Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Contoh Slogan

9 min read

contoh slogan

Contoh Slogan – Slogan adalah kalimat singkat, mencolok dan menarik, namun mudah diingat pada saat seseorang mendengar atau membacanya. Kalimat contoh slogan memang singkat, akan tetapi mempunyai makna yang luas.

Pembuatan slogan hanya akan terdiri pada beberapa kata atau kalimat saja. Tujuannya supaya pendengar atau pembacanya lebih mudah dalam mengingatnya.

Tidak hanya itu saja, untuk kalimat slogan juga harus menggunakan kata-kata yang efektif dan tepat. Secara umum slogan memang dibuat supaya bisa mengajak siapapun untuk melakukan sesuatu.

Misalnya saja mentaati aturan, melakukan pembelian produk ataupun ajakan yang lainnya. Fungsi slogan secara umum dapat mengajak diri seseorang supaya melakukan sesuatu.

Pengertian Slogan

Secara umum, arti dari slogan adalah sebuah semboyan atau motto yang disusun dalam sebuah rangkaian kata yang relatif sedikit dan dibuat yang semenarik mungkin.

Tujuannya dari slogan ini sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat luas.

Meski yang terdiri dari susunan kalimat yang singkat, tetapi makna atau arti yang dimiliki oleh kalimat tersebut sangatlah luas. Sehingga bisa memberikan kesadaran bagi pembaca untuk melakukan hal-hal yang disampaikan pada kalimat yang singkat ini.

Slogan ini terdiri dari beberapa kata sehingga mudah untuk diingat dan bisa disampaikan dalam berbagai situasi. Namun penggunaannya harus disesuaikan dengan tempat dan tentunya harus efektif dalam percakapan sehari-harinya.

Slogan artinya adalah bisa mengajak pembaca atau pendengar untuk melakukan suatu hal yang sudah disampaikan melalui kalimat singkat yang dimililkinya. Sehingga keberadaan slogan memang ditujukan sebagai penggerak masyarakat untuk melalukan suatu hal.

Ciri-Ciri Slogan

Ada banyak sekali slogan yang bisa ditemukan pada beberapa tempat, baik itu di jalanan, di lingkungan hidup, di kampus, di sekolahan, di rumah sakit, di kantor maupun di tempat yang lainnya.

Anda pun seharusnya mengetahui bagaimana ciri-ciri dari slogan yang ada di lingkungan sekitar. Sementara slogan mempunyai ciri-ciri yang mudah dikenali.

Slogan memiliki beberapa bentuk dan jenis, misalnya saja seperti slogan pendidikan, slogan kesehatan, slogan produk, bahkan hingga slogan kebersihan.

Meskipun terdiri dari beberapa macam dan jenis, akan tetapi pada intinya slogan memiliki tujuan yang sama, yaitu mengajak siapapun yang membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu.

Berikut ini ciri slogan yang mudah dikenali:

  • Slogan hanya terdiri pada beberapa kalimat atau kata saja, namun mempunyai daya tarik bagi pembacanya. Dengan hal ini maka membuat diri seseorang akan lebih mudah untuk mengingat kalimat slogan tersebut.
  • Slogan akan menjelaskan sesuatu perihal suatu hal yang dimulai dari produk sampai dengan pelayanan para masyarakat.
  • Mempunyai semboyan pada sebuah masyarakat atau organisasi.

Contoh Slogan Kebersihan

Contoh Slogan Kebersihan

Slogan memang menjadi ekspresi yang akan disampaikan dengan cara menuangkan gagasan. Hal ini memiliki tujuan supaya bisa menjelaskan pada seluruh orang.

Misalnya saja seperti contoh slogan kebersihan yang seringkali dijumpai pada beberapa tempat, baik itu di lingkungan umum, di sekolah-sekolah, tempat wisata, rumah sakit, ataupun yang lainnya.

Berikut ini contoh untuk slogan kebersihan:

  • Buang Sampah Pada Tempatnya

Tentunya Anda akan sering kali membaca slogan di atas ketika berada di beberapa tempat umum. Hal ini mengajarkan supaya diri seseorang selalu mengingat kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Melalui slogan inilah maka membuat diri seseorang mempunyai kesadaran akan kebersihan yang ada di lingkungan.

  • Lingkungan yang Bersih, Penyakit Risih

Pada dasarnya penyakit bersumber pada lingkungan hidup yang tidak bersih, untuk itu dengan adanya slogan kebersihan diatas mengajak diri seseorang untuk bisa mulai gaya hidup bersih dengan menciptakan lingkungan yang sehat. Untuk lingkungan kebersihan yang dimaksud yaitu seperti menjaga kebersihan sampah, tempat tidur, kamar mandi, rumah dan lingkungan hidup.

  • Bersihkan Hati, Bersihkan Lingkungan

Lingkungan hidup menjadi penilaian dari orang lain. Oleh karena itu untuk menciptakan nilai yang positif Anda harus menciptakan lingkungan hidup yang bersih. Apabila diri seseorang menempati lingkungan hidup yang tidak bersih, tentunya hal ini mampu memberikan penilaian yang negatif bagi orang lain. Kebersihan lingkungan hidup akan menandakan kebersihan dari hati penghuninya.

Contoh Slogan Tentang Narkoba

Contoh Slogan Tentang Narkoba

Pada saat berkunjung di beberapa tempat yang ramai, Anda akan seringkali menjumpai slogan mengenai narkoba. Slogan tersebut mempunyai tujuan supaya bisa menyadarkan masyarakat. Khususnya bagi diri seseorang yang belum terjerumus menggunakan obat-obat terlarang tersebut supaya menyadari bahaya dari narkoba.

  • Nikmatnya Hanya Sesaat, Nyeselnya Sampai Akhirat

Meskipun singkat, kalimat di atas sangat menyentuh hati. Slogan tersebut mempunyai tujuan supaya pengguna narkoba dapat menyadari bahwa penggunaan narkoba tidak memberikan manfaat sama sekali. Oleh karena itu, bagi diri seseorang yang belum terjerumus sebaiknya menghindari narkoba. Bagi yang sudah kecanduan narkoba dianjurkan supaya segera bertaubat.

  • Say No To Drugs

Contoh slogan diatas memiliki maksud supaya kita semua melakukan penolakan terhadap narkoba. Meskipun banyak godaan di lingkungan hidup, namun setidaknya dengan mengingat slogan di atas kita bisa mengurungkan diri supaya terhindar dari ancaman bahaya narkoba.

  • Hindari Narkoba Sebelum Dunia Menghindarimu

Narkoba memang tidak akan pernah memberikan dampak positif. Namun justru memberikan dampak yang sangat buruk. Baik bagi lingkungan hidup maupun bagi kesehatan tubuh. Dengan menyadari hal ini melalui slogan, maka diharapkan pengguna bisa menyadari bahwa penggunaan narkoba menjadi jeratan setan yang wajib disadari dan dihindari.

Contoh Slogan Agama

Contoh Slogan Agama

Jenis slogan yang menjadi ungkapan positif seperti slogan agama dapat dijadikan sebagai salah satu pegangan hidup bagi diri seseorang. Secara umum, slogan mampu memberikan energi yang positif serta manfaat bagi seluruh orang. Sama seperti dengan beberapa jenis slogan yang lain, bahwa untuk slogan agama juga mempunyai kalimat yang singkat, namun menyentuh hati.

Berikut ini contoh dari slogan agama:

  • Sebelum Kau di Hisap, Maka Hisablah Dirimu Sendiri

Kebanyakan dari seseorang ketika sedang mengalami kekecewaan, maka dirinya akan berfokus pada satu sisi saja. Termasuk pada keburukan yang membuat mereka kecewa. Hal ini seringkali membuat diri seseorang menganggap bahwa dirinya penuh dengan kesalahan. Suatu hari nanti manusia akan dihadapkan dalam perhitungan di akhirat mengenai hal yang pernah dilakukan di dunia.

Balasan akan di terima oleh manusia berdasrkan pada dosa dan amal yang pernah di perbuatnya. Sebab itu Anda tidak perlu disibukkan untuk mengurusi keburukan orang lain. Sebaiknya berfokuslah untuk bisa memperbaiki diri sendiri.

  • Belajarlah Terbang Pada Saat Kamu Ditodong Ke Tebing

Cobaan pasti akan dialami oleh semua orang, akan tetapi diri kita tetap dituntut untuk bisa melakukan hal yang positif. Yakinkan pada diri sendiri bahwa segala hal yang ada di dunia merupakan ciptaan Tuhan. Melalui ujian yang diberikan Tuhan membuat diri seseorang bisa menjadi pribadi lebih baik lagi.

  • Menghamburkan Waktu Lebih Buruk Dari Kematian

Dari kalimat slogan di atas memberikan arti bahwa menghamburkan waktu atau menyia-nyiakan akan jauh lebih buruk dibandingkan dari kematian. Hidup di dunia ini mengharuskan diri seseorang supaya lebih fokus pada kegiatan yang sedang dijalankan. Meskipun banyak kegiatan yang dilakukan, pastikan bahwa kegiatan tersebut bermanfaat dan jangan pernah melupakan Tuhan.

  • Dunia Ibarat Seperti Bayangan

Memang benar kalimat slogan di atas, bahwa dunia ini memang seperti bayangan. Pada saat kita berusaha menangkapnya, maka bayangan tersebut akan lari. Akan tetapi ketika kita membelakanginya, bayangan justru akan mengikuti kita. Hal ini berarti seperti ibarat kita meraih cita-cita yang dipenuhi dengan nafsu sampai seringkali melupakan akhirat.

Sementara sebuah kesuksesan tidak bisa diraih tanpa restu dari Tuhan. Untuk itu kita diharapkan supaya selalu mengingat Tuhan seiring dengan usaha dan berdoa yang sudah dilakukan. Hal ini dikarenakan untuk rezeki hanya Tuhan yang bisa mengaturnya.

  • Menolong Orang Lain, Dulu baru ditolong Tuhan

Kita sebagai sesama umat manusia diharuskan untuk saling tolong-menolong supaya Tuhan juga menolong kita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan rasa toleransi dan saling tolong menolong sesama manusia. Misalnya saja seperti bersedekah kepada orang yang membutuhkannya serta memberikan pertolongan bagi orang yang sedang kesusahan.

Apabila kita berbaik hati dengan memberikan pertolongan kepada orang lain, maka Tuhan akan melihat apa yang sudah kita lakukan. Sehingga Tuhan akan membalas kebaikan yang sudah kita lakukan berkali-kali lipat. Sebab itu, slogan di atas mengajak diri seseorang supaya menabur kebaikan kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga : Contoh Resume

Contoh Slogan Kesehatan

Seperti kata pepatah, bahwa kesehatan harganya sangat mahal. Hal ini tentunya bisa dirasakan oleh semua orang, bahwa biaya kesehatan memang tidaklah murah. Untuk itu slogan kesehatan sebaiknya diterapkan pada diri masing-masing supaya bisa menyadari betapa pentingnya melakukan pencegahan daripada mengobati.

Berikut ini contoh dari slogan kesehatan:

  • Sehat Itu dimulai Dari Diri Sendiri

Kesehatan memang dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan mempunyai pikiran dan tubuh yang sehat, maka harus diawali dari gaya hidup yang sehat juga. Gaya hidup sehat yang dimaksud yaitu seperti menjaga pola makan, melakukan olahraga, bahkan selalu berpikir positif. Hanya diri sendirilah yang dapat menciptakan kedisiplinan dalam kesehatan.

  • Sehat Itu Mahal Harganya

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar memang cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menjaga pola gaya hidup sehat dan melakukan olahraga secara rutin. Namun sayangnya tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Kesehatan memang mahal harganya, karena setiap kali kita sakit tentunya akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat supaya tubuh kembali sehat seperti sedia kala.

  • Kaya Tidak Akan Cukup Tanpa Tubuh yang Sehat

Meskipun Anda adalah orang yang kaya dan berkelimpahan harta, tentunya hal ini tidak akan lengkap rasanya apabila tidak mempunyai tubuh yang sehat. Pada biasanya, hal ini terjadi pada pengusaha besar yang hanya memikirkan kenaikan omset pada setiap harinya saja. Bahkan mereka melupakan kesehatan hanya karena memikirkan pencapaian yang dikehendakinya.

  • Hidup Nikmat Jika Hidup Sehat

Menciptakan hidup yang sehat pada dasarnya tidak membutuhkan biaya yang mahal asalkan Anda mau melakukan syarat menjalankan pola hidup sehat. Seperti yang sudah kita rasakan ketika tubuh sehat, tentunya bisa melakukan segala hal sesuai yang diharapkan. Sehingga kesehatan menjadi kunci kenikmatan diri seseorang karena mampu memberikan kenyamanan dalam melakukan segala hal.

  • Bukan Uang yang dibakar, Tapi Lemak Tubuhmu

Jika dibaca sekilas, slogan ini memang sangat menarik karena memberikan motivasi pada semua orang supaya menghindari obesitas. Kondisi tubuh obesitas mampu berpotensi adanya berbagai serangan penyakit yang dapat menggerogoti finansial diri seseorang. Oleh karena itu menjaga pola gaya hidup yang sehat wajib diterapkan. Salah satunya yaitu dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

Contoh Slogan Motivasi

Contoh Slogan Motivasi

Jenis slogan motivasi tentunya sudah pasti memberikan kata-kata semangat yang mana untuk slogan tersebut akan ditunjukkan kepada seluruh orang yang membacanya. Pemberian motivasi melalui slogan sangatlah beragam, karena bisa diterapkan di beberapa lingkungan hidup. Berikut ini contoh dari slogan motivasi yang mudah diingat:

  • Rumah Tanpa Buku Ibarat Rumah Tanpa Jendela

Pepatah mengatakan bahwa buku menjadi jendela dunia. Hal ini dikarenakan, dengan melalui buku, maka diri seseorang mampu memenuhi segala hal yang ada di dunia. Baik itu ilmu adat, ilmu pengetahuan, ilmu budaya, ilmu teknologi, ilmu tren terbaru, maupun yang lainnya. Perbanyaklah membaca buku supaya pengetahuan semakin luas.

  • Satu Langkah Mewakili Sejuta Langkah

Seseorang yang memiliki keinginan untuk mencapai sesuatu, dapat memulainya langkahnya tanpa henti. Untuk bisa mencapai impian tersebut, maka harus memulainya dengan beberapa langkah. Dengan hal ini, maka diri seseorang bisa mencapai tujuan sesuai yang diharapkannya. Melalui motivasi tersebut, diri seseorang tidak akan menyerah, meskipun harus menghadapi sesuatu.

  • Saat Ini Adalah Pembaca Esok Pemimpin

Kepandaian dari seseorang bisa dimulai dari  banyak membaca. Melalui buku bacaan tersebut, maka membuat diri seseorang lebih pandai dalam berbicara melalui bahasa yang berisi dan terstruktur. Dari cara yang sangat sederhana ini, maka mampu menghantarkan diri seseorang supaya bisa menjadi pemimpin yang baik.

  • Bergerak atau Tergantikan

Bergerak akan menjauhkan diri seseorang dari kemalasan, sehingga dari gerakan diri sendiri tersebut mampu menciptakan perubahan. Supaya bisa mencapai keberhasilan tentunya harus disertai dengan kedisiplinan.

Contoh Slogan Pendidikan

Contoh Slogan Pendidikan

Jenis slogan pendidikan ini seringkali dijumpai pada lingkungan sekolah. Misalnya saja di dalam kelas. Pemberian dari slogan tersebut mempunyai tujuan supaya memberikan motivasi dan dukungan kepada para pelajar. Isi dari slogan tersebut juga sangat beragam, namun yang pasti mampu mengikat pembacanya.

Berikut ini contoh dari slogan pendidikan:

  • Melalui Pendidikan yang Bermutu Bangsa Dapat Maju

Slogan yang berhubungan dengan pendidikan tentunya kalimat singkat yang ada di atas bisa dijadikan sebagai motivasi. Misalnya saja seperti kesejahteraan, ekonomi, kecerdasan, kemandirian, maupun aspek yang lainnya. Kemajuan bangsa akan dipengaruhi oleh pendidikan yang dimiliki oleh penerus bangsanya.

  • Pintar itu keren! Ayo belajar!

Kebanyakan dari slogan ini mudah dijumpai di sekolah yang ada di luar negeri. Dari segi kalimatnya tentunya kita semua sudah tahu bahwa slogan tersebut memberikan dorongan dan rasa semangat bagi para pelajar.  Supaya mempunyai tekad untuk maju dan terus belajar.

  • Pendidikan Menjadi Kekuatan Terbesar dalam Segala Hal

Kekuatan terbesar dari pendidikan yang dimaksud yaitu mampu melakukan perubahan kehidupan diri seseorang supaya bisa menuju arah lebih baik. Meskipun kalimatnya cukup sederhana, namun mempunyai makna yang sangat mendalam.

Contoh Slogan Lingkungan Hidup

Contoh Slogan Lingkungan Hidup

Pada saat berkunjung ke lingkungan sekitar seperti alun-alun, taman kota, atau Jalan Raya sering kali menemukan slogan yang menarik. Inilah contoh dari slogan yang berhubungan dengan lingkungan hidup:

  • Selamatkan Bumi Dari Adanya Pemanasan Global

Slogan lingkungan hidup ini mampu memberikan kesadaran untuk masyarakat luas dengan tujuan supaya lingkungan hidup lebih terjaga dengan baik. Salah satu alasannya yaitu bumi sedang mengalami pemanasan global yang yang sangat buruk. Sehingga sebagai penghuni bumi harus menjaga dan menyelamatkan bumi.

  • Bumiku Adalah Rumahku

Bumi menjadi tempat tinggal manusia, sehingga slogan di atas mampu memberikan kesadaran kepada setiap orang supaya menjaga rumah dengan sebaik mungkin. Rumah yang dimaksud adalah bumi.

Contoh Slogan Bahasa Jawa

Contoh Slogan Bahasa Jawa

Jawa merupakan salah satu daerah yang memiliki perhatian oleh Pemerintahan juga sering dibuat semboyan yang bertujuan untuk menyadarkan pembacanya. Berikut ini adalah contohnya :

  • Sabejo-bejone Wong Kang Lali, Isi Bejo Wong Kang Eling Lan Waspodo

Dalam kehidupan tidak selalu beruntung, terkadang dibutuhkan dengan sikap yang waspada untuk menghindari kejadian buruk atau bala yang menimpa seseorang. Oleh karena itu slogan ini digunakan untuk mengingatkan semua masyarakat.

  • Ojo Dumeh, Ojo Ngersulo, Ojo Nyleneh, Ojo Suloyo, Lan Ora Usah Neko-Neko

Semboyan ini biasanya digunakan sebagai penasihat hidup. Bahwa dalam kehidupan jangan sampai mengeluh, melainkan harus semangat untuk mencapai prestasi dalam kehidupan supaya bahagi selalu.

  • Tenangno Pikirmu, Ayemno Atimu, Gusti Allah Mboten Sare

Untuk umat agama Islam tentunya tahu bahwa ketenangan yang sesungguhnya berawal dari Sang Penciptanya yaitu Allah SWT. Oleh karena itu tidak perlu untuk takut karena sesungguhnya di balik kesusahan pasti ada hikmah di baliknya.

  • Ojo Mung Eling Butuhe Urip, Nganti Lali Gunane Urip

Mengejar kepentingan dunia terkadang membuat lupa tentang fungsinya kehidupan yang sesunggunya. Oleh karena itu slogan ini disampaikan supaya orang yang mengejar dunia tidak lupa bahwa fungsi hidup adalah menggapai ridhonya Allah SWT.

  • Rukun Agawe Subrah, Congkrah Agawe Subrah

Slogan ini berbicara tentang kerukunan dan perselisihan yang ada di roda kehidupan manusia. Dalam kehidupan tidaklah selalu harmonis karena ada banyak kepentingan di dalamnya. Oleh karena itu semboyan ini dijadikan untuk pengingat.

Contoh Slogan Makanan

Contoh Slogan Makanan

Produk makanan dan minuman biasanya menggunakan slogan ilkan untuk dijadikan sebagai semboyannya. Keunikan dari semboyannya bisa membuat produknya dikenal dan di kosumsi oleh semua orang. Berikut ini adalah contoh-contohnya.

  • Okky Jelly Drink “Goyang Di Mulut Tunda Lapar Di Perut”

Produk ini adalah minuman yang mempunyai tekstur yang lembut dan memiliki jelly yang kenyal sehingga bisa memberikan rasa kenyang sementara. Oleh karena itu slogan yang dibuat sangatlah menarik supaya orang-orang mengkonsumsinya.

  • Khong Guan “Tak Asing Lagi dan Tak Ada Duanya”

Biasanya produk ini dikonsumsi pada saat momentnya lebaran. Memang produk ini yang utama dan biasanya wajib yang ada di rumah. Oleh karena itu, untuk menarik minat konsumennya, Khong Guan menggunakan kata tak ada duanya.

  • Lays “Nikmatnya Tak Tertahannkan”

Snack yang nikmat ini menjadi salah satu kesukaan semua masyarakat, terutama di kalangan remaja. Slogan ini membuat masyarakat semakin berminat dan mau membelinya.

  • Tim Tam “Kebahagiaan Kecil Berlapis Coklat”

Tim tam merupakan produk coklat yang tebal dan terasa manis. Biasanya setelah makan coklat hati akan menjadi tenang dan senang. Oleh karen itu slogan ini menggunakan kata-kata bahagia untuk menarik para konsumen.

  • Hemaviton Energy Drink “Seger Bertenaga, Energinya Nyata”

Ketika membaca slogan yang satu ini, pasti ingin mengonsumsinya minuman yang segar dan memberikan energi untuk beraktivitas. Kalimat ini membuat Anda ingin mengkonsumsinya supaya bertenaga kembali.

Melalui slogan, maka diharapkan diri seseorang bisa menyadari segala sesuatu yang lebih baik, sehingga hal yang buruk ditinggalkan agar mulai melakukan segala sesuatu yang bernilai positif. Tentunya hal ini menjadi motivasi bagi diri seseorang supaya bisa memperbaiki dirinya. Beberapa contoh slogandiatas bisa dijadikan rekomendasi ketika ingin membuat slogan.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semuanya, apabila ada kesalahan kata mohon untuk di maafkannya.

data-full-width-responsive="true"
Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Penulisan Gelar

Abdul Roqib
7 min read

Contoh Paper

Abdul Roqib
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *