PETA BELGIA : Sejarah, Letak Geografis, Iklim, Bahasa, Lambang Negara

Peta Belgia – Nama Belgia berasal dari Gallia Belgica, suatu Provinsi Kerajaan Romawi di bagian selatan yang didiami oleh Belgae, sesuatu kombinasi dari etnik Celtic serta orang-orang Germanic.

Dari asal usul, Belgia, Belanda serta Luksemburg diketahui bagaikan Negara- negara dasar, yang tadinya menaiki zona yang lebih besar dari golongan Negara-Negara Benelux dikala ini.

Semenjak era pertengah sampai era ke 17, wilayah itu telah jadi pusat kebudayaan serta perdagangan. Semenjak abad ke 16 sampai revolusi Belgia di tahun 1830, banyak terjadi perang saudara yang silih memperebutkan kekuatan di Eropa serta seringnya terjalin di zona Belgia.

Menyebabkannya dijuluki dengan alun-alun Perang dari Eropa ataupun kokpit dari Eropa. Kala memperoleh kemerdekaannya, Belgia ikut serta aktif dalam Revolusi Industri.

Belgia merupakan suatu negeri yang terdapat di Daratan Eropa, persisnya di komponen barat daratan Eropa. Belgia yang dengan cara astronomis terletak di antara 49° 30-51° 30 LU serta 2° 33- 6° 24 BT ini berbatasan dengan Perancis, Belanda, Jerman serta Luksemberg.

Belgia mempunyai luas wilayah mencapai 30.528 Km² dengan jumlah masyarakat sebesar 11.491.346 jiwa. Kerajaan Belgia merupakan suatu negeri yang terdapat di bagian barat dari daratan Eropa.

Belgia adalah salah satu penyebab terjadinya Uni Eropa serta dikala ini Brussel (Ibukota Belgia) jadi Ibukota Uni Eropa serta tercantum pula badan Internasional serta regional yang lain, semacam NATO. Terdapat di antara 2 perbatasan budaya adalah Latin serta Jermanik.

Belgia terdiri dari 2 golongan etnik penting adalah Perancis (Wallonia) serta Flanderen serta Perancis, yang mana beberapa besar merupakan Walloon, serta segerombol kecil pelafal Jerman.

Ditinjauan dengan cara geografis, Belgia berbatasan dengan Belanda di sebelah utara Flanders serta Perancis di bagian selatan Wallonia.

GAMBAR PETA BELGIA

GAMBAR PETA BELGIA

GAMBAR PETA BELGIA VERSI GOOGLE EART

PETA BELGIA GOOGLE EARTH

PETA BELGIA LENGKAP

PETA BELGIA LENGKAP

PETA BUTA BELGIA

PETA BUTA BELGIA

PETA PULAU BELGIA

PETA PULAU BELGIA

PETA BELGIA HITAM PUTIH

PETA BELGIA HITAM PUTIH

SEJARAH BELGIA

SEJARAH NEGARA BELGIA

Sejarah Belgia dapat dibedakan dari Negeri-Negeri kecil dari era ke 16. Perang 80 Tahun (1568-1648), memilah 17 Provinsi menjadi Provinsi bersatu di sebelah utara serta Belanda Selatan di sebelah selatan.

Provinsi selatan diperintah dengan cara konsekutif berantai oleh Habsburg Spanyol serta Austria. Sampai dikala kemerdekaan, Belanda Selatan dicari oleh beberapa penakluk Perancis serta pentas beberapa besar peperangan Perancis-Spanyol serta Perancis-Austria sepanjang era ke 17 serta 18.

Netralitas Belgia tercemar pada 1914, dikala Jerman menyerang Belgia sebagai bagian dari konsep Schlieffen. Bekas koloni Jerman Ruanda Urundi, kini disebut dengan Rwanda serta Burundi dicaplok oleh Kongo Belgia pada tahun1916.

Baca Juga : Peta Benua Eropa

Kedua koloni itu diamanatkan pada tahun 1924 ke Belgia oleh Aliansi Bangsa-Bangsa. Belgia kembali diserbu Jerman pada tahun 1940 sepanjang serbuan blitzkrieg. Negara ini diduduki sampai musim salju 1944-1945 dikala dibebaskan oleh gerombolan sekutu.

Kongo Belgia memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1960 selama krisi Kongo, serta Ruanda Urundi merdeka pada tahun 1962 (2 tahun setelahnya).

Sehabis Perang Dunia II, Belgia bergabung dengan fakta Pertahanan Atlantik Utara sebagai badan negeri pendirinya, berkantor pusat di Brussel, serta bersama Belanda serta Luksemburg, membentuk golongan Negara Benelux.

Belgia pula salah satu dari 6 Negara pendiri masyarakat batu kobaran serta Baja Eropa pada tahun 1951 dan masyarakat ekonomi Eropa serta masyarakat energi molekul Eropa pada tahun 1957.

Belgia jadi tempat markas NATO serta komponen penting lembaga-lembaga serta administrasi Uni Eropa, tercantum komisi Eropa, Badan Uni Eropa serta tahap eksklusif serta komite Parlemen Eropa, semacam bagian administrasinya.

Sepanjang abad ke 20, serta khususnya semenjak Perang Dunia II, asal usul Belgia sudah banyak didominasi otonomi kedua komunitas utamanya. Massa ini melihat ketegangan antar kelompok, serta persatuan Negara Belgia sudah meruncing.

Melalui pembaruan konstitusi pada tahun 1970 an serta tahun 1980-an, regionalisasi Negara persatuan sudah memunculkan pendirian skema federal 3 badan yang bertingkat, komunitas linguistik serta pemerintahan regional, kompromisasi yang dirancang buat memperkecil ketegangan linguistik.

GEOGRAFIS

LETAK GEOGRAFIS BELGIA

Belgia mempunyai 3 area geografis penting yaitu dataran pantai disebelah barat laut, dataran tinggi di tengah, serta dataran tinggi Ardennes di selatan- timur. Dataran tepi laut paling utama terdiri dari bukit pasir serta polder.

Polder merupakan zona tanah, dekat ataupun di bawah permukaan laut yang sudah direklamasi dari laut, dari mana mereka dilindungi oleh bendungan ataupun, lebih jauh ke darat, oleh ladang yang sudah dikeringkan dengan saluran.

Area geografis kedua, dataran tinggi tengah, terdapat lebih jauh ke pedalaman. Ini merupakan zona yang lembut serta lama-lama naik yang mempunyai banyak lembah subur serta diairi oleh banyak saluran air.

Di sini orang pula bisa menciptakan tanah yang lebih kasar, termasuk terowongan serta ngarai kecil. Area geografis ketiga, yang disebut dengan Ardennes, lebih kasar dari 2 yang awal.

Ini merupakan dataran tinggi yang berhutan rimbun, amat berbatu serta tidak bagus buat pertanian, yang membengkak ke Perancis utara serta di Jerman di mana beliau dipanggil Eifel.

Di sinilah banyak binatang buas Belgia bisa ditemui. Titik paling tinggi Belgia, Signal de Botrange terdapat di area ini cuma 694 m (2.277 kaki). Belgia mempunyai sedikit danau alami serta tidak terdapat yang berdimensi besar.

Wilayah natural populer tercantum Ardennes, adalah Campinedan High Fens. Belgia salah satu Negara kerajaan di Eropa Barat. Di sisi utara berbatasan dengan Belanda, serta di timur berbatasan dengan Jerman serta Luksemburg, di selatan berbatasan dengan Perancis.

Besar wilayahnya mencapai 20.507 Km². Jumlah penduduknya 9. 840. 000 jiwa. Negeri itu beribukota Brussell, serta ialah negeri sangat kecil di daratan Eropa.

IKLIM

IKLIM DI NEGARA BELGIA

iklim Belgaiamempunyai 4 musim. Sebab akibat hawa Laut Utara, pada musim panas area pantai terasa lebih dingin dari area pedalaman, serta pada musim dingin area pantai terasa lebih hangat dibandingkan area pedalaman.

Ada pula kondisi iklim di Negara Belgia adalah beriklim sedang, musim dingin, musim dingin ringan, lembab, musim hujan serta berawan.

Iklim di wilayah Belgia merupakan iklim sedang maritim (maritime temperate climate). Temperatur pada umumnya rendah terjalin pada bulan Januari, adalah sekitar 3° Celcius, temperatur pada umumnya sangat besar terjalin pada bulan Juli, adalah sekitar 18° Celcius. Presipitasi tahunan bermacam-macam antara 54 mm hingga 78 mm.

BAHASA

BAHASA NEGARA BELGIA

Kerajaan Belgia mempunyai 3 bahasa yang resmi, yang dengan urutan jumlah penuturnya dari yang paling banyak ke yang paling sedikit yakni bahasa Belanda mencapai 59%, Perancis 40% , serta Jerman 1%.

Beberapa bahasa tidak resmi serta minoritas pula dikatakan, semacam bahasa Walloon, Lorrain, Pickard, Champenois, Yiddish, dan lain-lain. Terdapat juga bahasa yang dipertuturkan oleh kalangan imigran yang tiba ke Negara Belgia, semacam bahasa Arab, Italia, Spanyol, Portugis, Lingala, Turki, dan lain- lain.

PEMERINTAHAN

PEMERINTAHAN NEGARA BELGIA

Negara Belgia merupakan federal, kerakyatan perwakilan serta monarki konstitusional. Perdana menteri merupakan kepala pemerintahan sedangkan Raja merupakan Kepala Negara. Kedudukan legislatif diasumsikan oleh Badan Legislatif serta Badan Perwakilan Rakyat.

Raja Belgia melayani seumur hidup, ataupun hingga ia turun tahta, serta ia menunjuk perdana menteri yang melayani untuk periode yang  rentang waktu yang tidak didetetapkan.

Bagus Badan legislatif serta Dewan Perwakilan Rakyat berjumpa di Istana Bangsa (Palais de la Nation) di ibukota negeri itu, Brussels. Kantor yang sah perdana menteri terdapat di No 16. Rue de la Loi atau Wetstraat, sedangkan Raja terletak di Castle of Laeken.

Nama Negara Konvensional yang bentuk panjang adalah Kerajaan Belgia. Sebaliknya bentuk konvensional pendek adalah Belgia. Untuk rupa jauh lokal adalah Royaume de Belgique atau Koninkrijk Belgie, untuk rupa lokal pendek adalah Belgique atau Belgie.

Ibukota Negara Belgia merupakan Brussels. Jenis Rezim di Negara ini merupakan kerakyatan parlementer federal yang terletak di dasar konstitusi kerajaan. Kepala Negara dari Negara Belgia adalah Perdana Menteri yang bernama  Guy Verhofstadt.

Bertepatan pada tanggal kemerdekaan 4 Oktober tahun 1830 (sebuah pemerintahan sementara melaporkan kemerdekaan dari Negara Belanda), tanggal 21 Juli tahun 1831 (Raja Leopold I naik tahta). Area administratif negeri ini terdiri dari 10 provinsi serta 3 wilayah bagian.

EKONOMI

EKONOMI BELGIA

PDB Belgia adalah $ 509.000.000.000, 00 (USD) dengan $ 44 .900. 00 (USD) per kapita. Ini menjadikannya ekonomi terbesar ke 37 serta warganya yang ke 34 paling kaya di dunia. Mata uang dari Ngara Belgia merupakan Euro (EUR).

Kawan kerja ekspor utamanya merupakan Jerman, Belanda, Perancis, serta Inggris. Ekspor utamanya merupakan bahan kimia, mesin serta perlengkapan, serta berlian yang sudah jadi.

Kawan kerja utamanya adalah Jerman, Belanda, serta Perancis. Impor utamanya yang mencakup bahan baku, mesin serta perlengkapan, serta bahan kimia.

Mata Uang Negara Belgia merupakan Euro. PDB Pembelian $ 342.500.000.000 pada tahun 2006. Energi paritas (PPP) adalah PDB Per Jiwanya adalah $ 34.460. Angkatan kerja 4, 9 juta pada tahun 2006.

Tingkatan pengangguran mencapai 8,1% pada tahun 2006. Angkatan kegiatan yang meliputi industri mencapai 24 5%, pelayanan 74,2%, serta pertanian 1,3%  pada tahun 2003.

Ada pula produk pertanian mencakup gula, sayur-mayur yang fresh, buah-buahan, biji-bijian, tembakau serta produk daging sapi mencakup babi, sapi dan susu.

Produk pabrik teknik serta produk logam yang mencakup perakitan alat transportasi bermotor, perlengkapan transportasi, instrumen objektif, makanan serta minuman olahan, bahan kimia, logam dasar, kaca, garmen, serta minyak bumi.

Ekspor $ 283.800.000.000 f. o. b pada tahun 2006 serta memasukkan $ 279.900.000.000 f. o. b pada tahun 2006. Negara Belgia mengetuai ekspor perdagangan Jerman mencapai 19,7%, Perancis 16, 9%, Belanda mintra kerja mencapai 12%, Inggris 7,9%, Amerika Serikat 6,2%, Italia 5, 2% pada tahun 2006.

Sedangkan impor mencakup Belanda 18,3%, Jerman 17, 3%, Perancis 11, 2%, Inggris 6,6%, Irlandia 5,7%, serta Amerika Serikat 5 4% pada tahun 2006.

Ekspor Mesin serta perlengkapan mencakup bahan kimia, komoditas logam serta produk metal, berlian, dan bahan makanan.

Sebaliknya Impor Mesin serta perlengkapan mencakup bahan kimia, barang farmasi,berlian, bahan makanan, serta produk minyak.

AGAMA

AGAMA BELGIA

sekitar 53% orang Belgia, dengan cara nominal merupakan penganut agama Katolik Roma. Muslim, Kristen yang lainnya serta agama minoritas yang lain terdiri dari 14% populasi. 32% merupakan agnostik, atheis ataupun orang bukan beragama yang lain.

Nyaris 90% muslimin Negara Belgia sebagai pekerja imegran asing. Hanya 5% yang berkedudukan sebagai mahasiswa. Selainnya, 60% pada umumnya umur mereka berkisar 25 tahun kebawah. Situasi ekonomi mereka lumayan bagus, bila dibandingkan dengan kerabat mereka di negeri asalnya.

Pemasukan mereka pada umumnya perbulan antara 1300 sampai 1600 dollar US (sekitarn 4 juta rupiah). Jumlah pemasukan itu belum tercantum tunjangan untuk keluarga, bantuan pensiun serta lain-lainnya.

Kejadian pengangguran di beberapa golongan kalangan kaum muda di negara itu, kerap dijadikan alibi golongan rasialis untuk melawan Islam serta kaum muslimin.

Baca Juga : Peta Belanda

PERAN ISLAM DALAM UU BELGIA

PERAN ISLAM DALAM UU BELGIA

Pada tanggal 24 bulan April tahun1984 Masehi, pihak Kerajaan menghasilkan satu ketetapan yang membenarkan Islam sebagai salah satu dari 3 agama yang resmi di Belgia. Dari surat keputusan itu masyarakat mukmin Belgia memperoleh sebagian perihal positif antara lain:

  1. Islam sebagai salah satu aspek studi sah yang dianjurkan di sekolah-Sekolah milik Penguasa Negara Belgia.
  2. Pihak Penguasa bertanggung jawab mempersiapkan anggaran serta guru Agama Islam pada tiap sekolah yang terdapat siswa muslimnya.
  3. Kalangan muslimin diperbolehkan membuat tempat peribadatan yang berbentuk Masjid, musholla ataupun Islamic Centre. Jumlah Masjid serta Islamic Centre yang berhamburan di berbagai kota di Belgia mencapai 300 buah (di kota Broxelle aja ada 40 masjid, musolla serta Islamic Centre).
  4. Kalangan muslimah diperbolehkan memakai foto berjilbab pada kartu tanda penduduk atau ( ktp), passport serta surat resmi yang lain.
  5. Kalangan muslimin dibenarkan melakukan pemakaman jenazah dengan cara Islam. Namun, sampai saat ini belum diadakan tanah yang khusus untuk pemakaman Islam. Akhirnya, tidak sedikit masyarakat Mukmin yang tewas langsung diterbangkan ke negeri asalnya untuk dimakamkan.

BENDERA

BENDERA BELGIA

Bendera Negara Belgia merupakan bendera triband dengan garis-garis hitam kuning serta merah. Itu diadopsi pada tanggal 23 Januari tahun 1831 sehabis revolusi Belgia.

Sepanjang rezim Austria, sebagian bendera dikibarkan di Belgia tanpa perolehan, memforsir kaisar buat menggunakan bendera Austria di Belgia.

Sepanjang dini revolusi, para pemberontak yang termotivasi oleh bendera Perancis mulai mengibarkan bendera merah, kuning, hitam yang dipakai sepanjang Revolusi Brabant pada tahun 789- 1790.

Pemberontak Brabant menggunakan motif ini sepanjang perlawanan melawan Austria pada akhir era ke 18. Motif menunjukkan peperangan buat kebebasan serta kemerdekaan. Aturan yang sah menyatakan bahwa bendera wajib berdimensi 8,5 kaki x 9, 8 kaki.

DEMOGRAFI

DEMOGRAFI BELGIA

Belgia ditempati beberapa suku bangsa sebagai berikut:

  • Suku bangsa Flandria (Vlamingen) yang berbahasa Belanda mencapai 60% dari penduduknya.
  • Suku bangsa Walonia (Wallons) yang berbahasa Perancis mencapai 35% dari penduduknya.
  • Suku bangsa Jerman (Deutschen) yang berbahasa Jerman, minim dari 1% masyarakat.

Aspek-aspek dari bahasa serta adat ini banyak memberi warna sejarah Belgia. Sepanjang puluhan tahun, kaum bangsa Flandria didiskriminasi oleh kaum bangsa Walonia, walaupun jumlah mereka lebih banyak. Terkini pada abad ke 20, sedikit untuk sedikit suasana mereka jadi lebih bagus, hingga saat ini ekonomi mereka lebih bagus.

LAMBANG NEGARA BELGIA

Lambang Belgia mengandung ataupun, diketahui bagaikan Leo Belgicus (bahasa latin buat Singa Belgia), bagaikan biayanya. Ini setimpal dengan pasal 193 (asal 125) dari Konstitusi Belgia.

Negara Belgia mengutip corak merah, kuning serta hitam sebagai corak, serta bagaikan lambang negeri Singa Belgia dengan moto UNITY MAKES STRENGTH.

Ketetapan kerajaan bertepatan pada tanggal 17 Maret tahun 1837 memastikan hasil yang hendak digunakan dalam tipe yang lebih besar serta lebih kecil.

KOTA PENTING BELGIA

KOTA PENTING BELGIA

Beberapa Kota penting dan besar yang berada di Belgia diantaranya adalah Anderlecht, Brussels, Antwerpen, Brugge, Blankenberge, Hasselt, Beerse, Bastogne, Gent, Eupen, Charleroi, Liege, Overpelt, Oostende, Namur, Lommel, Mons, Masstricht, Tienen, Schaerbeek, Tongaren, Spa, Waremee, Truiden serta Turnhout.

LOKASI STRATEGIS BELGIA

LOKASI STRATEGIS BELGIA

Danau Blankaart, Albert Kanaal, Bandara Deurne, Sungai Dender, Danau Hofstademmer, Etang de Virelles, Laut Utara, Sungai Meuse, serta Sungai Schelde.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Begia, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila ada kesalahan kata dan menulis . Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. – Peta Belgia

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply