pengertian ancaman

Pengertian Ancaman Adalah : Definisi, Macam Macam, CIri dan Contoh

Pengertian Ancaman – Apa yang dimaksud dengan ancaman (threat) ? secara umum adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukukan oleh kelompok atau individu yang tertentu yng potensinya membahayakan keselamatan kelompok lain atau individu.

Pendapat yang lain mengatakan pengertian ancaman adalah setiap kegiatan atau usaha, baik yang dilakukan diluar negeri atau dalam negeri dan dinilai bisa membahayakan kedaulatan negara maupun keutuhan wilayah negaranya dan keselamatan segenap bangsa dan negara.

Sehingga ancaman lebih dikaitan pada bagian dari risiko tersebut, sedangkan risiko merupakan buah pikir dari sebuah ancaman. Ancaman tentunya bisa menjadikan sesuatu permasalah yang bisa meresahkan masyarakat suatu negara.

Dari dulu sampai saat ini, ada banyak sekali peristiswa yang merupakan ancaman bagi keselamatan masyarakat di berbagai negara. Untuk menambah wawasan si pembaca, artikel ini akan membahasa dengan ringkas dan tuntas tentang pengertian ancaman dan lain-lain.

Pengertian Ancaman Menurut Para Ahli

pengertian ancaman
pengertian ancaman

1. Treats

Menurut Treats Ancaman adalah terjadinya situasi penting yang ada pada sebuah perusahaan maupun yang lainya dimana didalamnya sedang tidak menguntungkan.

Ancaman merupakan pengganggu berlangsunya perusahaan, organisasi bahkan negara, karena setiap negara mempunyai keinginan dan kalau ada ancaman masuk maka keinginan akan terancam dan bahkan akan terjadinya kegagalan.

2. Pasal 369

Pada pasal ini menjelaskan dengan maksud menguntungkan dirinya sendiri dan merugikan orang lain adalah hal yang melanggar hukum. Contoh lain adalah memaksa seseorang dengan ancaman, baik itu dengan mangguanakan lisan maupun perbuatan dengan memaksa orang sehingga akan menimbulkan kerugian.

3. Menurut KBBI

Pengertian ancaman menurut KBBI adalah indonesia satu sesuatu yang dianggap sepi itu 2 perbuatan dan sebagainya dengan catatan mengancam.

Jenis-Jenis Ancaman

pengertian ancaman
pengertian ancaman`

Secara umum, ancaman bisa dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ancaman militer dan non militer. Mengacu pada pengertian ancaman, adapun jenis-jenis ancaman antara lain sebagai berikut:

1. Ancaman Militer

Ancaman Militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan senjata dan melakukannya dengan cara terorganisir. Ancaman ini dinilai mempunyai kemampuan untuk membahayakan kedaulatan Negara, keselamatan segenap bangsa dan keutuhan wilayah.

2. Ancaman Non Militer

Ancaman Non Militer adalah jenis ancaman yang mimiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis ancaman dimana tidak ada sifat fisik serta bentuknya yang tidak bisa dilihat secara mata. Meski begitu, ancaman yang non militer ini tidak kalah membahayakan, bahka bisa lebih berbahaya lagi dari ancaman militer.

Contoh Ancaman Militer

pengertian ancaman
pengertian ancaman

1. Spionase atau Mata-mata

Ancaman Spionase adalah ancaman militer yang dilakukan oleh suatu negara yang kegiatannya untuk mata-mata dan dilakukan oleh negara lain yang mempunyai tujuan untuk mencari dan mendapatkan dokumen rahasia militer dan ekonomi suatu negara tersebut.

Negara Indonesia adalah salah satu Negara yang sering sekali menjadi sasaran aksi spionase.

Contohnya adalah kasus spionase yang dilakukan oleh seorang tentara bayaran yang di tugaskan oleh CIA, badan intelegen Amerika Serikat untuk membantu para pemberontak PRRI atau persemesta yang bertujuan untuk menggulingkan kedudukan Presiden Soekarno pada masa silam.

2. Pelanggaran Wilayah Negara lain

Ancaman militer ini berupa pelanggaran yang dilakukan oleh Negara lain melalui jalur laut ataupun jalur udara dan menggunakan kapal maupun pesawat yang non komersial.

3. Sabotase

Sabotase adalah ancaman militer yang dilakukan suatu negara dimana dalam negara itu didalamnya terdapat kegiatan yang bertujuan untuk merusak instalasi militer dan objek vital nasional.

4. Gerakan separatis

Gerakan separatis adalah gerakan yang bertujuan untuk mendapatkan kedaulatan atau adanya keinginan untuk berbisah diri dari suatu wilayah dalam sebuah Negara. Gerakan separatis biasanya dilakukan oleh suatu kelompok yang memiliki kesadaran nasionalismenya yang tajam.

5. Pemberontak bersenjata

Ancaman militer yang berupa pemberontakan senjata biasanya dilakukan oleh suatu kelompok yang memiliki perbedaan pendapat dengan pemerintahan dalam suatu Negara. Mereka melakukan aksi-aksi yang tertentu dengan cara menggunakan senjata.

6. Aksi teror bersenjata

Aksi teror bersenjata adalah serangan-serangan yang dilakukan oleh sebuah kelompok bersenjata dan terkoordinasi yang tujuannya tertentu. Aksi teror ini biasanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan terencana.

Waktu pelaksaanya pun bisa tiba-tiba dan terget korbannya pun tidak terdeteksi namum biasanya adalah aparat keamanan atau pemerintahan.

7. Agresi

Agresi adalah ancaman militer yang menggunakan kekuatan bersenjata sebagai kekuatannya yang dilakukan oleh negara lain terhadap suatu negara yang bisa dapat membahayakan keselamatan segenap bangsa. Bentuk-bentuk agresi ada 3 macam, diantaranya adalah:

  1. Blokade adalah suatu agresi yang dilakukan di daerah pelabuhan atau pantai, wilayah udara NKRI yang pelakunya adalah angkatan bersenjata Negara lain.
  2. Invasi adalah suatu bentuk serangan yang dilakukan menggunakan senjata Negara lain terhadap NKRI.
  3. Bombardemen adalah suatu penggunaan senjata lainnya yang pelakukan adalah angkatan bersenjata Negara lain terhadap NKRI.

8. Aksi kekeran yang berbau SARA

Kekerasan adalah suatu tindakan yang biasanya berakibat pada luka fisik seseorang yang dilakukan dengan tujuan yang tertentu. Aksi ini biasanya dilakukan karena ada rasa dendam.

SARA merupakan suatu pandangan dan tindakan yang didasarkan pada sentiment identitas yang menyangkut agama, ras, dan kebangsaan. SARA merupakan hal yang sangat sensitif di tengah masyarakat saat ini.

Sehingga aksi kekerasan ini berbau SARA merupakan suatu tindakan yang bisa melukai fisik seseorang atau kelompok yang disebkan karena perbedaa pandangan yang menyangkut ras, menyangkut agama dan kebangsaan.

9. Perusak lingkungan

Perusak lingkungan biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab setelah melakukan suatu aksi yang bisa menyebabkan perusakan lingkungan, karena setelah itu mereka membiarkan kerusakan tersebut menjadi terbengkalai.

10. Konflik horizontal

Konflik horizontal adalah suatu konflik yang dilakukan secara individu mapun kelompok yang memiliki status sosial yang sama.

11. Aksi teror Jaringan Internasional

Ancaman militer ini adalah biasanya dilakukan oleh jaringan terorisme Internasional yang memiliki jaringan dengan terorisme dalam negeri tersebut. Aksi teror ini biasanya menggunakan senjata atau barag-barang lainnya yang juga sangat membahayakan suatu Negara.

Contoh Ancaman Non Militer

pengertian ancaman
pengertian ancaman

1. Bidang ekonomi

Bidang ekonomi merupakan aspek yang sangat penting bagi suatu Negara, tanpa adanya ekonomi maka belum bisa dianggap sebagai suatu Negara yang utuh.

2. Pengangguran

Semakin tinggi tingkat pengangguran suatu Negara maka akan semakin mengancam kondisi Negara tersebut. Pengangguran sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor yaitu kualitas sumber daya manusia yang rendah, minimnya pendidikan yang ada, dan ekonominya yang tidak stabil.

3. Infrastukur yang kurang memadai

Infrastukturnya yang kurang memadai ini disebakan karena pembangunanya yang tidak merata di setiap daerah tersebut.

4. Inflasi

Hal ini terjadi salah satunya adalah karena gaya hidup masyarakatnya yang konsumtif sehingga mengakibatkan tingkat inflasi yang sangat tinggi.

5. Bidang Ideologi

Ideologi berhubungan dengan cara pandang, masuknya paham komunisme adalah salah satu ancaman di non militer.

Selain paham dengan komunisme, masuk ideologi liberalisme juga merupakan ancaman yang sangat berbahaya karena bisa merusak ideologi Pancasila yang bisa memicu terjadinya proses disintegrasi bangsa.

6. Bidang Teknologi

Kurangnya ilmu pengetahuan dan penguasaan di bidang teknologi dapat menghambat kemajuan di suatu bangsa, maka dari itu teknologi yang minim juga merupakan ancaman suatu bangsa.

7. Bidang Sosial Budaya

Bidang sosial budaya adalah berhubungan dengan adat istiadat kebiasaan suatu Negara. Masuknya kebudayaan asing juga bisa menjadi ancaman.

Dengan adanya budaya asing maka budaya asli Negara tersebut bisa terkikis bahkan bisa hilang dan tergantikan dengan budaya luar yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa.

Contoh Ancaman yang sudah terjadi

pengertian ancaman
pengertian ancaman

Melihat penjelasan di atas tentang pengertian ancaman dan jenis-jenis ancaman seperti yang sudah di sebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa contoh ancaman yang sudah pernah terjadi, baik jenis ancaman yang militer atau non militer.

1. Ancaman yang ada di Lingkungan Masyarakat.

  • Masih tinggi angka kemiskinan dan pengangguran sehingga bisa berpotensi meningkatkan kriminalitas di daerah-daerah tertentu yang ada di Negara Indonesia.
  • Pembangunan infrastuktur dan ekonomi yang belum merata di daerah-daerah tertentu sehingga bisa menyebabkan ketimpangan sosial.
  • Gaya hidupnya yang konsumtif semakin hari semakin tinggi di masyarakat ekonomi menengah kebawah yang mengakibatkan kesejahteraan hidupnya yang semakin turun.
  • Tingkat pendidikan yang rendah dikalangan ekonomi yang kurang mampu sehingga bisa mengakibatkan rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM).
  • Sebagaian masyarakat masih gaptek tentang teknologi, sehingga tidak bisa mengikuti perkembangan zaman dan mudahnya termakan oleh berita hoax.

2. Peristiwa ancaman yang sudah terjadi

  • Kasus yang besar di e-KTP menjadi penyebabnya korupsi terkuak dimana-mana, dan salah satunya adalah Setya Novanto merupakan pelaku utamanya.
  • Bulan Oktober tahun 2018 terjadinya penangkapan ikat laut yang ilegal, yaitu dua kapal ikan dari Negara Vietnam yang tertangkap di Lautan Natuna.
  • Terdapat kasus Deportasi terhadap warga Negara Filipina berjumlah 32 orang dari pelabuhan Belitung di Bandara Soekarno Hatta sebanyak 22 kasus.
  • Pada tahun 1962 terjadi sabotase di Gelora Bung Karno di saat momen kejuaraan Asian Games.
  • Terjadi pemberontakan angkatan perang Ratu adil di Kota Bandung pada bulan Januari tahun 1950.
  • Militer angkatan Udara Amerika Serikat menggunakan alat pengacak sinyal dari darat pada pesawat Sukhoi yang menuju Negara Indonesia dimana bisa berakibat fatal pada 9 Mei 2012.
  • Badan spionase asing yang menjadikan dalang serangan cyber terhadap sistem komputernya militan Amerika Serikat pada tahun 2008.
  • Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh Negara Malaysia terhadap Negara Indonesia yang berlokasi di Ambalat, yaitu di laut Sulawesi di tanggal 24 dan 25 Februari 2007. Selain itu juga pernah terjadi pada kasus di antara Negara Indonesia dan Negara Timor Leste adalah kasus tentang Pulau Batik.
  • Terorisme yang berskala Internasional yang memiliki jaringan antar negara, misalkan seperti ISIS (Islamic State Of Iraq and Syria).
  • Hadirnya HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yang dipercayai oleh masyarakat serta pemerintah dapat mengancamnya keberadaan Pancasila yang sebagai pandangan hidup bangsa.

Cara mengatasi Ancaman Militer

pengertian ancaman
pengertian ancaman

1. Memperketat pembatasan dengan Negara lain.

Perbatasan wilayah merupakan salah satu wilayah yang paling sering mendapatkan ancaman secara militer, oleh sebab itu penjagaan wilayah perbatasan tersebut aman sangat harus benar-benar diperhatikan.

Tidak hanya itu daerah perbatasan yang sebagai wilayah terluar juga harus dilengkapi dengan fasilitas yang baik maka masyarakat yang tinggal diwilayah tersebut bisa memiliki rasa cinta yang sama terhadap tanah air dan tidak merasa dibedakan sedikitpun.

Sudah banyak sekali kasus-kasus pelanggaran di wilayah perbatasan yang kerap terjadi menunjukkan bahwa memang ancaman militer di wilayah perbatasan harus di waspadai.

Pelanggaran wilayah sudah termasuk dalam pelanggaran kedaulatan dan merupakan upaya untuk tidak menghormati wilayah satu sama lain.

Jika tidak diselesaikan dengan cara damai maka akan dapat memicu kemarahan dan juga menutup kemungkinan memicu perang antar Negara.

2. Menanggulangi dan mengatasi ancaman militer dalam Negara

Oleh sebab itu maka diperlukan upaya dari aparat penegak hukum untuk dapat mengatasi dan menanggulangi ancaman yang berasal dari dalam Negeri sehingga masyarakat akan merasakan kedamaian dan keamanan yang selama ini didambakan.

Pada dasarnya ini bukan hanya tugas pemerintahan saja namun masyarakat pun juga memiliki tugas yang sama. Jika terdapat hal-hal yang mencurigakan dan merupakan tindakan yang termasuk dalam ancaman militer maka harus berani dan tegas bertindak dengan cara melaporkan ke aparat penegak hukum.

3. Melatih tentara lebih disiplin lagi dalam menjaga daerah perbatasan

Dengan cara melakukan upgrade atau peningkatan kepada para aparat penegak hukum terutama Polri dan TNI yang memiliki tugas untuk mengamankan dan menjaga utuh kedaulatan Negara.

Oleh sebab itu perlu dikaji ulang untuk dilakukan latihan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan aparat-aparat kita ini.

4. Meningkatkan Alutista

Selain peningkatan terhadap kualitas tentara maka sangat penting juga untuk meningkatkan dan melengkapi persenjataan yang sudah dimiliki oleh pihak militer tersebut.

Sebab hal ini akan bisa mendukung kemampuan dan menjadikan sebuah senjata dalam menghadapi berbagai ancaman militer yang akan hadir sebagaimana penyebab konflik sosial, penyebab konflik antar beragama.

Sebuah Negara yang memiliki persenjataan atau alutista yang lengkap pasti akan diperhitungkan dan cenderung di takuti oleh Negara lain.

Hal tersebut merupakan contoh yang nyata bagaimana Amerika berhasil menjadi Negara Adidaya yang selalu di segani selain karena tentaranya juga karena sistem persenjataan militer yang lengap, sangat canggih dan mempuni.

 5. Masyrakat yang berperan aktif

Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif untuk upaya menjaga dan merawat kedaulatan paling tidak dengan tidak menimbulkan ancaman yang bisa mengancam keamanan yang dari dalam. Sehingga dengan demikian tentara akan fokus pada ancaman luar karena ancaman dari dalam sudah dikategorikan nihil.

Cara mengatasi Ancaman Non Militer

1. Meningkatkan pembangunan

Pemerintah harus adil didalam mengembangkan suatu pembangunan di Negara Indonesia. Mulai dari meningkatnya pembangunan infrastuktur dan pembangunan yang lain.

Jika pembangunan bisa lebih ditingkatkan maka negara Indonesia bisa terhindar dari berbagai ancaman non militer.

Jika pembangunan dalam segi apapun ditingkatkan dan masyarakat juga mempunyai peran yang aktif untuk menjaga dan meningkatkan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Maka akan terhindar dari berbagai ancaman ekonomi dan politik.

Dan pembangunan di Negara Indonesia semakin meningkat dan bisa saja menjadi suatu Negara yang maju sehingga mempunyai daya saing yang tinggi dengan Negara-Negara lainnya. Taraf ekonomi menjadi lebih meningkat dan ancaman tidak bisa terjadi.

Karena hal tersebut sangat diperlukan peran masyarakat dan Pemerintahan Indonesia. Sehingga bisa menimbulkan adanya suatu ancaman non militer dari berbagai arah.

2. Menjunjung sikap toleran yang tinggi

Anacaman yang seperti ini banyak sekali yang berasal dari dalam Negeri. Seperti ancaman dari terorisme atau kerusuhan yang disebabkan dari ketidaksetujuan dalam perbedaan ras, agama, dan suku.

Hal tersebut bisa saja dijadikan sebagai cikal bakal adanya ancaman non militer dari dalam Negeri. Sebagai warga yang baik seharusnya kita tidak ingin adanya ancaman yang di dalam Negeri tersebut.

Dan setiap orang harus meningkatkan rasa toleransi yang tinggi terhadap sesama. Sehingga seluruh masyarakat bisa hidup rukun dan bisa menimalisir ancaman dari dalam Negeri.

3. Meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM)

Cara meningkatkan Sumber Daya Manusia ada banyak sekali, yang pertama seperti meningkatkan pendidikan di Negara Indonesia. Selain itu juga bisa ditingkatkan dengan pembekalan dan pemberian kepada masyarakat setempat dalam bidang keterampilan.

Sehingga saat bekerja sudah mempunyai bekal ilmu, sehingga industri modern di Indeonesia bisa bersaing secara Internasional. Dengan meningkatkan sumber daya manusianya maka ancaman non militer akan sulit menyerang Negara Indonesia.

Pengertian Ancaman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *