Pengertian Wawasan Nusantara : Definisi, Tujuan, Fungsi, Latar Belakang

Wawasan Nusantara – Apa itu yang dimaksud dengan wawasan nusantara? Pengertian wawasan nusantara adalah suatu sikap atau cara pandang bangsa indonesia terhadap diri sendiri dan bentuk geografi berdasarkan dasar negara yaitu pancasila dan UUD 1945 dengan mengutamakan  dan menghargai kebhinekaan dalam mencapai tujuan nasional.

Pengertian wawasan nusantara secara etimologi adalah suatu cara pandang dari seseorang dan negara terhadap satu pulau yang berada diantara dua benua. Pulau itu ada berada di antara benua asia dan benua australia.

Bukan hanya itu benua itu berada diantaa dua samudra yakni samudra hindia dan samudra pasifik.

Istilah dari wawasan nusantara sendiri sebenarnya berasal dari bahasa jawa kuno (wawas) yang mempunyai arti pandangan, tinjauan, atau penglihatan indrawi, kemudian ditambahkan dengan akhiran an  sehingga digabungkan menjadi wawasan yang memiliki arti cara pandang, cara melihat, atau cara tinjau.

Sedangkan arti dari nusantara adalah nusantara terdiri dari dua kata nusa yang memiliki arti “suatu pulau atau kesatuan dari kepulauan” dan kata kedua adalah antara yang memiliki arti “letak dari dua unsur yaitu antara dua benua dan dua samudera”.

Sehingga definisi  dari kata nusantara ialah kesatuan kepulauan yang letaknya antara dua benua yaitu benua asia dan benua australia dan antara dua samudra yaitu samudra hindia dan samudra pasifik.

Wawasan  nusantara mempunyai dasar hukum yang berlaku sesuai dengan  konsepsi politik kewarganegaraan yang tercantum di dalam sebagai berikut:

  1. Tap MPR. No IV/1978/22/Maret/1978/tentang GBHN
  2. Tap MPR . No IV/MPR/1973/Pada tgl 22 maret 1973
  3. Tap MPR. No II/MPR/1983/12/Maret/1983

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Berikutnya untuk lebih memahami tentang apa itu arti dari wawasan nusantara, maka kita bisa merujuk ke beberapa pendapat para ahli tentang definisi dari wawasan nusantara menurut para ahli sebagai berikut :

1. Samsul Wahidin

Samsul Wahidin berpendat bawha wawasan nusantara adalah cara pandang, cara bersikap, memahami, cara menghayati, cara bertindak, berfikir, dan bertingkah laku dari masyarakat bangsa sebagai hasil dari proses interaksi yang melibatkan psokoligis bangsa tersebut.

2. Prof Wan Usman

Menurut pendapat dari beliau definisi dari wawasan nusantara  cara pandang dari bangsa indonesia mengenai diri dan tanah air indonesia sebagai suatu negara dengan bentuk kepulauan dengan kehidupan yang sangat beragam.

3. Munadjat Danusaputro

Menurut dari pendapat beliau wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa terhadap diri dan lingkungan dengan eksistensi yang saling berhubungan dalam setiap pemekaran yang ada di tengah – tengah masyarakat dengan didasarkan pada asas  – asas nusantara.

4. Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi

Menurut ketiga tokoh tersebut definisi dari wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa indonesia tentang diri serta lingkungan yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan letak geografis wilayah indonesia dalam mencapai tujuan dan cita – cita nasional.

5. Panggabean

Menurut pendapat dari  Panggabean pengertian wawasan nusantara ialah merupakan doktrin politik bangsa indonesia demi untuk mempertahankan kelangsungan hidup negara republik indonesia, yang berdasarkan UUD dan Pancasila dengan memperhitungkan pengaruh ekonomi, geografi, demografi, teknologi, dan strategis  yang tersedia.

6. Sumarsono

Menurut dari Sumarsono definisi dari wawasan nusantara adalah nilai – niali yang menjiwai dari segenap peraturan dari undang – undang  yang  berlaku disetiap strata seluruh negara, sehingga mencerminkan sikap dan perilaku, paham serta semangat nasionalisme yang tinggi dan merupakan identitas atau jati diri dari bangsa indonesia.

7. Akhadiah MK

Definisi dari akhadiah ialah cara pandang bangsa indonesia tentang diri serta lingkungan yang sesui dengan tujuan,ide nasionalnya yaitu pancasila dan UUD 1945, yang merupakan aspirasi bangsa yang telah merdeka, berdaulat, dan bermartabat ditengah – tengah lingkungan sebagai tindak kebijaksanaan dalam mencapai tujuan bangsa.

8. Kelompok Kerja LEMHANAS

Menurut dari LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional) 1999, definisi dari wawasan nusantara adalah cara pandang serta sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungan yang berbeda atau beragam dan bernilai strategis.

Dimana didalamnya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan.

Fungsi Dari Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Selanjutnya kita bahas tentang fungsi dari wawasan nusantara, merujuk pada wawasan nusantara diatas yang sudah kita bahas, maka fungsi utamanya ialah sebagai panduan, pedoman, acuan bagi bangsa dalam bernegara, adapun fungsinya dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori, yaitu:

1. Sebagai Wawasan Pembangunan

Wawasan nusantara memiliki unsur – unsur penting dalam melaksanakan pembangunan diantaranya adalah unsur sosial politik, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi dan sosial ekonomi.

2. Sebagai Konsep Ketahanan Nasional

Fungsi dari wawasan nusantara yan selanjutnya adalah sebagai Konsep wawasan yang mempunyai peran penting pada kewilayahan, kewilayahan, serta sebagai pertahanan keamanan nasional.

3. Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan

Selain fungsi – fungsi diatas wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pertahanan dan keamanan nasional yang mengacu kepada pandangan geopolitik negara, pandangan tersebeut bisa meliputi tanah air dan segenap wilayah NKRI.

4. Sebagai Wawasan Kewilayahan

Yang terakhir wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pemahaman mengenai wawasan kewilayahan yang ada di indonesia, termasuk juga batas – batas wilayah indonesia yang mungkin bisa terjadi sengketa dengan negara tetangga atau negara lain.

Tujuan Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Setelah kita bahas mengenai pengertian dan fungsinya, tentunya kita juga ingin tahu tentang tujuan dari wawasan nusantara tersebut. Apa tujuan dari wawasan nusatara tersebut? S

Tujuan wawasan nusantara secara umum , adalah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air (nasionalisme) dari semua aspek kehidupan masyarakat indonesia.

Tujuan tersebut di cerminkan dari perilaku masyarakat indonesia yang lebih mendahulukan atau mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan pribadi, kelompok, suku bangsa, dan golongan.

Latar Belakang dan Aspek Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Dari sekian banyak penjelasan mengenai wawasan nusantara, tentunya kita juga ingin tahu latar belakang atau awal mulanya bisai terbentuknya wawasan nusantara. Nah berikut adalah penjelasan mengenai  terbentukya wawasan nusantara:

1. Aspek Falsafah Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara indonesia, didalamnya terdapat nilai – nilai yang menjadi acuan dari wawasan nusantara, diantaranya adalah:

  • Hak asasi manusia, contohnya kebebasan masyarakat dalam memeluk dan menjalankan agama sesui kepercayaan yang dianut.
  • Mementingkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.
  • Melakukan musyawarah terlebih dahulu dalam mengambil suatu keputusan untuk mencapai mufakat.

2. Aspek Kewilayahan Nusantara

Aspek kewilayahan meliputi letak geografis indonesia yang merupakan aspek kewilayahan  yang sangat erat kaitannya mengenai kekayaan akan sumber daya alam, suku bangsa. Dan keragaman budaya di indonesia.

3. Aspek Sosial Budaya

Indonesia adalah suatu negara yang mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lain yaitu mempunyai ratusan suku bangsa dengan ragam budaya, bahasa, adat, dan agama yang berbeda-beda.

Kebhinekaan ini mempunyai potensi timbulnya konflik dalam interaksi masyarakat.

Maka dari itu, mengapa masyarakat diharuskan untuk memahami pengertian tentang wawasan nusantara dan menjadikannya sebagai pedoman dalam hubungan berinteraksi di masyarakat.

4. Aspek Sejarah Indonesia

Awal mula terbentuknya negara kesatuan republik indonesia ini telah melalui proses dan tahapan yang sangat panjang dan cukup pahit.

Tentunya, sebagai rakyat indonesia yang telah merdeka, maka tidak ingin pengalaman sejarah tersebut terulang kembali dan mengakibatkan perpecahan.

Dengan begitu, kemerdekaan yang telah di miliki saat ini harus di jaga dan dipertahankan dan setiap masyarakat perperan penting dalam menjaga keutuhan wilayah.

Hakikat Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Berbicara tentang hakikat, pada dasarnya seluruh masyarakat indonesia adalah tulang punggung dari keberagaman sekaligus kesatuan dari bangsa itu sendiri.

Oleh sebab itu maka setiap masyarakat dihimbau untuk memiliki pengetahuan tentang bangsanya sendiri dan memiliki penilaian kesatuan serta keberagaman substantsi  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Termasuk juga aparatur negara yang mempunyai suatu wewenang dalam menyelenggaarakan pemerintahan. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa cara berfikir, sikap, dan tindakan masyarakat indonesia harus berorientasi kepada kepentingan bangsa dan negara.

Atau dalam pengertian singkatnya adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional.

Selain itu hakikat dari wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara atau dalam arti cara pandang yang menyeluruh dalam ligkup nusantara demi mencapai kepentingan bangsa dan negara.

Seluruh masyarakat, baik warga maupun pejabat harus berperan aktif serta bertindak demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Semua produk yang dibuat dari sebuah lembaga negara dalam lingkup dan kepentingan Indonesia tanpa mengesampingkan kepentingan golongan, wilayah , dan indvidu.

Jadi, kesimpulan dari hakekat wawasan nusantara adalah merupakan suatu kesatuan dan keutuhan wilayah Indonesia.

Dalam Garis Besar Haluan Negara (GHBN) menyebutkan bahwa hakekat wawasan nusantara dapat terwujud dengan menyatakan bahwa kepulauan nusantara adalah satu dari kesatuan ekonomi, politik, social budaya, dan pertahanan keamanan.

Asas Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Merupakan suatu kaidah atau ketentuan dasar yang wajib dipatuhi, dilaksanakn, dan dijaga oleh semua elemen masyarakat agar terciptannya perdamaian serta keseimbangan di Indonesia secara menyeluruh.

Kemudian, apa saja asas – asas dalam wawasan nusantara tersebut, berikut adalah penjelasanya:

1. Kepentingan Yang Sama

Kepentingan yang sama mempunyai satu visi atau satu orientasi. Pada masa penjajahan, kepentingan rakyat Indonesia hanya satu yaitu mewujudkan Indonesia yang merdeka.

Dan, sekarang kepentingannya juga harus disepakati besama, yakni mewujudkan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Keadilan

Keadilan yaitu distribusi yang proporsional. Termasuk distribusi dan retribusi kekayaan negara yang harus dibagi seadil – adilnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Seluruh elemen masyarakat memiliki hak mendapatkan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan, secara hukum, ekonomi, politik, dan social.

3. Kejujuran

kebenaran dan kejujuran dalam berkata, berpikir, dan bertindak merupakan asas yang sangat penting dalam wawasan nusantara. Kesesuaian antara kata – kata dan tindakan yang harus sesuai dengan fakta atau kenyataan, Sehingga dapat terciptanya kemajuan.

Misalnya rakyat kecil tidak tidak menipu sesama rakyat kecil begitu juga pemerintah tidak menipu pemerintah lainya atau menipu rakyat.

4. Solidaritas

yaitu bentuk kepedulian atau simpati kepada orang lain, rela berkorban dan mau berbagi untuk keentingan yang leih besar.

Wujud dari solidaritas salah satunya diekspresikan dengan tindakan rela berkorban demi membela negara.

Sikap seperti ini dilakukan masyarakat tanpa harus menghilangkan ciri dan karakter dari budaya masing – masing.

5. Kerja Sama

kesadaran akan kepentingan dan tujuan bersama maka akan timbullah kerjasama dan koordinasi antar masyarakat demi mencapai tujuan nasional.

Kerjasama melibatlan semua berbagai golongan masyarakat, termasuk meleburnya kelompok minoritas dan mayoritas.

6. Kesetiaan

merupakan asas dari wawasan nusantara yang menjadi tumpuan utama dalam menciptakan persatuan dan kesatuan negara. atau loyalitas pada kesepakatan yang telah dibuat sejak bangsa Indonesia berdiri.

Kesetiaan dapat juga diartikan sebagai bentuk loyalitas pada nilai – nilai ideology Pancasila sebagai dasar negara.

Implementasi Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Berikutnya adalah implementasi atau penerapan wawasan nusantara bisa kita lihat dalam kehidupan sehari – hari dalam bermasyarakat dan bernegara di Indonesia. Berikut adalah bentuk implementasi dari wawasan nusantara sebagai berikut:

1. Bidang Politik

Implementasi dalam bidang politik diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pelaksanaan kehidupan berpolitik di Indonesia diatur dalam undang – undang, misalnya UU tentang partai politik, UU PEMILU, yang menjalankan asas demokrasi dan keadilan
  • Hukum yang berlaku di Indonesia merupakan suatu pedoman dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menjaga dan mengembangkan sikap pluralism dan HAM agar terciptanya kehidupan yang damai dalam mempersatukan keberagaman di Indonesia
  • Menjalankan serta patuh dan berkomitmen dapa lembaga pemerintahan dan partai politik dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Keikutsertaan Indonesia dalam politik luar negeri, serta memperkuat korps diplomatic untuk menjaga wilayah Indonesia

2. Bidang Ekonomi

Yang kedua implementasi wawasan nusantara di bidang ekonomi dinataranya sebagai berikut:

  • Orientasi ekonomi pada sector industry, pemerintahan, dan pertanian.
  • Pembangunan ekonomi yang merata tanpa membanding-bandingkan atau adil pada setiap daerah di Indonesia sehingga tidak terjadi kemiskinan pada suatu daerah tertentu. Otonomi daerah diharapkan bisa menciptakan keadilan ekonomi tersebut.
  • Berikutnya, adalah partisipasi dari masyarakat sangatlah penting demi terciptanya pembangunan ekonomi. Hal ini bisa dilakukan dengan salah satu contohnya: pemberian fasilitas kredit mikro untuk mengembangkan usaha keci.

3. Bidang Sosial

Implementasi dalam bidang social diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Upaya dalam pelestarian dan pembangunan budaya Indonesia serta menjadikan atau mengelola budaya tersebut agar budaya tersebut bisa menjadi salah satu objek tujuan wisata yang nantinya bisa menjadi sumber penghasilan pada daerah atau nasional.
  • Menjaga keanekaragaman Indonesia, baik dari segi budaya,Bahasa, dan status social, serta dapat mengembangkan keserasian dalam masyarakat.

4. Bidang Pertahanan dan Keamaman

Yang terakhir adalah implementasi wawasan nusantara di bidang pertahanan dan keamanan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mampu meningkatkan kedislipinan diri, memelihara lingkungan, dan melaporkan sesuatu yang menggangu atau dapat membahayakan keamanan kepada apparat atau ke pihak yang berwenang.
  • Mampu meningkatkan rasa persatuan dan solidaritas dalam diri masyarakat,baik yang satu daerah maupun yang berbeda daerah.
  • Membangun sarana dan prasarana untuk membantu pengamanan wilayah di Indonesia.

Contoh Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

setelah kita membahas tentang pengertian, hakekat, fungsi, dan lainya seperti yang tertulis diatas, lanjut kita bahas tentang contoh dari wawasan nusantara tersebut.

Penerapan dari wawasan nusantara  bisa dilakukan dengan cara berpikir, sikap, ucapan, dan lain – lain.

Berikut ini merupakan contoh implementasi wawasan nusantara di masyarakat:

  1. Menjadikan falsafah Pancasila sebagai salah satu pedoman hidup dalam bermasyarakat dan bernegara. Hal ini bisa dilakukan dengan tindakan kita sehari – hari yang mencerminkan nilai-nilai religius, kekeluargaan, dan menjaga persatuan sesui Pancasila.
  2. Rasa cinta tanah air yang diwujudkan dalam sikap lebih mementingakan atau mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan kelompok.
  3. Mewujudkan pembangunan bangsa dengan suatu tindakan nyatan dan prestasi. Missal salah satu contohnya adalah bagi seorang atlit maka dia harus bisa menunjukkan rasa cinta tanah air dengan berprestasi di bidang olahraga.

Konsep Pemahaman Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara

pengertian wawasan nusantara

Ada dua konsep dasar tentang pemahaman dari wawasan nusantara. Berikut adalah penjelasannya:

1. Trigatra

Konsep trigatra ini terbagi menjadi tiga konsep lagi yaitu:

  • Geografis
  • Demografis
  • Strategis

2. pancagatra

yang kedua konsep pancagatra, terbagi lagi menjadi lima konsep. Diantaranya yaitu:

  • Ideology
  • Politik
  • Ekonomi
  • Social Budaya
  • Pertahanan dan Keamanan

Demikian uraian mengenai apa itu wawasan nusatara, fungsi, tujuan, dan unsur – unsurnya. Serta artikel ini juga menjelaskan tentang apa itu hakikat wawasan nusantara, aspek, implementasi, contohnya di masyarakat, sekian dulu semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah pen getahuan mengenai wawasan nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply