Akhlak : Pengertian, Macam-macam, Akhlak Madzmumah, Akhlak Mahmudah !!!

Pengertian Akhlak – Akhlak adalah suatu sifat yang tertanan dalam jiwa atau perilaku manusia yang sudah menancap dalam dirinya dan bisa dikatakan akhlak itu suatu perbuatan baik itu perbuatan yang baik.

Menurut Ibnu Miskawih Akhlak sendiri adalah keadaan jiwa atau sifat yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan tanpa perlu adanya pertimbangan.

Sedangkan Akhlak menurut pandangan islam adalah buah dari keimanan atau keistiqomahan seseorang dalam menjalankan ibadah yang di perintahkan Allah.

Kata Akhlak sendiri berasal dari bahasa arab yaitu dari kata khuluk yang artinya kelakuan, watak, budi pekerti, kebiasaan atau tingkah laku seseorang.

Akhlak sendiri sangat rekat bila dikaitkan dengan perbuatan, karena ketika seseorang melakukan perbuatan baik maka orang itu bisa dikatakan mempunyai akhlak mulia. Sedangkan bila seseorang melakukan perbuatan buruk maka perbuatan tersebut bisa dikatakan dengan akhlak yang buruk.

Macam-macam akhlak

pengertian akhlak

pengertian akhlak

1. Akhlak Mahmudah

Akhlak mahmudah adalah akhlak terpuji atau baik. Akhlak ini bisa juga disebut dengan sebutan akhlakul karimah yaitu akhlak yang pada dasarnya ada pada diri manusia. Fithrah manusia sendiri pada dasarnya adalah makhluk yang baik. Namun, karena terpengaruh dengan sekeliling maka perkembangan sifat manusia sendiri itu akan berubah.

2. Akhlak Madzmummah

Akhlak Madzmummah adalah akhlak tercela atau perilaku yang buruk baik secara pebuatan, perkataan dan sebagainya yang mana akan mendatangkan kemadhorotan untuk dirinya sendiri dan orang lain yang dapat menggoyahkan iman seseoran tersebut.

Contoh-contoh Akhlak

pengertian akhlak

pengertian akhlak

1. Akhlak Mahmudah

Jujur

Jujur adalah tindakan atau tingkah laku yang paling di sukai seseorang namun sangat susah untuk dilakukan karena orang yang selalu jujur sudah pasti mempunyai dorongan atau niat baik dengan tujuan tidak ingin dirinya dan orang lain merasa rugi.

Jujur sendiri sangat sulit kalau tidak di terapkan sejak dari dini karena tanpa kebiasaan sifat jujur harus selalu di tegakkan, oleh karena itu jujur termasuk ke dalam golongan akhlak Mahmudah atau akhlak terpuji.

Rendah Hati

Kata rendah hati mungkin tidak asing di telinga Rendah hati adalah sifat dari seseorang yaang bisa menempatkan dirinya sederajat atau lebih rendah dengan orang lain atau tidak merasa paling baik atau paling tinggi di antara orang lain.

Kerendahan hari sangat diperlukan seseorang karena dari rasa rendah hati ini seseorang bisa dilihat dari indikator tingginya kecerdasan. Rendah hati termasuk aakhak terpuji karena seseorang yang selalu rendah hati akan memandang sama semua orang tanpa memandang apapun.

Murah hati

Murah hati adalah sikap suka memberi kepada sesama manusia tanpa mempunyai keinginan untuk mendapatkan balasan atau imbalan dari orang yang di beri.

Sabar

Sabar adalah sikap menahan sesuatu yang menimpa dirinya atau bisa juga dikatakan menahan hawa nafsu.

2. Akhlak Madzmummah

Riya’

Riya’ adalah melakukan suatu perbuatan baik namun dengan niat untuk dilihat orang atau agar orang yang melihat memuji apa yang diperbuat. Atau bisa dikatakan Riya’ adalah pamer dengan perbuatan baiknya.

Sum’ah

Sum’ah adalah sikap seseorang yang membicarakan perbuatan baiknya yang awal mulanya orang yang sum’ah melakukan dengan cara sembunyi-sembunyi atau tidak ada yang lihat namun orang tersebut membicarakan ke orang lain agar dapat pujian, kedudukan atau penghargaan dari orang lain. Akhlak seperti ini sangat tidak di perbolehkan dalam ajaran agama islam karena termasuk akhlak yang buruk.

Ujub

Ujub adalah sifat seseorang yang mengagumi dirinya sendiri karena merasa kalau dirinya mempunyai kelebihan dibandingkan dengan orang lain. Sifat Ujub termasuk akhlak yang tidak baik karena perilaku seperti ini akan mengarah ke kehancuran.

Takabur

Takabur merupakan perilaku yang sangat di benci Allah. Perilaku yang satu ini adalah contoh perilaku akhlak yang buruk karena orang yang mempunyai sifat ini orang tersebut terlalu membanggakan dirinya sendir dan menganggap orang lain lebih rendah atau lebih kecil dari dirinya.

Tamak

Tamak adalah rakus atau bisa dikatakan tamak adalah terlalu cintanya kepada dunia (harta) atau terlalu berlebihan dalam melakukan sesuatu tanpa memperdulikan hukum yang berlaku dalam ajaran islam.

Fitnah

Fitnah adalah penisbatan atau tuduhan kepada seseorang tanpa adanya bukti, dimana sebenarnya orang yang dituduh tidak pernah melakukan apa yang di tuduhkan.

Bakhil

Bakhil adalah perbuatan seseorang yang menahan sesuatu yang seharusnya wajib harus dikasih kepada orang lain.

Semoga pengertian, macam-macam dan contoh akhlak diatas bisa membantu kalian dalam menyelesaikan sesuatu masalah dan yang pastinya semoga artikel yang saya tulis bisa bermanfaat.

Pengertian Akhlak

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply