Pengertian Bola Voli adalah

Pengertian Bola Voli – Assalamualaikum sahabat, pasti sudah familiar dong dengna olahraga yang satu ini, olahraga yang sangat bergengsi dengan menggnakan media bola sebagai alatnya. Pastinya kalian sangat suka juga ya dengan olahraga yang satu ini.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tekhnik, pengertian dari olahraga bola voli. Seorang atlet bola voli harus bener – bener tahu tentang teknik – teknik yang ada dalam olahraga bola voli ini.

Sebuah tim bola voli harus memiliki pemain yang bisa diandalkan, karena dengan pemain yang handal dalam teknik – teknik permainan bola voli karena dengan pemain yang handal akan lebih besar potensi tim akan menang.

Namun bukan hanya faktor itu saja, kekompakan dalam tim juga sangat berpengaruh karena olahraga yang satu ini adalah olahraga kelompok. Serta kondisi mental dan strategi bermain harus di atur serapih mungkin agar bisa maksimal dalam bermain voli.

Teknik dasar bermain bola voli sendiri secara umum dibagi menjadi empat jenis bagian, bagian itu adalah teknik passin, servis, block, serta smash. Dari empat jenis teknik tersebut harus dimiliki para pemain agar terciptanya kekompakan dalam tim.

Namun, sebelum kita membahas lebih dalam tentang bola voli tidak baik kalau kita tidak paham tentang pengertian dari bola voli.

Pengertian Bola Voli

pengertian bola voli

pengertian bola voli

Pengertian Bola Voli adalah permainan olahraga yang di mainkan oleh dua grup yang berlawanan. Masing-masing grup bola voli memiliki enam orang untuk bermain. Ada juga permainan Bola Voli di pantai yang di mainkan oleh dua grup dan masing-masing grup memiliki dua orang untuk bermain.

Kedua tim akan saling berhadapan dan mencetak skor atau poin tertinggi agar bisa memenangkan pertandingan tersebut.

Cara untuk memainkan bola voli adalah dengan mengolah bola yang telah dilempar oleh grup lawan ke tim kita, dan pastikan bola tidak masuk kedalam kotak permainan milik kita. Selanjutnya permainan bola voli dalam satu tim tidak boleh di oper melebihi tiga kali.

Pemain hanya boleh memukul, meengoper, dan tidak diperkenankan untuk menangkap bola. Skor akan terjadi jika kita berhasil menjatuhkan bola pada kotak permainan lawan.

Induk organisasi bola voli internasional adalah FIVB ( Federation Internasionale de Volellyball ). Untuk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI ( Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah

Sejarah awal penemuan olahraga permainan bola voli adalah di namakan Mintonette. Mintonette pertama kali di temukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyake, negara Amerika Serikat. Pada tahun 1896 perubahan nama Mintonette menjadi bola voli, pertandingan pertamanya di Internasional YMCA Training School.

Selanjutnya organisasi ini di bangun oleh Wiliam G pada tanggal 6 Juni 1884 bertempat di London, Inggris. Kemudian Wilaim G bertemu dengan James Naismith salah satu orang yang menemukan bola basket sehingga mereka berdua memutuskan untuk menjadi instruktur kesehatan jasmani.

Kemudian setelah sekian lama permainan bola voli ini ada James Nasimith menciptakan olahraga yang tidak kalah populernya hingga sekarang yaitu bola basket.

Sebenarnya olahraga Mintonette ini adalah olahraga gabungan antar beberapa olahraga lain seperti bola basket, tenis, baseball dan bola tangan.

Para awalnya permainan Mintonette ini hanya dilakukan khusus oleh anggota YMCA yang sudah berusia lanjut. Hal seperti itu mengakibatkan olahraga tersebut kurang digemari beda dengan olahraga basket sampai saat ini.

Perubahan nama olah raga ini menjadi bola voli terjadi pada tahun 1896 bertepatan dengan pertandingan pertamanya yang ada di Internasioan YMCA Training School.

Mulai dari situlah permainan mintonette sampai sekarang dikenal dengan voleyball yang hingga saat ini pula perkembangan sangat pesat.

Sarana Dan Prasarana

  • Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 18×9 Sedangkan batas garis serang untuk permainan belakang berjarak 3 meter dari garis tengah ( sejajar dengan dengan jaring net ). Untuk garis tepi lapangan bola voli adalah 5 meter.
  • Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri tinggi 2,24 meter.
  • Bola voli yang di gunakan memiliki keliling lingkaran 65 67 cm, beratnya 260 hingga 280 gram. Untuk tekanan bola voli sekitar 300.325 kg/cm2.

 Peraturan Permainan Bola Voli

pengertian bola voli

pengertian bola voli

  • Jalannya pertandingan bola voli di pimpin oleh seorang wasit dan empat orang penjaga garis serta orang pencatat papan skor
  • Pemenangan permainan bola voli yang memenangkan 2 set langsung, maka pertandingan ke 3 tidak perlu di laksanakan.
  • Lamanya permaina bola voli tersebut tergantung pada pencapaian jumlah poin yaitu 15 Kecuali skor sama 14:14 atau mungkin 24:24 maka peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin itulah pemenangnya.
  • Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita dan kita kehilangan bola tersebut maka musuh mendapatkan nilai.
  • Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan bisa masuk ke daerah musuh kita. Jika tidak, maka musuh mendapatkan nilai tersebut.
  • Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.
  • Pergantian pemain inti dan cadangan pada waktu pertandingan tidak di batasi.
  • Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 pemain, maka team yang bersangkutan dianggap kalah dalam permainan.
  • Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak terakhir. Dan apabila dilakukan babak penentuan set yang ke 3 maka tim yang memiliki nilai terendah bisa meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai skor 13.
  • Time out di lakukan hanya 1 kali dalam setiap babak pertandingan dan hanya berlangsung 1 menit saja.

Teknik Dasar

pengertian bola voli

pengertian bola voli

Setelah kita mengetahui tentang definisi, sejarah bola voli selanjutnya kita membahas tenntang teknik yang ada dalam permainan bola voli ini.

Seorang pemain voleyball harus menguasai teknik – teknik ini, karena ahli atau tidaknya seorang pemain voli bisa dilihat dari permainan atau penguasaan teknik – teknik dasar dalam permainan bola voli

1. Servis

Servis merupakan suatu teknik dasar yang ada di dalam permainan bola voli yang harus di pelajari untuk seorang yang awam. Servis pada zaman sekarang bukan lagi sebagai awal dari suatu permainan atau sekedar menyajikan bola, akan tetapi sabagai serangan pertama bagi setiap team yang melaksanakan servis.

Dimana pukulan tersebut harus melewati net menuju area musuh tim area lawan kita, menuju area yang terlihat kosong atau bisa mengarahkan bola ke pemain yang kurang siap, sehinggah lawan tersebut tidak bisa menguasai bola yang datang dan team kita mendapatkan tambahan poin.

Berikut ini adalah teknik servis tangan bawah,servis tangan atas, servis samping,jum servis.

– Servis Tangah Bawah

  • Pertama, pemain yang melakukan servis berdiri di kotak atau di tempat service dengan menempatkan kaki kiri di depan sedangkan kaki kanan ke bawah.
  • Bola di pegang dengan tangan kiri.
  • Bola di lambungkan jangan terlalu tinggi dan tangan kanan di tarik ke bawah belakang.
  • Setalah itu bola kira–kira setinggi pinggang anda dan lengan kanan di ayunkan lurus ke depan untuk memukul bola tersebut.
  • Telapak tangan menghadap bola dan tangan kanan di tegakkan supaya mendaptkan pantulan yang maksimal, tangan juga harus menggenggam.
  • Teknik servis ini merupakan yang termudah.

– Servis Tangan Atas

  • Berdiri dengan posisi kedua lututnya menekuk sedikit dan salah satu dari kakinya ada di depan.
  • Peganglah kedua tangan bola voli tersebut.
  • Tangan kiri melambungkan bola voli ke atas hingga kurang lebih 1 meter di atas kepala dalam posisi di depan bahu.
  • Kemudian, dengan cepat tarik tangan kanan ke belakang pada posisi atas kepala dengan posisi telapak tangan menghadap ke depan.
  • Loncatkan tubuh ke belakang dan secepatnya pukul bola voli seperti mensmesh bola dan perhatikan pukulan tersebut terpusat pada bola voli.
  • Saat akan memukul bola usahakan tumpuan berat badan harus berada di depan.

– Servis samping

  • Berdiri dengan tegak dan posisi kaki menghadap ke salah satu sudut lapangan.
  • Peganglah bola voli dengan kedua tangan setinggi kepala.
  • Lambungkan bola voli ke depan badan.
  • Kemudian untuk memukul bola voli, ayunkan tangan ke belakang.
  • Tumpuan berat badan ke bagian belakang dengan posisi kedua lutut sedikit di tekuk.
  • Untuk memukul bola angkat tangan hingga membentuk gerakan yang melingkar.
  • Gerakkkan badan memutar sehingga menghadap ke net, kemudian pindahkan tumpuan berat tubuh ke depan.

– Jump servis

  • Berdiri dengan tegap, kedua kaki merapat.
  • Kedua tangan pegang bola voli.
  • Lambungkan bola voli ke atas.
  • Jika sudah merasa tepat rendahkan badan dan tekuk lutuk untuk bersiap melompat pada ketinggian yang omptimal.
  • Pukul bolah dengan sekuat tenaga lanyaknya smash dengan menekuk sedikit pergelangan agar bisa menciptakan pukulan top spin.

Macam-Macam Servis

  • Servis bawah adalah servis dengan awalan bola berada di tangan dan tidak memukul bola voli. Tangan yang memukul bola harus siap dari belakang badan untuk memukul bola harus di ayunkan dari tangan bawah.
  • Servis atas adalah servis yang awalan melemparkan bola ke atas seperlunya saja. Kemudian melompat untuk memukul bola dengan di ayunkan ke tangan dari atas.
  • Servis mengapung adalah servis atas dengan awalannya dengan cara memukul yang hampir sama. Awal servis mengapung adalah dengan cara melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi dari kepala. Tangan yang hendak memukul bola harus bersiap di dekat bola dengan ayunan yang pendek.

2. Smash   

Apa itu smash ? smash adalah teknik dasar permainan bola voli yang berupa pukulan dengan gerakan melompat yang penuh kekuatan dan bola di arahkan ke area tim lawan yang terlihat kosng. Teknis smash ini adalah teknis dasar yang bentuk pukulan ke tiga.

Spiker atau di sebut juga pemainan penyerang, biasanya adalah seseorang yang memiliki postur tubuh yang tinggi dan kemampuannya melompat yang tinggi. Pemain ini sangat berperan pada saat smash berlangsung, salah satunya pemain yang harus membuat lompatan lalu memukul bola di puncak ketinggian yang kuat.

Smas juga di bagi menjadi 4 bagian yaitu awalan,pukulan,tolakan, dan pendaratan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

– Awalan

  • Lakukan langkah awalan dengan jarak yang normal mulai dari 2,5 meter sampai 4 meter dari net tersebut.
  • Condongkan tubuh dengan tenang ke depan.
  • Tumpuan berat tubuh harus seimbang dan kedua kaki berada di posisi awalan.

– Pukulan

  • Beri jarak pada bola yang berada di atas jangkauan lengan dari pemain yang hendak memukul.
  • Ayunkan tangan dengan cepat saat bola berada di tepat di atas dengan setinggi mungkin.
  • Pastikan telapak tangan tepat berada di bagian atas kepala dari bola tersebut.
  • Gerakkan lengan menuju arah garis yang berada di tengah badan setelah berhasil memukul bola voli ke tim lawannya.
  • Lakukan pukulan dengan benar supaya bisa menghasilkan bola melaju begitu cepat dan tepat sasaran yang akan di tuju.

– Tolakan

  • Pertama posisi tumit dan jari kaki lakukan dengan cara di hentakkan ke tanah atau lantai.
  • Ayunkan kedua tangan ke arah depan.
  • Gerakkan seluruh badan dengan cara yang sempurna, termasuk juga pinggul dan telapak kaki.
  • Melompat dengan cara vertikal dan bergeraklah secara eksplosif.

– Pendaratan

  • Apabila berhasil memukul sebuah bola dan akan mendapatkan tambahan poin. Kemudian kembali ke posisi awal dengan sikap badan yang sempurna.
  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan rileks dan bersiap dengan serangan berikutnya.
  • Daratkanlah kedua kaki dengan posisi mengeper.
  • Pastikan juga posisi lutut dan jari-jemari dalam keadaan lentur.

Teknik dasar blocking

Teknik block adalah menahan atau mencegah terjadinya serangan tim lawan kepada tim kita. Untuk pertahanan bisa menggunakan kedua tangan yang bersamaan. Dengan lompatan yang cukup tinggi. Kemudian tahan bola volinya supaya tidak bisa masuk ke dalam area sendiri.

1. Sikap memblock dengan benar adalah

  • Bersikap jongkok dan bersiap untuk melompat.
  • Lompatlah dengan kedua tangan yang rapat dan lurus ke atas.
  • Saat mendarat hendaknya kita langsung menyingkir dan memberi kesempatan yang sama kepada kawan kita untuk bergantian melakukan blocking.

2. Blocking juga di bagi menjadi dua macam

  • Blocking ganda adalah membendung bola voli yang di lakukan oleh dua orang pemain atau lebih. Yang harus di perhatikan untuk melakukan blocking ganda antara lain adalah kerjasama antar blocking dan langkah kaki untuk menentukan waktu lompatan dengan arah pergerakan bola.
  • Blocking tunggal adalah membendung bola dengan dilakukan oleh satu orang pemain saja.

3. Cara Melakukan Block

Melakukan blocking hanya bisa dilakukan oleh pemain yang berada dalam garis depan, pemain yang berada dibelakan garis serang tidak diperkenankan untuk melakukan blocking.

Biasanya, posisi blocking ini diberikan kepada pemain yang punya postur tinggi dan mempunyai pertahanan yang kuat juga. Karena hal itu akan sangat mudah buat dia menahan smash dari lawan.

Posisi pemain dalam bola voli

  • Defender adalah bertugas untuk penerima serangan dari tim kubu lawan dan menahan serangan lawan yang akan datang.
  • Spiker adalah bertugas untuk memberikan pukulan bola agar dapat jatuh tepat ke area tim lawan.
  • Libero adalah bertugas sebagai pemain bertahan, yaitu pemain harus menahan bola yang dilemparkan dari kubu lawan. Libero juga memiliki kebebasan dalam pertandingan, bisa keluar masuk, kecuali satu hal yang tidak boleh di lakukan oleh libero adalah melakukan smash kepada kubu lawan. Libero hanya boleh menggunakan teknik pasing, baik untuk pasing bawah atau pasing atas.
  • Tosser adalah bertugas untuk mengoper bola kepada teman kita dan mengatur ritme permainan.

Cara bermain bola voli yang bagus

pengertian bola voli

pengertian bola voli

  • Awali dengan kegiatan dengan niat dan di bantu dengan berusaha semaksimal mungkin. Karena niat adalah kunci utama dalam melakukan kegiatan apa saja. Untuk mencapai hal sesuatu yang ada di dunia ini, menjadi seorang yang ahli harus memiliki niat dan tekat yang kuat.
  • Menguasai semua teknik dasar bola voli dengan baik. Kemudian bertekad akan mengusahakan segala upaya yang sudah di miliki dengan kuat, tidak lupa juga harus belajar terus tentang teknik dalam melakukan permainan bola voli tersebut.
  • Harus di siplin pada saat latihan. Artinya, harus meluangkan waktu untuk latihan setiap hari. Minimal juga harus berlatih fisik secara rajin selama 3 kali dalam seminggu dan melakukan latihan permainan setiap hari. Apabila kekuatan fisik tidak di latih secara terus-menerus maka bisa jadi keahliannya bisa menurun. Disiplin adalah kunci sukses untuk mendapatkan yang di harapkan.

Ukuran Lapangan Bola Voli

pengertian bola voli

pengertian bola voli

Lapangan permainan bola voli tidaklah besar, dibawah ini adalah penjelasan tentang ukuran lapangan bola voli :

  • Panjang lapangan bola voli : 18 Meter
  • Lebar lapangan bola voli : 3 Meter
  • Luas lapangan permainan bola voli : 162 meter persegi (18M x 9 M)
  • Lebar garis lapangan : 5 CM
  • Area servis dari lapangan bola voli : 3 Meter

Ukuran Bola Dalam Olahraga Bola Voli

pengertian bola voli

pengertian bola voli

Selain pembahasan mengenai lapangan disini kita juga akan membahas tentang ukuran bola yang dipakai dalam permainan bola voli. Berikut ini adalah pembahasanya.

  • Ukuran standar keliling bola voli : 65 – 67 cm
  • Berat bola yang digunakan : 260 – 280
  • Tekanan angin standarnya adalah : 0.30 – 0. 325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-319.82 mbar atu hPa)
  • Diameter : 18 – 20 cm

Demikian tadi pembahasan lengkap bola voli, mulai dari definisi, cara bermain dan banyak lagi yang lainya. Sampai sini mulai paham kan ya apa itu bola voli, bagaimana cara memainkanya, berapa ukuran lapanganya? Pastinya sudah.

Mungkin cukup dari kami tentang pembahasan, terimakasih untuk waktunya dan semoga bermanfaat.

Pengertian Bola Voli

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply