Pengertian Dasar Negara Adalah

Pengertian Dasar Negara – Dasar negara merupakan salah satu modal untuk mempertahankankeutuhan dan kesatuan suatu negara, sebagai pedoman yang dituju untuk menentukan segala hukum yang berlaku.

Tanpa adanya dasar negara suatu negara tidak akan mampu berdiri tegak dan tidak akan mampu berkembang serta bersaing dengan negara lain.

Tanpa adanya dasar negara juga suatu negara tidak akan tentram dan masyarakatnya akan sewenang-wenang menjalankan hidupnya di negara tersebut.

Dasar negara memiliki manfaat yaitu dapat memberikan rakyat negara tersebut pedoman dan panduan untuk melakukan perbuatan  yang baik dalam kehidupan berbangsa danbernegara.

Dengan adanya dasar negara, suatu negara akan lebih baik danterorgansir sistemnya. Masyrakatpun akan lebih mengetahui tujuan hidup bernegara karena adanya pedoman yag tertanam dalam dirinya.

Bila negara Indonesia tidak memiliki dasar negara, makanegara ini tidak mempunyai fondasi yang kuat untuk menciptakan kehidupan bernegara yang baik. Seperti contoh apabila pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pancasila di ubah atau diganti, kita semua tidak akan tau apa jadinya Negara ini dan seperti apa masyarakatnya dalam kehidupan bernegara.

Indonesia sendiri mempunyai dasar negara yang juga menjadi sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, yaitu Pancasila yang telah disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Di Indonesia, dasar negara kita Pancasila memiliki kaitanyang erat dengan konstitusi   yaitu Undang-Undang Dasar 1945.

Mengapa dapat di katakan demikian? Di katakan demikian Karena Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara menga ndungpokok-pokok pikiran Pancasila sebagai dasar negara dalam bentuk pasal-pasal.

Dasar negara yang dimiliki bangsa Indonesia, adalah Pancasila yang mempunyai berkedudukan sebagai fungsi norma obyektif dan fungsi norma tertinggi dalam negara Indonesia, serta sebagai sumber dari segala sumber hukum Indonesia terkandung dalam TAP. MPRS No.XX/MPRS/1966, jo. TAP. MPRNo.V/MPR/1973, jo. TAP. MPR No. IX/MPR/ 1978. Dan Penegasan kembali, tercantum dalam TAP. MPR No.XVIII/MPR/1998.

Pancasila merupakan hasil penggalian dari Bapak Proklamator Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Hari lahirnya Pancasila yaitu pada tanggal 1Juni 1945, karena bertepatan dengan pidato Bung Karno sebagai pencetus Dasar negara Pancasila. Sedangkan nama Pancasila diambil menurut rekomendasi dariAhli Bahasa Indonesia Muhammad Yamin.

Pancasila merupakan 5 sila yang selalu dijadikan sumber hukum bagi segala sumber hukum di Indonesia. Sebelum membuat hukum yang lainpara pejabat-pejabat Pemerintahan pasti memperhatikan Pancasila terlebih dahulu sebagai pedomannya.

Berikut akan dijelaskan beberapa pengertian yang berkaitandengan dasar negara.

Pengertian Dasar Negara Secara Umum

Pengertian dasar negara

Pengertian dasar negara

Dasar Negara merupakan pandangan hidup,sikap hidup, atau segala sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran serta kesalahannya. Pada hakikat sebenarnya, dasar negara merupakan filsafat bagi suatu negara (political philosophy) yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertib hukum dalam negara.

Filsafat itu sendiri mempunyai arti pengetahuan atau penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat yang ada berdasarkan akal dan logika.

Dalam arti lain dasar negara dapat diartikan sebagai landasan-landasan kehidupan dalam hidup bernegara dimana setiap negara wajib dan harus memiliki landasan untuk menjalankan kehidupan bernegaranya.

Dasar negara yang dijadikan landasan untuk suatu negara adalah suatu dasar yang dapat mengatur penyelenggaraan hidup bernegara.

Kemudian dalam pengertian lain dasar negaramerupakan suatu pedoman yang digunakan dalam mengatur kehidupan berbangsa danbernegara untuk suatu  penyelenggaraan ketatanegaraan. Dasar negara juga bisa digunakan sebagai landasan berbangsa dan bernegara yang wajib dimiliki oleh setiap negara dalam detail kehidupansehari-hari.

Landasan atau tonggak berdiri tegaknya sebuah negara, tanpa memiliki suatu dasar negara, maka negara tersebut tidakakan dapat berdiri seperti halnya sebuah rumah yang tidak di landasi dengan pondasi yang kokoh akan roboh, begitu juga dengan sebuah negara.

Dasar Negara merupakan suatu norma-norma dasar bagi Negara yang bersangkutan. Karena hal itulah Dasar Negara juga menjadi sumber bagi perundangan-undangan bagi suatu Negara. Sebagai norma dasar, dasar Negara menjadi norma tertinggi dalam suatu Pemerintahan  Negara.

Kemudian dalam pengertian lain menjelaskan dasar negara merupakan suatu pedoman atau landasan dalam mengontrol kehidupan penyelenggaraan negara yang meliputi berbagai sektor dan segi kehidupan.

Jadi bisa diperumpamakan dasar negara itu adalah sebuah pondasi dari sebuah rumah, apabila rumah tersebut tidak memilikipondasi maka tidak akan berdiri kuat rumah tersebut.

Pengertian Dasar Negara Secara Bahasa

Pengertian dasar negara

Pengertian dasar negara

Dasar negara sendiri berasal dari katadasar dan negara. Dasar yang mempunyai arti landasan atau foundamental.sedangkan negara merupakan suatu organisasi kekuasaan yang didalamnya harus adarakyat, wilayah, & pemerintahan yang berdaulat.

Jadi dasar negara menurutbahasa ialah landasan yang wajib ada dalam suatu organisasi kekuasaan yang mencakup rakyat, wilayah, dan pemerintahan.

Dasar negara juga dapat diberikan pengertian sebagai suatu fundamen yang kokoh dan kuat bagi suatu negara serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah (cerminan dari kebudayaan, peradaban,keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam tonggak sejarah perkembangan suatunegara) yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pengertian Dasar Negara Secara Etimologi

Pengertian dasar negara

Pengertian dasar negara

Secara etimologi dasar negara berasal dari 4 bahasa, yang pertama yaitu Philosophischegrondslag dalam Bahasa Belanda yang berarti norma dasar yang bersifat filsafati. Kemudian Weltanschauuung yangdala Bahasa Jerman berarti pandangan mendasar tentang dunia.

Selanjutnya berdasarkan Bahasa Inggris Ideology dan Bahasa Indonesia yaitu Ideologi yang memiliki makna hasil pemikiran yang paling mendalam (pemikiran filsafati) yang saling berkaitan mengenai dunia dan kehidupan di dunia, termasuk kehidupan berbangsa dan bernegara didalamnya, yang dijadikan pedoman dasar dalam mengatur dan memelihara kehidupan bersama dalam suatu Pemerintahan dalam negara tersebut.

Jadi secara  etimologi dasar negara merupakansuatu pandangan yang paling mendasar yang wajib dan harus dimiliki oleh suatu negara sebagai pedoman dan pondasi bagi negara tersebut.

Dasar negara sesungguhnya memiliki makna yang sama dengan ideologi negara, atau pandangan dasar kenegaraan, serta dasar falsafat kenegaraan.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Pengertian dasar negara

Pengertian dasar negara

Karl Marx

Karl Marx yag merupakan sosialis revolusioner dar Jerman mendefinisikan bahwa dasar negara merupakan suatu peringkat yang memiliki kekuasaan dalammenjalankan dan melakukan eksploitasi atau penindasan kepada kelas yang lain.

George Jellinek

George Jellinek menjelaskan bahwa dasar negara ialah sebuah organisasidengan kekuasan suatu kelompok orang yang bertempat di suatu wilayah tertentu.

J.Rousseau

Sedangkan menurut seorag tokoh besar dar Prancis J. J. Rousseau, diamengungkapkan bahwa dasar negara merupakan suatu alat yang mempunyai peranan penting dalam menjaga kemerdekaan setiap individu dan ketertiban hidup rakyat negaranya.

Robert M. Mac. Iver

Menurut Robert M. Mac. Iver seorang sosiolog dari Skotlandia dia menjelaskan bahwa dasar negara merupakan suatu bentuk pendekatan (asosiasi)  yang mempunyai peran dalam melindungi dan menjaga ketertiban masyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku dankemudian dijalankan oleh pemerintah berkuasa yang kemudian memberikan tekanan maupun paksaan.

C. Wheare

C. Wheare mempunyai pendapat bahwa dasar negara juga termasuk dalam semua sistem tatanegara yang mengandung beberapa aturan-aturan dalammenjalankan pemerintahan suatu negara.

Tracy

Tracy  berpendapat bahwa dasar negara merupakan sebuah program yang ditujukan dan di arahkan supaya dapat memberikan perubahan didalam tatanan kehidupan bermasyarakat sebuah negara.Aristoteles

Aristoteles

Aristoteles adalah seorang filsuf Yunani seklaigus murid dari Plato.Aristoteles menjelaskan bahwa negara merupakan perpaduan antara keluarga sampai pada beberapa desa, yang nanti pada akhirnya mereka dapat berdiri mandiridengan tujuan yang sama yaitu kesenangan dan kehormatan mereka.

Roger F.Soltau

Roger F. Soltau yang merupakan seorang Ilmuwan Politik dari Prancis menjelaskan bahwa negara merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengendalikan segala persoalan dengan mengatas namakan rakyat.

R.Djokosoetono

Tidak hanya tokoh barat yang mengemukakan pendapat tentang dasar negara,tokoh Indonesia juga mengemukakan pendapatnya. Salah satunya pendiri SekolahTinggi Hukum Militer R.Djokosoetono, beliau menjelaskan bahwa dasar Negara merupakan landasan yang ada pada suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Frans Magnis Suseno

Sedangkan menurut Fran Magnis Suseno menjelaskan bahawa Negara merupakan suatu kesatuan masyarakan politik yang berfungsi membuat, menerapkan, & menjamin berlakunya norma kelakuan untuk seluruh masyarakat.

Fungsi Dari Dasar Negara

pengertian dasar negara

pengertian dasar negara

Yah selain kami menyampaikan tentang pengertian dari dasar negara kami juga akan membahas pula tentang bagaimana fungsi dari dasar negara itu sendiri. Pada dasarnya negara – negara di dunia menggunakan dasar negara yang memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Dasar berdirinya dan tegaknya suatu negara

Pikiran yang paling dasar dari bangsa yang akan mendirikan sebuah negara adalah memikirkan bagaimana dasar negara yang akan dipakai. Dasar negara ini akan menjadi kalimat yang nantinya akan berfungsi sebagai dasar berdirinya negara. Tidak sampai disitu dasar negara juga bisa di jadkan sebagai landasan bagi negara – negara untuk pengelolaan negara tersebut.

2. Dasar dan sumber hukum

Semua aktivitas penyelenggaraan negara dan juga masyarakatnya sebagai syarat berbangsa dan bernegara harus berlandasakan hukum yang ada dan yang berlaku di negara. Oleh karena itu, semua perundang – undangan yang di buat semata untuk penyelenggaraan negara.

3. Dasar kegiatan negara

Suatu negara berdiri pasti mempunyai tujuan untuk mewujudkan harapan bangsa dengan dibawah kepemimpinan penyelengara negara. Agar negara bisa mewujudkanya maka harus di buat dasar kegiatan pemerintahan.

Dasar negara memiliki fungsi yangdapat membantu suatu negara dalam menjalankan sistem pemerintahannya, antaralain :

Dasar Dasar Negara

pengertian dasar negara

pengertian dasar negara

Dasar Berdiri dan Tegaknya Negara

Pemikiran yang mendalam tentang dasar negara sangat memungkinkan munculketika suatu bangsa hendak mendirikan sebuah negara. Atas dasar inilah dasarnegara digunakan sebagai dasar berdiri tegaknya suatu negara. Sesudah negarav berdiri, dasar negara dapat menjadi landasan dan pedoman bagi pengelolaan negara yang bersangkutan.

Dasar Kegiatan Penyelenggaraan Negara

Negara didirikan memiliki tujuan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara negara yaitu rakyat dan Pemerintah. Agar para penyelenggara negara tersebut benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar negara.

Dasar Partisipasi Warga Negara

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untukmempertahankan negara dan partisipasi dalam upaya bersama mencapai suatu tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak dan menunaikan kewajibannya itu, seluruh warga negara harus dan wajib berpedoman kepada dasar negara.

Dasar Pergaulan Antara Warga Negara

Dasar negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antar warga negara dengan negaranya, melainkan bisa juga menjadi dasar bagi hubungan antar warganegara yang satu dengan yang lain.

Dasar dan Sumber Hukum Nasional

Setiap aktivitas yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan warganegara dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara harus didasarkan pada hukum yang berlaku. Sehingga seluruh peraturan perundang-undangan yang telah dibentuk untuk penyelenggaraan negara harus didasarkan pada dasar negara.

Proses Terbentuknya Dasar Negara di Indonesia

pengertian dasar negara

pengertian dasar negara

Dalam rancangan suatu negara pasti ada yang namanya proses, termasuk proses yang ada di Indonesia. Setelah kita membahas beberapa pengertian dan yang lainya kali ini kita lanjut yang terakhir dari penbahasan dasar negara dengan proses dasar negara yang ada di Indonesia. Bagaimana prosesnya, sebagai berikut :

1. BPUPKI

BPUPKI dibentuk pada tanggal 26 April 1645. BPUPKI melantik pada tanggal 28 Mei 1945 diharapkan dengan di bentuknya badan ini menjadikan legal guna menyiapkan dan merancang UUD di mana isinya adalah dasar negara.

2. Penyusunan Konsep Dasar dan UUD

BPUPKI dalam penyusunanya melakukan sidang dimana dalam sidang didalamnaya berisi tentang usulan tentang dasar negara dari berbagai tokoh  yang mana setelah itu dibentuk panitia sembilan.

Dalam sidang ini panitia akhirnya bisa merumuskan dasar negara yang mana sampai saat ini kita kenal dengan istilah Piagam Jakarta.

Dalam sidang lanjutan panitia di dalamnya di pecah menjadi beberapa ketua. Didalamanya ada yang di pimpin langsung oleh Soekarno, Prof. Dr. R. Soepomo.

Pada tanggal 14 Juli 1945 dasar negara telah diterima yang di cantumkan dalam pembukaan UUD yang telah disiapkan.

3. Penetapan UUD 1945

Rumusan UUD yang menjadi dasar negara itu selanjutnya diserahkan dan di cantumkan dalam pembukaan UUD 1945 dimana didalamnya berisi Pancasila yang biasanya dibaca saat upacara bendera.

Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengesahkan pembukaan dan isi dari UUD dan memilih Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta sebagai presiden dan wakil presiden.

Manfaar Dasar Negara Bagi Suatu Bangsa

pengertian dasar negara

pengertian dasar negara

Sebuah negara pasti memiliki pemerintahan yang berbeda – beda dari negara yang lain. Selain konsep dasar negara sebuah bangsa juga akan berbeda – beda pula. Di atas kita sudah bahas tentang beberapa pengertian dasar negara secara komplit sekarang kita juga akan bahas mengenai manfaat dasar negara.

  1. Sebagai pedoman hidup dan pandangan masyarakat di suatu negara. Karena dengan masyarakat mempunyai pedoman hidup masyarakat akan aman dan tidak akan terombang – ambing karena ketidak nyamanya tanpa pedoman.
  2. Sebagai kejelasan sebuah bangsa dan masyarakat untuk berbangsa dan bernegara. Hal yang seperti ini akan terjadi di setiap negara, karena tanpa adanaya dasar negara, bangsa itu tidak akan jelas mau di bawa kemana, begitupun dengan masyarakatnya juga akan bingung.

Demikian artikel tentang beberapa penjelasan yang berkaitan dengan dasar negara semoga dapat bermanfaat dan dapat menumbuhkan serta meningkatkan jiwa cinta tanah air agar Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi negara yang aman dan tentram.

Pengertian Dasar Negara

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply