Contoh Pendahuluan

Contoh Pendahuluan – Setiap karya tulis pasti memiliki struktur penulisan, salah satu bagian dari struktur penulisan yang selalu ada adalah contoh pendahuluan.

Pendahuluan dijadikan sebagai awalan untuk menjelaskan secara rinci terkait latar belakang tema yang akan dibahas dalam suatu karya tulis tersebut.

Oleh karena itu artikel ini akan memberikan contoh pendahuluan yang dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda. Banyak contoh pendahuluan yang bisa anda tiru.

Contoh Pendahuluan Proposal

Contoh Pendahuluan Proposal

Berbagai pelaksanaan kegiatan baik dalam lingkup akademik maupun non akademik membutuhkan proposal sebagai bentuk fisik kegiatan.

Proposal biasanya berisi tentang berbagai kegiatan yang berhubungan dengan program yang akan dilakukan. Proposal ini juga memiliki pendahuluan sebagai penjelasan mengenai program atau kegiatan yang akan dilakukan.

Pada dasarnya proposal kegiatan terdiri dari berbagai macam tema tergantung dari pelaksanaan program. Oleh karena itu pendahuluan pada proposal juga bermacam-macam, contoh pendahuluan proposal akan dijabarkan secara lengkap di bawah ini.

Contoh 1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mahasiswa adalah tonggak pembangunan nasional, hal ini harus diimbangi dengan pendidikan karakter yang baik. Salah satunya yakni dengan membaca al-quran. Ustadz Abdur Rahman mengemukakan di zaman yang modern ini banyak mahasiswa yang lupa dengan Al-Quran dan lebih memilih menggunakan teknologi yang telah canggih.

Seharusnya mahasiswa memiliki inisiatif sebab dalam agama memberi solusi terbaik untuk umat-Nya untuk mencapai tujuan hidup dengan cara membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, ICC sebagai LDF (Lembaga Dakwah Fakultas) yang sadar dan bertanggung jawab akan pentingnya pembekalan dan pembinaan Islam bagi para pemuda (mahasiswa) di ranah kampus.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan nilai-nilai religius dalam hal ini adalah dengan  mengadakan kegiatan “FISIP MENGAJI” yang merupakan cara untuk menarik minat mahasiswa dalam mempelajari kitab suci (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Tujuan Mulia untuk saling berbagi kebermanfaatan terhadap sesama mahasiswa muslim FISIP UNPAD, Meningkatkan wawasan keIslaman mahasiswa muslim FISIP UNPAD, Memberikan pengetahuan akan cara baca Al-Qur’an, Meningkatkan budaya mengaji dan cinta Al-Qur’an di kalangan mahasiswa.

Terbentuknya generasi yang memiliki kapabilitas secara Diniyyah (agama). Sehingga Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk pemuda yang aktif dan kritis memberikan solusi bagi permasalahan yang terjadi di masyarakat tanpa kehilangan intelektualitas yang menjadi ciri khas sebagai mahasiswa.

Mahasiswa memiliki peranan penting untuk membangun budaya dan mainstream di kampus dan masyarakat. Sehingga pertumbuhan dan eksistensi agama Islam (mengaji) yang diwadahi ICC akan semakin kuat dan kokoh.

Berdasarkan penjelasan diatas diharapkan dengan adanya regenerasi pemuda yang didasarkan pada Al-Quran,  menjadi generasi  baru yang lebih beriman, jujur, adil dan amanah sehingga mampu membawa bangsa dan umat ini menjadi lebih maju dan bermartabat.

Contoh 2

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Segala puji bagi Allah, pelindung hamba-hambaNya dan pencurah kasih sayang keseluruh alam. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada uswatun hasanah kita, RasulullahMuhammad SAW, yang telah membimbing umat manusia dari kegelapan menuju cahaya Islam yang terang benderang ‘ammaba’du.

Sebagaimana visi Islamic Center Community (ICC) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya yaitu “ Membentuk generasi Robbani yang intelektual dan profesional untuk menciptakan lingkungan yang Islami”.

Hal ini disesuaikan dengan misi “Menyiapkan mahasiswa FISIP sebagai generasi muslim yang berkarakter, inovatif, kreatif, peduli,  dan produktif ”, ICC akanmenyelenggarakan kegiatan “ICC Milad Festival (IMFEST)” untuk memperingatihari jadi ICC.

Adanya kegiatan “IMFEST” serta materi yang disampaikan di dalamnya diharapkanmampu merekatkanukhuwah, mampu menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, dan mampu meningkatkan intelektual dan mampu mengasah kreativitas.

Contoh 3

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sumber daya adalah segala sesuatu yang dibutuhkan organisasi untuk melakukan aktivitas dalam mencapai misinya. Upaya perbaikan manajemen banyak dilakukan pada sistem, teknik ini banyak membantu pada masa lalu dan kurang memperbaiki kesalahan yang berasal dari manusianya.

Tidak ada misteri dalam meningkatkan produktivitas. Faktor utama adalah manajemen SDM yang tepat. Organisasi yang unggul adalah mereka yang dapat merencanakan secara efisien, mengarahkan pekerjaan secara efektif, selalu mengelola organisasi dengan teknik, metode dan gaya manajemen yang baru sesuai dengan tuntutan zaman, pekerjaan, dan misi.

Oleh karena itu, ICC sebagai LDF (Lembaga Dakwah Fakultas) yang sadar dan bertanggung jawab akan pentingnya pembekalan dan pembinaan Islam bagi para pemuda (mahasiswa) di tanah kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan “Moslem On Training” (MORNING) yang merupakan alur kaderisasi awal dalam penjenjangan kader di ICC FISIP UB.

Kegiatan Morning ini diharapkan mampu membentuk pemuda yang aktif dan kritis memberikan solusi bagi permasalahan yang terjadi di masyarakat, tanpa kehilangan intelektualitas yang menjadi ciri khas sebagai mahasiswa yang memiliki peranan penting untuk membangun budaya dan mainstream di kampus dan masyarakat.

Sehingga pertumbuhan dan eksistensi agama Islam yang diwadahi ICC sebagai LDF akan semakin kuat dan kokoh. Diharapkan adanya regenerasi pemuda yang akan menggantikan pemimpin sebelumnya untuk menjadi generasi  baru yang lebih beriman, jujur, adil dan amanah sehingga mampu membawa bangsa dan umat ini menjadi lebih maju dan bermartabat.

Contoh Pendahuluan Laporan

Contoh Pendahuluan Laporan

Laporan adalah penulisan kegiatan yang telah berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Penulisan laporan ini memiliki kesamaan pada saat pembuatan proposal, namun pada bagian laporan lebih mengedepankan tulisan tentang hasil dari kegiatan yang telah dilakukan. Salah satu bagian yang paling penting pada saat menulis laporan adalah pendahuluan.

Meskipun pada saat penulisan proposal pendahuluan yang dituliskan memiliki kesamaan, namun perbedaannya terletak pada bagian akhir. Ingin tahu lebih lengkap tentang contoh pendahuluanlaporan? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Contoh 1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Praktik Kerja Nyata (PKN) adalah salah satu program pendidikan yang dilakukan oleh berbagai jenjang pendidikan. Adanya program ini bertujuan untuk memberikan ilmu sekaligus mengaplikasikan teori yang telah diperoleh pada saat kuliah. Pihak kampus yang bekerjasama dengan perusahaan dapat meningkatkan kemampuan yang disesuaikan dengan bidang ilmu yang dikerjakan.

Adanya kegiatan yang secara langsung dilakukan pada perusahaan yang bekerja di bidang sesuai ilmu yang dipelajari oleh individu, maka diharapkan mahasiswa dapat memiliki bekal untuk melangkah di dunia kerja. Tidak hanya pengetahuan yang diperoleh pada saat kuliah saja, praktik langsung di lapangan dapat memberikan pengalaman dan nilai plus bagi peserta PKN.

Adanya kesempatan yang diperoleh mahasiswa dan mahasiswi kampus ini dapat menjadi pengalaman yang berharga. Pengalaman pada saat PKN tentu tidak hanya berhubungan dengan ilmu pengetahuan saja, namun juga berhubungan dengan berbagai aspek perilaku yang dapat dikembangkan pada saat PKN berlangsung. Sehingga dapat memperkuat bidang ilmu yang dipelajari individu tersebut.

Baca Juga : Contoh Cover

Contoh 2

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan teknologi, Bank Indonesia juga memberikan program yang telah disosialisasikan oleh berbagai bank yang telah ada di Indonesia. program yang dikerjakan oleh BI berhubungan dengan pengurangan jumlah uang cash yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini diberlakukan dengan penggunaan uang digital yang tersebar dalam berbagai bentuk.

Penggunaan dana digital yang diberlakukan BI terhadap berbagai bank yang ada di Indonesia dilakukan dalam bentuk internet banking dan mobile banking. Dalam hal ini berbagai nasabah dapat melakukan transaksi secara online hanya dengan menggunakan handphone yang terkoneksi dengan internet. Hal ini dapat membantu efisiensi waktu dan tenaga sehingga tidak perlu mendatangi bank secara langsung.

Penggunaan uang digital ini pada dasarnya memberikan kemudahan dalam setiap transaksi. Tidak hanya dilakukan oleh bank besar, penggunaan uang digital ini diberlakukan pada pedagang kaki lima yang berkumpul pada tempat-tempat tertentu, salah satunya wilayah di Kota Jember. Deretan pedagang kaki lima yang berkumpul di wilayah Jember ini juga diberlakukan pembayaran secara online.

Sayangnya, sosialisasi terkait pembayaran secara online ini masih kurang diketahui oleh masyarakat. Sehingga terjadi permasalahan dalam proses pembayaran. Oleh karena itu diberlakukan sosialisasi terkait pembayaran online yang dilakukan pada pedagang kaki lima di Jember.

Contoh 3

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya, salah satunya sumber daya alam. Aktivitas yang dilakukan oleh manusia berhubungan dengan pemenuhan berbagai aspek kehidupan. Mulai dari sandang, pangan, dan papan dibutuhkan dalam menjalankan kebutuhan sehari-hari baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Pemanfaatan sumber daya alam seharusnya diimbangi dengan penanggulangan sehingga tidak berdampak serius pada lingkungan. Sayangnya, berbagai permasalahan terkait kesadaran lingkungan tidak dapat ditangani dengan baik sehingga terjadi penyelewengan yang disebabkan oleh perilaku manusia.

Berbagai penyelewengan seperti penggunaan kendaraan bermotor yang menimbulkan asap, pembakaran hutan, penebangan hutan, limbah pabrik yang tidak dikelola dengan baik, dan lain sebagainya. kandungan CO² yang mengakibatkan tingginya efek rumah kaca dapat meningkatkan suhu bumi.

Ketika suhu bumi naik, akan banyak bencana alam yang terjadi. Seperti mencairnya es pada wilayah kutub dalam jumlah besar, naiknya permukaan air laut, kebakaran hutan, serta dampak buruk lain yang berakibat fatal bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang sedang terjadi saat ini.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi dampak buruk akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia adalah melakukan pembangunan berkelanjutan. Berbagai aspek yang diusung oleh pembangunan berkelanjutan secara perlahan dapat mengatasi berbagai persoalan lingkungan meskipun tidak dapat diatasi dalam waktu singkat.

Contoh Pendahuluan Makalah

Contoh Pendahuluan Makalah

Makalah menjadi salah satu karya tulis yang kerap dijadikan tugas di lingkungan akademik. Biasanya makalah terdiri dari berbagai struktur penulisan serta ide dan tema tertentu. Penjelasan yang terdapat pada makalah dianggap lebih ringan meskipun di dalamnya terdapat analisa dari berbagai kasus yang disampaikan.

Salah satu struktur penulisan yang penting pada bagian makalah adalah pendahuluannya. Dalam pendahuluan makalah terdapat berbagai hal yang disampaikan berkaitan dengan latar belakang tema yang sedang dibicarakan. Pada dasarnya pendahuluan dapat disesuaikan dengan tema yang dimiliki. ingin tahu contoh pendahuluanmakalah? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Contoh 1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pendidikan untuk anak usia dini menjadi salah satu proses yang penting dalam pembentukan pola perilaku dan pikiran individu. Pada usia dini, seorang anak akan lebih mudah menangkap hal-hal yang diperoleh pada saat proses tersebut.

Anak usia dini merupakan fase yang bagus dalam menerima pembelajaran. Hal ini karena daya ingat yang bagus sehingga dapat menjalankan ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan baik hingga dewasa. Oleh karena itu ilmu pengetahuan serta berbagai perilaku yang diperoleh sejak kecil dapat berpengaruh dalam aktivitas yang dilakukan di kemudian hari.

Salah satu kemampuan yang perlu dikembankan pada saat anak usia dini adalah kemampuan motorik. Motorik dapat diartikan sebagai gerakan yang dilakukan seluruh tubuh agar dapat meningkatkan pertumbuhan otot dan saraf. Perkembangan motorik juga diartikan sebagai proses belajar anak dalam menggerakkan seluruh tubuhnya.

Berbagai aktivitas yang dijalankan sehari-hari tidak lepas dari kemampuan motorik. Kemampuan ini tidak dapat diperoleh melalui pengamatan dan pemberian teori saja, namun juga dilakukan praktik agar anak tersebut mengerti dan memahami proses hingga cara menjalankannya. Oleh karena itu terdapat berbagai kegiatan yang dapat menunjang kemampuan motorik pada anak.

Kemampuan motorik terdiri dari 2 jenis, yaitu motorik halus dan motorik kasar. Motorik halus adalah kegiatan yang menggunakan koordinasi antara mata, tangan, dan pikiran. Motorik kasar adalah kemampuan yang menggunakan tenaga atau fisik. Dua kemampuan ini harus dilakukan sejak dini agar dapat mempercepat proses anak dalam melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan passionnya.

Namun kurangnya pengetahuan terkait dengan berbagai aktivitas perangsang kemampuan motorik halus dan kasar ini tidak dilakukan dengan seimbang. Ketika seorang guru telah memberlakukan berbagai kegiatan pada saat di sekolah, harus diiringi dengan pengembangan kegiatan motorik di rumah juga. Hal ini yang akan mempercepat proses pembentukan kemampuan anak.

Oleh karena itu berbagai aktivitas motorik halus dan kasar di rumah yang akan dijelaskan disini akan membantu Anda dalam menyeimbangkan berbagai aktivitas anak di sekolah. Hal ini dapat membantu proses anak dalam mengembangkan kemampuan fisik dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan konsentrasi otak, saraf, dan otot.

Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian kemampuan motorik?
  2. Apa jenis kemampuan motorik?
  3. Aktivitas apa saja yang dapat meningkatkan motorik dirumah?

Contoh 2

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang juga memiliki program pembangunan yang melingkupi berbagai bidang. Sebagai salah satu upaya pembentukan generasi penerus yang lebih baik, Pemerintah memiliki program pembangunan dari segi karakter. Hal ini akan membantu ketika terjadi perubahan generasi sehingga Pemerintahan memiliki gaya baru dari segi kepemimpinan.

Sayangnya, seiring perkembangan teknologi dalam berbagai aspeknya dapat mempengaruhi anak-anak hingga remaja. Pada dasarnya dampak dari adanya teknologi terdiri dari 2, yaitu positif dan negatif. Meningkatnya perilaku anak-anak hingga remaja yang menyimpang saat ini dapat menjadi kesimpulan bahwa teknologi di Indonesia diterima dengan mentah oleh anak-anak dan remaja di Indonesia.

Seharusnya, adanya perkembangan teknologi berupa internet sebagai sumber berbagai informasi dapat digunakan untuk belajar hal-hal yang tidak dapat diperoleh secara langsung. Berbagai sumber pengetahuan yang dibagikan melalui dunia maya lebih bervariasi. Hal ini dapat menjadi sumber pembelajaran yang dapat dilakukan oleh para remaja yang berada dalam proses belajar.

Sayangnya, penggunaan teknologi secara bebas diakses oleh remaja berpotensi menimbulkan kenakalan remaja. Hal ini diperoleh dari adanya tindakan yang dilihat melalui teknologi tersebut yang kemudian ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya kenakalan remaja yang diakibatkan dengan meniru berbagai hal yang dibagikan melalui dunia maya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan kenakalan remaja adalah dengan melalui pendidikan karakter. Kementerian Pendidikan telah menerapkan pendidikan karakter sebagai salah satu aspek yang harus dijalankan oleh lembaga pendidikan formal. Hal ini dapat meningkatkan perilaku yang baik pada setiap individu.

Pendidikan karakter yang dilakukan oleh lembaga formal dapat berupa poin yang dapat dilaksanakan berdasarkan aktivitas yang dilakukan peserta didik. Pendidikan karakter dilakukan berdasarkan sistem hukuman dan penghargaan yang dilakukan di lembaga formal. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah penerapan sistem skor pada tindakan yang dilakukan di sekolah.

Rumusan Masalah

Apa saja kenakalan remaja yang terjadi selama 2 tahun ini?

Bagaimana cara pendidikan karakter diterapkan sebagai upaya mengatasi kenakalan remaja?

Bagaimana pendidikan karakter dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia?

Baca Juga : Contoh Penutup

Contoh 3

BAB I

PENDAHULUAN

Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan berbagai jenis pertanian. Hal ini sesuai dengan tanah subur yang dimiliki Indonesia dari segi pertanian. Seiring berjalannya waktu, untuk memperoleh hasil yang maksimal kini pertanian dilakukan dengan cara organic. Selain membutuhkan biaya yang sedikit, hasil yang diperoleh dari pertanian organic juga sangat bagus.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan bahan kimia pada proses pertanian tidak luput dari revolusi pertanian yang dilakukan pada masa Orde Baru. Hingga saat ini, lahan pertanian telah terbiasa menggunakan bahan kimia yang terdiri dari pestisida serta bahan sintetik lainnya. Hal ini mengakibatkan rusaknya kandungan tanah sehingga tidak dapat ditumbuhi berbagai jenis tanaman lainnya.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tanah yang kian buruk terhadap hasil pertanian adalah menggunakan cara organic. Guru Besar perlindungan hama dan penyakit tanaman yaitu Prof. Dr. Sylvia menyatakan bahwa diperlukan pertanian organic sebagai solusi dari pertanian yang dilakukan di Indonesia.

Pertanian organic yang dilakukan dapat memberikan ketahanan yang bagus terhadap tanaman. Diantaranya tanaman lebih kuat dalam mengatasi hama dan penyakit, pupuk yang dibutuhkan memiliki harga yang terjangkau, serta sistem organic ini aman untuk hidup dalam ekosistem pertanian.

Semakin subur tanah tempat tanaman tinggal, maka semakin bagus tumbuhnya tanaman tersebut. Pertanian organic dapat menghasilkan unsur hara yang lebih bagus dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia dan sintetik. Oleh karena itu pertanian organic ini harus diberlakukan dalam pertanian di Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat program dari pusat.

Peran pemerintah dalam perubahan lahan konvensional menuju lahan organic sangat besar. Kurangnya edukasi masyarakat terkait dengan pertanian organic tentu menjadi hambatan ketika berada di lapangan. Oleh karena itu aktivitas pertanian yang dilakukan seharusnya mendapatkan sosialisasi terlebih dahulu melalui pemerintah.

Contoh Pendahuluan Artikel

Contoh Pendahuluan Artikel

Artikel dianggap sebagai salah satu jenis tulisan yang memiliki berbagai tipe, mulai dari gaya santai, formal, bahkan non formal dapat dituliskan. Salah satu bagian yang penting dalam membuat daya tarik artikel yang besar bagi pembaca adalah bagian pendahuluannya. Berikut ini merupakan beberapa contoh pendahuluan artikel yang dapat digunakan sebagai referensi.

Contoh 1

PENDAHULUAN

Setiap individu pasti pernah mengalami ketegangan atau tertekan yang dapat disebut sebagai stress. pengalaman pada masing-masing individu dalam memperoleh ketegangan ini berbeda tergantung dari tekanan yang diperoleh pada saat menjalankan kehidupan. Hal ini juga tergantung pada seberapa besar individu tersebut memikirkan permasalahan pada tekanan yang dihadapinya.

Stress dapat diperoleh dari karakteristik bawaan individu dan diperoleh dari faktor lingkungan. Keduanya merupakan faktor pendukung yang tidak dapat dipisahkan sebagai alasan seseorang dalam mengalami stress.

Pertama yaitu adanya karakteristik bawaan yang berhubungan dengan keturunan serta keterbatasan psikologis yang dimiliki oleh individu. Kedua yaitu adanya faktor luar yang berkaitan dengan kondisi serta situasi baik dari dalam diri maupun di luar diri individu tersebut.

Stress menjadi permasalahan yang umum dihadapi dan telah menjadi kajian bagi seluruh psikolog yang ada di dunia. Berbagai profesi tentu membutuhkan penanganan stress karena pada dasarnya setiap aktivitas yang dilakukan di dunia ini dapat menimbulkan stress. oleh karena itu perlu adanya penanganan khusus terhadap pengelolaan stress agar dapat hidup dengan bahagia.

Pada dasarnya stress muncul karena terjadinya peristiwa atau kehidupan yang berlangsung dan mengakibatkan gangguan terhadap individu tersebut. Adanya gangguan tersebut mengakibatkan ketidaknyamanan bagi individu sehingga berpengaruh dalam sisi psikologisnya. Oleh karena itu diperlukan cara penanganan yang tepat untuk menghilangkan stress.

Contoh 2

PENDAHULUAN

Makanan menjadi kebutuhan pokok jika ingin tetap kuat menjalani kehidupan. Tidak hanya makanan untuk psikis saja namun juga dibutuhkan makanan untuk fisik. Jika ingin menjalani kehidupan dengan bahagia dan awet muda, pastikan untuk menjalankan pola hidup sehat untuk memperolehnya. Berbagai cara hidup sehat terdiri dari berbagai jenis, mulai dari paling mudah hingga paling sulit sekalipun.

Menjalankan pola hidup sehat tentu tidak mudah, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencapainya. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, istirahat yang cukup, olahraga, menghindari konsumsi bahan kimia serta stress.

Sayangnya, kesibukan dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari memberikan kesempatan yang sedikit bagi Anda untuk mengerjakan pola hidup sehat. Kesibukan yang berlangsung selama berhari-hari dapat mengurangi kapasitas Anda dalam menjalankan berbagai treatment yang dapat dilakukan agar tetap sehat. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan paket kesehatan.

Paket kesehatan yang ditawarkan oleh rumah sakit ternama dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang memiliki waktu sibuk namun ingin tetap menjalankan hidup yang sehat. Mulai dari paket makanan dan minuman yang harus dikonsumsi, jenis olahraga yang dilakukan setiap hari, dan pemeriksaan medis yang dilakukan secara berkala dapat Anda peroleh ketika mendaftarkan diri.

Hasil dari penggunaan paket kesehatan oleh rumah sakit ini telah dipercaya dan memiliki banyak orang yang telah mengalaminya. Apabila Anda memiliki waktu yang sedikit namun memiliki budget yang besar untuk menggunakan pelayan kesehatan, pastikan untuk menggunakan paket kesehatan yang ditawarkan oleh rumah sakit ternama ini.

Contoh 3

PENDAHULUAN

Dalam proses perkembangan dan pertumbuhan seorang anak pasti memiliki tahapan-tahapan yang menjadi kesenangan tersendiri bagi orang tua. Berbagai aspek pembelajaran dapat diterapkan untuk anak guna mencapai ilmu pengetahuan dan praktik yang sesuai dengan keinginan. Tujuan akhir dari pelaksanaan pembelajaran adalah untuk menghasilkan ilmu dan karakter yang baik pada anak.

Berbagai pembelajaran yang dilakukan kepada anak identik dengan permainan baik dalam bentuk fisik maupun non fisik untuk mengembangkan pola pikir dan perilakunya. Sayangnya, terdapat aspek yang luput dari pengawasan yaitu meningkatkan rasa kasih sayang kepada anak. Hal ini dapat dikembangkan melalui interaksi antar manusia maupun menggunakan hewan dalam praktiknya.

Pengenalan hewan terhadap anak-anak tentu tidak mudah, pasti terdapat berbagai tahapan yang dimulai dari pengetahuan, pemahaman, yang kemudian berkembang sesuai dengan perolehan ilmu. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memelihara hewan. Mulai dari memberi makan, memberikan kasih sayang, hingga mengajak main hewan tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

Oleh karena itu pendidikan anak tidak hanya dilakukan dari segi akademik dan karakter saja, namun juga dapat dilakukan dengan stimulus yang diberikan pada saat memelihara hewan. Berbagai hewan yang disukai dapat menjadi bahan belajar bagi anak untuk mengembangkan sikap peduli dan kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup.

Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah 

            Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah 

Karya ilmiah juga terdiri dari berbagai struktur penulisan, salah satunya pendahuluan. Pendahuluan dalam karya tulis berisi tentang latar belakang tema yang sedang dibahas. Mulai dari kondisi ideal, kondisi nyata, hingga solusi dari tema yang disampaikan pada karya ilmiah tersebut dijabarkan secara lengkap. Ingin tahu lebih detail? Simak contoh pendahuluankarya ilmiah di bawah ini yuk!

Baca Juga : Contoh Latar Belakang

Contoh 1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Dalam kehidupan sosial, manusia dibedakan menjadi 2 jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan. Keduanya memiliki tugas, pokok, dan fungsi yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin yang ditetapkan oleh masyarakat. Meskipun tidak tertulis, namun adanya gender ini menjadi ciri khas yang membedakan antara perempuan dan laki-laki.

Seiring dengan perkembangan zaman, perbedaan antara laki-laki dan perempuan kini tidak dipandang sebagai sesuatu yang pasti. Tugas, pokok, dan fungsi antara laki-laki dan perempuan kini tidak memiliki batasan. Dalam artian bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh masing-masing jenis kelamin ini tidak memiliki batasan seperti pada zaman dahulu.

Saat ini, perempuan dapat melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh laki-laki. Sebaliknya, laki-laki juga dapat menjalankan aktivitas yang biasanya dilakukan oleh perempuan. Adanya persamaan ini disebut sebagai kesetaraan gender dimana pemahaman ini masih belum dijalankan secara menyeluruh oleh masyarakat.

Adanya kesetaraan gender ini tidak hanya mengangkat perempuan sebagai manusia yang layak mendapatkan kesempatan dalam berbagai bidang, namun kesetaraan gender ini dapat membantu perkembangan baik dari segi sumber daya manusia maupun pembangunan yang dilakukan secara berkelanjutan.

Sayangnya, kesetaraan gender masih dianggap tabu di kalangan masyarakat. Ketika seorang perempuan menjalankan aktivitas laki-laki, maka diberi stigma oleh masyarakat. Hal ini akan mengucilkan individu yang menjalankan kesetaraan gender tersebut. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam hal ini adalah menjalankan sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi yang dijalankan ini berisi tentang pemahaman terkait kesetaraan gender dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat. Hal ini akan menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menghindari permasalahan yang terjadi dalam bentuk penolakan warga. Oleh kerena itu penjelasan terkait kesetaraan gender akan dibahas di bawah ini.

Contoh 2

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mangrove merupakan salah satu jenis tanaman yang tinggal di perairan dan memiliki banyak fungsi. Tidak hanya dalam kehidupannya sebagai alat untuk pelindung terumbu karang, adanya mangrove juga dapat menjadi salah satu bahan olahan makanan yang dapat digunakan sebagai ciri khas. Tanaman yang terdiri dari kayu, biji, dan buah ini dapat dimanfaatkan bagi pemiliknya.

Mangrove dapat diartikan sebagai ekosistem di wilayah pesisir yang dapat dikembangkan dan diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan yang manis hingga gurih, olahan mangrove dapat diolah sesuai selera. Tidak hanya menghasilkan rasa yang lezat, pada dasarnya mangrove juga memiliki kandungan gizi yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nutrisi bagi tubuh.

Berdasarkan penelitian, bahan olahan mangrove menjadi tepung memiliki kandungan antioksidan proteinyang tinggi. Berbagai variasi nilai yang terdapat pada bahan olahan mangrove dalam bentuk tepung ini tentu dapat dijadikan berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Sayangnya, tanaman mangrove ini jarang dipelihara oleh pemerintah. Padahal tanaman mangrove juga memiliki berbagai manfaat yang berhubungan dengan ekosistem di wilayah pesisir. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penanaman mangrove adalah dengan menjadikan olahan mangrove sebagai salah satu hasil sumber daya alam.

Bahan olahan mangrove yang terkenal lezat dan memiliki daya tarik yang tinggi di kalangan masyarakat adalah cake mangrove. Dengan warnanya yang hijau serta memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, cake mangrove ini dapat dijadikan sebagai hasil kuliner bagi wilayah tempat ditanamnya mangrove tersebut.

Contoh 3

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia terkenal dengan sumber daya alam serta budayanya yang melimpah. Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, adat istiadat, serta bahasa yang beraneka ragam sehingga menghasilkan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Adanya perbedaan pada masing-masing wilayah tidak menjadikan masyarakat Indonesia berbeda, namun justru bersatu dalam negara kesatuan Indonesia.

Berbagai budaya yang tinggal dan melekat pada masyarakat terdiri dari berbagai macam, mulai dari peninggalan sejarah, tradisi, tari, dan lain sebagainya. Sayangnya seiring perkembangan zaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat perlahan terkikis dengan masuknya budaya luar negeri serta perkembangan teknologi yang masuk ke Indonesia.

Salah satu budaya yang perlu dilestarikan dalam kehidupan masyarakat adalah budaya tari. Tari merupakan salah satu seni kebudayaan yang mencirikan suatu daerah tertentu. Tidak hanya mewakili sebuah daerah saja, dalam sebuah tarian pasti terdiri dari berbagai macam makna serta cerita yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu seni tari harus dipelajari agar dapat dipahami.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan terkikisnya kebudayaan adalah dengan melestarikan budaya tari. Remaja saat ini pasti memiliki ilmu dan pemahaman yang terbatas tentang kesenian tari. Oleh karena itu salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mewajibkan kegiatan tari dalam organisasi ekstra untuk edukasi kesenian sejak dini.

Berbagai program yang dilaksanakan di sekolah pasti diterima dan dipahami sebagai salah satu proses pendidikan. Dalam hal ini ekstrakulikuler dalam bentuk kesenian tari diharapkan dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat melestarikan budaya dalam bentuk tari. Pembelajaran kesenian tari ini juga dapat menghasilkan hiburan dalam berbagai aktivitas yang dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah.

Adanya kemampuan dari kesenian tari pasti memiliki berbagai manfaat, tidak hanya dalam lingkup sekolah namun juga dalam lingkup masyarakat. Adanya kelompok kesenian tari dapat memberikan hiburan pada kegiatan yang dilaksanakan di sekolah maupun ikut serta dalam kegiatan lomba. Adanya kegiatan ini semata-mata bertujuan untuk melestarikan budaya tari.

Contoh Pendahuluan Essay

Contoh Pendahuluan Essay

A. Essay Pendidikan

Mengangkat Essay di dalam rumusan masalah untuk pendidikan yang ada di Indonesia menjadi lazim untuk dipahami di setiap pembacanya. Apalagi terkait pemerataan pendidikan bagi di setiap daerah berbeda. Oleh karena itu bagian pendahuluan essay yang bisa dicontohkannya.

Pendahuluan Esai Pendidikan

Di dalam mencapai dan memantapkan karakter bangsa menuju Indonesia emas tahun 2045, seorang pemuda harus memiliki strategi yang jitu di dalam pembelajaran kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan generasi yang mandiri.

Lantas nilai-nilai apa saja yang harus dimiliki oleh generasi di tahun 2045 ? Bisa diwujudkan dengan sikap yang cinta kepada Allah SWT dan alam semesta dan isinya, disiplin, tanggung jawab, jujur, mandiri, santun, hormat, peduli, kasih dan sayang, percaya diri, kerja sama, kerja keras, kreatif, keadilan, cinta damai dan persatuan.

Timbul sebuah pertanyaan kembali, apakah generasi sekarang sudah berada pada nilai-nilai tersebut. Jawabannya adalah muncul apabila bangsa ini sudah mulai ada perubahan yang siginifikan, pemuda yang mandi dan unggul harus keluar dari zona nyaman mereka, karena itu maka bangsa ini akan bisa mencapai Indonesia emas pada tahun 2045.

Karena di generasi 2045 adalah generasi yang jauh dari perilaku anarkis, destruktif dan korup, serta sangat dekat dengan perilaku intelektual, emosional, spiritual, dan sosial, sehingga dalam hal ini perlu keterbukaan pemanfaatan kemajuan TIK.

Tidak hanya melalui TIK, namun kondisi ini diharapkan bisa bersaing dengan MEA, Kita perlu siap siaga tanggap dalam berkontribusi untuk membentuk generasi yang mandiri dan unggul, serta arus globalisasi yang tidak bisa dibendung, senantiasa menuntut ruang gerak yang dinamis dalam semua aspek kehidupan.

Identifikasi Topik Pembahasan

  1. Apa saja yang perlu dilakukan oleh pemuda untuk mencapai Indonesia emas tahun 2045 melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk generasi yang mandiri dan unggul.
  2. Yang harus diperisapkan oleh Kemendikbud untuk mencapai generasi yang tanggap terhadap berbagai hal yang memiliki tujuan dan bereksperimen dalam mencapai Indonesia emas di tahun 2045.
  3. Strategis pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk generasi yang mandiri dan unggul seperti apa yang harus dimiliki oleh Pemuda Indonesia pada masa emas tahun 2045.
  4. Apakah generasi bangsa ini sudah menunjukkan karakter pemuda yang mandiri dan unggul untuk mencapai Indonesia emas tahun 2045.

Contoh Pendahuluan Laporan

Di bawaj adalah contoh pendahuluan laporan PKL “Praktek Kerja Lapan” di perusahan Media Digital.

PENDAHULUAN

Pendidikan dan pembelajaran bisa dilaksanakan dimana saja, tidak harus di dalam kelas ataupun di sekolah. Setiap siswa berhak mendapatkan ilmu pengetahuan dari siapa saja dan dimana saja berada, begitu juga dengan mempraktekkannya.

Karena, belajar teori dan konsep tidak cukup tepat tanpa adanya praktek langsung di lapangan. Karena program PKL sangatlah penting untuk memberikan bekal bagi siswa-siswi supaya bisa lebih siap di masa yang akan datang.

Tentang di zaman sekarang semakin sulit, rumit dan kompetitif, sehingga membutuhkan keahlian yang lebih dari setiap orang. Berbekal ilmu pengetahuan saja tidaklah cukup dan tanpa adanya pengalaman praktek yang sesuai dengan ilmu yang ditekuninya pada saat duduk di bangku sekolah.

Salah satu solusinya yaitu dengan cara mengadakan program PKL. Terlebih pada era digital ini, dimana setiap hal serta aspek kehidupan bisa diakses melalui internet atau digital.

Siswa berhak mengetahui secara ril mengenahi sedikit demi sedikit tentang dunia digital dan khususnya di bidang media seperti halnya yang dijalankan oleh media B.

Media B adalah perusahaan berkembang yang bergerak di bidang media dalam bentuk digital. Berbagai informasi mengenai peristiwa yang ada dalam Negeri ataupun di dunia luar tersedia di sini baik itu dalam bentuk video, tulisan, gambar, videografis dan infografis.

Pengelolaam dan penyajian informasi semacam itu ternya bisa menarik perhatian minat baca semua masyrakat. Di situ bisa belajar bagaimana mengelolah data menjadi tulisan, gambar dan lain-lain, supaya bisa dicerna dengan mudah.

Selain itu, tentu siswa bisa mempraktekkan secara langsung mendesain grafis dan video untuk keperluannya media.

Rumusan Masalah

  • Apa saja manfaat media digital ?
  • Bagaimana cara membuat informasi dalam bentuk visual secara baik ?
  • Bagaimana cara mengolah data tertulis menjadi gambar informasi yang sebagai media informasi ?

Contoh Pendahuluan Jurnal Penelitian

Contoh Pendahuluan Jurnal Penelitian

PENDAHULUAN

Jurnal ilmiah menjadi suatu tolak ukur kompetensi bagi semua peneliti dan dosen di Indonesia. Penerbitan jurnal ilmiah bisa menjembatani dosen dan peneliti untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik dan menunjukkan kemampuan dari mereka.

Penulisan sebuah jurnal ilmiah bisa menjadi cerminan tersendiri seberapa berkompetensi dari penulis dimata Nasional maupun dimata Internasional.

Pernebitan jurnal ilmiah mengalami kesulitan di Indonesia karena terbatasnya peneliti serta akademisinya. Kemampuan menulis tidak cukup memadai juga menjadi permasalah yang tersendiri. Para peneliti tentunya bisa berharap setiap tulisan mereka yang ditampilkan sebagai jurnal ilmiah bisa menyita perhatian peneliti yang lainnya dan bisa menjadi bahan rujuan penelitian-penelitian yang serupa.

Dua paragraf di atas menjadi pembuka manis untuk sebuah penulisan jurnal penelitian yang tengah di kerjakan. Sama halnya dengan skripsi, jurnal penelitian adalah bagian dari akademik yang sering kali digunakan untuk syarat kenaikan jenjang karirnya.

Penelitian dan dosen wajib untuk mempublikasikan sebuah jurnal penelitian yang sudah diakui secara nasional maupun internasional yang sebagai hasil karyanya.

Ide yang dituangkannya harus benar-benar baru didalam dunia akdemisi, terutama di bidang yang diambilnya. Di bagian ini, tidak perlu pemaparan yang terlalu panjang dan tidak bertele-tele.

Namun cukup paragraf yang singkat dan berisi. Penulis harus memastikan bagian pendahuluan sudah mencakup semua ide yang ingin dibahas di bagian pembahasan dan kesimpulannya, termasuk mengutip dari beberapa sumber.

Penjelasan tentang contoh pendahuluandengan berbagai jenis karya diatas dapat menjadi referensi yang tepat bagi Anda.

Tentunya berbagai contoh pendahuluan diatas dapat disesuaikan dengan tema serta pembahasan yang sedang berlangsung. Sehingga dapat menjadi pendahuluan yang singkat, padat, dan jelas terhadap suatu pembahasan tertentu. Semoga berhasil!

Mudah-mudahan artikel tentang contoh pendahuluan ini bisa bermanfaat bagi Kita semuanya, contoh pendahuluan diatas tentunya masih belum semua yah. Karena tentunya masih ada contoh pendahuluan yang lain. apabila ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkannya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply