube atau menyimpan di Clodu loh. Tentunya sangat berguna yah untuk para Youtuber.

Baca Juga : Cara Melihat Password Wifi Laptop

Ace Thinker

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Aplikasi lainya yang bisa kamu gunakan adalah Ace Thinker aplikasi yang tergolong mudah digunakan dan bisa di pakai di OS Windows dan Mac.

Sama seperti aplikasi lainya kamu bisa merekam sesuai dengan keinginan baik seluruh bagian layar atau area tertentu yang kamu inginkan.

Selain itu kamu juga bisa merekam suara atau uadia langsung dari laptop maupun mikrofon eksternal jika memang di perlukan.

Untuk file yang bisa di hasilkn berformat AVI, MOV, dan MP4. Selain itu kamu juga bisa langsung mengunggah hasil video ke Youtube atau Google Drive.

Untuk versi dari aplikasi ini ada dua yaitu yang free dan berbayar.

Icecream Screen Recorder

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Selanjutnya ada aplikasi yang tersedia untuk OS Windows, MAC dan juga Android. Aplikassi ini bisa menyimpan baik sscreenshot atau perekam layar. Aplikasi ini juga termasuk gratis dan mudah untuk di pakai.

Banyak yang bisa kamu hasilkaan dari aplikasi ini , seperti game, webinar, live streamin panggilan skype dan kegunaan lainya.

Selain itu kamu juga menggabungkan dengan merekam layar lengkap dengan menambahkan audio dan webcamp. Tentunya sangat berguna ya untuk content youtube.

Movavi Screen Recorder

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Sama seperti aplikasi perekam lainya yang bisa di buat merekam baik seluruh layar atau hanya sebaigan yang di inginkan saja. Begitu juga dengan Movavi Screen Recoreder.

Fitur didalamnya juga lengkap yaitu dengan watermark, crop dan lain – lain. Selain digunakan merekam layar kamu juga bisa merekam video dengan webcam. Dan bisa dilakukan secara bersamaan loh. Selain itu bisa kamu tambahkan audio juga.

Cam Studio

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Aplikasi ini adalah salah satu perekam video di laptop yang sifatnya open source. Penggunaan juga tidak begitu sulit dan hampir sama dengan perekam video lainya.

Fitur – fitur yang terdapat di dalamnya juga hampir sama yaitu seperti crop, menambah teks dan lain – lain. Untuk video yang di hasilkan juga termasuk tinggi dengan ukuran yang kecil tentunya.

Filmora Scrn

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Filmora merupakan brand yang cukup di kenal bagi pengguna laptop khususnya yang suka pada video editing dan lainya.

Yah aplikasi ini memang mudah di gunakan bahkan orang yang baru belajar saja sudah bisa terlihat seperti ahli karena firur yang dipakai mudah untuk di gunakan.

Nah untuk kamu yang memang suka bermain game dan upload ke Youtube salah satu aplikasi rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Karena fitur dan tamplate yang memang sangat supprot untuk gaming.

Tidak kalah dengan aplikasi lainya. Di filmora juga terdapat firur seperti kotak atau panah, menambah tulisan dan lain sebagainya.

Ezvid

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software selanjutnya adalah aplikasi Ezvid. Sekilas dari tampilan memang tidak jauh berebda dengan filmora namun aplikasi ini jauh lebih ringan dan bahkan bisa di gunakan pada windows XP.

Cara nya juga mudah dengan fitur – fitur pendukung yang sudah di sediakan di dalamnya.

ShareX

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Aplikasi ini hanya bisa di gunakan pada OS windows saja. Namun supprot untuk windows 7, 8 dan 10 saja.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, selain itu software atau aplikasi ini bersifat open source, tanpa ikla ndan ringan untuk di gunakan.

Fitur yang di tawarkan di dalamnya juga tidak kalan dengan yang berbayar, karena kamu bisa merekam bagian layar baik menggunakan persegi panjang atau elips. Selian itu kamu juga bisa menambhakan efek seperti gambar, watermak dan lainya.

Baca Juga : Cara Lihat Spesifikasi Laptop

OBS Studio

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Nah ini adalah aplikasi atau software yang paling populer di bandingkan dengan lainya dan banyak di gunakan oleh para steamers.

Banyak para pemain game atau youtuber menggunakan aplikasi in  baik untuk keperluan content atau untuk live.

Aplikasi ini mempunyai fitur – fitur lengkap dan advance. Selain itu didalamnya terdapat fitur untuk mengatur suara pada video.

Free Screen Video Recorder

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software

Aplikasi perekam layar di laptop yang bisa kamu gunakan adalah Free Screen Video Recorder yang tersedia gratis di Windows 10, 8, 7 Vista, XP.

Selain untuk perekam terdapat fitur seperti melakukan resize, crop menambah gambar lainya. Selain itu aplikasi ini juga gratis namun fitur yang tersedia tentunya tidak kalah dengan yang berbayar.

Nah itu tadi yang bisa kita bahas di atas mengenai Cara Merekam Layar Laptop baik tanpa software atau aplikais dan menggunakan software atau aplikasi. Tentunya sangat bermanfaat untuk yang ingin menjadi Youtuber atau sekedar bermain game. Mudah – mudahan bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply