Contoh Naskah MC Pernikahan

Contoh Naskah MC Pernikahan – MC “Master Of Ceremony” di dalam sebuah acara pernikahan mempunyai peran yang tidak kalah pentingnya. Supaya pelaksanaan pesta pernikahan bisa berjalan sesuai dengan skenairo sampai bisa menjadi mement yang kerkesan.

Maka dengan demikianlah dibutuhkan seorang MC untuk pernikahan. Karena pada dasarnya, di dalam sebuah acara pernikahan, sangatlah dibutuhkan seorang yang bisa memandu dalam berlangsungnya acara pesta pernikahan supaya nantinya bisa menciptakan suasana yang indah, rapi, elegan dan bisa membawa nuansa yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan memberikan contoh naskah teks MC di dalam acara pernikahan, khususnya kepada Anda yang kan menjadi seorang pembawa acara di dalam pesta pernikahan.

Berikut ini adalah contoh suasana Naskah MC Pernikahan :

  1. Salam pembukaan
  2. Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an
  3. Penyerahan dari keluarga mempelai wanita
  4. Penerimaan dari keluarga mempelai pria
  5. Nasehat pernikahan
  6. Penutup dan doa

Berikut Ini Rincian Dari Poin-Poin Naskah Teks dan Cara MC Memandu Acara Pernikaha

Contoh Naskah MC Pernikahan

Salam Pembuka

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Robbil’alamin wash sholatu was salamu alaa asyrafil anbiyai war mursalin, wa’alaa aalihi wa ash-habihi ajmain, amma ba’du.

Kepada yang terhormat Bapak…………. dan tidak lupa hadirin hadirat para tamu undangan yang kami hormati.

Pertama-tama, marilah Kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Karena atas semua karunia, limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga Kita semua bisa berkumpul di tempat yang Insyaallah di muliakan ini.

Dalam keadaan sehat wal’afiat guna untuk menghadiri undangan keluarga besar dari Bapak……dan Ibu….. dalam acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy putrinya yang bernama……..dengan saudara…..dari keluarga besar Bapak………..

Dan tidak lupa sholawat serta salam senantiasa Kita curahkan kepada junjungan Nabi besar, Nabi Kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Yang telah memberikan petunjuk, jalan kebenaran dan memberikan cahaya yaitu Agama Islam.

  • Hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Hari ini kita semua hadir atas undangan Bapak….guna menyaksikan acara walimatul ‘ursy ayau resepsi pernikahan putrinya dan memberikan doa restu bagi kedua mempelai yang insyaallah akan menjalani kehidupan baru yaitu sebagai pasangan suami istri.

Semoga setelah berjalannya akad nikah yang sudah dilaksanakan kemari bisa mendapatkan ridho dan berkah dari Allah SWT, sehingga sepasang suami istri ini kelak dapat membinan dan menciptakan rumah tangga yang penuh dengan cinta, penuh dengan harmonis dan penuh dengan kasih sayang yang sakinah, mawaddah dan wa rahmah.

Selaku pembawa acara, perlu Saya sampaikan susunan acara resepsi pernikahan atau “walimatul ursy. Yang pertama adalah acara :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al Qur’an
  3. Penyerahan dari keluarga mempelai wanita
  4. Penerimaan dari keluarga mempelai pria
  5. Nasehat pernikahan
  6. Penutup dan doa.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Menginjak pada acara pembukaan, sebelum acara demi acara kita mulai dan laksanakan, marilah Kita buka acara ini dengan bacaan Basmallah dan Surat Al Fatihah, supaya Kita semua bisa mendapatkan pentunjuk dan barokah dari Ummul Qur’an.

Bismillahirrahmanirrahim…..

Ila hadroti nabbiyil musthofa sayyidina Muhammadin Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Al Fatihah……

Pembacaan Surat Al Fatihah bersama-sama…

Semoga acara kali ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan sedikit pun…. aamiin… aamiin… aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Baca Juga : Ucapan Pernikahan Islami

Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran

Acara yang kedua adalah pembacaan Ayat-ayat Al Quran yang akan dibacakan oleh saudara………. kepadanya, tempat dan waktu Saya persilakan.

“setelah Qari’ selesai membaca ayat-ayat Suci Al-Quran, MC kembali melanjutkan acara”

Kepada saudara………… Kami sampaikan banyak-banyak terima kasih, atas lantunan-lantunan pembacaan ayat-ayat Suci Al-Quran yang sangat menyentuh hati, semoga dari pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran tadi, semua bisa mendapatkan syafaat bagi kehidupan terutama bagi kedua mempelai.

Penyerahkan Dari Keluarga Mempelai Wanita

Memasuki pada acara ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai wanita kepada mempelai keluarga putri, yang akan disampaikan oleh, yang terhormat Bapak……, kepadanya dipersilahkan.

“Setelah sambutan penyerahan selesai disampaikan, MC kembali melanjutkan acara”

Demikianlah sambutan penyerahan yang telah disampaikan oleh Bapak….. Kepadanya, Kami sampaikan terima kasih banyak yang sebesar-besarnya.

Tentulah dengan sekiranya mempelai Pria dan segenap keluarga besar yang bisa mengerti dan bisa menerimanya dengan sepenuh hati tanpa kekurangan dan kelebihan apapun.

Penerimaan Dari Keluarga Mempelai Pria

Acara selanjutnya adalah sambutan penerimaan dari pihak mempelai pria, sambutan yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak…………………………, Kepadanya kamu persilahkan.

“setelah sambutan penerimaan selesai disampaikan, MC kembali melanjutkan acara selanjutnya”

Kepada Bapak……………….., Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Demikian tadi sudah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai, marilah bersama-sama kita iringi doa, semoga kedua mempelai senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga akan bisa membina rumah tangga yang bahagia dunia dan akhirat…Aamiin, Aamiin Yaa Robbal Alamiin.

Nasehat Pernikahan “Siraman Rohani”

Sekarang sampailah Kita melangkah pada acara yang kelima, yaitu acaranya adalah Siraman rohani atau mauidhatul hasanah tentang nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Bapak……………. Kepada beliau kami persilahkan.

“setelah siraman rohani atau mauidhatul hasanah selesai menyampaikannya, maka MC akan kembali memimpin acara lagi”.

Kepada yang terhormat Bapak…… kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas siraman rohani yang sudah disampaikan.

Semoga siraman rohani dan nasehat yang tadi bisa bermanfaat bagi kita semuanya, terutama bagi kedua mempelai dan semoga bisa menjaadikan pedoman hidup dan bisa membina rumah tangga, sehingga rumah tangganya menjadi keluarga yang harmonis, bahagia, tentram dan menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.

Penutup dan Doa

Bapak, Ibu, saudara, hadirin  dan hadirat undangan yang berbahagia, acara demi acara sudah kita lalui bersama, dan kini tiba saatnya di acara penutup dan pembacaan doa yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak……….. Kepada yang terhormat Bapak……………., Kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan doa. Kepada beliau dipersilakan.

“Setelah pembacaan doa sudah selesai, MC menutup acaranya”

Terima kasih kepada Bapak…………………, semoga doa yang sudah kita panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

  • Hadirin yang berbahagia

Sebelum acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy di tutup, Saya yang selaku pembawa acara resepsi pernikahan, mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila kesempatan kali ini ada tutur kata yang kurang berkenan di hati semuanya dan tingkah laku yang kurang sopan.

  • Dan perlu hadirin diperhatikan

Sesudah acara ini hadirin dan hadirat dan semua tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah kami sajikan.

Akhir kata, pada kesempatan acara ini, marilah Kita tutup bersama dengan bacaan “Hamdalah”. Alhamdulillahirobbil ‘Alamiin. Sekian, Tsummassalam Wa’billahi Taufik Wal Hidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tambahan : Bila pelaksanaan resepsi barengan dengan acara akad nikah. Biasanya tidak sedikit dari beberapa daerah, akad nikah dan resepsi pernikahan dilangsungkan secara bersamaan dengan waktu itu juga.

Jika ada acara resepsi pernikahan dibarengkan dengan akad nikah secara waktu yang sama, maka berikut ini ada beberpa penjelasannya :

Pada umumnya akad nikah dilaksanakan di tengah-tengah acara, tepatnya adalah sesudah pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran. Lansung saja, masuk ke contoh dari naskah MC pernikahan pada pelaksaan acara akad nikah.

Baca Juga : Tujuan Pernikahan

Pelaksanaan Akad Nikah

  • Hadirin hadirat yang berbahagia

Selanjutnya mari Kita ikuti acara yang sangat sakral, yaitu acara akad nikah antara Saudari……………… dengan Saudara…………….. Di dalam akad nikha yang akan dipimpin oleh Bapak………………………….. selaku petugas dari Kantor Urusan Agama “KUA” Kecamatan…………… Kabupaten atau Kota…………….

Kepada Bapak…………. Kami persilahkan.

“Sesuai akad nikah dilangsungkan oleh Bapak penghulu, maka MC kembali melanjutkan acaranya”

  • Hadirin hadirat yang dirahmati Allah SWT

Alhamdulillahirabbil ‘Alamin, baru saja kita saksikan bersama dalam pelaksaan akad nikah secara khidmad antara saudari……. dengan suadara…………………

Mudah-mudahan dari berlangsungnya akad nikah ini akan menjadi tali pengikat yang

Contoh Susunan Acara Akad Nikah

1. Contoh Teks MC Pernikahan Bahasa Jawa

Contoh Teks MC Pernikahan Bahasa Jawa

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله الذى قال في كتابه الكريم وجعل منها زوجها لتسكنوا إليها. الاية. أشهد أن لاإله إلاالله الواحد المعبود وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله اللهم صل وسلم على سيدنا ومولانا محمد وعلى اله وصحبه الطييبين ومن تبعهم. اما بعد

Ingkang tansah kulo ta’ dhimi poro alim ulama, poro kyai, poro ibuy nyai.

Wabil khusus wonten ngersanipun Bpk………………. ingkang tansah kito tenggo-tenggo menggah punopo ingkang dados atur fatwanipun atawis mauidhoh hasanahipun.

Dumateng poro sesepuh pinisepuh ingkang tansah kulo mulyaaken

Dumateng poro rawoh ingkang tansah senibo ing suko basuki.

Sepindah, sumonggo kito ngunjakake pujo lan puji syukur dumateng ngersane dalem Allah SWT. Ingkang sampun paring pinten-pinten kenikmatan dateng kito sedanten, khususipun arupi nikman iman lan nikmat islam, sehinggo kito bisa saget makempal wonten meniko majelis saperlu acoro walamtul ursy kanti wilujeng mboten wonten halangan setunggal punopo kemawaon.

Sholatuhu wasalamuhu mugio tansah katur kunjuk dumateng junjungan Kito Nabi Agung Nabi Muhammad SAW.

Kanthi waosan sholawat meniko, mugio kita angsal syafaat mbenjeng wonten yaumul qiamat. Aamiin.

Poro hadirin ingkang kinurmatan…

Wonten mriki kulo ingkang kajibah aminangkani muqossimul auqot badhe ngaturaken reraciing acoro ingkang badhe lumampah ing sak wekdal meniko.

  1. Acara ingkang sepindah pembikaan.
  2. Kaping kalehipun waosan ayat suci Al-Quran
  3. Acara kaping tigo atur pasrah calon penganten
  4. Prosesi akad nikah
  5. Adicoro ingkang kaping gangsal nun inggih mauidhoh hasanah ingkang badhe dipun medal sabdo panjenenganipun……………………
  6. Adicoro pamungkas doa panutup.

Mekaten kolo way reraci’i adicoro ingkang badhe lumampah. Wondene pembikaan meniko kulo suwunaken dumateng panjenenganipun………………….., dumateng panjenenganipun kanthi sedoyo panghormatan kasumanggaaken….

Matur sembah nuwun kulo aturaken, mugi-mugi kanti waosan surat Al-Fathiha kolo wau, saget ndandosaken acoro meniko lancar, wilujeng ngantos paripurno.

Lumampah adicoro selanjengipun inggeh waosan ayat-ayat Suci Al-Quran ingkang bade kasalirani panjenenganipun ………………………………….. dumateng panjenenganipun kanthi sedoyo panghormatan kasumanggaaken……

صدق الله العظيم وصدق رسول له الكريم ونحن إن شاء الله على ذلك من الشا هدين.

Mugi-mugi waosan ayat suci kolo wau saget paringi manfaat dumateng kito sedoyo, ndadosaken tambahipun iman lan taqwa kito. Aamiin, Aamiin, Aamiin Ya Robbal ‘Alamin.

Lumampahe adicoro ingkang kaping tigo inggih niku atut pasrah calon penganten, dumateng Bapak…………………… dipun sumanggaaken..matur nuwon kulo aturaken.

Adicoro selajengipyn atur panampi penganten ingkang badhe dipun selirani dening Bapak………………. dumateng panjenenganipun kasumanggaaken…

Adicoro ingkang kaping sekawan inggih niku prosesi akad nikah, wondene saat meniko badhe kapimpin dening Bapak penghulu, dumateng panjenenganipun bapak penghulu kanthi sedoyo panghormatan kulo sumanggaaken……..

Mekaten prosesi akad nikah ingkang sampun kalampah, mugi-mugi ndadosaken keluarga kang sakinah, mawaddah lan warohmah dating penganten kekalih… Aamiin.

Adicoro ingkang kaping gangsal nun inggih mauidhoh hasanah, ingkang badhe dipun medal sabdo dening panjenenganipun Bapak……………………… dumateng panjenenganipun wekdal miwah paseban kulo sumanggaaken….

Mekaten soho semanten mauidhoh hasanah, mugi-mugi manfaat dumateng kito sedoyo. Aamiin… dumateng panjenganipun Bapak………………. kulo aturaken agunging panuwon.

Poro Bapak, poro Ibu, hadirin ingkang kinurmatan. Acoro ingkang pamungkas nun inggih doa penutup badhe dipun selirani panjenenganipun…………………………..

Ananging sakderengipun, kulo minangkani pranoto acoro wiwit awal ngantos akhir mestio kata kalepatan lan kekirangan, kirang trapsilanning tembung lan tingkah lakune, kulo nyuwon agungin sih samudro pangeksami.

او صيكم ونفسي بتقوالله والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Mudah-mudahan artikel tentang Contoh Naskah MC Pernikahan ini bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan kata dan kesalahan arti mohon untuk dimaafkan.

Baca Juga : Contoh Souvenir Pernikahan

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply