Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Contoh Artikel

12 min read

contoh artikel

Contoh Artikel – Saat ini istilah artikel sudah sangat familiar di telinga masyarakat terutama bagi mereka yang memiliki profesi sebagai penulis. Artikel tidak hanya ditemukan melalui media internet, namun juga bisa Anda temukan di berbagai media seperti surat kabar, majalah, buletin dan sebagainya.

Bahkan dalam dunia pendidikan, siswa diajarkan untuk membuat contoh artikelyang baik dan tepat.Dimana artikel tersebut berupa karangan faktual untuk menyampaikan sebuah ide atau fakta, informasi yang mendidik, informasi ilmiah dan sebagainya.

Dalam penulisan sebuah artikel digunakan gaya bahasa sederhana, sehingga isi dari artikel mudah dipahami oleh pembaca. Sedangkan isinya bervariasi sesuai dengan topik yang dibahas.

Jenis-Jenis Artikel

Menurut Tartono, ia mengemukakan bahwa jenis-jenis artikel dibedakan berdasarkan siapa yang menulis, apa isi dari artikel dan apa fungsinya. Berdasarkan penulisnya, artikel dibedakan menjadi tiga, diantaranya adalah :

Artikel Prediktif

Artikel prediktif adalah artikel yang di dalamnya mengemukakan tentang sebuah masalah pada zaman sekarang dan memprediksi kejadian yang akan tiba.

Di dalam artikel ini penulis akan mengungkapkan fenomena-fenomena yang terjadi pada masa sekarang dan memberikan prediksi kejadian di masa depannya. Kejadian di masa depan adalah akibat dari kejadian pada masa kini.

Artikel Deskriptif

Sesuai dengan namanya, artikel deskriptif adalah suatu artikel tentang pembahasan sebuah masalah yang terjadi atau pemberitahuan informasi kepada pembacanya.

Artikel ini dibuat untuk memberikan sebuah informasi ke pembaca sehingga akan mengerti dan paham. Artikel ini tidak dibuat untuk memaparkan suatu masalah yang secara detail.

Artikel Eksplanatif

Artikel eksplanatif “penjelasan” adalah suatu artikel yang didalamnya mengkaji, menjabarkan atau memaparkan tentang suatu masalah yang ada. Penjabaran yang dilakukan tidak hanya secara gamblang, detail dan jelas.

Isi dari artikel ini lebih besar menampilkan pendapat atau sudut pandang si penulis mengenai topik yang sudah dipilihnya.

Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri artikel yang sering kita jumpai, diantaranya adalah :

  • Artikel adalah tulisan yang original.
  • Artikel dituliskan berdasarkan pengalaman dari penulis, atau dari sumber yang sudah terpecaya.
  • Artikel yang baik dan benar memiliki sebuah informasi atau gagasan yang bisa memecahkan sebuah permasalahan dari pembacanya.

Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan

contoh Artikel ini berhubungan dengan pendidikan yang tujuannya yaitu untuk membentuk pribadi seseorang agar memiliki kecerdasan dan karakter yang baik. Apabila seseorang memiliki ilmu yang berkualitas dan karakter yang baik, maka akan mendukung kemajuan bangsa.

Hal- Hal yang Wajib Diterapkan untuk Menuju Kemenangan dan Bukan Sebatas Angan

Dalam sebuah tim olahraga misalnya saja sepak bola, dimana terdapat beberapa orang yang bermain di lapangan. Pada dasarnya pemain intinya terdiri dari 11 orang dan juga terdapat sekelompok orang yang berada di luar lapangan pertandingan. Meskipun antara pemain inti dan kelompok lain berada terpisah dengan pemain inti, namun sesungguhnya mereka merupakan suatu kesatuan.

Karena di luar pemain inti masih terdapat pemain cadangan, tim pelatih, manajer, dokter dan masih banyak yang lainnya. Hanya saja yang tersorot yaitu pemain yang berada di lapangan. Pada dasarnya peran semua  individu yang ada di luar lapangan sangat berpengaruh dan dibutuhkan oleh tim pemain.

Dalam faktanya, jika terdapat suporter yang tidak memberikan support atau justru mencemooh atau merendahkan cara bermainnya pemain yang di lapangan. Maka sudah pasti pemain inti pun akan merasa down dan semangatnya akan semakin menurun. Walaupun supporter tidak terjun bermain di lapangan, namun memiliki dampak besar atas pertandingan yang dilakukan para pemain tim.

Contoh lainnya yaitu Ace Hardware salah satu perusahaan kecil yang membentuk sebuah koperasi. Perusahaan ini menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga yang kemudian mengangkat merk Ace Hardware. Karena persatuan dan bentuk kerja kerasnya kini sudah Ace Hardware telah menjadi sebuah perusahaan kelas dunia.

Sama halnya dalam sebuah rumah tangga, jika tidak ada persatuan maka hubungan rumah tangga tidak akan harmonis. Akhirnya kondisi keluarganya tidak akan terwujud ketentraman dan kedamaian. Jadi untuk meningkatkan persatuan, ada banyak hal yang bisa diterapkan. Persatuan dalam rumah tangga berbeda dengan persatuan di dalam negara, perusahaan atau yang lainnya.

Pelajaran yang bisa diambil dari kesemuanya yaitu masing-masing orang memiliki peran dan tugas masing-masing. Cara yang paling tepat yaitu dengan menerapkan hal-hal kecil terlebih dahulu dalam keluarga, sebagai anak harus mengikuti aturan yang diterapkan dalam keluarga. Tugas sebagai orang tua yaitu memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya.

Untuk membina kerukunan dan persatuan dalam tatanan negara, maka setiap individu harus menjadi pribadi yang baik dan jujur. Jika setiap individu mampu menerapkan aturan pemerintah, maka persatuan sebuah negara akan terwujud dan ketentraman serta kedamaian bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Langkah selanjutnya untuk mewujudkan persatuan yaitu dengan memberikan kepercayaan kepada seorang pemimpin. Baik dalam sebuah tim olahraga, tatanan negara, rumah tangga atau yang lainnya. Anda harus percaya bahwa seorang pemimpin akan memberikan yang terbaik untuk rakyatnya atau anggotanya.

Akan tetapi, seorang pemimpin juga harus amanah dan dapat menjalankan kepercayaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Menurut salah satu teori menyebutkan bahwa semakin besar tanggung jawab yang diemban, maka akan semakin kecil hak untuk kepentingan pribadinya. Menurut pernyataan di atas, seorang pemimpin hendaknya mementingkan kepentingan tim ketimbang kepentingan pribadi.

Contoh Artikel Kesehatan

Contoh Artikel Kesehatan

Artikel ini berisi pembahasan mengenai kesehatan yang sudah teruji secara ilmiah. Pembahasannya bisa dijadikan sebagai referensi bagi pembaca yang sedang membutuhkan informasi seputar kesehatan. Berikut ini contoh artikelnya:

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan untuk Kesehatan

Mie instan memang cukup familiar di kalangan masyarakat. Selain mudah ditemukan, cara pengolahannya juga sangat praktis. Mie instan memiliki rasa yang sedap, sehingga peminatnya cukup banyak. Akan tetapi dibalik rasanya yang lezat, makanan ini memiliki sejumlah resiko berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering dapat meningkatkan timbulnya penyakit ginjal, kanker dan usus buntu. Dalam beberapa kasus, orang yang mengkonsumsi mie instan secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Bagi Anda yang saat ini mengkonsumsi mie instan setiap hari, sebaiknya untuk segera menguranginya misalnya 3 hari sekali sampai Anda bisa terbebas dari kebiasaan mengkonsumsi mie instan. Menurut beberapa penelitian, ternyata di dalam mie instan mengandung zat lilin yang sangat berbahaya bagi organ tubuh.

Dalam proses pembuatan mie instan, zat lilin berfungsi untuk membuat mie agar tidak lengket. Jadi semakin banyak Anda mengkonsumsi maka zat lilin di dalam tubuh juga akan semakin meningkat. Sehingga zat lilin akan merusak sistem kerja pencernaan, karena makanan yang mengandung zat lilin baru bisa dicerna tubuh minimal setelah 2 hari.

Mie instan selain mengandung zat lilin juga terdapat natrium yang bisa menyebabkan penyakit hipertensi dan maag. Jika mie instan dikonsumsi secara berlebihan dalam waktu jangka panjang bisa menyebabkan penyakit di atas. Tidak hanya itu saja, mie instan juga mengandung MSG dan penambah rasa yang membahayakan kesehatan.

Jika Anda masih tetap ingin mengkonsumsi mie instan, sebaiknya cara penyajiannya harus tepat. Jangan memasak mie instan bersamaan bumbunya. Anda harus merebus mie instan 2 kali dengan suhu dibawah 120 derajat. Karena memasak mie instan di atas suhu 120 bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Sebaiknya Anda membuang rebusan air mie instan yang pertama dan mengganti air yang baru.

Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah

Selain artikel pendidikan dan kesehatan, ada juga artikel ilmiah yang sangat penting untuk dipahami. contoh Artikel ilmiah berisi pembahasan yang sudah teruji dan valid. Artikel ini biasanya digunakan sebagai referensi atau bahan rujukan oleh pembaca.

Alasan Mengapa Saat Bulan Ramadhan Kurma Menjadi Salah Satu Makanan Terbaik

Ramadhan adalah bulan yang paling mulia bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Pada Saat bulan ramadhan ada banyak sisi yang berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Orang muslim diwajibkan menjalankan puasa selama satu bulan kecuali bagi mereka yang berhalangan.

Ada keseruan lain saat bulan puasa, seperti halnya orang membeli berbagai jenis makanan maupun minuman menjelang buka puasa. Bahkan sebagian orang justru membagikan takjil pada bulan yang penuh berkah tersebut. Tidak hanya itu saja, biasanya disepanjang perjalanan banyak orang yang berjualan takjil musiman.

Menjalankan ibadah puasa penuh satu bulan memang bukan perkara yang mudah. Seseorang harus menahan haus dan lapar yang menjadi suatu tantangan paling berat pada awal-awal menjalankan puasa. Karena itulah, Anda harus memastikan makanan yang dikonsumsi bernutrisi agar bisa beraktivitas dengan baik.

Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi kurma yang cukup mampu meningkatkan kebugaran seseorang pada saat menjalankan puasa.

Menurut beberapa penelitian, kurma menjadi makanan yang cukup ideal dikonsumsi saat bulan ramadhan karena mengandung nutrisi esensial lengkap sehingga sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa alasan kenapa kurma menjadi makanan terbaik ketika bulan ramadhan:

  • Berdasarkan hasil perbandingan analisa yang dilakukan lab USDA, antara kurma dengan jenis makanan lain seperti kentang, beras, pisang, kiwi, mangga, apel dan anggur, menunjukkan bahwa kurma memiliki kandungan nutrisi yang paling tinggi.
  • Nutrisinya terdiri dari karbohidrat, kalori, lemak dan kandungan seratnya tertinggi, namun kandungan lemaknya paling rendah dan tidak mengandung kolesterol didalamnya.
  • Bahkan kandungan vitamin, elektrolit dan mineralnya cukup tinggi. Kurma juga mengandung phytonutrients seperti asam amino dan beta karoten.
  • Banyak orang memilih mengkonsumsi kurma karena mengetahui akan kandungan nutrisinya. Kurma selain dikonsumsi dalam bentuk aslinya, kini juga sudah diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat maupun dalam bentuk suplemen.
  • Serbuk sarinya yang sudah diolah sangat baik dikonsumsi wanita untuk meningkatkan kesuburan. Akarnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kejantanan pada pria. Sedangkan saripatinya bisa dikonsumsi semua usia untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Cara mengkonsumsinya cukup mudah, dimakan secara langsung atau diolah menjadi makanan atau minuman tertentu. Dengan mengkonsumsi kurma, maka kebutuhan nutrisi Anda akan tercukupi saat bulan puasa, sehingga tubuh tetap bugar dan bersemangat menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga : Contoh Resume

Contoh Artikel Hidup Sehat

Contoh Artikel Hidup Sehat

Artikel hidup sehat memberikan pembahasan mengenai tips bagaimana menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pembaca dapat memahami bahwa menjaga kesehatan akan lebih baik ketimbang harus berobat karena sudah terlambat.

Pola Hidup Sehat

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar pasti menjadi keinginan setiap orang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, seseorang memiliki aktivitas yang padat dan terkadang lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-harinya. Kemudian akhirnya, seseorang akan mudah terjangkit berbagai jenis penyakit baik penyakit ringan maupun serius.

Jika sudah sakit, maka ada banyak hal yang harus dilakukan. Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk biaya berobat, belum lagi kalau harus dirawat di Rumah Sakit.  Aktivitas juga akan terganggu dan merepotkan orang lain terutama keluarga karena harus merawat Anda. Agar terhindar dari masalah diatas, maka Anda harus menerapkan pola hidup sehat secara teratur.

  • Mengkonsumsi makanan bergizi

Makanan yang dikonsumsi merupakan faktor utama untuk membuat tubuh seseorang menjadi sehat. Anda bisa memulai mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin dan rendah lemak. Sebaiknya Anda juga menghindari jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan mengandung pengawet karena dapat beresiko terhadap kesehatan.

  • Cukup istirahat

Istirahat dengan cukup menjadi hal penting dalam menerapkan pola hidup sehat. Kebutuhan waktu istirahat setiap orang berbeda-beda sesuai dengan aktivitas yang dijalankan. Orang yang kurang istirahat akan lebih beresiko terkena penyakit mematikan seperti jantung dan kanker.

Selain dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar juga dapat membentuk tubuh tetap profesional. Bahkan tidur dengan posisi yang tepat mampu merangsang daya ingat dan kreativitas.

  • Olahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya dilakukan bagi mereka yang masih berusia muda.   Banyak orang beranggapan bahwa melakukan olahraga melelahkan tubuh. Padahal jika Anda melakukan olahraga secara rutin, maka dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging atau aerobik.

  • Memperbanyak konsumsi air putih dan menyikat gigi secara teratur

Banyak orang menyepelekan hal ini, mereka akan menyadarinya kalau sudah mengalami sakit gigi dan bau mulut tidak sedap. Kesehatan mulut ada hubungannya dengan kebugaran tubuh. Dimana mulut merupakan tempat yang paling mudah sebagai tempat perkembangan bakteri.

Jika dibiarkan akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. Untuk menghindari hal itu, maka Anda harus menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi secara teratur dan mengkonsumsi air putih yang cukup.

  • Berpikir positif

Seseorang yang berpikir positif tentu akan memiliki kehidupan yang lebih bahagia. Karena dalam dirinya tumbuh aspek positif yang berupa rasa semangat, keyakinan serta hal-hal lain yang menunjukkan perilaku positif.

Menurut penelitian, bahwa berpikir positif mampu meningkatkan kesehatan dan membangun kekebalan tubuh seseorang. Tidak hanya untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat namun mampu memperpanjang usia. Karena orang yang berpikir positif tentunya akan merasa lebih bahagia, sehingga memicu kehidupan yang lebih produktif.

Contoh Artikel Populer

Contoh Artikel Populer

Fenomena Lelaki Tulen Berpenampilan Bagai Seorang Wanita

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan berita di masa kini yang khususnya berita di kalangan selebriti pastinya sudah sering kali di bahas lelaki seperti wanita.

Secara lebih jelasnya, sesungguhnya mereka merupakan seorang laki-laki yang entah mengapa bergaya seorang wanita. Mereka mengenakan baju atau pakaian yang identik dengan para perempuan hingga memakai make up cantik.

Entah apa yang ada didalam pikirannya mereka sampai mereka mengganti semua penampilan tubuhnya dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Namun ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya Anda dan orang-orang sekitar Anda jauh dari fenomena yang buruk ini, caranya adalah :

  • Perdalam agama yang diyakininya

Sejak lahir yang sudah dimiliki adalah agama yang terbawa sejak dalam kandungan ibu dan sesuai dengan agama orang tuanya. Agama merupakan suatu pondasi nyang paling dalam untuk menjalani kehidupan yang terus berjalan.

Tanpa adanya agama, seorang bisa kehilangan arah tujuan hidup dan tidak mengerti akan kemananya arah. Sehingga, keinginan berganti kelamin bisa terjadi.

  • Jaga lingkup pergaulan

Kini lingkup pergaulan yang sudah terjalin luas dan bisa terjadi antar belahan benua satu dengan belahan benua yang lainnya. Seperti contoh seseorang bisa berkomunikasi atau mempunyai keakraban dengan seseorang beda Negara.

Pergaulan yang terlalu luas dan bebas bisa menjadi sebab dari fenomena yang janggal ini. Pergaulan menjadikan mereka tidak peduli dengan agama. Melalui dua cara di atas setidaknya seseorang bisa membentengi diri dari hal-hal yang menentang takdir dan melawan kodratnya.

Setiap orang harus percaya dengan apa yang dimiliki dirinya sendiri sehingga tidak berpikir untuk menjadi jenis lain. Seorang laki-laki harus percaya bahwa suatu saat bisa memimpin satu keluarga dengan baik dan perempuan harus yakin bisa menjadi ibu yang bisa mendidik.

Contoh Artikel Cinta

Contoh Artikel Cinta

Artikel cinta merupakan pembahasan suatu perasaan seseorang dan sikap manusia terhadap manusia lain atau bisa kecintaannya terhadap suatu benda. Cinta termasuk suatu ikatan emosi kepribadian manusia yang kuat. Berikut ini contoh dari artikel cinta sejati seseorang.

Kaulah yang Aku Tunggu

Dalam suatu kehidupan manusia, Allah menciptakan kehidupan yang berupa kebahagiaan, kesedihan, penderitaan dan juga kesenangan. Banyak fakta yang terjadi bahwa kebahagiaan akan berakhir dengan kesedihan dan sebaliknya penderitaan akan berakhir dengan suatu kebahagiaan.

Hanya orang- orang tertentu yang mampu menciptakan kebahagiaan dalam suatu kehidupan. Mereka mau berjuang meskipun dalam kondisi sulit dengan tujuan untuk memperoleh kebahagiaan dalam hidup. Kebahagiaan tersebut akan terwujud jika Anda mampu menjaga perasaan dengan orang lain terutama orang yang dicintainya.

Berbicara mengenai cinta merupakan sebuah anugerah yang Allah berikan kepada umatnya untuk hidup berpasang-pasangan dan saling mencintai, saling memiliki, saling menyayangi, saling menghargai dan pengertian.

Dalam hubungan percintaan bisa berakhir dengan suatu kebahagiaan maupun kesedihan. Hal itu terjadi bukan karena cinta yang salah atau benar. Semua itu tergantung pada seseorang yang menjalaninya, bagaimana menjaga hubungannya dengan orang yang dicintainya.

Sekarang bisa tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda mencintai seseorang karena harta, nafsu atau benar-benar karena menyayanginya dengan tulus. Berdasarkan kisah cinta seorang pemuda, ia banyak sekali mendapatkan pengalaman dan pelajaran dari sebuah hubungan percintaan. Dimana dalam hal percintaan ia selalu tersakiti yang pada akhirnya ia bisa menemukan cinta sejatinya.

Ketika pertama kali ia mencintai seseorang belum memahami secara pasti makna dari sebuah cinta. Pada waktu itu ia masih duduk dibangku SMA dan ia mencintai adik kelasnya yang merupakan cinta pertamanya. Pada saat itu, ia masih menggunakan surat untuk menyatakan perasaannya yang kemudian mendapat balasan bahwa cintanya diterima.

Pada saat itulah ia pertama kali berhadapan dengan seorang wanita dan mengetahui karakternya. Setelah 6 bulan mereka menjalin hubungan, namun harus kandas karena wanita yang dicintai akan dipindahkan di sekolah lain dengan alasan orang tuanya harus pindah kerja.

Dengan alasan yang tidak pasti, ia pun ditinggalkan dan merasa hancur. Namun ia tidak bisa berbuat apa-apa karena memang hubungan tersebut tidak bisa dipersatukan kembali. Setelah satu tahun lamanya ia menjomblo, kemudian ia kenal dengan seorang mahasiswi. Wanita yang baik, tutur katanya lembut dan taat beragama. Hal itu yang membuat ia merasa jatuh cinta pada wanita tersebut.

Setelah mereka menjalin hubungan kurang lebih 1 tahun, wanita itu harus menjalani operasi usus buntu. Ia pun selalu menjaganya di rumah sakit dengan penuh kasih sayang. Bahkan ia menahan rasa malu di depan orang tuanya karena harus setiap hari datang ke rumah sakit. Namun tidak dapat disangka, setelah keluar dari rumah sakit pacarnya itu tidak pernah memberikan kabar atau menghubunginya.

Bahkan ketika dihubungi sering kali nomornya sibuk. Sikapnya berubah total, ia hanya menjawab bahwa perlakuannya tersebut untuk kebaikan bersama, jika ia menanyakan perihal tersebut. Dua hari kemudian ia menemukan bukti bahwa pacarnya sudah bersama dengan laki-laki lain. Akhirnya hubungan percintaannya kandas juga.

Ia merasa sangat tersakiti karena selalu dikhianati oleh wanita. Hingga pada suatu hari, di dipertemukan kembali dengan seorang wanita. Dari wanita yang pertama, kedua dan ketiga, maka wanita yang terakhir ini sungguh-sungguh mencintainya dengan sepenuh hati.

Dengan wanita terakhir ini ia menjalani hubungan percintaan dengan rasa saling mencintai dan memiliki. Wanita ini tidak pernah menaruh perasaan curiga, tidak keras kepala, penurut dan tidak suka menuntut. Wanita ini bisa menerima cintanya dengan apa adanya dan tidak gila harta.

Nah, pada intinya pesan dari cerita di atas bahwa setiap penderitaan akan selalu berakhir dengan kebahagiaan. Maka dari itu, jangan pernah sia-siakan orang yang tulus mencintai Anda, karena Anda belum tentu bisa menemukan wanita seperti itu diluar sana.

Contoh Artikel Agama

Contoh Artikel Agama

Merupakan sebuah artikel yang membahas mengenai suatu ajaran agama yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan seseorang dalam beribadah dan berbuat baik dengan orang lain di lingkungan sekitar.

Jangan Mengharap Ucapan Terimakasih Atas Perbuatan Baik yang Dilakukan

Allah menciptakan umatnya untuk selalu bersyukur dan mengigat-Nya. Allah menganugerahkan rezeki kepada makhluknya tanpa batas. Akan tetapi terkadang manusia mensyukurinya dan malah mengabaikan kwajibannya beribadah hanya untuk mencari harta kekayaan.

Sudah menjadi tabiat bahwa mengingkari, meremehkan kenikmatan, membangkang merupakan penyakit umum yang selalu menimpa jiwa seseorang. Maka dari itu, Anda jangan pernah merasa resah jika kebaikan Anda tidak dihargai orang lain. Lupakan saja segala kebajikan yang selalu Anda persembahkan kepada orang lain.

Jangan pernah sampai merasa resah, jika kebaikan Anda dibalas dengan sangat keji dan orang tersebut membenci Anda hingga mendarah daging. Jadi, bagi siapa saja yang perbuatan baiknya selalu dilecehkan dan diabaikan orang-orang yang menyalahi fitrah. Maka sudah seyogyanya selalu menghadapi permasalahan tersebut dengan kepala dingin.

Dengan ketenangan dan selalu mendekatkan diri pada Allah, maka semua balasan juga akan datang dari Dzat yang yang sistem perbendaharaan-Nya tidak akan pernah bisa dihitung dan tidak akan ada habisnya.

Pesan di atas bukan mengajak Anda untuk berhenti melakukan kebajikan kepada rang lain. Namun, agar Anda tidak mudah terpengaruh dan goyah sedikit pun ketika kebaikan Anda tidak dihargai orang lain. Oleh sebab itu, selalu niat kan untuk berbuat kebaikan karena hanya Allah semata.

Dengan begitu Anda tidak akan pernah terusik dari kebencian sehingga tetap bisa menguasai keadaan dan tidak akan pernah merasa terancam atas perlakuan keji dari orang lain.  Anda harus selalu bersyukur ketika bisa berbuat baik kepada orang lain, sementara orang lain di sekitar Anda berbuat jahat.

Contoh Artikel Sekolah

Contoh Artikel Sekolah

Rindu Bangku Sekolah

Akibat sekolah yang diliburkan, membuat anak-anak, guru hingga orang tua sangat merindukan sekolah, karena sekolah benar-benar sudah sangat melekat di hati mereka. Mulai dari tanggal 16 Maret  semua kegiatan pembelajaran dilakukan dengan sistem online. Hal ini sesuai dengan surat edaran dari gubernur yang  berhubungan dengan peningkatan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Seharusnya tanggal 30 Maret kemarin anak-anak sudah masuk sekolah, namun diperpanjang karena kondisi yang belum memungkinkan. Secara otomatis menambah kerinduan para tenaga pendidik dan anak-anak untuk kembali ke bangku sekolah. Rasa rindu harus ditahan lagi, memang terasa berat namun itu menjadi solusi terbaik sampai waktu yang dirasa sudah aman.

Bagaimana kabar sekolah hari ini? Pertanyaan itu selalu muncul dan terdengar dari keluhan anak-anak yang merasa kurang nyaman belajar dengan sistem sekarang. Mereka merindukan suasana sekolah, mengerjakan tugas di kelas, berinteraksi bersama guru dan teman-temannya pada saat istirahat menjadi hal yang sangat berkesan.

Pada awalnya, ketika anak-anak mendengar pengumuman belajar di rumah mereka merasa riang gembira. Setelah sistem ini berjalan hingga beberapa hari, ternyata anak-anak mulai jenuh dan merindukan kegiatan belajar di kelas, canda tawa bersama teman-teman dan guru, pergi makan di kantin dan masih banyak kegiatan lain di sekolah yang mereka rindukan.

Virus corona ini telah mendatangkan segala sesuatu menjadi berbeda bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam lingkungan pendidikan. Itu artinya pendidikan dengan sistem pembelajaran di dalam bangunan dan segudang tugas yang ada didalamnya masih menjadi primadona bagi anak-anak dan masyarakat.

Sistem pembelajaran online di rumah selama dua minggu menghadirkan stigma positif akan pentingnya pendidikan di sekolah dan peran guru. Hal ini menjadi sebuah bentuk refleksi diri bagi para anak-anak, orang tua, guru serta masyarakat setelah sederet masalah yang dialami dan melanda dunia pendidikan setelah terjadinya pandemik virus corona.

Ada sisi positif yang dapat disimpulkan, bahwa anak-anak akan lebih rajin belajar setelah musibah yang melanda negeri ini. Adaya virus corona ini memberikan banyak pelajaran kepada anak-anak dan orang tua, bahwa peran guru sangat penting dan memberikan efek langsung kepada siswa jika pelajaran diberikan langsung di dalam kelas.

Anak –anak akan merasa lebih dihargai atas kemampuan dan kecerdasan yang dimilikinya. Tentunya hal ini tidak akan di sia-siakan lagi, namun akan menjadi pemicu semangat untuk lebih giat belajar. Tidak hanya itu saja, seorang guru juga akan lebih semangat dalam menyampaikan materi kepada siswa.

Sosialisasi antar individu juga akan terjalin lebih menjadi lebih baik. Karena anak-anak, guru, orang tua dan masyarakat luas semakin menyadari akan pentingnya bersekolah. Dimana pendidikan sekolah sebagai salah satu kenikmatan yang memberikan nuansa dan semangat baru bagi anak-anak. Itulah akhirnya jawaban yang ditemukan bahwa saat ini anak- anak sangat merindukan belajar di sekolah.

Dari beberapa contoh artikel di atas, maka kesimpulannya adalah dalam membuat sebuah artikel terdapat beberapa struktur yang harus diterapkan. Agar Anda dapat menciptakan sebuah artikel yang tepat dan readable, sehingga dapat dinikmati oleh pembaca.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semuanya. Apabila ada kesalahan kata mohon untuk di maafkannya.

data-full-width-responsive="true"
Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Penulisan Gelar

Abdul Roqib
7 min read

Contoh Slogan

Abdul Roqib
9 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *