Pengertian DATA : Definisi, Fungsi, Jenis, Teknik Pengambilan !!

Pengertian Data – Ilmu pengetahuan adalah salah satu kajian yang tidak akan habis termakan zaman. Selaras dengan kemajuan teknologi yang ada, justru hal tersebut meningkatkan semangat agar dapat menciptakan inovasi baru.

Karena hal itulah diperlukannya kumpulan – kumpulan data yang akurat dan detail agar hasil akhirnya sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan tidak keluar dari konteks yang sedang dibahas.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memperoleh data. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Masing- masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebuah informasi yang telah kita terima merupakan hasil dari pengolah dari sebuah data yang telah dikumpulkan berdasarkan fakta – fakta yang ada.

Di zaman yang serba modern sekarang ini suatu data menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan. Hampir dalam setiap kehidupan sehari – hari kita tidak pernah lepas dari hal yang namanya informasi.

Dengan adanya suatu informasi maka kita akan mengetahui info – info terbaru dan kita dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang muncul.

Tanpa adanya suatu data yang ditelusuri sebelumnya maka tidak ada yang namanya informasi serta solusi untuk permasalahan yang kita hadapi sehari – hari.

Namun sangat disayangkan pada kenyataannya banyak sekali orang yang tidak memahami fungsi dan betapa pentingnya suatu data bagi kehidupan kita saat ini.

Dalam kehidupan sehari – hari, data diartikan sebagai suatu pernyataan yang diterima apa adanya. Pernyataan ini lah yang dijadikan hasil pengukuran atau pengamatan suatu informasi yang wujudnya dapat berupa angka, kata – kata, atau juga citra.

Berikut aka di jelaskna beberapa pengertian data yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Pengertian Data Secara Umum

Pengertian Data

Pengertian Data

Secara umum Data diartikan sebaga sesuatu yang belum memiliki arti bagi yang menerima dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan terhadap objek yang bersangkutan.

Seperti yang telah kita bahas diatas data dapat bisa berbentuk suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa maupun simbol – simbol lainnya yang dapat kita gunakan sebagai bahan untuk melihat suatu lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

Data sangat erat kaitannya dengan sebuah informasi, karena suatu data lah informasi menjadi sesuatu yang di cari oleh masyarakat.

Informasi adalah hasil dari pengolahan sebuah model, formasi, organisasi, atau suatu perubahan wujud dari data yang mempunyai nilai tertentu, dan bisa digunakan guna menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.

Dalam hal ini, data bisa kita dianggap sebagai suatu obyek dan informasi adalah subyeknya yang bermanfaat bagi siapapun yang menerimanya.

Informasi juga dapat disebut sebagai hasil dari pengolahan atau pemrosesan data.

Dalam pengertian lain, Data diartikan sebagai suatu nilai yang mewakili suatu deskripsi dari objek atau kejadian (event) tertentu.

Menurut pengertian diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa data merupakan suatu objek, atau kejadian,ataupun fakta yang tercatat dengan memiliki sistematisasi yang terstruktur untuk suatu objek atau beberapa objek.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Data adalah sekumpulan fakta ataukejadian yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam bentuk informasi.

Data merupakan suatu bentuk yang belum dapat memberikan pengaruh yang besar bagi penerimanya, maka dari itu diperlukan suatu model yang kemudian akan diklasifikasikan dan diproses untuk menghasilkan sebuah informasi.

Walaupun begitu, data tetap mempunyai andil yang besar dalam suatu informasi. Karena tanpa adanay data suatu informasi tidak akan terkumpul menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Pengertian Data Menurut Bahasa

Pengertian Data

Pengertian Data

Secara bahasa Data merupakan bentuk jamak dari datum, yaitu berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti sesuatu yang diberikan.

Dalam arti ini berarti data ialah suatu al yang dicari kebenarannya untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan data tersebut.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data diartika sebagai suatu keterangan yang benar dan nyata. Berarti data haruslah berbentuk keterangan dan dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

Pengertian Data menurut Para Ahli

Pengertian Data

Pengertian Data

The Liang Gie

The Liang Gie telah Mendefiniskan data kedalam 2 pengertian, yaitu :
a. Data adalah suatu hal, peristiwa atau kenyataan apapun yang berkaitan dengan suatu ilmu pengetahuan dan bisa dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan atau juga penerapan keputusan.

b. Data merupakan sebuah perumpamaan hal yang masih mentah dan melalui pengolahan tertentu lalu menjadi suatu keterangan atau informasi.

Gordon B Davis

Gordon B. Davis mendeskripsikan Data, menurutnya data merupakan bahan mentah bagi suatu informasi yang di artikan sebagai golongan lambang-lambang teratur yang menandai suatu tindakan-tindakan, hal-hal dan lain sebagainya.

Data terbentuk dari lambang grafis seperti * , $ , dan & . Data – data disusun untuk mengolah tujuan – tujuan menjadi sebuah susunan data, susunan kearsipan dan pusat data atau landasan data.

Selamet Riyadi

Selamet Riyadi menjabarkan pengertian data sebagai kumpulan – kumpulan informasi yang didapatkan dari sebuah pengamatan dimana data dapat berbentuk angka – angka atau juga lambang – lambang.

Zulkifli A.M

Menurut Zulkifli A. M, Data merupakan suatu keterangan, bukti ataupun fakta mengenai suatu kejadian yang masih mentah atau original yang belum diolah.

Haer Thalib

Seorang penulis dari Nusa Tenggara Barat yaitu Haer Thalib mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian data, menurutnya Data merupakan kumpulan – kumpulan fakta yang berkaitan dengan sebuah kejadian atau kenyataan.

Kristanto

Sedangkan Kristanto berpendapat bahwa Data adalah suatu fakta yang mempunyai kaitan dengan suatu objek yang bisa mengurangi derajat ketidak pastian mengenai suatu keadaan ataupun kejadian.

Suharsimi Arikunto

Selanjutnya pengertian data yang dijelaskan oleh dosen Universitas Ahmad Dahlan yaitu Suharsimi Arikunto, menurut pendapatnya Data ialah sebuah bagian dari semua fakta dan angka – angka yang dapat dikelola dan dijadikan bahan untuk menyusun sebuah informasi.

Supriyanto dan Ahmad Muhsin

Selanjutnya menurut Supriyanto dan Ahmad Muhsin, mereka berdua sependapat bahwa Data merupakan bahan baku dari sebuah informasi ataupun simbol yang mewakili kuantitas, fakta, atau tindakan benda dan lain sebagainya.

Lia Kuswayatno

Menurutnya Data ialah sebuah kejadian yang benar – benar terjadi didalam kehidupan sehari – hari.

Nuzulla Agustina

Nuzulla Agustina berpendapat bahwa Data merupakan sebuah keterangan yang berkaitan dengan sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berbentuk himpunan fakta – fakta, grafik, angka, gambar, lambang, kata, tabel, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu baik sebuah pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

Anhar

Menurutnya, Data adalah sebuah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan satu kesatuan nyata yang kemudian akan digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat suatu informasi.

Kuswadi dan E. Mutiara

Berdasarkan pendapat Kuswadi dan E. Mutiara, Data merupakan suatu kumpulan informasi yang didapatkan dari suatu penilaian, menurut mereka data dapat berbentuk angka, lambang, ataupun sifat.

H. J. Sriyanto

Menurutnya, Data ialah suatu informasi atau keterangan yang berkaitan dengan objek penelitian.

Turban (2010)

Menurut Turban data merupakan suatu penjelasan dasar dari suatu benda, peristiwa, aktivitas atau bahkan transaksi yang direkam, digolongkan, dan disimpan tetapi belum terstruktur untuk menyampaikan suatu arti tertentu.

Inmon (2005)

Sedangkan menurut Inmon data adalah sebuah kumpulan dari fakta – fakta, konsep, atau instruksi pada penyimpanan yang digunakan untuk sebuah komunikasi, perbaikan dan diolah secara otomatis yang menjelaskan informasi yang dapat di pahami oleh manusia.

Data tidak secara mudah di dapatkan harus di amati terlebih dahulu agar nantinya akan menjadi sebuah informasi yang baik. Dalam hal ini data memiliki sumber – sumber yang terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.

Fungsi Data Secara Umum

Pengertian Data

Pengertian Data

Hal yang paling mendasar data berhubungan dengan beberapa aspek kehidupan manusia. Namun, penggunaan istilah ini lebih banyak di pakai dalam bidang teknologi komputer dan juga penelitian. Beberapa fungsi data sebagai berikut :

  • Data berfungsi sebagai acuan untuk mengambil suatu keputusan sebagai alat untuk menyelesaikan permasalahan.
  • Data dijadikan pedoman maupun dasar dari penelitian.
  • Data bisa berfungsi sebagai acuan implementasi kegiatan.
  • Data berfungsi sebagai dasar dalam melakukan evaluasi sebuah kegiatan.

Jenis Jenis Data

Pengertian Data

Pengertian Data

Jenis data bisa di kelasskan menurut sumber cara mempeerolehnya, sumbernya maupun waktu pengumpulanya. Berikut ini adalah penejlasan lengkap tentang jenis – jenis data.

1. Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Data Primer

Pengertian Data primer ialah sumber data penelitian yang didapatkan secara langsung dari sumber aslinya seperti melakukan wawancara langsung, jajak pendapat ke masyarakat baik individu atau kelompok atau orang maupun hasil observasi dari suatu obyek, kejadian atau hasil dari pengujian (benda).

Atau dalam kata lain, si peneliti butuh mengumpulkan data dengan cara menjawab pertanyaan – pertanyaan riset dengan metode survei atau penelitian benda dengan metode observasi.

Data primer dalam pengumpulannya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari data primer yaitu data dapat lebih menggambarkan kebenaran berdasarkan dengan apa yang terjadi baik dilihat ataupun didengar langsung oleh peneliti sehingga unsur – unsur rekayasa dari sumber yang fenomenal dapat dihindari.

Sedangkan Kekurangan dari pengumpulan data secara primer adalah memerlukan waktu yang lumayan lama serta biaya yang harus dikeluarkan relatif cukup besar, karena peniliti harus turun langsung ke masyarakat untuk wawancara ataupun jajak pendapat.

Data Sekunder

Sedangkan Pengertian Data sekunder adalah sumber data penelitian yang didapatkan melalui suatu media perantara atau secara tidak langsung yang dapat berupa buku, catatan, bukti yang telah ada, atau arsip baik yang dapat dipublikasikan maupun yang tidak dapat dipublikasikan secara umum.

Atau dalam kata lain, pada data sekunder, dalam mengumpulkan data peneliti harus menggunakan d cara berkunjung ke perpustakaan, pusat kajian, pusat arsip atau membaca buku – buku yang berkaitan dengan suatu oebjek penelitiannya.

Seperti halnya data primer, data sekunder juga memiliki Kelebihan. kelebihan dari data sekunder ialah waktu dan biaya yang diperlukan untuk sebuah penelitian agar mudah mengkelompokkan permasalahan dan mengevaluasi data, relatif lebih sedikit dibandingkan dengan pengumpulan data dengan cara primer.

Sedangkan Kekurangan dari pengumpulan data secara sekunder adalah jika sumber data tersebut terjadi kesalahan, kadaluwarsa atau sudah tidak relevan maka hal itu dapat mempengaruhi hasil dari penelitian.

Dalam pengumpulan data juga ada teknik – teknik tertentu, diantaranya :

2. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Data Internal

Data internel adalah data yang didapat dari internal suatu organisasi, didalamnya bisa menggambarkan keadaan pada sebuah organisasi yang ada. Contohnya, informosi tentang jumlah pekerja, jumlah untuk modal, dan lain – lain.

Data Eksternal

Data eksternal adalah data yang diperoleh dari luar organisasi atau kelompok. Dalam data tersebut menggambarkan faktor – faktor yang bisa mempengaruhi kinerja organisasi atau kelompok tersebut. Contohnya, informasi tentang daya saing perusahaan, dan lain – lain.

3. Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Data Kualitatif

Data ini adalah data yang di tuliskan dalam bentuk verbal, simbol, maupun gambar. Contohnya, kuesioner mengenai tingkat kepuasan konsumen pada produk atau jasa dari sebuah perusahaan.

Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah data yang di tuliskam atau dinyatakan dalam bentuk angka maupun bilangan. Contohnya, harga saham, pendapatan, dan lain – lain.

4. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulanya

Data Cross Section

Data Cross Section adalah data yang berhasil dikumpulkan pada waktu tertentu saja karena data ini hanya dugunakan untuk mengetahui keadaan pada waktu yang bersamaan. Contohnya, penilitian menggunakan kuesioner.

Data Berkala

Data berkala adalah data yang diambil atau dikumpulkan dengan waktu tertentu saja. Contohnya, data harga cabai

Teknik Teknik Pengumpulan Data

Pengertian Data

Pengertian Data

Wawancara

Wawancara merupakan suatu proses interaksi atau komunikasi secara langsung yang dilakukan antara pewawancara dan responden. Agar wawancara tersebut efektif, maka dalam wawancara tersebut harus terdapat berapa tahapan yang harus dilalui, yakni
1).mengenalkan diri,
2).menjelaskan maksud kedatangan,
3).menjelaskan materi wawancara, dan
4).mengajukan pertanyaan.

Angket

Angket merupakan sebuah pertanyaan tertulis yang diajukan peniliti kepada responden, jawaban tersebut diisi oleh responden berdasarkan daftar pertanyaan yang telah diterima, sedangkan itu pada wawancara, jawaban responden diisi oleh pewawancara.

Observasi

Obeservasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang memanfaatkan panca indra mata. observasi juga merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data yang sangat lazim dalam metode penelitian kualitatif (deskripsi).

Demikian beberapa penjabaran artikel dengan hal yang berkaitan dengan pengertian data. Semoga artikel ini dapat memiliki manfaat bagi masyarakat umum yang membaca artikel.

Pengertian data

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply