Cara Update Windows 10

Cara Update Windows 10 – Windows 10 merupakan system operasi terbaru dari Microsoft yang diliris pada tahun 2015 silam. Versi yang terbaru untuk saat in adalah versi 1903 yang sudah diperkenalkan pada bulan Mei Tahun 2019.

Setiap upadate terbaru dari Windows 10 tentunya akan membawa fitur-fitur baru yang memudahkan penggunanya, memperbaiki bug dan memperbarui security patches. Jika belum mengetahui bagaimana cara updare Windows 10. Maka Kami akan memberikan cara update Windows 10.

Windows ini memiliki fitur untuk mengecek dan menginstall update secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan dan update Windows 10 dengan cara menual.

Biasanya update Windows ini dilakukan ketika ada security patch baru untuk memperbaiki bug. Nah, lalu bagaimana cara update Windows 10 secara aman dan tidak merusak semua komponennya. Maka baca semuanya sampai habis artikel ini.

Cara  Via Update Assistant

Cara Update Windows 10 Via Update Assistant

Perlu diketahui bahwa update Windows ini memerlukan koneksi internet yang stabil, karena akan mendownload file yang ukuran yang lumayan besar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Persiapkan Bahan Untuk Update

Sebelum melaksanakan melalui update assistant, perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk update Windows 10 yang berukuran bisa mencapai 2 gb sampai 4 gb.

Kemudian download Windows 10 update yang paling baru di internet. Kemudian bisa melakukan opsi backup data yang terpenting dan membuat recovery drive jika diperlukannya.

  • Jalankan Software Update Assistant

Setelah sudah memenuhi persiapan yang dijelaskan pada sebelumnya, selanjutnya menjalankan software update assistant, kemudian klik update now supaya proses download bisa dijalankan.

Windows akan melakukan pengecekan terhadap kompatabilitas hardware. Ketika semua sudah ok, klik next dan tunggu sampai proses selesai.

  • Restart Now

Apabila proses sudah selesai, maka Windows akan meminta untuk melakukan restart terhadap laptop atau PC. Klik restart now untuk melakukan restart laptop atau pc untuk menyelesaikan proses update Windows 10. Kemudian, ikuti saja wizard Windows 10 fall creators update hingga proses selesai secara keseluruhannya.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10

Cara Update Windows 10 Via Windows Update

Cara Update Windows 10 Via Windows Update

Cara iniu dilakukan tanpa menggunakan software apapun. Pada dasarnya, update Windows 10 via Windows update disarankan untuk menunggu sampai menerima pemberitahuan, namun bisa juga melakukannya sendiri secara langsung jika sudah tersedia.

Berikut ini cara yang terbaik untuk update Windows 10 Via Windows Update :

Check For Updates

Cara yang pertama adalah dengan menyalakan Laptop atau PC dan cek update Windows apakah sudah bisa melakukan pembaruan atau belum.caranya dengan menuju ke Settings, kemudian Klik pada tulisan Update & Security, kemudian pilih Chek For Updates.  Tunggu sampai proses selesai dan system akan segera memberitahukan jika ada update yang terbaru.

Restart Laptop Atau PC Sesudah Update

Apabila ada update yang bisa dilakukan untuk laptop atau PC. Segera lakukan download terhadap update, untuk bisa mendapatkan kondisi Windows 10 paling terbaru. Tunggu sampai proses download selesai kemudian lakukan restart now supaya proses instalasi terhadap Windows 10 secara maksimal.

Cara Update Windows 10 Melalui Microsoft Update Catalog “Legal”

Cara Update Windows 10 Melalui Microsoft Update Catalog “Legal”

Microsoft mempunyai website dengan nama Microsoft Update Catalog untuk mendownload file update secara ilegal. Cara update Windows 10 secara manual adalah cara yang legal dan bisa dilakukan secara aman. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Buka Website Microsoft Update Catalog

Update Windows 10 via Microsoft Update Catalog yang satu ini memanfaatkan website untuk melakukan proses update. Buka browser yang ada di laptop atau PC. Ketik pada pencarian.

Jika sudah muncul halaman tersebut, masukkan file update Microsoft yang dicarik misalkan KB4048955.

Download File Update Berdasarkan Versi Produk

Setelah memasukkan kode, maka akan memunculkan beberapa list dari file yang bisa di download. Cari dan download file yang sesuai dengan versi produk dari laptop atau PC. Misalkan windows 10, Windows Server atau yang lainnya.

Kemudian jangan lupa sesuaikan dengan arsitektur dari OS misalkan x86 atau x64. Kemudian klik download.

Install Update Windows 10

Sesudah file di download, lalukanlah penginstalan terhadap file tersebut. Perlu diketahui bahwa Microsoft memiliki dua file format di Windows Update yaitu CAB “Cabinet” dan MSU “Microsoft Software Update”.

Jika file berformat MCU, maka cara menginstallnya cukup klik 2x, sedangkan file yang berformat CAB maka bisa di install dengan bantuan Command Prompt. Cara ini bisa menjadi cara dengan metode secara offline.

Cara Update Windows 10 Via Media Creation Tool

Cara Update Windows 10 Via Media Creation Tool

Cara ini sydah banyak dilakukan dan terbukti berhasil dan caranya sangatlah mudah untuk dilakukannya. Berikut ini langkah-langkah :

Download Dan Install Software Media Creation Tool

Langkah yang pertama adalah dengan cara mendownload dan install Software Media Creation Tool terlebih dahulu pada Laptop atau PC. Jika tulisan What do you want to do ?. Pilih Upgrade this pc now. Kemudian klik Next untuk melanjutkan proses download software.

Jika proses download sudah selesai, pilih accept jika muncul halaman license terms untuk menyetujuinya.

Update Windows 10 Via Media Creation Tool

Jalankan software Media Creation Tool dan cek terlebih dahulu, apakah sudah ada pembaruan yang tersedia. Apabila ada, maka otomatis software akan mendownload Windows 10 versi yang paling terbaru.

Berikutnya jika muncul jendela yang bertuliskan ready to install. Maka lakukan penginstalan dengan klik install. Pastikan mencetang terlebih dahulu opsi keep personal files and apps supaya aplikasi dan file yang ada di laptop atau pc tidak hilang.

Restart Now

Kita bisa memilih file apa saja yang ingin disimpan dengan klik link change what to keep dan pilih opsi yang di inginkannya. Yang terakhir, tekan tombol install untuk memulai proses update dari Windows 10 dan setelahnya lakukanlah restart pda laptop atau pc untuk menghasilkan update yang sempurna.

Cara Menjadwalkan Update Otomatis

Cara Menjadwalkan Update Otomatis

Jika ada pemberitahuan mengenai update yang sudah kamu lakukan namun laptop atau PC sedang digunakan, maka bisa menjadwalkan kapan pada saat update. Berikut ini untuk dapat menjadwalkan update yang secara otomatis.

  • Buka Windows Update Di Setting

Yang pertama tentunya harus dilakukan terlebih dahulu adalah menyalakan laptop atau PC kemudian menuju ke menu setting , pilih opsi update & security, kemudian klik check for updates.

Jika perangkat menerima update yang terbaru maka akan diberitahukan mengenai update yang terbaru. Namun jika belum ada, maka akan muncul informasi bahwa perangkat sudah berada di versi yang terbaru.

  • Pilih Jadwal Update

Dari jendela Windows Update, klik schedule the restart dan penjadwalan akan terbuka. Klik schedule a time dan pilih jam, menit, dan hari yang diinginkan untuk dilakukan update.

  • Selamat, Penjadwalannya Berhasil

Setelah melakukan tutorial yang ada di atas, maka system akan otomatis melakukan update di waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Perlu diingat bahwa update

Cara Secara Offline

Microsoft mempunyai situs Web yang menyediakan file update secara ilegal yang bernama Microsoft Update Catalog. Dengan metode ini, Kita bisa mengupdate Windows 10 versi yang terbaru secara manual dan offline. Berikut ini adalah caranya :

  • Buka aplikasi Web Browser.
  • Kunjungi situs Web Microsoft Update Catalog.
  • Cari versi Windows melalui kolom pencarian, misalkan 1903.
  • Tentukan apa menggunakan 32-bit atau 64-bit.
  • Kemudian klik tombol Download yang berada di sampingnya.
  • Klik File MSU dan CAB untuk memulai mengunduh.
  • Apabila file yang di download formatnya MSU maka cukup dengan klik 2x saja untuk menginstallnya.
  • Jika formatnya CAB, maka harus menggunakan CMD untuk bisa menginstallnya.

Mudah-mudah artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semuanya, apabila ada kesalahan kata mohon untuk di maafkan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply