Kumpulan Motif Batik Modern

Motif Batik Modern – seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan budaya dan adat istiadat yang sangat beragam.

Jika ingin menulis seputar Budaya dan adat istiadat Indonesia tentunya tidak akan ada habisnya pasalnya memang dari sabang sampai merauke banyak sekali budaya dan tentunya sanga beragam.

Nah salah satu yang tidak lepas dari keseharian kita dan Indonesia itu adalah Batik. Sudah tahu kan pastinya batik itu apa?? yah yang dulunya adalah sebuah kain dengan motif yang beragam dan awalnya hanya keluarga keraton saja yang bisa memakai.

Namun dengan perkemabangan zaman yang semakin modern ini sekarang sudah banyak kita temui seperti baju batik, sarung batik dan beberapa pakaian batik lainya. Nah sekarang kita akan mengulas sedikit tentang Motif Batik Modern berikut sedikit ulasanya.

Motif Batik Aceh

motif batik modern

Baik yang pertama yang kita bahasa mengani batik modern adalah batik dari aceh. Batik aceh sendiri mempunyai ciri yang khas yang tidak dimilki oleh batik lainya.

Ciri khusus dari batik aceh adalah menggunakan perpaduan dari unsur alam serta buda dari masyarakat yang ada di aceh dan biasanya sudah di turunkan secara turun temurun.

Selain itu batik aceh juga lebih sering menggunakan warna yang cerah dan sangat jarang menggunakan warna yang gelap.

Dengan penggunaan warna yang terbilang berangi menjadikan batik dari aceh memang terlihat unik dan juga tekesan glamor. Maka tidak jarang banyak sekarang yang suka dengan batik dari aceh ini.

Selain itu , aceh seperti yang kita ketahui mempunyai pengaruh agama islam yang sangat kental dan kuat. Maka tidak akan di temukan atau jarang di temukan motif batik modern dengan gambar binatang.

Yah karena dalam agama islam menggambar bintang memang di larang, dengan dasar itu pula pengrajin batik juga tidak menggunakan motif dengan gambar binatang.

Motif Batik Bali

motif batik modern

Bali memang tekenal dengan wisata dan alamnya yang indah. Oleh karena itu banyak dijadikan destinasi wisata baik lokal maaupun dari mancanegara.

Selain itu bali mempunyai batik modern yang mempunyai ciri khas tertentu. Nah ciri khas dari batik bali adalah perpaduan atara motif modern dan tradisional.

Selain itu motif yang di hasilkan banyak memberikan lambang daerah seperti gambar naga, burung bangau, rusa dan lainya.

Batik bali sendiri tidak mempunyai batasan akan eksplorasinya. Karena motif yang dihasilkan rata – rata memang terinspirasi dari semua yang ada di dalamnya atau di daerah bali itu sendiri.

Motif Batik Banyuwangi

motif batik modern

Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang berada di pojok pulau jawa yang mana berdekatan dengan bali.

Nah motif batik dari banyuwangi sendiri merupakan salah satu perwujudan dengan beberapa hal yang berkaitan dengan ciri khas dari banyuwangi itu sendiri.

Seperti pada umumnya batik, motif batik banyuwangi juga memilki nilai estetika yang berbeda dari motif batik pada umumnya.

Karena pada semua yang berada dalam batik banyuwangi mempunyai keterkaitan dengan keadaan alam yang indah disana.

Selain itu motif batik yang dibuat juga mempunyai nilai tersendiri yaitu menggambarkan nilai jati diri yang dimiliki oleh masyarakat Banyuwangi.

Baca Juga : Motif Batik Indonesia

Motif Batik Bojonegoro

motif batik modern

Bojonegoro merupakan salah satu kota di jawa timur yang mempunyai kekayaan alam serta budaya yang luar biasa.

Dengan begitu tidak jarang masyakarat juga menambah kekayaan yang dijadikan sebuah karya yang sampai sekarang tekenal yaitu batik dari bojonegoro.

Batik Bojonegoro sendiri mempunyai nama lain yaitu Batik Jonegoroan yang mana mempunyai 9 jenis motif yang terkenal di Indonesia.

Adapaun beberapa motif Batik Jonegoroan yaitu :

  • Motif Jagungn Miji emas
  • Motif gastro
  • Motif rinonce
  • Motif mliwis Mukti
  • Motif Parang Jembul Sekar Rinandar
  • Motif Parang Dahano Munggal
  • Motif Pari Sumilak
  • Motif Sata Gondo Wangi
  • Motif Sekar Jati
  • Motif Rancak Thenggul

Motif Batik banjarmasin

Motif Batik banjarmasin

Indonesia memang terkenal dengan beragam keunikan baik dari budaya serta adat istiadatnya salah satunya adalah kain yang di beri motif atau yang biasa kita kenal ddengan nama batik.

Tidak kalah dengan batik wilayah jawa banjarmasin juga mempunyai motif batik tersendiri yang mana terkenal dengan nama sasirangan.

Tidak berbeda dengan batik pada umumnya, batik dari banjarmasin juga dibuat sesuai dengan masyarakat yang ada di dalamnya. Yang mana biasanya menggambarkan apa yang ada di dalamnya.

Ada beberapa jenis batik banjarmasin atau batik Sasirangan yaitu sebagai berikut :

  • Motif batik sasaringan gigi haruan
  • Motif batik modern kembang sakaki
  • Motif sasrirangan kambang kacang
  • Motif sasaringan hiris gagatas
  • Motif sasaringan daun jaruju
  • DLL

Motif Batik Modern Madura

Motif Batik Modern Madura

Madura merupakan salah satu wilayah yang berada di kawasan Jawa timur atau berdekatan dengan ibukota jawa timur yaitu Surabaya.

Motif batik modern dari madura ini mempunyai ciri – ciri dari pilihan warna serta motif yang di gunakan.

Nah ciri khas yang dimiliki oleh batik madura adalah warna yang digunakan menggunakan warna yang warna yang mencolok seperti warna merah, kuning atau hijau dan warna mencolok lainya.

Selain itu motif yang ddigunakan mempunyai karakter yang khas yaitu sebagian besar motif batik madura menggunakan cukup banyak sesuai dengan pengaruh lingkungan alam yang ada di daerah tersebut serperti tanaman, hewan dan tidak jarang banyak kreasi motif sendiri.

Motif Batik Brebes

Motif Batik Brebes

Brebes sangat terkenal dengan kota yang mempunyai telor asin yang khas serta bawang merahnya.

Nah tidak hanya itu pasalnya di brebes juga mempunyai motif batik yang tidak kalah dengan wilayah jawa atau sekitarnya.

Salah satu jenis nama yang paling populer adalah batik salem atau kalau orang asli berebes menyebutnya dengan nama batik brebesan.

Karakter yang di miliki oleh batik brebes tentunya ada pengaruh dari daerah yang batiknya terkenal seperti Pekalongan, Yogyakarta, Tegal, Solo dan beberapa daerah lainya.

Ciri khas yang dimilki oleh batik salem atau batik bterebesan adalah sering menggunakan warna cokelat, hitam atau putih dengan motif kopi pecah, ukel dan manggar.

Motif Batik Banjarnegara

Motif Batik Banjarnegara

Selain Pekalongan brebes Banjarnegara juga merupakan salah satu daerah yang mempunyai motif batik sendri.

Salah satu batik yang terkenal dari daerah ini adalah batik Gumelem. Yang mana karakter atau ciri khas yang dimiliki adalah pewarnaan biasanya menggunakan warna coklat, kuning, hitam yang mana motif yang digunakan adalah motif bunga.

Motif Gumelan tidak hanya mempunyai corak satu saja melainkan ada 2 jenis crak yaitu corak klasik dan corak kontemporer.

Diantara keedua corak diatas tentunya mempunyai motif tersendiri yang mana contohnya corak kalsi ada motif pring sedapur, gjaah uling, sungai serayu, serta jenis lainya.

Sementara itu untuk corak yang kontemporer mempunyai jenis kawung ceplokan, sawung alit, lumbu pari dan lain sebagainya.

Motif Batik Betawi

Motif Batik Betawi

Betawi. Siapa sih yang tidak kenal dengan suku yang sudah lama di kenal di Indonesia yah tepatnya berada di Jakarta.

Selain beberapa adat yang tekenal seperti makanan khas, pakaian, rumah adat betawi juga mempunyai batik khas yang terkenal.

Batik betawi sendiri memiliki ciri khas tersendiri yaitu warnanya mencolok dengan gambar motif yang sesuai dengan keebuddayaan yang ada di daerah tersebtu seperti Ondel – ondel dan lain sebagainya.

Selain itu motif betawi juga dipengaruhi oleh budaya dari arab , cina serta belanda yang juga memberi kontribusi pada setiap motif batik betawi.

Motif Batik Modern Cilacap

Motif Batik Modern Cilacap

Cilacap merupakan salah satu wilayah yang berada di Jawa tengah dengan budaya khass yang banyak dan unik salah satu yang berada di cilacap adalah budaya membatik yang sudah ada sejak dulu kala.

Ciri khas yang dimilkiki oleh batik cilacap adaalah pilihan warna klasik seperti warna coklat, hitam serta putih menjadi pilihan yang khas.

Ciri lain dari batik cilacap adalah motif yang digunakan biasanya terinspirasi dari keadaan lingkungan yang ada didalamnya.

Selain itu cilacap juga mempunyai motif batik kontemporer seperti motif buah jeruk, buah growok serta sungai serayu.

Motif Batik Modern Cirebon

Motif Batik Modern Cirebon

Motif Batik Ciamis

Motif Batik Ciamis

Batik ciamis mempunyai perbedaan yang sangat khas dibanding dengna motif batk lainya. Yaitu motif yang dibuat atau coraknya tidak terlalu rumit atau terallau ramai jadi terkesan sederhana.

Motif batik modern ciamis sendiri mempunyai nama lain yaitu batik ciamisan yang mempunyai ciri khas kesederhanaan pada coraknya.

Untuk hiasan yang dipakai pun tergolong natural karena menggunkan motif tumbuhan dan hewan yang ada diwilayah ciamis sendiri. Jadi tidak jarang apa yang ada di wilayah tersebut di buat menjadi motif nan indah.

Ada satu batik dengan motif alam atau lingkungan sekitar adalah batik lereng atau rereng yang banyak di jumpai di ciamis.

Motif Batik Cianjur

Motif Batik Cianjur

Pernah dengar ayam palung dan beras yang terkenal di Indonesia ?? yah salah satu daerah yang terkenal dengan itu adalah cianjur atau cianjuran.

Selain itu masyarakta cianjur mempunyai motif batik yang memang sudah menjadi ciri khas dengna motif yang berbeda dengan batik dari wilayah lainya.

Ciri khas yang dimiliki oleh batik cianjur adalah warna yang mempunyai nuansa natural yang mana terisnpirasi dari warna tumbuhan yang berada di wilayah cianjur.

Dalam kata lain cianjur mempunyai warna batik seperti tanah, daun, atau  bulir padi.

Batik cianjur sendiri tidak hanya meempunyai satu jenis saja melaikan ada 4 jenis motif yang bisa kita temui di cianjur yaitu motif beasan, mamaos, menpo, dan hayam pelung.

Motif Batik Cimahi

Motif Batik Cimahi

Warisan budaya memang tidak akan lepas dari setiap wilayah di Indonesia termasuk juga di cimahi yang mana daerah ini terkenal denga kreatifitasnya.

Warisan budaya yang sampai saat ini di lestarikan salah satuya adalah batik khas yang mana batik ini tidak kalah dnegna batik dari daerah lain.

Hal itu dibuktikan dengan jenis motif yang dimiliki tidak hanya berjumlah 1 saja namun ada 5 jnis motif batik asli  dari cimahi diantaranya adalah motif anyaman bambu, lereng kujang, daun singkong, curug cimahi dan pussdik.

Tidak berbeda dari daerah lainya yang mana motif yang dipilih tentunya terinspirasi dari lingkungan yang ada di daerahnya. Betul saja jenis motif diatas terinspirasi dari lingkungan alam daerah cimahi sendiri.

Motif Batik Demak

Motif Batik Demak

Warisan budaya yang sampai saat ini masih di lestarikan salah satunya adalah batik. Maka tidak jarang hampir setiap wilayah di Indonesia mempunyai motif batik sendiri yang terkenal dari daerahnya masing – masing.

Salah satunya adalah daerah yang berada di Jawa Tengah ini yang sampai saat ini masih melestarikan budaya yang sudah mendunia.

Ciri khas yang ada pada batik demak sendiri adalah motifnya dibentuk dengna kombinasi antara pesisiran serta maotif pertanian.

Selain itu masih ada corak yang terinspirasi dari sejarah kerajaan demak serta sangat menonjolkan motif pesisiran.

Selain itu motif batik modern demak juga memadukan antara motif klasik dan motif modern hal itu juga yang membuat motif batik dari demak ini terbilang sangat unik.

Motif Batik Malang

Motif Batik Malang

Malang merupakan salah satu wilayah di Indonesia lebih tepatnya di Jawa Timur yang mana malang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat banyak dengan keindahan tiada tara. Sehingga tidak jarang banyak wisatawan yang menjadikan malang sebagai obejek wisata saat liburan.

Ciri khas yang dari batik malang adalah ilustrasi motif menggunakan candi – candi hindu. Salah satu motif batik modern malang adalah motuf bunga teratai yang mana setiap batik mempunyai filosofi yaitu keluhuran dari pemakainya.

Namun bukan hanya motif bunga teratai saja melainkan ada beberapa motif batik yang terkenal seperti dele kecer, sawat kembang pring, kucewara, kembang kopo, teratai singo, celeket, kembang juwet, kembang tanjung dan masih banyak lainya.

Motif Batik Pekalongan

Motif Batik Pekalongan

Ciri khas yang dimilki batik pekalongan adalah warna yang digunakan didominasi dengna warna warna pesisir yaitu merah, hijau, dan orange.

Batik pekalongan memiliki gambar yang nyata yang mana motif coraknya mempunyai ornamen garis dan titik.

Tidak berbeda jauh dari batik pada lainya motif yang digunakan adalah motif fauna yang mana dikombinasikan degan unsur – unsur flora yang diambil dari motif batik solo dan yogyakarta.

 Motif Batik Tegal

 Motif Batik Tegal

Tegal adalah salah satu wilaayah yang ada di daerah jawa tengah dengan warisan budaya yang masih di lesstarikan sampai sekarang salah satunya adalah batik.

Batik di tegal sendiri mempunyai 2 jenis motif yaitu motif klasik dan motif pengembangan.

Ciri pewarnaan dari batik tegal menggunakan warna – warna yang gelap serta biasanya menggunakan kombinasi dengan motif tumbuhan dan hewan.

Ada beberapa jensi motif tegal seperti motif cempaka putih, cempaka mulya, semut runtung, kembang kertas, kawung melinjo, gedong kosong, manuk surwiti dan masih banyak motif lainya yang bisa anda temukan di tegal.

Motif Batik Solo

Motif Batik Solo

Solo merupakan salah satu icon Indonesia yang mempunyai banyak sekali budaya yang terkenal baik di Indonesia maupun di mancanegara.

Salah satu warisan budaya yang sampai saat ini masih di lestarikan dan terkenal adalah batik. Dengan ciri khaas yang mempunyai perpaduan warna dengan sebagian besar mempunyai warna slogan.

Sudah tahu belum warna slogan itu apa ? warna slogan merupakan perpaduan warna antara cokla muda, coklat tua, coklat agak kuning, coklat kehitam hitaman, dan coklat kemerah – merahan.

Selain itu batik solo sangat popular baik corak yang tradisional baik dengan proses yang mengunakan batik tulis maupun batik cap.

Motif Batik Yogyakarta

Motif Batik Yogyakarta

Tidak kalah dengan kota solo yogyakarta mempunyai batik khas yang sampai saat ini di lestarikan dan di produksi.

Yogyakarta sendiri merupakan salah satu wilayahh dengan industri batik terbesar yang mana banyak nama muncul seperti batik parang kusumo, truntum, tambal, kawung dan pamiluto.

Dari sekian banyak motif batik itu tentunya ciri khas yang ada pada setiap corak berbeda.

Nah ciri khas yang ada di batik Yogyakarta adalah pewarnaan yang digunakan banyak menggunakan warna hitam, putih, dan coklat.

Selain itu ada ciri khas motif batik modern yang sangat khas yang mana corak yang digunakan biasanya menggunakan gambar seperti figur manusia, hewan yang mana tentunya semua motif mempunyai filosofi tersendiri.

Motif Batik Tasikmalaya

Motif Batik Tasikmalaya

Pernah dengar Batik Pariangan ? yah itu merupakan salah satu batik yang berasal dari tasikmalaya yang mana mempunyai desain sederhana dan pantas dipakai untuk siapa saja.

Ciri khas yang menempel pada batik ini adalah pewarnaan yang dipakai menggunakan warna yang cerah dengan desain force dan jelas.

Motif Batik Jombang

Motif Batik Jombang

Tidak kalah dengan daerah lainya jombang juga mempunyai batik dengan ciri khas pada motif dan pewarnaan yang digunakan.

Batik jombang lebih cenderung menggabungkan antara unsur budaya dan agama maka terciptalah batik yang sampai saat ini kita ketahui dan bahkan mungkin dipakai.

Salah satu motif berupa ukiran segitiga dengan lancip pada baigan bawah yang mana terinspirasi dari candi Arimbi.

Dengan dukungan dari masyakarat maka sampai saat ini batik ini sudah meningkat dan kebanyakan masyarakat indonesia sudah mengetahui batik ini.

Motif Batik Modern Tulungagung

Motif Batik Modern Tulungagung

Ciri khas yang ada pada batik modern tulungagung yaitu keindahan dengan kombinasi antara warna dan motif yang dipakai.

Salah satu yang menjadi ciri khas adalah warna yang digunakan biasanya menggunakan warna – wanrna yang cerah melambangkan keberanian.

Ada 3 jenis batik modern berasal dari tulungagung yang terkenal yaitu batik bangoan, batik kalangbret dan batik majanan.

Motif Batik Kudus

Motif Batik Kudus

Motif batik kudus lebih cenderung menyerupai atau mempunyai kemiripan dengan batik dari daerah pekalongan.

Batik kudus sendiri motif dan coraknya lebih cenderung ke jenis motif batik pesisiran. Salah satu motif yang terkenal dari kudus adalah batik kapal kandas.

Motif Batik Kediri

Motif Batik Kediri

Batik yang terkenal dari kediri adalah Batik Gumul yang mana gumul merupakan salah satu icon yang berada di kota kediri yang berupa monumeen menyerupai monumen L’Arch D’Triomph yang berada di perancis.

Namun ciri khas motif yang sering muncul adalah batik dengan motif gambar burung garuda.

Namun tidak hanya motif gambar burung garuda saja ada beberapa motif yang terkenal lainya diantaranya motif garuda muka teratai mekar, garuda muka mukti, garuda muka ukel, garuda muka liris.

Motif Batik Jambi

Motif Batik Jambi

Tidak kalah dengan daerah lainya jambi juga mempunyai motif batik modern yang mempunyai keindahan dan karaktersitik sendiri.

Ciri khas yang di milki adalah motif yang digunakan biasanya menggunakan motif flora dan fauna. Selain itu batik jambi juga mempunyai keunikan dari segi warna.

Warna yang digunakan lebih cenderung simpel dengan disain yang khas dari jambi.

Ada beberapa jensi batik yang terkenal dari jambi yaitu motif batang hari, duren pecah, bunga pauh, dan motif lainya.

Motif Batik Lumajang

Motif Batik Lumajang

Batik lumajang mempunayi motif yang khas yatu motif pisang agung dan gunung semeru yang mana gunung tersebut merupakan salah satu gunung dengan peenggemar yang banyak dan menjadi salah satu gunung yang ingin didaki.

Ciri khas batik lumajang sendiri menggunakan pewarnaan yang alami seperti warna yang berasal dari tanaman seperti manggis atau pisang.

Selain itu motif dari batik lumajang mempunyai corak dengan motif yang banyak. Namun yang lebih dominan dan yang sering dijumpai adalah motif flora seperti pohon pisang dan flora lainya.

Namun masih ada lagi motif lainya yang bisa di temui seperti motif sulur dan motif burung penglor yang tidak kalah indah dari motif batik modern lumajang lainya.

Motif Batik Tuban

Motif Batik Tuban

Motif batik modern dari tuban mempunyai pengaruh antara unsur kebudayaan jawa, islam dan tiongkok.

Selain itu batik tuban merupakan salah satu batik yang termasuk dalam batik pesisir.

Motif yang sering digunakan dalam batik tuban adalah gambar burung, bunga dan banyak lagi yang lainya.

Batik tuban sendiri mempunyai nama lain yaitu batik gedog. Untu pewarnaan dari batik tuban dibatais dengan warna biru indigo, merah mengkudu, hitam serta putih.

Motif Batik Lamongan

Motif Batik Lamongan

Batik lamongan atau yang lebih dikenal dengan nama batik sendang. Penamaan batik sendang sendiri karena sentra batik di lamongan berada di desa dengan nama sendang.

Batik sendang sendiri mempunyai beebrapa karakteristik khas yang tentunya berbeda dengan batik dari daerah lain.

Batik lamongan atau batik sendang mempunyai karakteristik khas dengan goresan gambar yang sangat rumit.

Salain itu, karakteristik yang di miliki oleeh batik lamongan adalah motif burung slempang, gapuro tanjug kodok dan beberapa motif batik lamongan lainya.

Motif Batik Pasuruan

Motif Batik Pasuruan

Selain mempunyai potensi yang indah namun di balik keindahan alamnya pasuruan juga mempunya batik khas yang biasa anda temui.

Salah satu batik yang terkenal adalah batik dengan motif kembang sirih dan burung kepodanganya.

Untuk melestarikan dan memperkenalkan motif batik di daerah pasuruan maka untuk siswa seluruh SD yang ada di pasuruan mewajibkan motif ini untuk dijadikan sebagai sragam.

Motif Batik Papua

Motif Batik Papua

Batik papua mempunyai ciri khas yang mana dengan menggunakan pewarnaan cerah dengan desain etnik Islan yang simetris.

Penggunaan kombinasi tersebut membuat batik island tampak lebih eksotis yang mana sebagian besar batik papua menampilkan elemen alam serta budaya yang ada di papua.

Selain itu motif yang digunakan juga menggunakan hewan seperti burung cenderawasih, ciciak, kadal, dan buaya.

Motif batik Rembang

Motif batik Rembang

Batik rembang atau yang serng di kenal dengan nama batik lasem dengan ciri khas motif serta warna yang digunakan dipengaruhi oleh budaya china.

Selain itu ciri khas yang ada pada pewarnaan menggunakan warna merah menyerupai warna darah.

Motif Batik Palembang

Motif Batik Palembang

Batik Palembang mempunyai keindahan motif yang tidak kalah dengan motif daerah lain.

Motif batik palembang mengusung konsep yang islami yang mana tidak memakai gambar makhluk hidup seperti hewan atau lainya. Motif yang digunakan hanya perpaduan garis yang di buat dengan indah.

Beberapa jenis motif palembang adalah motif lasem, motif bunga teh.

Untuk pembuatanya pun agak berbeda dari daerah lain yang mana kalau diwilayah jawa batik cukup di sampirkan lalu dimulai untuk membatik.

Namun batik pelemabang sangat berbeda karena cara membuat motif harus dibentangkan terlebih dahulu dengan kencang yang mana kemudian di lakukan membatik.

Motif batik Maluku

motif batik Maluku

Maluku mempunyai beberapa jeenis motif yaitu cengkeh, pala, parang, dan salaawaku.

Namun beberapa motif yang terkenal diantaranya adalah motif cengkeh gugur, motif debur ombak, motif khas pulau seram serta motif budaya maluku.

Batik dari maluku sendiri mempunyai beberapa warna yang sering digunakan diantaranya batik dengan warna terang , kalem, gela serta biru laut serta kain yang digunakan adalah kain katun dan sutra.

Motif batik Purbalingga

Motif batik Purbalingga

Pernah dengar dengan nama kota perwira ? yah itu adalah salah satu sebutan dari kota purbalingga. Selain disebut dengan kota perwira purbalingga juga mempunyai batik yang khas loh.

Ciri khas yang ada pada Batik Purbalingga adalah gaya serta ornamen yang digunakan tentunya sangat berbeda dengan daerah lain.

Adapun batik purbalingga yang terkenal adalah desain lumbon, petean, jahe srimpan dan motif lainya yang tidak saya sebutkan.

Motif Batik Gresik

Motif Batik Gresik

Gresik adalah wilayah di pulau jawa yang berdekatan dengan Surabaya. Ciri khas batik gresik adalah filosofinya yang melambangkan tentan kota gresik itu sendiri.

Salah satu motif yang terkenal dari gresik adalah motif loh bandenng yang mana bandeng sendiri merupakan ikan khas dari gresik.

 Motif batik Pontianak

 Motif batik Pontianak

Terdapat ciri khas yang berbeda dengan daerah lain di Batik Pontianak yaitu motif dan coraknya dipengaruhi oleh Suku Melayu.

Banyak sekali motif yang dihasilkan namun yang sering dilihat adalah motif dengan bentuk bunga dan arwana.

Selain itu ciri khas yang melekat pada batik pontianak adalah pewarnaan yang umumnya menggunakan warna cerah sehingga tampilan bagitu meriah dan cerah.

Motif Batik Magetan

Motif Batik Magetan

Magetan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang mempunyai sentra kerajinan yang sangat beragam.

Namun saliain itu Magetan juga mempunyai batik tersendiri yang mana terkenal dengan nama Batik Sidomukti dan batik Pring.

Motif Batik Madiun

Motif Batik Madiun

Tidak kalah dengan daerah lain madiun juga mempunyai batik sendiri yaitu batik yang sering dikenal dengan nama Batik Kenongo.

Batik Madiun sendiri mempunyai motif yang berbeda dengan batik daerah lain yang mana motifnya berbentuk Dagger yang mana motif itu terinspirasi dari sejarah madiun.

Selain itu ada motif lain yang terinspirasi dari tumbuhan yang ada di Madiun.

Motif Batik Palangkaraya

Motif Batik Palangkaraya

Palangkaraya mempunyai daya tarik tersendiri dari motif khas dari Kalimantan Tengah ini. Salah satu suku yang masih ada sampai sekarang adalah suku dayak. Dengan begitu motif batik dari daerah ini juga mengusung kpercayaan dari Suku Dayak.

Salah satu ciri khas yang memang nampak di Motif Batik Modern Palangkaraya adalah batang garing yang mana meempunyai makna pohon penghubung antara manusia dan sang penguasa.

Motif Batik Ponorogo

Motif Batik Ponorogo

Ponorogo merupan salah satu wilayah di Jawa Timur yang terkenal dengan budaya reognya. Bahkan reog sampai sekarang sudah banyak yang mengenal bukan hanya di domestik saja namun sudah dikenal ke mancanegara dengan keindahan tarian dan bentuk reognya itu sendiri.

Selain itu budaya lain yang sampai saat ini masih di lestarikan adalah batik. Yah sesuai dengan budaya yang dimilkinya ponorogo mengangkat reog sebagai media yang di gambar pada batik.

Ciri khas yang ada pada reog sendiri adalah berupa hewan reog yaitu gabar burung merak serta singa.

Keindahan yang di tampilkan pada motif reog ponorogo tentunya membuat batik dari daerah ini istimewa dengan tampilan yang menawan.

Demikian tadi beberapa pembahasan mengani motif batik modern indonesia dan nusantara yang harus diketahui sebagai warisan leluhur yang musti di lestarikan.

Banyak sekali batik yang tentunya bisa di kaji, karena setiap daerah mempunyai batik sendiri – sendiri dengan keunikn yang berbeda – beda pula.

Terimakasih sudah membaca dan memberikan feedback yang baik untuk website kami. Semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply