Peta Benua Amerika Selatan : Iklim, Sejarah, Geografis, Kota, Negara

Peta Benua Amerika Selatan – Benua Amerika Selatan berada di bagian selatan dari Benua Amerika Utara, diantara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Benua Amerika Selatan mempunyai luas wilayah 17.840.000 Km² atau hapir 11.98% dari luas daratan yang berada di bumi ini.

Dengan luas daratan yang demikian rupa, maka Benua Amerika Selatan menempati urutan yang ke 4 sebagai benua terbesar dunia setelah Benua Asia, Benua Afrika dan Benua Amerika Utara.

Benua Amerika Selatan memiliki jumlah penduduk lebih dari 420.458.044 jiwa dan kepadatan rata-rata penduduknya adalah 21 orang per Km². Setidaknya ada 13 Negara yang berada di Benua Amerika Selatan.

Benua Amerika Selatan dilintasi oleh garis Khatulistiwa, dan sebagai besar dataran Benua Amerika Selatan berada di belahan bumi bagian selatan.

Untuk bagian barat Benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara menuju ke selatan, sedangkan bagian timur Benua Amerika Selatan adalah dataran rendah yang sebagaian besar adalah basin sungai Amazon dan hutan tropis yang lebat.

Diduga Benua Amerika Selatan di tempati pertama kali oleh manusia yang bermigrasi dari Benua Asia melalui Tanah Genting Bering dan sekarang adalah Selat Bering, menuju Benua Amerika Utara dan ke selatan menjuku ke Benua Amerika Selatan.

Sementara dugaan lain tentang migrasi ke Amerika Selatan merupakan bagian selatan dari Samudera Pasifik melalui kepulauan yang berada di Oceania.

GAMBAR PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

GAMBAR PETA BENUA AMERIKA SELATAN

VERSI GOOGLE EARTH

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

Google.com

PETA BENUA AMERIKA SELATAN LENGKAP

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BUTA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN HITAM PUTIH

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

SEJARAH BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

Amerika Selatan terdiri dari 13 Negara republik merdeka, adalah: Negara Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Ekuador, Guyana, Guyana Prancis, Kolombia, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay dan Venezuela.

Kawasan Benua ini pula melingkupi propinsi melintas lautan Perancis, adalah Guyana Prancis serta kepulauan Falkland kepunyaan Inggris.

Negara-Negara Amerika Selatan kerap disebut dengan Amerika Latin, walaupun Amerika Latin merupakan sesuatu istilah untuk bagian Benua Amerika Selatan yang kultur penduduknya dipengaruhi oleh budaya latin lainnya.

Secara geografis Amerika Latin juga mencakupi Negara Mexico, negara-negara di Amerika Tengah serta Kep. Karibia, yang memakai bahasa Portugis, Spanyol serta Perancis.

Keragaman serta kekontrasan pula adalah karakteristik masyarakat Amerika Selatan. Latar belakang kebudayaan serta etnis, sedemikian itu juga dengan aksi peradapan, menyebabkan pembaruan serta penyatuan di kawasan yang mengalami hambatan.

Baca Juga : Benua Amerika

Peninggalan aset Spanyol nampak nyata di mana-mana. Bahasa Spanyol serta Portugis, akibat pengaruh agama Khatolik Roma yang berakar, angka sosial lamban, serta pelapisan kultur yang kencang.

Kegairahan buat mendiami di perkotaan, kesenangan pada aturan metode seremoni serta rezim terkonsentrasi, gengsi berdasarkan pemilikan, berada dimana- mana.

Begitu juga perbandingan yang amat nyata antara yang kaya dan yang miskin, antara yang berpendidikan dan buta aksara, antara pergantian dinamis serta kemerdekaan yang tanpa batasan.

Antara kemajuan pesat dan ketidakpedulian yang tidak tergoyahkan, dan antara populasi kota yang terus membesar serta area yang kosong.

GEOGRAFIS

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

PETA BENUA AMERIKA SELATAN

Celah antara Pegunungan Andes di barat serta dataran tinggi di sebelah timur diisi lengkung raksasa dataran rendah Benua Amerika Selatan yang meliuk- liuk.

Kontur sekat lereng timur jauh lebih kasar daripada lereng yang berada sisi barat. Aliran sungai dari jaringan Sungai Orinoco, Sungai Amazon, serta lapisan persungaian Paraguay-Parana meluncur mengarah ke dataran.

Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia, membentuk delta-delta di komponen muara selebar 320 kilometer dan panjang Sungai Amzon adalah 6.518 kilometer.

Cabang- cabangnya kurang lebih berjumlah 15.000 anak sungai serta paling sedikit 10 antara lain memiliki panjang lebih dari 1.600 kilometer, serta saluran pembuangan air untuk area seluas 5,5 juta Km², dan mengangkat seperlima dari semua jumlah air tawar di dunia menuju ke Samudera.

Sungai Madeira, anak sungai dari pinggir kanan Sungai Amazon, yang bersumber dengan baik di Pegunungan Andes ataupun di dataran tinggi Brasil. Panjangnya lebih dari 3.300 kilometer dan lebarnya lebih dari 5 kilometer.

Sungai ini bergabung dengan Sungai Amazon sekitar 1.600 kilometer dari tepi laut laut. Rute air utama yang lain di Amerika Latin, walaupun besarnya jauh di bawah Sungai Amazon, masih tetap sungai terbesar di dunia.

Dalam kelompok ini ada Sungai Parana, panjangnya lebih dari 4.000 kilometer, setelah itu Sungai Paraguay yang berasal di dataran tinggi Brasil di Mato Grosso, panjangnya lebih dari 2.538 kilometer, kemudian Sungai Oricono, panjangnya nyaris 2.700 kilometer.

Lokasi pinggiran dari dataran-dataran tinggi mengurangi dengan cara ketat perkembangan wilayah pantai serta sangat membatasi perluasan wilayah belakang (hinter land) yang mudah dijangkau dan sesuai didiami manusia.

Di antara hutan hujan tropis di Kolombia serta hutan basah yang beriklim sedang di Chili selatan, membentang sesuatu area pantai yang kering.

Dari Chili tengah dan sisi utara, melewati Peru, mencakup EKuador hingga pantai selatan Teluk Guayaquil, terdapat gurun pesisi Pasifik, yang di sebagian wilayah Chili(Atacama) serta Peru, belum pernah di sentuh oleh hujan. Vegetasi yang bertahan cuman semak gurun serta kaktus.

Kecuali wilayah timurlaut Brasil, mayoritas dataran yang tersisa serta tanah plato rendah adalah padang rumput.

Sabana tropis di dataran Orinoco (Ilano), bersama komponen Brasil tengah, sebelah selatan serta komponen Bolivia serta Paraguay (Chaco) yang berdampingan, melingkupi area ribuan km persegi. Lahan hutan serta lahan belukar timbul berantakan pada lintasan padang rumput tropis ini.

Brasil mempunyai caatinga(lahan hutan duri, semak serta sabana), serta pula mempunyai pantanal (rumpur kasar, palma, serta rawa- rawa). Sebagian komponen Chaco di Paraguay barat mempunyai hutan rimbun quebracho, pohon kayu keras yang bisa menghasilkan asam semak.

IKLIM BENUA AMERIKA SELATAN

IKLIM BENUA AMERIKA

IKLIM BENUA AMERIKA SELATAN

Karena adanya perbandingan yang besar pada ketinggian posisi, serta uraikan lintang geografis yang ekstensif, hingga Benua Amerika Selatan mempunyai iklim  yang amat bermacam – macam.

Kondisi dari suhu tropis, ekuatorial, suhu dingin dan suhu panas, semuanya ada di Benua Ameika Selatan. Lebih dari pertiga Benua ini terdapat pada jalur tropis.

Di sisi selatan garis kembali selatan, bentuk daratan Amerika Selatan terus menjadi meruncing. Mulai dari lintang 50  ͦLS (Kepulauan Falkland) hingga Pegunungan Tierrra del Fuego, pada bulan yang sangat dingin sekalipun, suhu pada umumnya masih berada terletak di atas titik beku, kecuali pada punggung Pegunungan Andes (0  ͦC).

Daratan serta lembah Amazon, khususnya Amazon hulu, merupakan wilayah panas serta mempunyai curah hujan terbanyak di dunia. Nyaris 5,2 juta Km² hutan ekuatorial serta hutan basah (selva) menutupi permukaan bumi yang berada di Brasil utara serta tengah.

Sebagaian besar area Guyana( Guyana Perancis, Guyana serta Suriname), serta bagian – bagian khusus Venezuela, Bolivia, Peru, Kolombia, serta Ekuador.

FISIOGRAFIS

FISIOGRAFIS BENUA AMERIKA SELATAN

FISIOGRAFIS BENUA AMERIKA SELATAN

Benua Amerika Selatan mencakup sekitar 14% luas dari permukaan bumi, mulai dari bagian utara yang tropis di kawasan Karibia, hingga ke selatan sejauh 7.650 Km mengarah Tanjung Horn.

Struktur sebagaian besar darat Amerika Selatan terdiri dari 4 massa daratan yang tinggi adalah dari landasan utamanya adalah Pegunungan Andes, dataran tinggi Brasil, dataran tinggi Guyana serta dataran tinggi Patogonia.

Pegunungan Andes

Pegunungan Andes adalah barisan pegunungan yang bukan seragam, serta dengan begitu bisa dibagi menjadi 3 komponen yaitu Andes Utara, Andes Selatan serta Andes Tengah.

Luas pegunungan ini tidaklah sama, yaitu antara 160-320 Km, kecuali di Bolivia, yang lebarnya mencapai 650 Km. Puncak-puncaknya menjulang setinggi 5.500 – 7.000 m, berderet ke Selatan semacam tulang punggung berduri raksasa.

Sebagai bagian dari lapisan gunung yang terlipat serta patah yang membingkai Samudra Pasifik, Andes mempunyai beberapa besar susunan pegunungan yang berbagai macam.

Satu susunan pegunungan melewati Kolombia Utara serta Venezuela serta berjumpa dengan lapisan Karibia pada kaki bukit- bukit, berbatu-batu serta dataran tinggi curam, kemudian berjumpa pada suatu titik di Kolombia Selatan serta Ekuador.

Dari situ, susunan itu memanjang ke selatan melewati Peru, Bolivia serta Chili utara bersama Argentina. Dengan begitu Andes terdiri atas 2 susunan utama yang dikenal sebagai Cordillera Occidental serta Cordillera Oriental (Susunan Barat serta susunan Timur).

Kedua cordillera ini memeluk barisan plato yang amat berbeda- beda, termasuk punggung pegunungan serta cekungan tengah gunung, yang ukuran, dan ketinggian. Aspek, lahan serta kemungkinannya untuk dijangkau, berbeda-beda juga.

Pada bagian lain ada juga dataran garam putih yang disebut dengan salar, misalnya Salar de Coipasa serta Salar de Uyuni di Bolivia. Di sebalah timur Cordillera Oriental, khusunya yang berada di Bolivia, ada barisan pegunungan yang tidak teratur, yang dikenal dengan sierra ataupun serra.

Disebelah timur Pegunungan Andes, Amerika Selatan didominasi 3 lapangan besar, yaitu Lapangan Besar Guyana, Brazilia serta Patagonia.

Untuk bagian tenggara dataran Besar Guyana yang mayoritas amat terjal yang menjulang besar 2.750 meter lebih, dengan pucuk yang latar, semacam perihalnya Plato Roirama. Dari area yang mencuat serta terjal, mengalir beberapa cabang dari Sungai Orinoco, Sungai Mazaruni serta Sungai Essequiobo.

Di Brasil, Pegunungan Andes mencapai ketinggian lebih dari 2.750 meter, dengan pegunungan- pegunungan Serra do Mar, Serra do Caparo serta Serra da Mantiquera.

Di perbatasan Negara bagian Espirito Santo-Minas Gerais, menjulang pucuk tinggi Brasil, adalah Gunung Bandeira (2.890). Di Brasil selatan serta Uruguay barat laut mengalir beberapa sungai semacam, Sungai Tiete, Sungai Parana, dan Sungai Iguacu, yang membentuk sejumlah air terjun.

Lereng dataran tinggi Brasil melandai ke arah pedalaman, namun kebalikannya dataran tinggi Patagonia menanjak ke arah barat, mengarah Pegunungan Andes dalam sederet plato, yang mencapai ketinggian kurang lebih 1. 525 meter.

Semacam perihalnya di pinggiran dengan Uruguay, komposisinya yang terdiri dari batu kristalin purba, laca serta batu pasir.

FLORA DAN FAUNA

FLORA DAN FAUNA BENUA AMERIKA SELATAN

FLORA DAN FAUNA BENUA AMERIKA SELATAN

Sepanjang beberapa besar Era Tersier (70-11 juta tahun dulu sekali), Benua Amerika Selatan terasing dari Amerika Utara. Akibatnya, berkembanglas spesies monyet serta binatang lain yang tidak ditemukan di tempat-tempat lain.

Semacam sipemalas berjari 3 (sloth-Bradipus-tridactylus), pemangsa semut, serta armadilo yang khas Amerika Selatan. Kala terbentuk tanah darurat Amerika Tengah, hingga berdatanganlah binatang dari Amerika Utara.

Binatang liar yang saat ini banyak terdiri dari alpaka, lama, guanako, jaguar, puma, oselot, monyet, sipemalas, tapir serta armadilo, pula ular, baik yang beracun ataupun yang membelit, tercantum anakonda (9 meter).

Binatang pengerat melingkupi viskaca serta babi hutan air (capybara), terdapat juga, aligator, beruang serta bermacam tipe kadal, beberapa besar burung, mulai dari burung kondor di Pegunungan Andes hingga burung kolibri di hutan tropis.

Burung rhea yang tuna sayap mirip dengan burung unta Afrika serta cuma ditemui di sini. Terdapat 2.000 spesies ikan air tawar yang berada di Sungai Amazon, termasuk ikan piranha.

PENDUDUK

PENDUDUK BENUA AMERIKA SELATAN

PENDUDUK BENUA AMERIKA SELATAN

Masyarakat Amerika yang pertama di duga berasal dari Benua Asia yang pindah melalui Selat Bering. Mereka berciri Mongol. Gelombang migrasi awal mempunyai kebudayaan di Zaman Batu yang primitif.

Awal mula mereka hidup bagaikan pemburu yang berpindah-pindah (nomad), namun lamban kelamaan berpindah jadi orang tani yang berdiam serta membudidayakan tumbuhan asli, semacam kentang, ketela, serta ubi jalar.

Namun setelah itu mereka lebih maju lagi pembudidayaan buah-buahan asli setempat, semacam coklat, tomat, limau peras, dan beberapa besar buah-buahan lain, kacang-kacangan, serta tembakau.

Peradapan terbanyak di Benua Amerika Selatan yakni peradapan bangsa India Inka. Semacam perihalnya bangsa Aztec di Mexico, bangsa Inka adalah pucuk perolehan pengelompokan sebaris suku-suku Indian yang kemajuan masyarakatnya berjalan terpisah serta individual.

Mereka tersebar di cekung-cekung serta lembah-lembah tengah gunung, serta sudah memahami skema pengairan.

Kultur semacam Chavin yang mula awal (1. 000 tahun saat sebelum Masehi), Moche, Paracas, Nacza atau Tiahuanoco, serta Chimu, sudah meningkatkan diri jauh saat sebelum timbulnya peradapan Inka.

Hingga saat ini, mereka masih mempunyai keahlian dalam perihal tenun-menenun, seni pembuatan keramik dan kerajinan kayu dan logam.

Pada abad yang ke 15, menjelang kehadiran Columbus, bangsa Inka sudah mempunyai aturan pemerintahan serta jaringan jalan yang menghubungkan ke pusat-pusat pemukiman dengan Ibukota mereka di Negara Peru.

Kala kalangan petualang Eropa berlabuh pada tahun 1492, mereka sekedar mencari harta kekayaan. Namun di bawah Conquistador Fransisco Pizzaro pada tahun 1532.

Suku- suku Indian ini segera di taklukkan serta berlangsunglah penjajajahan Spanyol atas Bumi Baru ini sepanjang 300 tahun. Muncullah Negara-Negara yang saat ini mengisi peta politik Amerika Selatan.

Tidak hanya di Brasil yang dijajah bangsa Portugis serta area yang berbatasan dengan Karibia yang dijajah Inggris, Prancis serta Belanda, area selainnya dijajah Spanyol. Orang Negro diimpor dari Afrika buat dijadikan budak belian, setelah itu orang Tiongkok, India serta orang Indonesian( di Suriname). Dengan begitu, lahirlah generasi kombinasi yang berbagai macam.

Saat ini Amerika Selatan ditempati masyarakat kombinasi, semacam kalangan mestizo adalah kombinasi orang Indian serta orang Spanyol (kulit putih), criollo(kreole) adalah masyarakat asal Eropa yang menjadi pribumi Amerika Selatan.

Kemudian mulatto, adalah kombinasi kulit putih serta kulit gelap, dan sedikit suku ras putih serta Indian Asli. Dengan kehadiran orang Italia, Jepang, Jerman, serta apalagi orang Eslandia serta ras Mongol (Tiongkok), hingga orang Amerika Selatan membanggakan diri bagaikan sesuatu ras kosmis.

EKONOMI

EKONOMI BENUA AMERIKA SELATAN

EKONOMI BENUA AMERIKA SELATAN

Rakyat Amerika Selatan biasanya sedang hidup di bawah garis kekurangan, walaupun area ini kaya akan sumber mineral serta hasilpertanian. Venezuela akan minyak bumi, Kolombia mempunyai iklimyang baik buat kopi.

Bolivia serta Peru kaya akan hasil tembaga, di sisi yang lain pupuk kotoran kukila( guano). Chili adalah salah satu di antara pengekspor yang utama tembaga dunia, serta tambangnya menghasilkan nitrat, besi serta belerang. Argentina mengekspor kopi, yang jumlahnya sekitar setengah dari kebutuhan kopi yang ada di dunia, serta Negara Barasil pula masih mempunyai tambang nikel serta krom.

Selama 150 tahun sehabis merdeka, Negara-Negara Amerika selatan adalah agen bahan mentah serta perolehan pertanian buat Eropa serta Amerika Serikat. Kebalikannya, kawasan ini adalah pasar bagi hasil industi pabrik  Benua Eropa serta Amerika Serikat.

Dengan begitu, suasana perekonomian Amerika Selatan bersifat labil serta amat rawan terhadap naik-turunnya harga komoditi di pasaran global. Kala harga tembaga melonjak, para owner tambang di Chili, Bolivia, serta Peru makmur.

Kala harga kopi meningkat, para owner perkebunan kopi di Brasil, Kolombia, Guatemala serta El Salvador menjadi kaya. Kala harga kopi jatuh, beberapa besar perolehan kopi harus dibuang ke laut ataupun dibakar, semacam terjadi pada tahun 1929.

Kala harga minyak dunia naik pada tahun 1970- an, Venezuela hidup dalam kelimpahan. Sedemikian itu harga minyak bumi jatuh pada tahun 1985, maka orang Venezuela harus mengencangan ikat pinggang.

Menjelang akhir abad yang ke- 20, Negara Argentina, Chili, Brasil, serta Venezuela mulai berjalan ke zona industri, serta maju cepat. Argentina maju lebih dahulu dengan proyek raksasa pengerjaan serta pengemasan daging, dan pabrik perpabrikan, sedangkan Negara Paraguay masih tertinggal.

Menjelang akhir abad yang ke 20, Brasil, Chili, Venezuela serta Mexico maju lebih cepat dengan industri perpabrikan yang menciptakan pakaian, lemari es, tv, radio, bahan-bahan kimia serta obat- obatan, mobil dan mesin ketik, bagus buat kebutuhan sendiri ataupun ekspor.

Venezuela membuat Kota industri baru dengan julukan Santa Tome de Guyana di pinggir Sungai Orinoco, yang mempunyai proyek baja, semen, alumunium, serta kertas. Dalam durasi yana tidak terlalu lama, Benua Amerika Selatan berambisi dapat mandiri  dalam hal ekonomi.

PEMERINTAHAN

PEMERINTAHAN BENUA AMERIKA SELATAN

PEMERINTAHAN BENUA AMERIKA SELATAN

Benua Amerika Selatan terpisah-pisah oleh perbandingan geografis, iklim, kebutuhan, serta ciri khas.

Sehabis mencapai kebebasan dari Negara Spanyol, Negara-Negara Republik terkini di Amerika Latin ini menata konstitusi yang menjiplak pola Amerika Serikat.

Melainkan Brasil, yang kala itu menganut monarki berkonstitusi, dengan cara hukum, Negara-Negara Republik yang masih mudah itu menganut dasar demokrasi. Dokrin Monroe tahun 1823 mengingatkan para penguasa Eropa supaya tidak campur tangan dalam permasalahan dalam Negara Amerika.

Hasilnya, setelah berjalan 14 tahun kegentingan perang antara Negara-Negara muda tersebut, muncullah Negara itu bagaikan Negara Republik yang berdiri sendiri. Tetapi, 300 tahun penjajahan kolonial tidak menghasilkan bangsa-bangsa itu dewasa serta sedia menata hidup mereka sendiri.

Rakyat mereka terdiri dari suku Indian yang tuna-aksara, sisa budak belian, serta mestizo yang terbiasa diperintah. Dengan begitu, demokrasi lebih banyak adalah angan-angan dari kenyataan.

Negara-Negara Republik yang baru itu pada dasarnya diperintah oleh para tuan tanah kaya, sebaliknya rakyat yang tidak mempunyai kewenangan politik. Hak berpolitik, apalagi hak asas, kerap ditiadakan.

Diktator politik atau (caudillo) jadi cerminan orang kuat yang memerintah saat ini. Baik para diktator, apalagi pemerintahan yang mengaku demokratis saat ini ini, menyuruh massa dengan tangan besi.

Cuma 10% hingga 20% dari golongan rakyat (untuk golongan atas) yang aktif dalam kehidupan politik, selainnya tidak masuk hitungan.

WILAYAH STRATEGIS BENUA AMERIKA SELATAN

BENUA AMERKA SELATAN

BENUA AMERKA SELATAN

Sungai Amazon yang berada di Brasil, Danau Maracaibo di Negara Venezuela, Danau Titicaca antara Negara Bolivia dan Negara Peru, Cordillera de los Andes yang berada di sepanjang pantai timur, Sungai Parana di Brasil, Samudera Pasifik, Laguna Mar Chiquita yang berada di Argentina, Rio de la Plata antara Uruguay serta Salar de Uyuni di Negara Brasil

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Benua Amerika selatan, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila ada kesalah menulis . Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Peta Benua Amerika Selatan

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply