Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Makalah Media Pembelajaran

7 min read

makalah media pembelajaran

Makalah Media Pembelajaran – Pembelajaran dengan cara e-learning sudah mulai banyak diterapkan di berbagai sekolah.

Salah satu yang biasa diterapkan adalah para siswa dituntut untuk mencari informasi sendiri mengenai bahan ajar lalu didiskusikan dengan teman-temannya di depan kelas.

Informasi-informasi yang didapat akan dibuat dalam bentuk makalah media pembelajaran yang nantinya akan menjadi nilai tugas harian di kelas.

Contoh Makalah Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Dengan adanya kemajuan teknologi, belajar mengajar kini dapat digunakan dengan bantuan komputer. Salah satu tugas para siswa adalah membuat makalah dari informasi yang didapatkan.

Kini Anda tidak perlu lagi pusing, banyak malalah bahan ajar yang sudah tersebar di internet. Salah satunya adalah makalah media pembelajaran dengan menggunakan komputer di bawah ini :

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di era digital saat ini teknologi komputer sudah bukan merupakan benda asing di kehidupan sehari-hari. Proses belajar mengajar dengan cara tradisional memang tidak terlalu banyak diserap oleh siswa.

Menurut penelitian siswa hanya menyerap sebanyak 20% dari keseluruhan bahan ajar yang diajarkan di kelas karena para siswa kebanyakan belajar dengan audio.

Hal ini lah yang memuculkan pembelajaran dengan menggunakan komputer. Komputer dapat mempermudah para siswa dan pengajar dalam proses belajar mengajar. \

Dengan menggunakan komputer, para siswa dapat merasakan suasana baru sehingga lebih semangat dalam belajar. Komputer menyajikan pembelajaran dengan audio dan visual sehingga efektif dalam belajar.

Tujuan Penulisan

Makalah ini dibuat dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memahami pengertian media pembelajar
  2. Memahami pengertian pembelajaran dengan menggunakan komputer.
  3. Menjabarkan apa saja fungsi komputer sebagai media untuk belajar.
  4. Menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan jika belajar menggunakan komputer.

Pembatasan Masalah

Agar pembahasan tidak meluas, maka makalah ini membatasi permasalahan pada:

  1. Menjelaskan secara rinci pengertian media pembelajaran.
  2. Menjelaskan secara rinci pengertian pembelajaran menggunakan komputer.
  3. Menjabarkan pemikiran dasar dalam pembelajaran menggunakan komputer.
  4. Menjabarkan fungsi komputer sebagai media pembelajaran.
  5. Menjabarkan kelebihan dan kekurangan komputer sebagai media pembelajaran.

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Pembelajaran Menggunakan Media

Kata media memiliki arti sebagai alat, sarana, atau perantara yang terletak diantara dua pihak. Secara umum dapat dikatakan jika media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi.

Sedangkan media dalam dunia pembelajaran adalah alat atau bahan yang digunakan dalam proses pengajaran maupun pembelajaran.

Media yang digunakan dalam proses belajar mengajar banyak sekali, bisa dengan audio, video, gambar, animasi, teks, presentasi, dan lain-lain semua ini dapat digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga menciptakan inovasi-inovasi baru dalam kegiatan belajar mengajar. sehingga para siswa diharapkan lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar.

Pengertian Media Berbasis Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat mengolah data secara tepat sesuai dengan yang telah diperintahkan. Komputer juga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penyampaian materi hingga mendapatkan informasi mengenai pembelajaran. Ada beberapa jenis bentuk penyajian informasi dalam proses pembelajaran, yakni:

Tutorial terprogram

Cara penyajian informasi dalam bentuk tutorial terprogram adalah dengan cara menampilkan informasi pembelajaran terus menerus hingga pembahasan selesai, kemudian dilanjutkan dengan menampilkan soal-soal seputar pembahasan yang telah disajikan sebelumnya. Jawaban kemudian dianalisis dengan memunculkan jawaban yang pasti.

Tutorial intelijen

Cara penyajian dengan tutorial intelijen mirip dengan tutorial terprogram yang membedakan adalah jawaban yang didapat tidak bersifat satu atau bisa dikatakan jika seorang siswa memberikan jawaban maka akan terjadi dialog atau tukar menukar informasi mengenai pertanyaan dan jawaban sehingga memunculkan pemahaman kepada siswa.

Drill and practice

Cara penyajian drill and practice adalah dengan menggunakan latihan-latihan dengan satu konsep pembahasan secara terus menerus hingga siswa menguasai konsep tersebut, barulah pindah ke pembahasan yang lain. Dengan menggunakan cara penyajian drill and practice akan memunculkan ketrampilan, kecepatan, dana ketetapan dalam menjawab soal.

Simulasi

Cara penyajian simulasi termasuk salah satu penyajian yang bisa digunakan untuk pembelajaran perorangan. Hal ini karena simulasi terdiri dari 3 keadaan yang ada pada simulasi yakni skenario, model dasar, dan lapisan pengajaran. Simulasi mencontohkan suatu konsep yang dijelaskan secara detail dan terperinci sehingga pelajar dapat memahami soal.

Komputer sudah mulai menggantikan peran buku dalam proses belajar mengajar. Konsep pembelajaran dengan menggunakan media komputer mengharuskan pengajar untuk menyajikan 3 hal yang harus ada pada saat menggunakan komputer, yakni:

  1. Urutan instruksi agar pelajar dapat memahami dengan mudah bahan pembelajaran.
  2. Jawaban dari soal atau permasalahan yang akan disajikan. Sebisa mungkin jawaban benar lebih dari satu agar terjadi interaksi sehingga memunculkan pemikiran kritis dan kreatif.
  3. Feed back agar ada interaksi sehingga memunculkan kreatifitas dalam berfikir dan menyelesaikan masalah.
  4. Pemikiran Dasar Pembelajaran Menggunakan Komputer

Selain karena mengikuti kemajuan perkembangan teknologi, pembelajaran dengan menggunakan komputer juga memiliki alasan tersendiri, diantaranya adalah:

  1. Melihat dari tujuan pembelajaran dari sisi pengajar. Maksudnya adalah salah satu tujuan dari pembelajaran adalah memenuhi nilai kompetensi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran maka, pelajar dapat terbantu memenuhi nilai kompetensi dasar dengan mudah.
  2. Melihat dari tujuan pembelajaran dari sisi pelajar. Dengan adanya pembelajaran menggunakan komputer, siswa akan mempelajari teknologi sekaligus mengembangkan kreatifitas dalam berfikir. Menggunakan teknologi dapat mengembangkan inisiatif siswa untuk mencari informasi lebih mengenai bahan yang diajarkan di internet.

Disini dapat disimpulkan jika penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dapat menciptakan kemandirian siswa.

Siswa lebih aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar seperti berdiskusi yang menghasilkan pemikiran yang kreatif, kritis dan cermat. Para pengajar pun menjadi lebih mudah dan inovatif dalam menerangkan bahan pembelajaran di kelas.

Peran Komputer Sebagai Media Pembelajaran

Saat ini di sekolah-sekolah sudah memiliki fasilitas laboratorium komputer guna meningkatkan kreatifitas para siswa. Komputer dapat menyajikan bahan ajar menjadi hal-hal yang lebih menarik seperti audio dan visual.

Hal ini dapat meningkatkan kreatifitas dan keefektifitas pembelajaran agar memenuhi standar kompetensi yang sudah ditetapkan oleh sekolah masing-masing.Dengan pembelajaran menggunakan computer.

Para siswa diharapkan untuk belajar mandiri atau self learning dimana mereka diharapkan bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya dan dapat mempresentasikan hasil yang didapat kepada teman-temannya sehingga secara tidak langsung terjadi interaksi dengan teman-temannya untuk berdiskusi mengenai bahan ajar.

Pembelajaran dengan menggunakan komputer juga bisa menjadi alternatif para siswa agar tidak bosan karena pengajaran yang monoton dengan sistem tradisional. Pengajaran dengan komputer dapat membuat para siswa tertarik karena suasana pengajaran akan terasa berbeda. Penjelasan pengajar kini tergantikan dengan presentasi yang mengandung banyak interaksi.

Dengan menggunakan program yang ada pada komputer akan mempermudah para siswa untuk menghitung, mencatat, dan membagikan informasi dengan mudah dan cepat. Menurut penelitian para siswa dapat menyerap pelajaran hingga 80% lebih baik karena adanya audio, visual, dan pemecahan masalah yang dikerjakan secara bersama-sama dan dengan suasana yang baru.

BAB III

PENUTUP

Penutup

Media pembelajaran dengan menggunakan komputer tidak hanya memudahkan pengajar dalam menyiapkan pembahasan, tetapi juga memudahkan siswa untuk belajar. Hal ini karena dengan menggunakan komputer, ada unsur audio, visual, dan pemecahan masalah yang digunakan sehingga membangun kreatifitas pemikiran dan dan interakasi dengan berdiskusi dengan teman.

Baca Juga : Makalah Pengangguran 

Contoh Makalah Media Pembelajaran Berbasis Multimedia

Pembelajaran multimedia banyak diterapkan di sekolah. Para peserta didik dituntut untuk belajar secara mandiri dengan tugas-tugas yang dapat dikerjakan bersama-sama.

Salah satunya adalah tugas pembuatan makalah. Banyaknya bahan yang ada di internet membuat tugas semakin mudah dikerjakan. Berikut ini adalah salah satu contoh makalah media pembelajaran berbasis multimedia.

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

BAB I

PENDAHULUAN

Pendahuluan

Dalam peningkatan kualitas pendidikan, pembelajaran juga mengalami kemajuan dengan menggunakan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar. hal ini disambut gembira dari kalangan para pelajar dan pengajar karena banyak peserta didik yang tidak dapat menyerap pelajaran secara maksimal, namun menggunakan teknologi membuat mereka mencapai prestasi.

Hal ini karena teknologi pembelajaran saat ini mendukung semua sensoris yang ada pada manusia. Mulai dari audio, visual, dan audio visual atau yang biasa disebut dengan multimedia. Menurut penelitian penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat menaikkan penyerapan informasi sebanyak 80% sehingga pembelajaran menjadi semakin efektif untuk dilakukan.

Tujuan Penulisan

Makalah ini dibuat dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Menjabarkan mengenai pengertian multimedia.
  2. Menjabarkan mengenai pengertian media pembelajaran.
  3. Menjelaskan hubungan antara media pembelajaran berbasis multimedia.
  4. Menjelaskan bagaimana cara mengembangkan bahan pembelajaran menjadi pembelajaran berbasis multimedia.

Pembatasan Masalah

Agar pembahasan permasalahan makalah media pembelajaran berbasis multi media ini tidak meluas, maka pembahasan permasalahan akan dibatasi pada:

  1. Penjelasan mengenai defisini media pembelajaran.
  2. Penjelasan mengenai definisi multimedia.
  3. Penjelasan mengenai hubungan antara media pembelajaran dengan multimedia.
  4. Penjelasan mengenai cara agar pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran multimedia.

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Media Pembelajaran

Kata media memiliki arti sebagai alat, sarana, atau perantara yang terletak diantara dua pihak. Secara umum dapat dikatakan jika media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dalam proses belajar mengajar dilakukan.

Baik itu di sekolah, di rumah, ataupun di universitas selama media yang digunakan dalam pembelajaran tersedia.Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat atau perantara agar pesan dalam bahan ajar dapat diterima oleh peserta didik.

Media pembelajaran yang baik seharusnya memiliki rangsangan agar peserta didik dapat menyerap materi dengan maksimal dan terjadi interaksi sehingga pembelajaran lebih aktif dan mengembangkan kreatifitas pemikiran peserta didik.

Berkaitan dengan media pembelajaran, ada beberapa keuntungan dalam menggunakan media pembelajaran yaitu:

  1. Metode pembelajaran akan lebih bervariasi sehingga tercipta kreatifitas.
  2. Karena metode pembelajaran yang berbeda, maka pembelajaran akan lebih menarik karena peserta didik merasakan suasana baru.
  3. Bahan akan terserap secara maksimal dan mudah dipahami.

Pengertian multimedia

Multimedia memiliki arti sebagai gabungan dari beberapa media yang digunakan untuk melakukan sebuah kegiatan, dalam hal ini adalah kegiatan belajar mengajar. multimedia dapat berupa audio, visual, teks, grafik, gambar, video, dan lain-lain.

Dengan menggunakan alat atau teknologi yang memungkinkan kegiatan pembelajaran berbasis multimedia dapat dilaksanakan.

Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan multimedia dapat membantu para peserta didik menyerap informasi yang diajarkan secara maksimal. hal ini karena semua sensoris yang dimiliki digunakan sehingga lebih mudah terserap, diingat, kemudian dipahami. Salah satu media yang dapat memunculkan pembelajaran berbasis multi media adalah dengan menggunakan komputer.

Hubungan Antara Media Pembelajaran dengan Multimedia

Seperti yang telah dijelaskan di latar belakang, jika peserta didik dapat menyerap 80% lebih baik jika mereka belajar berbasis multi media.

Hal ini tentunya perlu didukung dengan pemanfaatan teknologi seperti komputer agar kegiatan proses belajar mengajar ini dapat dilakukan. Pembelajaran dengan berbasis multimedia juga dinilai lebih praktis dan lebih murah.

Sistem pengajaran berbasis multimedia juga membuat proses belajar mengajar lebih kreatif, inovatif, dan interaktif karena didukung dari berbagai rangsangan sensoris yang ada sehingga memunculkan kreatifitas dalam melakukan presentasi.

Proses pembelajaran menjadi inovatif karena menciptakan suasana baru setiap kali proses belajar mengajar berlangsung.Peserta didik pun dituntut agar dapat mengabaungkan teks dengan visual yang menarik maupun audio.

Hal ini dapat mengakomodasi bagi peserta didik yang memiliki tipe-tipe pembelajaran yang berbeda. Seperti tipe visual, tipe audio, ataupun tipe kinestetik sehingga penyerapan bahan ajar menjadi lebih optimal dan efektif untuk seluruh peserta didik yang ada pada kelas tersebut.

Cara Mengembangkan Bahan Pembelajaran

Pembelajaran multimedia ini tidak dapat terlepas dari kehadiran teknologi khususnya komputer. Hal ini membuat komputer menjadi peran penting dalam proses belajar mengajar berbasis multimedia.

Dalam komputer terdapat berbagai sistem perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat bahan pembelajaran berbasis multimedia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Microsoft office

Microsoft office adalah perangkat lunak dasar untuk pembuatan bahan ajar berbasis multimedia. Mulai dari pengetikan dengan menggunakan Microsoft Word, pembuatan presentasi dengan Microsoft Power Point, perhitungan cepat dengan Microsoft Excel, dan pembagian bahan ajar dengan cepat menggunakan microsft Outlook.

  1. Corel presentation

Salah satu perangkat lunak lain yang biasa digunakan adalah corel presentation, yaitu sebuah software yang memfasilitasi visual seperti banyaknya pilihan gambar ataupun foto, font atau jenis huruf yang beragam, audio yang dapat dimasukan sendiri dan animasi-animasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi bahan ajar.

  1. Kpresenter

Perangkat lunak lainnya yang bisa digunakan dalam presentasi pembelajaran berbasis multimedia adalah Kpresenter, software ini mirip dengan Microsoft Office yang telah dijelaskan sebelumnya namun Kpresenter menggunakan memori yang cukup ringan sehingga mudah digunakan. File yang digunakan pun dapat di-kompresi agar ringan.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Sistem pembelajaran berbasis multimedia memang lebih efektif jika dibandingkan dengan sistem pembelajaran tradisional. Semua tipe pembelajaran peserta didik dapat terakomodasi dan ada unsur kreatifitas, inovasi, dan interaksi dalam pembelajarannya. Para peserta didik juga dapat belajar mandiri dengan e-learning mencari informasi sendiri mengenai bahan pembelajaran.

Kemajuan teknologi mengubah sistem pengajaran menjadi lebih variatif, kreatif, inovatif, dan interaktif. Hal ini karena didukung oleh sensorik yang digunakan dalam proses belajar.

Penggunaan teknologi dinilai lebih efektif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang sering digunakan di sekolah ataupun universitas adalah dengan pembuatan makalah media pembelajaran sebagai tugas utama.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semua, apabila ada kesalahan mohon untuk di maafkannya.

data-full-width-responsive="true"
Abdul Roqib Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Abdul Roqib. Seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sidoarjo. Ketertarikan saya pada blog sudah ada sejak 5 tahun yang lalu. Terutama bidang teknologi dan pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *