Rangkuman Motif Batik Indonesia

Motif Batik Indonesia – Seperti yang telah kita ketahui bahwa indonesia merupakan Negara dengan kekayaan alam serta budayanya. Bahkan dunia pun juga sudah mengakuinya.

Salah satu peninggalan sejarah yang sampai sekarang masih dilestarikan dan menjadi bagian dari keseharian orang indonesia adalah Batik.

UNESCO juga sudah menetapkan bahwa batik merupakan budaya asli peninggalan nenek moyang Indonesia.

Awal mula batik sendiri hanya menggunakan kain warna putih saja, namun dengan perkemabangan zaman sekarang bahan batik sudah beranekaragam seperti katun, sutera, rayn dan beberapa jenis kain lainya.

Motif yang diciptakan pada kain sendiri diciptakan menggunakan cairan lilin dengan menggunakan media alat dengan nama canting.

Mungkin sebagian sudah familiar dengan nama alat tersebut namun untuk yang belum paham canting sendiri kalau bahasa sederhananya adalah media untuk melukis.

Nah di Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali motif. Yang mana pada awalnya batik sendiri hanya digunakan oleh keluarga keraton namun seiring dengan perkembangan zaman batik sekarang sudah bisa di jumpai di banyak daerah dan hampir semua daerah memiliki motif batik yang berbeda – beda.

Nah untuk itu berikut ini akan kami jelaskan mengenai motif motif batik dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut penjelasanya.

Motif Batik dan Fungsinya

1. Motif Batik Bunga

motif batik indonesia

Motif batik indonesia ini merupakan salah satu motif yang awalnya di buat pada abad ke – 15 yang mana berbarengan dengan dibuatnya motif fauna atau motif dengan gambar binatang.

Banyak yang digunakan sebagai media seperti burung, merpati dan bebrapa hewan lainya. Untuk motif bunga sendiri memang sangat beragam apalagi pada zaman modern seperti ini tentunta para pengrajin akan membuat model – model motif bunga yang baru.

2. Motif Batik Sekar Jagad

motif batik indonesia

Pada sehelai kain akan di temukan makna harmonis antara sang pencipta dan manusia. Tidak hanya itu saja motif batik juga mempunyai makna serta pesan yang disapaikan dari motif yang dibuat.

Motif sekar jagad sendiri berasal dari daerah Yogyakarta dan solo. Dinamakan sekar jagad karena motif yang dibuat melambangkan leta dunia.

Sesuai dengan namanya sekar jagad merupakan gabungan dari dua bahasa yaitu “Kar” dan “Jagad”. “Kar” Sendiri merupakan bahasa belanda yang berarti peta sedangkan jagad merupakan bahasa kawa yang berarti Dunia.

Namun perlu anda ketahui bahwa dalam motif yang ada pada batik sekar jagad terdapat makna dimana keindahan dunia.

Motif ini dimulai dari pada abad ke 18 yang mana sampai sekarang masih di pertahankan dan masih banyak kita temui.

3. Motif Batik Sidomukti Magetan

motif batik indonesia

Berbicara tentang derah magetan tentunya pikiran yang pertama muncul adalah keeindahan alam dengan berbagai macam objek wisata yang ada didalamnya. Salah sastu yang mungkin tidak asing lagi di telinga adalah gunung lawu serta sarangan.

Namaun tidak hanya itu ternyata didalamnya terdapat budaya adiluhung yang sampai sekrang masih di lestarikan yaitu batik sidomukti.

Motif ini memiliki corak yang masih tradisional serta bentuk simetris. Bukan hanya dengan cara tradisional saja namun ada batik cap maupun tulis yang sampai sekarang masih di lestarikan.

4. Motif Batik Sederhana

motif batik indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan kebudayaan yang sangat beragam.

Maka tidak heran bahwa Indonesia di juluki dengan dunia yang kaya akan sumber daya alam serta budayanya.

Termasuk dari segi budaya yang sekarang kita kenal dengan nama batik. Banyak bisa kita jumpai macam – macam motif mulai dari motif yang sulit untuk kita gambar atau yang mudah dan sederhan.

5. Motif Batik Tasik

motif batik indonesia

Batik ini merupakan salah satu golingan dari batik pariangan. Motif batik yang dihasilkan dari tasik sendiri menggambarkan semangat dan kesederhanaan. Hal itu sangat jelas dengan kesan imut serta unya yang sejalan atau sama dengan citra umum wanita sunda.

Batik sendiri mulai dikenal di daerah tasikmalaya pada masa Kerajaan Tarumanegara. Pada masa kejayaan kerajaan ini pula kota tasikmalaya dijukuki sebagai sentra industri batik terbesar yang ada di wilayah jawa barat bagian selatan. Maka tidak heran jika sampai sekarang batik dari tasikmalaya masih banyak di gandrungi dan masih eksis sampai sekarang.

6. Motif Batik Malang

motif batik indonesia

Motif Batik Indonesia malang atau yang biasa dikenal dengan nama lain malangan ini merupakan salah satu batik yang berasal dari daerah malang Jawa Timur.

Mungkin buat kamu batik malang tidak seterkanal atau sepopuler seperti yang berasal dari solo, yogya, pekalongan, jepara atau batik lainya. Namun motif dari malang ini mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh batik lainya.

Batik malang mempunyai ciri khas yaitu dengan corak bunga teratai dan malang kucecwara. Namun dengan perkembangan industri ini, malang tidak ketinggalan karena terdapat pula batik – batik dengan motif lain yang tidak kalan indah serta tidak menghilangkan ciri khas yang dimilikinya.

Ada bebrapa ciri khas yang bisa kamu ketahui salah satunya yaitu motif dasar candi badut yang mana candi ini merupakan candi peninggalan kerajaan kanjuruahan pada tahun 760 M.

Selain itu iseen isen yang mempunyai motif dengan pola tugu malang dengan rambut singa yang ada di sampingnya.

Tidak hanya itu saja ciri yang lain adalah memiliki boket pada bagian pinggir kain yang mana biasanya mempunyai hiasan buah sulur bunga teratai yang berpola seperti gambar rantai.

7. Motif Batik Pekalongan

motif batik indonesia

Nama dari batik ini di ambil dari kota asalnya. Yaitu pekalongan Jawa Tengah. Selain itu batik ini juga di kelan dengan nama batik pesisir yang mana pekalongan merupakan kota yang berada pada pesisir pantai utara pulau jawa.

Batik pekalongan sendiri diperkirakan sudah ada sejak tahun 1800. Wah sudah lama sekali yaaa. Tua siapa batiknya atau kamu?? Ehehe

Ada juga yang berpedapat bahwa batik pekalongan sendiri berasal setelah terjadinya perang yang besar yang terjadi pada tahun 1825 – 1830 pada masa kerajaan mataram.

Batik pekalongan sendiri mempunyai ciri warna yang cerah, motif yang dihasilkan dipenuhi dengan garis dan tiitk, kebanyakan motif yang dihasilkan bermotif bunga, mempunyai motif jamplang, khas batik keturunan tiongkok dan beberapa ciri khas lainya.

Sementara itu ada beberapa jenis motif dari pekalongan sendiri yaitu :

  • Motif Jlamprangan
  • Batik Semen
  • Batik Sawat
  • Batik Motif Liong

Semua jenis batik pekalonga diatas mempunyai ciri yang berbeda serta motif yang berbeda – beda pula.

8. Motif Batik Bali

motif batik indonesia

Tidak kalah dengan daerah – daerah lain bali selain terkenal dengan wisata alamnya juga mempunyai warisan budaya yaitu batik yang tidak kalah terkenal.

Adapun jenis – jenis atau model motif batik dari bali sendiri adalah :

  • Batik Bali Ulamsari mas
  • Batik pisan bali/jagatan pisang
  • Batik bali buketan
  • Batik bali singa barong
  • Batik bali merak abyorhokokai

Meskipun belum diketahui perkembangan industri bali dari perorangan namun industri ini sejatinya sudah ada sejak tahun 1970 an.

Salah satu tokoh yang berperan dalam perkembangan industri batik di bali adalah Pande Ketut Krisna Gianyar yang dikelan dengan metode tenun cap yang menggunakan alat tenun manual.

9. Motif Batk Keraton

motif batik indonesia

Batik keraton merupakan batik dengan nama lain batik larangna atau batik vorstenianden yang mana batik ini merupakan salah satu batik yang berkembang di wilayah kerajaan kraton yogyakarta dan surakarta.

Motif yang ada dalam goresan kain pun terdapat beberapa makna yang beragam dengan filosofi yang beragam pula.

Batik keraton sendiri awal mula di buat oleh putri keratan dan juga ahli membatik yang berasal dari wilayah kraton sampai sekarang batik ini pun banyak yang meminati karena bentuk motif yang dihasilkan tergolong bagus.

Batik keraton di jogja pun tidak semua bisa memakai hanya karena terdapat peraturan – peraturan tertentu.

10. Motif Batik Jepara

motif batik indonesia

Siapa sih yang tidak mengetahui tentang kota yang satu ini, kota yang banyak menghasilkan mebel terbesar dan kota yang dijuluki dengan kota ukir. Yah passalnya kota ini merupakan salah satu kota dengan penghasil mebel dan ukiran yang besar.

Namun tidak hanya itu saja, jepara juga mempunyai batik yang dihasilkan atau yang lahir dari sana.

Motif batik jepara sendiri dikenalkan dan dipopilerkan oleh RA. Kartini yang mana beliau sudah memakai atau menggunakan batik ini sejak masa hidupnya.

Namun sampai sekarang perkembangan batik jepara kurang pesat karena masih kalah dengan batik – batik yang sudah lebih dulu terkenal atau berkembang.

Ada beberapa jenis batik dari jepara yaitu :

  • Motif Gandasuli
  • Motif Arum Klasik
  • Motif Sido Arum Kontemporer
  • Motif Kembang Mulyo Lawas
  • Motfi Kembang Mulyo Modern
  • Kembang Setanam
  • Dll

Dari jenis diatas tentunya memiliki keunikan tersendiri dan juga ciri khas masing masing.

11. Motif Batik Pringgondani

motif batik indonesia

Motif batik indonesia ini benama Pringgondani yang mana merupakan salah satu nama kesatriyan tempat tinggalnya gatutkaca putera dari Werkudara.

Ciri khas dari batik ini adalah warna yang ditampilkan tergolong gelap dan jarang sekali batik pringgondani menggunakan motif yang cerah.

12. Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung

Batik ini sendiri merupakan salah satu batik yang sudah tua atau kalau bahasa manusianya batik “Sesepuh” atau batik senior. Hehe

Batik kawung sendiri sangat erat kaitanya dengan keluarga kerajaan.

Menurut penelitian batik kawung sudah terkenal sejak tahun 1755 atau abad ke – 18 pada masa kerajaan Kesultanan Ngayogyokarto Hadiningrat yang mana pada saat itu pembuatanya pun masih menggunakan alat alat tradisional.

Batik kawung sendiri bukan hanya pakaian yang tidak ada artinya. Pasalnya banyak makan yang tersimpan dalam setiap motif didalamnya salah satunya adalah :

  • Persatuan Rakyat
  • Hati yang bersih
  • Berguna untuk banyak orang
  • Lambang kearifan, kebijaksanaan, serta pengendalian diri

Selain itu tedapat beberapa jensi motif batik kawung yang bisa kita teui pada zaman sekarang ini yaitu :

  • Batik Kawung Picis
  • Batik Kawung Bribil
  • Motif Batik Kawung Sen
  • Motif Kawung Sekar Ageng
  • Motif Kawung Semar
  • DLL

13. Motif Batik Solo

Motif Batik Solo

Solo. Salah satu icon batik yang karyanya sudah terkenal sampai kemancanegara. Solo juga tekenal dengan slogan “Spirit Of Java”  dengan begitu bagi oran yang sedang berlibur kesolo tentunya akan sangat kurang kalau tidak mampir kedaerah – daerah yang mayoraitas pembuat batik.

Ada banyak jenis motif yang sudah di hasilkan ada ratusan bahkan ribuan jenis motif yang dilahirkan dari kota ini.

Berikut ini akan kita beritahu apa saja sih motif dari solo ini :

  • Motif sido asih
  • Motif bokor kencono
  • Truntum garuuda
  • Wahyu Temurun
  • DLL

Tentunya tidak hanya itu saja, masih ada banyak sekali motif dari solo yang bisa kalian cari sendiri macam – macamnya. Yang jelas solo adalah kota dengan motif batik yang sangat beragam.

14. Motif Batik Sida Luhur

Motif Batik Sida Luhur

Batik sido luhur sendiri mempunyai mitos yang mana batik ini diciptakan oleh Ki Ageng Henis kakek dari Panembahan Senopati yang mana beliau adalajh pendidi Mataram Jawa serta cucu dari Ki Ageng Selo.

Kono sejarah yang beredar batik sida luhur dulu di ciptakan hanya untuk anak keturunanya. Penamaan motif ini pun didasari dari bahasa yang dipakai. Yang mana harapanya dari si pembuat atau Ki Ageng Henis adalah ketika anak  dan keturunan memakai batik ini dapat berhati serta memiliki pikiran yang luhur sehingga bisa berguna untuk masyarakat banyak.

Masih ada banyak lagi mitos atau hal yang berkaitan dengan batik ini salah satunya dipakai saat Mitoni yang mana berharap agar sibuah hati yang akan dilahirkan mempunyai sifat budi pekerti yang luhur serta memiliki akhlak dan sopan santun.

15. Motif Batik Petani

Motif Batik Petani

Batik ini merupakan batik yang sudah dikenal di beberapa wilayah di Indonesia seperti Klaten, Imofiri, bantul, Tuan dan bebrapa daerah lainya di Indoneisa.

Namun tekstur yang dihasilkan oleh batik ini terlihat kasar dan cenderung kasar. Hal ini disebabkan karena pada dahulu kala batik ini dibuat oleh ibu – ibu yang biasanya mata pencaharianya dengan bertani dan iseng – iseng membuat batik atau kalau dalam bahasa lainya untuk “Samben” atau sampingan.

Namun dengan perkembangan zaman motif inipun sudah banyak motif baru dengan ragam hias yang ada.

16. Motif Batik Sida Asih

Motif Batik Sida Asih

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan kebudayaan dan keunikan yang sampai sekarang masih ada.

Salah satunya adalah batik. Terutama di solo yang mempuyai beribu motf dan tentunya sampai sekarang masih banyak yang menyukai.

Motif batik ini merupakan batik yang masih menjadi bagian keluarga batik keraton. Dalam setiap penamaan batik tentunya memeilki arti yang melekat padanya tak terkecuali batik sido asih.

Sida asih terdari 2 suku kata yaitu sido dan asih. “Sido” berarti pengharapan/jadi sedangkan “asih” berarti cinta kasih.

Maka dari itu jika dua kata itu kita satukan maka dari namnya batik sido asih memiliki maknaa lambang kasih sayang dalam kehidupan manusia.

Batik sida asih sendiri biasanya di gunakan dalam acara adat seperti perkawinan yang mana agar hidup rumah tangga kedua peengatin bisa selalu di selimuti oleh kebahagiaan dan rasa kasih sayang.

17. Motif Batik Garutan

Motif Batik Garutan

Seperti yang sudah kita ketahui dan sedikit di ulas di atas bahwaa jawa barat mempunyai berbagai jenis motif yang beragam dari setiap kota di provinsinya. Salah satu motif yang terkenal adalah motif garutan.

Motif garutan sendiri merupakan batik yang mengusung konsep pegunungan flora serta fauna dimana batik ini mempunyai kaitan dengan sejarah kemerdekaan jawa barat.

Motif garutan sendiri merupakan batik yang sudah ada sejak jaman lama dan diturunkan turun temurun oleh nenek moyang yang mana motif ini sudah berkembang sejak sebelum kemerdekaan di Indonesia.

Motif garutan sendiri mengalami kejayaan pada tahun 1967 – 9185 namun karena modal yang kurang serta pesaingan yang semakin ketat membuat banyak pengrajun mengalami penurunan sebelum akhirnya jaya lagi.

Adapun jenis motf garutan adalah :

  • Garutan Bulu Ayam
  • Garutan Lereng Kangkung
  • Garutan Merak Ngibing ( Burung Merak Menari )
  • Garutan Lereng
  • Garutan Cupat Manggu
  • DLL

18. Motif Batik Tambal

Motif Batik Tambal

Motif batik ini merupakan salah satu motif yang berbeda dengan batik pada umumnya. Seperti motif pada umumnya batik ini juga memiliki makna terkait dengan nama yang di berikan. Pasalnya manusia sejatinya akan terus memperbaiki hidup. Arti tambal sendiri pun mengistilahkan manusia menambal hal yang buruk dengan hal yang baik.

Motif tambal sendiri berasal dari kota yang memang mempunyai budaya yang sampai sekarang masih terus di lestarikan yaitu Uogyakarta. Bukan hanya kain saja namun dengan perkambangan yang semakin cepat seperti sekarang motif ini sudah biasa di jadikan sebagai pkaian, kemeja atau lainya.

Tidak berbeda dengan motif lainya. Motif tambal pun mempunyai ciri – ciri yang tentunya berbeda dengan motif lainya.

Motif tambal mempunyai beberapa ciri seperti motif cemplok, parang, peru, kotak – kotak dan beberapa jenis motif lainya.

Warna yang di berikan pada sentuhan kain ini pun beragam namun biasanya  motif tambal diberi pewarnaan dengan kombinasi warna gelap dengan terang.

Pewarnaan yang di berikan tentunya bukan hanya untuk memperindah namun ada kepentingan lain yaitu untuk lebih menonjolkan motif yang ada pada motif tambal ini.

19. Motif Batik Sudagaran

Motif Batik Sudagaran

Pada wilayah keraton terdapat model batik yang tidak boleh dipakai oleh umum atau hanya bisa di pakai oleh keluarga kraton atau yang sering dikenal dengan nama motif larangan.

Nah batik sudagaran sendiri merupakan salah satu jenis motif dari kalangan kraton.

Namun dengan perkembangan sekarang banyak pengrajin atau seniman dari kaum saudagar menciptakan motif batik yang disukai oleh masyarakat luas dan terkhusus kepada kaum saudagar.

Sejarah batik sudagar pun juga panjang namun dari bebrapa sumber yang mimin temui batik ini berasal dari Yogya dan mulai dikenal sejak abad ke 19 atau kalau di tahunkan sekitar tahun 1850 an. Wah sudah lama sekali ternyata.

20. Motif Batik Gentongan

Motif Batik Gentongan

Batik ini merupakan salah satu batik yang berasal dari Madura yang mana ciri yang gampang untuk di ketahui adalah cara pewarnaan yang berani atau cerah.

Nama gentongan sendiri di ambil dari kata gentong yang artinya adalah gerabah. Gerabah sendiri merupakan salah satu wadah yang dipakai untuk mencelup kain untuk memberi warna dan biasa di gunakan oleh para pengrajin batik.

Teknik gentong merupakan teknik membatik yang mungkin masih asing di telinga, namun teknik inihanya bisa digunakan untuk satu warna saja.

21. Motif Batik Ciamis

Motif Batik Ciamis

Kota ciamis atau yang lebih dikenal dengan julukan kota manis ini merupakan pewaris dari kerajaan galuh.

Selain itu sampai sekarang masih banyak tradisi dan budaya yang di turunkan dari nenek moyang dan masih di jaga kelestarianya salah satunya adalah budaya berpakaian atau kain batik.

Pada awal mula batik ciamis hanya memilki 2 warna saja yaitu warna coklat dan hitam dengan dasaran kain yaitu putih.

Namun dengan perkembangan yang semakian maju ciamis mulai mengembangkan dengan beraneka ragam warna yang diambil dari pewarnaan pohon.

Corak yang dimiliki batik ciamis sendiri sangat berbeda dengan motif pada umumnya dan bisa dibilang mempunyai motif yang paling sederhana.

22. Motif Batik Semen Rama

Motif Batik Semen Rama

Batik semen rama terdapat arti yaitu “kehidupan semi”. Lanjut ke pembahasan selanjutnya ya

Batik ini memiliki ornamen ornamen atau motif yang sangat beragam yang tentunya masih berhubungan dengan kehidupan dunia yaitu ada yang berkaitan dengan daratan, udara dan laut. Ada banyak motif yang biasanya di gambarkan dari beberapa hal tadi.

Selain itu, batik semen rama ini sering dikatikan dengan cerita Ramayana yang mana syarat dengan ajaran Hastha Barat atau ajaran menggunakan 8 jalan.

23. Motif Batik Sogan

Motif Batik Sogan

Batik sogan merupakan salah satu batik yang tidak asing lagi dan tidak jarang kita temui. Batik ini merupakan salah satu batik yang tradisional dengan dominasi warna gelap sebagai ciri khasnya.

Proses pewarnaan pada batik ini menggunakan pewarna alami yang di ambil dari pepohonan soga.

Batik ini juga termasuk batik yang identik dengan batik keraton yogyakarta serta surakarta hadiningrat.

Ciri khas yang ada pada batik ini adalah motifnya yang mengikuti aturan baku atau pakem dengan motif khas keraton.

24. Motif Batik Tujuh Rupa

Motif Batik Tujuh Rupa

Motif batik ini merupakan salah satu batik yang berasal dari kota yang terkenal dengan batiknya, yaitu pekalongan. Banyak yang dihasilkan dari kota ini maka tidak jarang banyak orang yang sudah mengenal banyak batik dari pekalongan.

Ciri khusus yang dimiliki oleh batik ini adalah menggunakan konsep alam yang mana umumnya motif yang di hasilkan adalah bergambar hewan atau tumbuhan.

Tidak berbeda dengan motfi pada umunya batik tujuh rupa juga mempunyai arti tersendiri. Batik tujuh rupa memilki kelembutan dalam motifnya. Motif yang dihasilkan pun mempunyai arti campuran kebudayaan antara budaya lokal indonesia dan etnis china.

25. Motif Batik Megamendung

Motif Batik Megamendung

Batik ini merupakan salah satu batik yang terkenal yang mana batik ini merupakan salah satu batik yang berasal dari cirebon.

Motif batik ini mempunyai ciri khas yang tidak di miliki oleh motif lainya. Bahkan sangking bedanya dengan batik lainya batik ini sudah di daftarakan di UNESCO untuk mendapatkan pengakuan bahwa batik megamendung merupakan warisan dunia.

Tidak jarang batik ini sampai sekarang sudah terkenal di berbagai wilayah indonesia dan dunia. Sangking terkenalnya batik megamendung pernah dijadikan sebagai cover terbitan dari luar negerti dengan judul Batik Design.

Tidak lupa dengan sejarah batik megamndung yang mana batik ini merupakan salah satu sejarah kedatanagan bangsa cina masuk kewilayah cirebon.

Banyak arti dari motif megamendng ini, seperti warna yang digunakan yaitu warna biru melambangkan akan luasnya langit. Selain itu warna biru muda menggambarkan akan cerahnya kehidupan.

26. Motif Batik Cuwiri

Motif Batik Cuwiri

Motif Batik Indonesia ini merpakan batik yang berasal dari Surakarta dan Yogyakarta namun banyak dari daerah lain yang juga mengembankan motif cuwiri ini.

Ciri khusus yang dimiliki oleh batik ini adalah merupakan motif semen yang mempunyai ornamen “MERU” yang mana berbentuk seperti gunung.

Kata meru sendiri diambil dari nam gunung semeru yang merupakan gunung tertinggi dan sakral di pulau jawa.

Untuk pewarnaan sendiri motif ini menggunaakan pewarnaan alami atau zat warna soga alam. Selain itu motif ini menggunakan unsur meru dan gurda.

Zaman dahulu motif ini sebagai penanda akan tingkat derajat pemakainya selain itu batik ini hanya digunakan untuk upacara – upacara tertentu.

27. Motif Batik Betawi

Motif Batik Betawi

Betawi merupakan salah satu suku yang tekenal dengan ondel – ondel dan lenongnya, namun tiak hanya itu banyak budaya yang lahir dari suku betawi ini. Salah satunya adalah batik.

Namun sejarah berkata bahaw batik betawi ini lahir karena adanya asimilasi masyarakat jawa dari daerah pesisir yang menyatu dengan masyarakat betawi sehingga lahirlah batik betwai.

Ada setidaknya 4 motif yang berasal dari betawi yaitu :

  • Motif salakanagara
  • Motfi loreng ondel – ondel
  • Motif nusa kelapa
  • Motif rasamala

28. Batik Pring Sedapur

Batik Pring Sedapur

Magetan merupakan salah satu derah yang berada di wilayah jawa barat. Seperti yang kita ketahui wilayah jawa merupakan salah satu wilayah di indonesia dengan beragam batik yang dihasilkan.

Pemberian nama pring sedapur sendiri pun memeilki banyak arti. Salah satunya pring sedapur berarti serumpun pohon bambu.

Sama dengan motif pada umumnya bahwa setiap motif tentunya memilki arti dan filosofi masing – maasing.

Tanaman bambu biasanya hidup dengan bergerombol dan akan membetuk satu kekuatan serta jika diuarai akan menjadi tali yang sangat kuat dan erat.

29. Motif Batik Suku Asmat

Motif Batik Suku Asmat

Sejatinya batik diindonesia semua sama namun yang menjadi pembeda adalah pada ciri khas motif batik indonesia yang dibuat.

Jika motif dari jawa terkhusus solo dan jogja dibuat dengan simetrsi batik dari papua bersebrangan atau bekebalikan.

nah itu tadi beberapa pembahasan mengenai model motif batik indonesia yang sudah kita bahas. Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia terutama untuk para pemudanya harus mengetahui dan menjaga warisan budaya yang memang sudah di jadikan sebagai peninggalan dunia.

Untuk itu mulai dari hal kecil yaitu dengan mengetahui motif batik indonesia dari manapun itu setelah itu kita bisa membuat atau belajar membuat batik agar budaya asli indonesia ini tidak hilang oleh perkembangan zaman seperti sekarang.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Yuk cari ilmu lagi seputar pendidikan di Symbianplanet.net dan dapatkan ilmu yang mungkin sedang anda cari atau hal yang lain.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply