Kumpulan Doa Orang Sakit Agar Cepat Sembuh (Arab, Latin Arti)

Doa Orang Sakit – Sudah menjadi kodrat sebagai makhluk normal pasti ada saatnya merasakan yang namanya sakit. Namun, dengan sakit kita bisa mencoba untuk lebih bersyukur ketika diberi nikmat sehat.

Dalam menghadapi orang yang sedang sakit pastinya kita sering dihantui dengan hal – hal yang menakutkan dan melelahkan juga pastinya. Namun, salah satu cara menghadapi orang sakit adalah dengan menggunakan doa kesembuhan.

Dengan mendoakan orang yang sedang sakit agar segera di angkat penyakit dari dalam tubunya juga biar bisa di beri sesuatu yang terbaik menurut Allah SWT. Namun bagaimana sih lafal dari doa kesembuhan dan doa orang sakit ini?

Ada beberapa doa kesmbuhan yang telah diajari dan bisa kita amalkan saat sedang menjenguk orang yang sedang sakit namun bisa juga kita gunakan saat kapan pun dan dimana saja. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kita amalkan dalam kehidupan kita sehari hari.

Doa Orang Sakit dan Kesembuhan Orang Sakit Arab, Latin dan Artinya

doa orang sakit
doa orang sakit

Imam Nawawi pernah mengutip beberapa hadis yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW saat menjenguk orang atau sahabat beliu ketika sedang sakit.

Rosulullah SAW mendoakan sahabat – sahabatnya saat menjenguknya dengan lafal doa yang berbeda – beda yang pastinya bisa kita jadikan cotoh ketika sedang menjenguk orang yang sedang sakit baik orang terdekat kita maupun yang lainya.

Inilah salah satu Doa yang di lafalkan oleh Nabi Muhammad SAW saat untuk keluarganya yang mana telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Aisyah R.A :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isfi Anta Syafi La Syafiya Illa anta syifa’an la yughadiru saqaman 

Artinya :

“ ya Allah tuhan seluruh umat manusia, hilangkanlah segala macam penyakit yang hinggap. Berilah kesembuhan karena kau adalah satu – satunya dzat penyembuh. Tidak ada yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit selain Engkau. Dengan kesembuhan yang meenghilangkan rasa nyeri”

Dalam riwayat lain Rosulullah SAW juga membacakan doa kesembuhan yang berbeda yaitu saat beliau sedang menjenguk sahabatnya yaitu dengan cara sedikit meruqyah dan beginilah doanya :

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil Ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta

Artinya

“Tuhan seluruh umat manusia. Sapukanylah seluruh penyakit ini. Karena hanya ditangan Mu lah segala macam penyembuhan berada. Dan tidak ada yang mampu mengangkat kecuali Engkau”

Diriwayatkan pula dari Abu Dawud dan At – Tarmdizi Rosulullah pernah bersabda dan menganjurkan untuk mendoakan orang sakit dengan beberapa doa berikut. Doa ini dibaca 7 kali dihadapan orang yang sedang sakit dengan mengharap Allah segera mengangkat penyakitnya.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka

Artinya :

“ Aku memohon kesembuhan kepada Allah yang paling Agung, tuhan yang maha penyembuh “

Doa orang sakit juga di ajarkan Rosulullah SAW pada saat Rosulullah SAW menjenguk Saad Bin Abi Waqqash yang mana diriwayatkan oleh Imam Muslim. Doa dibawah ini nanti tinggal anda ganti nama saad dengan orang yang akan anda doakan.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allahummasyfi’ Sa’dan Allahumma Sa’dan. Allahummasyfi’ sa’dan.

Artinya :

Tuhanku, mohon sembuhkan (Sa’dan di ganti dengan nama yang ingin didoakan)

Lafal – lafal doa diatas bisa di ucapkan ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit dan bebas di bacakan kepada siapa saja dan sakit apa saja.

Doa Orang Sakit Saat Menjenguk Lengkap Arab Latin dan Artinya

doa orang sakit
doa orang sakit

Disaat menjenguk orang sakit tentunya kita juga berharap agar penyakitnya di hilangkan dan diangkat dari badannya. Lah doa – doa berikut ini adalah doa yang bisa kita baca saat sedang menjenguk orang yang sedang sakit.

Menjenguk bukan tentang membawa seberapa banyak buah tangan, tapi tentang mendoakan orang yang sedang sakit agar cepat disembuhkan dari penyakitnya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy – syaafi laa syafiya illa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman

Artinya :

“ Ya Allah tuhan dari seluruh umat manusia, hilangkanlah segala macam penyakit dan sembuhkanlah ia. Karena hanya engkaulah yang bisa dan mampu menyembuhkan karena tidak ada kesembuhan yang tidak berasal dariMU. Yaitu kesembuhan yang tidak akan menimbulkan rasa kambuh lagi”

Untuk anda yang bisa meruqyah juga bisa dilakukan dengan membaca doa yang ada diatas tadi. Karena sejatinya meruqyah tidak hanya untuk orang yang sedang kesurupan semata melainkan orang yang sedang sakit juga bisa dilakukan dengan meruqyah.

Adab Menjenguk Orang Yang Sendang Sakit

doa orang sakit
doa orang sakit

Dengan kita menjenguk dan melakukan doa kepada yang sedang terkena penyakit baik pula kita perhatikan adab dan perilaku kita ketika perhatikan karena bagaimanapun itu menjenguk orang yang sedang sakit sangat berbeda dengan kita bertamu kerumah saudara atau teman.

Berikut ini adalah adab – adab yang perlu diperhatikan ketika sedang menjenguk dan doa orang sakit :

  1. Perhatikan Waktu untuk penjengukan

Untuk waktu sebenarnya bisa kita lakukan kapan saja, yang terpenting dalam waktu kita menjenguk itu tidak membebani keluarga dan orang yang sedang sakit tadi. Bahkan kalau kita merujuk kepada hadist – hadist Nabi disana tidak ada batasan atau anjuran waktu untuk menjenguk orang yang sedang sakit.

Namun alangkah baiknya kita sebagai penjenguk paham waktu kapan saja yang harus kita hindari. Sebaiknya hindari waktu – waktu orang sedang istirahat, agar keluarga dan orang yang sedang sakit tida merasa terganggu.

  1. Lamanya waku Penjengukan

Untuk anda yang sedang menjenguk alangkah baiknya juga memperhatikan batasan waktu dalam penjengukan orang sakit. Alangkah baiknya untuk penjengukan di buat sesingkat – singkatnya agar tidak terlalu membebani keluarga bahkan orang yang sedang sakit.

Namun boleh juga ketika dari pihak keluarga maupun dari orang yang kita kunjungi ingin memiinta waktu lebih jangan menolak karena akan mendatangkan kebahagiaan untuk orang yang sedang sakit tersebut.

  1. Posisi Orang Yang Sedang Menjenguk

Sebagai tamu dan penjenguk kita juga wajib memperhatikan posisi kita saat menjenguk orang yang sedang sakit. Posisi yang dianjurkan adalah dengan berada di sisi kepala bagian kanan, karena untuk bagian itu dianggap orang sebagai posisi yang tepat dan dapat membuat orang semakin akrab dengan orang yang sedang sakit tardi.

Anjuran itu juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwasanya Rosulullah SAW biasnya akan duduk pada bagian itu yaitu bagian kepala bagian kanan.

  1. Menanyakan Kondisi Kepada Orang Yang Sedang Sakit

Selain memperhatikan posisi saat menjenguk anda juga dianjurkan untuk menanyakan tentang kondisi terkini orang yang sedang sakti tersebut. Karena dengan kita menanyakan itu secara tidak langsung kita menambahkan dukungan moril kepadanya.

Selain dukungan moril menanyakan kondisis juga menunjukan bahwasnaya keinginan dan harapan kita agar penyakit yang dialami segera disembuhkan.

Ada sebuah hadis yang didalamnya menceritakan tentang Rosulullah. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Aisyah RA melakukan hal tersebut ketika Baginda Rosulullah baru saja sampai di madinah. Pada saat itu Abu Bakar dan Billal Bin Rabah sedang terkena demam. Lalu pada saat itu ia bertanya “ Ayah, bagaimana keadanmu sekarang? Bilal, bagaimana keadaanmu sekarang?

  1. Jangan Mengajak Orang Yang Sedang Sakit Berbicara Tertalu Panjang

Orang yang sedang sakit tentunya membutuhkan waktu yang banyak untuk orang yang sedang sakit banyak beristirahat. Maka untuk mengantisipasi itu tidak usah banyak bertanya yang menyebabkan ia harus ngobrol terlalu panjang lebar.

Lebih baik bertanya seperlunya saja, tidak usah bertele – tele dan bertanya terlalu panjang karena waktu orang yang sedang sakit itu akan terkurang.

Tujuan kita menjenguk orang sakit adalah agar meringankan beban sakit tersebut. Sehingga jangan menambah dan memberinya banyak pertanyaan karena denan banyak bertanya kepada orang yang sedang sakit akan membuat orang yang itu tidak istirahat.

Anjuran Untuk Menjenguk Orang Yang Sedang Sakit

doa orang sakit
doa orang sakit

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa menjenguk orang yang sedang sakit merupakan perbuatan yang tidah hina justru perbuatan yang mulia. Selain memberikan dukungan moral kita juga bisa doa orang sakit agar penyakit yang sedang diderita segera di angkat.

Menjenguk orang sakit juga termasuk perbuatan yang di anjurkan oleh Rosulullah SAW terkhusus untuk orang yang memiliki hubungan dekat dengan kita contohnya seperti keluarga, teman dekat dan macem sebagainya.

Didalam islam anjuran menjenguk orang sakit juga ada, karena dengan hal dekimian yang akan membiat kita saling memperhatikan antar sesama umat manusia. Bagi muslim sendiri menjenguk orang yang sedang sakit merupakan hal yang wajib dan memang harus dilakukan.

Rosulullah SAW dan para sahabat – sahabatnya juga sering melakukan hal seperti menjenguk orang sakit ini. Beliau sangat memperhatikan sesama, memperhatikan bagaimana kondisi  dan keaddaan jika ada satu diantara mereka yang tidak hadir di masih lebih dari 3 hari maka akan saling menanyakan tentang keadaan para sahabatnya ini.

Kebiasaan Rosulullah dan para sahabat adalah berkumpul di masjid sehingga jika ada salah satu sahabat yang tidak ada atau tidak kelihatan selama 3 hari maka akan saling mencari tahu keadaanya dan menengok. Saat menengok juga sangat dianjurkan untuk doa orang sakit untuk kesembuhan dan kebaikanya.

Hadis Menjenguk Orang Sakit

doa orang sakit
doa orang sakit

Seperti yang kita ketahui bahwa menjenguk orang yang sedang sakit adalah anjuran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain ketika mendengar tentang cerita – cerita ada banyak hadis yang menerangkan tentang doa orang sakit dan menjenguk orang sakit.

  1. HR Muslim

Hadis yang pertama adalah HR Muslim menerangkan bahwasanya Rosulullah pernah bersabda :

“ Sesungguhnya orang muslim yang menjenguk saudaranya sesama musllim, sedang panen surga sampai ia kembali pulang kerumahnya”

Maksud dari hadis diatas adalah orang yang menjenguk orang sakit adalah orang yang mendapat pahala selayaknya orang yang sedang panen buah.

  1. HR Tirmidzi

Siapapun yang mengunjungi atau menjenguk orang yang sedang sakit atau menjenguk saudaranya dikarenakan karena Allah. Maka akan ada suara memanggil yang bunyinya : Semoga anda selalu baik di tempat perjalanan dan juga anda akan mendapatkan surgaNya sebagai tempat tinggal kelak.

  1. Albani

Siapapun yang menjenguk orang yang sedang sakit maka orang yang menjenguk akan mendapatkan rahmatNya saat dari mulai duduk. Saat ia sedang duduk. Dan setelah duduk maka masuklah rahmat tersebur ke dalam dirinya.

  1. HR Tirmidzi

Tindakan orang yang sedang mengunjungi saudara sesama muslim yang sedang sakit di pagi hari, maka akan ada 70 ribu malaikat mendoakan sampai sore tiba. Jika ia menjenguk orang yang sedang sakit di sore hari, maka 70 ribu malaikat akan mendoakanya sampai pagi tiba. Ia pun akan memiliki teman di surga.

Baca Juga : Doa Masuk Masjid

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit dan Doa Kesembuhan atau Doa Orang Sakit

doa orang sakit
doa orang sakit

Mengunjungi dan juga menjenguk orang yang sedang sakit sudah jelas tadi perilaku yang sudah dianjutkan oleh penutan kita yaitu Nabi Muhammad SAW dan juga para sahabat.

Namun lebih khusus lagi bagi mereka yang mempunyai kedekatan seperti kerabat, keluarga, teman dekat, tetangga dan juga lainya. Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang ada ketika kita menjenguk orang sakit, doa kesembuhan, doa orang sakit.

  1. Orang Yang Menjenguk Orang Sedang Sakit Seperti Berada Dalam Dikebun Buah Surga

Istilah diatas berarti orang yang sedang melakukan penjengukan atau mengunjungi orang yang sedang sakit maka mendapatkan pahala seperti saat dia berada dalam kenbun buah sehingga bisa banyak mendapatkan pahalanya.

  1. Dalam Rahmat Allah SWT

Persis seperti sabda Nabi Muhammad SAW. Barangsiapa yang menjenguk maka akan masuk rahmat Allah SWT kepadanya. Maka ia duduk maka akan mendapatkan rahmat itu seperti hadis di atas yang menerangkan bahwa keetika duduk orang yang sedang menjenguk orang sakit 70 ribu malaikan akan mendoakanya.

  1. Mendapatkan Doa dan Kebaikan Dari Malaikat

Menjenguk dan doa kepada orang yang sedang sakit adalah suatu kewwajiban bagi setiap muslim kepada muslim yang lainya. Dalam hal ini malaikat juga mendoakan yang terbaik untuk orang yang sedang mengunjungi. Malaikat akan memohonkan ampunan kepada Allah SWT bagi orang yang menjenguk saudaranya yang sedang sakit.

  1. Mendapat Banyak Pahala Dari Allah SWT

Semua perilaku kebaikan pasti akan di ganjar oleh Allah SWT termasuk juga ketika mendoakan dan menjenguk orang yang sedang sakit. Ada sebuah hadirs yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa betapa mulianya orang yang sedang menjenguk saudaranya yang sedang sakit.

  1. Mendapatkan Tempat Di Surga

Allah telah menjajikan kepada hambanya bahwa siapa yang mau mengunjungi atau menjenguk orang atau saudaranya yang sedang ssakit maka Allah meluangkan pintu surga kepadanya.

Demikitan tadi beberapa doa yang diajarkan kepada kita. Menjenguk orang yang sedang sakit sudah jelas menjadi anjuran karena Rosulullah SAW juga melakukanya.

Selain mendoakan orang yang sedang sakit, menjenguk orang sakit secara otomatis juga memberikan dukungan agar orang yang sedang sakit tadi tidak terlalu berlarut – larut dalam kesedihan karena musibah yang diterimanya.

Maka kita sebagai muslim yang baik, sahabat, keluarga dan lain – lain harus selalu memberkan dukungan kepada mereka – mereka orang terdekat.  Termasuk ketika mereka sedang mendapatkan musibah atau cobaan sakit.

Semoga dengan kita menjenguk atau mengunjungi orang yang sedang sakit kita juga bisa lebih meningkatkan kita tentang tentang rasa syukur. Karena nikmat sehat adalah suatu kenikmatan yang luar biasa dan salah jika ketika kita diberikan nikmat sehat namun dalam sehari – hari masih suka mengeluh dengan keadaan hidup.

Semoga juga dengan kita menjenguk orang yang sedang sakit kita juga bisa meningkatkan keimanan. Bahwa setiap insan yang hidup didunia pastinya akan ada masanya berada dalam keadaann sakit. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan rasa syukur yang berlebih. Terima kasih semoga bermanfaat.

Doa Orang Sakit

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *