Pengertian Negara Adalah

Pengertian Negara – Kita pasti sudah sering mendengar sebuah perkataan yang berkaitan dengan Negara baik itu dimedia cetak ataupun digital. Akan tetapi, apa kalian tahu pengertian Negara itu sendiri? maka dari itu, mari kita lihat berikut akan kami mengulas beberapa hal yang berkaitan dengan Negara.

Pengertian Negara Secara Umum

pengertian negara

pengertian negara

Apa Pengertian Negara ? Secara Umum dalam pengertiannya, negara dibagi atas dua bagian yaitu pengertian negara dalam arti luas dan pengertian negara dalam arti sempit.

Dalam arti luas negara diartikan sebagai satu kesatuan sosial yang telah diatur dalam Undang – undang secara konstitusional yang mempunyai tujuan untuk mencapai kepentingan bersama, sedangkan dalam arti sempit negara diartikan sebagai suatu alat yang digunakan guna melayani kepentingan masyarakat banyak.

Ada beberapa istilah kata negara dalam bahasa asing yaitu seperti de staat dalam bahasa Belanda, state yang merupakan Bahasa Inggris, dan juga Le’etat dalam Bahasa Prancis, sedangkan dalam bahasa Sanskerta negara berasal dari suatu kata yaitu , nagari atau nagara yang mempunyai arti kota.

Dari beberapa pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Pengertian negara secara umum adalah suatu wilayah yang ada di permukaan bumi, yang kekuasaannya baik itu dibidang politik, militer, ekonomi, sosial ataupun kebudayaannya sudah diatur oleh pemerintahan yang memiliki kewenangan dan yang berada di wilayah tersebut.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

George Jellink

Menurut George jellinek negara diartikan sebagai suatu organisasi kekuasaan yang dimiliki oleh sekelompok orang yang telah menetap di suatu wilayah tertentu.

Bellefroid

Sedangkan Bellefroid mengemukakan pendapatnya bahwa pengertian negara merupakan suatu persatuan hukum yang berada pada suatu wilayah untuk waktu selama – lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi yang dipegang oleh pemerintah untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat yang sebesar – besarnya.

Max Weber

Menurutnya pengertian negara adalah masyarakat yang memonopoli penggunaan kekuatan pada suatu wilayah.

John Locke

Menurut beliau, negara adalah badan atau organisai yang dihasilkan dari perjanjian antar masyarakat

Roger F. Soleau

Menurut Roger F. Soleau negara adalah sebuah sarana maupun wewenang yang mengendalikan dan mengatur masalah yang mana didalamnya bersifat umum pada kehidupan masyarakat.

Prof. Soekarno

Negara adalah sebuah wilayah dimana penduduknya dipimpin oleh pejabat dan melalui kekuasaan yang sah dan telah berhasil mengatur rakyatnya agar patuh pada peraturan perundang – undangan

Pengertian Negara Kesatuan

Apa yang kamu ketahui tentang Negara Kesatuan ? Negara kesatuan ialah suatu Negara yang sudah merdeka dan berdaulat, pada negara kesatuan yang berkuasa hanya ada satu pemerintahan saja yaitu pemerintah pusat dan yang mengatur seluruh daerah. Dalam pelaksanaannya, Negara kesatuan dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu sebagai berikut :

  1. Negara kesatuan dengan sentralisasi, yaitu segala sesuatu yang ada dalam Negara tersebut diatur langsung dan dikelola oleh pemerintah pusat sedangkan daerah – daerah hanya tinggal melaksanakannya saja.
  2. Negara Kesatuan dengan Sistem desentralisasi, yaitu maksudnya sistem yang ada apada negara kesatuan dimana pemerintahan daerah mempunyai kekuasaan dan kewenangan untuk mengatur serta mengurus rumah tangganya sendiri berdasarkan atas kebutuhan dan potensi yang dimiliki daerahnya masing – masing.

Pengertian Negara Serikat

Negara serikat atau yang sering kita sebut negara federal adalah suatu Negara yang merupakan gabungan – gabungan dari beberapa Negara, dan kemudian bergabung menjadi Negara – negara bagian dari Negara serikat tersebut.

Atau Negara serikat juga dapat diartikan sebagai suatu negara yang merupakan gabungan atau pengelompokkan dari beberapa Negara, atau negara yang memiliki aturan sendiri, dan memiliki pimpinan serta kepala negaranya sendiri yang kemudian bergabung dengan negara yang lain.

Baru setelah itu dijadikannya Negara Serikat tersebut.
Selain dari penjelasan diatas Negara serikat juga dikenal dengan negara yang bersusunan jamak atau banyak, yang memiliki negara – negara bagian. Dalam suatu pemerintahan negara serikat di dalamnya terdapat beberapa bagian negara – negara yang sering disebut dengan istilah negara bagian.

Pada awalnya negara – negara bagian itu berdiri sendiri, dan kemudian melakukan aktivitas kerja sama antar negara lain lalu negara – negara tersebut menggabungkan diri dalam suatu pemerintahan Federal atau serikat.

Dalam Ikatan Negara serikat tersebut negara – negara bagian tidak bisa semudah untuk keluar masuk dari bagian negara serikat.

Karena Negara serikat atau federal memiliki pouvoir coristituant yaitu memiliki kewenangan untuk membentuk Undang – undang pusat oleh negara faderal secara terperinci dalam suatu konstitusi.

Pengertian Negara Hukum

Apa Pengertian Negara Hukum ? Pengertian negara hukum ialah suatu negara yang didalam melaksanakan pemerintahannya berdasarkan kepada hukum yang ada.

Jadi dapat diartikan bahwa, penyelenggaraan pemerintahan di negara hukum seperti Negara Indonesia tidak diperkenankan untuk menyalahi perangkat negara atau pemerintah yang memiliki wewenang dan mengatur segalanya tentang hukum seperti undang – undang, Pancasila, TAP MPR, ataupun Peraturan pemerintah seperti peraturan daerah, peraturan presiden, dan lain sebagainya.

Hal tersebut juga lah yang menjadi tujuan untuk menciptakan sebuah negara yang adil dimana semua rakyatnya dapat merasakan kemakmuran dan ketentraman.

Namun dengan adanya tujuan yang baik tersebut, lantas tidak membuat semua negara yang ada didunia menggunakan prinsip negara hukum.

Pengertian Negara Demokrasi

pengertian negara

pengertian negara

Pengertian Negara demokrasi ialah suatu negara yang menganut sistem pemerintahan dengan tujuan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat.

Dalam negara demokrasi dinyatakan bahwa kekuasaan ataupun kedaulatan tertinggi berada ditangan warga negaranya yang dijalankan oleh pemerintah untuk menjalankan hak dan wewenangnya atas nama rakyat negara tersebut.

Salah satu pilar yang ada pada negara demokrasi yaitu prinsip trias politica yang membagi kekuasaan politik menjadi tiga bagian yaitu antara lain, eksekutif, yudikatif dan juga legislatif.

Untuk mewujudkan suatu negara yang demokrasi maka dibagi menjadi tiga jenis lembaga negara yang independen dan berbeda namun dalam peringkat yang sejajar satu sama lain, maksudnya yaitu tidak ada lembaga yang lebih tinggi serta tidak ada lembaga yang lebih rendah kedudukannya.

Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara inilah yang diperlukan agar ketiga lembaga negara tersebut dapat saling mengawasi dan mengontrol berdasarkan dengan prinsip check dan balance.

Pengertian Negara Maju

pengertian negara

pengertian negara

Apa Pengertian Negara Maju ? Pengertian Negara maju ialah suatu negara yang memiliki kondisi atau keadaan ekonominya lebih baik daripada negara berkembang, maupun negara tertinggal.

Negara maju juga mempunyai masyarakat yang lebih sejahtera dan tentram dengan jumlah kemiskinan yang paling rendah dibandingkan dengan negara berkembang maupun tertinggal.

Negara maju dapat kita lihat dari kualitas suatu negara, dan bukan dinilai dari besar atau kecilnya wilayah negara tersebut. Yang dapat dinamakan negara maju ialah negara yang sudah menikmati standar hidup dengan angka yang relatif tinggi melalui dengan teknologi yang tinggi juga serta perekonomian yang sudah merata.

Pada umumnya negara maju ini dilihat dari perekonomian yang dimiliki negara tersebut dalam persaingannya dengan negara – negara yang lainnya. Tetapi selain dari segi perekonomian, indikator – indikator lain juga dilihat untuk menetapkan negara tersebut dinilai sebagai negara yang maju atau tidak.

Pengertian Negara Berkembang

Negara Berkembang merupakan suatu negara dengan tingkatan ekonomi, teknologi dan taraf hidup yang sedang berkembang.

Tingkat pembangunan yang ada di tiap negara berkembang juga sangatlah bervariasi, tetapi tidak semua negara berkembang memiliki tingkat kesejahteraan hidup yang rendah. Diluar itu ada juga ada beberapa negara berkembang yang taraf kesejahteraan masyarakatnya relatif tinggi.

Namun, kebanyakan masyarakat yang pada Negara berkembang memiliki taraf hidup yang pas – pasan tidak tinggi ataupun rendah. Pada negara berkembang pasti memiliki kelebihan yang dapat menjadi suatu potensi agar negara tersebut bisa menjadi Negara Maju.

Beberapa contoh negara yang berkembang biasanaya ada pada negara seperti di Asia Tenggara (Kecuali Singapura), dan beberapa negara yang terletak di Amerika Latin, Afrika, serta beberapa negara di Eropa Timur, di Asia juga sangat banyak negara berkembang seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan lain sebagainya.

Kecuali Jepang, Korea Selatan dan Singapura. Karena negara – negara tersebut merupakan negara maju.

Pengertian Negara Sebagai Organisasi Kekuasaan

Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan ialah suatu negara yang memiliki suatu sistematis atau tata cara kerja sama yang mengatur hal yang berkaitan dengan bagaiamana rakyat harus memiliki sikap dan mengambil tindakan yang sesuai dngan peraturan yang telah dibuat dan disepakati oleh negara tersebut.

Agar dapat mengatur rakyat pada suatu negara tersebut, maka negara memiliki kekuasaan atau wewenang yang sifatnya memaksa diperuntukkan bagi seluruh rakyatnya tersebut agar selalu menaati dan mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh negara tersebut. Hal ini dibuat untuk mencapai tujuan agar tidak ada lagi kekuasaan dan tindakan yang sewenang – wenang.

Ciri – Ciri dari Negara Berkembang

Sebuah negara dikelompokkan sebagai negara yang berkembang apabila negara tersebut memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

  1. Pendapatan nasional bruto per kapita negara tersebut masih rendah.
    2. Kehidupan perekonomian pada negara tersebut sangat rendah nilai ekspor hasil pertanian dan impor hasil industri negara tersebut sangat tinggi dari negara lain.
    3. Pada umumnya negara berkembang memiliki tingkat kesehatan yang relatif rendah. Hal tersebutlah yang menandai bahwa sangat tingginya angka kelahiran dan kematian pada negara tersebut, sedangkan angka harapan hidupnya sangatlah rendah. Dikarenakan Masih dominannya hasil produksi kebutuhan – kebutuhan primer, seperti hasil pertanian dan hasil perkebunan.
    4. Untuk mengembangkan perekonomian yang ada di negaranya, Negara berkembang masih sangat kekurangan modal dan memerlukan bantuan modal dari negara – negara lain.
    5. Masih ditemukan masalah – masalah tekanan terhadap penduduk, seperti hal relatif tingginya tingkat pengangguran negara tersebut, sangat tingginya pertumbuhan penduduk, sedangkan produktivitas rendah, sangat mudah untuk dipengaruhi dengan negara lain, dan tingginya beban tanggungan rakyatnya, angka kemiskinan tinggi, serta ketergantungannya kepada negara – negara lain masih tinggi.

Ciri – Ciri dari Negara Maju

Berbeda dengan negara berkembang, suatu negara dapat dikatakan sebagai negara yang maju apabila suatu negara dapat memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Angka Pengangguran Rendah, karena banyak rakyatnya yang memiliki pekerjaan tetap.
    2. Pendapatan perkapita bruto negara tersebut sangat tinggi, yaitu diatas 10,726 US Dollar pertahunnya.
    3. Laju Pertumbuhan rakyat pada negara tersebut relatif rendah, yaitu hanya dibawah 1 persen pertahun.
    4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan serta Teknologi yang ada di negara tersebut Semakin Cepat Dan sangatlah Pesat.
    5. Industri dan jasa menjadi sektor perekonomian yang utama, berbeda dengan negara berkembang yang menjadikan pertanian dan perkebunan sebagai sektor perekonomian utamanya.
    6. Menghargai Waktu Dan Kesetaraan Gender Dijunjung Tingg, di negara berkembang hanya sedikit kita menenmukan masyarakat yang malas, karena kebanyakan masyarakat di negara maju disiplin terhadap waktu dan selalu bertanggung jawab secara profesional dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
    7. Sistem pendidikan pada negara maju juga sangat baik, dimana siswa sangatlah cepat menangkap materi yang disampaikan oleh gurunya dengan sistem pendidikannya.

Unsur – Unsur Negara

pengertian negara

pengertian negara

Sebuah negara pasti memiliki unsur yang mana menjadikan atau membentuk kesatuan utuh. Setiap unsur yang ada di dalamnya akan saling berhubungan dan saling melengkapi sehingga jika kurang satu dari unsur ini maka negara tidak sempurna.

1. Wilayah

Wilayah adalah daerah yang ditempati sekelompok masyarakat. Dan menjadi batas dari teritorial kedaulatan. Wilayah sendiri dibagi menjadi tiga yaitu darat, laut, dan udara.

2. Penduduk/Rakyat

Penduduk/rakyat adalah orang atau sekelompok masyarakat yang menetap pada tempat dimana mereka tinggal dengan waktu yang cukup lama. Rakyat sendiri merupakan hal terpenting yang harus ada dalam masyarakat. Karena terbentuknya negara adalah merupakan dari kesepakatan rakyat atau masyarakat.

3. Pemerintahan yang Berdaulat

Sebuah negara tidak akan sempurna jika belum ada yang namanya pengakuan dari negara lain. Pengakuan dari negara lain sangat diperlukan sebagai bentuk pencegahan terjadinya ancaman atau kudeta dari negara lain.

Adanya pengakuan dari negara lain juga akan membantu dan menjalin hubungan antar negara baik di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan juga keamanan.

Fungsi Negara

pengertian negara

pengertian negara

Fungsi negara adalah sebagai lembaga yang ingin mewujudkan cita – cita serta harapan masyarakat yang ada didalamnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari negara :

1. Fungsi Ketertiban dan Keamanan

Negara mempunyai fungsi menjadi pihak yang mengatur dan melaksanakan keamanan serta ketertiban dalam masyarakat. Dengan seperti itu kegiatan warga negara bisa berjalan dengan baik.

2. Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran

Dalam hal ini pemerintahan harus bisa berupaya untuk mensejahterakan dan memakmurkan warga negara terkhusu di bidang ekonomi maupun sosialnya.

3. Fungsi pertahanan

Selain kesejahteraan negara juga memiliki fungsi pertahanan yang akan menjamin kelangsungan hidup sebuah negara dari ancaman – ancaman.

4. Fungsi Penegakan Keadilan

Keadalinan dari sebuah negara harus di jamin untuk warganya yang mana didalamnya mencakup berbagai aspek kehidupan yaitu ideologi, ekonomi, sosial budaya, politik, pertahanan dan keamanan. Fungsi dari penegakan keadadilan ini dilakukan dengan penegakan melalui lembaga atau badan peradilan di suatau negara.

Baca Juga : Pengertian Dasar Negara

Tujuan Negara

pengertian negara

pengertian negara

Dibentuknya suatu negara tetunya mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Menurut Miriam Budiharjo tujuan utama dari dibentuknya negara adalah untuk mewujudkan aspek kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi setiap warganya.

Di negara Indonesia sendiri tujuan dari pembentukan negara sudah di sebutkan dalam pembukaan undang – undang dasasr 1945. Adapun tujuan dari di bentuknya negara Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan perlindungan kepada segenap bangsa indonesia
  2. Memajukan kesejahteraan masyarakat umum
  3. Untuk mencerdaskan bangsa
  4. Berpartisispasi melaksanakan ketertiban dunia

Bentuk – Bentuk Negara

pengertian negara

pengertian negara

Ada dua bentuk yang di terapkan pada negara – negara di dunia. Yaitu negara  kesatuan (Unitaris) dan negara serikat (Federasi). Adapun penjelasan dari kedua bentuk negara sebagai berikut :

1. Negara Kesatuan (Unitaris)

Negara kesatuan adalah sebuah bentuk konsep suatu negara dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh pemerintahan pusat. Adapun bentuk dari negara kesatuan sendiri di bagi menjadi dua bagian diantaranya adalah :

  • Sistem Sentralisasi, sistem ini adalah segala masalah yang ada dalam negara diatur oleh pemerintahan pusat yang mana pemerintahan daerah hanya sebagai pelaksana dan tidak mempunyai wewenang kuat.
  • Sistem Desentralisasi, Sistem pemerintahan daerah diberi wewenang untuk mengatur peraturan dan kebutuhan tertentu.

Adapun beberapa negara yang menggunakan bentuk kesatuan ini adalah Jepang, Indonesia, Filipina, Italia, Belanda, kamboja dan masih banyak lagi yang lainya.

2. Negara Serikat

Negara serikat adalah bentuk negara yang didalamnya ada beberapa bagian. Bentuk dari negara serikat ini di bagi menjadi dua, yaitu :

  • Pemerintah Federal, pemerintahan yang seperti ini bisa mengatur berbagai kepentingan bersama dengan beberapa anggota negara bagian lain. Contohnya, komunikasi, mata uang, pertahanan, dan hubungan internasional.
  • Pemerintahan Negara Bagian, bentuk ini adalah wilayah administrasi tingkat awal dari negara federal.

Beberapa negara yang termasuk dalam kategori Negara Serikata adalah Argentina, Austria, Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, Negeria, Dan lain lain.

Demikian beberapa penjelasan artikel ini yang mengulas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan negara. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Pengertian Negara

Show Comments

Leave a Reply