Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop – Mengambil gambar langsung dari layar PC merpakan salah satu kegiatan yang mungkin tida asing bagi kamu jika sering memegang atau bermain komputer dan atau laptop.

Screenshot i diperlukan dengan berbagai keperluan seperti mengambil contoh dari exel atau lainya. Namun permasalahan yang terjadi adalah tidak semua orang tahu tentang menggunakan screenshot di PC atau laptop.

Pengertian singkat dulu ya tentang apa itu screenshot atau yang lebih dikenal dengan singkatan SS. Screenshot (SS) adalah hasil tangkapan dari layar yang digunakan untuk keperluan seperti persentasi atau keperluan lainya.

Nah tapi tahukah kamu bagaimana cara untuk screenshot ? berkut ini akan kita bahas lengkap mengenai screenshot di laptop atau PC secara lengkap.

Cara Screenshot di Laptop  Secara Umum

1. Menggunakan Print Screen

Menggunakan Print Screen

Cara ini terbilang mudah karena hanya menggunakan satu tombo saja untuk screenshot. Pasalnya menggunakan Print Screen tanpa mengkombinasikan dengan tombol lain sudah bisa untuk menghasilkan gambar tangkapan layar yang diinginkan.

2.Menggunakan Kombinasi Tombol

Tombol Windows + Prt Scrn

Tombol Windows + Prt Scrn

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tombol windows dan + prt scrn atau print screen. Penggunaan tombol ini ada sejak dari windows XP sampai windows 10 bisa menggunakan kombinasi ini untuk menghasilkan tangkapan layar.

Untuk cara melakukanya pun tidak sulit :

  • Tekan Logo Windows yang biasa terdapat di bagian bawah kiri + print screen di bagian atas kanan dilakukan secara bersamaan.
  • Setelah itu layar akan mengirim tanda yaitu dengan layar berkedip yang mana sebagai tanda proses penangkapan layar sedang dilakukan.
  • Proses terakhir adalah gambar tangkapan layar akan tersimpan otomatis di folder picture laptop yang biasanya terdapat di partisi C:\Users\[Nama user kamu ]\Picture\Screenshot, atau jika tidak ada bisa di cari di partisi C.

Tombol Alt + prt Scrn

Tombol Alt + prt Scrn

Cara kombinasi tombol yang bisa di lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol alt + prt scrn yang bisa dilakukan di windosw xp sampai ke windows 10. Untuk caranya pun tidak berbeda dengan tombol windows + prt screen karena hanya cukup menekan secara bersamaan.

Setelah melakukan penagkapan layar buka aplikasi paint atau Microsoft word dan setelah itu paste screenshot yang sudah di ambil tadi.

Dengan menggunakan ini menghasilkan gambar yang berbeda di banding sebelumnya karena yang akan di capture hanyaa jendela aktif saja sementara pada bagian taskbar dan yang lain tidak akan kena screenshot – nya.

3.Menggunakan Aplikasi

Salah satu yang mempermudah untuk screenshot adalah dengna mengunduh aplikasi screenshot. Adapun aplikasi yang bisa di gunakan sebagai berikut.

Snagit

Ada banyak pihak ketiga yang menyediakan aplikasi untuk screenshot di laptop atau PC yang ada banyak di situs web – web.

Namun salah satu yang memang kami rekomendasikan adalah aplikasi snagit karena aplikasi ini bisa di jadikan aplikasi andalan untuk laptop atau PC kamu.

Snagit sendiri adalah aplikasi dari pihak ketiga yang mempunyai fitur pengeditan, screenshot dan penangkapan layar.

Untuk menggunakan aplikasi ini pun juga tidak susah. Berkut ini adalah caranya :

  • Download Disini dan install snagit
  • Jalan dan masuk ke snagit
  • Jika sudah masuk klik tombol capture

screenshot menggunakan snagit

  • Tentukan area yang ingin di Screenshot

screenshot menggunakan snagit

  • Setelah itu klik ikon kamera yang berada di bagian atas paling kiri untuk menyimpan hasil penangkapan layar.

screenshot di laptop menggunakan snagit

  • Setelah itu kamu bisa edit lewat jendela Snagit Editor Pop – up. Didalamnya kamu bisa menambahkan mulai dari bentuk, teks, efek dan lain – lain.

screenshot di laptop menggunakan snagit

  • Klik Save jika sudah selesai edit.

screenshot di laptop menggunakan snagit

Namun ini adalah aplikasi berbayar yang hanya bisa di gunakan secara full selama 15 hari. Setelah masa uji coba selesai maka kamu harus membeli paket snagit yang lengkap.

Lightshot

screenshot di laptop menggunakan Lightshot

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan untuk Screenshot adalah Lighshot yang merupakan aplikasi penangkaan layar paling banyak digunakan.

Jika kamu sudah mendownload dan menginstalnya biasanya secara otomatis akan muncul di bagian taskbar Windows.

Selanjutnya setelah bisa digunakan kamu bisa langsung mengambil gambar yang diinginkan. Cara nya seperti apa ? berkut penjelasan caranya.

  • Klik ikon Lightshot pada taskbar laptop kamu.
  • Kemudian pilih area yang ingin di ambil gambarnya.
  • Setelah selesai memilih gambar atau layar yang diinginkan bisa langsung di save dan sesuaikan format yang diinginakn bisa menggunakan PNG, JPG dan BMP.

Cukup mudah bukan ? di Lightshot ini juga mempunyai fitur yang tidak kalah bagusnya yaitu ada share, copy, teks, tambar marker dan fitur lainya.

Keunggulan dari gambar yang dihasilkan yaatu mempunyai ukuran kecil karena hanya 4MB jadi tidak memenuhi memori di laptop kamu tentunya.

Schirmfoto

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Schirmfoto yang mana mempunyai kelebihan bisa menyimpan gamar dengan resolusi tinggi.

Selain itu didalamnya juga terdapat berbagai macam format yang bisa dipilih mulai dari JPG, PNG, PDF dan lainya. Selain itu aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk screenshot saja melainkan bisa juga digunakan untuk merekam layar.

Untuk menggunakanya pun tidak lah sulit karena karena hanya klik pada ikon kamera dan gambar akan tersimpan secara otomatis.

Kamu juga bisa loh edit tangkapan layarnya. Bisa ditambahin dengan teks, copy, print, crop, watermark dan atau lainya. Cara screenshot di windows 7 juga bisa menggunakan aplikasi ini kok jadi tenang.

Screenshot Captor

Aplikasi yang satu ini agak berebda dengan aplikasi sebelumnya karena bisa mengambil gambar layar atau screenshot dengan halaman yang panjang ( long screenshot ). Namun jangan cemas karena juga bisa kok mengcapture pada bagian – bagian yang kamu inginkan saja.

Ukuran yang dihasilkan termasuk kecil karena hanya 8MB saja. Didalamnya terdapat fitur tambahan seperti frame, border, shadows effectt dan lain lain.

Jing

screenshot dilaptop menggunakan Jing

Aplikasi terakhir rekomendasi dari kami untuk kamu adalah aplikasi jing. Yang mana mempunyai fitur yang tidak jauh berbeda dari aplikasi sebelumnya.

Namun hanya tersedia format PNG saja. Keunggulan lainya aplikasi ini juga bisa merekam layar hanya saja terbatas selama 5 menit.

4. Menggunakan Snipping Tool

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi bawan dari windows yaitu snipping tool. Cara untuk menggunakanya pun cukup mudah.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot dengan menggunakan snippingtool.

  • Pilih logo windows pada taskbar atau menu.

screenshot di laptop Menggunakan Snipping Tool

  • Setelah itu cari atau search dengan menuliskan Snipping Tool

screenshot di laptop Menggunakan Snipping Tool

  • Kemudian buka aplikasinya
  • Pilih New

screenshot di laptop Menggunakan Snipping Tool

  • Pilih area yang ingin kamu ambil dengan cara menarik dan menyesuaikannya
  • Kemudian pilih save

screenshot di laptop Menggunakan Snipping Tool

  • Pilih format yang di inginkan.
  • Dan selesai

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop

Cara melihat hasil dari screenshot pun tidak lah suah karena hanya memastikan halaman tujuan penyimpanan dari screenshot di mana.

Biasanya hasil dari screenshot ini terdapat pada partisi C di bagian users dan picture. Namun tentusaja bisa di rubah halaman yang di tuju sesuai dengan keinginan kamu.

Tentunya cara screenshot ini berlaku juga di berbagai macam iOS atau merek laptop lainya. Seperti cara screenshot di laptop acer, lenovo toshiba, dell, asus, samsung atau merek laplop lainya. Sebenarnya semua cara SS ( Screenshot ) yang kami jelaskan di atas sangat lumrah dan gampang dilakukan.

Tinggal kamu mau milih aplikasi yang mana , atau cara yang mana. Demikian tadi yang bisa kami sampaikan mudah – mudahan dapat membantu kamu. Sekian terimakasih.

Yuk baca juga artikel lain seputar Teknologi di www.symbianplanet.net

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply