Pengertian Artikel : Definisi, Struktur, CIri, Jenis, Sistematika Artikel

Pengertian Artikel – Apa itu artikel ? kita mungkin sudah sering mendengarkan dengan istilah artikel, bahkan mungkin sering juga membaca artikel sehari-hari baik di media online dan di koran. Namun apa yang dimaksud dengan artikel ? secara umum arti dari artikel adalah sebuah karya tulis yang bersarkan fakta yang sudah terjadi.

Artikel bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, saat kita membaca majalah, membaca koran atau lewat portal berita online yang sedang marak belakangan ini. Ciri-ciri dari artikel yang utama adalah isinya yang berdasarkan fakta dan bersifat yang faktual. Artinya dari isi artikel tersebut harus benar-benar terjadi dan tidak hanya sekedar mitos yang belaka.

Gaya bahasa yang digunakan untuk sebuah artikel yang bersifat resmi dan menggunakan kata-kata yang baku. Hal ini supaya isi artikel mudah dimengerti oleh semua kalangan. Tujuan artikel sendiri adalah memberikan informasi yang menambah wawasan, mengedukasi dan juga bisa menghibur.

Ada banyak sekali macam-macam artikel yang ada. Dilihat dari media tulisannya, jenis-jenis artikel di antaranya adalah artikel majalah, artikel buletin, artikel ilmiah, artikel sponsor, artikel dari koran dan lain sebagainya.

Sementara dilihat dari isinya, jenis artikel ini dibagi menjadi lima yaitu adalah narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi dan persuasi. Lantas apa yang dimaksud dengan artikel secara umum ? Nah selanjutnya akan kita bahasa mengenai arti definisi artikel secara umum:

Apa yang dimaksud dengan artikel ? pengertian dari artikel adalah suatu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi fakta atau gagasan yang dapat membujuk, mendidik, meyakinkan, dan bisa menghibur pembacanya, serta di publikasikan ke suatu media di majalah, koran, buletin, media sosial, website dan lainnya.

Ada juga yang menyebutkan arti dari artikel adalah suatu karangan yang berupa esai yang isisnya menyampaikan tentang fakta-fakta atau ide-ide secara objektif, dimana tujuan tersebut untuk membujuk, meyakinkan, dan menghibur si pembacanya.

Isi yang disampaikan di dalam suatu artikel bisa bermacam-macam dan tergantung dengan topik yang mau dibahas. Beberapa contoh isi artikel yang sering kali di publikasikan melalui berbagai media adalah sebagi berikut:

  • Hasil dari penelitian
  • Informasi sejarah
  • Petualangan seseorang
  • Argumentasi tentang isu yang tertentu
  • Tutorial atau bimbingan yang mengajarkan sesuatu kepada orang lain

PENGERTIAN ARTIKEL MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

Untuk lebih memahami apa itu artikel, maka kita akan bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli sebagai berikut:

1. Rillian E. Wolseley

Menurut Rillian E. Wolseley, pengertian dari artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, dimana tujuannya adalah untuk menyampaikan gagasan mauun fakta dengan maksud mendidik, meyakinkan, dan menghibur.

2. Sumandiria

Menurut Sumandiria, pengertian dari artikel adalah suatu karya tulis lepas yang berisi berupa opini, tentang masalah yang bersifat aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan untuk menghibur, mempengarui, memberitahukan, dan meyakinkan para pembacanya.

3. Al-‘Aqli

Menurut Al-‘Aqli, pengertian artikel adalah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplinnya ilmu serta masing-masing pembahasannya tersebut di kaji dan juga diselesaikan dengan jelas, tuntas, dan lugas sehingga si pembacanya dapat mengambil di inti sarinya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat secara lengkap, seperti esai yang ada di majalah atau laporan surat kabar, dan lain sebagainya.

5. Cambridge Dictionary

Menurut Cambridge Dictionary, pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang membahasa tentang subjek yang tertentu dan dipublikasikan di berbagai media, seperti : majalah, koran dan internet.

6. Andi Baso Mappatoto

Menurut Andi Baso Mappatoto, pengertian artikel adalah karya tuis yang lengkap, tulisan notifikasinya dan karangannya tertulis panjangnya yang tak tentu.

7. Webster’s Collegiate Thesaurus

Menurut Webster’s Collegiate Thesaurus, pengertian artikel adalah sebagai karangan, kritik, catatan, reportase, manifes, putusan, servey atau pelajaran.

8. Longman Pitman Office Dictionary

Menurut Longman Pitman Office Dictionary, pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang prosa nonfiksi, bagian bebas, bentuk biasa dari sebuah majalah, koran dan lain-lain.

9. The America Herigate Desk Dictionary

Artikel adalah sebuah bagian tulisan yang non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan misalkan seperti laporan esai.

10. Essential English Dictionary

Pengertian artikel adalah sebagai tulisan yang lengkap dalam surat kabar, majalah dan lain-lain.

11. Ensiklopedia Pers Indonesia

Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia, pengertian artikel adalah karangan prosa yang dalam media massanya yang membahas pokok masalah secara lugas.

12. Dalam Bahasa Jawa

Menurut dalam Bahasa Jawa, pengertian artikel adalah karangan yang nyata sing jangkep kanthi dawa tinamtu sing digawe kanggo disebarke lumantar kalawarti (majalah), buletin, ariwati (koran) lan sapanunggalane.

13. Penguin English Student Dictionary

Pengertian artikel adalah suatu karangan yang tertulisa untuk diduplikasikan dalam media berita cetak seperti koran, majalah, dan lain-lain.

STRUKTUR ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

Walaupun artikel yang berisikan opini seseorang terhadap suatu kasus, bukan berarti tidak memiliki aturan dalam penulisannya. Suatu tulisan yang dapat dikatakan sebagai artikel apabila memenuhi standar penulisannya artikel yang baik dan benar.

Jika salah satu standar tidak terpenuhi, maka informasi yang disampaikan menjadi kurang tepat dan sulit untuk dipahami oleh seorang pembaca. Lalu bagaimana cara membuat artikel dengan baik dan benar ? Struktur penulisan artikel yang dibuat berdasarkan jenis artikel yang kita inginkan.

Berikut ini merupakan struktur penulisan suatu artikel yang umum dan terorganisir dengan baik.

1. Judul Artikel

Pada umumnya, kebanyakan orang akan tertarik untuk membaca suatu artikel dengan melihat dulu judulnya dari artikel itu sendiri. Sebab, judul artikel menjadi hal yang pertama kali harus diperhatikan oleh si pembaca. Bagaimana cara membuat judul artikel yang bisa menarik perhatian ke pembacanya ?

Biasanya, judul dibuat berdasarkan keseluruhan dari isi artikel tersebut. Menentukan judul bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada beberapa penulis yang menentukan judulnya ketika sudah menyelesaikan konten artikel tersebut.

Judl itu di ibaratkan umpanan yang digunakan untuk memancing. Jadi, ada baiknya kita membaca isi artikel terlebih dahulu hingga beberapa kali sebelum menentukan judulnya. Melalui judul artikel, kita dapat memengaruhi keputusan seseorang.

Apakah orang itu akan membaca dan lebih mendalami dari isi artikel atau menganggapnya sebagai hal yang tidak penting.

2. Pembukaan Artikel (Lead)

Artikel yang tersusun dari beberapa paragraf, dimana paragraf yang pertama pada artikel. Biasanya, pembukaan artikel yang berisikan suatu uraian atau rangkaian kejadian yang bersifat aktual yang digunakan sebagai dasarnya artikel.

Selain itu, dalam pembukaan artikel kita juga dapat mnyertakan kalimat tanya atau kalimat sapaan kepada si pembaca. Dengan begitu, si pembaca semakin tertarik untuk melanjutkan ke bagian isi artikel tersebut.

Ada dua teknik dalam menulis pembuatan artikel, adalah induktif dan deduktif. Menulis pembukaan dengan cara indukti adalah memulainya dengan hal yang bersifat khusus, yang kemudian akan bisa menggambarkan dengan hal yang sifatnya umum. Sedangkan deduktif adalah memulainya dari hal yang bersifat umum, seperti membuat kalimat tanya dan jawaban.

3. Leher Artikel (Bridge)

Setelah paragraf pembukaan, biasanya ada suatu uraian yang bisa menjadi penghubung antara kalimat pembuka dengan bagian isi dari artikel.

Bagian itu juga disebut dengan leher, dimana bagian itu menyampaikan suatu uraian yang langsung berkaitan dengan isi artikelnya. Kita juga bisa menjadikan leher artikel untuk membahas tentang permasalahan yang satu dengan permasalahan yang lain.

4. Isi Artikel (Body)

Bagian isi artikel merupakan bagian yang paling penting dalam suatu artikel. Atau sering juga disebut dengan bagian eksplanasi. Tujuannya adalah untuk memaparkan semua permasalahan yang tidak boleh menyebar ke topik yang lain dan tidak relevan dengan topik yang kita bahas.

5. Penutupan

Bagian penutup artikel ini juga sangat diperlukan dalam penulisan artikel. dibagian ini si penulis menyampaikan kesimpulan dari permasalah yang sudah kita uraikan. Demikian melalui penutup ini pula pembaca dapat bisa menilai bagaimana sikap penulis terhadap sebuah masalah yang sudah dijelaskannya.

Baca Juga : Pengertian Cerpen

CIRI CIRI ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

Ada beberapa unsur-unsur artikel yang harus ada seperti kalimat, kata, gaya bahasa dan isinya. Mengacu pada penjelasan arti artikel yang ada di atas, maka sebuah artikel dapat dikenali karakteristik artieklnya yang harus digunakan. Adapun ciri-cirnya dari artikel adalah sebagai berikut:

  1. Pada umumnya artikel dibuat secara ringkas, tuntas, padat dan jelas .
  2. Isi yang disampaikan dalam sebuah arikel tersebut didasari oleh fakta, bukan fiksi atau mitos yang kebenarannya juga masih diragukan.
  3. Artikel yang bersifat informatif dan faktual, mengungkapkan informasinya berdasarkan suatu penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Sebuah artikel dapat mengandung analisis dan mengandung opini, namun harus berdasarkan teori dan data yang sudah valid.
  5. Penulisan artikel menggunakan bahasa yang baku atau yang resmi, serta kalimat yang logis, lugas, efektif dan denotatif.
  6. Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis, sehingga si pembaca dapat mengerti isi arikel tersebut dengan mudah.
  7. Gagasan atau topiknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan si pembaca dan masyarakat umum.

JENIS – JENIS ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

Secara umum, ada beberapa macam jenis artikel yang sering kita baca setiap hari. Mengacu pada pengertian artikel yang ada di atas, adapun jenis-jenis artikel adalah sebagai berikut:

1. Narasi

Artikel Narasi adalah jenis artikel yang isisnya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis dari (awal, tengah, dan sampai akhir). Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik dan penyelesaian masalah. Contoh narasinya adalah biografi, autobiografi dan kisah pengalaman.

 

Langkah-langkah menulis artikel narasi :

  • Menentukan tema terlebih dahulu.
  • Menentukan tujuan penulisan artikel yang bersifat tersirat.
  • Menentukan rumusan ide pokok artikel yang bersifat tersirat.
  • Setiap paragraf ditulis dengan berdasarkan alur ceritanya: awal-tengah-akhir. Bagian yang awal biasanya berisi tentang pengenalan tokoh. Untuk bagian yang tengah berisi tentang kemunculan konflik hingga sampai klimaksnya. Sedangkan di bagian yang terakhir menceritakan akhir dari cerita tersebut.

2. Deskripsi

Artikel Deskripsi adalah jenis artikel yang berupa karangan yang menggambarkan tertentu suatul hal kepada si pembacanya, sehingga pembacanya seolah-olah dapat melihat, merasakan, dan mendangarkan isi dari deskripsi.

Langkah-Langkah menulis artikel deskripsi:

  • Menentukan suatu objek (jasa, produk, keadaan, konsep dan lain-lain).
  • Menentukan suatu tujuan penulisan artikel yang bersifat tersirat.
  • Menentukan rumusan tentang ide pokok, yang bersifat tersirat.
  • Setiap paragraf di tulis dengan sistematis.
  • Menyimpulkan objek yang sudah dideskripsikan di akhir paragraf.

3. Eksposisi

Artikel Eksposisi adalah jenis artikel uang berisi menjelaskan dan memberikan informasi yang mengenai suatu topik agar menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi yang biasanya diengkapi dengan grafik, gambar, dan informasi informasi pedukung lainnya.

Langkah-Langkah menulis artikel eksposisi:

  • Menentukan tema terlebih dahulu.
  • Menentukan tujuan penulis artikel yang bersifat tersurat.
  • Menentukan rumusan ide pokok yang bersifat tersurat.
  • Membuat kerangka karangan.
  • Mengembangkan kerangka karangan yang berdasarkan data dan fakta yang valid, atau dapat menyertakan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4. Argumentasi

Artikel Argumentasi adalah suatu karangan yang bertujuan ingin membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan fakta atu data sebagai bukti alasannya. Di dalam arikel argunetasi biasanya terdapat unsur data dan opini, serta fakta yang sebagi pendukung opini.

Langkah-Langkah menulis artikel argumentasi:

  • Menetukan tema atau masalah tersebut.
  • Menentukan tujuan penulisan artikel yang bersifat tersurat.
  • Menentukan rumusan masalah yang bersifat tersurat.
  • Membuat dan mengembangkan kerangka karangan dengan menjadikan data dan fakta sehingga bisa mendukung pendapat tersebut.
  • Membuat kesimpulan.

5. Persuasi

Artikel Persuasi adalah artikel yang isisnya yang bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya sehingga bersedia untuk melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh si penulis dalam karangannya tersebut. Artikel seperti ini banyak digunakan dalam kampanye-kampanyenya. Misalkan kampanye anti narkoba yang berisi menjelaskan tentang bahaya narkoba tersebut.

Langkah-Langkah menulis artikel persuasi:

  • Menetukan tema atau masalah tersebut.
  • Menentukan tujuan penulisan artikel yang bersifat tersurat.
  • Menentukan rumusan ide pokok yang bersifat tersurat.
  • Membuat dan mengembangkan kerangka karangan dengan menjadikan data dan fakta sehingga bisa memengaruhi pembaca tersebut.
  • Membuat kesimpulan.

6. Eksplorasi

Artikel Eksplorasi adalah artikel atau tulisan yang berisi ungkapan dari fakta-fakta yang menurut sudut pandang si penulis tersebut.

7. Prediktif

Artikel Prediktif adalah artikel yang memuat tentang sesuatu yang bersifatnya akan akan terjadi atau belum terjadi, menurut analisis si penulis tersebut.

8. Eksplanatif

Artikel Eksplanatif adalah tulisan yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca, menurut berbagai sudut pandang dan terutama dari sudut penulisnya.

TUJUAN DAN MANFAAT ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

Pembuatan dan publikasi artikel yang memiliki tujuan dan manfaat tertentu bagi si penulisnya dan pembacanya. Adapun beberapa tujuan dan manfaat dari artikel adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan penulis kepada seluruh masyarakat.
  2. Sebagai sarana untuk publikasi hasil pemikiran yang secara ilmiah melalui jurnal ilmiah tersebut.
  3. Membantu penulis untuk memahami tujuan untuk menulis sehingga diharapkan yang memiliki kompetensi dalam menulis artikel.
  4. Cara untuk menjelaskan dan membahas tentang suatu masalah sesuai dengan bidang ilmu yang tertentu.
  5. Memberikan dampak akademis kepada penulis artikel tersebut.

SISTEMATIKA PENULIS ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

PENGERTIAN ARTIKEL

Sistematika Penulis Artikel dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

1. Sistematika penulisan artikel hasil penelitian

  • Judul disusun maksimal 14 kata dalam tulisan Bahasa Indonesia, dan 10 kata dalam tulisan Bahasa Inggris.
  • Nama penulis, ditulis tanpa gelar kebangsawanan atau gelar akademik. Lembaga tempat penulis bekerja ditulis dalam catatan kaki dan disertai alamat yang bisa dihubungi, baik alamat kantor, alamat e-mail, dan alamat rumah.
  • Abstrak, disusun dalam satu pafaragraf yang berisi latar belakang tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak maksimal 100 kata.
  • Kata kunci dan kata-kata penting (kata kunci dala tulisan)
  • Pendahuluan, yang berisi uraian tentang latar belakang, manfaat, tujuan dan metode untuk penelitian. Pedahuluan tersebut di tulis tanpa subjudul dan disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan tersebut.
  • Tinjau pustaka hanya berisi uraian yang tentang hasil penelitian, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisannya.
  • Hasil penelitiannya, berisi uraian tentang hasil penelitiannya, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan.
  • Pembahasannya, berisi uraian tentang hasi penelitian dan implikasi yang dihasilkan dari penelitian tersebut. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal, dan disusun maksimal 50% dari keseluruhannya tulisan.
  • Kesimpulan dan saran, disusun yang maksimal 5% dari keseluruhan tulisan.
  • Pustaka rujukannya, menggunakan sumber buku dan jurnal maksimal 10 tahun terakhir.

2. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran (nonpenelitian)

  • Judul, yang disusun maksimal 14 kata dalam tulisan Bahasa Indonesia, dan 10 kata dalam tulisan berbahasa Inggris.
  • Nama penulis, yang ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kebangsawanan. Lembaga tempat penulis untuk bekerja, ditulis dalam catatan kaki dan disertai alamat yang bisa dihubungkan, baik melalui e-mail, alamat kantor, dan rumah.
  • Abstrak, disusun dalam satu paragraf dan masikamal 100 kata.
  • Kata kunci, berupa kata-kata yang penting (kata kunci) dalam tulisan.
  • Pendahuluan, yang berisi tentang uraian latar belakang, di tulis tanpa sub judul, masalah tujuan, manfaat, dan disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan tersebut.
  • Pembahasan, yang terdiri atas beberapa subjudul yang berisi uraian tentang masalah yang dibahas. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal dan disusun maksimal 70% dari keseluruhan tulisan tersebut.
  • Penutup (kesimpulan dan saran), yang disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan. Pustaka rujukan, menggunakan sumber buku dan jurnal tersebut maksimal 10 tahun terakhir.

Demikian tadi adalah beberapa pengertian dari Artikel, seperti yang kita ketahui tadi selain pengertian ada cara, jenis, dan bagaimana cara untuk membuat artikel. Semoga dengan ini bisa menambah wawasan untuk kita.

Pengertian Artikel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply