PETA BANUA AFRIKA

PETA BENUA AFRIKA : Sejarah, Letak Geografis, Iklim, Flora dan Fauna

Peta Benua Afrika – Benua Afrika adalah benua yang terbesar kedua dari muka bumi ini. Sedangkan untuk jumlah penduduknya menyumbang lebih dari 14% dari penduduk bumi.

Benua Afrika dikelilingi oleh laut Mediterania yang berada di sebelah utara laut merah dan terusan Zues di sepanjang Semenanjung Sinai yang menuju ke arah timur laut. Di Benua Afrika setidaknya terdapat kurang lebih 54 Negara yang berada di Benua Afrika.

Benua Afrika juga terkenal dengan benua termiskin di dunia karena memang tidak ada Negara yang maju di Benua Afrika tersebut. Letak Benua Afrika adalah 35  ͦ LU – 34  ͦ LS dan 17  ͦ BB – 51  ͦ BT. untuk luas Benua Afrika adalah 30.290.000 Km².

Benua Afrika mempunyai julukan A land of great diversity, sebab memiliki keragaman dalam struktur alam, tanah, fauna, flora, dan kebudayaan.

GAMBAR PETA BENUA AFRIKA

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

GAMBAR PETA BENUA AFRIKA VERSI GOOGLE EARTH

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

PETA BENUA AFRIKA LENGKAP

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

PETA BUTA BENUA AFRIKA

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

PETA BENUA AFRIKA HITAM PUTIH

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

SEJARAH BENUA AFRIKA

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

Benua Afrika berasal dari bahasa latin, Africa terra yang artinya tanah afri, merupakan struktur jamak dari Afer untuk memberitahukan komponen utara dari daratan, yang kini menggambarkan komponen dari Tunisia.

Buat tutur Afer mungkin berawal dari bahasa Fenisia. Yang dimana afar berarti abu, ataupun dari bahasa Yunani aphrike yang berarti tanpa dingin.

Benua Afrika merupakan tempat bermukim orang yang sangat dini. Berasal dari daratan ini setelah itu orang menabur ke sebagian daratan lain.

Baca Juga : Peta Dunia

Benua Afrika menggambarkan tempat yang dimana garis kemajuan nanai jadi berlainan dari protohuman pada 7 juta tahun yang lalu. Benua Afrika pula menggambarkan satu- satunya daratan yang di tinggali nenek moyang orang.

Disaat Homo Erectus bertumbuh ke luar Benua Afrika, Benua Asia dan Benua Eropa. Lebih dari 1, 5 juta tahun kemudian populasi dari ketiga daratan tersebut menjajaki kemajuan yang berbeda.

Alhasil mereka jadi genus yang bertentangan. Untuk yang terletak di Benua Eropa jadi Neanderthal, yang terletak di Benua Asia senantiasa Homo Erectus, tetapi yang terletak di Benua Afrika menjadi Homo Sapiens.

LETAK GEOGRAFIS

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

Benua Afrika mempunyai luas wilayah kurang lebih 30.244.050 Km² atau kurang lebih 11.677.240 mil persegi. Yang terhitung kepulauan di sekelilingnya didiami oleh kurang lebih se pertujuh populasi orang yang berada di dunia.

Benua Afrika dipisahkan dari Benua Eropa dengan laut tengah. Benua Afrika bersatu dengan Benua Asia pada komponen pucuk timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki luas 130 kilometer.

Semenanjung Sinai yang dimana dipunyai oleh Negara Mesir seringkali dikira dengan cara geopolitis selaku komponen dari Benua Afrika.

Letak geografis dari pucuk paling utara, Cape Spartel yang terletak di Negara Maroko di 37 bagian 21 ͦ LU, setelah itu pucuk yang sangat selatan, Cape Agulhas yang terletak di Benua Afrika Selatan pada 34 derajat 51  ͦ- 15  ͦ LS.

Mempunyai panjang garis tepi laut sekitar 26. 000 Km( sebagai perbandingan kalau Benua Eropa yang memiliki besar dekat 9. 700. 000 Km² yang memiliki garis tepi laut dekat 32. 000 Km²).

Benua Afrika terluas kedua di bumi ini, sesudah Benua Asia, Benua Afrika dengan perkiraan Amerika Utara serta pula Amerika Selatan terpisah.

Benua Afrika terdiri berdasarkan lapangan penting Afrika serta sebagian pulau terhitung pulau Madagaskar dan beberapa kepulauan kecil yang lain yang terdapat di dekat daratan Benua Afrika.

Untuk area daratan Benua Afrika pada komponen yang utara banyak terdiri dari berdasarkan area padang pasir yang tercantum di dalamnya adalah padang pasir Sahara.

Yang dimana padang pasir Sahara ini jadi salah satu padang pasir terbanyak di muka bumi. Di Benua Afrika keseluruhan Negeri yang ada adalah 54 negeri yang diakui oleh Dunia Internasional serta 2 negeri lain yang dengan pengakuan terbatas dan diperdebatkan.

Apabila posisi astronomis dari daratan Afrika adalah 35  ͦ bagian LU – 33  ͦ bagian LS serta kurang lebih 18  ͦ bagian BT sampai 53  ͦ bagian BT.

Hingga untuk posisi geografisnya sendiri adalah daratan Afrika terletak di bagian dunia bagian timur dan menghampar dari bagian utara sampai bagian selatan. Posisi benua Afrika dengan cara geografis diapit oleh 2 samudera adalah samudera Hindia serta samudera Atlantik.

Kedua benua itu mengapit dataran penting Afrika, yang mana samudera Atlantik terletak pada bagian barat daratan Afrika, sebaliknya untuk samudera Hindia terletak pada bagian timur benua Afrika.

Laut tengah memisahkan daratan Afrika dengan daratan Eropa. Sebaliknya buat dataran daratan Afrika berpadu dengan daratan Asia pada bagian ujung timur lautnya melampaui terusan Zeuz.

Untuk semenanjung sinai yang dimiliki mesir kerap kali dikira dengan cara geopolitis bagaikan komponen dari daratan Afrika.

Baca Juga : Peta Benua Eropa

IKLIM

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

Benua Afrika mempunyai beberapa macam jenis iklim. Kondisi tersebut terjadi karena luasnya dari Benua Afrika. Sebagaian besar iklim yang dimiliki Benua Afrika adalah beriklim tropis. Kecuali untuk wilayah paling utara dan selatan.

Benua Afrika berada di ujung utara dan ujung selatan berikim sub-tropis. Iklim sub-tropis bisa menimbulkan hujan pada waktu musim dingin.

Selain terdapat hujan, Benua Afrika juga ada angin yang berhembusan, angin tersebut dinamakan angin pasat tenggara yang bisa membawa uap air dari Samudera Hindia.

Angin pasat tenggara tersebut bisa menurunkan hujan orografis yang berada di wilayah pantai tenggara. Hal tersebut menyebabkan iklim tropis bisa menimbulkan hujan sepanjang tahunnya.

Kemudia terdapat angin kering, angin kering bisa menyebabkan iklim darat pada Gurun Kalahari yang berada di bayangan hujan di bagian barat dari Pegunungan Dragon.

Benua Afrika yang berada di daerah sekitar khatulistiwa, pada umumnya mempunyai iklim tropis dengan hujan turun di sepanjang tahun. Kondisi terjadi karena hujan Zenital atau Konvergen.

Untuk iklim yang terjadi di Gurun Sahara bisa dijelaskan sebagai berikut. Gurun Sahara diapit oleh daerah sub-tropis dan daerah tropis, sehingga wilayah tersebut mengakibatkan kering. Pada daerah ini, adalah daerah dengan tempat udara yang kering dan sama terjadi di Eropa Selatan.

Sedangkan pada saat musim panas, menjadi sangat panas dan musim dingin menjadi terasa sejuk. Untuk hujan bisa turun pada bulan Januari, pada saat itu angin barat bertiup dari Samudera Atlantik.

Hujan Orografis, yang terjadi pada musim dingin disebkan karena adanya pegunungan Atlas. Sedangkan pendapat yang lain menyatakan bahwa Benua Afrika luas dan dipengaruhi oleh beragam curah hujan dan angin.

Bisa menyebabkan iklim yang beragram. Iiklim yang berada di Benua Afrika, antara lain adalah iklim Ekuatorial, yang bisa dijumpai di wilayah sebelah selatatan garis khatulistiwa dan sebelah utara, iklim Tropik, iklim Mediterania, iklim Savana Tropika.

Iklim hangat dan iklim gurun yang bisa di jumpai di wilayah Pantai Laut Tengah, selatan wilayah Sabana tropis dan di pantai Laut Tengah.

Kemudian, berdasarkan bentang alam dan letak lintangannya, iklim yang terdapat pada Benua Afrika bisa dijelaskan sebagai berikut :I klim tropis yang berada di sekitar wilayah garis khatulistiwa. Iklim Benua Afrika memiliki curah hujan yang cukup tinggi, diantaranya adalah 1000 – 2000 per tahunnya.

Sedangkan untuk iklim sub -tropis yang bisa dijumpai di ujung Afrika Selatan. Iklim tersebut dipengaruhi oleh angin laut, akibatnya masih banyak curah hujannya.

Iklim gurun yang banyak dijumpai di wilayah Gurun Sahara, Gurun Arab, Gurun Libya, dan Gurun kalihara. Iklim gurun tersebut memiliki suhu udara yang sangat tinggi, selain itu, mengalami sendikitnya turun hujan dan memiliki amplitudo harian yang bisa dikatakan sangat tinggi.

Saat siang hari, suhu udara mencapai 50  ͦ C, sedangkan pada malam hari, suhu udaranya mencapai -15  ͦ C. Iklim dari mediterania yang bisa kita jumpai di sepanjang pantai Laut Tengah, suhu udaranya mencapai 24  ͦ C – 28  ͦ C, sedangkan untuk curah hujannya mencapai 1000 mm per tahunnya.

NEGARA DI BENUA AFRIKA

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

Benua Afrika adalah Benua yang dikenal dengan sebutan Benua Hitam. Benua Afrika dibagi menjadi 5 wilayah, adalah Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, Afrika Utara dan Afrika Selatan. Berikut ini Negara yang berada di Benua Afrika :

1. Wilayah Afrika bagian Barat

  • Benin dengan Ibukota Port Novo
  • Burki faso dengan Ibukota Ouagadougou
  • Cape Verde dengan Ibukota Praia
  • Pantai Gading dengan Ibukota Abidjan
  • Kamerun dengan Ibukota Yaounde
  • Gambia dengan Ibukota Banjul
  • Ghana dengan Ibukota Acra
  • Guinea dengan Ibukota Conakry
  • Guinea Bissai dengan Ibukota Bissau
  • Liberia dengan Ibukota Monrovia
  • Mali dengan Ibukota Bamako
  • Mauritania dengan Ibukota Nouakchott
  • Niger dengan Ibukota Niamey
  • Nigeria dengan Ibukota Abuja
  • Senegal dengan Ibukota Dakkar
  • Sierra Leone dengan Ibukota Freetown
  • Togo dengan Ibukota Lome

Baca Juga : Peta Benua Amerika

2. Wilayah Afrika bagian Tengah

  • Afrika Tengah dengan Ibukota Bangui
  • Cabinda dengan Ibukota Cabinda
  • Chad dengan Ibukota N’Djamena
  • Guinea Equator dengan Ibukota Malabo
  • Gabon dengan Ibukota Libreville
  • Kongo dengan Ibukota Brazzaville
  • Tome Prince dengan Ibukota Sao Tome
  • Zaire dengan Ibukota Kinshasa

3. Wilayah Afrika bagian Timur

  • Sudan dengan Ibukota Khartoum
  • Ethiopia dengan Ibukota Addis Abeda
  • Tanzania dengan Ibukota Dodome
  • Somalia dengan Ibukota Mogadishu
  • Kenya dengan Ibukota Nairobi
  • Rwanda dengan Ibukota Kigarli
  • Uganda dengan Ibukota Kampala
  • Burundi dengan Ibukota Bujumbura
  • Jibouti dengan Ibukota Jibouti
  • Eritrea dengan Ibukota Asmara

4. Wilayah Afrika bagian Utara

  • Mesir dengan Ibukota Kairo
  • Aljazair dengan Ibukota Aljir
  • Libya dengan Ibukota Tripoli
  • Maroko dengan Ibukota Rabbat
  • Tunisia dengan Ibukota El-Aanum
  • Sahara Barat dengan Ibukota Tunis

5. Wilayah Afrika bagian Selatan

  • Angola dengan Ibukota Luanda
  • Malawi dengan Ibukota Lilongwe
  • Botswana dengan Ibukota Gaborone
  • Mauritius dengan Ibukota Port Luis
  • Komoro dengan Ibukota Moroni
  • Lesotho dengan Ibukota Maderu
  • Mozambik dengan Ibukota Maputo
  • Namibia dengan Ibukota Windhoek
  • Afrika Selatan dengan Ibukota Pretoria
  • Malagasi dengan Ibukota Antanarivo
  • Syeichelles dengan Ibukota Victoria
  • Swaziland dengan Ibukota Mbabane
  • Zambia dengan Ibukota Lusaka
  • Zimbabwe dengan Ibukota Harare

BAHASA PENDUDUK BENUA AFRIKA

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

1. Kelompok BAHASA AFRO- ASIATIK

Kelompok bahasa Afro- asiatik adalah suatu golongan bahasa yang terdiri berdasarkan kurang lebih 240 bahasa dan 285 juta penutur yang menyebar luas di sepanjang darat Afrika Utara, Afrika Timur, Sahel, dan Asia Barat energi.

2. Kelompok BAHASA NIL- SAHARA

Kelompok bahasa dari Nil- Sahara terdiri berdasarkan kurang lebihnya seratus bahasa yang diucapkan oleh lebih dari 30 juta orang. Buat golongan bahasa ini mayoritas dikatakan di Sudan, Kenya, Uganda, Chad, Ethiopia, dan sisi utara Tanzania.

3. Kelompok BAHASA NIGER- KONGO

Kelompok bahasa buat Niger Kongo mencakup mayoritas dari  Benua Afrika komponen sub Sahara dan mungkin ialah suatu golongan bahasa yang terbanyak di muka Bumi ini, bila diamati dari bidang jumlah bahasanya. Beberapa besar bahasanya merupakan bahasa- bahasa bantu yang bisa dipakai di beberapa besar Benua Afrika dan komponen dari sub Sahara.

4. Kelompok BAHASA KHOISAN

Kelompok bahasa Khoisan adalah kelompok bahasa yang terdiri 50 bahasa kurang lebih yang hendak diucapkan di sisi selatan dari daratan Benua Afrika kurang lebih 120. 000 jiwa. Banyak yang dari bahasa khoison yang mana rawan musnah. Butuh Anda ketahui pula kalau kaum San dan kaum Khoin sudah dianggap sebagai masyarakat asli yang berumah di area ini.

Tidak hanya 4 golongan bahasa saja yang sudah dituturkan, ada pengecualian pada negara yang berada di Afrika Timur, bahasa sah sudah diadopsi oleh semua Negara yang berada di Afrika.

Bahasa sah itu berawal dari luar Benua Afrika yang menyebarkan melalui penjajahan atau perpindahan orang.

Misalnya semacam pada sebagian Negara buat bahasa Inggris dan bahasa Perancis untuk berkomunikasi dalam lingkup khalayak semacam pada pembelajaran, perniagaan, rezim, dan pada media massa.

Buat bahasa Arab, Portugis, Afrikaans, dan Malagasy adalah contoh yang lain dari bahasa yang sesungguhnya tidak dari  Benua Afrika yang mana sudah dipakai oleh jutaan masyarakat Afrika pada saat ini.

FLORA DAN FAUNA

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA
  • Flora Benua Afrika

Tipe flora yang berkembang di Benua Afrika adalah flora hutan hujan tropis yang rimbun serta senantiasa hijau.

Tipe – tipe yang lain yang dipunyai oleh hutan hujan tropis ini, adalah didominasi oleh tumbuhan paku, lumut, dan tumbuhan semak, tumbuhan tersebut mempunyai daun yang rimbun, berkayu, serta berdaun luas.

Hutan hujan tropis ini bisa ditemui di Afrika komponen tengah serta bagian barat. Tepatnya berada di Sierra Leone, lereng pegunungan timur Madagaskar dan muara Sungai Zaire di Negara Kongo.

Tetapi, mengarah ke arah utara Afrika hingga ke selatan Afrika, hutan terus menjadi menurun sebab iklimnya menjadi kering. Setelah itu, wilayah savana yang tropis serta stepa ataupun hamparan rumput, jadi menghijau, setelah turun hujan.

Tipe dari flora stepa serta savana ini ialah didominasi oleh semak belukar, rumput, serta belukar yang mempunyai batang yang lunak. Tipe stepa serta savana ini bisa ditemukan di Benua Afrika di bagian utara serta selatan.

Beberan rumput ataupun stepa ini terus menjadi menurun pertumbuhannya, kala sudah mendekati gurun. Sedangakan , untuk wilayah pantai pula berkembang juga hutan rawa.

Sebaliknya, di area gurun, bisa berkembang tumbuhan sebangsa kaktus. Tumbuhan kaktus ini kuat terhadap panas serta kekeringan.

Sebaliknya, komponen sangat utara Afrika serta pucuk dari Benua Afrika selatan adalah wilayah flora sub – tropis. Kemudian, gimana kehidupan fauna yang berada di Benua Afrika?

  • Fauna Daratan Afrika

Benua Afrika mempunyai berbagai macam fauna berbentuk binatang menyusui yang besar– besar. Hal tersebut diakibatkan oleh kondisi alam yang berada di Benua Afrika ini banyak padang rumput, sehingga sesuai buat tempat hidup serta berkembang biak binatang menyusui.

Tetapi, sayangnya, binatang menyusui ini dihantui oleh sebagian penyakit yang disebabkan oleh binatang kecil. Binatang kecil itu, adalah malaria, nyamuk kuning dan laler tsetse. Ada 2 tipe fauna yang hidup di Benua Afrika, yaitu.

Fauna area utara serta barat laut melingkupi wilayah sahara dan Fauna area Ethiopia yang melingkupi area sub – sahara .

Walaupun ada 2 tipe fauna, tetapi karakteristik yang dipunyai oleh fauna yang terdapat di kedua wilayah tersebut merupakan serupa dengan wilayah yang berada di Eurasia.

Lebih lanjut, fauna yang banyak di Benua Afrika adalah gorila dan unta. Fauna lain yang khas dari Benua Afrika adalah hewan jerapah serta zebra serta bermacam tipe fauna– fauna yang lainnya, antara lain gajah, ular, kera, buaya dan harimau.

Ada keragaman flora serta fauna yang terdapat di Benua Afrika. Sehabis menguasai situasi itu, bukan terdapat salahnya buat mengenali kondisi masyarakat yang berumah di area Afrika.

KONDISI MASYARAKAT DI BENUA AFRIKA

PETA BANUA AFRIKA
PETA BANUA AFRIKA

Masing – masing Benua pasti aja ada suku bangsa, bangsa ataupun etnik khusus yang mendiami Benua Afrika, tidak ada lain yang terjadi di Benua Afrika. Jumlah masyarakat di Benua Afrika ialah mencapai 861. 000 jiwa ataupun mencakup 13% dari jumlah masyarakat yang berada di bumi.

Benua Afrika ini mempunyai kepadatan masyarakat hanyalah 74 orang atau mil. Nilai perkembangan masyarakat di Benua Afrika tersebut mencapai 2, 4% per tahun. Sebaliknya, nilai kematian masyarakat Benua Afrika adalah tergolong besar.

Perihal itu diakibatkan oleh kemiskinan serta penyakit yang di derita oleh mereka. Di Benua Afrika ada keragaman suku bangsa, antara lain adalah orang Negro, Hamit, Bushmen, Pygmy, Hottentot, serta orang– orang Eropa.

Suku bangsa negro, terdiri dari negro sudan serta negro tolong yang terdiri dari 70% masyarakat Afrika. Suku bangsa Hamit banyak berumah di area Afrika Utara serta Timur Laut.

Suku bangsa Pygmy adalah suku bangsa yang masih primitif dan terletak di hutan Kongo, suku bangsa Bushmen bisa ditemukan di Gurun Kalahari, sedemikian itu pula dengan suku bangsa Hottentot. Suku bangsa Eropa ataupun orang kulit putih banyak menghuni di Negara Afrika Selatan.

Walaupun, ada kedamaian kaum bangsa, masyarakat yang berumah di area daratan Afrika, dipecah ke dalam 4 golongan, adalah:

Bangsa Arab serta bangsa Arab Badui yang mendiami di area Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, serta Mesir. Untuk Bangsa Kulit Putih serta bangsa Kulit Kuning yang berasal  dari Benua Eropa, Asia Utara serta Asia Timur.

Bangsa Melayu yang mendiami di area Malagasi serta sekelilingnya. Bangsa Negro adalah masyarakat asli yang mendiami di Benua Afrika. Bangsa Negro ini terdiri dari Negro Niger, Negro Sudan, Negro Bantu , serta Pigmes ataupun Orang Pendek.

4 golongan bangsa yang berbeda– beda itu, bisa menimbulkan agama yang bertumbuh di Benua Afrika menjadi beraneka ragam. Karena, 4 golongan bangsa itu pula mempunyai agama yang berbeda – beda.

Agama yang dianut beberapa besar masyarakat, adalah Agama Islam, Agama Kristen, dan Katholik Roma . Setelah itu, beberapa kecil penduduknya adalah beragama  Hindu, Budha, serta gerakan– gerakan keyakinan yang lain.

Walaupun begitu, mereka kebanyakan memakai bahasa wilayah dari sukunya masing– masing, selan menggunakan hanya bahasa Arab, bahasa Inggris, serta bahasa Perancis. Pangkal lain melaporkan kalau ada 2000 tipe bahasa yang bertumbuh di Benua Afrika.

Bahasa yang sangat banyak dipakai oleh masyarakat Afrika adalah Swahili untuk masyarakat yang mendiami di area Afrika bagian timur serta selatan, bahasa Hausa buat masyarakat yang mendiami di Afrika bagian timur, serta bahasa Yaruba.

Pada era dulu, Benua Afrika adalah negara koloni. Nyaris, seluruh area yang berada di Benua Afrika adalah sisa kekuasaan Negara asing.

Tetapi, pada tahun 1955, ketika sedang diadakan Konferensi Asia – Afrika yang berlokasi di Bandung, bangsa– bangsa yang berada di Benua Afrika mulai bagkit buat memerdekakan diri.

Perihal di berdasarkan membuktikan bahwa ada golongan bangsa yang berbeda, dan ada juga agama serta bahasa yang berlainan. Tetapi, senantiasa menyatu di dalam Benua Afrika. Setelah itu, bagimanakah pembagian wilayah bersama negara – negaranya yang berada di Benua Afrika.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Benua Afrika dengan lengkap, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya . Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Peta Benua Afrika

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *