PETA BENUA AMERIKA UTARA : Geografis, Fisiografis, Iklim, Penduduk !!

Peta Benua Amerika Utara – Benua Amerika Utara terletak di bagian utara dari Benua Amerika, berada di Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Benua Amerika Utara memiliki wilayah mencapai 24.474.000 Km² dan hampir 4,8 % dari total luas permukann bumi ini.

Maka luas daratan tersebut Benua Amerika Utara menempati urutan yang ke 3 sebagai Benua terbesar di dunia setelah Benua Asia dan Benua Afrika. Mulai bulan Juli pada tahun 2002, penduduk Benua Amerika Utara diperkirakan lebih dari 514.600.000.

Hubungan tanah yang satu-satunya dari Benua Amerika Utara ke Benua Amerika Selatan adalah tanah genting Panama. Untuk alasan geopolitik, seluruh Panama adalah termasuk timur di bagian terusan Panama yang sering dianggap sebagai Benua Amerika Utara juga.

Namun menurut beberapa pakar, Benua Amerika Utara tidak mulai di tanah genting Panama melainkan di tanah genting Tehuantepec, dengan daerah yang menghalangi dianggap Benua Amerika Tengah yang bersandar pada lempingan Caribbean.

Kebanyakan orang cenderung yang menganggap Benua Amerika Tengah adalah sebagai daerah Amerika Utara karena mereka berpendapat bahwa wilayah tersebut terlalu kecil untuk menjadi Benua itu sendiri.

Batas Benua Amerika Utara adalah di bagian utara berbatasan dengan Laut Artik. Di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Karibia. Di bagian timur berbatasan dengan Samudera Atlantik Utara dan disebelah barat berbatasan dengan Samudera Pasifik Utara.

GAMBAR PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

GAMBAR PETA BENUA AMERIKA UTARA VERSI GOOGLE EARTH

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BUTA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA HITAM PUTIH

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

GEOGRAFIS

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

Secara umum Benua Amerika adalah termasuk Greenland, yaitu 83  ͦ LU – LS dan 35  ͦ BB – 170  ͦBB. Nama Amerika Utara di ambil dari nama penjelajahan dari Italia, yang bernama Amerigo Vespucci. Amerigo Vespucci adalah orang pertama yang berpendapat bahwa Amerika Utara tidak sama dengan Hindia Timur.

IKLIM

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

Iklim Benua Amerika Utara adalah sub tropis. Di sekitar dataran rendah Missisipi dan tanjung Kennedy. Untuk iklim subtropis berada di kawasan Negara Amerika Serikat dan iklim dingin berada di bagian utara, adalah berada di Alaska (Negara Amerika Serikat) dan bagian utara Negara Kanada.

Baca Juga : Peta Dunia

FISIOGRAFIS

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

Bentang alam dari Amerika Utara terdiri dari pulau-pulau yang bagian dari Canadian Shield. Daerah dari perisai Kanada atau Canadian Shield yang berbentuk segitiga, yang puncaknya terdapat di daerah-daerah danau yang besar dan perbatasan dengan Amerika Serikat dan Kanada.

Ketika pada zaman es, di daerah sebelah utara yang tertutup oleh hamparan es yang merupakan gletser.

Gletser mengalir ke arah selatan yang mengakibatkan perisai Kanada yang mengalami pengikisan es hebat dan bisa menyebabkan terbentuknya beberapa danau yang besar seperti danau Michigan, Superior, Huron, Erie dan Ontario.

Teluk Hudson adalah dataran rendah yang berada di Kawasan Amerika Utara, sedangkan bagian barat Amerika Utara adalah deretan pegunungan tinggi.

Puncaknya yang tertutup oleh salju adalah pegunungan Rocky, dengan dataran pegunungan yang dari utara menuju ke selatan, adalah pegunungan Mac Kenzie, pegunungan Alaska, Pantai Sierra Madre dan Pantai Sierra Nevada.

Untuk sebelah timur, di sekitar pegunungan Rocky, terdapat gunung tinggi yang bernama The Great Plains yang menurun ke arah timur yang berbatasan dengan dataran rendah yang bernama The Interior Plains adalah dataran rendah yang sangat luas.

Bagian timur terdapat pegunungan tua yang bernama Appalacha yang membujur sejajar Pantai Atlantik yang dari Teluk Lawrence ke barat daya sampai ke Georgia, Tenesse dan Alabama.

Bagian utara pegunungan ini adalah hamparan dataran tinggi New England yang berbatasan dengan dataran tinggi Labrador. Untuk bagian tengah dinamakan dengan Alleghany.

Benua Amerika terdiri dari dua Negara yaitu Negara Kanada dan Negara Amerika Serikat. Meski hanya terdiri dari dua Negara saja, kawasan utara tersebut mempunyai wilayahnya cukup luas.

Negara Kanada yang terletak di sebelah utara Negara Amerika Serikat, daerah pantai utaranya secara langsung berbatasan dengan lautan es utara, sehingga di daerah tersebut kondisi lautnya hampir tidak pernah mencair.

PENDUDUK

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

Penduduk asli Amerika terdiri dari orang Eskimo dan Indian. Penduduk yang berkulit putih di Amerika berasal dari Benua Eropa.

Secara keseluruhan, penduduk yang berkulit putih dan non kulit putih yang berada di Amerika Utara pada saat ini sudah berbaur, sehingga menghasilkan keturunan yang baru dan bersifat campuran.

Detroit adalah salah satu contoh kota perpaduan dengan budaya kulit putih dan kulit hitam. Perkawinan atau percampuran ketiga ras tersebut yang berada di Amerika sebagai berikut.

Zambo adalah campuran orang India dengan orang Negro. Mulattos adalah campuran orang yang berkulit putih dengan orang Negro. Sedangkan Mestizos adalah campuan orang yang berkulit putih dengan Indian. Tingkap pertumbuhan penduduk per tahunya rendah, yaitu sebesar 0,7%.

Bahasa yang digunakan Benua Amerika Utara adalah Bahasa Inggris. Khususny di wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

PERKONOMIAN

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

Negara-Negara yang berada di kawasan Amerika Utara adalah yang paling maju jika dibandingkan dengan kawasan yang lainnya yang berada di Benua Amerika.

Berkembangkanya kegiatan pertambangan, manufakur, industri pariwisata, perdagangan dan banyak lembaga-lembaga Internasional yang berada di Amerika Utara dan memberikan peluang kerja yang cukup berwariasi bagi penduduk di Amerika Utara.

Kenyataan tersebut bisa diamati dari pendapatan Nasional Amerika Utara yang sangat tinggi, pendapatan yang tinggi cukup merata pada sejumlah besar penduduk yang memacu tingginya kebutuhan, dukungan kegiatan industri cukup pesat dan perdagangan.

Faktor Yang Mempengaruhi Perekonomian

Faktor yang mempengaruhi perekonomian Benua Amerika Utara sebagai berikut:

1. Potensi sumber daya alam

    • Areal pertanian yang subur.
    • Ketersediaan bahan baku.
    • Kaya sumber tenaga.

2. Potensi sumber daya alam manusia

  • Daya beli masyarakat yang besar.
  • Angka harapan hidung yang tinggi.
  • Tingkap pendidikan yang tinggi.
  • Kualitas kesehatan yang baik.

POSISI AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

Posisi Amerika Utara yang dapat ditinjau dari beberapa aspek, yaitu:

1. Aspek dari Ekonomi

Keadaan ekonomi yang berada di Amerika Utara sudah mapan dan maju, Kanada dan Amerika Serikat adalah dua Negara besar yang maju dalam bidang industri yang tebukti dari peran sertanya di dalam perekonomian duni, diantaranya adalah:

  • Dollar Amerika Serikat sebagai standar mata uang dunia.
  • Sebagai anggota IMF.
  • Berperan dalam G7 dan APEC.
  • Penanaman modal di Negara yang berkembang.
  • Relokasi industri dari Negara Amerika Serikat ke Negara-Negara yang berkembang.

2. Aspek dari Politik

Kedudukan Negara Kanada dan Amerika Serikat yang berada di kawasan utara sangatlah kuat. Benua Amerika Utara adalah Negara yang beradikuasa. Sejak tahun 1990 pengaruhnya semakin besar di dunia.

Setelah Negara-Negara yang berkomunis, seperti Negara Latvia, Negara Estoria, Negara Belarus yang memisahkan dari Uni Soviet. Bahkan Benua Amerika Utara, yang khususnya Negara Amerika Serikat, selaku pimpinan blok liberalisme yang semakin kuat kedudukannya di dunia ini.

Terbukti dari peran aktif Benua Amerika Utara dalam percanturan dunia, antara lain adalah:

  • Mempunyai hak vektor di PBB.
  • Keamanannya yang mantap.
  • Ikut campur tangan jika terjadinya pertikaian politik dunia.
  • Berpengaruh kuat untuk menentukan kebijakan dari PBB untuk penyelesaian masalah dunia.

3. Aspek sosial budaya

Dalam aspek kehidupan sosial budaya, Benua Amerika Utara tetap melestarikan kebebasan mengemukakan pendapat, kebesan ekonomi, kebebasan beragama dan kebebasan-kebebasan yang lainnya.

Peran aktif dalam kegiatan sosial dunia, diantaranya adalah:

  • Pertukaran pelajar dan mahasiswa.
  • Memberikan bantuan sosial.
  • Terjadi alih tenologi, tenaga ahli yang berasal dari Amerika akan dikirim ke Negara-Negara yang berkembang.

FLORA FAUNA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

Flora yang berada di Amerika Utara didominasi oleh padang rumput yang hijau (Prairi) yang sekarang dimanfaatkan untuk lahan pertanian yang subur. Selain itu, ada juga tumbuhan yang khas dari daerah tundran berupa hutan konifera yang berdaun jarum dan tumbuhan semusim yang lainnya.

Sedangkan untuk Fauna yang berada di Amerika Utara didominasi oleh beruang kutub, bison, ikan salmon dan penguin.

TEMPAT WISATA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

PETA BENUA AMERIKA UTARA

  1. Niagara Falls

Niagara Fall adalah sebuah kota wisata yang bertempat di tepi barat Sungai Niagara, Provinsi Ontarion, Provinsi Ontario, wilayah barat Negara Kanada. Di seberang Sungai Niagara terdapat juga sebuah Kota yang sama namanya dengan Niagara Falls tetapi wilayahnya berada di New York, Amerika Serikat.

Dari sungai Niagara tersebut mengalir air terjun Niagara Falls yang merupakan salah satu air terjun yang terindah di dunia. Air terjun Niagara juga terdiri atas 3 air terjun yaitu American Falls, Horseshoe Falls dan Bridal Veil Falls.

  1. Old Montreal

Old Montreal merupakan daerah tertua yang berada di Montreal, Quebec, Negara Kanada. Berada di sebuah Kota kecil yang bernama Ville – Marie, kawasan tersebut di juluki dengan New France, karena bangunan tersebut bergaya Perancis.

Secara umum, Old Montreal dibatasi dengan McGill St untuk sisi barat, Ruelle de Fortifications di sisi utara, Saint Lawrence River di bagian selatan dan di timur berbatasan dengan Rue Saint Andre.

  1. Burcharts Gorden

Anda bisa melihat Butchard Garden dengan bermacam suasana, ada Japanes Garden, Italian Garden, Concert Lawn Walk, Sunken Garden, Mediterranean Garden dan Rosen Garden yang sangat memukau sekali.

Anda juga bisa menemukan bekas galian tambang yang berada di salah satu sisi taman tersebut, membuat pemandangan tersebut semakin indah dan tidak membosankan. Dari Sunken Garden, Anda bisa melihat beragam tumbuhan yang ditanam dengan ketinggian yang berbeda-beda.

  1. Cn Tower

Cn Tower merupakan salah satu menara ang tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai dari 550 meter. Menara tersebut berada di Toronto yan dianggapp sebagai Ikon Kota ini. Cn Tower juga digunakan untuk menara komunikasi.

Lebih dari dua juta pengunjung yang datang ke menara Cn Tower tiap tahunnya. Terdapat dua wilayah untuk pengunjung di menara Cn Tower, yaitu tujuh lantai dengan ketinggian mencapai 330 meter dan SkyPod dengan ketinggian 447 meter, lebih tepatnya di bawah antena.

  1. Quebec

Quebec adalah salah satu Kota yang berada di bagain timur Kanada. Walaupun berada di Kanada, kota tersebut memberika sensasi yang sama sekali berbeda dengan Kanada. Di tempat ini Anda akan bisa merasakan pengalaman berwisata seperti di Negara Perancis.

Anda juga bisa mengunjungi Frontenac Chanteaux yang berdiri di samping sungai St. Lawrence. Frontenac Chanteaux adalah sebuah benteng yang dahulunya berada di tangan bangsa Perancis dan dibangun untuk perlindungan angkatan laut Inggris.

  1. Vancouver

Kota Vancouver merupakan Kota yang menduduki peringkat teratas yang sebagai tempat paling nyaman untuk ditempati. Vancouver juga terkenal dengan keindahannya. Di Kota ini terdapat salah satu taman Kota yang tersebar di Benua Amerika Utara adalah Stanley Park.

  1. Teluk Fundy

Teluk Fundy berada di pantai timur Kanada dan mempunyai luas mencapai 270 Km². Teluk Fundy mempunyai air pasang surut yang paling tinggi di dunia dengan selisih mencapai 16,2 meter.

100 juta kubik air laut yang mengalir masuk dan keluarnya kedalam Teluk Fundy di setiap terjadi pasang surut dan rentang waktunya sekitar 6 jam.

Teluk Fundy terkenal karena batuan pesisir dan efek pasang surut yang sangat ekstrem. Di Teluk Fundy bisa menikmati pemandangan yang dramatis dari batuan vulkanik dan tebih yang curam.

Teluk Fundy juga tempat bermigrasi burung, penemuan tumbuhan dan hewan dan tempat ditemukan habitat langkah dan hampir punah untuk ikan pausnya.

  1. Price Edward Island

Price Edward Island adalah tempat paling indah yang berada di Negara Kanada. Tempat ini selalu berhasil menghipnotis para wisatanwan yang sedang berkunjung, karena mempunyai keindahan dan panorama yang menakjubkan.

Pantai yang bersih, laut yang berwarna biru membentang dan langit biru dengan awan yang bergumul tipis membuat pikiran menjadi melayang terbang pada titik ketenangan tersebut.

Suasana ditempat ini sangatlah nyaman dan rileks. Membuat siapapun yang berkunjung akan terlena, untuk sebelah utara barat pantai, Anda juga bisa melihat kincir angin yang modern untuk dibuat windenergy.

Uniknya, jika Nada berhasil di mencapai titik tersebut, Anda akan mendapatkan pita sebagai tanda bahwa Anda sudah berkunjung ke Price Edward Island.

  1. Grand Canyo

Destinasi wisata Grand Canyo mempunyai keindahan pemandangan sungai Colorado dan memiliki kedalaman sungai mencapai 1.6 meter. Termasuk salah satu sungai dengan panjang mencapai 446 Km.

Pemandangan yang unik dengan perpaduan warna-warna yang alami dan indah, adalah satu yang menarik di wisata Grand Canyo ini.

  1. Yellowstone National Park

Destinasi Yellowstone Nasional Park mulai dibuka pada tahun 1872, Yellowstone Nasional Park adalah pilihan wisata yang lainnya yang berada di Amerika. Taman nasional dibuka dengan tujuan menjaga keindahan alam geyser dan air panas di sekitarnya serta melindungi satwa liar.

Disini bisa melihat pemandangan yang sangat menarik di mata air panas dengan perpaduan warna yang cantik yaitu warna orange, kuning, merang dan biru perpadu menjadi satu.

  1. Walt Disney World Resort

Destinasi wisata ini dibuka pada tahun 1971, Walt Disney Resort adalah salah satu berada di Florida, tepatnya di Bay Lake, adalah salah satu taman hiburan untuk anak-anak, dengan berbagai macam pertunjukan dan atraksi yang menarik dan tentunya mempunyai banyak sekali wahana yang tidak akan selesai dinikmati dalam waktu sehari saja.

Anda setidaknya memerlukan waktu sekitar 7 hari untuk bisa merasakan aneka wahana yang berada di taman bermain terbesar di dunia ini.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Benua Amerika Utara, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya . Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Peta Benua Amerika Utara

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply