Cara Scan di Printer

Cara Scan di Printer – Semakin maju jaman dan perkembangan terutama dibidang teknologi tentunya banyak perubahan yang terjadi, seperti halnya pada dokumen baik yang berbentuk soft file atau lainya.

Ada kalanya kita membutuhkan foto, dokumen atau lainya yang sudah tercetak untuk mengedit ulang secara digital. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat dokumen baik foto atau lainya yang sudah berbentuk fisik diubah menjadi digital.

Salah satu alat yang biasa digunakan untuk scan adalah printer. Tentunya untuk printer sendiri terdapat beberapa macam jenis mulai dari Canon MP287, Epson L3110 dan jenis lainya. Nah namun bagaimana cara untuk scannya ? berkut ini adalah pembahasanya.

Alat Scan Menggunakan Printer

Alat Scan Menggunakan Printer

Tentunya ada alat tersendiri untuk melakukan scaning dokumen atau lainya. Namun dengan menggunakan printer yang sudah support untuk scanning akan mengurangi pengeluaran yang seharusnya digunakan untuk membeli alat scan bisa dipakai lainya.

Tidak hanya itu saja, perkembangan zaman yang semua serba canggih ini ada yang bisa digunakan juga untuk scanning seperti halnya smarphone yang notabene dulu hanya bisa digunakan untuk SMS dan telpon saja.

Scan dengan menggunakan printer hasilnya memang memuaskan mulai dari ketajaman baik huruf maupun gambarnya bisa terdeteksi dengan baik.

Ada banyak jenis yang bisa diguakan untuk scan menggunakan printer yaitu Cara Scan di Printer Epson L360, L30 dan Printer Canon MP280. Semua tinggal menyesuakan dengan keinginan kamu mau pakai yang mana.

Baca Juga : Cara Menghapus Cache di Laptop

Cara Mengetahui Printer yang Support Untuk Scan

Cara Mengetahui Printer yang Support Untuk Scan

Tidak semua printer yang ada bisa digunakan untuk fitur scan. Karena sebagian printer masih menggunakan cara lama yang tidak bisa digunakan untik scan dokumen atau foto. Untuk printer yang sudah menggunakan biasanya yang keluaran terbaru seperti Cara Scan di Printer Epson 1565, HP, Canon MP287 dan G2010.

untuk cara mengetahuinya pun tidak begitu susah, karena cukup melihat fisiknya saja biasanya sudah terdeteksi mana yang bisa digunakan untuk scan dan mana yang tidak bisa digunakan untuk scan.

Untuk printer yang mempunyai fitur scan biasanya terdapat tempat khusus berbentuk kotak dengan kaca itam dan berada paling atas yang berfungsi sebagai alat untuk scan.

Namun biasanya saat kamu membeli printer, akan ada buku panduan yang diberikan, nah untuk lebih gampangnya kamu bisa pelajari di buku panduan penggunaan saja apakah printer yang kamu beli sudah support scan atau belum.

Cara Scan di Printer Yang Benar

Melakukan scan menggunakan printer tentunya tidak sulit seperti yang dibayangkan. Yang terpenting adalah printer yang kamu gunakan sudah support fitur untuk scan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Selain itu siapkan juga alat – alat yang memang penting seperti printer yang sudah support scan, komputer dan dokumen yang ingin kamu scan.

Alat diatas tetunya sangat penting agar scanning yang kamu inginkan bisa berjalan dengan yang kamu mau. Nah berikut ini adalah cara atau langkah yang bisa kamu lakukan :

Printer dan Komputer Harus Terhubung

Cara Scan di Printer Yang Benar

Yang pertama dan yang paling penting adalah menghubungkan printer dengan komputer. Cara ini tentunya cukup familiar karena hanya dengan menggunakan kabel printer seperti USB yang dicolokan pada printer dan komputermu.

Namun jika kamu menggunakan printer yang terhubung ke WIFi tinggal kamu hubungkan saja kemudian koneksikan antara komputer dan printernya.

Jika kamu belum mempunyai belum mempunyai driver printer yang kamu pakai, sebaiknya disiapan dengan mendownload driver printer sesuai dengan yang kamu gunakan.

Baca Juga : Cara Sharing Printer

Siapkan Media yang Ingin di Scan

Cara Scan di Printer Yang Benar

Selanjutnya jika komputer dan printer sudah dinyatakan terkoneksi kamu siapkan saja dokumen baik foto atau lainya yang ingn kamu scan.

Caranya tinggal kamu masuakan saja dokumenya. Caranya tinggal buka penutup printer yang biasanya ada dipaling atas kemudian masukan kertasnya dengan menghadap kebawah. Tulisan atau gambar yang dijadikan objek berada di bawah.

Namun sebelum melakukan scanning pastikan dulu agar kertas atau media yang ingin di scan bersih dan tidak ada kotoran yang menempel agar nanti hasilnya bagus dan bersih.

Melakukan Scanning

Cara Scan di Printer Yang Benar

Untuk melakukan scan terdapat beberapa hal yang perlu kamu aktifkan dan biasanya sistem pada windows sudah menyiapkan fitur bawaan untuk melakukan scanning. Ada banyak jenis yang bisa digunakan.

Untuk kamu pengguna OS windows, biasanya sudah tidak perlu repot – repot mencari fitur scan karena biasanya laptop/PC akan otomatis mendeteksi printer.

Nah untuk cara mengaktifkannya kamu bisa ikuti langkah – langkah yang akan saya berikan di bawah ini :

  • Klik Star pada laptop kamu lalu pilih All Program
  • Pilih Fax & Scan. Biasanya untuk pengguna Windows 10 bisa langsung ketik dikolom searching dan tuliskan Windows Fax and Scan
  • Jika sudah masuk pada menu Windows Fax and Scan kamu bisa langsung melakukan eksekusi dengan menekan tombol New Scan.
  • Pada jendela New Scan terdapat beberapa poin yang musti kamu pahami seperti Scanner ( printer atau alat scan yang terdeteksi pada laptop/PC ), Profile (Jenis dokumen yang ingin discan, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kamu saja ), Color Format (settingan color kamu bisa mengubah menjadi hitam putih ), Resolution ( Kualitas ketajaman pada hasil scan ), dan Brightness & Contras ( Penyesuaian cahaya ).

Proses Scanning

Cara Scan di Printer Yang Benar

Proses untuk scanning mungkin membutuhkan beberapa waktu, namun tidak lama kok. Setelah proses scanning selesai maka kamu tinggal simpan hasilnya.

Nah namun untuk menyimpan bagaimana caranya sih ? biasanya setelah selesai scanning, biasanya kamu akan langsung melihat hasil dari dokumen yang sudah kamu scan tadi.

Setelah itu pada kolom Preview or scan seperate images files hilangkan centang yang mana mempunyai tujan agar elemen pada kertas bisa ikut ke scan.

Cara Cek Hasil Scan

Jika sudah selesai melakukan proses scanning maka tinggal kamu cek saja hasilnya. Buka folder Document yang berada pada folder Computer > Scanned > Document. Pada folder tersebut maka akan terlihat hasil dari scan dokumen kamu.

Untuk bentuk file kadang berbentuk JPG atau PNG. Namun tidak ada pengaruh pada hasilnya.

Nah demikian pemahasan mengenai cara scan di laptop yang bisa kami lakukan. Dengan cara scaning kamu bisa mendapatkan manfaat yang banyak yaitu edit dokumen yang typo atau salah tulis.

Selain itu memang pada perkembangan digital yang semakin pesat jensi dokumen dalam bentuk file banyak digunakan selain relatif aman juga tidak akan takut kena hujan atau kerusakan umur.

Untuk kamu yang masih kebingunan bagaimana melakukan scan cukup menulis di komentar dibawah ini. Atau mau request materi yang kamu mau bisa tulis dibawah ini. Terimakasih mudah – mudahan bermanfaat yaaaaaaaa !!!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply