Doa masuk masjid

Doa Masuk Masjid dan Keluar Lengkap, Arab, Latin, dan Adab

Doa Masuk Masjid – Doa merupakan sebuah perbuatan yang biasanya dilakukan oleh setiap manusia, baik menusia yang beragama islam, kristen, hindu, budha dengan tujuan mendekatkan diri kepada penciptanya.

Bagi manusia yang beragama islam doa biasanya dilakukan pada setiap aktivitas yang akan dilakukan pada awal dan akhir akivitas itu.

Termasuk juga ketika ingin memasuki masjid. Dalam islam masuk, keluar masjid ada doa yang biasanya dilakukan karena membaca doa masuk masjid merupakan anjuran untuk umat islam guna lebih khusuk ketika berada didalam masjid.

Doa Masuk Masjid Sesuai dengan Sunnah Rosulullah

Doa masuk masjid
Doa masuk masjid

Dalam agama islam memasuki masjid sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas hati yaitu berdoa terlebih dahulu. Bahkan ada doa khusus yang menjadi sunnah rosululah saat memasuki masjid nabawi.

Bacaan doa masjid ini merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya dan wajib bagi kita mengajarkan kepada anak – anak generasi penerus agama islam.

Dengan mengajarkan kepada generasi penerus islam yaitu anak – anak diharapkan agama islam akan terus berkembang dan apa yang ada dalam agama islam tidak mudah di lupakan sehingga bisa memberikan manfaat kepada seluruh alam semesta.

Doa masuk masjid merupakan merupakan suatu adab yang baik dan perlu kita lakukan saat akan memasuki rumah Allah SWT.

Masjid sendiri merupakan tempat ibadah yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT yang wajib kita rawat baik dari segi kebersihan maupun kerapian yang ada dalam masjid tersebut. Guna terciptanya suasana yang khusuk ketika melakukan aktivitas ibadah.

Sebelum masuk masjid sangat dianjurkan untuk melakukan bersuci terlebih dahulu agar doa yang dipanjatkan pada saat didalam masjid bisa gampang diterima oleh Allah SWT. Lalu bagaimana sih bacaan masuk masjid itu ? berikut ini adalah bacaan masuk masjid yang perlu diketahui.

– Bacaan Doa Masuk Masjid bahasa Arab

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

– Bacaan Doa Masuk Masjid Latin

“Allahummaf Tahlii Abwaaba Rahmatik”

– Arti Bacaan Doa Masuk Masjid

“Ya Allah bukakanlah pintu – pintu rahmatmu”

Adab Sebelum Memasuki masjid

Doa masuk masjid
Doa masuk masjid

Berdoa juga memerlukan adab, salah satu adab berdoa adalah dengan cara bersuci terlebih dahulu, selain melakukan sesuci ada beberapa adab yang perlu kita lakukan sebelum masuk kedalam masjid. Apa saja adab untuk memasuki masjid ? berikut adalah penjelasnya :

1. Mendahulukan kaki kanan

Dalam islam ada beberapa adab yang perlu kita perhatikan saat masuk kedalam rumah Allah SWT, tempat suci yaitu saat akan memasuki masjid. Yang pertama kita lakukan adalah dengan mendahulukan kaki sebelah kanan terlebih dahulu.

Nabi Muhammad SAW suka mendahulukan yang kanan, ketika memakai sandal, menyisir rambut dan pakaian yang terbaik. (HR Bukhari, Ahmad dan Lainya)

Adab ini merupakan adab yang diajarkan oleh Rosulullah SAW. Menggunakan bagian kanan terlebih dahulu adalah sesuatu hal yang sangat dianjurkan bagi umat Rosulullah SAW.

Termasuk saat masuk kedalam masjid sangat dianjurkan menggunakan kaki sebelah kanan terlebih dahulu.  Memang tidak ada aturan tertulis dalam Al – Qur’an untuk mendahulukan kaki sebelah kanan.

2. Membaca Doa Masuk Masjid

Adab maupun etika yang perlu kita lakukan adalah melakukan doa sebelum masuk masjid seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Dengan melakukan aktivitas membaca doa ketika masuk ibadah di masjid, maka kita telah menghargai kesucian dan tempat ibadah tersebut.

3. Shalat Sunnah Dua Rakaat

Setelah masuk dan melakukan aktivitas berdoa di sunahkan untuk melakukan shalat rakaat atau yang disebut dengan tahiyatul masjid.

Shalat ini dilakukan dengan setelah memsuki masjid dan sebelum melakukan shalat fadhu atau sebelum duduk di dalam masjid. Karena lebih disunahkan untuk melakukan duduk terlebih dahulu atau lebih kita kenal dengan nama duduk tahiyatal masjid.

Oleh sabab itu, jika hendak pergi ke masjid patikan badan kita dalam keadaan suci atau sudah berwudhu. Hal seperti ini sangat penting apalagi saat kita berada ditempat suci seperti di makkah maka doa masuk masjid ke masjidil haram wajib dibaca sebagai rasa hormat kepada tempat tersebut.

4. Berdoa Ketika akan Keluar dan Mendahulukan Kaki Kiri

Membaca doa bukan hanya saat kita masuk kedalam masjid melainkan saat keluar masjid juga di sunahkan untuk melakukan pembacaan doa dan juga mendahulukan kaki kiri sebelum keluar.

5. Berwudhu atau bersuci

Bersuci ini adalah adab yang perlu kita perhatikan karena dengan bersuci ada beberapa hadisst yang menjelaskan keutamaan bersuci sebelum masuk kedalam masjid. Masjid merupakan tempat yang suci begitupun kita yang akan masuk ke dalam masjid juga harus dengan keadaan suci pula.

Sesuai sunnah yang diajarkan Baginda Rosulullah SAW menjelaskan alangkah baiknya melakukan sesuci ketika di rumah dan bukan di massjid. Diantaranya adalah hadis yang disampaikan oleh sahabat Nabi yaitu Utsman yang berbunyi : “ Siapa yang berwudhu untuk shalat dan dia sempurnakan wudhunya kemudian dia berangkat ke masjid untuk shalat farddhu”

Selain itu ada hadis yang menegaskan tentang besuci ketika di rumah dan melakukan sesuci ketika hendak ke masjid. Hadis ini disampaikan oleh Abu Hurairah RA bahwasanya Nabi SAW bersabda :

Man Thoharo fii baiti tsumma masssi ila baiti min buyutallah, liyaqdhi faridhotun min faroiduullahi yang artinya “ Siapa berwudhu di rumahnya kemudian berjalan menuju salah satu rumah Allah untuk menunaikan shalat wajib”

6. Menggunakan Pakaian Yang Sopan

Pakaian adalah simbol dari dhohir manusia, semakin sopan pakaian yang dipakai semakin positif pula orang akan berpikirnya.

Begitu pula saat ke masjid, kita disunnahkan untuk memakai pakaian yang terbaik, sopan dan juga suci seperti Firman Allah yang artinya “ Wahai bani adam, gunakanlah perhiasan kalian setiap kali menuju masjid, makan dan minumlah kalian (QS Al A’raf : 31)

Sebagai orang yang beriman seharusnya kita merasa malu ketika menghadap maupun berada di dalam rumah Allah SWT.

7. Berjalan Dengan Tenang

Sebaiknya saat berjalan kemasjid tidak tergesa – gesa lakukanlah dengan tenang, seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah “Apabila kalian mendengar iqamah berjalanlah kalian dengan tenag, dan jangan terburu – buru (HR Bukhari dan Muslim)

Dengan berjalan dengann tenang kita akan  mendapatkan pahala yang berlimpah, karena setiap langkah kita menuju masjid perlangkahnya adalah pahala buat kita.

Selain pahala ada hikmah lain ketika kita tidak terburuu – buru yaitu sholat kita bisa tenang dan tidak ngos – ngosan, atau tersengal – sengal karena dengan terburu – buru dan kita ngos – ngosan shalat yang kita lakukan akan hilang kehusyukanya.

8. Mendahulukan Kaki kiri Sesampaiya di Masjid

Mendahulukan kaki kiri ketika sampai di masjid merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA yang artinya “ Apabila kalian memakai sendal, jika kalian melepasnya hendaklah mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu”.

9. Mendekati Sutrah

Adab ini merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muammad SAW yaitu menghadap kesutrah seperti hadis Nabi SAW yang artinya “ Apabila kalian hendak shalat, laksanakanlah dengan menghadap ke sutrah”

Doa Keluar Masjid Sesuai Sunnah Rosulullah SAW

Doa masuk masjid
Doa masuk masjid

– Bacaan Doa  Keluar Masjid Arab

للهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

– Bacaan Keluar Masjid Latin

“ Allahumma innii as-aluka min fadlika”

– Arti Bacaan doa Keluar Masjid

“Ya Allah aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu”

Etika ketika masuk maupun keluar masjid dalam islam sudah ada aturanya, jadi pahami dan lakukanlah sesuai dengan ketentuan yang sudah dianjurkan oleh agama.

Yang perlu diketahui juga wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga ketenangan didalamnya. Yang perlu kita lakukan adalah jaga volume suara jagan berbicara terlalu keras agar menjaga fokus orang lain dalam beribadah.

Jika ingin berdzikir ketika tidak dipimpin oleh imam leebih baiknya berdzikir didalam hati saja dan jangan terlalu keras karena khawatirnya mengganggu jamaah yang lain.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai doa, dan adab adab ketika berada didalam masjid. Semoga bisa menjadikan iman kita lebih bertambah dan lebih khusyuk dalam beribadah.

Doa Masuk Masjid

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *