Peta Bandung Lengkap Beserta Gambar dan Penjelasanya

Peta Bandung – Kota Bandung saat ini merupakan salah satu kota metropolitan dengan populasi terbesar di Jawa Barat, sekaligus sebagai ibu kota Provinsi Jabar.

Dilihat pada peta Bandung, kota ini berada di sebelah tenggara ibu kota Jakarta. Selain kota Bandung juga ada kabupaten Bandung yang ibu kota kabupatennya berada di Soreang. Bandung populer sangat indah, dengan pemandangan sekelilingnya yang berupa pegunungan.

Dikenal sebagai kota bunga karena banyak bunga serta pepohonan yang tumbuh subur di Bandung. Komposisi masyarakat kota Bandung mayoritas merupakan etnis Sunda sebagai masyarakat asli Jawa Barat, setelah itu diikuti etnis Jawa baru etnis minoritas lainnya.

Kota Bandung termasuk kota tua yang sudah ada sejak zaman penjajahan, di kota ini tercatat berbagai sejarah penting terjadi. Sebuah peristiwa penting tingkat dunia juga terjadi di kota ini yakni Konferensi Asia Afrika.

Untuk lebih jelasnya akan diulas mengenai kota Bandung mulai dari sejarah sampai kecamatan yang terdapat di wilayah Bandung.

Gambar Peta Bandung

peta bandung

Peta Bandung Lengkap

peta bandung

Peta Buta Bandung

peta bandung

Peta Kota Bandung

peta bandung

Peta Bandung Hitam Putih

peta bandung

Sejarah Bandung

peta bandung

Jawa Barat dahulu dikenal sebagai bumi Priangan, sudah jaya mulai zaman kerajaan Pajajaran serta masa kerajaan Mataram.

Kemudian setelah itu pada 20 April 1641 Mataram membenahi kembali wilayah mereka dengan membentuk 4 kabupaten serta salah satunya yaitu kabupaten Bandung.

Setelah kepemimpinan Sultan Agung berakhir karena beliau wafat, Mataram semakin melemah karena permasalahan internal serta eksternal.

Mengakibatkan kekuasaan jatuh ke tangan Republik Batavia, serta segala urusan pemerintahan di bawah kendali mereka.

Pada tanggal 25 September 1810, Bupati Bandung R. A Wiranatakusumah IV membangun kota Bandung sebagai ibu kota kabupaten Bandung.

Dengan tata kota tradisional yakni membangun pendopo di bagian selatan alun – alun Bandung, dengan arah menghadap gunung Tangkuban perahu.

Sedangkan masjid agung (kini masjid Raya Bandung) dibangun di bagian barat alun – alun. Pada tanggal 1 Maret 1906 menetapkan peningkatan status kota Bandung menjadi pemerintahan kota.

Jadi sejak saat kota Bandung resmi dilepas dari kabupaten Bandung, berdiri sebagai pemerintahan sendiri yakni kota Bandung.

Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan permukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia Belanda, melalui Gubernur Jenderalnya saat itu Herman Willem Daendels, mengeluarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810 mengenai pembangunan sarana serta infrastruktur untuk wilayah ini.

Dikemudian hari peristiwa ini diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung. Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal J. B. van Heutsz pada tanggal 1 April 1906.

Dengan luas wilayah saat itu kurang lebih 900 ha, serta bertambah menjadi 8. 000 ha pada tahun 1949, hingga terakhir bertambah menjadi luas wilayah saat ini.

Pada masa perang kemerdekaan, pada 24 Maret 1946, sebagian kota ini dibakar oleh para pejuang kemerdekaan sebagai bagian dalam strategi perang saat itu.

kejadian ini dikenal dengan nama Bandung Lautan Api serta diabadikan dalam lagu Halo – Halo Bandung. Tidak hanya itu kota ini kemudian ditinggalkan oleh sebagian penduduknya yang mengungsi ke wilayah lain.

Geografis Bandung

peta bandung

Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa, secara geografis kota ini terdapat di tengah – tengah provinsi Jawa Barat, dan berada pada ketinggian±768 meter di atas permukaan laut.

Dengan titik tertinggi  terletak di bagian utara dengan ketinggian 1. 050 m di atas permukaan laut serta bagian selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 m di atas permukaan laut.

Kota Bandung dialiri 2 sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung serta Sungai Citarum beserta anak – anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan serta bertemu di Sungai Citarum.

Dengan kondisi yang seperti itu, Bandung selatan sangat rentan terhadap permasalahan banjir terutama pada musim hujan.

Kondisi geologis serta tanah yang ada di kota Bandung dan sekelilingnya terbentuk pada zaman kwartier serta memiliki lapisan tanah alluvial hasil letusan Gunung Tangkuban Parahu.

Jenis material di bagian utara umumnya merupakan jenis andosol begitu juga pada wilayah dibagian tengah serta barat, sedangkan wilayah dibagian selatan dan timur terdiri atas sebaran jenis alluvial kelabu dengan bahan endapan tanah liat.

Semetara iklim kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab serta sejuk, dengan suhu rata – rata 23. 5°C, curah hujan rata – rata 200. 4 milimeter serta jumlah hari hujan rata – rata 21. 3 hari per bulan.

Wilayah Bandung

peta bandung

Bandung terdiri dari 2 pemerintahan yakni kota Bandung serta Kabupaten Bandung, letaknya saling berhimpitan bila anda lihat pada peta Bandung. Keduanya membawahi beberapa kecamatan yang terdapat di wilayah masing – masing dengan dipimpin Walikota untuk kota Bandung serta Bupati untuk kabupaten.

Berikut penjelasan wilayah yang terdapat di masing – masing wilayah Bandung yang bisa dilihat juga pada peta Bandung :

  • Kota Bandung

Kota Bandung terdiri dari 30 area kecamatan yang dipandu oleh Camat serta 68 kelurahan yang dipandu oleh Lurah. Perihal ini bersumber pada peraturan Wilayah Kota Bandung No 06 tahun 2008 serta no 06 tahun 2006.

Bermuatan mengenai pergantian serta pemekaran serta pembuatan area kegiatan Kecamatan serta kelurahan di area Kota Bandung.

  • Kabupaten Bandung

Untuk Kabupaten Bandung membawahi 31 kecamatan yang terdapat di wilayahnya. Dengan luas wilayah mulai dari 2. 322 hektar hingga paling luas yaitu 20. 243 hektar.

Itulah kecamatan serta kelurahan yang berada di dalam wilayah Bandung, untuk letaknya secara geografis anda dapat melihatnya pada peta Bandung. Dengan melihat peta anda akan mengetahui batas – batas pada tiap – tiap wilayah yang terdapat di Bandung.

Kependudukan Bandung

peta bandung

  • Tahun 1941 Jumlah penduduk 877
  • Tahun 1950 Jumlah penduduk 475
  • Tahun 2005 Jumlah penduduk 315. 895
  • Tahun 2006 Jumlah penduduk 340. 624
  • Tahun 2007 Jumlah penduduk 364. 312
  • Tahun 2008 Jumlah penduduk 390. 120
  • Tahun 2010 Jumlah penduduk 394. 873

Kota Bandung merupakan kota terpadat di Jawa Barat, di mana penduduknya didominasi oleh suku Sunda, sedangkan suku Jawa merupakan masyarakat minoritas terbesar di kota ini dibanding suku yang lain.

Pertambahan penduduk kota Bandung awalnya berhubungan erat dengan terdapat alat transportasi Kereta api yang dibangun sekitar tahun 1880 yang menghubungkan kota ini dengan Jakarta (sebelumnya bernama Batavia).

Pada tahun 1941 tercatat sebanyak 226. 877 jiwa jumlah penduduk kota ini kemudian setelah kejadian yang dikenal dengan Long March Siliwangi, penduduk kota ini kembali meningkat di mana pada tahun 1950 tercatat jumlah penduduknya sebesar 644. 475 jiwa.

Perekonomian Bandung

peta bandung

Pada awalnya kota Bandung sekitarnya secara tradisional merupakan wilayah pertanian, akan tetapi seiring dengan laju urbanisasi menjadikan lahan pertanian menjadi kawasan perumahan dan kemudian berkembang menjadi kawasan industri serta bisnis, sesuai dengan transformasi ekonomi kota umumnya.

Sektor perdagangan serta jasa saat ini memainkan peranan penting akan perkembangan ekonomi kota ini disamping terus bertumbuhnya sektor industri.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Daerah (Suseda) 2006, 35. 92% dari total angkatan kerja penduduk kota ini terserap pada sektor perdagangan, 28. 16% pada sektor jasa serta 15. 92% pada sektor industri.

Sedangkan sektor pertanian hanya menyerap 0. 82%, sedangkan sisa 19. 18% pada sektor angkutan, bangunan, finansial dan lainnnya.

Pada triwulan I 2010, kota Bandung serta sebagian besar kota lain di Jawa Barat mengalami kenaikan laju inflasi tahunan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Sebagai faktor pendorong inflasi bisa dipengaruhi oleh kebijakan moneter, yang berupa interaksi permintaan – penawaran dan ekspektasi inflasi masyarakat. Walaupun secara totalitas laju inflasi pada kota Bandung masih relatif terkendali.

Hal ini terutama disebabkan oleh deflasi pada kelompok sandang, yakni penurunan harga emas perhiasan. Sebaliknya, inflasi Kota Bandung mengalami tekanan yang berasal dari kelompok transportasi, yang dipicu oleh kenaikan harga BBM non subsidi yang dipengaruhi oleh harga minyak bumi di pasar internasional.

Sementara itu yang menjadi Pemasukan Asli Daerah (PAD) kota Bandung masih didominasi dari pendapatan hasil pajak daerah serta retribusi daerah, sedangkan dari hasil perusahaan milik daerah ataupun hasil pengelolaan kekayaan daerah masih belum sesuai dengan realisasi.

Infrastruktur Bandung

peta bandung

Sampai tahun 2000 panjang jalan di kota Bandung secara keseluruhan baru mencapai 4. 9% dari keseluruhan luas wilayahnya dengan posisi idealnya mesti berada pada kisaran 15- 20%.

Pembangunan jalan baru, peningkatan kapasitas jalan serta penyusunan wilayah mesti menjadi perhatian buat pemerintah kota untuk menciptakan kota ini menjadi kota terkenal.

Pada 25 Juni 2005, jembatan Pasupati resmi dibuka, untuk mengurangi kemacetan di pusat kota, serta menjadi landmark baru untuk kota ini.

Jembatan dengan panjangnya 2. 8 kilometer ini dibangun pada daerah lembah dan melewati Ci Kapundung serta dapat menghubungkan poros barat ke timur di wilayah utara kota Bandung.

Kota Bandung berjarak sekitar 180 kilometer dari Jakarta melalui Cianjur, Pucuk serta Bogor, saat ini dapat dijangkau melalui jalan Tol Cipularang (Cikampek – Purwakarta – Padalarang) yang hanya berjarak kurang lebih 150 kilometer dengan waktu tempuh antara 1. 5 jam hingga dengan 2 jam.

Jalan tol ini merupakan pengembangan dari jalan Tol Padaleunyi (Padalarang – Cileunyi), yang telah dibangun sebelumnya.

Kota Bandung juga mempunyai sebuah pelabuhan udara yang bernama Bandar Udara Husein Sastranegara untuk menghubungkan kota ini dengan beberapa kota – kota yang lain di Indonesia.

Seperti Jakarta, Denpasar, Menado, Surabaya, Yogyakarta, Batam, Mataram, Makassar, Palembang, Bandar Lampung, Pangkalpinang, Semarang, serta Medan.

Sedangkan untuk rute luar negeri antara lain Malaysia, Singapura, Thailand serta Brunei Darussalam. Kapasitas Terminal Airport yang tadinya hanya dapat menampung 600. 000 penumpang pertahun, saat ini dapat menampung hingga 3, 4 juta penumpang pertahun.

Yang terdiri dari terminal domestik serta terminal internasional. Sebelum terminal bandara ini dikembangkan, layanan penumpang keberangkatan ataupun kedatangan domestik serta internasional dilayani dalam satu terminal.

Kesehatan Bandung

peta bandung

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, kota Bandung mempunyai sarana pelayanan kesehatan yang sangat lengkap di provinsi ini.

Hingga tahun 2007, kota Bandung telah mempunyai 30 unit rumah sakit serta 70 unit puskesmas yang tersebar di kota ini, di mana dari 17 unit rumah sakit itu diantaranya telah mempunyai 4 pelayanan kesehatan dasar sedangkan selebihnya merupakan rumah sakit khusus.

Pelayanan kesehatan dasar itu meliputi pelayanan spesialis bedah, pelayanan spesialis penyakit dalam, pelayanan spesialis anak dan pelayanan spesialis kebidanan serta kandungan.

Dari jumlah tenaga medis yang terdaftar di kota Bandung dibandingkan dengan jumlah penduduk pada tahun 2007 yaitu 86 orang tenaga medis untuk melayani 100. 000 masyarakat.

Tempat – Tempat Wisata di Bandung

peta bandung

Berhubungan dengan letak geografis Bandung yang terletak di wilayah pegunungan maka salah satu andalannya yaitu wisata alam.

Banyak sekali objek wisata alam yang di tawarkan kepada wisatawan, mulai dari gunung Tangkuban Perahu di Lembang. Wisata air panas di Ciater, dan perkebunan teh yang dapat mendamaikan pandangan mata anda.

Serta masih banyak sekali objek wisata alam yang dimiliki Bandung, namun tidak dapat disebutkan satu per satu. Pengelolaan yang maksimal juga telah dilakukan oleh pemerintah ataupun investor swasta untuk menghasilkan sebuah tempat wisata dalam kota yang bisa menghibur para wisatawan.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang populer di Bandung diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Upside Down World

Tempat yang memberikan pengalaman seru serta unik dengan menginjak dindik alias langit – langit dalam rumah. Tempatnya terdapat di Jalan. H. Washid Nomor. 31, Coblong Bandung.

  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman ini mempunyai beberapa spot menarik buat dikunjungi. Tidak hanya suasana asri karena keanekaragaman tumbuhannya, dalam taman ini juga terdapat 2 gua yang menjadi sejarah. Yakni gua Belanda serta Jepang.

Bila Kamu suka melakukan hiking, ada juga beberapa track hiking menuju tempat lain. Seperti Curug Omas, Tebing Keraton, dan Penangkaran rusa.

  1. Jalan Braga

Gedung – gedung di sekitar Braga masih memberikan pesona tersendiri bagi para wisatawan. Peninggalan zaman Belanda ini masih berdiri kokoh serta bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Anda bisa menikmati berbagai fasilitas sepanjang jalan Braga sambil melihat peninggalan sejarah berupa bangunan tua. Banyak spot menarik untuk diabadikan dalam gambar.

Keunggulan Kota Bandung

peta bandung

Berhubungan dengan letak geografis, sejarah masa lampau serta semua yang melibatkan Bandung menjadi daya tarik tersendiri untuk wilayah ini. Banyak hal yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bandung. Diantaranya yaitu :

  1. Nilai Sejarah

Sudah banyak yang mengenal Bandung sebagai kota penuh historis, dunia internasional mengenal Bandung sebagai ibu kota Asia Afrika.

Karena Konferensi pertama diadakan di Bandung. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri serta semakin penasaran dengan Bandung, yang sempat dibumi hanguskan saat masa penjajahan.

  1. Iklim Yang Bersahabat Bandung

Daya tarik utama Bandung yaitu iklimnya yang dingin sangat cocok buat wisatawan yang ingin melepas penat.

Walaupun saat ini dinginnya tidak lagi sedingin masa lampau, namun tetap lebih dingin dibanding dengan luar kota Bandung. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bandung.

  1. Wisata Kuliner

Setiap daerah selalu mempunyai makanan khas yang dapat dijadikan tujuan wisata kuliner. Begitu juga dengan Bandung yang mempunyai beraneka ragam jenis makanan. Semua makanan enak dan dijual dengan harga terjangkau mulai dari di restoran hingga di kaki lima.

  1. Wisata Fashion

Dikenal Paris Van Java oleh dunia internasional, sangat pantas untuk Bandung yang mempunyai pemandangan indah serta kiblat fashion Indonesia.

Banyak Factory Outlet yang terdapat disana yang menawarkan desain istimewa dengan harga ekonomis. Menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan untuk berbelanja.

  1. Harga Murah

Harga ekonomis memang telah melekat pada Bandung, mulai harga makanan, pakaian serta barang-barang yang lain memang lebih ekonomis dari daerah lainnya.

Wisatawan mancanegara Malaysia khususnya, suka berbelanja di pasar Baru dalam partai besar.

  1. Budaya Lokal

Budaya lokal yang mendunia yang dimiliki Bandung adalah alat musik angklung. Alat musik tradisional ini telah dikenal luas di dunia internasional, serta diakui sebagai kekayaan budaya oleh UNESCO.

Selain itu juga ada tari jaipong, wayang golek, serta bermacam kesenian yang lain. Keramahtamahan masyarakat lokal juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply