PETA ASIA PASIFIK

PETA ASIA PASIFIK : Sejarah, Iklim, Ekonomi APEC, [LENGKAP]

Peta Asia Pasifik – Perlu untuk diketahui bahwa, negara Indonesia memang diapit oleh dua samudera, yakni samudera pasifik dan samudera Hindia. Yang membuatnya memasuki beberapa wilayah, termasuk juga untuk wilayah di Asia Tenggara dan di Asia Pasifik yang terdapat pada peta asia. Akan kita ulas kali ini.

Asia Pasifik adalah wilayah yang meliputi pantai Asia Timur, Asia Tenggara dan Australasia yang berada di dekat Laut Pasifik, ditambah juga beberapa negara – negara di laut Pasifik (Oceania).

Meskipun deskripsi geografis kurang tepat, istilah Asia Pasifik menjadi dikenal sekitar pada tahun 1980 an pada waktu pertumbuhan ekonomi di wilayah heterogen ini dalam hal perdagangan saham, pedagangan umum, serta bentuk lain dari interaksi ekonomi dan politik menjadi sebuah topik pembicaraan.

Alasan dimasukkannya negara – negara di kawasan Oceania seperti contohnya Selandia Baru dan Australia ialah berdasarkan relasi ekonomi yang terjadi diantara negara – negara tersebut, serta mitra dagang mereka di wilayah Asia Timur hingga ke Utara.

Di dalam beberapa konteks, wilayah ini dianggap juga mencakup negara – negara utama yang berada di kawasan Asia, yang terletak di sekeliling lingkar luar Pasifik (Pacific Rim) yang membujur dari Oceania, hingga ke negara Rusia, dan turun ke bawah di sepanjang pantai barat Amerika.

Beberapa contoh bentuk kerjasama Ekonomi Asia Pasifik yang sudah memasuki beberapa negara diantaranya : Chili, Kanada, Rusia, Peru, Mexico, Amerika, dan saat ini sedang dipertimbangkan untuk memasuki negara India.

GAMBAR PETA ASIA PASIFIK

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

PETA ASIA PASIFIK LENGKAP

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

PETA BUTA ASIA PASIFIK

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

PETA ASIA PASIFIK HITAM PUTIH

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

KERJA SAMA EKONOMI ASIA PASIFIK

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

APEC atau kepanjangan dari Asia Pacific Economic Cooperation merupakan forum ekonomi yang terdiri dari 21 negara di Lingkar Pasifik, yang bertujuan untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi, mendorong perdagangan bebas, serta bisa mempererat komunitas di seluruh kawasan Asia Pasifik.

Organisasi APEC sendiri didirikan pada tahun 1989 sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan interdependasi ekonomi Negara – Negara di Asia Pasifik dan lahirnya blok perdagangan lain di berbagai bagai – bagian lain di dunia.

Ketakutan akan N

egara Jepang yang mendominasi kegiatan ekonomi di kawasan Asia Pasifik dan untuk mendirikan pasar baru untuk produk agrikultural serta bahan mentah yang ada di luar Eropa.

Bermarkas di Singapura, APEC diakui sebagai suatu forum tertua dan blok multilateral tinggkat paling tinggi di kawasan Asia Pasifik serta memberikan suatu pengaruh global yang sangat signifikan.

KERJA SAMA EKONOMI ASIA PASIFIK (APEC)

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

Berikut adalah Negara – Negara yang tergabung dalam APEC dan struktur kepengurusannya yaitu :

Kantor pusat      : berada di Singapura

Keanggotaan     :  Brunei Darussalam, Kanada, Australia, Chili, Hong Kong, Tiongkok, Republik    Tiongkok, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Malaysia, Selandia Baru, Papua Nugini, Singapura, Filipina, Peru, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat.

Pemimpin           : diketuai oleh Peter O’neill

Direktur Eksekutif oleh Alan Bollard

Didirikan              : tahun 1989

Pertemuan tahunan pemimpin ekonomi APEC dihadiri oleh kepala pemerintahan dari seluruh Negara yang termasuk anggota APEC kecuali Negara Taiwan (yang diwakili oleh pejabat level menteri yang dimanai dengan Tionghoa Taipei sebagai selaku kepala ekonomi).

Lokasi pertemuan ini dirotasi pada tiap tahunnya diantara Negara yang termasuk anggota APEC dan sebagai suatu tradisi yang diikuti oleh hampir semua pertemuan, oleh setiap kepala pemerintahan yang hadir mengenakan pakian tradisional dari Negara tuan rumah.

APEC sendiri mempunyai tiga pengamat resmi yang terdiri dari Sekretariat Perhimpunan Bangsa – Bangsa Asia Tenggara, Sekretariat Forum Kepulauan Pasifik, dan Dewan Kerjasama Ekonomi Pasifik.

SEJARAH (APEC)

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

Berawal pada Januari tahun 1989, Perdana Menteri Australia bernama Bob Hawke mengusulkan untuk didirikannya sebuah kerja sama ekonomi yang lebih efektif untuk kawasan Asia Pasifik.

Hal ini kemudian berujung pada pertemuan pertama APEC yang berlangsung di ibukota Australia, Canberra yang diketuai oleh Menteri Luar Negeri Australia bernama Gareth Evans.

Rapat ini dihadiri oleh para menteri dari 12 negara dan berujung pada kesepakatan untuk mengadakan pertemuan tahunan untuk masa depan yang akan berlangsung di Singapura serta Korea Selatan.

Negara – Negara dari perhimpunan Bangsa – Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) menentang usulan awal, dan sebagai gantinya mengusulkan untuk Kaukus Ekonomi Asia Timur, yang tidak akan memasukkan Negara – Negara yang bukan termasuk Asia atau non-Asia.

Negara – Negara tersebut seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Namun usulan ini di tentang oleh Negara – Negara di kawasan Amerika, serta dikritik dengan pedas oleh Negara Jepang dan Amerika Serikat.

Pertemuan yang pertama pemimpin ekonomi APEC diadakan pada tahun 1993 ketika pada saat Amerika Serikat di pimpin oleh Bill Clinton.

Setelah berdiskusi dengan perdana menteri Australia bernama Paul Keating, mengundang para kepala pemerintahan dari Negara – Negara anggota untuk mengadiri pertemuan yang akan diadakan di Pulau Blake.

Clinton berharap hal ini akan menjadi lanjutan negosiasi Uruguay Round yang sedang terhambat. Dalam rapat tersebut, beberapa pemimpin menanyakan untuk kelanjutan pengurangan batasan – batasan dalam perdagangan dan investasi.

Serta menggagas visi dari sebuah komunitas di kawasan Asia Pasifik yang bisa mendorong kesejahteraan melalui sebuah kerja sama. Dan akhirnya didirikanlah pusat secretariat APEC yang berada di Singapura untuk mengkoordinadi kegiatan dari organisasi tersebut.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada tahun 1994 di Bogor Indonesia, para pemimpin APEC mengadopsi Bogor Goals (Tujuan Bogor) yang bertujuan untuk mendorong perdagangan serta investasi terbuka di Asia Pasifik yang akan dimulai tahun 2010 untuk ekonomi industry dan pada tahun 2020 untuk ekonomi berkembang.

Pada tahun 2005 APEC mendirikan sebuah badan penasihat bisnis yang bernama  ABAC (APEC Business Advisory Council) yang terdiri dari 3 eksekutif bisnis dari masing – masing Negara anggota.

Kemudian pada April 2001 APEC bekerja sama dengan 5 organisasi internasional diantaranya yaitu : Eurostat, OLADE, IEA, UNSD, DAN OPEC) untuk meluncurkan Latihan Data Gabungan Minyak (Joint Oil Data Exercise) dan pada tahun 2005 berubah menjadi Joint Organization Data Initiative atau biasa dikenal dengan JODI.

EKONOMI ANGGOTA

Saat ini APEC telah memiliki 22 anggota dan kebanyakan adalah Negara – Negara yang mempunyai garis pantai ke Samudera Pasifik. Meskipun begitu kriteria keanggotaan yaitu setiap dari anggota adalah lebih kepada ekonomi yang terpisah. Dibandingkan dengan sebuah Negara.

Sebagai hasilnya dalam menyebut anggotanya APEC memakai istilah ekonomi anggota, bukan Negara anggota hal ini dilakukan untuk merujuk kepada anggota – anggotanya.

Salah satu hasil dari kriteria ini ialah keanggotaan forum ini termasuk Taiwan secara resmi Republik Tiongkok, berpartisipasi menggunkan nama “Tionghoa Taipei” bersama dengan Republik Rakyat Tiongkok.

Beserta Hong Kong yang memasuki APEC sebagai koloni Britania, tapi  sekarang telah menjadi Daerah Administrasi Khusus Republik Rakyat Tiongkok. Selain itu APEC juga sudah mencakup 3 pengamat resmi, diantanya adalah ASEAN Forum Kepulauan Pasifik, dan Dewan Kerjasama Eonomi Pasifik.

IKLIM DI ASIA PASIFIK

PETA ASIA PASIFIK
PETA ASIA PASIFIK

Berdasarkan negara – negara yang berada di kawasan Asia Pasifik, Asia Pasifik sendiri memiliki berbagai macam iklim. Iklim juga sangat berpengaruh terhadap banyak hal yang ada di suatu kawasan tertentu. Dan iklim juga bisa mempengaruhi kebudayaan, politik maupun kehidupan masyarakat sehari – hari.

Berikut adalah penjelasan iklim di kawasan Asia Pasifik secara garis besarnya saja, ialah sebagai berikut :

  1. Australia

Kawasan Australia membentang melintasi tiga kawasan garis lintang yang sangat luas , yakni :

  • Kawasan beriklim Tropis (11o LS – 23O 30 LS)
  • Kawasan beriklim Subtropis (23o 30 – 35O LS)
  • Kawasan beriklim sedang (35o – 44o LS )

Hampir lebih dari sepertiga kawasan benua Australia terletak di kawasan tropis dan dua pertiga sisanya berada di kawasan beriklim subtropis dan beriklim sedang.

Sedangkan suhu udara tertinggi adalah berada di kawasan beriklim tropis dan suhu tersebut akan semakin berkurang panasnya apabila kita bergerak ke arah selatan menuju ke kawasan yang beriklim sedang.

Di kawasan Australia memiliki bermacam – macam iklim karena adanya kawasan – kawasan ini, bentang alam di negara Australia ini juga mempengaruhi keadaan serta menambah keberagaman iklim tersebut

Iklim –iklim yang terjadi di Australia antara lain yaitu :

  • Lembab – kering tropis
  • Subtropis – basah
  • Setengah gersang – tropis
  • Sedang – hangat – basah
  • Sedang – lembab – kering
  • Sedang – hangat – setengah gersang
  • Dingin – sedang (bersalju di musim dingin)
  • Gurun pasir
  1. Negara – negara Asia Pasifik yang ada di Asia Tenggara

Iklim yang ada di kawasan Asia Tenggara pada umumnya ialah memiliki iklim tropis yang disertai oleh curah hujan yang tinggi. Negara Indonesia sendiri berada di kawasan Asia Tenggara serta daerah katulistiwa, iklim yang terjadi di Indonesia dapat menggambarkan iklim – iklim yang terjadi di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri merupakan iklim hujan tropis bersama dengan beberapa negara lainnya di kawasan Asia Tenggara contohnya Kamboja, Laos, Thailand, Myanmar, dan sebagian wilayah Vietnam.

Sedangkan negara – negara lainnya mempunyai iklim sub-tropik basah. Iklim yang terjadi di kawasan Asia Tenggara sangat dipengaruhi oleh dua jenis angin yang sangat berpengaruh terhadap curah hujan. Dua jenis angin tersebut ialah :

  • Angin Muson Barat

Angin Muson Barat merupakan jenis angin yang mengallir dari Benua Asia pada saat musim dingin ke Benua Australia pada saat musim panas serta mengandung curah hujan yang banyak terjadi di kawasan Indonesia bagian Barat.

Hal itu disebabkan karena angin melewati tempat yang luas, seperti melewati perairan dan samudra.  Adapun perairan dan samudra yang dilewati adalah Laut China Selatan dan Samudra Hindia. Angin muson barat mengakibatkan Indonesia mengalami musim hujan.

  • Angin Muson Timur

Angin Muson Timur merupakan jenis angin yang mengalir dari Benua Australia pada saat musim dingin ke Benua Asia pada saat musim panas serta membawa sedikit curah hujan, sehingga menyebabkan musim kemarau di Indonesia bagian timur.

karena angin melewati celah – celah yang sempit dan berbagai gurun, diantaranya adalah gurun Australia Besar, gurun Gibson, dan gurun victoria). Hal ini juga yang menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau.

Sistem angin juga berkaitan dengan keadaan udara di suatu wilayah, sistem angin di kawasan Asia Tenggara bisa di jelaskan sebagai berikut :

  • Angin akan bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan lebih rendah
  • Apabila udara menjadi bertambah panas, udara akan mengembang sehingga tekanannya menjadi rendah.
  • Apabila udara menjadi bertambah dingin, udara menjadi berat sehingga tekanannya tinggi
  • Terjadi angin muson timur laut dan angin muson barat daya.
  • Angin topan bertiup di Vietnam dan Filipina terjadi pada bulan Juni – November
  • Angin yang bertiup dari samudera Pasifik ke barat mengakibatkan hujan lebat di pantai Vietnam dan juga di Filipina Utara.
  1. Negara – negara Asia Pasifik yang ada di Asia Timur dan Negara Rusia

Iklim yang terjadi di Semenanjung Korea atau Asia Timur berbeda jauh dari wilayah bagian utara sampai selatan. Wilayah selatan mempunyai iklim yang relatif hangat dan basah seperti iklim di kepulauan Jepang. Hal itu disebabkan oleh arus hangat seperti arus hangat Korea Timur (East Korea Warm Current).

Di kawasan Semenanjung Korea sebelah utara mengalami iklim yang lebih dingin dan dipengaruhi oleh iklim dari daratan Asia, sama hal nya seperti Manchuria. Curah hujan rata – rata per tahun yang terjadi di lembah sungai Yalu mencapai 600 mm.

Lebih sedikit dibandingkan dengan curah hujan tahunan yang terjadi di wilayah pesisir sebelah selatan, yaitu mencapai 1500 mm. Selain itu ada juga perbedaan suhu 20 oC terjadi pada bulan Januari (musim dingin) antara bagian selatan dan utara.

Seluruh bagian semenanjung secara umum dipengaruhi oleh pola iklim yang sama, seperti monsoon yang terjadi di kawasan Asia Timur pada tertengahan musim panas dan terkadang juga terjadi topan pada musim gugur. Sebagian besar hujan jatuh pada bulan – bulan musim panas.

Pada saat musim dingin suhu rata – rata pada bulan Januari di bawah minus derajat celcius, kecuali pulau Jeju. Sebagian besar kawasan semenanjung menerima hujan salju pada musim dingin. Beberapa tahun terakhir, sering terjadi pada musim semi dan jarang terjadi pada musim gugur.

Sedangkan di Semenanjung Korea menderita badai pasir kuning atau biasa dikenal dengan sebutan “Hwangsa” yang disebabkan oleh angin dari gurun gobi di daratan Cina, dan melanda sebagian besar Asia Timur Laut. Sedangkan berbeda dengan kawasan di Rusia, yang mengalami iklim Tundra yang sangat dingin.

  1. Negara – negara Asia Pasifik yang ada di Benua Amerika

Wilayah di Benua Amerika yang bersifat meridian, membuat kawasan benua ini mempunyai semua jenis iklim matahari. Berikut adalah jenis – jenis iklim yang terdapat di Benua Amerika yaitu :

  • Iklim Tropis

Iklim ini terdapat dikawasan Amerika Selatan, lebih tepatnya di kawasan Lembah Amazone di Brazil.

  • Iklim Subtropis

Iklim ini terdapat pada kawasan Amerika Serikat atau Amerika Utara dan di kawasan Argentina (Amerika Selatan).

  • Iklim Dingin

Iklim dingin ini terdapat di kawasan bagian utara , yaitu di Alaska (Amerika Serikat) serta bagian Utara Kanada

Selain itu, terdapat juga iklim kontinental pada bagian tengah benua, baik di wilayah selatan maupun di wilayah utara, Serta terdapat pula iklim laut di kawasan Amerika Tengah tepatnya di kepulauan Karibia dan di wilayah sepanjang pantai.

Demikian artikel tentang peta Asia Pasifik semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. sekian dan terimakasih

Peta Asia Pasifik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *