pengertian belajar

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, Ciri CIri, Jenis, Tujuan Belajar

Pengertian Belajar –  Apa yang dimaksud dengan belajar ?  pengertian belajar merupakan suatu proses yang dilakukan oleh setiap individu untuk bisa mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk keterampilan, bentuk pengetahuan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang sudah dipelajari.

Definisi pembelajaran juga dapat diartikan sebagai aktivitas psikologis yang dilakukan oleh masing-masing individu, sehingga perilakunya berbeda dari sebelum dan sesudah belajar.

Perubahan tingkah laku atau tanggapan karena adanya pengalaman yang baru, mempunyai kepandaian atau ilmu setelah belajar dan aktivitas berlatih. Kegiatan belajar bisa dilakukan di rumah, sekolah, dan ditempat lainnya seperti di laboratorium, di museum, di hutan dan dimana saja.

Arti dari belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang yang dimana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan kualitas perilaku, peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan, pemahaman, daya pikir, sikap dan berbagai kemampuan yang lainnya.

Menurut Wikipedia, pengertian belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku yang sebagai hasil dari latihan atau pengalaman yang diperkuat. Belajar adalah akibat adanya interaksi anntara respon dan stimulus.

Seorang yang dianggap telah belajar sesuatu jika dia bisa menunjukkan perubahan dari perilakunya. Menurut dari teori ini, dalam belajar yang terpenting adalah input yang berupa output dan stimulus yang berupa respons.

Sedangkan definisi belajar menurut KBBI adalah berusaha untuk memperoleh ilmu atau kepandaian, berlatih, berubah tingkah laku dan tanggapan yang disebabkan dari pengalaman.

PENGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI

pengertian belajar
pengertian belajar

Belajar adalah sesuatu yang berproses dan merupakan unsur yang fundamental dalam masing-masing tingkatan dari pendidikan. Supaya kita lebih memahami apa arti dari belajar, kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Sobry Sutikno

Menurut M. Sobry Sutikno, pengertian dari belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk bisa mendapatkan suatu perubahan yang baru dan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Dalam hal ini, perubahan merupakan sesuatu yang dilakukan dengan secara sadar (di sengaja) dan bertujuan untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari hari sebelumnya.

2. Thursan Hakim

Menurut Hakim, gagasan belajar adalah proses perubahan kepribadian manusia yang menghasilkan peningkatan kuantitas dan kualitas perilaku, termasuk peningkatan pengetahuan, sikap, kebiasaan, keterampilan, pemahaman, kekuatan pikiran dan kemampuan lainnya.

3. Skinner

Menurut Skinner, pengertian dari belajar adalah suatu proses penyesuaian atau adaptasi tingkah laku yang berlaku secara progresif.

4. T. Morgan

Menurut C. T. Morgan, pengertian dari berita adalah suatu perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai hasil atau akibat dari pengalaman yang sudah lalu.

5. Hilgard dan Bower

Menurut Hilgard dan Bower, pengertian dari belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situs yang tertentu yang disebabkan dari pengalamannya yang sudah berulang-ulang dalam situasi tersebut.

6. Winkel

Menurut Winkel, pengertian belajar mengacu pada aktivitas mental atau psikologis yang terjadi dalam interaksi yang langsung aktif di lingkungan dan mengarah ke perubahan dalam manajemen pemahaman.

7. Ernes R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata)

Belajar adalah sebuah proses perbuatan yang dilakukan dengan secara sengaja, yang kemudian menimbulkan sebuah perubahan, yang dimana keadaannya berada dari perubahan yang ditimbulkan oleh yang lainnya.

Sifat perubahan relatif permanen, tidak akan bisa kembali lagi kepada keadaan yang semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi yang sesaat, seperti perubahan akibat dari kelelahan, mabuk, sakit dan lain-lainnya.

8. Gagne dalam Bukum The Conditions Of Learning 1977

Belajar adalah sejenis berubahan yang diperhatikan dalam perubahan di tingkah lakunya, yang di mana keadaannya berada dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melaksanakan tindakan yang sama.

Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan, berbeda dengan perubahan serta merta akibat dari refleks atau perilaku yang sifatnya naluriah.

9. Surya

Menurut Moh. Surya, pengertian belajar adalah suatu proses upaya individu untuk mencapai perubahan perilaku dan yang  baru, yang dihasilkan dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

Kesimpulannya bisa di ambil dari kedua pengertian yang ada di atas adalah bahwa pada prinsipnya, belajar merupakan perubahan dari diri seseorang.

10. Nasution

Menurut Nasution, pengertian dari belajar adalah mengumpulkan dan menambah sejumlah pengetahuan.

11. Gulo

Menurut W. Gulo, pengertian dari belajar adalah suatu proses yang berlangsung di dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik dari tingkah laku dalam berfikir, berbuat dan bersikap.

12. Notoatmodjo

Menurut Notostmodjo, pengertian dari belajar adalah usaha yang menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup.

13. Djamarad

Menurut Djamarad, pengertian dari belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh sesuatu perubahan di tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan yang menyangkut afektif, kognitif dan psikomotor.

14. Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra

Pengertian dari belajar adalah sebuh proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, attitude, and skills.

Kemampuan (competencies), sikap (attitude) dan keterampilan (skills) tersebut bisa diperoleh dengan bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajr sampai hayat.

15. Ahmadi A

Menurut Ahmadi A, pengertian belajar merupakan perubahan dalam diri manusia.

16. Oemar H.

Menurut Oemar H, pengertian dari belajar adalah bentuk pertumbuhan dan perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat dari pengalaman dan latihan.

17. Neohi Nasution

Menurut Neohi Nasution, pengertian dari belajar adalah bentuk perubahan dan pertumbuhan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cari berperilaku yang baru berkat latihan dan pengalaman.

18. Snelbecker

Menurut Snelbecker, pengertian dari belajar adalah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang sederhana sampai ketingkatan yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri dan di kontrol oleh faktor-fakot dari eksternal.

19. Whiterington

Menurut Whiterington, gagasan belajar adalah proses perubahan kepribadian yang memanifestasikan dirinya dalam perubahan dalam kontrol pola respons perilaku yang menghasilkan perubahan dalam kebiasaan, keterampilan, sikap dan kemampuan.

20. Slavin dalam Chatarina Tri Anni

Pengertian belajar adalah proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman.

21. James O. Whittaker

Menurut James O. Whittaker, pengertian belajar adalah proses dimana tingkah laku di timbulkan

22. Sudirman A.M

Menurut Sudirman A.M, pengertian dari belajar adalah perubahan dalam penampilan sebagai hasil dari praktek.

23. Cronbach

Menurut Cronbach, pengertian dari belajar adalah belajar yang efektif melalui pengalaman.

24. Howard Kingsley

Menurut Howard L. Kingsley, pengertian dari belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti yang luas) ditimbulkan atau diubah dengan cara latihan dan praktek.

25. Slameto

Menurut Slameto, pengertian dari belajar adalah suatu proses usahan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan dari tingkah laku yang baru secara keseluruhan dan sebagai pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan di lingkungannya.

26. Beach

Menurut Mc. Beach, pengertian dari belajar adalah belajar membawa perubahan dalam performa dan perubahan itu sebagai akibat dari latihan yang terus menerus.

27. Trianto

Menurut Trianto, pengertian dari belajar adalah proses belajar yang terjadi melalui banyak cara baik dari disengaja dan tidak disengaja, belajar berlangsung sepanjang waktu dan menuju kepada suatu perubahan pada diri pembelajar.

28. Ngalim Purwanto

Menurut Ngalim Purwanto, pengertian dari belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah lakunya, yang terjadi sebagai suatu hasil dari pengalaman dan latihan terus menerus.

29. Hintzman, Douglas L

Arti dari belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, hewan atau manusia dan disebabkan oleh pengalaman yang bisa mempengaruhi tingkah laku dari organisme tersebut.

30. Arno F. Wittig

Definisi dari belajar adalah perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam segala macam tingkah laku suatu organisme sebagai dari hasil belajar.

31. Vernon S. Gerlach dan Donal P Ely

Dalam bukunya yang bernama Teaching dan Media-A Systematic Approach dalam Arsyad berpendapat : Pengertian belajar adalah perubahan perilaku, sedang perilaku tersebut tindakan yang bisa diamati.

Dengan kata lain perilaku merupakan suatu tindakan yang bisa diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang bisa diamati.

32. Imron

Menurut Imron, pengertian belajar adalah sebagai suatu perubahan tingkah laku dalam diri seseorang yang terlatif menetap dan sebagai hasil dari sebuah pengalaman tersebut.

33. Spears

Menurut Spears, pengertian belajar adalah membaca, mengamati, imited, mendengarkan, mengikuti arahan dan mencoba sesuatu sendiri.

34. Muhibbin

Menurut Muhibbin, pengertian dari belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan di setiap jenis dan jenjang pendidikan.

35. Bower

Menurut Bower, pengertian dari belajar adalah ditunjukkan oleh perubahan yang relatif tetap dalam perilaku yang terjadi karena adanya pengalaman dan latihan.

36. Magaret Gredler

Definisi dari belajar adalah proses seseorang yang memperoleh berbagai ketrampilan, sikap dan kecakapan.

Dengan demikian, siswa dapat mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan pengetahuan mereka, dari ketidaktahuan ke pengetahuan, dari kejahatan menjadi baik dan dari kurang menjadi lebih baik.

37. James Patrick Chaplin

Menurut James Patrick Chaplin, pengertian dar belajar dibatasi dengan dua macam rumusan. Rumusan yang pertama adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap yang akibat dari latihan dan pengalaman.

Sedangkan yang kedua adalah proses yang memperoleh respon-respon sebagai akibat dari adanya latihan yang khusus.

TUJUAN BELAJAR

pengertian belajar
pengertian belajar

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian dari belajar yang ada di atas, tujuan yang utama kegiatan dari belajar adalah untuk memperoleh dan meningkatkan tingkah laku manusia yang dalam bentuk keterampilan, pengetahuan, sikap yang positif dan berbagai kemampuan yang lainnya.

Menurut Sudirman, secara umum ada tiga dari tujuan belajar, yaitu adalah:

1. Untuk Memperoleh Pengetahuan

Hasil dari kegiatan belajar bisa ditandai dengan meningkatnya kemampuan dari berfikirnya seseorang. Jadi selain mempunyai pengetahuan yang baru, proses belajar juga akan membuat kemampuan berfikir seseorang yang menjadi lebih baik.

Dalam hal ini, pengetahuan bisa meningkatkan kemampuan berpikir seseorang dan begitu juga sebaliknya kemampuan berfikir akan berkembang melalui ilmu pengetahuan yang dipelajari. Dengan kata yang lain, kemampuan berfikir dan pengetahuan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan.

  2. Menanamkan Konsep dan Keterampilan

Keterampilan yang dimiliki setiap individu adalah sebagai proses dari belajar. Penanaman konsep membutuhkan keterampilan, baik dari keterampilan rohani maupun keterampilan jasmani.

Dalam hal ini, keterampilan rohani adalah cenderung lebih kompleks karena sifatnya yang abstrak. Keterampilan yang ini berhubungan dengan penghayatan, kreatif, cara berfikir dalam menyelesaikan masalah atau membuat suatu konsep.

Sedangkan untuk keterampilan jasmani adalah kemampuan individu dalam gerakan dan penampilan yang bisa diamati. Keterampilan yang ini berhubungan dengan hal pengulangan atu teknis.

3. Membentuk Sikap

Kegiatan belajar juga bisa membentuk sikap seseorang. Dalam hal ini, pembentukan dari sikap mental peserta didik akan sangat berhubungan dengan penanaman nilai-nilai sehingga bisa menumbuhkan kesadaran yang ada di dalam dirinya.

Dalam proses menumbuhkan sikap perilaku, mental, dan pribadi anak didik. Seorang guru harus melakukan pendekatan dengan bijak dan hati-hati. Seorang guru harus bisa menjadi contoh bagi anak didiknya dan mempunyai kecapakan dalam memberikan motivasi dan mengarahkan untuk berfikir.

CIRI – CIRI BELAJAR

pengertian belajar
pengertian belajar

Proses pembelajaran dapat dikenali melalui beberapa karakteristik, dengan mengacu pada definisi pembelajaran yang diberikan di atas. Berikut adalah beberapa elemen yang menggambarkan karakteristik atau ciri – ciri pembelajaran:

  1. Terjadinya perubahan tingkah laku (afektif, kognitif, campuran dan psikomotor) baik yang bisa diamati maupun yang tidak bisa diamati secara langsung.
  2. Perubahan tingkah laku hasil dari belajar pada umumnya akan permanen atau menetap.
  3. Proses belajar pada umumnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dimana hasilnya adalah dari tingkah laku individu.
  4. Beberapa perubahan tingkah laku yang tidak termasuk dalam belajar adalah karena adanya, proses pertumbuhan, hipnosa, hal ghaib, kematangan, penyakit, mukjizat, dan kerusakan fisik.
  5. Proses belajar bisa terjadi dalam interaksi sosial di lingkungan masyarakat yang dimana tingkah laku seseorang bisa berubah karena lingkungannya.

Sedangkan menurut Slameto, ciri-ciri dari perubahan tingkah laku sebagai hasil dari proses belajar adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan yang terjadi secara sadar.
  2. Bersifat kontinue atau menetap dan fungsional.
  3. Bersifat yang aktif dan pasif.
  4. Mempunyai tujuan dan terarah.
  5. Meliputi segala aspek tingkah laku individunya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa dari ciri-ciri belajar adalah adanya perubahan yang terjadi secara sadar, yang dimana tingkah laku seseorang akan menjadi lebih baik dan sifatnya menetap sebagai hasil dari pengalaman dan latihan.

JENIS – JENIS BELAJAR

pengertian belajar
pengertian belajar

Setidaknya ada delapan jenis belajar yang dilaksanakan oleh manusia. Adapun dari beberapa jenis belajar adalah sebagai berikut:

1. Belajar Rasional

Belajar rasional adalah proses belajar yang menggunakan kemampun berifikir sesuai dengan akal sehatnya (rasional dan logis) untuk memecahkan sebuah masalah.

2. Belajar Abstrak

Belajar abstrak adalah proses belajar yang menggunakan berbagai cara berfikir abstrak dan untuk memecahkan masalah yang tidak nyata.

3. Belajar Keterampilan

Belajar keterampilan adalah proses belajar yang menggunakan kemampuan gerak motorik dengan otot dan urar sarafnya untuk bisa menguasi keterampilan jasmaniahnya.

4. Belajar Sosial

Belajar sosial adalah proses belajar yang memahami berbagai masalah dan penyelesaian masalah tersebut. Misalkan masalah dari keluarga, organisasi, persahabatan dan lainnya yang berhubungan dengan masyarakat.

5. Belajar Kebiasaan

Belajar kebiasaan adalah proses perbaikan atau pembentukan kebiasaan ke arah yang lebih baik supaya individu mempunyai sikap dan kebiasaan yang lebih positif san sesuai dengan kebutuhan (kontekstual).

6. Belajar Memecahkan Masalah

Belajar memecahkan masalah adalah belajar yang berfikir teratur, sistematis, dan teliti atau menggunakan berbagai metode ilmiah untuk menyelesaikan suatu masalah.

7. Belajar Apresiasi

Belajar apresiasi adalah belajar kemampuan dalam mempertimbangkan nilai atau arti suatu objek objek sehingga individu bisa menghargai berbagai objek yang tertentu.

8. Belajar Pengetahuan

Belajar pengetahuan adalah proses belajar berbagai pengetahuan yang baru secara terencana untuk menguasai materi pelajaran melalui kegiatan investigasi dan eksperimen.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai tentang pengertian belajar, tujuan, ciri-ciri dan jenis-jenis belajar pada umumnya. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambahkan wawasan kita semua.

Selalu kunjungi website kami dan kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Pengertian Belajar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *