pengertian akuntabilitas

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli, Jenis, Prinsip, TIngkatan

Pengertian akuntabilitas – pada hakekatnya pengertian akuntabilitas hampir sama dengan menjawab pertanyaan “telur atau ayam, yang mana yang lebih dulu ada?”

Pengertian akuntabilitas berasal dari istilah dalam Bahasa inggris accountability yang artinya pertanggungjawaban atau suatu keadaan untuk dipertanggungjawabkan atau keadaan untuk di minta pertanggungjawaban.

Akuntabilitas yaitu berfungsinya seluruh komponen penggerak jalannya suatu kegiatan dalam perusahaan, sesuai dengan tugas serta kewenangannya masing – masing.

Akuntabilitas bisa diartikan lain sebagai suatu kewajiban – kewajiban dari setiap individu atau penguasa yang dipercayakan untuk mengolola semua sumber – sumber daya pabrik dan yang bersangkutan dengannya untuk bisa menjawab hal – hal yang menyangkut pertanggungjawabannya.

Akuntabilitas berkaitan erat dengan instrument untuk kegiatan control terutama dalam hal pencapaian sebuah hasil pada pelayanan public dan menyampaikannya secara terbuka atau transparan kepada masyarakat.

Menurut seorang ilmuan bernama Dubnick, akuntabilitas public secara tradisional di pahami sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengawasi serta mengarahkan perilaku administrasi dengan cara memberikan kewajiban untuk bisa memberikan sebuah jawaban (answerability) kepada sejumlah otoritas eksternal.

Namun menurut Romzek dan Ingraham pengertian akuntabilitas public dalam arti yang paling fundamental merujuk pada kemampuan menjawab dari seseorang terkait dengan kinerja yang diharapkan. Seseorang yang diberikan jawaban ini haruslah seseorang yang mempunyai legitimasi untuk bisa melakukan pengawasan dan mengharapkan kinerja.

PENGERTIAN AKUNTABILITAS

pengertian akuntabilitas
pengertian akuntabilitas

Berikut beberapa penjelasan mengenai pengertian akuntabilitas. Akuntabilitas ialah suatu peningakatan dari rasa tanggung jawab, suatu yang lebih tinggi mutunya dari sebuah tanggung jawab sehingga dapat memuaskan atasan.

Selain itu pengertian lain akuntabilitas adalah kondisi seseorang yang di nilai oleh orang lain karena kualitas dari performanya menyelesaikan sebuah tujuan yang menjadi tanggung jawabnya.

Menurut Elliot definisi akuntabilitas adalah suatu kecocokan atau sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang lain dan menjelaskan serta mempertimbangkan kepada orang lain mengenai tentang keputusan dan tindakan yang telah diambil.

Pengertian akuntabilitas menurut Lessinger ialah suatu kajian hubungan antara apa yang telah dilakukan oleh sekolah dengan dana yang digunakan dengan hasil belajar yang di peroleh.

Pengertian akuntabilitas ini bisa memberikan suatu petunjuk sasaran pada hampir semua reformasi sector public dan dapat mendorong munculnya teknana untuk perilaku kunci yang terlibat untuk bertanggung jawab serta untuk menjamin kinerja pelayanan public yang baik.

Prinsip dari akuntabilitas ialah merupakan pelaksanaan pertanggung jawaban dimana dalam sebuah kegiatan yang di lakukang oleh pihak yang terkait harus mampu mempertanggung jawabkan pelaksanaan kewenangan yang telah di berikan di bidang tugasnya.

Prinsip akuntabilitas terutama sangat berkaitan erat dengan pertanggung jawaban terhadap efektivitas kegiatan dalam pencapaian sasaran atau target kebijakan atau program yang telah di tetapkan itu.

Selanjutnya, pengertian akuntabilitas menurut Lawton dan Rose bisa dikatakan sebagai sebuah proses dimana seorang atau sekelompok orang yang di butuhkan untuk membuat suatu laporan aktivitas mereka dan dengan cara yang mereka sudah atau belum ketahui untuk melaksanakan pekerjaan mereka.

Akuntabilitas sebagai salah satu prinsip good corporate govermance yang berkaitan dengan pertanggung jawaban pimpinan atas keputusan dan hasil yang telah dicapai,  berdasarkan dengan wewenang yang dilimpahkan dalam pelaksanaan tanggung jawab mengelola sebuah oraganisasi.

Prinsip akuntabilitas digunakan untuk menciptakan system control yang efektif yang berdasarkan distribusi kekuasaan pemegang saham, komisaris, dan direksi sebuah prusahaan.

PENGERTIAN AKUNTABILITAS MENURUT PARA AHLI

pengertian akuntabilitas
pengertian akuntabilitas

Agar kita lebih memahami tentang pengertian akuntabilitas kita bisa merujuk ke beberapa pengertian para ahli. Berikut definisi akuntabilitas menurut para ahli sebagai berikut :

1. Syahrudin Rasul

Definisi akuntabilitas menurut Syahrudin adalah suatu kemampuan memberi jawaban kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan dari seseorang atau sekelompok orang kepada masyarakat luas dalam sebuah organisasi.

2. Turner and Hulme

Menurut dari beliau pengertian akuntabilitas adalah keharusan suatu lembaga sektor public untuk lebih menekan pada pertanggung jawaban horizontal (masyarakat) bukan hanya sekedar pertanggung jawaban vertical (otoritas yang lebih tinggi).

3. Mardiasmo

Menurut definisi dari mardiasmo, akuntabilitas ialah bentuk kewajiban mempertanggung jawabkan sebuah keberhasilan atau kegagalan dalam pelaksanaan sebuah misi organisasi dalam mencapai tujuan serta sasaran yang telah di tetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggung jawaban yang di laksanakan secara periodic.

4. Mahmudi

Menurut dari beliau pengertian akuntabilitas adalah kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan., serta mengungkapkan segala aktivitas dan segala kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya public kepada pemberi mandate (principal).

5. Wikipedia

Pengertian akuntabilitas menurut Wikipedia adalah sebuah konsep etika yang dekat dengan administrasi public pemerintahan atau lembaga eksekutif pemerintah, lembaga yudikatif kehakiman, serta lembaga legislatif parlemen.

6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI pengertian akuntabilitas adalah perihal bertanggung jawab, suatu keadaan yang dapat dimintai pertanggung jawaban.

7. Affan Gafar

Definisi dari Affan, akuntabilitas ialah setiap pemegang jabatan yang telah di pilih oleh rakyat yang kemudian harus bisa mempertanggung jawabkan kebijakan yang hendak dan telah di tempuh, dapat mempertanggung jawabkan kata – kata atau ucapan yang telah dikeluarkan serta mempertanggung jawabkan perilaku dalam kehidupan yang pernah, sedang bahkan yang akan dilaksanakan.

8. Teguh Arifiyadi

Menurut dari beliau pengertian akuntabilitas adalah suatu kewajiban dari individu atau penguasa yang telah dipercaya untuk mengelola sumber daya public dan yang bersangkutan dengannya, serta kemudian mampu menjawab hal yang meyangkut pertanggung jawabannya.

Akuntabilitas berkaitan erat dengan instrument untuk kegiatan control terutama dalam hal pencapaian sebuah hasil pada pelayanan publik dan menyampaikannya secara transparan kepada masyarakat.

9. LAN (1999)

Menurut LAN, pengertian akuntabilitas ialah kewajiban untuk memberikan pertanggung jawaban  atau untuk menjawab serta menerangkan kinerja dan tindakan seseorang atau badan hukum atau pimpinan kolektif sebuah organisasi kepada pihak yang mempunyai hak atau berwewenang untuk meminta suatu keterangan atau pertanggung jawaban.

10. Sirajudin Saleh dan Asmal Iqbal

Menurut dari beliau pengertian akuntabilitas adalah sisi sikap dan watak kehidupan manusia yang meliputi akuntabilitas internal dan eksternal dari seseorang. Yang dimaksud sisi internal seseorang akuntabilitas merupakan sebuah pertanggung jawaban orang tersebut kepada tuhan nya.

Sedangkan akuntabilitas sisi eksternal seseorang ialah akuntabilitas orang tersebut terhadap lingkungannya baik lingkungan formal (atasan ke bahawan) maupun lingkungan masyarakat.

JENIS AKUNTABILITAS

pengertian akuntabilitas
pengertian akuntabilitas

Menurut Bruce Stone, O.P. Dwiedi dan Joseph G Jabbra terdapat 8 jenis akuntabilitas yang pada umumnya berkaitan dengan moral, politik, administrasi, manajerial, pasar, hukum, dan peradilan, hubungan dengan konstituen serta professional. Berikut adalah jenis – jenis akuntabilitas yaitu :

  • Akuntabilitas Politik

Akuntabilitas politik ialah suatu akuntabilitas administrasi public dari sebuah lembaga eksekutif pemerintah, lembaga legislative parlemen dan juga lembaga yudikatif kehakiman kepada public.

  • Akuntabilitas Administrasi

Ialah suatu aturan dan norma internal serta beberapa komisi independen yang merupakan suatu mekanisme untuk bisa menampung birokrasi dalam tanggung jawab administrasi pemerintah.

Menurut Mardiasmo, definisi akuntabilitas dibagi menjadi dua jenis. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Akuntabilitas Vertikal

Yang dimaksud akuntabilitas vertical adalah akuntabilitas yang berupa pertanggung jawaban yang di lakukan kepada atasan.

  • Akuntabilitas Horizontal

Akuntabilitas horizontal ialah akuntabilitas yang berupa tanggung jawab yang dilakukan kepada orang ataupun kepada lembaaga yang setara.

Definisi menurut Mahmudi, menurut dari beliau akuntabilitas terbagi menjadi 5 jenis. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Akuntabilitas Hukum dan Kejujuran

Yang dimaksud akuntabilitas hukum dan Kejujuran merupakan pertanggung jawaban yang berhubungan dengan aktivitas penegak hukum serta  norma kejujuran yang ditunjukkan dengan cara tidak melakukan berbagai penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang yang dimiliki.

  • Akuntabilitas Manajerial

Akuntabilitas manajerial ialah merupakan pertanggung jawaban yang saling berhubungan atau berkaitan dengan pola kerja manajerial yang harus di lakukan secara efektif dan efisien.

  • Akuntabilitas Program

Yang dimaksud akuntabilitas program adalah suatu pertanggung jawaban yang berhubungan dengan program yang akan di lakukan atau di jalankan.

Seseorang yang berwewenang dalam program ini harus bisa menunjukkan suatu program yang akan di bangun dapat berjalan dengan baik atau tidak, serta  apa saja upaya yang akan dilakukan agar program yang telah direncanakan tersebut bisa berjalan dengan optimal sesuai dengan rencana.

  • Akuntabilitas Kebijakan

Akuntabilitas jenis ini merupakan akuntabilitas yang berkaitan dengan pertanggung jawaban sebuah lembaga public terhadap berbagai kebijakan dan keputusan yang sudah di putuskan atau diambil.

Dalah hal ini, orang yang berperan dalam lembaga public harus bisa mempertanggung jawabkan pada setiap kebijakan yang sudah ditetapkan baik itu dari tujuan, alasan pengambilan kebijakan, manfaat yang muncul, hingga berbagai dampak negative yang mungkin di timbulkan dari kebijakan yang akan atau telah diambil.

  • Akuntabilitas Finansial

Jenis akuntabilitas ini sangat berkaitan erat dengan pertanggung jawaban sebuah lembaga public terhadap tiap uang yang akan disetorkan masyarakat kepada pemerintahan. Lembaga public harus bisa menerangkan tentang bagaimana uang tersebut di dapatkan, kemana uang tersebut di belanjakan serta berbagai macam jenis pertanggung jawaban lainnya.

Selain itu, Mostopa didjaja AR juga merincikan 3 jenis akuntabilitas, yaitu akuntabilitas keuangan, manfaat dan prosedur. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Akuntabilitas keuangan

Akuntabilitas keuangan merupakan suatu pertanggung jawaban mengenai tentang integritas keuangan, pengungkapan dan ketaatan terhadap segala jenis peraturan perundang – undangan.

Sasaran pertanggung jawaban ini adalah laporan keuangan yang di sajikan serta peraturan perundang – undangan yang berlaku yang mencakup penyimpanan, penerimaan, dan pengeluaran uang oleh instansi pemerintah.

  • Akuntabilitas Manfaat

Yang dimaksud dengan akuntabilitas manfaat pada dasarnya merupakan perhatian kepada hasil dari suatu kegiatan – kegiatan pemerintah atau organisasi.

Dalam hal ini, seluruh apparat pemerintah atau organisasi di pandang berkemampuan menjawab pencapaian tujuan (dengan memperhatikan dari manfaatnya), serta tidak hanya sekedar kepatuhan terhadap kebutuhan.

Efektifitas yang hendak di capai bukan hanya berupa output saja, akan tetapi yang lebih penting adalah efektifitas dari sudut pandang outcome.

  • Akuntabilitas Prosedural

Akuntabilitas ini merupakan pertanggung jawaban mengenai apakah suatu prosedur penetapan dan pelaksanaan suatu kebijakan telah mempertimbangkan mengenai masalah moralisasi, etika, kepastian hukum, dan ketaatan pada keputusan politis untuk mendukung pencapaian dari tujuan akhir yang sudah di tetapkan.

Berbeda halnya dengan pendapat D. Yango yang dikutip pada buku yang di tulis oleh (Mostopa Didjaja AR, 2000 : 26), D. Yango mendefinisikan ada 4 jenis akuntabilitas, diantaranya yaitu :

  • Tradisional atau Regulatory Accountability

dimaksudkan bahwa untuk mempertahankan tingkat efisiensi dari pelaksanaan administrasi public yang merujuk pada perwujudan pelayanan prima, maka perlu akuntabilitas yang bersifat tradisional atau akuntabilitas regular untuk mendapatkan informasi mengenai kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, terutama yang berkaitan dengan aturan fisikal dan peraturan pelaksanaan administrasi public yang di sebut juga Compliance Accountability.

  • Menegerial Accountability

Yang menitikberatkan pada efisiensi dalam penggunaan dana, sumber daya manusia, harta kekayaan, dan sumber – seumber daya lainnya.

  • Program Accountability

Merupakan jenis akuntabilitas yang memfokuskan pada penciptaan hasil dari operasi pemerintah. Untuk itu, maka semua pegawai pemerintah harus bisa menjawab setiap pertanyaan disekitar penyampaian tujuan pemerintah, bukan sekedar hanya ketaantan pada peraturan yang berlaku.

  • Process Accountability

Memfokuskan terhadap sebuah informasi mengenai pencapaian kesejahteraan sosial atas pelaksanaan kebijakan serta aktivitas – aktivitas organisasi, sebab rakyat yang nota bene pemegang kekuasaan.

Memperhatikan jenis – jenis akuntabilitas seperti yang telah dikemukakan dan di jelaskan diatas, maka di dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya, disamping harus berakuntabilitas secara umum atau peraturan.

pemerintah juga harus berakuntabilitas berdasarkan pada proses pelaksanaan tugas serta tanggung jawabnya. Dalam suatu program yang diimplementasikan, dan juga dalam suatu kebijakan yang telah di buat atau di rumuskan.

PRINSIP – PRINSIP AKUNTABILITAS

pengertian akuntabilitas
pengertian akuntabilitas

Prinsip akuntabilitas di gunakan untuk menciptakan sebuah system control yang efektif. Prinsip –prinsip akuntabilitas adalah sebagai berikut :

  1. Mengontrak performa artinya performa dari para petugas pendidikan di kontrak oleh orang – orang yang berkepentingan didalam pendidikan. Kriteria performa yang telah di sepakati bersama harus bisa dilaksanakan dengan baik.
  2. Mempunyai kunci pembentuk arah. Dengan biaya tertentu dan dengan kriteria yang telah di kontrakan itu diharapkan sebuah pendidikan mampu mencapai tujuan secara tepat.
  3. Ada unsur pemeriksaan. Suatu pemeriksaan harus dilakukan oleh orang – orang yang bebas yang tidak terlibat di dalam kegiatan pendidikan. Para pengontrak ialah merupakan unsur pengontrol dalam kegiatan pendidikan.
  4. Ada jaminan pendidikan. Mutu dari pendidikan terjamin karena sudah memakai kriteria atau ukuran tertentu.
  5. Pemberian inisiatif,sebagai bentuk imbalan terhadap jerih payah guru, maka dibuatlah insentif.

TINGKATAN AKUNTABILITAS

pengertian akuntabilitas
pengertian akuntabilitas

Akuntabilitas memiliki beberapa tingkatan – tingkatan. Tingkatan akuntabilitas menurut majalah akuntansi adalah sebagai berikut :

1. Akuntabilitas Personal

Merupakan sebuah akuntabilitas yang berkaitan dengan diri sendiri.

2. Akuntabilitas Individu

Ialah akuntabilitas yang berkaitan dengan suatu pelaksanaan.

3. Akuntabilitas Tim

Merupakan akuntabilitas yang di bagi dalam kerja kelompok atau dalam tim.

4. Akuntabilitas Organisasi

Merupakan akuntabilitas internal dan eksternal di dalam sebuah organisasi

5. Akuntabilitas Stakeholders

Yang dimaksud akuntabilitas Stakeholders adalah akuntabilitas yang terpisah antara stakeholders dan organisasi.

ALAT – ALAT AKUNTABILITAS

pengertian akuntabilitas
pengertian akuntabilitas
  1. Rencana Strategi

Merupakan suatu proses yang membantu suatu organisasi untuk memikirkan tentang sasaran yang harus di terapkan untuk memnuhi misi mereka serta arah apa yang harus di lakukan untuk dapat mencapai sasaran tersebut.

Hal tersebut merupakan dasar dari semua perencanaan, penganggaran, pengawasan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan suatu organisasi. Manfaatnya antara lain membantu kesepakatan sekitar tujuan, menyediakan dasar alokasi sumber daya dan perencanaan operasional, menentukan suatu ukuran untuk mengawasi hasil, dan mambantu untuk mengevaluasi kinerja suatu organisasi.

  1. Rencana Kinerja

Rencana kinerja menekankan komitmen suatu organisasi agar mencapai hasil tertentu sesuai dengan tujuan, sasaran, dan strategi dari rencana organisasi untuk permintaan sumber daya yang dianggarkan.

  1. Kesepakatan Kinerja

Kesepakatan kinerja ditujukan, dalam hubungannya antara dengan yang melakukan pekerjaan untuk menyediakan sebuah proses untuk mengukur kinerja dan bersamaan dengan itu bisa membangun akuntabilitas.

  1. Laporan Akuntabilitas

Laporan akuntabilitas dipublikasikan tahunan dan termasuk program serta informasi keuangan, seperti laporan keuangan yang sudah diaudit dan indicator kinerja yang merefleksikan kinerja dalam hubungannya dengan pencapaian utama organisasi.

  1. Penilaian Kinerja

Merupakan proses berjalan untuk merencanakan serta memonitor kinerja. Penilaian ini membandingkan kinerja actual selama periode review tertentu dengan kinerja yang telah direncanakan.

Dari hasil perbandingan tersebut, ada beberapa hal – hal yang perlu diperhatikan, perubahan atas kinerja yang telah diterapkan dan arah masa depan bisa direncanakan.

  1. Penilaian Sendiri

Merupakan proses berjalan dimana sebuah organisasi memonitor kinerjanya serta mengevaluasi kemampuan dalam mencapai tujuan kinerja, ukuran capaian kinerjanya dan tahapan – tahapan, serta mengendalikan dan mampu meningkatkan proses itu.

  1. Kendali Manajemen

Harapan bahwa para manajer akan bertanggung jawab atas kualitas dan ketetapan waktu kinerja, mengendalikan biaya, meningkatkan produktivitas, dan menekan segala aspek negatife kegiatan, serta menjamin bahwa program diatur dengan integritas dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Demikian ulasan mengenai akuntabilitas semoga bisa bermanfaat serta bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita, saya ucapkan terimakasih sebelumnya sudah mengunjungi website kami dan jangan lupa untuk selalu update setiap harinya. Sekian dan terimakasih.

Pengertian Akuntabilitas

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *