PENGERTIAN ARGUMENTASI

Pengertian Argumentasi : Definisi, Tujuan, Macam Macam, Contoh !!!

Pengertian Argumentasi – Apa yang dimaksud dengan argumentasi (argumentation) ? pengertian argumentasi secara umum adalah suatu tindakan atau proses penalaran yang secara sistematis untuk mendukung ide, teori atau tindakan dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain dan meyakinkan orang lain.

Pendapatan lain mengatakan arti dari argumentasi adalah alasan yang untuk memperkuat atau menolak suatu pendapatan, gagasan, pendirian, dan tujuan untuk meyakinkan orang lain dan membujuk orang lain.

Dalam penyampaiannya argumentasi umumnya yang disertai dengan penjelasan, alasan, bukti-bukti, dan serta ulasan objektif disertai contohnya, analogi, sebab-akibat dan lain-lain.

Istilah dari (argumentasi) diadaptasikan dari Bahasa Inggris, adalah (argumentation) yang mempunyai arti uraian, dalil dan pembuktian. Sehingga pengertian argumentasi dapat didefinisikan sebagai suatu usaha untuk meyakinkan kepada orang lain dengan menyampaikan pernyataan, sikap, pendapat dan di dukung fakta-fakta yang benar.

Pengertian Argumentasi Menurut beberapa Ahli

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI

Agar lebih memahami apa itu argumentasi, maka kita akan membahas dan merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini:

  1. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf, pengertian argumentasi adalah suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi pendapat orang lain dan mempengaruhi sikapnya, sehingga mereka percaya dan bertindak sesuai dengan apa yang diinginka penulis dan pembicaranya.

Melalui argumentasinya seseorang bisa berusaha merangkai fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga mampu menunjukkan apakah suatu pendapat tersebut atau suatu hal tertentu benar atau tidaknya.

  1. Aceng Hasani

Menurut Aceng Hasani, pengertian dari argumentasi adalah suatu karangan yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti-bukti yang bisa memperkuat argumennya dan dimana penyajiannya dilakukan secara faktual dan logis dengan tujuannya adalah pembacanya atau pendengar bisa tertarik dengan yang dikemukakan oleh penulis.

  1. Adeng Chaedar Alwasilah

Menurut Adeng Chaedar Alwasilah, pengertian dari argumentasi adalah suatu esai yang tujuannya untuk membuktikan suatu kebenaran atau ketidak benaran pernyataan tersebut.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian dari argumentasi adalah alasan yang dipakai untuk mendukung atau menolak suatu pendapat dan gagasan orang lain dengan disertai alasan yang objektif dan rasional.

  1. Depdiknas

Menurut Depdiknas, pengertian argumentasi adalah pemberian alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendirian, pendapat, dan gagasan.

  1. Nursisto

Menurut Nursisto, pengertian argumentasi adalah karangan yang berusaha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendirian, gagasan dan pendapat. Karangan argumentasi memuat argumen, yaitu adalah bukti dan alasan yang bisa dapat meyakinkan orang lain bahwa pendapat yang disampaikan itu benar.

  1. Di kutip dari Wikipedia

Pengertian argumentasi adalah salah satu jeni pengembangan paragraf dalam penulisan yang kita tulis dengan tujuan untuk membujuk atau meyakinkan pembacanya. Dalam penulisan argumentasi isinya berupa penjelasan, alasan, pembuktian, maupun ulasan objektif di mana disertai dengan analogi, contoh, dan sebab akibat.

Yang bertujuan agar pembacanya yakin bahwa gagasan, ide atau pendapat tersebut adalah yang benar dan terbukti.

Ciri-Ciri dari Argumentasi

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI

Suatu argumentasi yang dapat dikenal melalui karakteristiknya. Secara umum, adapun ciri-ciri dari argumentasi adalah sebagai berikut:

  1. Suatu argumentasi yang berisi gagasan, pernyataan, pandangan, dan pendapat seseorang tentang suatu permasalahan yang disampaikan dengan lisan maupun secara tulisan.
  2. Penyampaian argumentasi selalu menyertakan alasan dengan tujuan untuk meyakinkan kepada orang lain tentang pendapat yang mau disampaikan.
  3. Argumentasi yang baik akan selalu disertai dengan data-data yang faktual, objektif, valid dan mengandung kebenaran, untuk memperkuat pendapat yang mau disampaikan.
  4. Argumentasi dapat merumuskan suatu permasalahan secara logis, kritis, analog dan analisis.
  5. Diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pendapat yang lebih luas dan bukan merupakan penegasan yang kembali ke topik utama.

Sedangkan argumentasi bisa kuat harus mengandung lima ciri-ciri. Ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Klaim (claim).
  2. Bukti kontraditif (bantahan) atau bukti afirmatif (setuju).
  3. Garansi atau justifikasi (warrant).
  4. Komprosi (concessions).
  5. Sumber aset (reservations).

Tujuan Dari Argumentasi

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI

Penyampaian suatu argumentasinya dilakukan karena ada tujuan tertentu yang ingin dicapai. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari argumentasi pada umumnya:

  1. Mengemukakan Pendapat

Tujuan argumentasi yang paling umum adalah untuk mengemukakan pendapatnya kepada orang lain. Untuk mengemukakan pendapat, seseorang dapat menentang atau mendukung pendapatnya orang lain.

  1. Mempengaruhi Orang Lain

Pada umumnya orang yang menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain sehingga pendapatnya dan gagasannya di terima atau dilakukan. Namun ada juga penyampaiannya pendapat dilakukan semata-mata untuk menyampaikan suatu pandangan, bukan untuk dipengaruhi.

  1. Mengupayakan Pemecahan Masalah

Argumentasi yang bertujuan untuk mencari solusi dan pemecahan suatu permasalahan. Dalam hal ini, biasanya ada suatu permasalah yang dikemukakan dan kemudian dibutuhkan saran dan pendapatnya dari berbagai pihak.

  1. Mendiskusikan Suatu Permasalah

Hampir sam dengan poin yang sebelumnya, argumentasi juga dapat bertujuan untuk mendiskusikan suatu permasalah yang tanpa harus mencapai titik yang pas karena perbedaan pendapat tersebut sama-sama kuat.

Struktur Teks Argumentasi

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI

Komposisi penulisan kalimat argumentasi tidak di tulis dengan sembarangan begitu saja. Secara umum ada 3 urutan struktur teks dalam menulis atau mengungkapkan kalimat argumentasinya.

Urutan tersebut tidak boleh dibolak-balik atau tidak boleh di acak, karena apabila hal tersebut dilakukan, maka bisa membuat isi teks tersebut menjadi susah untuk dipahami dan tidak mengalir.

Tentu saja keadaan tersebut juga akan membingungkan dan menimbulkan salah satu pengertian pada para pembaca.

  1. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian yang berisi latar belakang masalah dan pengenalan masalah. Kalimat yang digunakan cukup menarik dengan menggunakan gaya bahasa yang sedemikian rupa sehingga bisa menarik perhatian kepada pembaca.

  1. Isi atau Badan Kalimat

Isi atau badan kalimat adalah bagian ini yang berisi ide, pendapat, point of view, gagasan dan disertai dengan fakta yang menguatkan sekaligus membuktikan gagasan tersebut benar adanya.

  1. Penutup

Penutup yang terdiri dari kesimpulan akhir, yang berisi kesimpulan yang logis dan bisa diterima oleh nalar pembacanya.

Hal-Hal yang perlu di Perhatikan dalam Argumentasi

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI
  1. Harus berpikiran yang sehat, kritis dan logis.
  2. Mencari, mengumpulkan, memilih fakta yang sesuai dengan tujuan dan topik tersebut, serta bisa merangkaikan untuk mebuktikan keyakinan atau pendapatnya.
  3. Menjauhkan dari emosi dan unsur subjektif.
  4. Menggunakan bahasa yang baik dan benar, efektif dan tidak menimbulkan salah penafsiran.

Langkah-Langkah Penulisan Paragraf Argumentasi

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI

Berikut ini terdapat beberapa langkah-langkah tentang penulisan paragraf argumentasi, antara lain sebagai berikut:

  1. Menentukan Topik

Kata topik yang berasal dari Bahasa Yunani “topoi” yang berarti (tempat) atau (wilayah). Topoi yang akan memberikan fakta-fakta tersebut. Topik, sumber, atau pokok persoalan yang terdiri dari bagian-bagian pengamatan, pengetahuan, pengalaman, pendapat dan daya khayal yang merupakan satu kesatuan.

Syarat topik paragraf argumentatif, anatara lain sebagai berikut: berhubungan dengan pengetahuan kita, menarik dan sesuai minat kita, ruang lingkupnya tidak terlalu luas, memiliki data dan fakta, dan memiliki sumber acuan dan bahan.

 

Contoh topiknya : peningkatan peran wanita.

  1. Merumuskan Tema

  • Dirumuskan dengan kalimat yang jelas.
  • Adanya kesatuan gagasan sentral yang menjadikan landasan seluruh karangan.
  • Pengembangan tema harus terarah.
  • Mengandung unsur keasliannya (kebenaran) atau bukan merupakan pengulangan dari tema yang pernah ditulis seseorang.

Contoh tema:

Pentingnya peningkatan peran wanita untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia.

  1. Menyusun Kerangka

  • Mengungkapkan maksud dengan jelas.
  • Tiap paragrafnya hanya mengandung satu.
  • Disusun secara sistematis dan secara logis.
  • Memerlukan penggunaanya simbol yang konsisten.

Contoh tema:

Pengertian wanita, pengertian Sumber Daya Manusia, dan peran wanita.

  1. Mengumpulkan Data atau Fakta

Mengumpulkan data atau fakta yang dapat dilakukan melalui internet, laboratorium, pendapat ahli, perpustakaan, eksiklopedia, laporan hasil penelitian, kamus, surat kabar, tabloid dan majalah.

  1. Mengembangkan Kerangka

Menggunakan metode:

  • Genus

Genus adalah pengembangan paragraf argumentatif dengan argumen-argumen yang menggunakan kelas atau genus yang dijadikan ide pokok dan argumen-argumen tersebut dijadikan ide penjelas.

  • Definisi

Definisi adalah dilakukan dengan cara mengidentifikasi atau mengemukakan ciri-ciri sesuatu yang detail.

  • Sebab dan akibat atau akibat ke sebab

Sebab dan akibat atau akibat ke sebab adalah pengembangan paragraf dengan menggunakan proses berfikir yang klausalitas. Sebab yang menjadi ide pokok dan akibat menjadikan ide penjelas.

Hubungan sebab akibat dibagi menjadi beberapa macam yaitu: satu sebab bisa menimbulkan satu akibat, satu sebab menimbulkan banyak akibatnya, sebab akibat berantai : sebab satu menimbulkan satu akibat, akibat satu menjadikan sebab ke dua, akibat dua menjadikan sebab ke tiga yang menimbulkan akibat ke tiga dan sebainya.

  • Persamaan

Persamaan adalah menggunakan pernyataan yang mengenai kesama antara dua hal. Hal yang pertama adalah ide pokok dan hal yang kedu adalah mempunyai persamaan menjadikan ide penjelas.

  • Perbandingan

Perbandingan adalah dilakukan dengan mengemukakan persamaan dan perbedaan dua, salah satunya dari hal yang dibandingkan yang mempunyai kelebihan dari hal yang lain dan dijadikan dasar perbandingan tersebut. Hal yang dijadikan dasar perbandingan adalah merupakan ide pokok.

  • Pertentangan

Pertentangan adalah menggunakan relasi dengan dua hal. Penulisan mengemukakan suatu hal atau suatu pendapat, kemudian diberikan hal atau pendapat sebaliknya. Pendapat tersebut dikemukakan sebagai dasar pertentangan yang menjadi ide pokok.

Contoh:

Mengemukakan suatu ide atau hal sebagai ide pokok, kemudian diberikan contoh sebagai argumen yang sekaligus merupakan ide penjelasan.

Perbedaan Paragraf Argumentasi

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI
  1. Perbedaan Paaragraf Argumentasi dengan Eksposisi

  • Eksposisi yang bertujuan menjelaskan dan menerangkan, sedangkan untuk argumentasi untuk mempengaruhi pembacanya.
  • Eksposisi menggunakan contoh, grafik dan lain-lain, untuk menjelaskan sesuatu yang kita akan kemukakan, sedangkan untuk argumentasi adalah memberi contoh untuk membuktikan bahwa sesuatu yang mau kita kemukakan itu benar.
  • Penutup pada akhir eksposisi biasanya menegaskan lagi sesuatu yang sudah diuraikan sebelumnya. Sedangkan penutup pada akhir argumentasi adalah biasanya berupa kesimpulan atas sesuatu yang sudah diuraikan sebelumnya.
  1. Persamaan Paragraf Argumentasi dengan Eksposisi

  • Argumentasi dan eksposisi sama-sama menjelaskan tentang gagasan, pendapat dan keyakinan kita.
  • Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan fakta yang sudah diperjelas dengan peta, angka, grafik dan lain-lain.
  • Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan analisis dan sintesis untuk pembahasannya.
  • Argumentasi dan eksposisi sama-sama menggalikan idenya dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian, sikap dan keyakinan.
  1. Perbedaan Paragraf Argumentasi dengan Persuasi

  • Argumentasi adalah bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya supaya menyetujui bahwa kita itu benar, sedangkan untuk persuasi adalah untuk mempengaruhi pembacanya untuk berbuat sesuatu.
  • Argumentasi menyertakan alasan dan bukti, sedangkan untuk persuasi adalah menyertakan alasan yang bersifat motorik dalam karangan.
  1. Perbedaan paragraf argumentasi dengan yang lain

  • Paragraf Narasi

Meneceritakan atau mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian sehingga tampak seolah-olah pembacanya mengalami sendiri peristiwa itu.

  • Paragraf Deskripsi

Menggambarkan sesuatu objek secara detail dan terperinci sehingga tampak seolah-olah pembacanya meilhat, mendengar dan bisa merasakan sendiri.

Contoh Paragraf Argumentasi

PENGERTIAN ARGUMENTASI
PENGERTIAN ARGUMENTASI
  1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan I

Pendidikan di Negara Indonesia dewasa ini masih cukup jauh dengan pendidikan yang berada di Negara-Negara yang lain yang ada di dunia.

Bahkan Negara Indonesia sendiri masih kalah dengan Negara Jiran kita, yaitu adalah Negara Malaysia dan Negara Singapura dalam bidang pendidikan.

Hal ini dapat disaksikan dari banyaknya penduduk mereka yang sudah memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sedangkan di Negara Indonesia, jumlah penduduknya yang mendapatkan pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan Negara yang lain, apalagi di daerah-daerah yang tertinggal seperti NTT, NTB, Papua dan masih banyak lagi di daerah lainnya.

Ketertinggalan pendidikan di daerah-daerahnya disebabkan karena kurang meratanya pendidikan yang ada di Negara Indonesia. Pemerintah hanya membangun fasilitas pendidikan di daerah perkotaan yang khususnya di Pulau Jawa.

Tidak hanya itu, terbatasanya jumlah guru yang ada di daerah tersebut juga ikut menciptakan semakin jauh ases pendidikannya yang ada di daerahnya. Akhirnya, pendidikan yang ada di Indonesia tidak merata serta cenderung tertinggal, sehingga belum bisa untuk bersaing dengan Negara lain yang ada di dunia.

  1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan II

Sekolah SMAN 2 Sidoarjo dinobatkan sebagai sekolah terbaik yang ada di Negara Indonesia. Banyak siswa yang berprestasi yang dicetak oleh sekolah tersebut.

Hal ini terbukti dengan adanya juara-juara Olimpiade yang bermuara dari sekolah tersebut. Lebih dari itu, prestasi yang lain juga membanggakan selain di bidang akademiknya, ada juga di bidang yang lain juga yang menunjukkan prestasi antara lain kesenian dan olahraga.

Tahun lalu sekolah ini mengirim 20 atlet yang mewakili Negara Indonesia dalam lomba kejuaraan Sea Games. Paduan suara sekolah ini sudah ikut berpartisipasi dalam kontes paduan suara tingkatan Internasional yang ada di Barcelona, Negara Spanyol.

Prestasi yang cukup membanggakan tersebut tidak terjadi begitu saja, akan tetapi semua itu karena kerja keras dan litahan terus menerus, kerja keras dewan guru dan juga pihak komite sekolah yang selalu berkomitmen untuk dapat menghasilkan anak didiknya dengan lulusan yang unggulan.

  1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan

Musim kemarau pada tahun ini adalah kemarau yang terparah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hujan tidak turun selama 6 bulan mengakibatkan tanah dan sumber airnya menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini hujan akan diprediksi akan trurun pada bulan depan.

Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan bahwa musim kemarau tahun ini bukanlah musim kemarau yang biasa, dikarenakan terjadi selama 7 bulan. Sedangkan menurut data yang sudah disampaikan oleh BMKG tahun yang lau, kemarau hanya terjadi selama 5 bulan saja.

Dengan demikian, petani banyak yang merugi akibat gagal panen karena tidak adanya air yang mengaliri sawah mereka.

Pengertian Argumentasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *