pengertia analisis

Pengertian Analisis Adalah : Definisi, Macam Macam, Jenis, Tujuan, CIri

Pengertian Analisis – Apa yang dimaksud dengan analisis (analysis) ? Analisis adalah aktivitas yang terdiri dari serangakaian kegiatan seperti membedakan, mengurangi, memilih sesuatu untuk dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu dan kemudian dicari dengan kaitannya kemudian di tafsirkan maknanya.

Pengertian analisis dapat juga diartikan sebagai usaha dalam mengamati sesuatu mendetail dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyususn komponen tersebut untuk dikaji dengan lebih lanjut.

Ada juga yang menganggap arti analisis adalah sebagai kemampuan dalam memecahkan atau menguraikan suatu informasi atau materi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga bisa lebih mudah di pahami, dimengerti dan mudah dijelaskan.

Kata analisis banyak digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik itu pengetahuan alam, ilmu bahasa, akutansi, ekonomi bisnis, manajemen, sosial dan bidang ilmu lainnya.

Dalam ilmu sosial, analisis adalah proses yang menjelaskan sebuah permasalahan dan berbagai hal yang sudah ada di dalamnya. Dalam ilmu sains, analisis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menguraikan suatu bahan yang menjadi senyawa penyusunnya.

Dan dalam ilmu kimia, analisis adalah digunakan untuk menentukan komposisi suatu bahan atau zat. Salah satu bentuk analisis adalah merangkum sejumlah besar data yang masih mentah, dan selanjutnya diolah menjadi sebuah informasi yang dapat bisa diinterpretasikan.

Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga bisa tau hasilnya dan dapat dipelajari, diterjemahkan dengan cara yang mudah, singkat dan penuh dengan arti.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

pengertia analisis
pengertia analisis

Kata analisis atau analisa yang berasal dari bahasa Yunani Kuno, adalah (analusis) yang mempunyai arti melepaskan. Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang arti analisis, diantaranya adalah:

1. Komaruddin

Menurut Komaruddin, pengertian dari analisis adalah aktivitas yang berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen-komponen kecil sehingga dapat mengenal hubungan masing-masing komponen, mengenal tanda-tanda komponen dan fungsi setiap komponen dalam satu keseluruhan yang terpadu.

2. Wiradi

Menurut Wiradi, pengertian analisis adalah aktivitas yang memuat kegiatan yang memilah dan mengurai, membedakan sesuatu yang kemudian digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria yang tertentu lalu dicari makna dan kaitannya masing-masing.

3. Dwi Prastowo Darminto

Menurut Dwi Prastowo Darminto, pengertian analisis merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungannya antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhannya.

4. Syahrul

Menurut Syahrul, pengertian analisis adalah kegiatan yang melakukan evaluasi terhadap kondisi dari ayat-ayat atau dari pos-pos yang berkaitan dengan akutansi dan alasan-alasan yang bisa memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

5. Rifka Julianty

Menurut Rifka Julianty, pengertian analisis merupakan aktivitas penguraian pada pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk dapat pengertian yang tepat dan pemahannya secara keseluruhan.

6. Mohammad Afdi Nizar

Menurut Mohammad Afdi Nizar, pengertian analisis adalah evaluasi yang mengenai kondisi dari ayat-ayat yang berhubungan dengan akutansi dan alasannya yang memungkinkan sebuah perbedaan yang akan muncul.

7. Robert J.Schreiter

Menurut Robert J.Schreiter, pengertian analisis adalah membaca teks yang melokalisasikan berbagai macam tanda dan menempatkan tanda-tanda ke dalam interaksi yang dinamis, dan pesan-pesan di sampaikannya.

8. Minto Rahayu

Menurut Minto Rahayu, pengertian analisis adalah sebuah cara dalam membagi suatu objek ke dalam komponen-komponennya, meliputi menggalkan, melepaskan, dan mengurangi sesuatu yang terkait padu.

9. Husein Umar

Menurut Husein Umar, , pengertian analisis adalah suatu proses kerja yang dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum di riset, didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan tersebut.

10. Efrey Liker

Menurut Efrey Liker, pengertian analisis adalah aktivitas untuk mengumpulkan bukti, dan menemukan sumber suatu masalah yaitu akarnya.

11. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian analisis menurut KKBI:

  • Pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya tersebut.
  • Penjabaran sesudah dikaji adalah sebaik-baiknya.
  • Penyelidikannya terhadap suatu peristiwa ( perbuatan, kurangan dan lainnya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya ( duduk perkara, sebab musabab dan lain sebagainya).
  • Aktivitas penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahannya bagian itu sendiri serta hubungan antara bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahamannya arti keseluruhan.

12. Menurut Harapa

Menurut Harapa pengertian analisis adalah menguraikan atau memecahka sesuatu unit yang menjadi berbagai unit yang terkecil.

13. Gorys Keraf

Menurut Anne Gregry, pengertian analisis adalah langkah yang pertama dari proses perencanaan.

14. Peter Salim dan Yenni Salim

Pengertian Analisis dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer karangan Peter Salim dan Yenni Salim sebagai berikut:

  • Analisis adalah penyelidikan yang terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan dan sebagainya) untuk mendapatkan fakta yang tepat (sebab, penyebab sebenarnya, asal-usul, dan sebagainya.
  • Analisis adalah penguraian pokok personal atas bagian-bagian, penalaahan bagian-bagain tersebut dan hubungan antara bagian yang untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman yang secara menyeluruh.
  • Analisis adalah penjabaran (pembentangan) sesuatu hal, dan sebagainya setelah ditelaah dengan seksama.
  • Analisis adalah proses pemecahan masalah yang dimulai dengan hipotesis (dugaan dan sebagainya) sampai sudah terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastiannya (pengamatan, percobaan dan sebagainya).
  • Analisis adalah proses pemecahan suatu masalah (melalui akal) ke dalam bagian-bagiannya berdasarkan metode yang konsisten untuk mencapai pengertian tentang prinsip-prinsip dasar.

15. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Analisis adalah sebagai penyelidikan terhadap suatu peristiwa perbuatan atau karangan untuk mengetahuinya keadaan yang sebenarnya sebab musabab dan duduk perkaranya.

14. Kamus Akuntansi

Menurut Akuntansi, pengertian analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondi dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang sudah muncul.

Perbedaan antara Analisis dan Analisa

pengertia analisis
pengertia analisis

Sebetulnya, manakah yang merupakan kata yang baku, analisa tau analisis ? manakah penulisannya yang benar, analisis atau analisa ?

Banyak yang salah dalam peggunaan kata analisa. Sebagai orang yang menganggap kata analisa merupakan yang benar dan sebagaian orang menganggap kata analisis yang paling benar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang baku dan yang benar adalah analisis. Namun, penggunaan kata-kata analisa sudah cukup banyak sehingga banyak yang menganggapnya sebagai kata yang benar.

 

Turunan Kata Analisis

Ada beberapa juga turunan kata analisis dalan penggunaanya dalam setiap tulisan tersebut. Setiapa tururnannya kata tersebut memiliki makna arti yang berbeda sehingga penempatannya pun harus tepat dan benar.

Beberapa turunan kata analisis diantaranya adalah:

  • Menganalisis: pengertian menganalisis adalah proses melakukannya analisis.
  • Penganalisis: pengertian penganalisis adalah orang yang sedang melakukan proses analisis.
  • Penganalisisan: pengertian penganalisisan adalah metode, hal, proses dan caranya melakukan analisis.

Penggunaan Kata Analisis dalam istilah

pengertia analisis
pengertia analisis

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kata analisis sering juga digunakan dalam berbagai bidang ilmu, mulai dari bisnis, bahasa, ilmu ilmiah, manajemen, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa contoh istilah yang menggunakan kata analisis:

1. Istilah Analisis dalam Bisnis

  • Analisis SWOT adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, ancaman, peluang dan spekulasi sesuai dengan kepanjangannya : weakness, strenght, opportunity dan threats.
  • Analisis Pasar adalah analisis terhadap potensi, sifat, ciri-ciri dan lokasi.
  • Pengertian analisis jabatan adalah evaluasi kemampuan dan kepribadian seseorang terkait pekerjaan yang menjadikan tanggung jawabnya.

2. Istilah Analisis dalam Bahasa

  • Analisis wancana adalah cara menguraikan wancana atas bagian-bagian yang berfungsi untuk melakukan analisis tersbeut.
  • Analisis Bahasa adalah penelaahan yang dilakukan oleh pakar bahasa untuk mengerjakan data kebahasaan yag diperoleh dari penelitian lapangan atau penelitian keputusan sampai menemukan kesimpulan.
  • Analisis Deduktif adalah penelitian terhadap kebenaran sebuah pernyataan dengan cara menunjukkan bahwa pernyataan itu sudah tercakup dalam pernyataan lain yang sudah ditetapkan kebenarannya.

3. Istilah Analisis dalam Ilmu Kimia

  • Analisis Ayak adalah pemilihan zat padat menurut ukurannya dengan alat pengayak.
  • Analisis Endapan adalah pemisahan partikel berdasarkan tingkat pengendapannya dalam cairan

4. Istilah Analisis dalam Ilmu Kesehatan

  • Analisis kekebalan adalah menguji kekebalam tubuh dengan cara menggunakan antigen-antibodi.
  • Analisis Lambung adalah pemeriksaan yang dilakukan terhadap isi lambung organisme untuk mengetahuinya pola makanan.

Setiap penulisannya karya ilmiah ini pada umumnya disertai dengan berbagai macam analisis yang dipaparkan oleh penulisnya. Penjabaran analisis tersebut harus bersifat yang logis dan objektif. Ketika penulis gagal memaparkan analisis dengan logis maka sebuah karya ilmiah tersebut dianggap tidak akurat.

Macam – Macam Jenis Analisis

pengertia analisis
pengertia analisis

Terdapat ada beberapa jenis analisis yang dapat kita pilih. Metode yang diambil oleh tiap-tiap analisis pun juga bisa berbeda. Berikut ini adalah macam-macam jenis analisis:

1. Analisis Logika

Analsisi Logika adalah sebuah analisis yang medasarkan pada suatu prinsip yang tertentu serta juga berdasarkan pada logika dan pembelahan yang jelas antara satu dan yang lain.

Analisis Logikan dibagi menjadi 2 yaitu:

2. Analisis Universal

Analisis Universal adalah pemerincian atau penguraian dari term yang umum ke term-term yang khusus yang bisa menjadikan komponen penyusunnya.

3. Analisis Dikotomi

Analisis Dikotimi adalah penguraian berdasarkan dua kelompok yang saling terpisah, yaitu term yang positif dan term yang negatif. Atau dapat dikatakan bahwa analisis dikotomi ini berdasarkan atas hukum logika (prinsip eksklusi tertii) adalah prinsip penyisihan jalan tengah. dengan begitu, analisis ini beranggapan bahwa kemungkinan ini ketiga bukan jalan tengah.

4. Analisis Realis

Analisis Realis adalah sebuah analisis yang dalam melakukan proses analisis dan akan menggunakan urutan benda yaitu sebagai dasar pemikiran. Urutan benda tersebut didasarkan pada kesatuan atau sifat dasar dari benda itu sendiri. Analisis Realis dibagi kedalaman dua macam, yaitu analisis aksidental dan analisis esensial.

  • Analisis Aksidental

Analisis Aksidental adalah penguraian berdasarkan sifat-sifat yang menyertai perwujudannya.

  • Analisis Esensial

Analisis Esensial adalah penguraian berdasarkan unsur dasar penyusunnya.

5. Analisis Deskriptif

Analisis Deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi saat sekarang. Analisis Deskriptif disini yang dimaksud dengan prosedur statistik untuk menguji generalisasi  hasil penelitiannya yang didasarkan atas satu variabel penelitian.

Deskriptif memusatkan perhatian kepada masalah-masalah yang aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung. Analisis deskriptif ini merupakan metode-metode yang berkaitan dengan peringkasan, pengumpulan dan penyajian satu data, sehingga bisa memberikan informasi yang berguna dan juga mentanya ke dalam bentuk yang siap untuk dianalisis.

6. Analisis Korelasi

Analisis Korelasi adalah salah satu teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel bahkan lebih dan bersifat kuantitatif.

Pada dasarnya penelitian kolerasional melibatkan perhitungan korelasi antara variabel yang komplek dengan variabel lain yang sudah di anggap mempunyai hubungan (variabel prediktor).

7. Analisis Kualitatif

Analisis Kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna perspektif subjek lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.

Landasan teori dimanfaatkan sebagiai pemandu bisa fokus penelitian dan sesuai dengan fakta dilapangan sebagaimana jenis metode penelitian data kualitatif tersebut. Selain itu juga landasan teori bisa bermanfaat untuk memberikan gambaran yang umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian.

8. Analisis Kuantitatif

Analisis Kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena dan hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan modal yang metematis, teori dan hipotensi yang berkaitan dengan fenomena alam.

9. Analisis Wacana

Analisis wacana adalah analisis isisnya yang lebih bersifat kualitatif dan dapat menjadi salah satu alternatif untuk melengkapi dan menutupi kelemahan dari analisis yang isi kuantitatifnya yang selama ini banyak digunakan oleh para peneliti.

Jika pada analisis kuantitatif, pertanyaan lebih ditekankan untuk menjawab (apa) dari pesan atau teks komunikasi, pada analisis wacana lebih fokus untuk melihat pada (bagaimana), adalah bagaimana isi teks berita tersebut dan bagaimana pesan itu disampaikan.

10. Analisis Framing

Analisis Framing adalah analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana realitasnya (kelompok, aktor, atau apa saja) yang di konstruksi oleh media. Analisis Framing memiliki dua konsep yaitu konsep psikologis dan konsep sosiologis.

Konsep psikologis lebih menekankan pada bagaimana seorang memproses informasi pada dirinya, sedangkan konsep sosiologis adalah lebih melihat pada bagaimana konstruksi sosial atas realitas.

11. Analisis Kolerasional

Analisis Kolerasional adalah analisis yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bahkan bisa lebih. Analisis kolerasional,hubungan,assosiasi dapat dikatakan pengembangan dari analisa dekriptif, kalau penelitian deskriptif kita mengumpulkan data dengan sebanyak-banyaknya, menyusunnya dengan sistematis.

12. Analisis Isi

Analisis isi adalah berhubungan dengan komunikasi atau isi komunikasi. Logika dasar dalam komunikasi, bahwa setiap komunikasi selalu berisi pesan kedalam sinyal komunikasinya itu, baik berupa verbal atau non verbal.

Sejauh ini makna komunikasi menjadi sangat dominan dalam setiap peristiwa komunikasi dalam teorinya komunikasi organisasi. Penggunaan analisis ini dalam praktik kehidupan manusia terjadi karena sejak adanya manusia di dunia. Manusia saling menganalisis makna tentang komunikasi yang dilakukan antara satu dengan lainnya.

Fungsi dan Tujuan Analisis

pengertia analisis
pengertia analisis
  1. Analisis mempunyai fungsi untuk dapat mengumpulkan data-data yang terdapat pada suatu lingkungan tersebut.
  2. Analisis juga bisa diterapkan diberbagai jenis lingkungan dan juga keadaan.
  3. Analisis akan lebih optimal untuk dipergunakan dalam keadaan yang kritis serta juga untuk keadaan yang membutuhkan strategi.
  4. Disebabkan karena analisis bisa mengetahui secara detail mengenai keadaan di lingkungan saat ini.
  5. Analisis bertujuan untuk mengumpulkan data yang pada akhirnya data-data tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis.
  6. Digunakan untuk menyelesaikan krisis, konflik atau dapat saja digunakan sebagai arsip.
  7. Didalam bidang pendidikan analisis ini digunakan untuk melakukan sebuah penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.

Contoh Analisis

pengertia analisis
pengertia analisis

Salah satu contoh untuk analisis adalah berkaitan dengn perusahaan. Dalam hal ini yang digunakan adalah tentang analisis SWOT.

Apa itu analisis SWOT itu ? analisis SWOT adalah kepanjangan dari strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), Threats (ancaman). Dari ketiga unsur tersebut sebah kinerja dan juga struktur dari perusahaan tersebut akan bisa teliti satu persatu.

Hasil dari analisis SWOT sendiri bisa digunakan untuk berbagai kepentingan perusahaan. Seperti membantu mengatasi krisis eksternal maupun internal dari perusahaan itu sendiri.

Selain itu hasil dari analisis dapat dijadikan arsip dan digunakan sebagai pembandingan tentang perkembangan perusahaan, sebagai salah sau patokan untuk dapat meningkatkan kinerja kerja dan pengembangan produk perusahaan tersebut.

Pengertian Analisis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *