Pengertian Apresiasi Seni

Pengertian Apresiasi Seni – Sebelumnya apakah kamu pernah mendengar tentang apresiasi terhadap seni? Mendengar kata apresiasi seni, kira-kira apa yang terlintas di benak kalian? Mungkin ada banyak kegiatan yang kamu ataupun orang lain lakukan yang berupa apresiasi seni tapi mungkin kamu tidak menyadarinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita sering melihat ataupun mendengar tentang karya seni yang sangat beragam tentunya dan dari karya seni tersebut tak jarang kita juga telah melakukan suatu penghargaan atau penilaian terhadap karya seni tersebut. Nah penilaian inilah yang disebut dengan apresiasi seni.

Apresiasi seni memang mengalir tanpa kita rencanakan karena pada dasarnya setiap manusia memlliki rasa atau selera seni yang berbed-beda tentunya.

Misalkan salah satu contohnya saat anda mendengarkan musik, menyaksikan pertunjukan seni, atau saat juga mengunjungi galeri / pameran seni. Pasti secara alami anda pasti memiliki penilaian terhadap bentuk dari seni-seni tersebut.

Selanjutnya yuk, kita bahas bersama-sama lebih mendalam mengenai tentang apa itu apresiasi seni yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian apresiasi seni

pengertian apresiasi seni

pengertian apresiasi seni

Apresiasi berasal dari bahasa latin appretiatus yang berarti berupa penilaian terhadap sesuatu.

Sedangkan kalau dalam bahasa inggris disebut appreciate, yang artinya menentuan nilai, melihat suatu karya, menikmati lalu menyadari akan keindahan dari hasil karya seni tersebut dan menghayatinya. Sehingga kegiatan apresiasi seni ini tidak hanya berhubungan dengan seni saja, tetapi apapun yang memang dapat diapresiasikan. Jadi, berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa apresiasi seni adalah sebagai berikut:

Apresiasi seni adalah proses pengahayatan suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan terhadap hasil karya seni tersebut dan pembuatannya. Secara umum apresiasi seni dapat diartikan sebagai kesadaran menilai melalui proses pengahayatan suatu karya seni. Seseorang yang sedang melakukan apresiasi disebut apresiator.

Bentuk apresiasi tersebut tentunya berbeda-beda sebab, sense of beauty yang dimiliki oleh setiap individu juga berbeda. Kegiatan apresiasi tersebut dapat dilakukan bertujuan untuk memberikan nilai pada karya-karya seni yang telah diciptakan.

Fungsi Apresiasi Seni

pengertian apresiasi seni

pengertian apresiasi seni


sekarang mari kita bahas tentang  fungsi apresiasi seni tersebut, apresiasi dalam seni tentunya memiliki manfaat atau fungsi. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi mengenai apresiasi dalam seni, terdapat langkah-langkah kegiatan seperti mengenali, memberi penilaian, juga menghargai dimana akan berpengaruh terhadap karya senin tersebut serta seniman atau pembuat karya seni yang terlibat.

Adapaun fungsi apresiasi seni ada empat fungsi yang paling utama dan mudah kamu kenali agar lebih memahami mengenai apresiasi terhadap seni. Keempat fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Untuk Meningkatkan Kecintaan Terhadap Suatu Karya Seni

Adapun fungsi yang pertama adalah untuk meningkatkan kecintaan terhadap karya seni atau bisa bisa juga dikatakan sebagai sarana yang mampu menambah atau meningkatkan rasa cinta terhadap karya seni khususnya karya seni yang dibuat oleh anak- anak indonesia tentunya.

2. Untuk Menciptakan Penilaian

Fungsi yang kedua adalah untuk menciptakan suatu penilaian. Adapun salah satu contohnya  dari fungsi penilaian yaitu: bisa berupa sarana dalam menikmati, memberi tempat, mendapatkan hiburan, serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan atau edukasi.

3. Untuk Mengembangkan Kemampuan

Berikutnya adalah fungsi ketiga yaitu fungsi untuk mengembangkan kemampuan. Kemampuan ini yang merupakan kesanggupan dari diri seseorang yang mampu menciptakan suatu karya seni dan lain-lain. Sebagai salah satu penikmat seni yang memberikan apresiasi, terkadang banyak dari kegiatan apresiasi tersebut yang bisa membawa kita untuk salah satunya mengasah kemampuan.

4. Untuk Membangun Hubungan

Fungsi terakhir atau keempat adalah untuk membangun suatu hubungan. Salah satu hubungan tersebut bisa berupa hubungan timbal balik yang bersifat positif antara seorang pembuat seni dengan penikmat seni.

Tujuan Apresiasi Seni

pengertian apresiasi seni

pengertian apresiasi seni

Selain beberapa fungsi diatas yang sudah kita bahas selanjutnya kita membahas tentang tujuan nya, karena sesuatu akan sia-sia kita pelajari atau lakukan jika tidak ada suatu tujuannya atau hanya hanya membuang waktu dengan percuma. Selain memiliki empat fungsi dan manfaat diatas, apresiasi seni juga mempunyai dua tujuan pokok dan tujuan akhir.

Tujuan pokok dari apresiasi terhadap seni dapat berupa memperkenalkan atau mempublikasikan suatu karya seni tersebut agar dari karya seni tersebut dapat dinikmati oleh banyak orang atau publik, atau juga agar maksud dan tujuan dari si pembuat karya seni tersebut dapat tersampaikan.

Namun terkadang kita sebagai penikmat karya seni yang memang hanya sekedar penikmat, kita tidak akan dapat langsung bisa mengerti atau memahami maksud dan tujuan dari dibuatnya karya seni tersebut.

Nah, berhubung dengan adanya apresiasi seni tersebut maka kita dapat lebih mudah untuk mengerti atau memahami dari maksud dan tujuan dari karya seni tersebut. Selanjutnya untuk tujuan akhir, ada tiga poin. Tiga poin tersebut ialah sebagai berikut:

1. Mengembangkan Nilai Estetika Dari Karya Seni

Mengembangkan nilai estetika adalah suatu kepekaan terhadap keindahan atau hasil dari seni. Hal ini tentunya dapat membuat kita lebih cepat dalam menyadari atau memahami  unsur seni pada karya seni.

2. Mengembangkan Daya Kreasi

Berikutnya selain mengembangkan nilai estetika juga dapat mengembangkan daya kreasi. Karena tentunya kita dapat menjadi lebih peka  dan lebih mengerti dari maksud dan tujuan karya seni tersebut,  maka daya kreasi kita juga akan bisa bertambah.

3. Menyempurnakan

Nah, selain dua poin diatas apresiasi terhadap hasil dari karya-karya seni tersebut juga sebagai penyempurna dari hasil karya-karya seni itu sendiri tentunya.

Tingkatan Apresiasi

pengertian apresiasi seni

pengertian apresiasi seni

Berikutnya kita bahas tentang tingkatan, apa itu tingkatan? Mungkin sekilas yang terlintas di benak kalian adalah suatu pengelompokan atau penyebutan sesui dari yang kecil sampai yang besar,atau dari yag lemah sampai yang kuat, dan seterusnya. Tapi, yang akan kita bahas ini adalah tingkatan apresaiasi seni, dalam apresiasi seni tentunya terdapat tingkatan-tingkatan yang dapat mendeskripsikan tentang apresiasi seni tersebut. Nah, adapun tingkatan apresiasi seni tersebut terbagi menjadi tiga jenis yaitu meliputi empatik, estetis, dan kritik.

Berikut ini adalah penjelasan tentang tingkatan apresiasi seni tersebut beserta contohnya:

1. Tingkat Empatik

Arti empatik dalam kamus berarti melibatkan pikiran dan perasaan. Adapun tingkat apresiasi seni bisa kita simpulkan bahwa apresiasi yang lebih berupa tangkapan dari indrawi atau tangkapan dari indera-indera.

Berkut salah satu contohnya adalah ketika kita mendengar tentang karya seni musik, kita menjadi lebih nyaman dan betah dengan mendengar karya seni tersebut, lalu timbullah penilaian terhadap karya seni tersebut bahwa karya seni tersebut bagus.

2. Tingkat Estetis

Arti estetis dalam kamus adalah merupakan penilaian terhadap  keindahan tersebut. Adapun tingkat apresiasi seni ini adalah berupa pengamatan dan penghayatan.

Di tingkatan ini kita sebagai penikmat seni tentunya memberikan apresiasi yang lebih terhadap pengamatan, bagaimana bentuk dan wujudnya dari karya seni tersebut atau bisa juga suatu alasan mengapa karya seni tersebut bisa menjadi suatu karya seni.

Salah satu contohnya adalah ketika kita saat menyaksikan pagelaran seni teater, kita berpikir bagaimana adegan tersebut bisa dibuat dan apa fungsi dan tujuan dari adegan terebut. Apakah adegan tersebut bisa pas dan bagus atau tidak.

3. Tingkat Kritik

Sebelum kita membahas tentang tingkatan ini, tentunya kamu sudah dapat membayangkan bagaimana tingkatan pada tingkat apresiasi ini tentunya. Namun kritik disini bisa berbentuk suatu klarifikasi, deskripsi, menjelaskan, menganalisis, evaluasi, hingga sampai mengambil suatu kesimpulan.

Salah satu contohnya adalah ketika kamu melihat juri-juri di acara ajang-ajang yang ada di televisi misalnya ajang menyanyi.

Tingkat apresiasi mereka sudah berada pada tingkat di manaakan memberikan masukan, penilaian dengan tidak lupa memberikan penjelasan,alasan dan memberikan evaluasi juga kesimpulan tentunya.

Nah itu adalah merupakan bagian-bagian dalam apresiasi seni yang tidak dapat dipisahkan. Adapun pengertian yang ditemukan oleh para ahli salah satunya adalah menurut brent G. Wilson, apresiasi pada seni ini bisa meliputi feeling, valualing, dan emphahatizing.

Ketiga poin tersebut adalah suatu tindakan atau suatu kegiatan yang berhubungan dengan perasaan, penilaian, dan rasa empati.

Adapun bentuk dari rupa tiga poin tersebut juga bisa berbeda tergantung dari masing-masing para penikmat seni. Agar kamu lebih mengerti atau memahami lagi mengenai apresiasi dalam sebuah karya seni, berikut ini sudah saya sajikan beberapa contoh apresiasi seni yang bisa kamu telusuri.

Contoh Apresiasi Seni

pengertian apresiasi seni

pengertian apresiasi seni

Berikut adalah salah satu contohnya, ada seorang penikmat seni yang diundang untuk datang ke suatu pameran seni yang diadakan oleh beberapa seniman. Penikmat tersebut tentunya ingin mengenal dan melihat dari hasil karya seni yang ditampilkan atau dipamerkan. Selanjutnya, pada saat melihat-lihat beberapa hasil dari karya seni mampu menarik perhatian bagi penikmat seni tersebut dan membuatnya bisa melakukan penilaian dari sudut pandangnya.

Menurutnya, ada beberapa hasil karya seni tersebut yang menarik, akan tetapi kurang sedikit warna. Dan dia berkesimpulan pada penilainnya tersebut pada teman-teman lain yang juga merupakan soerang seniman.

Nah, inilah adalah adalah kegiatan yang dimaksud dengan apresiasi terhadap seni yang sederhana.

Sebernarnya bentuk kegiatan seperti itulah yang termasuk ke dalam apresiasi seni memang cukup sangat sederhana dan banyak kita temui atau jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. sebab suatu karya seni telah mejadi bagian dalam hidup kita sehari-hari yang tentu tidak dapat kita pisahkan kemanapun kita pergi dan melangkah maka kita akan temui yang namanya karya seni, meski terkadang kita tanpa menyadarinya bahwa itu termasuk dari suatu karya seni.

Pengertian Apresiasi Seni

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply