Bank : Pengertian, Tujuan, Jenis Jenis, Fungsi, Tujuan !!

Pengertian Bank – Bank merupakan lembaga intermediasi yang berkaitan dengan hal keuangan. Pada umumnya bank didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang dari masyarakat, meminjamkan uang kepada masyarakat, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai surat sanggup bayar.

Di awal pendiriannya yaitu pada tahun 1690 di Inggris, bank hanyalah berbentuk firma yang digunakan kerajaan Inggris untuk membangun kembali armada lautnya untuk menyaingi armada laut Prancis.

Di awal penyebarannya juga bank hanya dipergunakan untuk menukar uang antar kerajaan satu dengan kerajaan yang lain atau yang dikenal saat ini dengan sebutan pedagang valuta asing (money changer).

Namun kemudian bank dikembangkan sehingga menjadi tmpat untuk menyimpan uang, dan seiring berkembangnya zaman bank sampai saat ini menjadi tempat untuk menukar uang, menyimpan uang, dan bahkan bank saat ini digunakan untuk meminjamkan uang dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Disamping tiga kegiatan utama bank diatas, bank juga dapat digunakan sebagai jasa setoran air, listrik, telepon; jasa pembayaran gaji; jasa pengirimian uang; jasa penagihan (inkaso); dan lain sebagainya.

Sedangkan bank-bank yang ada di Indonesia di awasi oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia didirikan pada tahun 1828 dengan nama De Javasche Bank oleh Pemerintah Belanda.

Namun secara resmi De Javasche Bank  diganti namanya menjadi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral di Indonesia.

Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki tugas utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran. Selaian tiga tugas utama tersebut Bank Indoensia juga menjalankan fungsi komersial yang telah dijalankan oleh De Javasche Bank sebelumnya.

Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki beberapa undang-undang yang dibuat sebagai pedoman dalammenjalankan kegiatannya, diantaranya adalah :

  1. Perpu No. 2 Tahun 1946
  2. UU No. 11 Th 1953
  3. UU 13 Th 1968.
  4. UU No. 23 Th 1999.
  5. UU No. 3 Th 2004 tentang perubahan UU No. 23 Th 1999.
  6. Pasal 7 (1) UU BI No. 3/2004
  7. Pasal 8 UU BI 23/1999
  8. Pasal 20 UU BI 23/1999

Berikut akan kami jabarkan beberapa pengertian bank dari berbagai sumber.

Pengertian Bank Secara Umum

pengertian bank

pengertian bank

Bank merupakan lembaga intermediasi yang berkaitan dengan hal keuangan. Pada umumnya bank didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang dari masyarakat, meminjamkan uang kepada masyarakat, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai surat sanggup bayar.

Sedangkan pengertian bank berdasarkan Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 yang di tetapkan pada Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan.

Yang dimaksud dengan bank yaitu suatu badan usaha yang kegiatannya meliputi untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit dan dalam bentuk-bentuk lainnya guna meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Menurut pengertian bank diatas dapat kita simpulkan bahwa bank memiliki 3 kegiatnutama, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, dan sebagai penyedia jasa bagi masyrakat banyak untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak.

Dalam pengertian lain bank diartikan sebagai badan usaha yang melaksanakan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Pengertian Bank Secara Bahasa

pengertian bank

pengertian bank

Menurut bahasa (etimologi) kata bank berasal dari bahasa Italia yaitu “banco” yang mempunyai arti “bangku”. Mengapa Bangku? Dalam arti ini dikatakan bangku karena bangku digunakan pegawai bank untuk menjalankan aktivitas operasinya kepada para nasabah.

Kemudian penggunaan tersebut lebih diperluas lagi yaitu untuk menunjukkan meja tempat penukaran uang yang digunakan oleh para pemberi pinjaman dan juga para pedagang mata uang di Eropa pada Abad Pertengahan untuk memperlihatkan uang mereka. Istilah bangku tersebut semakin populer dan akhirnya secara resmi kini kata bangku di kenal dengan istilah bank.

Pengertian Bank Menurut Para Ahli

pengertian bank

pengertian bank

Banyak para ahli yang telah mengemukakan pendapatnya tentang penegrtian bank, yaitu diantaranya :

1. B.N. Ajuha

Menurut Dr. B.N. Ajuha pengertian Bank adalah sebuah tempat yang digunakan sebagai penyaluran modal yang berasal dari masyarakat dan tidak dapat menggunakan uang tersebut secara semena-mena dan diperuntukkan menguntungkan kepada pihak yang dapat membuat uang tersebut lebih produktif untuk memberikan keuntungan pada masyarakat.

2. GM. Verrijin Stuart

Dalam bukunya yang berjudul Bank Politik, Prof. GM. Verrijin Stuart mengemukakan pendapatnya tentang denisi bank, yang beliau artikan sebagai suatu badan usaha yang mempunyai tujuan untuk memuaskan kebutuhan masyarakat, baik dengan alat-alat pembayaran sendiri atau juga dengan uang yang didapatkannya dari orang lain, ataupu bisa juga dengan jalan mengedarkan alat-alat penukaran baru berupa uang giral.

3. Kuncoro , Teori dan Aplikasi (2000: 68).

Menurut Kuncoro didalam bukunya yang berjudul Manajemen Perbankan. Beliau mengemukakan pengertian bank ialah suatu lembaga keuangan yang kegiatan pokoknya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

4. Pierson

Menurut Pierson, yang seorang ahli ekonomi dari Belanda, beliau berpendapat bahwa bank adalah sebuah badan atau lembaga yang menerima kredit. Bank menerima simpanan yang berasal dari masyarkat dalam bentuk giro dan deposito berjangka serta tabungan. Simpanan dari masyarakat tersebut nantinya akan dikelola dengan cara memanifiestasikannya dalam bentuk investasi dan kredit kepada badan usaha baik swasta ataupun pemerintah. Dari kegiatan tersebut, bank  dapat memperoleh keuntungan yang bisa berupa dividen atau pendapatan bunga yang dapat dipergunakan guna membayar biaya operasional atau mengembangkan usaha.

5. Thomas Mayer, James D. Duesenberry dan Z. Aliber

Dalam pendapat ahli lainnya Bank diartikan sebagai salah satu lembaga keuangan yang sangat penting bagi masyarakat, menciptakan beberapa uang dan memiliki berbagai aktivitas yang lainnya.

6. Frederic S. Mishkin

Frederic S. Mishkin mengemukakan pendapat dalam bukunya The Economics Of Money, Banking, And Financial Markets, bank adalah lembaga keuangan yang berkegiatan menerima deposit uang dan juga memberikan pinjaman kepada masyarakat. Yang termasuk dalam istilah bank adalah perusahaan seperti bank komersial, bank simpanan bersama, asosiasi simpan pinjam, dan credit unions.

7. Howtery

Didalam bukunya Currency on Credit, RG. Howtery  menyatakan bahwa uang yang ada pada masyarakat memiliki fungsi sebagai alat penukar (medium exchange) dan sebagai alat pengukur nilai (standard on value). Masyarakat mendapatkan alat penukar (uang) berdasarkan kredit yang diterima oleh badan perantara utang dan piutang, yaitu bank. Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa definisi bank, yaitu lembaga usaha perantara kredit.

8. Menurut F.E. Perry

Bank merupakan suatu badan usaha yang kegiatannya berkaitan dengan uang, menerima simpanan (deposito) dari nasabah, memberikan dana atas setiap penarikan, melakukan tagihan cek-cek atas perintah nasabah, menyediakan kredit dan atau bisa juga menanamkan kembali kelebihan simpanan tersebut sampai dibutuhkan pada saat pembayaran kembali.

9. Sedangkan menurut Hasibuan (2005:2),

Bank adalah badan usaha yang pendapatan utamanya dalam bentuk aset keuangan (financial assets) serta bermotif profit untuk sosial, jadi bukan hanya mencari keuntungan saja.

10. Selain itu Kasmir (2008:2)

Berpendapat bahwa Bank yaitu lembaga keuangan yang aktifitasnya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan yang selanjutnya akan disalurkan kembali ke masyarakat, serta memberikan jasa-jasa bank lainnya.

11. Menurut J.D Parera (2004 : 137)

Di Indonesia, seperti yang telah diatur dalam undang-undang yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menabung dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan mendistribusikan dana tersebut kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau dalam bentuk lainnya untuk meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

12. Menurut Sommary

Bank adalah suatu badan yang memiliki fungsi mengambil dan memberi kredit, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

13. Menurut Dendawijaya

Bank adalah suatu lembaga usaha yang tugas utamanya sebagai lembaga penyambung keuangan yang mendistribusikan  dana dari pihak yang mempunyai kelebihan dana pada waktu yang telah ditentukan.

14. Abdurracham

Dalam bukunya yang berjudul Ensiklopedi Ekonomi Keuangan dan Perdagangan, A. Abdurrachman mengungkapkan definisi bank yaitu suatu lembaga keuangan yang melaksanakan banyak macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, dan bertindak sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan, dan lain sebagainya. Menurutnya bank ialah suatu lembaga  perdagangan yang memberikan jasa penyimpanan uang dan memberikan kredit dengan tujuan mencari laba yang wajar dari bermoral.

15. T. GILARSO, SJ

Menurut dia Bank ialah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana, memberikan kredit dan jasa yang lain dalam lalu lintas pembayaran dan juga peredaran uang.

16. Zamroni S.Pd

Menurutnya Bank merupakan suatu badan usaha milik negara atau swasta yang berfungsi untuk menghimpun dana yang berasal dari masyarakat dalam bentuk tabungan serta menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit.

17. Sulad S. Hardanto

Menurutnya bank adalah sebuah institusi yang memiliki surat izin kegiatan bank meliputi, menerima tabungan dan deposito,  menerima serta menerbitkan check, dan memberikan pinjaman

18. Thomas Suyatno

Menurutnya bank adalah suatu lembaga yang tugas pokoknya sebagai perantara penyaluran penawaran dan permintaan kredit dalam waktu yang ditentukan.

19. Rachmadi Usman

Menurutnya bank ialah suatu lembaga keuangan yang mengoperasikan segala kepentingan masyarakat dalam bentuk transaksi yang berkaitan dengan kepentingan dari pihak yang memakai jasa bank tesebut, dengan tanpa mengabaikan profit bank baik secara langsung maupun tidak langsung.

20. Sunaryo

Menurutnya bank adalah lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan-perusahaan, dan lain-lain.

21. Gunarto Suhardi

Menurutnya bank adalah badan usaha keuangan yang digunakan sebagai  tempat bagi perusahaan, badan-badan pemerintah maupun swasta, atau juga perorangan menyimpan dana–dananya.

Fungsi Bank

pengertian bank

pengertian bank

Fungsi Bank sendiri adalah sebagai lembaga yang berhak untuk menghimpun dana dari masyarakat dan berhak menyalurkan kembali kepada masyarakat.

Namun, ada 3 fungsi bank yang dibagi secara spesifik. Fungsi itu adalah :

1. Agent Of Trust

Trust artinya kepercayaan, jadi fungsi bank ini adalah kegiatan perbankan bisa berjalan ketika lembaga bank bisa di percaya oleh masyarakat. Karena kepercayaan dari masyarakat adalah kunci dari kelangsungan bank tersebut agar masyarakat bisa menitipkan uang kepada lembaga bank tersebut.

Rasa aman dan bisa di cairkan kapanpun massyarakat membutuhkan harus selalu di jaga, begitu juga sebaliknya dana pinjaman dari bank kepada masyarakat juga berlandaskan saling percayanya antar lembaga dengan masyarakat.

2. Agent Of Defelopment

Dalam kegiatan perekonomian ada 2 sektor yang tidak bisa dipisahkan, yaitu sektor riil dan sektor moneter yang mana keduanya saling berpengaruh dalam perekonomian.

Aktivitas yang dilakukan bank yaitu menghimpun dan menyalurkan uang adalah salah satu bentuk kesempatan kepada masyarakat agar bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti investasi, distribusi dan aktivitas perekonomian yang lainya.

3. Agent Of Service

Fungsi bank selain menghimpun dan menyalurkan dana, suatu bank juga memiliiki jasa perbankan lainya yang bisa ditawarkan untuk masyarakat pada umumnya. Yaitu seperti pengiriman uang (Transfer) , kartu kredit dan lain lain.

Tujuan Bank

pengertian bank

pengertian bank

Tujuan Bank yang utama adalah sebagai lembaga yang membantu untuk pelaksanaan pembangunan nasional yang mana bertujuan untuk sarana tercapainya pertumbuhan ekonomi dan juga sebagai peningkat kesejahteraan pada masyarakat.

Pada dasarnya kegiatan perekonomian di indonesia sangat erat hubunganya dengan perbankan.

Jenis Jenis Bank

pengertian bank

pengertian bank

Jenis jenis kegiatan bank telah ada dalam undang-undang perbankan yang mana didalamnya disebutkan bahwa kegiatan perbankan di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya

Jenis Bank ini ada dalam undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 yang mana pada kelanjutanya di tegaskan kembali pada No 10 tahun 1998. Diantaranya :

a. Bank Sentral

Bank sentral adalah lembaga negara yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi kegiatan pada lembaga-lembaga keuangan yang lain. Tujuan dari Bank Sentral ini adalah agar Bank yang berada dalam pengawasanya bisa meningkatkan stabilitas perekonomian.

b. Bank Umum

Bank Umum adalah Bank yang melakukan aktivitas berdasarkan pada prinsip syariat islam.

c. Bank Pengkreditan Rakyat (BPR)

BPR adalah Bank yang menjalankan aktivitasnya dengan prinsip konvensinal dan juga prinsip syariah islam yang mana dalam kegiatan di dalamnya tidak ada jasa pembayaran. Aktivitas dari BPR sendiri hanya mencangkup penghimpundan dan penyaluran dana saja.

2. Jenis Bank Berdasakan Kepemilikanya

a. Bank Milik Negara

Bank Milik Negara ini contohnya BRI (Bank Negara Indonesia), BRI (Bank Rakyat Indonesia), BTN (Bank Tabungan Negara) dan masih ada yang lainya.

b. Bank Milik Swasta Nasional

Contohnya BCA ( Bank Central Asia), Bank Danamon, Bank Muamalat, Bank Permata.

c. Bank Milik Asing

Contohnya, Standard Charatered Bank, Citibank

d. Bank Campuran

Mitsubishi Buana Bank, Bank Sakura Swadarma, Interpacifik Bank dan lain lain.

3. Jenis Bank Berdasarkan Statusnya

a. Bank Devisa

Bank Devisa adalah Bank yang bisa berinteraksi dengan luar negeri atau lebih gampannya berhubungan dengan mata uang asing. Contohnya, trasfer keluar negeri, atau inkaso ke luar negeri.

2. Bank Non Devisa

Bank ini adalah bank yang memiliki untuk melakukan aktivitas dengan ruang linkup yang terbatas pada negara tertentu.

4. Jenis Bank Berdasarkan Cara Menenukan Harga

a. Bank Prinsip Konvensional

Jenis ini adalah Bank yang menggunakan cara penetapan harga yang sesuai dengan suku bunga yang juga di perlukan penghitungan biaya.

b. Bank Prinsip Syariah

Jenis ini adalah bank yang menerapkan aturan dengan menggunakan perjanian hukum islam dalam kegiatanya.

Demikian beberapa penjelasan yang kami jabarkan pada artikel ini denganhal yang berkaitan dengan pengertian bank baik secara umum, secara bahasa, dan juga menurut para ahli.

Semoga artikel dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita dapat lebih memahami tentang pengertian bank.

Pengertian Bank

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply