Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Kumpulan Contoh Resume

14 min read

contoh resume

Contoh Resume – Resume merupakan ringkasan tertulis dari sebuah teks panjang atau pengalaman. Penyajian dari ringkasan ini harus runtut sesuai dengan urutan naskah aslinya.

Selain itu, untuk menjadikan resume dapat lebih mudah dipahami, penulisannya menggunakan format pointer dan heading yang jelas. Teks yang perlu dibuat ringkasannya ada bermacam-macam, contohnya makalah, jurnal, dan buku.

Dengan demikian, tak heran jika pelajar maupun pengajar biasanya sering berkutat dengan jenis teks ini. Selain itu, mereka yang telah lulus sekolah biasanya juga sering berkutat dengan resume.

Pada tahap ini, resume yang dibuat berkaitan dengan pengalaman hidup, alias resume kerja, dan pekerjaan. Apabila Anda belum pernah membuat resume, berikut ini beberapa contoh resumeyang dapat dijadikan acuan.

Cara Membuat Resume

Cara Membuat Resume

Membuat resum sebenarnya ridaklah terlalu sulit karena berpatokan pada tulisan aslinya. Di bawah ini ada langkah-langkah membuat resume secatra benar :

  • Membaca Naska Asli

Untuk mengetahui dan memahami isi dari naskah asli, sebuah karangan tentunya harus membacanya sampai selesai. Membaca naskah atau teks aslinya secara berulang-ulang akan membuat Kita mengerti maksud yang ingin disampaikan penulisnya.

Selain dari itu, pasti ada beberapa kata atau istilah dalam suatu karangan yang sulit untuk dipahaminya. Membuat resume ini harus melibatkan juga sumber daya lainnya supaya bisa memahami kata atau isitlah yang sulit.

  • Menemukan Gagasan Utama

Setelah membaca karangan atau tulisan dengan berulang-ulang, tentunya Kita akan bisa menemukan gagasan utama atau pikiran utama tulisan tersebut. Kita wajib untuk mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut supaya bisa membuat ringkasan yang sesuai.

Dalam sebuah karangan atau tulisan, tidak semuanya paragraf itu mengandung gagasan pokok. Oleh karena itu, penting sekali untuk menemukan gagasan utama dengan secara teratur supaya penulisan resume tidak bisa melebar.

  • Menulis Resume

Setelah menemukan gagasan pokok dari sebuah karangan atau tulisan, tentunya juga memiliki gambaran umum tentang resumnya. Perlu diperhatikan bahwa untuk membuat resume harus disesuaikan dengan teks atau naskah asli.

Penggunaan kata dan kalimat dalam resume atau sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya. Namun, Kita tidak boleh menambahkan pendapat pribadi dalam resume tersebut, apalagi jika pendat pribadi yang kita tambahkan itu bertentangan dengan naskah yang aslinya.

Alangkah baiknya resume ini menggunakan bahasa Indonesia yang mudah di pahami oleh semua orang. Walaupun di dalam naskah aslinya ada banya istilah atau kata yang sulit di mengerti, Kita bisa menuliskan dalam bahasa yang lebih mudah di dalam resume tersebut.

Sesuai dengan pengertian resume itu sendiri, maka kalimat dalam resume tidak perlu bertele-tele. Resume itu seharusnya dibuat dalam bentuk ringkasan yang padat, tetapi tetap bisa mewakili isi dari naskah yang aslinya.

  • Membaca Ulang Resume Yang Dibuat

Setelah resume selesai dibuat, maka pembuatan resume itu haru membacanya kembali untuk memeriksa apakah ada kesalahan di penulisannya. Ada beberapa hal yuang perlu untuk diperiksa seperti :

  1. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Penggunaan ejaan yang benar.
  3. Penggunaan tanda baca secara benar.
  4. Memeriksa kesesuaian antara resume dengan naskah yang aslinya.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja

Ketika Anda melamar pekerjaan, Anda perlu melampirkan resume. Dokumen ini berbeda dari CV. Resume lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang dilamar. Selain itu, dokumen ini dapat membuat Anda nampak lebih baik di mata pembaca.

Berikut ini contoh resume lamaran kerja.

Bandung, 5 April 2020

 

Kepada YTH.

HRD Manager

PT Panjang Umur Santosa

Jl. Ahmad Yani No. 77 Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang terlampir pada situs JobsDB.com, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Akuntan di PT Panjang Umur Santosa. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut.

Nama                            : Meika Hanna Putria

Tempat, Tanggal Lahir   : Bogor, 5 Mei1995

Pendidikan Terakhir       : S-1 Akuntansi Universitas Indonesia

Alamat                          : Jalan Perintis Kemerdekaan No.134, Bandung 40184

Agama                          : Islam

Nomor Telepon             :  081211452828

Email                            : [email protected]

Status                           : Belum Menikah

Saya mempunyai latar belakang pendidikan memuaskan serta kemampuan akuntansi dan manajemen keuangan. Saya juga menguasai berbagai program komputer untuk bidang akuntansi, contohnya Visual Basic, Sage, dan Quickbook serta program komputer dasar (Word dan Excel). Selain itu, saya adalah seorang pribadi yang teliti, jujur, dan disiplin.

Sebagai pertimbangan, saya melampirkan:

  1. Scan ijazah
  2. Scan transkrip nilai
  3. Scan sertifikat TOEFL
  4. Scan KTP
  5. Scan Foto
  6. CV

Dengan surat lamaran ini, saya menyatakan bahwa saya siap untuk memberikan tenaga serta waktu saya jika diperlukan. Besar harapan saya untuk bisa mengikuti tes seleksi dan wawancara. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah Bapak/Ibu HRD berikan.

Hormat saya,

 

Meika Hanna Putria

Contoh Resume Jurnal

Contoh Resume Jurnal

Dalam menulis resume jurnal, pertama-tama Anda perlu membaca jurnal yang akan diringkas secara seksama. Ada beberapa poin penting yang perlu dituliskan pada resume jurnal. Berikut ini contoh resumeyang dapat Anda pelajari.

Judul Penelitian:

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Nama Peneliti:

Bagus Notokusumo, Novita Anjani, Sinta Ekawati

Sumber:

Jurnal Penelitian Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 10 Nomor 1,  Oktober 2019, ISSN 19834-1505

Reviewer:

Eleanora Latifolia

Tujuan Penelitian:

Meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan menulis teks narasi siswa SMP melalui penggunaan media audio visual.

Latar Belakang:

Berdasarkan pada survey prasiklus yang dilakukan pada bulan Juli 2019 oleh para peneliti, diketahui bahwa kemampuan maupun motivasi menulis siswa tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan bahwa 48% dari jumlah siswa mempunyai kesulitan dalam menulis saat pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung.

Sementara itu, sisanya memiliki kesulitan dalam aspek membaca dan/atau berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Rendahnya skill menulis siswa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah media pembelajaran yang kurang efektif dan kurang menarik. Oleh karenanya, siswa menjadi jenuh dan tidak dapat memahami pelajaran dengan baik.

Metode Penelitian:

Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Wonogiri, Jawa Tengah. Dan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa dengan Ibu Ajeng Pangastuti sebagai guru Bahasa Indonesia untuk siswa di kelas tersebut.

Pemilihan siswa kelas tersebut sebagai subjek penelitian didasarkan atas kemampuan mereka yang masih rendah dalam bidang menulis. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) persiapan, (2) survei awal, (3) pelaksanaan siklus, (4) penyusunan laporan.

Hasil Penelitian dan Pembahasan:

Hasil penilaian berasal dari lembar penilaian menulis teks narasi yang diberikan oleh guru. Dari hasil tulisan siswa tersebut, terdapat 4 siswa dengan nilai 75 – 79, 5 siswa dengan nilai 70 – 74, 10 siswa dengan nilai 65 – 69, 9 siswa dengan nilai 60 – 64. Selain itu, tidak ada siswa dengan nilai di bawah 60 maupun nilai 80 ke atas.

Tulisan siswa tersebut dinilai berdasarkan beberapa aspek. Di antara aspek tersebut adalah pemilihan kosakata, isi, tata bahasa, organisasi teks, dan keaslian. Selain itu, guru menetapkan skor nilai KKM sebesar 70. Dengan demikian, terdapat 67,85% siswa dengan nilai di bawah KKM.

Kesimpulan dan Saran:

Pembelajaran melalui media audio visual guna meningkatkan kemampuan menulis teks narasi siswa VIII A SMPN 1 Wonogiri tahun ajaran 2019/2020 terbukti menghasilkan peningkatan. Berdasarkan pada observasi yang dilakukan pada siklus I, presentasi hasil observasi terhadap guru adalah 72%.

Pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 3,1% menjadi 75,1%. Selain mengamati proses pengajaran, observer juga mengamati proses pembelajaran siswa. Dari pengamatan pada dua siklus, diketahui observasi rerata siswa pada siklus I yaitu 65,7%.

Contoh Resume Makalah

Contoh Resume Makalah

Untuk resume makalah, formatnya lebih sederhana daripada resume jurnal. Meski demikian, isi atau uraiannya lebih panjang. Hal ini tentu sesuai dengan bentuk format makalah. Berikut ini contoh resume makalah.

Judul Makalah:

Pengaruh Positif Maupun Negatif dari Internet

Pendahuluan:

Perkembangan zaman telah membuat teknologi semakin maju dan canggih. Salah satu teknologi paling besar yang telah dikembangkan adalah internet. Teknologi ini telah membawa banyak perubahan pada dunia. Internet memungkinkan kita untuk memperoleh informasi dengan mudah serta cepat. Selain itu, internet membuat komunikasi menjadi lebih cepat dan terjangkau, tidak peduli berapa jauh jaraknya.

Isi:

Internet merupakan jaringan komputer luas dan juga mendunia, menghubungkan pemakai komputer yang satu dengan pemakai lainnya yang berada di berbagai tempat. Di dalamnya terdapat sumber informasi berbagai bentuk, statis, dinamis, serta interaktif.

Internet memberikan pengaruh positif maupun negatif pada manusia dan peradabannya. Pengaruh positif dari internet adalah kemudahan komunikasi, memperoleh hiburan, serta memperoleh informasi. Selain itu, internet juga membuka peluang-peluang positif pada para penggunanya, misalnya peluang bisnis dan peluang meningkatkan ilmu serta keahlian.

Di sisi lain, ada beberapa pengaruh negatif dari internet yang dirasakan. Salah satunya adalah persebaran informasi yang tidak benar yang dapat menimbulkan kepanikan dan pertikaian. Internet juga terkadang membuat mereka yang dekat menjadi jauh karena masing-masing asik dengan konten internet yang mereka nikmati.

Penutup:

Internet adalah sebuah perpustakaan besar dan lengkap. Di dalamnya, pengguna dapat menemukan berbagai bentuk konten, misalnya video, audio, teks, dan gambar dalam bentuk digital. Dunia internet lazimnya disebut dunia maya. Hal ini karena di dunia maya pengguna dapat menemukan berbagai aspek kehidupan dalam bentuk digital, misalnya hiburan, olahraga, pendidikan, dan lain sebagainya.

Meski memiliki pengaruh negatif, namun internet lebih banyak memberi kebaikan bagi manusia. Salah satu peranannya yang paling penting adalah dalam dunia pendidikan. Dengan adanya internet, siswa dan guru dapat menambah wawasan atau ilmu pengetahuan terbaru dengan mudah dan cepat. Selain itu. Internet juga memungkinkan praktik pembelajaran jarak jauh.

Contoh Resume Buku

Contoh Resume Buku

Pembuatan resume buku harus sesuai isinya. Ada tidak boleh menambahkan pendapat atau kritik di dalamnya. Untuk membuat resume buku, Anda dapat dapat mempelajari contoh berikut ini terlebih dahulu.

Identitas buku:

  • Judul : Pengantar Teori Pembangunan
  • Penulis : Dr. Muhajir Abdullah, MSi
  • Penerbit : Pustaka Modern, Yogyakarta
  • Tahun Terbit : 2017 (cetakan pertama)
  • Jumlah Halaman: 125 halaman, 5 bab
  • Reviewer : Eleanora Latifolia

Isi:

Pada bagian awal, buku ini membicarakan tentang sejarah perkembangan ilmu ekonomi pembangunan secara umum, yang diprakarsai oleh Adam Smith. Ia merupakan ahli ekonomi pembangunan yang telah menerbitkan berbagai karya. Salah satunya adalah “Wealth of Nations” di tahun 1776.

Selain itu, buku ini juga membahas tentang hakikat ilmu ekonomi pembangunan. Pada poin ini dijelaskan tentang pengertian ilmu ekonomi tradisional dan ilmu ekonomi pembangunan. Kemudian bagian awal ini juga membahas pengertian paradigma pembangunan dan pengertian pembangunan.

Dari bagian awal ini dapat disimpulkan bahwa ekonomi, terutama ilmu ekonomi pembangunan berkaitan dengan Pembangunan. Pengertian pembangunan menurut buku ini adalah proses yang mengakibatkan pendapatan perkapita dari suatu negara mengalami peningkatan dalam jangka panjang.

Pada bagian tengah, buku ini membahas tentang teori pembangunan beserta kritik terhadap teori tersebut. Ada tiga teori yang di bahas. Mereka adalah teori modernisasi, teori ketergantungan, dan teori sistem dunia.

Teori modernisasi muncul setelah Perang Dunia II. Pada saat itu negara Barat berusaha keras untuk mengatasi kemiskinan akibat perang. Tujuan pembangunan ekonomi ini adalah menciptakan negara yang kuat dan stabil secara ekonomi sehingga tidak mudah dikalahkan oleh negara lain, terutama Uni Soviet.

Teori ketergantungan juga disebut teori dependensi. Ia merupakan tandingan untuk teori modernisasi. Teori ini mengulas persoalan perkembangan pembangunan di negara dunia ketiga dan bagaimana mereka bergantung pada negara besar, misalnya Amerika Serikat.

Teori sistem dunia juga sering disebut teori tata ekonomi dunia. Teori tersebut melihat bahwa tidak ada negara yang dapat lepas dari ekonomi kapitalis yang telah mendunia.

Pada bagian akhir, buku ini menjelaskan tentang cakupan pembangunan dan indikator keberhasilan pembangunan. Pembangunan harus mencakup ketahanan, harga diri, dan kebebasan. Sedangkan indikator keberhasilan pembangunan adalah pendapatan per kapita, struktur ekonomi, urbanisasi, dan indeks kualitas hidup.

Contoh Resume Novel

Contoh Resume Novel

Resume novel hampir seperti resume buku. Untuk lebih memahaminya, Anda dapat menyimak contoh berikut ini.

Judul novel: Gadis Pantai

Pengarang: Pramoedya Ananta Toer

Penerbit: Griya Buku

Tahun Terbit: 2006 (cetakan ke-2)

Novel tersebut menceritakan tentang feodalisme yang ada pada masyarakat Jawa zaman dahulu. Tokoh utama dari novel ini adalah gadis pantai berusia 14 tahun yang dilahirkan di tengah keluarga nelayan. Ia tinggal di dekat pantai yang terletak di wilayah Rembang, Jawa Tengah. Ia memiliki paras yang cantik, kulit kuning langsat dan perawakan mungil.

Karena mata sipitnya, seorang pembesar yang tinggal tak jauh dari wilayah itu meminangnya. Pada suatu hari, utusan dari pembesar tersebut datang ke rumah orangtua gadis tersebut. Ia menyampaikan pesan bahwa majikannya ingin meminang si gadis pantai. Orangtua gadis pantai yang mengalami kesulitan ekonomi tidak bisa menolak pinangan tersebut.

Mereka berharap bahwa anaknya akan dapat menjalani hidup yang lebih baik jika menikah dengan pembesar tersebut. Mereka pun meyakinkan gadis pantai bahwa ia akan hidup serba berkecukupan bersama dengan pria yang menikahinya. Pada hari yang telah ditetapkan, gadis pantai diboyong ke kota tempat tinggal suaminya.

Ia harus melepaskan semua kebiasaannya sebagai gadis yang tinggal di dekat pantai. Ia kini tidak bisa bermain dengan temannya di pinggir pantai, menjahit jala, menumbuk udang kering, dan semua hal menyenangkan yang ia rasakan di tempat kelahirannya. Kini ia tinggal di sebuah rumah besar milik suaminya, Bendoro, dan tidak memiliki kebebasan

Setelah beberapa saat tinggal di rumah tersebut, gadis pantai menyadari bahwa Bendoro hanya menjadikannya sebagai istri percobaan. Selama tinggal di sini, ia berteman cukup dekat dengan pelayan tua yang mengajarkannya tentang banyak hal mengenai kehidupan.

Si gadis pantai akhirnya hamil dan melahirkan anak perempuan. Bendoro tidak suka anak perempuan dan lebih memilih anak laki-laki. Oleh karena itu, lelaki tersebut mengirim utusan untuk mendatangi rumah orang tua gadis pantai dan meminta mereka menjemput anaknya. Gadis pantai pun diusir dari rumah Bendoro dan tidak diperbolehkan membawa pergi anaknya bersamanya.

Namun, saat dijemput oleh ayahnya, gadis pantai menolak untuk di ajak pulang. Ia malu dengan tetangga dan temannya di tempat kelahirannya. Dan dengan berat hati ia pun tidak pulang ke kampungnya namun tinggal di tempat lain.

Novel Gadis Pantai sebenarnya tidak berhenti di situ. Namun karena karya Pram dicekal oleh pemerintah Orde Baru, maka beberapa bagian dari novel ini dihilangkan.

Contoh Resume Kegiatan

Contoh Resume Kegiatan

Sebelum Anda membuat resume kegiatan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak contoh berikut ini.

Resume Kegiatan Pelatihan Media Pembelajaran Ekonomi 2017

Kegiatan Pelatihan Media Pembelajaran adalah proker Bidang Media HMPE. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Para peserta pelatihan ini adalah guru SMP di Yogyakarta. Kegiatan pelatihan seperti ini sudah lima kali dilakukan dan pelatihan pada tahun 2017 ini adalah pelatihan kelima.

Tema dari Pelatihan Media Pembelajaran 2017 adalah Pelatihan Media Pembelajaran Ekonomi yang Inovatif dan Kreatif berbasis Lectora Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar para guru SMP dalam menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif, terutama dengan program komputer Lectora.

Pelatihan Media Pembelajaran Ekonomi 2017 dilaksanakan pada Sabtu, 7 April 2017 di Aula I Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini diisi oleh dua pemateri. Mereka adalah Ahmad Subarjo M.Pd dan Teguh Setiawan M.T. Peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 70 orang, yang terdiri dari 60 guru dan 10 mahasiswa.

Acara dibuka pada pukul 09.00 oleh pembawa acara dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan diberikan oleh ketua panitia Pelatihan Media Pembelajaran Ekonomi 2017 dan oleh Bapak Budi Raharjo, selaku ketua jurusan.

Sesi materi pertama disampaikan pada pukul 09.30 oleh pemateri Ahmad Subarjo M.Pd. Materi yang disampaikan adalah mengenai pentingnya media pembelajaran yang baik dalam proses belajar mengajar. Semua peserta nampak memusatkan perhatian pada materi yang disampaikan dan antusias. Mereka juga aktif bertanya ketika pemateri mengadakan sesi tanya jawab.

Sesi pertama tersebut selesai disampaikan pada pukul 11. 30. Acara selanjutnya adalah istirahat, sholat, dan makan. Kemudian, sesi materi kedua disampaikan pada pukul 12.30 oleh pemateri Teguh Setiawan M.T.

Materi tersebut berkaitan dengan penggunaan Lectora sebagai media pendukung proses belajar mengajar. Pada sesi ini, semua peserta terlihat mempraktikkan penggunaan program tersebut dengan serius dan bersemangat. Mereka juga banyak melontarkan berbagai pernyataan mengenai Lectora dan penggunaannya saat sesi tanya jawab dibuka.

Sesi kedua tersebut selesai pada pukul 15.00. Setelah itu, acara selanjutnya adalah pemberian kenang-kenangan. Kegiatan Pelatihan Media Pembelajaran 2017 ditutup oleh pembawa acara pada pukul 15.30.

Contoh Resume Keperawatan

Contoh Resume Keperawatan

Resume keperawatan umum ditemui di puskesmas dan klinik kesehatan. Berikut ini contoh resume keperawatan.

Resume Keperawatan

RSU Medika Utama

  1. Identitas
  2. Nama :  Yuliadi Santosa
  3. Tanggal lahir : 14 Juni 2009
  4. Umur : 10
  5. BB / Tinggi badan : 35 kg / 140 cm
  6. Jenis kelamin : Laki-Laki
  7. Alamat : Jl. Jenderal Sudirman 30 Solo
  8. Identitas penanggung : Maruta Loka Anggara (Ayah)
  9. Diagnosa : Tipes
  10. Keluhan Utama :
  11. Demam tinggi
  12. Tidak mau makan dan minum
  13. Mual dan muntah setelah makan
  14. Riwayat Penyakit Sekarang

Sudah dua hari mengalami demam tinggi. Demam turun pada pagi hari. Namun, demam tinggi terjadi pada malam hari. Anak susah makan. Jika dipaksa makan, anak akan muntah. Anak juga sulit minum.

  1. Riwayat Penyakit Dahulu

Belum pernah mengalami penyakit serius. Biasanya hanya batuk dan pilek yang hanya berlangsung dua atau tiga hari. Untuk mengobati keluhan ini, biasanya orangtua memberikan vitamin tambahan, buah, dan menyuruh anak untuk beristirahat.

  1. Pemeriksaan fisik
  2. Kesadaran : Compos mentis
  3. Sistem pernapasan :

Dada

Inspeksi      : Pernapasan dada

Palpasi       : Tidak ada

Hidung

Inspeksi      : Simetris (anak bernapas dengan cepat)

Palpasi       : Tidak ada

  1. Pengelompokan Data

DS :

  • Orangtua dari pasien mengatakan bahwa anaknya mengalami demam tinggi yang naik turun sejak dua hari yang lalu.
  • Sejak kemarin pasien juga susah makan maupun minum. Setelah makan sedikit, anak merasa mual dan kemudian muntah.

DO:

  • Anak demam tinggi
  • Anak lemas dan susah makan
  • Anak merasa mual dan muntah

 

  1. Diagnosa keperawatan
  2. Demam tinggi yang disertai rasa mual dan muntah mengakibatkan anak kekurangan cairan tubuh. Akibatnya, anak menjadi dehidrasi. Selain itu, keadaan tersebut juga menyebabkan anak kekurangan asupan makanan.

Intervensi: Memberi antibiotik dan paracetamol agar suhu badan pasien menurun. Memberi vitamin untuk mempercepat proses penyembuhan anak dan meningkatkan nafsu makannya. Berusaha memberi air putih dalam jumlah yang cukup kepada pasien.

  1. Implementasi

Orang tua memberikan paracetamol, antibiotik dan vitamin yang diresepkan oleh dokter serta mematuhi anjuran pemakaiannya. Selain itu, orang tua juga membujuk anak agar mau minum lebih banyak air putih.

  1. Evaluasi
  • Demam pada pasien sudah menurun.
  • Pasien tidak merasa lemas.
  • Nafsu makan anak mengalami sedikit peningkatan.
  • Pasien tidak merasa mual dan tidak muntah.
  • Orangtua melanjutkan pemberian obat sesuai anjuran dokter hingga obat yang diresepkan habis.

Contoh Resume Skripsi

Contoh Resume Skripsi

Resume skripsi biasanya disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah tertentu. Berikut ini contohnya.

Judul    : HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 PURWOREJO

Peneliti : Ariana Eka Praja

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Guru adalah salah satu komponen penting dalam pendidikan. Seorang guru harus memiliki kompetensi tertentu agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Kompetensi tersebut adalah kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Kompetensi sosial yang dimaksud di sini adalah kemampuan guru dalam berinteraksi dengan siswa selama di dalam dan di luar proses belajar mengajar dan juga dengan lingkungannya. Dengan memiliki kompetensi sosial yang baik, guru dapat mendorong siswanya untuk maju dan meraih tujuan mereka.

Dorongan tersebut dapat disebut juga sebagai motivasi belajar siswa, dalam hal ini motivasi ekstrinsik. Motivasi yang diberikan kepada siswa dapat berupa pujian, contoh cerita sukses, dan hadiah.

Perumusan masalah

  1. Bagaimana kompetensi sosial yang dimiliki guru kelas XI SMAN 1 Purworejo?
  2. Bagaimana motivasi belajar para siswa kelas XI SMAN 1 Purworejo?
  3. Adakah hubungan antara kompetensi sosial guru serta motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Purworejo?

Tujuan penelitian

  1. Guna mengetahui bagaimana kompetensi sosial yang dimiliki guru kelas XI SMAN 1 Purworejo.
  2. Guna mengetahui bagaimana motivasi belajar para siswa kelas XI SMAN 1 Purworejo.
  3. Guna mengetahui adakah hubungan antara kompetensi sosial guru serta motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Purworejo.

BAB II

LANDASAN TEORI

Tinjauan pustaka

Pengertian kompetensi, kompetensi guru, kompetensi sosial guru, peran guru dalam proses belajar mengajar, pengertian motivasi, dan pengertian belajar.

Pengujian hipotesis

Menggunakan dua jenis hipotesis. Keduanya adalah hipotesis alternatif dan hipotesis nol. Yang pertama mengasumsikan bahwa ada hubungan positif antara kompetensi sosial guru dan motivasi belajar siswa. Yang terakhir mengasumsikan bahwa tidak ada hubungan antara keduanya.

BAB III

METODOLOGI

Waktu dan tempat penelitian

Tempat yang digunakan untuk melaksanakan penelitian ini adalah SMAN 1 Purworejo. Sedangkan waktu pelaksanaannya adalah pada bulan Agustus hingga September 2016.

Metode penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisa data yang digunakan adalah analisis statistika korelasi.

Variabel penelitian

Hubungan korelasi yang dicari adalah hubungan antara variabel kompetensi sosial guru dan variabel motivasi siswa.

Populasi dan sampel

Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMAN 1 Purworejo

Metode

Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode true score.

Teknik analisis data

Hasil true score antara guru dan murid dibandingkan dan dianalisa dengan rumus product momen.

BAB IV

HASIL PENELITIAN

Berdasarkan nilai true score, diketahui bahwa sebanyak 12% guru memiliki kompetensi sosial yang sangat baik, 30% guru memiliki kompetensi sosial yang baik, 28% memiliki kompetensi sosial yang cukup, 25% guru memiliki kompetensi sosial yang kurang, dan 5% guru memiliki kompetensi sosial yang sangat kurang.

Selain itu, dari hasil true score diketahui bahwa 11% siswa memiliki motivasi belajar yang sangat baik, 31% siswa memiliki motivasi belajar yang baik, 29% siswa memiliki motivasi belajar yang cukup,  23% siswa memiliki motivasi belajar yang kurang, dan 6% siswa memiliki motivasi belajar yang sangat kurang.

Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan rumus produk momen, diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara kompetensi sosial guru dan motivasi belajar siswa. Nilai signifikansi yang diperoleh dari rumus tersebut adalah 0.5.

BAB V

KESIMPULAN

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru memberi pengaruh pada motivasi belajar siswa. Guru yang memiliki kompetensi sosial yang baik dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Contoh Resume Artikel

Contoh Resume Artikel

Judul : Proses Peningkatan Pendidikan Terpadu di Sekolah Dasar (SD)

Oleh : Muhammad Ridho

Pembahasan artikel ini adalah hasil dari penelian oleh Puslitijak mengenai pengembangan sistem pendidikan. Penulisan ini menggunakan empat kerangka, Dalam penulisan yang terdiri dari : abstrak, pendahuluan, kajian teori, pembahasan, kesimpulan dan saran.

Seperti artikel pada umumnya, dalam pendahuluan berisi tentang latar belakang dan tujuan. Pengertian sekolah terpadu, penulisan disampaikan dibagian, implikasi perkembangan pendidikan luar biasa (PLB) dan pendidikan luar biasa di bagian kajian teori.

Perkembangan PLB Indonesia, penulis latkkan di bagian hasil. Penulis memaparkan perkembangan pada tahun 1984 sampai pasca pada tahun 1984.

Kemudian di bagian terakhir artikel, penulisan membahas mengenai kesimpulan dan saran. Adapun beberapa kerangka seperti rangkuman yang ada di bawah ini :

  1. Abstrak

Di bagian penulis ingin menampilkan dasar hukum dari pendidikan luar biasa. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa lembaga yang berimplementasi pada kebijakannya. Ada beberapa kata kunci yang penulis masukkan antara lain : Pendidikan terpadu, Penyapu ketunaan, hak memperoleh pendidikan dan kesulitan untuk belajar.

  1. Pendahuluan

Seperti pendahuluan pada umumnya, di bagian ini akan memaparkan latar belakang dan tujuan penulisan. Di bagian latar belakang, penulis ingin menyampaikan beberapa kegelisahan mengenai kondisi pendidikan luar biasa di Indonesia.

Oleh karena itu, di bagian ini pula penulisa juga memaparkan beberapa upaya perbaikan pendidikan luar biasa tersebut. Hal ini sekaligus sebagai sosialisasi dalam upaya untuk meningkatkan pengembangan sekolah terpadu yang berada di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa pusat penelitian kebijakan seperti Badan Peneliti dan Pengembangan Pendidikan Nasional.

  1. Kajian Teori

Di bagian ini penulis ingin mengungkapkan pengertian pendidikan luar biasa, sekolah terpadiu dan tujuan dari adanya pendidikan luar biasa di beberapa negara maju.

Dengan membuat definisi mengenai operasional pendidikan terpadu yaitu pengajaran di sekolah reguler diperuntukkan untuk anak-anak normal saja, kesulitan belajar dan anak-anak kebutuhan khusus atau ketunaan.

Penulis menyebut anak-anak berkebutuhan khusus ini bisa dilihat melalui fisik yang berupa tunarungu, tunanetra dan tunadaksa.

Sedangkan untuk anak-anak ketunaan yang mengidap gangguan kejiwaan seperti tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang, selain itu ada juga pengidap tunalaras atau kelainan perilaku. Sebenarnya maksud penulis disini ingin menceritakan sejarah bagaimana pendidikan yang luar biasa ini.

Karena penulis melihat bahwa sebelumnya pendidikan luar biasa terpisah lalu pada perkembangan akhir bisa terpadu dengan pendidikan umum. Model pendidikan yang diselenggarakan di Indoneis berupa inklusi, minstreaming dan normalisasi.

Kali ini penulis juga ingin melakukan komparasi system penyelenggaraan pendidikan luar biasa yang ada di luar negeri dengan pendidikan luar biasa yang ada di Indonesia. Secara garis besar model pendidikan luar biasa kini sudah menjadi pelayanan pendidikan terpadu.

Ada beberapa hal yang melatarbelakanginya, karena adanya model pendidikan yang tidak mendiskriminasi dan lebih efisien dalam menangani orang-orang penyandang catat, jumlah penyandang cacat mulai menyusut.

  1. Hasil dan Pembahasan

Di bagian ini penulis akan membahas hasil dari perkembangan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang tengah berkembang di Indonesia, sejak tahun 1984 dan setelahnya. Di Indonesia dalam melihat perkembangan Pendidikan Luar Biasa dengan cara melihat tahun kejadiannya.

Di Indonesia perkembangan Pendidikan Luar Biasa mulai terjadi di tahun 1954. Dalam hal ini yang menjadi fokus pembasan adalah lembaga terkait. Namun, sejak tahun 1984, adanya undang-undang tentang penerapan wajib belajar mempunyai dampak positif pada perkembangan pendidikan luar biasa.

Di dalam bagian ini penulis juga memaparkan beberapa komponen dalam pendidikan terpadu. Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, diantaranya adalah komponen proses, komponen input, metode, kurikulum, sarpras “sarana dan prasarana” dan lain-lain.

Bagian ini juga memuat model penyelenggaraan pendidikan di Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Model penyelenggaraanya bisa dilihat melalui narasumber, pembiayaan, tenaga pendidikan, mata pelajaran, guru pembimbing khusus, guru kelas, sarana dan prasarana.

  1. Kesimpulan dan Saran

Di bagain ini penulis menyampaikan inti dari pembahasan mengenai perkembangan Pendidikan Luar Biasa (PLB), hasil pencapaian kegiatan yang sudah dilakukan dan beberapa landasan hukumnya.

Di bagian saran penulis menampilkan agenda lanjutan untuk meningkatkan pendidikan terpadu, mulai dari pendidikannya, kelembagaannya dan kegiatannya. 

Dari contoh-contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembuatan resume harus runtut, mencakup semua poin penting, dan tanpa ditambah dengan pendapat pribadi. Semoga contoh resume di atas dapat membantu Anda menciptakan resume yang lebih baik. Cek artikel lain di Symbian Planet.

data-full-width-responsive="true"
Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Penulisan Gelar

Abdul Roqib
7 min read

Contoh Slogan

Abdul Roqib
9 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *