PENGERTIAN AIR

Pengertian Air : Definisi, Jenis, Macam Macam, Unsur, Manfaat !

Pengertian air – air adalah salah unsur yang sangat penting yang ada di bumi serta sangat dibutuhkan untuk kehidupan semua jenis makhluk hidup. Oleh sebab itu air sendiri sering disebut sebagai sumber kehidupan yang mana disitu ada air maka disitu pula terdapat sebuah kehidupan.

Tidak hanya itu saja, air juga memiliki fungsi lain salah satunya seperti untuk menyembuhkan suatu penyakit. Contohnya ialah air Milagros, yang merupakan air alkali super stabil dengan kandungan Ph > 9.8. dan kadungan dalam air Milagros tersebut mendekati kandungan dari air zam – zam.

Selain itu air juga sangat penting serta diperlukan oleh manusia, karena jika kekurangan air pada tubuh bisa meyebabkan dehidrasi, karena ketahanan tubuh manusia sangat bergantung pada berbagai fungsi dari air tersebut, sedangkan tubuh manusia belum mengembangkan system penyimpanan air sebagai penyimpan lemak.

PENGERTIAN AIR MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN AIR
PENGERTIAN AIR

Berikut merupakan pengertian air menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Sitanala Arsyad

Definisi dari Arsyad pengertian air adalah senyawa gabungan dari dua atom yaitu atom hydrogen dan satu atom oksigen menjadi H2O.

2. Hefni Effendi

Menurut definisi dari beliau pengertian air adalah salah satu sumber energy gerak.

3. Roestam Sjarief

Pengertian air menurut Roestam ialah merupakan zat yang esensial yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.

4. Robert J. Kodoatie

Pengertian air menurut Robert ialah merupakan material yang membuat kehidupan terjadi di bumi.

5. Sayyid Qutbh

Definisi dari beliau pengertian air adalah dasar dari suatu kehidupan dan merupakan unsur yang sangat dibutuhkan dalam berlangsungnya kehidupan.

6. Ilmu Kimia

Pengertian air merupakan H2075 dan jawaban tersebut dibenarkan secara emperis berdasarkan observasi.

7. Eko Budi Kuncoro

Pengertian air menurut Eko merupakan suatu senyawa kimia sederhana  yang terdiri dari 2 atom hydrogen (H) dan satu atom oksigen  (o). air memiliki suatu ikatan hydrogen yang cenderung bersatu untuk menentang kekuatan dari luar yang bisa memecahkan ikatan – ikatan tersebut.

8. Bambang Agus Murtidjo

Definisi air menurut beliau adalah substansi yang memiliki keistimawaan sebagai salah satu penghantar panas yang sangat baik, sehingga air ada di dalam tubuh lebih penting dari makanan.

FUNGSI AIR

PENGERTIAN AIR
PENGERTIAN AIR

Setelah mengetahui tentang definisi air, berikutnya kita akan membahas tentang fungsi dari air itu sendiri. Jika merujuk pada beberapa pengertian air yang sudah dibahas diatas, maka sudah bisa dipastikan jika air memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Apa saja fungi air dan untuk aoa saja fungsi tersebut ? langsung saja, berikut penjelasan mengenai fungsi air yaitu :

  • Kesehatan tubuh air juga bisa bermanfaat untuk kesehatan bagi manusia dan dapat mengatasi beberapa penyakit seperti :
  1. Air putih bisa meningkatkan sirkulasi darah
  2. Banyak minum air putih bisa mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung
  3. Air putih bisa mengobati batuk dan sariawan
  4. Air putih bisa mengatasi sembelit
  5. Air putih bisa mengobati panas dalam

 

  • Salah satu yang bisa menikmati fungsi serta manfaat dari adanya air adalah manusia. Seperti yang sudah di jelaskan diatas bahwa air merupakan sumber kehidupan dan tanda kehidupan. hal inilah yang terjadi pada manusia, karena pada dasarnya tubuh manusia terdiri sebagian besar tersusun oleh air, sehingga manusia sangat bergantung dan membutuhkan air untuk dapat bertahan hidup
  • Selain untuk minum dan memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh, air juga mempunyai peran penting lain bagi manusia. Salah satunya untuk memasak, mencuci pakaian, mandi, dan yang lainya. Kita ketahui makanan juga merupakan sumber kehidupan bagi manusia, namun perlu kita tahu bahwa untuk membuat bahan mentah menjadi suatu makanan yang bisa dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi, manusia juga memerlukan air.

 

Dengan kata lain, air dibutuhkan untuk bisa menghasikan suatu makanan yang diperlukan oleh manusia. Hal ini sudah menjadi bukti mengenai fungsi penting yang disebutkan dalam definisi diatas. Intinya, setiap aspek kehidupan manusia pasti memerlukan air untuk mendukung nya, baik itu secara individu ataupun untuk kebutuhan bersama.

 

  • Fungsi berikutnya adalah air dapat membantu perkembangan perekonomian bagi manusia. Air sangat diperlukan baik dalam bidang pertanian, yang mana nantinya akan menghasilkan produk pangan yang bisa memberikan nilai ekonomi bagi seorang petani.

Dalam bidang industri air juga dapat membantu dalam mengelola segala produk mentah menjadi produk yang siap dipakai oleh manusia.

 

  • Fungsi air tidak hanya terbatas untuk manusia saja, namun juga untuk makhluk hidup lain ( hewan dan tumbuhan) bagi hewan misalnya, air bisa berfungsi sebagai tempat tinggal. Sedangkan bagi tumbuhan, air bisa berfungsi dalam proses fotosintesis yang akan membantu tumbuhan dalam pertumbuhan tanaman.

Air itu sendiri merupakan suatu kebutuhan yang vital bagi semua makhluk hidup, bahkan kita sendiri sebagai manusia sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan, sehingga bisa kita bayangkan sendiri apabila tubuh kita mengalami kekurangan air apa yang akan terjadi.

Apabila jika tubuh kita kehilangan air sebanyak 15% saja maka bisa mengakibatkan kematian, dikarenakan dehidrasi. Oleh sebab itu maka sangat dianjurkan untuk orang dewasa setidaknya harus meminum air sekitar 1,5 hingga 2 liter perhari bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan metabolism dalam tubuh.

Selain itu, air juga mempunyai peran penting di dalam tubuh kita sebagai sebuah transportasi zat – zat makanan yang sudah di cerna serta berlarut dalam darah,  dan juga untuk melarutkan berbagai jenis – jenis zat yang ada di dalam tubuh kita

Menurut rumus kimianya, , air ini merupakan suatu senyawa yang terdiri dari senyawa hydrogen (H20) dan senyawa oksigen (0) sehingga bisa disimpulkan air murni mempunyai rumus kimia H2O

JENIS – JENIS AIR

PENGERTIAN AIR
PENGERTIAN AIR

Selanjutnya, air biasa dikelompokkan menjadi bebrapa berdasarkan dari mana asal air tersebut :

1. Air Laut

Air laut merupakan sebuah air yang berasal dari laut tentunya, serta memiliki sifat yang asin dikarenakan mengandung garam (NaCL). Air jenis ini tidak boleh jika langsung dikonsumsi tanpa melewati sebuah proses pengolahan.

2. Air Atmosfer, Air Meteriologik

Pengertian air jenis ini merupakan air yang berasal dari langit atau yang biasa kita kenal dengan air hujan. Dari sumber asalnya air ini merupakan air yang sangat murni serta tidak mengandung zat berbahaya atau pencemaran. Namun apabila ketika air ini telah turun sebagai hujan bisa saja terkena berbagai kotoran atau zat berbahaya yang di lewatinya.

Air hujan yang baru saja turun ini memiliki sifat yang agresif yang bisa menyebabkan korosi terhadap besi. Oleh sebab itu air hujan tidak boleh dijadikan sebagai air minum secara langsung.

Agar air hujan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal maka kita perlu membuat sebuah sumur resapan yang nantinya bisa menetralisir dari air hujan tersebut dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan makhluk hidup.

3. Air Angkasa

Pengertian air angkasa ialah air yang berasal dari udara dan jatuh ke permukaan bumi. Komposisi air yang ada di lapisan udara bumi berjumlah sekitar 0,0001 % dari total keseluruhan air di permukaan bumi. Air angkasa terbagi menjadi air hujan, air salju, dan air es.

4. Air Permukaan

Pengertian air permukaan adalah merupakan salah satu sumber penting bahan baku air bersih, hal ini didefinisikan salah satu ilmuan yang bernama Chandra dalam sebuah buku pengantar kesehatan lingkungan untuk dapat dijadikan air minum, maka air permukaan ini harus diperhatikan dari segi kalitas air nya dan dari berbagai segi diantanya ialah :

  • Mutu atau kualitas bakunya
  • Jumlah atau kuantitasnya dari air tersebut
  • Kontinuitasya

Jenis air permukaan ini merupakan jenis air yang sangat rentan terkena suatu pencemaran, baik itu pencemaran dari ulah manusia ataupun pencemaran dari flora dan fauna yang ada disekitarnya. Maka dari itu kita harus perhatikan kualitas air bersih.

Jenis air permukaan ini digolongkan menjadi beberapa jenis, adapun jenis – jenis dari air permukaan adalah :

5. Air Sungai

Pengertian air sungai ialah merupakan air yang mengalir dari suatu tempat yang tinggi atau hulu ke tempat yang lebih rendah atau hilir dan akan berakhir / bermuara di laut.

Air sungai ini juga sering dijadikan sebagai air minum atau konsumsi serta untuk kebutuhan sehari – hari masyarakat disekitarnya, namun kita juga harus memperhatikan air sungai bila saat kita akan menkonsumsinya.

Kita juga harus melihat apakah air sungai ini sudah tercemar atau belum. Untuk lebih detailnya jika kita ingin mengetahui apakah air ini sudah tercemar atau belum, kita bisa menggunakan sebuah alat bantu atau alat uji kualitas air untuk dapat mengetahui secara pasti kualitas airnya.

6. Air Rawa

Definisi dari air rawa ialah merupakan air yang keberadaanya terdapat pada suatu cekungan yang ada di bumi. Air rawa ini biasanya berwarna kuning kecoklatan. Hal ini terjadi karena akibat dari adanya zat – zat organis yang sudah membusuk seperti asam humus yang telah larut dalam air.

Air rawa ini juga bukan merupakan jenis air konsumsi, dan apabila akan dikonsumsi maka harus melewati beberapa proses pengolahan terlebih dahulu hingga air benar – benar sudah layak untuk di konsumsi oleh manusia.

7. Air Tanah

Pengertian air tanah sendiri didefinisikan oleh seorang ilmuan bernama Chandra (2006) dalam sebuah buku pengantar kesehatan lingkungan adalah sebagian dari air hujan yang telah mencapai permukaan bumi dan menyerap ke dalam lapisan tanah dan menjadi air tanah.

Dalam prosesnya air hujan akan melewati berbagai macam lapisan pada tanah sebelum mencapai lapisan tempat air tanah. Karena proses ini dapat menyebabka terjadinya kesadaran dalam air. Dan karena hal tersebut air akan mengandung zat – zat mineral dan konsentrasi seperti kalsium, magnesium, serta logam berat lainnya seperti besi dan mangan

Air di lapisan tanah menyumbang 0,6 % dari total air keseluruhan yang ada di bumi. Pada umumnya kedalaman air tanah berkisar 9 sampai 15 meter di bawah permukaan tanah. Air tanah tanah di kelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan kedalamannya diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Air tanah freatik, yang dimaksud air tanah freatik adalah air tanah yang letaknya dangkal atau yang berada tidak jauh dari permukaan tanah.
  • Air tanah dalam, ialah merupakan air yang terletak di bawah lapisan tanah kedap air pertama.
  • Air tanah meteorit (vados), ialah merupakan air tanah yang berasal dari air hujan dan sebelumnya telah terjadi penguapan air di atmosfer yang membuat air ini terampur debu meteorit.
  • Air tanah magma (juvenil), ialah merupakan air yang terbentuk secara kimiawi di dalam tanah di sebabkan karena pengaruh magma.
  • Air konat, ialah merupakan air tanah yang terjebak di sebuah bauan selama beribu – ribu tahun yang lalu sehingga sering disebut juga dengan istilah air purba.

MANFAAT AIR

PENGERTIAN AIR
PENGERTIAN AIR

Membahas mengenai air kurang lengkap jika tidak membahas mengenai manfaat nya. Selain mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi, air juga memberikan manfaat lain yang sangat besar bagi keberlangsungan hidup semua makhluk di bumi, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Dalam salah satu definisi air yang telah dijelaskan di atas, bahwa air berfungsi dalam proses metabolisme tubuh. Ya, air bisa membawa manfaat bagi kesehatan manusia karena beberapa kandungan air yang mengandung zat – zat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi air secara teratur akan membawa manfaat positif untuk tubuh manusia seperti membantu kelancaran proses metabolisme, sehingga manusia tidak mudah terserang penyakit yang berhubungan dengan sistem metabolisme.

Selain itu, air juga mempunyai manfaat lain yang tidak kalah penting bagi kehidupan. Misalnya sebagai sarana transportasi yang juga dapat membantu dalam perekonomian. Air juga dapat memberikan manfaat lain seperti sarana wisata atau rekreasi, karena beberapa air bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata, seperti pantai, waduk, sungai serta danau.

SIKLUS HIDROLOGI

PENGERTIAN AIR
PENGERTIAN AIR

Siklus air juga sering disebut dengan istilah siklus hidrologi. Siklus air merupakan siklus atau sirkulasi air dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi serta berlangsung secara terus menerus.

Siklus air sangat penting peranannya terhadap keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di bumi. Berikut sketsa siklus air, serta penjelasanya adalah sebaagai berikut :

1. Proses Evaporsi

Air yang berada di danau, sungai, laut, serta sumber – sumber air lainnya menguap karena adanya panas dari matahari. Proses penguapan seperti inilah yang dinamakan dengan evaporsi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa evaporsi merupakan proses penguapan air oleh abiotik (benda – benda mati). Proses evaporsi membuat wujud air menjadi uap air sehingga uap air tersebut naik ke atmosfer bumi.

2. Proses Transpirasi

Proses transpirasi merupakan proses penguapan yang disebabkan oleh biotik (makhluk hidup). Uap air dari makhluk hidup ini juga naik ke atmosfer. Namun, jumlah uap air yang dihasilkan dari proses transpirasi ini tidak sebanyak yang di dapat pada proses evaporasi.

3. Proses Evapotranspirasi

Pengertian proses ini merupakan keseluruhan proses penguapan yang terjadi di muka bumi, yang disebabkan baik dari biotik maupun dari abiotik. Evapotranspirasi merupakan gabungan dari evaporasi dan transpirasi. Laju proses evaporasi sangat berpengaruh dengan jumlah uap air yang terangkat ke atmosfer.

4. Proses Sublimasi

Pengertian sublimasi merupakan proses perubahan es di kutub atau di puncak gunung yang menjadi uap air tanpa menjadi cair terlebih dahulu. Proses ini juga berhasil menyumbangkan jumlah uap air yang naik ke atmosfer walaupun jumlahnya sedikit.

5. Proses Kondensasi

Kondensasi ialah merupakan proses berubahnya uap air menjadi partikel – partikel es. Uap air berubah menjadi es dikarenakan tingginya suhu di suatu ketinggian tertentu. Partikel – partikel es yang terbentuk akan bersatu dan membentuk sebuah awan.

6. Proses Adveksi

Pengertian proses adveksi merupakan proses perpindahan awal dari suatu tempat ke tempat yang lain di sebabkan oleh bergeraknya udara.

7. Proses Presipitasi

Merupakan proses mencairnya awan akibat suhu udara yang tinggi. Peristiwa seperti inilah yang dinamakan dengan hujan. Jika suhu sangat rendah, ada kemungkinan terjadinya turunnya sebuah salju.

8. Proses Run Off

Proses ini merupakan proses pergerakan air di permukaan bumi dari dataran yang lebih tinggi ke suatu dataran yang lebih rendah. Aliran ini bisa terbawa melalui sungai, muara, atau bisa melalui saluran air lainya.

9. Proses Infiltrasi

Pengertian infiltrasi merupakan proses aliran air uang tidak melalui saluran air pada umumnya, tetapi melalui resapan tanah. Secara perlahan, proses ini juga bisa membawa air kembali ke laut.

UNSUR – UNSUR AIR

PENGERTIAN AIR
PENGERTIAN AIR

Selanjutnya kita ulas mengenai unsur dari air, air merupakan gabungan unsur kimia dengan rumus kimia senyawa h

H2O, di mana satu molekul air terdapat dua unsur atom hidrogen yang diikat oleh satu atom oksigen. Sifat air tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau pada saat kondisi normal. Dalam kondisi normal ini merupakan air yang mempunyai tekanan 100 kpa (1bar) dengan suhu 273,15 kelvin. Yang dimana air normal bisa melarutkan beberapa unsur senyawa lainnya seperti asam, garam, dan beberapa jenis gas lainnya.

Pengertian Air

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *