Contoh Kesimpulan

Contoh Kesimpulan – Kesimpulan menjadi salah satu bagian yang penting di dalam tulisan, khususnya karya tulis yang bersifat ilmiah. Kesimpulan bertujuan untuk memberikan gambaran umum atau garis besar terhadap karya tulis namun disampaikan secara singkat.

Membuat kesimpulan pada kenyataannya dapat dikatakan sulit karena penulis sering kali sulit untuk dapat menemukan hal yang menarik untuk dimasukkan ke dalam kesimpulan.

Dalam pembahasan kami kali ini, kami akan menjelaskan kepada anda beberapa cara atau metode yang bisa anda gunakan dalam membuat kesimpulan disertai dengan beberapa contoh kesimpulan dari berbagai macam kerja tulis dimulai dari makalah, penelitian, hingga kesimpulan skripsi.

Cara Membuat Kesimpulan

Cara Membuat Kesimpulan

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa kesimpulan merupakan ringkasan dari karya tulis, untuk dapat membuat kesimpulan yang baik anda perlu mencantumkan hal – hal yang menjadi poin utama dan juga poin pendukung yang terdapat pada kaya tulis.

Ada beberapa hal yang perlu anda ingat dalam membuat kesimpulan, di antaranya adalah:

  1. Gunakan paragraf pengantar sebagai acuan atau panduan dalam membuat kesimpulan.
  2. Sebelum membuat kesimpulan, akan lebih baik jika anda mencari poin atau gagasan inti yang dimaksud di dalam setiap paragraf kemudian mencantumkannya di dalam kesimpulan.
  3. Cantumkan hal yang perlu dipikirkan kembali oleh para pembaca. Beri pembaca saran untuk belajar lebih banyak dan lebih dalam lagi tentang hal yang anda bahas di dalam karya tulis tersebut.

Menulis Kesimpulan dengan Menggunakan Metode Generalisasi

Jika anda ingin menulis atau membuat kesimpulan dengan menggunakan metode generalisasi, anda harus melakukan pengulasan terhadap masalah-masalah umum yang menjadi fokus penelitian atau karya tulis anda terlebih dahulu sebelum membuat kesimpulan.

Pembuatan kesimpulan menggunakan metode generalisasi ini menjadi metode yang paling sering dan paling banyak digunakan karena menggunakan sudut pandang secara umum atau general.

Menulis Kesimpulan dengan Menggunakan Metode atau Teknik Anologi

Pada pembuatan kesimpulan dengan menggunakan teknik anologi, anda melakukan penganalogian dalam menyusun kalimat antara pemukaan dengan materi pembahasan.

Analogi yang dimaksud adalah dengan melakukan perbandingan di antara pembukaan dengan pembahasan atau satu pembahasan dengan pembahasan lainnya dan menekankan terhadap kesamaan yang dimiliki oleh keduanya.

Menulis Kesimpulan dengan Menggunakan Metode Korelasi

Metode korelasi atau yang memiliki nama lain metode sebab akibat adalah metode yang menjelaskan hubungan antara satu pembahasan dengan pembahasan lainnya, dapat dilakukan dengan menjelaskan pembahasan yang kemudian akan menjadi penyebab pembahasan lainnya.

Penggunaan metode korelasi ata metode sebab akibat ini memiliki tujuan untuk dapat menjelaskan topik utama yang diajukan sehingga kemudian kesimpulan tidak akan keluar dari topik yang sudah dibahas di dalam karya tulis tersebut.

Baca Juga : Contoh Daftar Pustaka

Contoh Kesimpulan Makalah

Contoh Kesimpulan Makalah

Makalah adalah salah satu jenis karya ilmiah yang sering kali dibuat dan ditemukan. Dalam makalah, biasanya kesimpulan disertai dengan saran.

Kesimpulan yang terdapat di dalam makalah biasanya membahas beberapa pembahasan yang bersifat universal atau lebih umum kemudian difokuskan kepada satu pembahasan yang menghasilkan solusi.

Kesimpulan Makalah I

Penarikan tenaga kerja baru atau perekturan pada suatu perusahaan bersifat wajib meskipun pelaksanaannya tidak dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, tergantung kepada kebijakan yang dibuat perusahan berkaitan dengan perekrutan tenaga kerja.

Umumnya sebuah perusahaan mengadakan perekrutan tenaga kerja selama satu hingga dengan empat tahun sekali, kembali lagi kepada kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan itu sendiri. Dalam proses perekrutan tenaga kerja, setiap perusahaan tentunya memiliki metode tersendiri dan juga kriteria penilaian yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

Kesimpulan Makalah II

  1. Paradigma terkait dengan pendidikan telah mengubah pola pikir guru, sistem pengajaran yang awalnya guru sentris atau difokuskan kepada guru berubah menjadi siswa sentris atau difokuskan kepada siswa. Materi yang akan diajakarkan kepada siswa, hingga dengan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dan juga cara untuk menambah pengalaman siswa dalam belajar.
  2. Karena pola pikir tersbeut, guru harus melakukan sistem belajar mengajar yang kontekstual. Untuk dapat melakukan sistem belajar mengajar konstektual, diperlukan sebuah upaya professional yang dilakukan oleh guru sehingga dapat menciptakan situasi pembelajaran yang efektif serta konstekstual, salah satu contohnya adalah dengan menciptakan dan menggunakan alat peraga.
  3. Peranan alat peraga dalam sistem belajar mengajar menjadi sangat penting karena dapat membuat kondisi belajar mengajar lebih dinamik, menarik, aktif dan juga menyenangkan bagi siswa sehingga kondisi psikologis siswa berada pada kondisi yang baik dan siswa tertarik untuk belajar
  4. Dengan penggunaan alat peraga, diharapkan siswa mampu menyerap informasi yang diberikan dan dipelajari di sekolah sehingga kemudian dapat menentukan dan melakukan tindakan yang rasional serta proporsional.

Contoh Kesimpulan Penelitiaan

Contoh Kesimpulan Penelitiaan

Penelitian yang merupakan syarat terbentuk dan berkembangnya ilmu pengetahuan tentu saja akan selalu diperlukan dan digunakan oleh setiap disiplin ilmu, tidak perlu melihat bidangnya. Kesimpulan pada penelitian merupakan jawaban dari tujuan penelitian itu sendiri, dan biasanya terdiri dari beberapa poin.

Kesimpulan Penelitian I

  1. Pengaruh tinggi tumpukan selulosa sabut kelapa terhadap kadar etanol hasil adsorpsi adalah berbanding lurus, semakin tinggi nilai tinggi tumpukan selulosa, maka semakin tinggi pula kadar etanol hasil adsorpsi
  2. Pengaruh waktu aktivasi terhadap kadar etanol hasil adsorpsi adalah semakin lama waktu aktivasi, maka semakin tinggi kadar etanol hasil adsorpsi. Dari praktikum diperoleh waktu aktivasi optimum pada 24 jam.Karena kadar etanol menurun pada waktu aktivasi 32 jam yang menunjukkan bahwa pada waktu 32 jam NaOH mulai meluruhkan selulosa

Kesimpulan Penelitian II

  1. Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah untuk kemudian diolah lebih lanjut. Pengolahan sampah dapat dilakukan dengan cara memisahkan sampah yang bersifat organik dengan sampah yang bersifat anorganik. Sampah organic dapat digunakan menjadi pupuk kompos sedangkan sampah anorganik diseleksi dan dipisahkan lebih lanjut.
  2. Manfaat bank sampah bagi manusia dan juga lingkungan adalah membantu pengelolaan sampah, meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya kebersihan, meningkatkan kebersihan lingkungan sekitar dan juga meningkatkan nilai ekonomis sampah (barang yang telah dibuang).
  3. Bank sampak Kota Bandung pada tahun 2013 berhasil untuk mengolah 1.237,12 ton sampah dan dari penjualan sampah – sampah tersebut didapatkan uang sejumlah Rp 1 milyar yang dibagikan kembali kepada sekitar 36.500 nasabah dari bank sampah. Bank sampah dapat mengurangi 80% jumlah sampah dan meminimalisir potensi adanya gangguan kesehatan karena sampah.
  4. Penggunaan aplikasi mobile dalam proses pengelolaan bank sampah meningkatkan efisiensi waktu dan mempermudah nasabah untuk dapat mencari informasi mengenai bank sampah, mempercepat prosedur, dan juga menghasilkan data yang lebih transparan dan lebih valid.
  5. Penggunaan aplikasi mobile masih belum memberikan hasil yang diinginkan karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai konsep umum bank sampah, dan juga kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah secara cepat dan tepat. Ditambah lagi kurangnya pengetahuan masyarakat pengolah terhadap teknologi.

 Contoh Kesimpulan Penelitian III

Berdasarkan analisis matematis keseluruhan yang telah dilakukan, dapat dibuat kesimpulan jika sistem distilasi menggunakan dua jenis sumber energi yang berasal dari alam.

Sinar matahari juga angina dapat menguapkan lebih banyak air dari pada jika hanya menggunakan distilator yang memiliki satu sumber energy saja. Hal tersebut menjadi kesempatan untuk mengatasi masalah air bersih di kawasan pantai.

Dari studi pustaka yang telah dilakukan, didapatkan juga bahwa air yang dihasilkan dari proses distilasi sudah bersih dan sudah melewati standar layak konsumi sehingga masyarakat dapat langsung memanfaatkan air hasil distilasi baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk dikonsumsi. Untuk tetap memastikan kualitas air tetap harus dilakukan pengujian berulang kali.

Diharapkan dengan adanya teknologi distilasi dapat dikembangkan lebih lanjut untuk masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pesisir pantai untuk dapat mengatasi permasalahan terkait dengan kekurangan air bersih.adanya teknologi ini juga diharapkan dapat direalisasikan kemudian dikembangkan secara massal.

Baca Juga : Contoh Landasan Teori

Contoh Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Contoh Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah tulisan non-fiksi yang dibuat dengan melakukan studi pustaka atau melakukan penelitian yang bersifat baik kualitatif atau bersifat kuantitatif. Pembuatan karya tulis ilmiah harus memenuhi kaidah dan juga etika keilmuan yang ditaati dan dilaksanakan oleh masyarakat keilmuan.

Contoh Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah I

Salah satu permasalahan besar yang terjadi di Indonesia adalah mengenai sampah. Plastik menjadi sampah tertinggi di Indonesia.

Perlu adanya proses bersifat inovatif yang dilakukan untuk pemanfaatan sampah khususnya sampah plastik untuk dapat menjadi produk yang fungsional, ramah lingkungan, dan ekonomis dalam rangka penanggulangan jumlah sampah plastik yang tinggi.

AIRA, brand produk kaligrafi yang menggunakan sampah plastik sebagai bahan baku altrnatif dalam pembuatan karya seni berbentuk kaligrafi yang mimiliki nilai estetik dan juga nilai ekonomis berdampak positif terhadap lingkungan.

AIRA menggunakan sampah plastik yang berasal dari kemasan makanan, minuman atau dapat juga kemasan detergen karena bahan plastik tersebut memiliki tekstur yang lentur sehingga akan mudah untuk diolah dan dibentuk. Selain karena teksturnya, warna dari plastik kemasan yang berkilau juga dapat menambahkan nilai estetika dari karya seni kaligrafi yang dibuat.

Berorientasi dan berkonsentrasi pada proses kreatif dan inovatif, AIRA memanfaatkan sampah plastik yang menjadi keresahan terbesar menjadi elemen atau produk hiasan dekoratif.

Karena memiliki bahan baku yang bisa didapatkan dengan modal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar serta menyerap tenaga kerja dalam prosesnya, AIRA memiliki potensi menjadi produk usaha.

AIRA adalah salah satu bentuk dari kepedulian dan juga kontribusi masyarakat dalam menangani permasalahan limbah plastik dengan cara mengolah limbah menjadi produk berdaya guna tinggi juga memiliki nilai ekonomis untuk dapat dijadikan produk usaha.

Adanya AIRA diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengurangi pencemaran sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah II

Menurut penelitian yang dillakukan pada siswa kelas 11 dan juga kela 12 SMA Angkasa Bandung terkait dengan kemampuan serta kebiasaan membaca. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan adalah:

  1. Rata-rata minat membaca siswa kelas 11 dan 12 SMA Angkasa Bandung terhitung tinggi namun 20% siswa memiliki minat membaca yang sangat tinggi.
  2. Disediakannya perpustakaan sebagai tempat khusus membaca menjadi hal yang diinginkan siwa kelas 11 dan 12 SMA Angkasa Bandung untuk meningkatkan minat membaca, 80% siswa mengatakan keberadaan perpustakaan sangat penting sedangkan 20% sisanya mengatakan keberadaan perpustakaan penting.

Contoh Kesimpulan Skripsi

Contoh Kesimpulan Skripsi

Skripsi merupakan karya tulis yang sangat penting bagi mahasiswa karena menjadi syarat untuk dapat menyelesaikan studi di universitas.

Pembuatan skripsi dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, atau juga studi pustaka. ada beberapa contoh kesimpulanskripsiyang akan kami lampirkan.

  • Kesimpulan Skripsi Jurusan Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk dapat melakukan analisis pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap produktivitas karyawan pada PT. Maju Terus. Berdasarkan rumusan masalah yang sebelumnya sudah dijelaskan pada Bab I, maka didapatkan kesimpulan:

  1. Menurut penelitian yang dilakukan, dapat dikatakan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memiliki dampah yang baik terhadap produktivitas karyawan.
  2. Menurut penelitian yang dilakukan dan uji regresi linear berganda, diketahui bahwa program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (k3) menjadi factor dominan yang berpengaruh terhadap produktivitas karyawan.
  • Kesimpulan Skripsi Jurusan Teknik Kimia I

  1. Prarancangan Pabrik Phthalic Anhydride dari Napthalene dengan proses oksidasi kapasitas 60.000 ton/tahun akan didirikan di Cilegon, Banten, Jawa Barat dengan luas tanah sebesar 35.532 m2, dengan jumlah pekerja 160 orang. Bahan baku Napththalene berasal dari PT Suryamas Mentari di Serang, Banten dan udara yang di dapat dari lingkungan
  2. Ditinjau dari segi teknik yang meliputi kondisi operasi alat-alat proses pada pretreatment bahan baku, proses produksi, dan pemurnian produk, maka Pabrik Phthalic Anhydride dari Napthalene dengan proses oksidasi kapasitas 60.000 ton/tahun layak untuk didirikan dengan kategori low risk
  3. Ditinjau dari segi ekonomi, pabrik kloroform ini membutuhkan fixed capital sebesar $ 13.618.316 dan Rp 328.533.761.064, working capital sebesar Rp 656.552.633.483. Analisis ekonomi pabrik Kloroform ini menunjukan nilai ROI sebelum pajak sebesar 62,90% dan ROI sesudah pajak sebesar 50,32 %. Nilai POT sebelum pajak adalah 1,37 tahun dan POT sesudah pajak adalah 1,66 tahun. BEP sebesar 41,14% kapasitas produksi dan SDP sebesar 18,69% kapasitas produksi. DCF sebesar 33,30%. Berdasarkan data analisis ekonomi tersebut, maka pabrik kloroform layak untuk didirikan.
  • Kesimpulan Skripsi Jurusan Teknik Kimia II

  1. Prarancangan Pabrik Vinil Klorida dari Acetylene dan Hidrogen Klorida dengan kapasitas 50.000 ton/tahun akan didirikan di Cilegon, Banten, Jawa Barat dengan luas tana sebesar 97.891 m2, dengan jumlah pekerja 150 orang. Bahan baku Acetylene berasal dari PT Aneka Gas Idustri di Cilegon, Banten dan bahan baku Hidrogen Klorida berasal dari PT Chengdu Taiyu Industrial Gasesyang diimpor dari Cina. Sedangkan kebutuhan air dipenuhi dari PT Krakatau Tirta Industri.
  2. Ditinjau dari segi proses, Pabrik Vinil Klorida dari Acetylene dan Hidrogen Klorida tergolong dalam kategori high risk, sedangkan dari segi ekonomi, Pabrik Vinil Klorida dari Acetylene dan Hidrogen Klorida masuk ke dalam kategori high risk dengan beberapa parameter sebagai berikut :
Parameter Nilai
Fixed Capital Investment (FCI) $ 9.152.844,00

Rp 2.438.154.204.660

Working Capital Rp 1.899.825.048.800
Laba
Laba sebelum pajak Rp 583.060.726.739
Laba setelah pajak Rp 466.448.581.439
Rate of Investmen (ROI)
ROI sebelum pajak 22,73 %
ROI setelah pajak 18,18 %
Pay Out Time (POT)
POT sebelum pajak 3,06 tahun
POT setelah pajak 3,55 tahun
Break Even Point (BEP) 51,9 %
Shut Down Point (SDP) 24,9 %
Discounted Cash Flow Rate (DCFR) 15,73 %

Baca Juga : Contoh Cover

Contoh Kesimpulan Laporan PKL

Contoh Kesimpulan Laporan PKL

Kesimpulan yang bisa diambil dari pelaksaan Kuliah Kerja Nyata di Dusun Guyangan, Desa Wonomlati, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur yang dilaksanakan dari tanggal 04 Januari 2021 – 05 Februari 2021 antara lain :

  1. Bisa beradaptasi dengan baik, sehingga bisa terjalin hubungan kerjasama antttara masyarakat di Dusun Guyangan.
  2. Mahasiswa memberikan bantuan berupa alat maket wilayah tempat wisata di Dusun Guyangan, lampiran paket wisata yang disediakan oleh Dusun Guyangan, pembuatan Website, Fanspage di Facebook dan akun di Instagram tentang Desa Wisata di Dusun Guyangan serta pembuatan maket desain wisata di bantaran sungai bedok di Dusun Guyangan.
  3. Mahasiswa mengadakan program bantuan yang berupa bimbingan belajar kepada anak-anak di posko KKN Dusun Guyangan, pemberian pembelajaran Bahasa Inggris dasar kepada ibu-ibu di Dusun Guyangan dan bantuan guru menjadi di Dusun Guyangan.
  4. Mahasiswa memberikan bantuan kepada masyarakat di Dusun Guyangan, Desa Wonomlati terkait dengan pembagian Qurban pada saat pelaksaan Hari Raya Idul Adha di Dusun Guyangan.

Ada beberapa metode yang dapat anda lakukan untuk membuat kesimpulan seperti metode generalisasi, metode anologi dan metode korelasi atau sebab akibat. Untuk dapat membuat kesimpulan, jangan lupa untuk selalu membuat kesimpulan yang mencakup seluruh karya tulis anda dan tetap membuatnya menarik.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semuanya, apabila ada kesalahan kata mohon untuk di maafkannya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply