pengertian konsep

✔ Pengertian Konsep : Definisi, Fungsi, Unsur, Karakteristik !

Pengertian Konsep – Hallo pembaca Symbianplanet semua Kali ini admin akan membahas tentang pengertian konsep. Apa sih itu kosep ? Berikut adalah penjelasanya.

secara etimologis, kata konsep berasal dari bahasa latin conceptum yang berarti sesuatu yang  bisa dipahami. Definisi konsep lainnya adalah serangkaian pernyataan, ide atau gagasan yang saling berkaitan tentang berbagai kejadian / peristiwa dan menjadi petunjuk atau dasar dalam melakukan penelitian.

Konsep atau anggitan adalah abstrak, entitas mental yang bersifat universal yang menunjuk pada kategori / kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Konsep merupakan abstrak dari sebuah ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam sebuah kata atau simbol.

Konsep disebut sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik.

Mengapa konsep disebut abstrak ? berikut penjelasannya, karena mereka telah menghilangkan perbedaan dari segala sesuatu dalam ekstensi, memperlakukan seolah – olah mereka identik, dan universal dimana mereka dapat diterapkan secara merata pada setiap extensinya.

Konsep bisa dianggap sebagai suatu arti yang dapat mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Konsep juga dapat diterjemahkan sebagai suatu abstraksi dari ciri – ciri sesuatu yang bisa mempermudah cara berkomunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk selalu berpikir.

Pengertian konsep lainya ialah sesuatu yang umum atau representasi intelektual yang abstrak dari situasi, suatu akal pikiran, objek atau peristiwa, suatu ide atau gambaran mental.

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

pengertian konsep
pengertian konsep

Banyak dari para ahli yang berpendapat tentang pengertian dari konsep. Berikut adalah penjelasan pengertian konsep menurut para ahli

1. KBBI

Menurut definisi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi dari konsep adalah sebagai berikut :

  • Rancangan atau buram surat dan lain sebagainya
  • Ide atau pengertian yang diabstrakkan dari sebuah peristiwa yang konkret
  • Gambaran mental dari sebuah objek, proses, atau apapun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal untuk dapat memahami hal – hal lain

Selain penjelasan diatas yang sudah di bahas, para ahli dan pakar juga memiliki pendapat masing – masing yang berbeda dalam mendefinisikan tentang apa itu konsep. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian konsep menurut para ahli secara lengkap :

2. Bahri

Menurut penjelasan dari bahri konsep adalah satuan arti yang mewakili dari sejumlah objek yang mempunyai ciri – ciri yang sama. Seseorang yang memiliki konsep mampu membuat abstraksi terhadap suatu objek yang dihadapi, sehingga objek – objek dapat ditempatkan dalam golongan tertentu.

Objek tersebut dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental yang tak berperaga. Konsep juga bisa dilambangkan dalam bentuk suatu kata.

3. Aristoteles

Pengertian Konsep menurut aristoteles yang dalam bukunya “ the classical theory of concepts” menerangkan bahwa konsep adalah penyusun utama dalam suatu pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

4. Singarimbun dan Effendi

Pengertian konsep menurut Singarimbun dan Effendi adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai sebuah fenomena yang sama atau sejenis.

5. Soedjadi

Pengertian konsep menurut Soedjadi pengertian konsep adalah suatu ide abstrak yang bisa digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang secara umum dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).

6. Woodruf

Pengertian konsep menurut woodruf ialah suatu gagasan / ide yang relatif sempurna dan memiliki makna, suatu pengertian tentang objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang dalam membuat pengertian terhadap objek – objek atau benda – benda berdasarkan pengalamanya (setelah melakukan persepsi terhadap suatu benda / objek).

7. Umar

Menurut definisi dari umar pengertian konsep adalah sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep dapat tercipta dengan cara menggolongakan dan mengelompokkan objek – objek tertentu yang memiliki ciri –ciri yang sama atau serupa.

8. Mory Cooper

Menurut dari beliau pegertian konsep adalah suatu kumpulan konsep, proposisi, definisi, dan variable yang berkaitan antara satu dengan yang lainya dan tersusun secara sistematis dan sudah di generalisasi sehingga bisa menjelaskan serta memprediksi dari sebuah fenomena / fakta – fakta tertentu.

9. Wikipedia Indonesia

Definisi konsep dari Wikipedia ialah abstrak, entitas mentas yang universal yang mengacu pada kategori atau kelas dari suatu entitas, hubungan atau suatu kejadian.

Fungsi Konsep

pengertian konsep
pengertian konsep

Secara garis besar, konsep mempunyai suatu fungsi untuk memberikan gambaran besar atau penjelasan mengenai sebuah hal. Berikut adalah penjelasan beberapa fungsi dari konsep :

1. Fungsi Kognitif

Pengertian dari fungsi kognitif adalah kemampuan manusia untuk berpikir secara optimal dalam sepanjang hidupnya. Dengan langkah membuat konsep maka fungsi kognitif seseorang akan menjadi lebih baik.

2. Fungsi Evaluatif

Sebelum membuat suatu konsep terdapat proses evaluatif, yaitu suatu proses yang dilakukan manusia dalam menentukan nilai suatu hal.

3. Fungsi Operasional

Dalam pelaksanaan suatu proses dibutuhkan dasar yang kuat untuk dapat melakukannya. Dengan adanya konsep maka proses operasional menjadi lebih mudah, efektif, serta efisien.

4. Fungsi Komunikasi

Seperti yang sudah kita bahas di atas, dalam membuat suatu konsep ada proses komunikasi dimana terdapat proses penjelasan, gagasan, ide, dari suatu benda atau peristiwa.

Unsur – Unsur Dalam Konsep

pengertian konsep
pengertian konsep

Di dalam membuat sebuah konsep terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan didalamnya. Berikut adalah penjelasan unsur – unsur mengenai konsep sebagai berikut :

1. Nama

Nama merupakan sebuah konsep awal yang mewakili kata tunggal dan unutuk menjelaskan ide atau gagasan.

Contohnya : rumah, merupakan suatu bangunan yang mewakili sebagai tempat tinggal.

2. Contoh

Dalam menyampaikan atau memberikan sebuah ide / gagasan, terdapat contoh analisis yang membandingkan antara contoh yang bersifat positif dan contoh yang bersifat negative serta karakteristiknya.

Contohnya : rumah ibadah (contoh positif : masjid, geraja, dan kuil) dan (contoh negative : gadang, joglo, dan bubungan tinggi).

3. Karakteristik Pokok

Karakteristik pokok digunakan untuk menciptakan dan menentukan sebuah contoh dalam kategori yang termasuk konsep atau bukan konsep.

Contohnya : karakteristik pokok dari sebuah rumah ialah mempunyai atap, dinding, dan lantai.

4. Rentang Karakteristik

Yang dimaksud dengan rentang karakteristik adalah konsep yang saling berkaitan atau berhubungan antara satu dengan yang lainya serta memilki rentang karakteristik yang membatasi konsep diantaranya adalah :

  • Superordinat (konsep yang berhubungan dengan konsep lain yang lebih luas). Contohnya : konsep tempat tinggal ialah konsep superordinate dari rumah.
  • Koordinat (konsep yang memiliki kedudukan setara serta saling berkaitan dengan konsep lainya). Contohnya : konsep rumah kontrakan setara dengan konsep rumah dinas.
  • Subordinat (sub-kategori atau suatu bagian kecil dari sebuah konsep). Contohnya : konsep rumah ialah bagian dari konsep tempat tinggal.

Karakteristik Konsep

pengertian konsep
pengertian konsep

Setiap sebuah konsep tentu memiliki karakteristik masing – masing atau ciri sendiri yang membuatnya dapat dikenali. Berikut definisi dari ciri –ciri sebuah konsep sebagai berikut :

  1. Konsep mempunyai sifat abstrak yang merupakan gambaran mental mengenai suatu benda, peristiwa, dan kegiatan.
  2. Secara umum, konsep merupakan suatu kumpulan dari berbagai benda dengan karakteristik dan kualitas tertentu.
  3. Konsep bersiafat personal, sehingga pandangan atau pemahaman seseoranag tentang sebuah hal bisa berbeda dengan pemahaman orang lain.
  4. Konsep bisa diketahui melalui suatu proses dan bisa juga berdasarkan pengalaman dari seseorang.

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai pengertian dari konsep, fungsi, karakteristik lengkap dari kami, mudah – mudahan bermanfaat.

Pengertian Konsep

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *