Pengertian Email Adalah

Pengertian Email – Ilmu dan teknologi sekarang berkembang dengan sangat pesat dan mulai mempengaruhi berbagai macam bidang kehidupan manusia termasuk juga dalam hal komunikasi.

Di zaman dahulu disaat orang – orang ingin mengirim surat untuk orang lain maka orang tersebut harus menulisnya pada sebuah kertas dan mengirimkannya lewat pos atau layanan sejenisnya.

Saat ini, metode mengirim surat dengan cara seperti itu sudah tidak lagi banyak digunakan oleh banyak orang karena dengan cara tersebut mengeluarkan banyak biaya dan waktu ditambah kita sudah mengetahui suatu bentuk komunikasi yang baru yaitu dengan menggunakan email.

Email yang merupakan singkatan dari electronic mail sangat memungkinkan seseorang agar dapat mengirimkan pesan atau sebuah file dengan lebih efektif dan efisien, murah serta lebih cepat.

Artikel Kali ini kita akan mengulas beberapa hal yang berkaitan dengan electronic mail ( surat elektronik ) atau banyak orang menyebutnya dengan email.

Pengertian Email Secara Umum

pengertian email

pengertian email

Apa pengertian email ? Email merupakan singkatan dari electronic mail (surat elektronik ) adalah suatu surat atau juga pesan dengan tampilan digital.

Pada era sekarang Email banyak dan dapat diakses dengan cara yang mudah dengan menggunakan barang – barang elektronik yang dapat tersambung internet seperti komputer atau juga ponsel smartphone.

Di awal perkembangan internet, email dimanfaatkan sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antar developer internet dan saat ini seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, email digunakan untuk untuk mencapai berbagai macam tujuan dan dapat digunakan oleh siapa saja.

Dalam penggunaan email tidak menggunakan biaya yang banyak karena hanya dibutuhkan sambungan internet. Saat ini ada beberapa jenis email yang digunakan diantaranya yaitu pop mail, web mail dan forward mail.

Pengertian Email Client

pengertian email

pengertian email

E-mail client merupakan sebuah metode dalam penggunaan e-mail dengan memanfaatkan sebuah perangkat lunak khusus yang digunakan untuk mengakses dan mengirimkan pesan e-mail.

Pesan tersebut dikirimkan serta diterima melalui sebuah software ( perangkat lunak ) yang mengharuskan terhubung ke dalam suatu server, sehingga komputer tersebut akan berfungsi sebagai sebuah client dari server e-mail tersebut.

Dalam mengakses e-mail client ini, hal yang dibutuhkan yaitu software dan juga settingan POP/IMAP serta SMTP Server. Dan beberapa perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses e-mail client ini, diantaranya Outlook Express, MS. Outloook, Eudora, dan Thunderbird.

Pada umumnya, pengguna e-mail client merupakan para pengguna yang memanfaatkan jasa layanan e-mail berlangganan ( melalui ISP ) dan juga berbayar. Salah satu e-mail client yang banyak digunakan masyarakat adalah POP.

Email client atau dalam nama lain disebut email reader atau istilah yang lebih formal Mail User Agent adalah suatu program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna.

Sebutan ini bisa mengacu pada suatu sistem yang dapat mengakses kotak surat email pengguna.
Diluar dari semua itu untuk menjadi mail user agent.

Server harus menyampaikan suatu aplikasi web yang telah menyediakan manajemen pesan, komposisi dan penerimaan ini terkadang disebut sebagai email client, tetapi lebih sering disebut dengan istilah webmail.

Pengertian Email Marketing

pengertian email

pengertian email

Berdasarkan penjelasan yang dijelaskan oleh Wikipedia pengertian dari email marketing adalah suatu tindakan atau kegiatan mengirimkan suatu pesan komersil seperti promo suatu produk, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan memanfaatkan media email.

Sedangkan dalam arti lain Pengertian email marketing adalah suatu rangkaian kegiatan atau aktifitas pemasaran digital yang diawali dengan mengumpulkan email , kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengiriman email secara bersamaan, yang didalamnya berisi sebuah informasi produk atau promo, yang memiliki tujuan untuk mendatangkan penjualan dari pembeli lama atau juga pembeli baru.

Pengertian Email Marketing Menurut Para Ahli

pengertian email

pengertian email

1. Armstrong

E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah yang dapat diartikan sebagai berikut: E-Marketing merupakan sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja bagi suatu perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu hal, mempromosikan, dan menjual barang atau jasa melalui internet.

2. American Marketin Association

Menurut Ahli diatas(AMA) yang dijelaskan oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing yaitu suatu proses perencanaan atau pelaksanaan dari ide dan pemikiran konsep, harga, promosi serta distribusi.

Marketing dapat diartikan lebih sederhana lagi yakni proses pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan juga konsumen.

Pada saat ini marketing telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet.

Penggunaan internet dan juga fasilitas yang tersedia di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal dengan istilah e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).

3. Boone dan Kurtz

Email merupakan salah satu bagian dalam e-commerce yang memiliki kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses dalam pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang atau jasa kepada pangsa pasar internet atau bisa juga melalui peralatan digital lain.

4. Strauss dan Frost

Menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing ialah penggunaan data dan aplikasi elektronik yang digunakan untuk merencanakan dan melaksanakan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga guna menciptakan pertukaran yang menguntungkan tujuan individu atau suatu organisasi.

Pengertian Mail Server

pengertian email

pengertian email

Mail server merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau sebuah informasi yang berguna sebagai balasan atau tanggapan atas permintaan yang dikirim melalui email.

Istilah ini juga sering diperuntukkan guna menunjukkan bitnet yang menyediakan layanan sejenis FTP. Tidak hanya itu program ini juga dapat digunakan untuk aplikasi install email.

Bukan hanya sebuah program mail server juga dapat berupa sebuah komputer yang telah dikhususkan untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak (software ) program ini.

Maka dari itu komputer ini di perumapamakan sebagai jantung dari sebuah sistem yang ada di email. Program ini biasanya diolah oleh programer yang disebut dengan istilah post master.

Dalam mail server seorang post master dalam menjalankan perannya sebagai programmer yang memiliki beberapa tugas pokok antara lain mengelola akun, memantau bagaimana kinerja suatu server dan menjalankan tugas administratif lainnya. Pada umumnya program ini menggunakan protocol antara lain seperti smtp, pop3 dan imap.

Pengertian Email Berantai

pengertian email

pengertian email

Email brantai yaitu Email yang dikirimkan oleh seseorang atau sekelompok orang, dan ditujukan kepada seseorang atau banyak orang. Yang kemudian diteruskan atau dilanjutkan ke orang lain atau banyak orang lagi, dan begitu seterusnya. Sehingga akan tampak seperti rantai yang tak berujung.

Pengertian Email Spoofing

pengertian email

pengertian email

E-mail spoofing merupakan pemalsuan dari header e-mail sehingga pesan terlihat berasal dari seseorang atau tempat lain selain sumber yang sesungguhnya.

Distributor spam sering kali memanfaatkan spoofing dalam upaya guna mendapatkan penerima untuk membuka, bahkan mungkin menanggapi permohonan dari mereka.

Spoofing bisa digunakan dengan sah. Contoh klasiknya yaitu pengirim yang bisa jadi lebih memilih untuk menyamarkan sumber e-mail tersebut termasuk pengirim pelaporan penganiayaan yang dilakukan pasangan untuk lembaga kesejahteraan atau “whistle-blower” yang takut dengan pembalasan.

Tetapi, spoofing orang lain selain dari diri sendiri adalah hal yang ilegal di beberapa yurisdiksi.

Pengertian Email Forwarding

pengertian email

pengertian email

Email forwading adalah suatu sistem menyalin setiap Email yang ada dan mengirimkannya kembali ke email lain, jadi diperumpamakan anda memiliki banyak email, maka anda tidak perlu banyak membuka banyak email tersebut untuk mengecek semua email anda.

Sebagai contoh, jika anda punya dua alamat email yang berbeda, misalkan [email protected] dan [email protected], anda bisa memforward [email protected] tersebut ke [email protected] jadi anda tidak perlu lagi memeriksa kedua email tersebut.

Cara Membuat Email

pengertian email

pengertian email

Setelah kita membahas tentang beberapa pengertian dari email tadi sekarang kita menganjak ke pembahasan berikutnya yatitu cara membuat email.

Mungkin sebagian dari kita masih bingung tentang bagaimana untuk membuat email ? nah disini kita akan bagikan tips untuk anda agar bisa membuat email. Berikut adalah caranya :

  1. Langkah yang paling awal yaitu, anda harus menyiapkan sambungan internet, bukan browser, kami menyarankan agar menggunakan mozila fire fox, karena lebih mudah dan cepat dalam pembuatan email.
  2. Kemudian masukan alamatnya urlnya yaitu, http://mail.google.com atau bisa juga http://gmail.com atau kamu juga dapat masukan terlebih dahulu http://google.co.id, lalu klik menu gmail di bagian atas sebelah kanan jendela google.
  3. Setelah itu pilih menu (create an account) atau (sign up ke gmail)
  4. Lalu ketik identitas anda pada formulir pendaftaran yang tersedia, untuk langkah – langkah pengisian identitas sangat mudah sekali, dan hampir mirip seperti cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com, apabila anda kesulitan dalam mengisi formulir karena formulir menggunakan bahasa inggris, anda bisa menggantinya pada fitur bahasa yang terletak pada pojok kanan sebelah atas jendela formulir pendaftaran. Lalu Pilih bahasa yang anda inginkan.
  5. Setelah mengisi identitas maka anda diharuskan mengisi verifikasi kata, apabila anda kesuliant membacanya, maka dapat diganti dengan klik pada simbol kecil yang terletak pada sebelah kanan kotak isian verfikasi kata.
  6. Kalau sudah terisi semua, anda hanya tinggal mengklik tombol (I accept, Create my account) atau (Saya menerima. Buatkan akunku). Setelah langkah itu maka emali anda telah selesai dibuat.
  7. Apabila anda ingin mencoba menampilkan email anda, maka anda bisa langsung klik tombol (show me account) atau (saya siap – tampilkan account saya)
  8. Agar dapat menghindari email anda dari serangan spamer biasanya gmail meminta verifikasi menggunakan SMS dari handphone anda, masukkan saja nomor handphone anda agar mendapatkan nomor verifikasi yang digunakan untuk memverikasi akun Gmail.

Dalam hal ini anda Jangan khawatir, karena nomor handphone ini hanya digunakan untuk memverifikasi akun email, oleh google tidak akan digunakan lagi. Masukkan nomor handphone anda pada kolom yang telah tersedia lalu klik Tombol (send verification code to my mobile phone).

Cara Kerja Email

pengertian email

pengertian email

Cara kerja email sendiri sangatlah sederhana. Yaitu, sama seperti kita saat menulis surat dengan kertas kepada orang lain. Yang membedakan dari keduanya adalah kalau email bisa mengirimkan pesan dengan cepat dan didalamnya bisa di kasih file atau lainya. Tetapi, kalau surat kertas menunggu beberapa lama lagi.

Berikut ini adalah proses dari cara kerja email yang perlu diketahui.

  1. Pemilik akun email membuka akun emailnya dan menuliskan pesan yang akan dikirimkan. Perlu diketahui untuk mengirimkan harus mengetahui email si penerima.
  2. Selanjutnya pengguna email memberikan instruksi email supaya mengirimkan email kepada si penerima.
  3. Kemudian email server akan mengidentifikasi email penerima pesan.
  4. Ketika pesan yang telah kita kirim sudah terkirim maka secara otomatis pesan akan tersimpan ke email kita.
  5. Saat penerima pesan membuka email dari kita maka aplikasi dari email akan meminta email baru yang kemudian si penerima akan mengunduhnya kedalam komputernya.
  6. Selanjutnya, penerima email bisa melihat dan membaca email yang telah di terima dan yang telah di unduh tadi.

Baca Juga : Pengertian Data

Jenis Jenis Email

pengertian email

pengertian email

Selain menjadi layanan sabagai sarana untuk pesan pesanan email sendiri memiliki beberapa jenis dengan system dan kegunaan yang berbeda – beda pula. Adapun jenisnya sebagai berikut :

1. Pop Mail / Post Office Protocol mail

Pop mail ini adalah email yang bisa diterima dari internet servis provider yang sudah digunakan. Jenis email yang seperti ini bisa di baca dengan keadaan offline namun tidak bisa dibuka disembarang tempat melainkan hanya di satu tempat.

2. Web Mail / Web Based Mail

Web mail adalah email yang hanya bisa dibuka ketika kita membuka web layanan yang bersangkutan tadi. Demikian ini karena aksesnya hanya membutuhkan halaman web maka web mail ini bisa di akses dimanapun berada asalkan ada koneksi internet.

3. Fordward Mail

Forward mail adalah layanan email yang telah masuk di kotak masuk yang kemudian di teruskan pada suatu alamat yang lain. Cara ini sangat ampuh digunakan untuk mereka yang seneng bergonta – ganti email. Fordward mail ini berfungsi sebagai perantara antara email satu dengan email yang lain.

Fungsi Email dan Manfaatnya

pengertian email

pengertian email

Selain sebagai sarana untuk mengirimkan pesan fungsi dari email sendiri juga sangat banyak. Maka fungsi dan mafaat dari email ini sangat banyak. Fungsi dari email sendiri sebagai sarana kirim pesan namun ada beberapa fungsi lagi lohh yang perlu di ketahui. Fungsi email secara lengkap sebagai berikut :

1. Mengirim dan menerima pesan

Pada dasarnya email merupakan sebuah layanan untuk mengirim serta menerima sebuah pesan. Pengguna dapat mengirimkan pesan atau surat secara digital kepada alamat email yang ingin dituju dan pesan tersebut akan sampai dalam hitungan detik sesuai pada kecepatan sambungan internet.

Internet sangat berpengaruh untuk kecepatan pengiriman semakin cepat koneksi internet yang kita punya semakin cepat pula pesan email akan terkirim.

2. Mengirim dan menerima file

Selain digunakan untuk mengirim pesan, email juga bisa mengirimkan sebuah file yang berupa gambar, dokumen, video atau bentuk file lainnya yang ditujukan pada alamat tertentu dengan menambahkannya pada bagian lampiran atau attachment yang telah tersedia pada email.

Pada umumnya ukuran file yang dikirimkan memiliki ukuran tertentu dan file tidak boleh melebihi ukuran dari file maksimal yang telah ditetapkan.

3. Mendaftar akun sosial media dan lainnya

Pada Saat ini hampir semua menu layanan yang ada di internet baik itu jejaring sosial media, online shopping, game atau yang lainnya memerlukan email disaat mendaftar dan login pada layanan tersebut.

4. Sarana Promosi

Saat ini email tidak hanya digunakan sebagai sarana pengiriman pesan dan dokumen, tetapi bisa juga digunakan sebagai lahan promosi bagi para pebisnis salah satu contohnya online store.

Saat pemakai mendaftarkan emailnya pada sebuah online store maka secara otomatis alamat email yang anda masukkan tersebut akan menerima email promosi dari online store yang anda buat.

5. Mengaktifkan Smartphone

Saat ini Ponsel atau smartphone khususnya android hanya bisa diaktifkan dengan cara memasukkan alamat email terlebih dahulu kemudian alamat email tersebut biasanya akan terhubung dengan aplikasi yang ada dalam smartphone tersebut.

6. Sebagai Identitas Diri

Selain berfungsi sebagai pengirim dan penerima, email juga berfingsi sebagai identitas diri dimana orang lain bisa mengenali dan menghubungi email yang kita punya.

Dalam berbagai bidang penggunaan email disini sudah menjadi kewajiban karena kadang email disini sebagai syarat yang mutlak untuk aktivasi.

7. Email Sebagai Sarana Pemasaran

Diera digital seperti sekarang ini email sangat diperlukan sebagai sarana pemasaran. Karena perkembangan yang hampir rata – rata menggunakan media online maka email ini sebagai salah satu syarat yang mutlak harus dimiliki seorang pembisnis. Karena, email disini sebagai penunjang penjualan.

Pemasaran menggunakan email adalah salah satu cara yang sudah tua namun hingga saat ini menggunakan email sebagai sarana pemasaran adalah cara yang masih ampuh untuk di lakukan para pembisnis.

Demikian tadi beberapa ulasan kami mengenai hal yang berkaitan dengan email. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Pengertian Email

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply