peta benua amerika

PETA BENUA AMERIKA : Sejarah, Iklim, Geografis, Negara [LENGKAP]

Peta Benua Amerika – Di Dunia ini yang dibagi menjadi 7 macam dan salah satunya yang dianggap benua besar adalah Amerika Selatan, Amerika Utara dan Amerika Tengah.

Ketika dua benua tersebut digabung menjadi satu dan disebut dengan Benua Amerika, untuk luas wilayah Benua Amerika mencapai 42.549.000 Km². Sedangkan untuk jumlah penduduk dari Benua Amerika adalah 954.000.000 jiwa pada tahun 2013.

Salah satu Negara yang ada di Benua Amerika sempat dijuluki sebagai Negara adidaya berkat kecanggihan teknologi yang semasa perang dunia dahulu.

Jika kita memang berniat untuk berkunjung ke Negara yang saat ini perlu untuk mengetahui informasi ilmu sekilas Negara ini.

Daftar Isi

GAMBAR PETA BENUA AMERIKA

peta benua amerika
peta benua amerika

GAMBAR PETA BENUA AMERIKA VERSI GOOGLE EARTH

peta benua amerika
peta benua amerika

PETA BENUA AMERIKA LENGKAP

peta benua amerika
peta benua amerika

PETA BUTA BENUA AMERIKA

peta benua amerika
peta benua amerika

PETA BENUA AMERIKA HITAM PUTIH

peta benua amerika
peta benua amerika

SEJARAH

peta benua amerika
peta benua amerika

Sekitar 20.000 tahun silam, Benua Amerika pernah ditinggali oleh penduduk yang bermigrasi dari Benua Asia, sedangkan berdasarkan pada teori trandisional, para imigran tersebut bermigrasi ke jembatan darat Beringia pada masa 40.000 sampai 17.000 tahun Sebelum Masehi.

Hal tersebut adalah terjadi karena adanya penurunan permukaan laut secara drastis pada masa Glasiasi Kuarter.

Ruten yang lain digunakan pada zaman dahulu merupakan berimigrasi dengan menggunakan perahu dari Pantai Pasifik menuju ke Amerika Selatan.

Migrasi yang kedua pun pernah terjadi lagi dan bukti dengan ditemukan pada variasi genetik dari orang Athabaskans.

Selanjutnya, Benua Amerika diguni oleh orang-orang dari Artik yang mengembangkan budaya yang meluas sampai ke Semenanjung Alaska. Suku tersebut menciptakan budaya Paleo Eskimo yang kemudian menjadi Pra-Dorset dan juga tradisi Kemerdekaan Greenland.

Kelompok dengan kebudayaan Pra-Dorset mulai tergantikan dengan imigrasi dari Pantai Laut Bering, Inuit. Suku Inuit juga bermigrasi ke Greenland disaat suku lain yang sudah ada dan tiba di Greenland yaitu adalah Suku Vikings.

Namun, pada tahun 1.500, Suku Vikings mulai meninggalkan wilayah Greenland. Pada era berikutnya disebut dengan Pre-Columbian Era. Pada masa itu adalah masa yang dimana sebelunya terpengaruh oleh Bangsa dari Eropa.

Pada era tersebut, Benua Amerika dihuni oleh warga pribumi, seperti dari keturunan Mesoamerika dan Andes. Sesuai masa Pre – Columbian, maka pada masa penjajahan Bangsa Eropa di mulai di Benua Amerika.

Baca Juga : Peta Benua Australia

Kolonisasi tersebut diawali dengan masa penjajahan Bangsa Eropa yang dimulai di Benua Amerika, kolonisasi tersebut diawali dengan kedatangan Christopher Colombus pada tahun 1492.

Setelah kedatangannya, Benua Amerika mulai didatangi oleh Negara Inggris dan Spanyol untuk membuat kolini baru mereka. Kebanyakan dari orang-orang tersebut justru menetap di Amerika untuk mecari peluang yang baru dalam hal ekonomi.

GEOGRAFIS BENUA AMERIKA

peta benua amerika
peta benua amerika

Benua Amerika tersebut terletak secara astronomis pada10o BB  – 170o BB dan 83o LU – 55o LS. Setelah sudah mengetahui letak geografis Benua Amerika. Benua yang satu ini berada di bagian barat dari belah bumi ini.

Perbentangannya mencakup wilyah yang luas mulai dari bagian utara sampai ke bagian selatan. Benua Amerika dikelilingi oleh berbagai macam samudera, seperti Samudera Atlantik, Samudera Pasifik dan Samudera Artik.

Letak geografis Benua Amerika memungkinkan adanya pembagian Benua Amerika tersebut berdasarkan wilayahnya yaitu adalah Benua Amerika Utara dan Benua Amerika Selatan.

Perbentangan dari utara je selatan ini mempengaruhi kondisi iklim yang berada di sana. Benua Amerika Utara memiliki banyak danau yang besar, termasuk danu yang berada di Negara Kanada.

Sedangkan untuk bagian selatan memiliki iklim tropis. Misalkan sungai Amazon yang berada di Benua Amerika Selatan.

Luas kedua Benua Amerika tersebut bila digabungkan semua akan menjadi sekitar 42.549.000 Km. Alhasil, Benua Amerika juga memiliki banyak suku dan juga banyak kebudayaan.

Benua Amerika juga terdiri atas banyak Negara yang mencapai 35 Negara. Pastinya, kita juga penasaran mengenai adanya batasan-batasan di Benua Amerika bukan, untuk bagian utara dari Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Artik.

Untuk bagian timur dari Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Atlantik. Bagian selatan dari Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Pasifik. Sedangkan bagian barat berbatasan dengan Selat Bering dan juga Samudera Pasifik.

IKLIM

peta benua amerika
peta benua amerika

Letak suatu benua akan sangat mempengaruhi cuaca dan iklim pada Benua Amerika tersebut. Berkat bentangan yang cukup luas dari bagian utara ke selatan, Benua Amerika juga memiliki keragaman iklim.

Negara yang dikawasan Benua Amerika Utara beriklim dingin, sedangkan Negara yang berada di Negara Amerika Timur memiliki kawasan yang berupa continental.

Pantai Alaska dan juga wilayah California memiliki iklim yang sedang, untuk Amerika bagian barat memiliki geografis yang didominasi dengan gurun pasir.

Alhasil, panas yang berada disana juga sangat menyengat dan curah hujannya yang lebih sedikit. Untuk benua pada bagian Amerika Utara sebagaian besar terdiri dari atas stepa.

Jika Anda memang berniat untuk mengunjungi suatu Negara di Amerika, maka anda perlu untuk mengetahui letak dari Negara tersebut untuk bisa kita ketahui iklimnya.

Setelah Anda sudah mengetahui iklimnya, maka penyesuaian dan persiapan keperluan pakaian yang hendak dipakai dan sebagainya bisa menjadi lebih matang.

KEKAYAAN ALAM 

peta benua amerika
peta benua amerika

Pada setiap benua pasti memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda. Begitu juga dengan Benua Amerika yang memiliki bentangan yang sangat luas dari utara ke selatan. Beberapa potensi alam yang dimiliki oleh Amerika adalah pertambangan dan juga pertanian.

Masing-masing dari potensi alam tersebut berusaha untuk dikelola dengan baik dan pengembangan tekonologi dilakukan secara gencar.

Berbagai Negara di Benua Amerika yang mempunyai kekayaan alam untuk pertanian padi adalah Negara Giorgia, California, Texas dan juga Carolina.

Pertanian kapas banyak dikembangkan di berbagai Negara seperti di Negara Oklahoma, Texas, Lousiana, Arkansas, Alabama, Nevada dan Georgia.

Sedangkan untuk penghasil pertanian kopi banyak dikembangkan di Negara Kolumbia, Argentika, Guatemala dan Elsavador.

Hasil pertanian yang berupa gula banyak dikembangkan di Negara Missisipi, Hawai, Lousiana, Karibia dan juga Kuba.

Sangat beragam bukan kekayaan alam dalam bidang pertanian dari Benua Amerika tersebut, sedangkan untuk kekayaan alam yang lainnya juga menjadi keunggulan dari Benua Amerika adalah di bidang pertambangan.

Didalam bidang pertambangan, Benua Amerika banyak mengandung gas alam, minyak bumi, tembaga, batu bara, perak dan emas.

Beberapa Negara yang memiliki banyak gas alam dan juga tambang minyak bumi adalah Negara Venezuela dan Negara Meksiko.

Beberapa daerah yang memiliki batu bara adalah daerah pegunungan Chili dan Appalachia. Beberapa Negara yang kaya akan tambangnya yaitu adalah Peru, Arizona, Meksiko dan Bolivia.

Sedangkan untuk tambang perak dan emas banyak ditemukan di daerah perbatasan  Meksiko dan Missouri.

Baca Juga : Peta Benua Asia

NEGARA DI BENUA AMERIKA

peta benua amerika
peta benua amerika

Kita pasti penasaran terhadap Negara yang berada di Benua Amerika. Penjelasan mengenai nama Negara di Benua Amerika akan di bagi menjadi tiga bagian yaitu adalah Benua Amerika Utara, Benua Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Benua Amerika Selatan

Negara yang berada di kawasan Benua Amerika Utara adalah:

  1. Amerika Serikat dengan Ibukota Washington DC

Negara Amerika adalah Negara yang pertama kali mendeklarasikan kemerdekaan dari kolonialisasi Britania (Inggris) pada tanggal 4 Juli tahun 1776. Dengan luas Amerika Serikat mencapai 9.826.675 Km².

  1. Kanada dengan Ibukota Ottawa

Negara Kanada dianggap sebagai Negara yang terluas yang berada di Amerika Utara yang dimana luas Negara Kanada mencapai 9.984.670 Km². Sedangkan banyak penduduknya yang menempati Negara ini mencapai 35.427.524 jiwa.

  1. Meksiko dengen Ibukota Mexico City

Negara di bagian Benua Amerika Utara yang lain adalah Negara Meksiko yang dimana memiliki luas wilayah mencapai 1.964.375 Km². Negara Meksiko memiliki kepadatan penduduk yang jauh lebih tinggi dibandingkan dari Negara Kanada yaitu 119.713.203 jiwa.

  1. Puerto Rico dengan Ibukota San Juan

Negara Puerto Rico adalah menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol. Negara Puerto Rico memiliki penduduk sebanyak 3.615.086 jiwa.

Negara Benua Amerika Tengah

Negara-Negara berdaulat yang berada di Benua Amerika Tengah jumlahnya lebih banyak daripada Negara yang berada di Benua Amerika Tengah. Berikut ini adalah Negara yang berada di Benua Amerika Tengah:

  1. Antiguana dengan Ibukota ST. John’s

Negara dengan wilayah yang tidak luas adalah Negara Antiguana. Negara Antiguana hanya memiliki luas mencapai 281 Km². Populasi dari penduduk yang menempati Negara Atiguana tidak banyak yaitu berjumlah 80.161 pada tahun 2011.

  1. Belize dengan Ibukota Belmopan

Negara yang berada di Amerika Tengah berikutnya adalah Negara Belize. Negara yang satu ini menggunakan bahasa sehari-hari beragam mulai dari bahasa Spanyol maupun bahasa Inggris Kriol. Negara Belize memiliki jumlah penduduk mencapai 349.728 jiwa.

  1. Dominika dengan Ibukota Rosseau

Negara Dominika memiliki luas wilayah 751 Km². Sedangkan jumlah penduduk yang menempati Negara Dominika tersebut mencapai 71.293 jiwa. Keseharian dari penduduk yang berada di Negara Dominikia biasanya menggunakan Bahasa Patois, Prancis dan Bahasa Inggris.

  1. El Savador dengan Ibukota San Salvador

Negara yang berada di Amerika yang biasanya menggunakan Bahasa Spanyol juga adalah Negara El Savador. Negara El Savador memiliki kepadatan penduduk yang berjumlah 6.401.240 jiwa.

  1. Guadeloupe dengan Ibukota Basse-Terre

Guadeloupe merupakan Negara yang berada di bagian Amerika Tengah yang tidak terlalu luas. Negara Guandeloupe memiliki kepadatan penduduk sebanyak 40.739 jiwa.

  1. Guatemala dengan Ibukota Guatemala

Guatemala merupakan Negara yang dihuni oleh penduduk yang berjumlah 15.806.675 jiwa dengan luas Negara mencapai 108.889 Km². Negara Guatemala juga dapat memahami Bahasa Spanyol, karena memang nenek moyang yang berasal dari Negara Spanyol.

  1. Haiti dengan Ibukota Port Au Prince

Negara Haiti bahasa yang banyak di gunakan adalah bahasa Creole dan Prancis. Penduduk yang di tinggal Negara Haiti sebanyak 10.745.665 jiwa.

  1. Kepulauan Grenada dengan Ibukota ST. George’s

Benua Amerika juga terkenal denngan Kepulauan Grenada. Bahasa yang digunakan di Kepulauan Grenada adalah Bahasa Inggris. Jumlah penduduk yang mendiami Negara Kepulauan Grenada adalah 103.328 jiwa.

  1. Honduras dengan Ibukota Tegucigalpa

Jika Anda pandai berbahasa Spanyol juga bisa berlibur ke Negara Honduras. Di Negara Honduras tersebut bahasa keseharian menggunakan Bahasa Spanyol.

  1. Jamaika dengan Ibukota Kingston

Negara Jamaika sebagai salah satu Negara yang berada di Amerika Tengah memiliki luas mencapai 10.991 Km². Negara Jamaika dihuni oleh penduduk sebanyak 2.890.299 jiwa.

  1. Kosta Rika dengan Ibukota San Jose

Negara Kostarika menggunakan bahasa sehari-harinya adalah bahasa Spanyol. Penduduk Negara Kosta Rika berjumlah 4.667.096 jiwa.

  1. Kuba dengan Ibukota Havana

Negara Kuba yang berada di Amerika Tengah, terkenal dengan sistem kesehatan yang terbaik kedua. Dunia medis di Negara Kuba tersebut sangat berkembang pesat.

  1. Martinigue dengan Ibukota Fort De France

Negara Martinigue merupakan Negara dengan luas wilayah mencapai 1.128 Km². Negara Martinigue penduduknya berjumlah 392.291 jiwa.

  1. Nikaragua dengan Ibukota Managua

Negara Nikaragua yang berada di Benua Amerika Tengah menggunakan bahasa Spanyol. Negara Nikaragua memiliki penduduk sebanyak 6.071. 045 jiwa.

  1. Panama dengan Ibukota Panama

Negara Panama memiliki luas wilayah mencapai 75.417 Km². Negara Panama memiliki penduduk sebanyak 3.405.813 jiwa.

  1. Republik Dominika dengan Ibukota Santo Domigo

Negara Republik Dominika bahasa kesehariannya adalah Bahasa Spanyol. Negara Republik Dominika memiliki jumlah penduduk mencapai 10.378.267 Km².

  1. Saint Lucia dengan Ibukota Casteries

Saint Lucia sebagai salah satu bagian Amerika Tengah yang menggunakan bahasa kesehariannya adalah Bahasa Inggris, Kreole dan Prancis. Jumlah penduduk yang berada di Saint Lucia sekitar 180.000 jiwa.

  1. T Vinncet dan Grenadines dengan Ibukota Kingstown

Salah satu Negara di bagian Benua Amerika Tengah adalah S.T Vinncet dan Grenadines dan bahasa kesehariannya adalah bahasa Inggris. Jumlah penduduk di Negara ini adalah 109.000 jiwa.

  1. Trinidad dan Tobago dengan Ibukota Port Of Spain

Salah satu Negara yang berada di Benua Amerika Tengah yang menggunakan bahasa Inggris. Jumlah penduduk dari Negara Trinidad dan Tobago berjumlah 1.328.019 jiwa.

Benua Amerika Wilayah Selatan

Selain dengan pembahasan mengenai berbagai Negara di Benua Amerika Tengah , maka kita juga harus mengetahui berbagai Negara yang berada di Benua Amerika Selatan. Beberapa Negara yang Berasal dari Benua Amerika Selatan adalah:

1. Argentina dengan Ibukota Buenos Aires

Negara Argentina memerdekakan diri pertama kali dari jajahan Negara Spanyol pada tanggal 15 Mei 1810. Negara Argentina termasuk kedalam Negara Benua Amerika Selatan dengan wilayah yang luas. Populasi Negara Argentina pada tahun 2016 sebanyak 43.847.430 jiwa.

2. Bolivia dengan Ibukota Sucre

Negara yang dianggap luas dan berada di kawasan Benua Amerika Selatan adalah Negara Bolivia. Negara Bolivia memiliki luas wilayah mencapai 1.098.581 Km².

3. Brasil dengan Ibukota Brazilia

Negara Brasil pertama kali memerdekakan diri dari Kerajaan Portugal pada tanggal 7 September tahun 1822. Negara Brasil memiliki kepadatan 23,8 untuk setiap kilometer persegi.

4. Chili dengan Ibukota Santiago

Negara Chili yang memerdekakan diri dari jajahan Spanyol. Negara Chili pada tahun 2015 memiliki jumlah penduduk mencapai 18.006.407.

5. Ekuador dengan Ibukota Quito

Negara Ekuador salah satu Negara di Amerika Selatan yang juga memerdekakan diri dari penjajahan Negara Spanyol. Negara Ekuador memerdekakan diri pada tanggal 10 Agustus 1809.

6. Guyana dengan Ibukota George Town

Negara Guyana salah satu Negara di Amerika Selatan yang memiliki populasi sebanyak 783.769 jiwa. Negara Guyana menggunakan bahasa sehari-hari adalah Bahasa Inggris dan Belanda.

7. Guyana Prancis dengan Ibukota Cayenne

Guyana Prancis merupakan negara yang berada di wilayah pesisir Karibia. Dahulunya, Negara ini dahulunya ditempati oleh penduduk berasal dari Prancis.

8. Kolombia dengan Ibukota Bogota

Negara Kolombia salah satu Negara yang berada di Amerika Selatan dan memerdekakan diri dari jajan Spanyol. Negara Kolombia mengumumkan merdeka pada tanggal 20 Juli 1810.

9. Paraguay dengan Ibukota Assuncio

Negara Paraguay memutuskan untuk merdeka pada tanggal 14 Mei 1811. Pada tahun 2019 jumlah penduduk dari Paraguay adalah 7.152.703 jiwa.

10. Peru dengan Ibukota Lima

Negara Peru juga memerdekakan diri dari jajahan Kerjaan Spanyol. Deklarasi kemerdekaan Peru terjadi pada tanggal 28 Juli 1821.

11. Suriname dengan Ibukota Paramaribo

Bahasa resmi dari Negara Suriname adalah Bahasa Belanda. Negara Suriname terdiri atas banyak etnis.

12. Uruguay dengan Ibukota Montevidio

Negara Uruguay memiliki 3 etnis, yaitu Bangsa Mestizo, kulit putih dan kulit gelap. Negara Uruguay memerdekakan diri dari Kerajaan Brasil pada tanggal 25 Agustus 1825.

13. Venezuela dengan Ibukota Caracas

Negara Venezuela bahasa kesehariannya adalah bahasa Spanyol. Negara Venezuela merdeka dari jajan Spanyol pada tanggal 5 Juli 1811.

BUDAYA

peta benua amerika
peta benua amerika

Negara yang paling terkenal di Benua Amerika adalah Negara Amerika Serikat. Pada zaman dahulu, nenek moyang dari Negara Amerika Serikat adalah tentara yang berasal dari Inggris dan dari Suku Indian.

Semenjak Amerika Serikat merdeka dan membentuk Negara sendiri, Amerika Serikat pernah membuat kebijakan untuk menerima banyak imigran dari berbagai Negara.

Sebagaian besar dari imigran tersebut adalah berpindah kependudukan menjadi warga Negara yang berada di sana.

Pemerintahan memberlakukan peraturan untuk tetap menerapkan kebudayaan dari par penduduk tersebut berasal. Alhasil, Negara Amerika Serikat mempunyai multicultural. 

RAGAM BAHASA

peta benua amerika
peta benua amerika

Benua Amerika mempunyai sejarah kolonialisasi yang panjang dan dari berbagai penjuru Benua Eropa. Itulah mengapa ada banyak sekali bahasa yang digunakan di Benua Amerika. Sebagaian besar bahasa yang digunakan adalah bahasa yang berasal dari Eropa, terutama berbahasa Inggris.

Bahasa kesehariannya yang banyak digunakan adalah Prancis, Spanyol, Kreole dan Belanda. Perkembangan multibahasa yang terjadi berkat kebijakan Pemerintahan Amerika Serikat yang membuka peluang bagi siapapun untuk menjadi Penduduk Amerika.

TEMPAT WISATA DI BENUA AMERIKA

peta benua amerika
peta benua amerika

Benua Amerika sebagai benua yang luas dan juga menawarkan berbagai tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Beberapa tempat wisata seperti Hawaii yang sudah pernah didengar.

Selain dari tempat tersebut, ada juga tempat wisata yang lainnya adalah Walt Disney World Resort, Florida Keys, Yellowstone National Park dan lain-lain.

Salah satu pantai yang terkenal di Hawaii adalah pantai Waikiki. Negara yang satu ini adalah sangat mempopulerkan pantai mereka dan juga dipadukan dengan Kota modern. Sebagaian besar turis yang berkunjung menikmati suasana berjemur dan berselancar.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Benua Amerika dengan lengkap, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya . Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Peta Benua Amerika

2 komentar untuk “PETA BENUA AMERIKA : Sejarah, Iklim, Geografis, Negara [LENGKAP]”

  1. Ping-kembali: PETA BENUA AMERIKA UTARA : Geografis, Fisiografis, Iklim, Penduduk !!

  2. Ping-kembali: PETA BANUA AMERIKA SELATAN : Geografis, Iklim, Sejarah, Kota

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *