PETA BALI : Gambar Penjelasan Peta Bali, Sejarah, Kesenian, Budaya

Peta Bali – Kalian tentu pernah melihat peta Bali bukan? Pulau Bali merupakan tempat sangat cocok dan bagus sekali untuk liburan bersama keluarga ataupun untuk berbulan madu. Tempat wisata yang satu ini telah dilengkapi sarana serta fasilitas tingkat dunia (world class).

Pulau yang seirng disebut Pulau Dewata ini mempunyai banyak tempat wisata yang menawarkan sejuta keindahan yang wajib buat dikunjungi. Bila dilihat dari peta Bali, kawasan ini termasuk salah satu pulau di Indonesia yang berada di bagian timur pulau Jawa dengan ibu kota Denpasar.

Pulau ini lebih populer dengan sebutan pulau Dewata yang merupakan surganya tempat wisata. Terdapat banyak tempat wisata di pulau Bali yang sangat memesona buat dikunjungi. Inilah salah satu daya tarik bagi wisatawan asing ataupun lokal untuk mengunjungi pulau ini.

Penduduk pulau Bali sebagian besar merupakan pemeluk agama Hindu akan tetapi ada pula yang memeluk agama yang lain.

Selain menawarkan keindahan alamnya pulau Bali juga mempunyai kesenian serta kebudayaan yang beraneka ragam. Kesenian serta kebudayaan Bali ini sudah sangat populer hingga sampai ke penjuru dunia.

PETA BALI LENGKAP

peta bali lengkap

GAMBAR PETA BALI LENGKAP

gambar peta bali lengkap

PETA BALI BESERTA KONDISI GEOGRAFI

gambar peta bali lengkap dan kondisi geografi

SEJARAH PULAU BALI

sejarah bali

Dari peta Bali kita dapat mengetahui bahwa Pulau ini merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang berada di bagian timur pulau Jawa.

Selain pulau Bali sendiri, dari peta Bali kita juga dapat melihat jika wilayah Propinsi Bali juga terdiri dari kepulauan kecil yang letaknya tersebar di sekitar pulau Bali.

Seperti Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Penida, Pulau Serangan serta Pulau Nusa Ceningan. Pulau- pulau kecil, tersebut juga terkenal sebagai tempat tujuan para turis. Terlihat dari peta Bali jika Pulau ini terdapat di antara Pulau Lombok dan Pulau Jawa dengan ibu kota Denpasar.

Kebanyakan masyarakat pulau Bali merupakan pemeluk agama Hindu dengan Pura sebagai tempat ibadahnya. Bagi dunia pulau ini terkenal sebagai tempat tujuan pariwisata yang mempunyai berbagai keistimewaan dari segi seni serta budaya.

Banyak turis asing yang senang mengunjungi pulau ini terutama turis Australia dan Jepang. Pulau Bali sudah dihuni bangsa dari Austronesia serta Taiwan sekitar tahun 2000 sebelum Masehi dengan cara migrasi melalui Maritime Asia Tenggara.

Bahasa serta budaya dari orang Bali berkaitan erat dengan orang – orang dari kepulauan Indonesia, Filipina, Malaysia, serta Oseania. Alat- alat batu yang berasal dari era itu telah ditemukan di desa Cekik barat pulau Bali.

LETAK DAN LUAS WILAYAH BALI

LETAK DAN LUAS WILAYAH BALI

Pulau Bali terletak diantara pulau Jawa dan pulau Nusa Tenggara Barat. Pulau Bali mempunyai luas wilayah sebesar 5.636 km2. Pulau bali di bagian timur berbatasan dengan Selat Lombok serta Pulau Nusa Tenggara.

Dan bagian barat berbatasan dengan Selat Bali dan Provinsi Jawa Timur. Sedangkan di bagian utara berbatasan dengan Laut Bali dan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

IKLIM DI BALI

iklim di bali

Pulau Bali dikenal sebagai surga tropis yang ada di Indonesia. Iklim di Bali yaitu iklim tropis dimana pergantian musimnya di pengaruhi oleh angin musim yang berubah setiap enam bulan sekali.

Sama seperti musim yang terjadi di Indonesia pada umumnya karena bali merupakan bagian dari Indonesia. Provinsi Bali mengalami musim penghujan pada bulan oktober hingga bulan april dan mengalami musim kemarau mulai dari bulan april hingga bulan oktober.

Untuk curah hujan rata – rata yang terjadi di bali adalah 127 mm/bulan. Dan untuk temperature udaranya bervariasi mulai dari 240 hingga 380 celcius.

KONDISI TOPOGRAFI BALI

kondisi topografi bali

Secara umum kondisi topografi di Bali juga bervariasi mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, pantai dan pegunungan. Pegunungan di bali membentang mulai dari wilayah barat hingga timur pulau bali.

Terdapat beberapa gunung yang masih aktif yang ada di bali, seperti contohnya gunug agung, gunung abang, gunung batur, dan gunung batukaru tinggi. Dan sebagian besar masyarakat Bali yang memeluk agama Hindu mempercayai bahwa gunung agung sebagai gunung suci.

Selain gunung, kondisi topografi Bali juga ditandai dengan adanya empat danau besar. Danau ini bahkan berada di tengah pulau. Danau – danau ini antara lain yaitu danau beratan atau yang biasa dikenal dengan danau bedugul, danau buyan, danau batur, dan danau tamblingan.

PULAU YANG ADA DI BALI

pulau yang ada di bali

Pulau Bali tidak hanya terdiri dari satu pulau besar saja, namun juga beberapa pulau – pulau kecil di sekelilingnya. Diantara pulau – pulau kecil yang terkenal di Bali antara lain yaitu pulau nusa lembongan, pulau nusa penida, dan beberapa pulau lainnya.

Dengan kekayaan geografis tersebut tak heran jika bali selalu menjadi salah satu tempat favorite destinasi wisatawan, karena Bali juga seolah tak pernah habis untuk dieksplor.

KESENIAN TARI BALI

kesenian tari di bali

Bagi para turis kesenian Bali mempunyai keistimewaan dan daya tarik tersendiri. Pulau Dewata ini selalu memberikan pesonanya kepada siapa saja yang datang mengunjunginya. Terdapat beberapa macam jenis tarian populer yang berasal dari Bali antara lain yaitu :

  1. Tari Pendet

Pada awalnya tari Pendet merupakan jenis tari pemujaan yang banyak dilakukan( diperagakan) di pura. Tarian ini sebagai tanda penyambutan atas turunnya para dewa ke alam dunia.

Seiring dengan kemajuan zaman seniman Bali mengganti tarian Pendet menjadi “ucapan selamat datang”. Jenis tarian ini dilakukan oleh para gadis dengan pola gerak yang sangat dinamis.

  1. Tari Panji Semirang

Merupakan tarian tunggal yang menggambarkan pengembaraan dari seorang pria yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler sekitar tahun 1942.

Tarian ini menerangkan seorang putri raja yang bernama Galuh Candrakirana yang mengembara dengan menyamar jadi laki – laki dengan julukan Raden Panji. Tari Panji Semirang ditarikan oleh wanita dengan penampilan seperti laki – laki.

  1. Tari Condong

Jenis tarian ini mempunyai durasi yang panjang dan cukup sulit untuk ditirukan (diragakan). Tari Condong termasuk tarian klasik Bali dengan gerakan yang sangat kompleks yang mengilustrasikan abdi raja. Meskipun sangat sulit untuk diperagakan tetapi jenis tarian yang satu ini paling disukai oleh penikmat seni tari.

  1. Tari Kecak

Pulau Bali ternyata tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya saja tetapi beraneka ragam jenis budaya yang sangat mempesona. Salah satunya yaitu kesenian tari Kecak yang mengilustrasikan cerita pewayangan khususnya Ramayana.

Baca JUga : Peta Jakarta

Tari Kecak merupakan bentuk kesenian tradisional yang berupa seni drama tari khas dari pulau Bali. Tarian ini di ciptakan oleh seniman Bali bernama Wayan Limbak bersama Walter Spies (pelukis Jerman) pada tahun 1930.

ADAT BALI

adat di bali

Sebagian besar masyarakat Bali memeluk agama Hindu, akan tetapi tidak berpengaruh kepada masyarakat lain yang memeluk agama selain Hindu.

Mereka  dapat hidup secara berdampingan, rukun, saling menghormati serta gotong royong. Berikut ini beberapa jenis upacara yang sering dilakukan oleh masyarakat Bali :

  1. Pernikahan

Seperti daerah lain yang terdapat di Indonesia Bali juga mempunyai adat pernikahan sendiri. Adat ini secara turun temurun telah diwariskan dari zaman nenek moyang mereka. Untuk acara pernikahan ini terdapat beberapa upacara adat yang harus dilewati, yaitu :

  • Upacara Ngekep: Upacara persiapan calon mempelai perempuan dari masa remaja sampai menjadi istri serta ibu rumah tangga.
  • Mungkah Lawang (Buka Pintu): Adat mengetuk pintu rumah mempelai perempuan sebanyak 3 kali.
  • Masegehagung: Upacara selamat datang dari mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan.
  • Madengen-dengen: Bertujuan untuk membersihkan diri (mensucikan) kedua calon mempelai dari energi negatif.
  • Mewidhi Widana: Merupakan kegiatan penyempurnaan dari pernikahan adat Bali.
  • Mejauman Ngabe Tipat Bantal: Upacara pamitan kepada keluarga mempelai perempuan karena sudah sah menjadi keluarga besar suaminya.

Semua bentuk upacara perkawinan diatas hingga kini ini masih dilestarikan. Masyarakat Bali dari dulu memang terkenal taat serta menjunjung tinggi nilai agama. Seluruhnya itu mereka wujudkan dalam tindak tanduk dan perilaku sehari-sehari.

  1. Upacara Potong Gigi

Upacara ini merupakan upacara yang harus dilakukan oleh perempuan serta laki-laki yang beranjak dewasa. Untuk perempuan ditandai dengan datangnya haid sedangkan untuk laki-laki ditandai dengan membesarnya pita suara.

Potong gigi ini hanya merapikan 6 gigi rahang atas dengan tujuan untuk menghilangkan 6 sifat kurang baik pada diri seseorang.

  1. Upacara Kematian

Masyarakat pulau Bali menggelar upacara kematian pada saat ada kerabat yang meninggal dunia. Upacara kematian ini terkenal dengan sebutan Ngaben, yakni upacara pembakaran untuk orang yang meninggal dunia.

Inti dari upacara Ngaben ini untuk mengembalikan arwah orang yang meninggal dunia (arwah leluhur) kembali ke tempat asalnya.

SUKU DI BALI

suku di bali

Suku Bali merupakan salah satu dari sekian banyak suku bangsa yang terdapat di Indonesia yang memberikan keunikan tersendiri. Memberikan kebudayaan yang berbeda menjadikan pulau Bali banyak di kenal oleh seluruh masyarakat baik lokal maupun mancanegara.

Pada zaman dulu ada sebuah kerajaan yang menguasai seluruh pulau Bali dan mengembangkan kebudayaan Hindu. Dalam bahasa Bali, suku bali di sebut anak bali, wong bali, atau krama bali merupakan etnis yang mendiami pulau bali.

Secara garis besar, masyarakat bali mewariskakn kebudayaan secara turun temurun sehingga tetap terjaga hingga saat ini.

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar, dan setiap provinsinya mempunyai suku bangsa dengan karakteristik masing – masing yang berbeda.

Pulau Dewata ini salah satu contohnya yang mempunyai suku dengan ciri khas yang tidak di miliki oleh suku lain. Adapun nama – nama suku yang ada di bali adalah :

  • Suku Bali Aga

Suku ini berada di daerah kintamani dan karangasem. Suku Bali Aga merupakan salah satu subsuku bangsa bali yang menganggap mereka sebagai penduduk pulau Bali yang asli.

Bali Aga juga disebut sebagai Bali pegunungan dimana sejumlah sukunya berada di desa Trunyan. Masyarakat menganggap mereka yang tinggal di sini sebagai orang gunung yang bodoh, karena berada di daerah pegunungan wilayah pedalaman.

  • Suku Bali Majapahit

Suku merupakan suku yang berasal dari pendatang Jawa pada masa kerajaan Majapahit. Sebagian besar tinggal di pulau Bali khususnya di dataran rendah dengan mata pencaharian bercocok tanam di sawah.

Masyarakat ini memeluk agama hindu dan menjadi salah satu pengaruh dari sejarah suku di Bali. Memiliki penduduk lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang mendiami daerah pesisir pantai.

GAMELAN BALI

gamelan bali

Seperti halnya daerah lain di Indonesia Bali juga mempunyai alat musik( gamelan) tersendiri. Tetapi gamelan di Bali ini mempunyai perbedaan sendiri bila dibandingkan dengan gamelan daerah lain. Salah satu perbedaan itu yaitu ritme pada gamelan Bali dimainkan dengan ritme yang cepat.

Rindik merupakan salah satu alat musik tradisional dari masyarakat Bali yang dibuat dari beberapa potongan bambu pilihan.

Sehingga membuat rindik ini tidak gampang pecah dan menghasilkan suara yang bagus. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat tabuh secara ganti- gantian hingga menghasilkan suara merdu.

Baca Juga : Peta Indonesia

KENDARAAN DI BALI

kendaraan bali

Anda akan lebih mengenal pulau Bali ketika anda mengetahui apa saja kendaraan yang ada di pulau Bali. Pada umumnya, bus dan taksi merupakan kendaraan umum yang disediakan untuk pengunjung. Di pulau Bali sendiri ada beberapa jenis kendaraan transportasi yang bisa anda manfaatkan diantaranya :

  • Bemo

Di pulau ini, anda masih bisa menjadikan bemo sebagai angkutan umum sebagai alternative jika ingin pergi ke suatu tempat.

Namun jika anda tidak bisa menemukan kendaraan tersebut, anda juga masih bisa menggunakan kendaraan lain berupa angkot yang melayani transportasi dalam kota maupun antar kota.

  • Dokar

Dokar merupakan jenis kendaraan yang memanfaatkan kekuatan kuda untuk menariknya. Perjalanan wisata di bali tentu akan menjadi lebih berkesan apabila anda menggunakan kendaraan satu ini.

  • Ojek

Untuk melewati jalan yang sempit dan berliku yang hanya bisa di lalui oleh roda dua, anda bisa memanfaatkan jasa ojek di pulau bali. Sebagian bisa anda temui di pangkalan, namun sebagian lainnya bisa anda akses melalui internet atau yang lebih dikenal  dengan ojek online.

  • Bus

Bus yang ada di pulau ini memiliki beberapa jurusan seperti antar pedesaan, antar kota, dan antar provinsi. Tetapi ada juga jenis bus seperti trans sarbagita yang khusus melayani dengan 2 koridor berbeda untuk menuju ke beberapa tempat wisata seperti GWK, batu bulan, nusa dua dan yang lainnya.

  • Taksi

Untuk perjalanan yang lebih pribadi, anda juga bisa menggunakan kendaraan taksi yang tersedia di bali. Kendaraan taksi ini bisa anda pesan secara konvensional maupun secara online karena sebagian sudah berbasis aplikasi smartphone.

  • Komotra

Jenis kendaraan yang satu ini memang dirancang khusus untuk di gunakan di tempat – tempat wisata tertentu. Komotra merupakan layanan kendaraan berupa bus yang bisa digunakan untuk ke tempat wisata utama pantai kuta dan tempat wisata lain yang ada di pulau bali.

PILIHAN WISATA DI BALI

pilihan wisata di bali

Berkunjung di pulau Bali tidak bisa lepas dari pariwisata di pulau ini. Ketika sebagian orang ditanya tentang pulau bali, tentu mereka akan menyebutkan nama tempat wisata yang pernah mereka kunjungi.

Dibalik budaya serta adatnya yang terkenal sakral, ada banyak pilihan tempat wisata di pulau ini, diantaranya mulai dari pantai kuta, Ubud, pura Tanah Lot, dan yang lainnya.

Sebagian tempat wisata utama, pantai kuta merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Beberapa daerah di sekitar pantai kuta juga mempunyai daya tarik tersendiri yang tak kalah dengan tempat – tempat lain.

Seperti contohnya di daerah Legian dan Seminyak. Di pusat kota, anda juga bisa mengunjungi Ubud, sebelah timur dan selatan kota juga mempunyai pesona Sanur serta Jimbaran secara berurutan.

Jika anda ingin menikmati musim kemarau di iklim tropis, anda bisa berkunjung di banyak pilihan pantai yang ada di pulau bali.

Diantaranya pantai – pantai yang bisa anda kunjungi adalah pantai kuta, pantai pandawa, pantai padang – padang, pantai lovina serta masih banyak lagi tempat wisata bali yang belum tereksplor yang masih alami serta belum banyak wisatawan tahu.

Selain beberapa tempat wisata diatas masih banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi, seperti yaitu : pura tanah lot, danau beratan bedugul, garuda wisnu kencana, uluwatu, pura besakih, munduk, ubud, kintamani, tulamben, pulau menjangan serta masih banyak lagi.

Untuk wisata khusus anak, bali juga menyediakan berbagai tempat wisata seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, tempat penagkaran kura – kura dan masih banyak lagi.

Memang tidak ada habisnya jika membahas tentang pulau Bali yang mempunyai segala keindahan alam di tambah dengan budayanya.

Tidak mengherankan jika pulau Dewata ini menjadi tempat favorite wisatawan lokal maupun mancanegara. Sampai di sini dulu ulasan mengenai pulau bali semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua, sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Peta Papua

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply