Pengertian STORYBOARD : Definisi, Fungsi, Manfaat, Tujuan !!

Pengertian Storyboard – Assalamualaiku para pembaca setia symbianplanet dan para pembuat sketsa atau gambar – gambar . Kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Storyboard. Ada yang tau apa itu storyboard?

Storyboard adalah kumpulan dari sketsa gambar yang disusun dengan berurutan yang disesuaikan dengan ide atu naskah agar cerita yang akan di sampaikan dapat diterima dengan mudah.

Di jaman seperti sekarang ini storyboard dipakai pada beberapa bidang. Contohnya, perfilman, dunia advertising hingga animasi sekarang sedang banyak yang memakai storyboard. Proses dari sutradara atau pengarah fotografi akan mebahas tentang adegan – adegan yang akan di ambil yang mana kemudian para sutradara atau pengarah fotografi akan menghubungi seniman pada bidang storyboard untuk menggambarkan ide dari sutradara dan pengarah fotografi.

Dari gambaran itu akan tercipta rancangan shooting. Secara jelasnya storyboard ini akan memberi kesan tentang gambaran yang jelas pada pemain dan kru agar bisa bekerja dengan baik.

Pada umumnya storyboard ini ada tata letak nyata adegan yang akan diambil. Bukan hanya itu saja, storyboard ini juga hal yang penting untuk editor agar editor bisa menyusun scene yang bagus dan yang berbeda sesuai dengan skenario yang sudah di tetapkan.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang storyboard ini mari kita simak beberapa ulasan tentang pengertian storyboar menurut ahli sebagai berikut :

Pengertian Storyboard Menurut Para Ahli

pengertian storyboard

pengertian storyboard

Pertama kita akan bagikan pendapat dari beberapa ahli tentans storyboard. Beberapa ahli menjelaskan tentang bagaimana definis dari storyboard ini, inilah beberapa definisi menurut para ahli diantaranya :

1. Halas

Menurut halas, definisi dari stoyboard adalah rangkaian gambar yang di bikin dengan cara manual berguna untuk memberikan gambaran ataupun penjelasan suatu jalan cerita.

2. Luther

Menurut luther, definisi dari srotyboard adalah sebuah deskripsi pada scene dengan tujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan sebuah objek multimedia dan perilaku dengan jelas.

4. Cristiano

Menurut cristiano, definisi dari storyboard adalah suatu outline dan draft dari produksi dengan gambar yang beruntun.

Fungsi Storyboard

pengertian storyboard

pengertian storyboard

Yah selain definisi dari storyboard kita juga akan menjelaskan apa sih fungsi dari storyboard itu sendiri. Penasaran? Yuk kita lanjutkan pembahasanya.

Storyboard secara umum berfungsi untuk media penyampaian dari ide atau gagasan dari seseorang ke pada orang lain yang di dalamnya berbentuk gambar. Di dalam storyboard ini ada suatu informasi yang tersampaikan atau penunjang seperti contoh di kasih semacam penjelasan teks, gambar, audio dan lain – lain.

Fungsi storyboard secara umum adalah :

  • Memberikan penjelasan tentang alur dari sebuah cerita dengan menggunakan gambar. Di dalamnya terdapat alur cerita yang lengkap mulai dari awal cerita, tengah cerita, sampai akhir dari cerita.
  • Storyboard juga berfungsi untuk media perencanaan pembuatan video pendek bahkan untuk film.
  • Storyboard berfungsi untuk memudahkan pembuat film untuk membuat film dan memahami dari skenario yang akan diceritakan.

Tujuan Membuat Storyboard

pengertian storyboard

pengertian storyboard

Definisi, fungsi sudah kita jelaskan ya sahabat pembaca, sampai sini sudah paham belum? Baik untuk yang selanjutnya kita lanjut untuk memahami lebih jauh storyboardnya.

Tak kalah penting dari fungsi hal ini juga tidak boleh ketinggalan dan tentunya harus tahu tentang tujuan dari storyboard itu untuk apa. Berikut ini adalah tujuan dari storyboard adalah :

  • Untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan film, baik film yang pendek maupun film dengan durasi yang panjang.
  • Sebagai alat untuk mempermudah orang lain memahami alur dari isi cerita yang akan di sampaikan.
  • Memudahakan para pembuat film dalam memvisualisasikan ide yang di kembangkanya.
  • Membantu untuk menjelaskan sebuah narasi dari cerita.
  • Memandu tim yang terlibat dalam pembuatan baik untuk sutradara, aktor maupun untuk para crew.

Manfaat Storyboard

pengertian storyboard

pengertian storyboard

Selain tujuan, fungsi sekarang kita menngkat bagaimana sih manfaat dari storyboard itu sendiri. Storyboard ini memberi manfaat besar untuk pembuat film sebagai alat untuk memvisualisasikan dan menyampaikan gagasan yang mudah di mengerti.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari storyboard :

  • Membantu pembuatan film agar lebih cepat selesai.
  • Membantu untuk film agar terlihat lebih artistik.
  • Membantu memberikan tata letak secara detail dari setiap adegan dalam film.

Penggunaan Storyboard dalam Berbagai Bidang

pengertian storyboard

pengertian storyboard

1. Storyboard Dalam Film

Dalam dunia perfilman, storyboard juga dikenal dengan istilah shooting board. Pengertian storyboard dalam perfilman sendiri berarti sekumpulan dari gambar yang didalamnya berisi tentang kejadian dalam film tersebut.

Bentuk dari storyboard ini adalah semacam komik khusus yang harus dipelajari sebelum proses pembuatan film dilaksanakan.

Keuntungan dari pemakaian storyboard dalam film sendiri sangat banyak. Storyboard membantu para klien yang berkecimpung dalam dunia perfilman, periklanan, cinematographer dan lain – lain yang mana didalamnya akan menemukan kelemahan.

Storyboard juga akan membantu mereka dalam memrincikan biaya yang akan digunakan sebelum proses pembuatan secara realnya.

2. Storyboard Dalam Teater

Storyboard selain dalam dunia perfilman atau dunia periklanan ternyata juga dipakai dalam dunia teater. Penggunaan dalam dunia teater sendiri hanya sebagai penentu layout yang diperlukan. Kebanyakan orang beranggapan bahwasanya storyboard tidak digunakan dalam teater tetapi nyatanya bisa digunakan.

3. Storyboard Dalam Animasi

Storyboard tetap di pakai dalam dunia animasi untuk menggambarkan ide yang tertuang dalam cerita. Meskipun dalam dunia animasi sudah pasti menggunakan gambar bergerak. Untuk menentukan timing, dan juga posisi dari kamera untuk produksi film animasi.

4. Storyboard Dalam Periklanan

Storyboard dalam dunia periklanan ini keseluruhan sama seperti tiga bidang diatas, storyboard dipakai untuk menentukan ide dari iklan yang akan di buat.

5. Storyboard Dalam Bisnis

Penggunaan storyboard dalam dunia bisnis ternyata juga di perlukan loh. Hal ini berhubungan dengan sifat dari konsumen yang ada yang mana para konsumen lebih cenderung mudah ingat dengan suatu barang atau jasa kalau didalamnya di kemas dan disampaikan dalam bentuk cerita.

Hal ini menjadi unik dari pada harus memberikan atau menunjukan contoh dan deskripsi saya yang pastinya akan menjemukan bagi para konsumen. Kunci dari sini adalah pemberian sebuah karakter yang berperan dan berhubungan dengan produk atau jasa.

Kira – kira selain untuk periklanan apakah storyboard ini bisa ya digunakan untuk hal lain dalam dunia bisnis? Jawabanya bisa. Storyboard sendiri kerap dipakai dalam beberapak keperluan pada dunia bisnis.

Beberapa kepeluan lain yang bisa menggunaka storyboard sebagai berikut :

  • Bernegosiasi dengan calin klien
  • Story User
  • Customer Journey Mapping
  • Sebagai sarana untuk mentoring dan training saat dalam keadaan percakapan yang sulit untuk di deskripsikan
  • Mendemonstrasikan sebuah proses

6. Storyboard di Dunia Pendidikan

Selain dunia perfilman, periklanan, animasi, bisnis tenyata storyboard juga dipakai dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan ada beberapa aspek yang bisa diambil dan dimanfaatkan sebagai sarana untuk pembelajaran.

Hal seperti ini justru dengan mudah pengeruhnya kepada siswa untuk menyerap materi yang disampaikan. Karena, dengan menggunakan storyboard materi akan lebih ringkas, sederhana dan mudah untuk di pahami.

Berikut adalah beberapa fungsi dari storyboard dalam dunia pendidikan sebagai berikut :

  • Menciptakan narasi
  • Merangkum text bahasan
  • Membuat ilustrasi
  • Membantu untuk hafalan kosakata
  • Membantu ketika sendang persentasi
  • Dan lain – lain

Cara membuat storyboard

pengertian storyboard

pengertian storyboard

Setelah kita membahas berbagai macam bahasan di atas mulai dari deskripsi, fungsi, tujuan, manfaat, bidang penggunaan namun kita belum kita ketahui bagaimana cara untuk membuatnya. Berikut ini adalah caranya :

Membuat storyboard cukup mudah bagi sebagian orang. Akan tetapi, banyak juga yang merasa kesusahan karena belum tahu persis bagaimana proses membuatnya.

  1. Membuat rincian naskah yang nantinya akan dibuat.2
  2. Buatlah catatan tentang poin – poin penting, mulai dari ide dan konsep yang akan dipakai dan dijadikan sebagai storyboard.
  3. Tentukan media yang nantinya akan di buat menjadi storyboard, bisa dalam bentuk gambar secara manual maupun menggunakan aplikasi dari komputer.
  4. Buatlah sketsa mengenai alur cerita dalam storyboard lengkapi juga penjelasan dan keterangan dalam film.
  5. Visualisasikan adegan pertama dengan nyata.
  6. Lengkapilah informasi – informasi untuk storyboard sebagai berikut :
  • sketsa / gambar tentang layar halaman atau frame
  • warna, bentuk dan ukuran grafik jika diperlukan
  • teks asli
  • Jika menggunakan teks, alangkah baiknya cantukmakn informasi warna, ukuran, maupun ide tulisan
  • Narasi jika diperlukan
  • Animasi jika diperlukan
  • video jika diperlukan
  • Audio Jika diperlukan
  • interaksi dengan audiens ini perlu di terapkan agar kita tahu bagaimana tanggapan mereka dengan storyboard yang kita  bikin.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai storyboard, mulai dari pengertian/deskripsi, fungsi, tujuan, manfaat, dan cara membuat storyboard yang baik dan benar. Semoga bermanfaat para pembaca semua.

Pengertian Storyboard

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply