PETA BELANDA : Sejarah, Geografis, Iklim, Bahasa, Demografi, Kota

Peta Belanda – Merupakan sebuah Negara Kerajaan Belanda, yang terdiri dari 12 Provinsi yang berada di Eropa Barat Laut, dan tiga pulau berada di Karibia.

Kata Belanda dalam bahasa Indonesia adalah pinjaman yang cacat dari kosakata Portugis yaitu holanda, bolanda, olanda, wolanda, serta terakhir menjadi belanda.

Negara Belanda di sebelah utara berbatasan dengan Laut Utara, Belgia di sebelah selatan, dan  Jerman  di sebelah timur, serta berbagi perbatasan bahari dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya (Inggris).

Belanda menganut demokrasi parlementer yang disusun sebagai Negara Kesatuan. Ibukota Belanda adalah Amsterdam, sebaliknya pusat pemerintahan, serta peran monarkinya terletak di Den Haag.

Belanda sebagai totalitas sering kali disebut dengan (Holland), meskipun Holland Utara, dan selatan hanyalah 2 dari 12  Provinsinya. Nama resmi dari Belanda adalah Kerajaan Belanda.

Belanda merupakan sebuah Negara Monarki Konstitusional yang berada di Benua Eropa, Negara yang dipimpin oleh seorang Raja ini mempunyai luas Negara mencapai 41.543 Km² dan jumlah penduduk Negara Belanda sebanyak 17.016.967 jiwa.

Etnis Belanda atau Duch merupakan etnis mayoritas yang berada di Negara Belanda, bahasa resmi yang digunakan Belanda adalah bahasa Belanda (Dutch).

Belanda merupakan satu dari sedikit Negara awal yang mempunyai parlemen terpilih, serta Negara ini merupakan badan pendiri Uni Eropa, NATO, G- 10, WTO, OECD, serta partisipan perserikatan ekonomi tripiha Beneluks.

Belanda merupakan salah satu Negara yang sempat menguasai Indonesia, serta baru mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember tahun 1949, tetapi saat ini membenarkan Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus tahun 1945.

Pada tahun 2011, Belanda sempat mencapai peringkat kesepuluh pendapatan perkapita paling tinggi di dunia.

Belanda adalah salah satu Negara yang terpadat di dunia. Negara Belanda pula populer akan tanggul (dijk), terompa kayu, kincir angin, tulip, serta masyarakatnya yang terbuka, serta bebas.

GAMBAR PETA BELANDA

PETA BELANDA

PETA BELANDA LENGKAP

Peta Belanda

PETA BUTA BELANDA

Peta Buta Belanda

PETA PULAU BELANDA

Peta Pulau Belanda

PETA BELANDA HITAM PUTIH

Peta Belanda Hitam Putih

SEJARAH

Sejarah belanda

Di bawah Pemerintahan Karel V (Kaisar Romawi Bersih, serta Raja Spanyol) area ini (saat ini Belanda) adalah salah satu dari 17 daerah Belanda, adalah wilayah yang mencakup beberapa besar kawasan yang diketahui hari ini sebagai Luxemburg, Belgian serta Utara Perancis.

Sesudah menemukan kemerdekaan dari Phillip II, anak lelaki dari Karel V pada tahun 1648, Belanda menjadi suatu Negara Republik yang dikenal dengan Republik 7 Provinsi (Republiek der Zeven Provincien).

Republik ini jadi penguasa ekonomi, serta penjelajahan laut yang ahli pada era ke 17. Era ini diketahui sebagai Era keemasan Negara Belanda. Antara perusahaan-perusahaan Internasional yang berasal di sini dan termasuk VOC.

Negara Belanda sempat memiliki beberapa koloni, salah satu yang sangat terkenal adalah Nederlands Indie (yakni Indonesia), dan Suriname yang diganti dengan Nieuw Amsterdam, ataupun saat ini dikenal dengan New York oleh Kerajaan Inggris.

Koloni ini awal diadministrasi oleh Vereeinigde Oost Indische Compagnie atau (VOC), dan West Indische Compagnie atau WIC ataupun resminya adalah Geoctroyeerde West Indische Compagnie (GWIC), keduanya merupakan 2 industri kepunyaan individu.

Tiga abad setelah itu, industri ini menemukan kesusahan keuangan, serta area di mana mereka bekerja di ambil alih oleh rezim Belanda, pada tahun 1815 serta 1791. Pada saat inilah wilayah itu jadi koloni resmi Pemerintahan Belanda.

Belanda masuk ke dalam Kekaisaran Perancis oleh Napoleon Bonaparte, yang setelah itu dibebaskan sesudah kekalahannya. Sesudah itu, Kerajaan Belanda dibuat pada tahun 1815 dengan mencakup area yang dikenali pada hari ini sebagai Luxemburg dan Belgia.

Belgia menemukan kebebasan pada 1830, sebaliknya Luxemburg berakhir sesudah kematian Raja Willem III.

Sesudah perang, ekonomi Belanda jadi terus menjadi maju dengan Belanda jadi anggota Benelux, dan Komunitas Eropa. Belanda pula jadi anggota NATO. Belanda adalah Negara perintis Uni Eropa saat pendirian badan itu pada tahun 1992.

Baca Juga : Peta Dunia

GEOGRAFIS

Letak Geografis

Belanda secara geografis adalah Negara berpermukaan rendah, dengan kurang lebih 20%  wilayahnya, serta 21% populasinya terletak di permukaan laut, serta 50% tanahnya kurang dari 1 meter di atas permukaan laut.

Sebagaian besar daratan yang terletak di bawah permukaan laut merupakan hasil dari campur  tangan manusia, ini diakibatkan oleh ekstraksi gambut yang meluas, serta minimnya terkendali yang selama berabad-abad, serta mengurangkan permukaan setinggi beberapa meter.

Apalagi di area banjir ekstraksi gambut itu dilanjutkan lewat penggalian. Semenjak akhir abad ke 16 reklamasi daratan yang dimulai setelah itu wilayah polder yang luassaat ini dilestarikan dengan mengelaborasi skema drainase yang mengaitkan beberapa terusan, tanggul, serta stasiun pompa.

Beberapa besar wilayah Belanda dibentuk oleh estuaria tiga Sungai yang penting di Eropa, yang dengan cara bersama-sama dengan anak-anak sungainya yang membentuk Delta Rhein Maas Schelde.

Beberapa besar area Negara ini amatlah datar, dengan perkecualian di kaki-kaki bukit di tenggara- jauh, serta sebagian deret perbukitan di bagian tengah.

Salah satu rupa wajah yang menarik di Belanda yakni dataran tanahnya amat datar. Nyaris setengah dari Negara Belanda terletak minim 1 mdpl. Meski begitu, provinsi Limburg, yang terletak di komponen tengara Negara Belanda, sedikit berbukit.

Dataran paling tinggi yakni Vaalserberg, yang terletak di provinsi Limburg, memiliki ketinggian 321 meter. Dataran yang terendah yakni Nieuwerkerk aan den IJssel, yang terletak  pada 6.76 di bawah permukaan laut.

Banyak tanah yang rendah dikawal oleh dijk, serta dinding laut. Beberapa area di Belanda, misalnya wilayah Flevoland, harus direklamasi. Area yang direklamasi itu disebut dengan polder.

Negara ini dipecah jadi 2 komponen penting oleh Sungai Rhine (Rijn), Maas serta Waal. Arah angin yang penting di Belanda yakni barat energi, yang menimbulkan hawa kepulauan yang simpel, dengan masa panas yang dingin, serta masa adem yang simpel.

IKLIM DI BELANDA

Iklim Belanda

Semacam Negara Eropa pada biasanya yang mempunyai 4 musim, Negara Belanda memiliki musim dingin, musim panas, musim gugur serta musim semi. Musim dingin sampai Iklim Di Belanda

Seperti negara Eropa pada umumnya yang memiliki 4 musim, Belanda memiliki musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Untuk musim dingin sampai bersalju dibawah 0 Celcius yang umumnya terjadi antara bulan Desember hingga dengan bulan Februari.

Sebaliknya dibulan Maret sampai Mei umumnya adalah Musim Semi yang ddimana bunga-bunga tulip yang bagus dan indah lagi bermekaran. Untuk musim panas umumnya terjadi pada bulan Juni samapai bulan September yang dimana temperatur sangat panas bisa mencapai 30 Celcius.

Pada musim gugur umumnya terjadi padan bulan Oktober sampai bulan November diiringi dengan angin serta hujan.

Untuk curah hujan sekitar mencapai 760 mm turun sepanjang tahunnya. Iklim di Negara Belanda tercantum sejuk sebab kebanyakan tanah daratannya merupakan dibawah dataran laut.

Baca Juga : Peta Austria

POLITIK

Politik Belanda

Belanda sudah menjadi monarki konstitusional sejak tahun 1815, demokrasi parlementer sejak tahun 1848. Belanda ditafsirkan sebagai Negara Konsosiasional.

Politik, serta Pemerintahan Belanda disifatkan oleh sesuatu upaya buat menggapai kesepakatan yang besar hal urusan-urusan yang berarti, dalam komunitas politik ataupun warga dengan cara totalitas.

Pada tahun 2010, The Economist menempatkan Negara Belanda sebagai Negara yang sangat demokratis ke 10 di duni ini.

Raja Belanda adalah Kepala Negara, kini Raja Willem Alexander menjadi Raja Belanda sejak tanggal 30 April tahun 2013. Bagi konstitusi Belanda, peran Kepala Negara diperlengkapi oleh daya yang terbatas.

Kepala Negara bisa memakai pengaruhnya ketika kabinet baru yang hendak untuk dibangun, di mana akibat itu hendak berfungsi sebagai penengah yang adil di antara partai-partai politik.

Tidak hanya itu, raja (titel istri raja bukan mempunyai keberartian konstitusional) berkuasa untuk di ajak rapat, serta diskusi. Tergantung pada karakter, serta ikatan raja dengan badan menteri, raja dapat saja berpengaruh melebihi kekuasaan yang dikasih oleh konstitusi.

HUBUNGAN INTERNASIONAL

Hubungan Internasional Belanda

Sejarah kebijakan politik luar negeri Belanda dicirikan oleh kenetralannya. Sejak Perang Dunia yang ke 2, Negara Belanda telah menjadi anggota di banyak organisasi internasional, terutama anggota NATO, PBB serta Uni Eropa.

Ekonomi Negara Belanda sangatlah terbuka serta sangat bergantung kepada perdagangan Internasional. Kebijakan dari luar Negeri Belanda didasari dari empat komiter dasar, yaitu integrasi Eropa, hukum Internasional, pembangunan Internasional serta kerjasama Atlantik.

Salah satu dari isu Internasional yang kontroversi menyangkut Negara Belanda adalah kebijakan di obat-obatan. Pada masa keemasan Negara Belanda dan sesudahnya, masyarakat Belanda membangun perdangan dan impremium pendudukan.

MILITER BELANDA

Militer Belanda

Belanda mempunyai salah satu angkatan bersenjata tertua di Eropa yang dirintis oleh Maurice dari Nassaupada penghujung dekade 1500-an. Angkatan bersenjata Belanda sudah dipergunakan di seluruh imperium Belanda.

Sehabis kegagalan Napoleon, Belanda mempraktikkan kebijakan wajib tentara. Angkatan bersenjata ini hadapi kekalahan pada masa Revolusi Belgia pada tahun 1830.

Sehabis tahun 1830, angkatan bersenjata ini ditugaskan paling utama di wilayah-wilayah pendudukan Belanda.

Sebab Belanda senantiasa memilah adil dalam peperangan di Benua Eropa (tercantum pada Perang Dunia Pertama), sampai Belanda diserbu pada Perang Bumi Kedua dan lekas dikalahkan oleh Wehrmacht pada  Mei 1940.

Belanda bukan lagi netral pada tahun 1948 ketika Perjanjian Brussel ditandatangani, serta jadi pendiri NATO pada tahun 1949. Tentara Belanda setelah itu jadi komponen dari kekokohan NATO pada Perang Dingin Eropa, serta membebankan pasukannya kebeberapa titik di Jerman.

Lebih dari 3. 000 serdadu Belanda diikutsertakan ke dalam Divisi Infanteri Kedua Angkatan Bumi Amerika Serikat pada masa Perang Korea. Pada tahun 1996 harus tentara dihentikan, serta tentara Belanda dipulangkan jadi tentara handal.

Semenjak dekade 1990-an tentara Belanda ikut serta dalam Perang Bosnia serta Perang Kosovo, tentara Belanda menggenggam suatu provinsi di Irak sesudah kekalahan Saddam Hussein, serta tentara Belanda pula ambil komponen di Afganistan.

Jasa bawah- laut terbuka untuk wanita semenjak bertepatan pada tanggal 01 Januari tahun 2017. Gerombolan aba-aba (Korps Commandotroepen).

Gerombolan operasi khusus angkatan darat  Kerajaan Belanda, terbuka untuk wanita, namun sebab terdapatnya desakan fisik yang amat besar buat bimbingan dini, merupakan nyaris tak mungkin untuk wanita buat jadi prajurit komando.

Kementerian Pertahanan Kerajaan Belanda memperkerjakan lebih dari 70.000 personel, tercantum antara lain lebih dari 20.000 masyarakat awam serta lebih dari 50.000 personel tentara.

Pada bulan April tahun 2011 penguasa memublikasikan penurunan megah di aspek tentara sebab terdapatnya penyembelihan berbelanja penguasa, tercantum penurunan jumlah tank, kapal perang, pesawat tempur, serta angkatan tua.

EKONOMI

Ekonomi Belanda

Negara Belanda memiliki ekonomi yang maju, serta terbuka yang mana rezim sudah kurangi peranannya dalam menjaga ekonomi Belanda semenjak tahun 1980-an.

Kegiatan ekonomi sangat penting di Negara Belanda merupakan tercantum bahan kimia, pemrosesan minyak, pemrosesan makanan serta pembuatan mesin listrik.

Meski zona pertaniannya cuma sediakan kesempatan profesi minim dari 4% populasi, Negara Belanda sanggup menciptakan keunggulan dalam pabrik makanan buat diekspor. Negara Belanda mendiami antrean ketiga dalam catatan pengekspor santapan, sehabis Amerika Sindikat, serta Prancis.

Negara Belanda melaksanakan prinsip ekonomi kombinasi berbasis pasar, mendiami peringkat ke 17 dari 177 Negara menurut Indeks Independensi Ekonomi.

Pada bulan Mei tahun 2011, Negara Belanda meraih status sebagai negara yang paling senang dan menurut dari hasil-hasil yang diumumkan oleh OECD.

Sebagai Negara perintis Euro, Negara Belanda mengambil alih mata uang lamanya, gulden, pada tanggal 1  bulan Januari tahun 2002.

DEMOGRAFI

Demografi Belanda

Negara Belanda ditaksir berpenduduk sebesar 16.785.403 jiwa pada bertepatan tanggal 30 April tahun 2013. Negara Belanda adalah Negara berpenduduk paling banyak ke-10 di Eropa, dan terbanyak ke-61 di dunia ini.

Antara tahun 1900, serta 1950, populasi Negara Belanda nyaris menjadi 2 kali lipat awal dari 5,1 juta jadi 10 juta jiwa.

Dari tahun 1950 hingga tahun 2000, populasinya setelah itu meningkat lagi dari 10 juta jadi 15,9 juta jiwa, namun laju pertumbuhan penduduk lebih kecil dari 5 puluh tahun dulu sekali. Laju perkembangan estimasi pada tahun 2013 merupakan sebesar 0, 44%.

BAHASA

Bahasa Belanda

Bahasa Belanda merupakan bahasa penting Belanda. Ini merupakan bentuk dari bahasa Jerman kecil yang diucapkan di area utara. Bahasa ini awal kali diucapkan oleh kalangan Frank.

Kalangan Frank merupakan banyak orang Jerman yang pindah dari timur serta berdiam di situ di tahun 300-an. Bahasa Belanda terpaut dengan bahasa Jerman serta Inggris modern.

Di provinsi utara Friesland, bahasa Frisian diperoleh sebagai bahasa yang sah bersama dengan bahasa Belanda standar. Bahasa Frisian merupakan bahasa Jermanik yang sangat dekat dengan bahasa Inggris. Orang Belanda pula dianjurkan buat berdialog bahasa Inggris.

AGAMA

Agama Belanda

Orang Belanda dibagi datar antara penganut Katolik Roma serta Protestan. Orang Katolik mengarah hidup di selatan, sedangkan orang Protestan hidup paling utama di utara serta barat.

Ajaran Protestan tunggal terbanyak di negeri ini merupakan Gereja Pembaruan Belanda. Belanda pula ialah rumah untuk beberapa kecil banyak orang Yahudi serta Muslim. Negara Belanda yang mempunyai adat-istiadat jauh dalam perihal keterbukaan berkeyakinan. Independensi beribadah dipastikan dalam konstitusi.

PENDIDIKAN

Pendidikan Belanda

Sekolah Belanda didukung oleh pemerintahan. Anak-anak diharuskan untuk bersekolah dari umur 4 hingga 16 tahun. Sehabis sekolah dasar, mereka bisa melanjutkan ke salah satu dari sebagian tipe sekolah menengah, terkait keahlian.

Sekolah-sekolah ini memenuhi anak didik dengan pembelajaran umum ataupun keahlian (perdagangan) ataupun menyiapkan mereka buat merambah universitas. Leiden University, yang tertua di negeri ini, dibuat pada tahun 1575.

MAKANAN DAN MINUMAN

Makanan Dan Minuman Khas Belanda

Orang Belanda mayoritas ramah serta amat menyayangi negaranya. Santapan Belanda sangat simpel serta enak. Keju semacam Gouda serta Edam (julukan buat kota-kota di mana mereka dibuat) dinikmati di seluruh dunia.

Persembahan di musim dingin yang khas merupakan erwtensoep, adalah sup kacang pekat. Santapan Indonesia amat terkenal. Salah satunya merupakan rijsttafel (rice table), ataupun nasi dengan bermacam daging, ikan, serta makanan sayur-mayur yang berbumbu.

Makanan yang lain merupakan nasi goreng, ataupun nasi goreng dengan udang, daging babi, ataupun ayam serta serupanya. Ikan, paling utama adalah ikan herring payau, adalah komponen berarti dari santapan Belanda. Belanda pula diketahui bermacam tipe bir lager serta ale.

BENTANG ALAM BELANDA

Bentang Alam Belanda

Negara Belanda berbatasan dengan Jerman di sisi timur, Belgia di sisi selatan, serta Laut Utara di sisi barat serta utara.

Negara Belanda bisa dipecah jadi 3 area, adalah wilayah bukit pasir kecil yang menghampar di sejauh tepi laut Laut Utara, dataran tinggi timur yang sedikit lebih tinggi serta dataran rendah barat.

Dataran kecil barat, di mana beberapa besar orang hidup di kota- kota yang amat dekat satu sama lain, terdapat di permukaan laut. Area ini dilindungi dari laut oleh bukit-bukit pasir dan tanggul- tanggul serta bendungan.

Dataran tinggi timur mempunyai lanskap yang bergulir perlahan-lahan. Titik paling tinggi terdapat di Provinsi Limburg di tenggara.

DANAU SUNGAI DAN KANAL

Peta Belanda

Banyak danau memberi warna lanskap di utara. Sungai yang berkelok-kelok membelah darat ke Laut Utara. Kanal- kanal mengaitkan bermacam komponen Negara.

Wilayah muara sungai barat dibangun oleh 3 sungai terbesar, yaitu sungai Rijn (Rhine), dengan cabang-cabangnya yang banyak adalah Maas (Meuse) serta Schelde. Banyaknya sungai serta kanal membuat Belanda menjadi Negara dengan salah satu jaringan saluran air terpadat di dunia ini.

KOTA PENTING BELANDA

Kota Penting di Belanda

Appingedam, Amsterdam, Borger, Assen, Den Helder, Delfzijl, Eindhoven, Dordrecht, Denekamp, Gravengahe, Franeker, Enschede, Groningen. Heerenveen, Hardenberg, Haarlem, Maastricht, Leeuwarden, Hertogenbosch, Rotterdam, Odoorn, Nijmegen, Terne Den Haag, Utrecht, Tilburg, Tubbergen, Zwolle, Winschoten dan Vlagtwedde.

LOKASI STRATEGIS BELANDA

Lokasi Strategis belanda

Amsterdam Rijnkanaal, Amerlander Gat, Frieche Zeegat, Bergumermeer, Sungai Ijssel, Heegermeer, Ijsselmeer, Lauwers, Ketelmeer, Sungai Maas, Lauwerszee, Sungai Nederrijn, Luat Utara, Schildmeer, Sungai Rhine, Sneeker, Zwartemeer dan Westereems.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Belanda, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila ada kesalahan kata dan menulis . Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua – Peta Belanda

SymbianPlanet.Net

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply