PETA BENUA EROPA : Sejarah, Iklim, Letak Geografis, Suku, Bahasa

Peta Benua Eropa – Benua Eropa salah satu benua yang termasuk dalam peta dunia. Benua Eropa juga mendapatkan julukan sebagai semenanjung di bagian barat. Benua Eropa langsung berbatasan dengan Benua Asia dan dipisahkan dengan adanya Pegunungan Ural.

Jika Anda berniat untuk pergi ke Benua Eropa dalam waktu yang lama, maka Anda perlu untuk mempelajati Peta Benua Eropa dan informasi yang lainnya.

Pemisahan antara Benua Eropa dan Benua Asia bukan disebabkan dari letak geografisnya, seperti di Benua Amerika. Pemisahan tersebut lebih disebabkan oleh adanya perkembangan pengaruh budaya dan perkembangan teknologi yang sangat berbeda.

Daftar Isi

GAMBAR PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

GAMBAR PETA BENUA EROPA VERSI GOOGLE EARTH

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA LENGKAP

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BUTA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA HITAM PUTIH

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

SEJARAH BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Perkembangan ekonomi dan budaya di Benua Eropa memiliki sejarah yang sangat panjang. Sejarah yang pertama adalah pada masa Palaeolitik.

Tanda bukti adanya kebudayaan tersebut dengan ditemukannya kerajinan tangan yang terbuat dari batuan yang sudah ada sejak 800.000 tahun yang lalu.

Setalah itu, Benua Eropa mendapatkan pengaruh berbagai kebudayaan dan pengaruh demokratik dari Yunani Kuno. Hampir semua bidang pada masa itu termasuk hukum dan agama juga berasal dari Yunani Kuno.

Kekaisaran Romawi membawa perubahan zaman kegelapan sampai ke Renaisans. Setelah masa Renaisans, lahirlah Monarki Baru yang dimulai dengan perkembangan ilmu yang sangat pesat.

Baca Juga : Peta Benua Asia

Penemuan-penemuan yang terkenal di mulai pada abad yang ke 15 di mulai dengan Portugal. Setelah itu, Negara-Negara yang berada di sebelahnya juga turut berkompetisi untuk membuat berbagai penemuan baru.

Setelah masa tersebut, berbagai Negara yang berada di Benua Eropa mencoba untuk menjelajah ke berbagai dunia dan membangun kolonialisasi yang besar di berbagai Benua Asia, Benua Afrika dan Benua Amerika.

Akibat tindakan tersebut, berbagai Negara yang berada di Eropa banyak mendapatkan konflik dan mencapai puncak pada masa Napoleon Bonaparte. Pada abad yang ke 18, Britania Raya (Inggris) mulai menjalankan konsep Revolusi Industri.

Hal tersebut menyebabkan adanya pergeseran dari pertanian, berkat revolusi industri, perekonomian rakyat meningkat secara gratis dan pertumbuhan penduduknya juga meningkat.

Benua Eropa sempat mengalami perpecahan pasca Perang Dunia yang ke II, sehingga menjadi dua bagian yaitu Negara Blok Eropa Barat dan Negara Blok Eropa Timur.

LETAK GEOGRAFIS

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Benua Eropa secara astronomi terletak pada 10o CC – 59o CT dan 71o LU – 35o LU. Benua Eropa terletak di bumi bagian utara. Luas total Benua Eropa mencapai 10.355.000 Km².

Sedangkan secara geografis, Benua Eropa memiliki perbatasan dengan Samudera Artik sebelah utara, untuk sebelah timur berbatasan dengan Benua Asia. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Turki dan juga Laut Hitam.

Sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik. Benua Eropa yang satu ini sangat berbeda dengan Benua Asia yang mempunyai gurun. Benua Eropa sama sekali tidak mempunyai gurun.

IKLIM

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Benua Eropa terletak di belahan bumi bagian utara yang berarti terletak pada lintang yang tinggi. Letak tersebut akan sangat mempengaruhi kondisi iklim pada Benua Eropa yang mempunyai 4 iklim.

Bahkan Negara yang berada di wilayah bagian paling utara Benua Eropa sangat dekat dengan lingkaran Kutub Utara.

Negara-Negara yang berada di pantai barat memiliki iklim laut yang dipengaruhi oleh Samudera Atlantik. Ada juga arus hangat yang dari samudera yang mengalir ke arah pantai dari Negara-Negara tersebut dan menyebabkan wilayah di perairan yang berada di sana tidak membeku.

Untuk bagian tengah dari Benua Eropa memiliki peralihan iklim yang dari basah menuju ke kering. Beberapa Negara yang berada di Eropa dengan posisi di sebelah selatan memiliki iklim yang dipengaruhi oleh Laut Mediterania.

Selain itu, wilayah tersebut juga dipengaruhi oleh kawasan gunung yang sangat ganas dan panas. Alhasil, wilayah tersebut memiliki suhu yang hangat, sedangkan di beberapa di Negara yang terletak di bagian utara dari Benua Eropa beriklim dingin, karena wilayahnya sangat dekat dengan Kutub Utara.

KEKAYAAN ALAM

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Letak geografis yang berada di Benua Eropa sangatlah berpengaruh pada kekayaan alam yang dimilikinya. Hal tersebut dikaitkan juga dengan iklim yang sangat mempengaruhi alam dari Benua Eropa sangatlah kompleks.

Ada beberapa bagian Negara yang memiliki kekayaan alam dalam bidang pertambangan, pertanian, dan perikanan.

Beberapa Negara dengan potensi kekayaan alam di bidang pertambangan yang tinggi adalah Negara Prancis, Yunani, Hungaria, dan Serbia Montenegro.

Hasil dari pertambangan di Negara-Negara tersebut adalah biji besi, sedangkan di beberapa Negara seperti Rusia, Inggris, Prancis, Cekoslovakia dan Jerman adalah penghasil batubara.

Baca Juga : Peta Benua Australia

Ada beberapa Negara dengan potensi kekayaan alam dalam bidang pertanian adalah Negara yang berada di lembah Sungai Rheine, Jerman. Sebagaian besar dari penghasilan pertanian tersebut menghasilkan gandum, barley, jagung, kacang, terigu, dan tembakau.

Beberapa Negara yang berada di Benua Eropa juga ada yang memiliki kekayaan alam yang utama dari perikanan. Hal tersebut disebabkan letak dari Benua Eropa berada di sekitar Samudera Atlantik, Laut Tengah dan Laut Utara.

Beberapa Negara diantaranya adalah Negara Islandia, Negara Norwegia, Negara Rusia, Negara Inggris dan Negara Irlandia.

NEGARA DI BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Saat ini Benua Amerika dibagi berdasarkan sub-region dan keempatnya adalah Benua Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Utara dan Eropa Selatan.

Masing-masing Negara tersebut memiliki Ibukota masing-masing dengan luas wilayahnya yang berbeda-beda.

1. Kawasan dari Eropa Barat

  • Austria dengan Ibukota Wina

Bahasa resmi yang digunakan Negara Austria adalah Jerman, bentuk pemerintahan Negara Austria adalah Republik Parlementer.

  • Belgia dengan Ibukota Brussel

Negara Belgia memiliki banyak bahasa resmi, seperti Bahasa Belanda, Bahasa Perancis dan Bahasa Jerman, mata uang yang digunkan oleh Negara Belgia adalah Euro.

  • Perancis dengan Ibukota Paris

Mata uang yang digunakan oleh Negara Perancis adalah Euro. Jumlah penduduk Negara Prancis pada tahun 2015 adalah 67.012.000.

  • Jerman dengan Ibukota Berlin

Negara Jerman sebagai salah satu Negara yang berada di Benua Eropa dan menggunakan mata uang Euro. Jumlah penduduk Negara Jerman pada tahun 2018 adalah 83.000.000.

  • Liechtenstein dengan Ibukota Vaduz

Negara Liechtenstein adalah Negara yang berada di Benua Eropa yang menggunakan Bahasa Jerman. Negara ini memiliki penduduk yang tidak banyak yang berjumlah 37.340 jiwa, pada tahun 2014.

  • Luksemburg dengan Ibukota Luksemburg

Negara Luksemburg mata uang yang digunakan adalah Euro dan sistem pemerintahannya adalah Monarki Konstitusional.

  • Monako dengan Ibukota Monako

Negara Monako menggunakan bahasa resminya adalah bahasa Perancis. Mata uang yang digunakan Negara Monako adalah Euro.

  • Belanda dengan Ibukota Amsterdam dan Den Haag

Kita pasti sudah paham betul mengenai Negara Belanda yang mendirikan kolonialisasi yang sangat lama di Negara Indonesia. Negara Belanda menggunakan mata uang Dollar As dan Euro.

  • Swiss dengan Ibukota Bern

Negara Swiss salah satu Negara yang berada di Benua Eropa, Negara Swiss memiliki bahasa resmi yang sangat banyak mulai dari Prancis, Jerman, Latin dan Romansh. Mata uang yang digunakan oleh Negara Swiss adalah Franc Swiss.

2. Kawasan di Eropa Timur

  • Belarus dengan Ibukota Minsk

Belarus salah satu Negara Republik yang berada di Eropa Timur. Untuk bahasa sehari-hari yang digunakan oleh Negara Belarus adalah bahasa Rusia.

  • Bulgaria dengan Ibukota Sofia

Eropa juga memiliki Bahasa Bulgaria yang biasanya di gunakan oleh Negara Bulgaria. Bentuk dari Negara Bulgaria adalah Republik.

  • Republik Ceko dengan Ibukota Praha

Negara Republik Ceko muncul pada abad yang ke 9 yang ditandai dengan adanya pembentukannya Kepangeranan Bohemia pada 870. Sedangkan untuk pembentukan Negara Republik Ceko dilakukan pada tanggal 1 bulan Januari tahun 1969.

  • Hongaria dengan Ibukota Budapest

Benua Eropa juga memiliki Negara yang disebut dengan Hongaria. Negara Hongaria memiliki populasi mencapai 9.9877.365 jiwa pada tahun 2014. Bahasa yang digunakan di Negara Hongaria disebut dengan Bahasa Hongaria.

  • Moldova dengan Ibukota Chisinau

Negara yang bentuk Republik lainnya di Eropa adalah Negara Moldova. Bahasa yang sering digunakan di Negara Moldova adalah Bahasa Rumania.

  • Polandia dengan Ibukota Warsaw

Pada zaman dahulu, pembentukan Polandia yang berupa Kerajaan yang terjadi pada tanggal 18 April 1025. Sedangkan untuk pembentukan Negara Polandia yang terjadi ditandai dengan pemisahan Polandia pada tanggal 24 Oktober 1795.

  • Rumania dengan Ibukota Bucharest

Rumania atau Romania memiliki populasi sekitar 19.942.642 jiwa pada tahun 2014. Mata uang yang digunakan Negara Rumania disebut dengan Mata Uang Leu Rumania.

  • Slowakia dengan Ibukota Bratislava

Negara Slowakia memiliki bahasa yang resmi sendiri bernama Bahasa Slowakia. Mata uang yang digunakan Negara Slowakia adalah Euro.

  • Ukraina dengan Ibukota Kiev

Negara Ukraina salah satu Negara yang berbentuk Republik. Populasi dari penduduk yang menempati Negara Ukraina pada tahun 2014 sebanyak 42.805.731 jiwa.

  • Georgia dengan Ibukota Tbilisi

Negara Georgia pemerintahannya yang berbentuk Republik. Bahasa resmi yang biasanya digunakan di Negara Georgia adalah Georgia.

3. Kawasan di Eropa Utara

  • Denmark dengan Ibukota kopenhagen

Negara Denmark juga memiliki bahasa resminya yaitu Bahasa Denmark. Mata uang yang digunakan di Negara Denmark adalah Krona Denmark.

  • Estonia dengan Ibukota Tallinn

Negara Estonia juga memiliki bahasa resminya yaitu Bahasa Estonia. Negara Estonia menyatakan kemerdekaannya pada tang 24 Februari 1918.

  • Finlandia dengan Ibukota Helsinki

Negara Finlandia sebagai Negara di Eropa memiliki bahasa resminya adalah Finlandia dan Swedia. Mata uang yang digunakan Negara Finlandia adalah Euro.

  • Islandia dengan Ibukota Reykjavik

Negara Islandia sebagai Negara yang berada di Erop dan memiliki bahasa resmi sendiri yaitu Islandia. Mata uang yang digunakan Negara Islandia adalah Krona Islandia.

  • Irlandia dengan Ibukota Dublin

Sistem pemerintahan Negara Irlandia adalah Republik Parlementer Kesatuan. Negara Irlandia menggunakan mata uang Euro.

  • Latvia dengan Ibukota Riga

Negara Latvia adalah Negara yang menggunakan bahasa resminya yaitu Latvia. Pertama kali menyatakan kemerdekaan dari Kekaisaran Romawi pada tanggal 18 November 1918.

  • Lithuania dengan Ibukota Vilnius

Negara Lithuania bahasa resminya menggunakan bahasa Lithuania. Sistem pemerintahan dari Negara Lithuania adalah Republik dan mata uang yang digunakan adalah Euro.

  • Norwegia dengan Ibukota Oslo

Negara Norwegia bahasa resminya menggunakan Nowergia. Sedangkan mata uang yang digunakan di Negara Norwegia adalah Krono Norwegia.

  • Swedia dengan Ibukota Stockholm

Salah satu bahasa yang digunakan di Negara Swedia adalah Bahasa Swedia. Bentuk pemerintahan dari Negara Swedia adalah Monarki Konstitusional.

  • Britania Raya (Inggris) dengan Ibukota London

Negara Britania Raya (Inggris) menggunakan mata uang Pound Sterling. Jumlah penduduk yang mendiami Negara Inggris pada tahun 2017 sebanyak 66.040.229 jiwa.

4. Kawasan di Eropa Selatan

  • Albania dengan Ibukota Tirana

Bentuk pemerintahan dari Negara Albania adalah Republik Parlementer, sehingga Negara Albania memiliki Ketua Parlemen dan Perdana Menteri dalam sistem Pemerintahannya.

  • Andorra dengan Ibukota Andorra La Vella

Salah satu Negara dengan bentuk pemerintahan Negara Andorra adalah Monarki Konstitusional. Negara Andorra memiliki populasi yang tidak banyak hanya berjumlah 85.458 jiwa.

  • Bosnia dan Herzegovina dengan Ibukota Sarajevo

Negara Bosnia dan Herzegovina pertama kali merdeka pada tanggal 1 Maret 1992 dari Yugoslavia. Sistem Pemerintahan dari Negara Bosnia dan Herzegovina adalah Republik Parlementer.

  • Kroasia dengan Ibukota Zagreb

Negara Kroasia adalah salah satu Negara yang berada di Benua Eropa yang memiliki sistem pemerintahan yang berupa Republik Parlemen. Populasi Negara Kroasia adalah 4.246.800 jiwa.

  • Siprus dengan Ibukota Nicosia

Negara Siprus menggunakan Bahasa resmi yang berupa Turki dan Yunani. Sistem pemerintahan dari Negara Siprus adalah Republik Presidensial.

  • Yunani dengan Ibukota Athena

Negara Yunani memiliki bentuk pemerintahan adalah Republik Parlementer. Negara Yunani pertama kali menyatakan merdeka dari Kesultanan Utsmaniyah pada tanggal 25 Maret 1821.

  • Vatikan dengan Ibukota Vatican City

Negara Vantikan adalah Negara yang paling kecil luasnya yang ada di Eropa. Negara Vatikan menggunakan bahasa resminya adalah Bahasa Italia dan Latin. Jumlah penduduk Negara Vatikan sekitar 842 jiwa pada tahun 2014.

  • Italia dengan Ibukota Roma

Negara Italia adalah Negara yang menggunakan sistem pemerintahan Republik Parlementer. Negara Italia memiliki populasi sebesar 60.788.845 jiwa.

  • Makedonia dengan Ibukota Skopje

Negara Makedonia adalah Negara yang juga menjadi jajahan dari Yugoslavia. Negara Makedonia merdeka pada tanggal 8 September tahun 1991.

  • Malta dengan Ibukota Valletta

Negara Malta adalah Negara dengan bentuk pemerintahan yang berupa Republik Parlementer. Negara Malta memiliki jumlah penduduk sebanyak 445.426 jiwa.

  • Montenegro dengan Ibukota Podgorica

Negara Montenegro adalah Negara dengan bentuk pemerintahan yang berupa Republik Parlementer. Negara Montenegro memiliki penduduk sebanyak 621. 207 jiwa.

  • Portugal dengan Ibukota Lisbon

Negara Portugal yang juga pernah menjajah Indonesia. Negara Portugal memiliki populasi sebanyak 10.374.822 jiwa pada tahun 2014.

  • San Marino dengan Ibukota San Marino

San Marino salah satu Negara yang menggunakan Bahasa Italia sebagai bahasa yang resmi. Negara San Marino memiliki populasi sebesar 33.285 jiwa pada tahun 2016.

  • Serbia dengan Ibukota Belgrade

Negara Serbia adalah Negara yang menggunakan sistem pemerintahan Republik Parlementer. Negara Serbia memiliki penduduk yang berjumlah 7.114.393 jiwa.

  • Slovenia dengan Ibukota Ljubljana

Negara Slovenia salah satu Negara yang berada di Benua Eropa yang memiliki bahasa tersendiri yaitu Slovenia. Negara Slovenia memiliki pemerintahan yang berupa Republik Parlementer.

  • Spanyol dengan Ibukota Madrid

Negara Spanyol salah satu Negara yang berada di Benua Eropa dengan jumlah bahasa daerahnya yang beragam. Sebagai bahasa yang resmi, Negara Spanyol menggunakan bahasa Spanyol.

BERAGAM BAHASA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Benua Eropa memiliki kekayaan bahasa yang semuanya sangat mendunia, karena pernah menjelajahi di berbagai kawasan benua lainnya. Bahkan, ada beberapa bahasa yang dianggap Bahasa Internasional pada saat ini. Misalkan saja Bahasa Spanyol dan Bahasa Inggris British.

Masing-masing Negara tersebut menggunakan bahasa masing-masing penulisannya mengalami sedikit pergeseran atau perbedaan. Bahkan, ada beberapa bahasa yang memiliki pembacaannya yang mirip.

BUDAYA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Perkembangan budaya yang berada di Benua Eropa yang berasal dari warisan leluhur yang mendiami berbagai kawasan tersebut. Hasil dari kebudayaan ini sangatlah terlihat dari ciri khasnya dalam berbagai bidang, seperti sastra, musik dan filsafat.

Sedangkan warisan budaya dalam hal rohani adalah berasal dari masa Yunani Kuno, Humanisme dan Renaisans. Sedangkan dalam bidang politik, berbagai Negara yang berada di kawasan Benua Eropa terpengaruh oleh adanya Modernitas dan Revolusi Perancis.

SUKU DI BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Mayoritas penduduk Eropa adalah bangsa dari Ras Kaukasoid dengan ciri-ciri kulit putih dan rambutnya pirang. Penduduk di Benua Eropa terdiri dari 5 kelompok, diantaranya adalah:

  1. Suku Bangsa Alpina

Memiliki ciri-ciri rambutnya pirang dan matanya coklat, mereka berasal dari wilayah tengah, seperti Perancis, Belgia dan Swiss.

  1. Suku Bangsa Slavia

Memiliki ciri-cir rambutnya pirang keputih-putihan, matanya abu-abu biru, mereka berasal dari Negara Bulgaria, Rusia dan Slovakia.

  1. Suku Bangsa Dinara

Memiliki ciri-ciri berambut gelap, meraka berasal dari Negara Rumania.

  1. Suku Bangsa Mediteran

Memiliki ciri-ciri matanya agak kecoklatan, rambut hitam yang bergelombang, mereka berasal dari Negara Italia, Spanyol dan Yunani.

  1. Suku Bangsa Nordik

Memiliki ciri-ciri bermata biru dan rambutnya sangat pirang. Mereka tinggal di wilayah utara seperti Negara Jerman dan Belanda.

KOTA PENTING DI EROPA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Berlin, Amsterdam, Beograd, Bern, Bucharest, Brussles, Bratislava, Chisinau, Dublin, Kopenhagen, Lisbon, London, Helsinki, Kiev, Madrid, Moskow, Minsk, Oslo, Podgorica, Paris, Roma, Riga, Praha, Sofia, Skopje, Sarajevo, Tirana, Stockholm, Tallinn, Vilnius, Wina, dan Zagreb.

TEMPAT WISATA

PETA BENUA EROPA

PETA BENUA EROPA

Anda pasti sudah sangat memahami bahwa perkembangan teknologi dan bangunan dari Benua Eropa adalah sangat baik. Anda bisa saja berkunjung ke berbagai Negara yang berada di Benua Eropa dan menikmati gaya seni bangunan yang berbeda-beda.

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang modern di Benua Eropa, maka Anda perlu untuk mengunjungi Olympiapark di Kota Munich. Bangunan yang satu ini dibangun guna untuk menyelenggarakan Olimpiade pada tahun 1972.

Ada banyak sekali kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Uniknya dari bangunan tersebut adalah terdapat pada taman juga yang sangat menarik. Anda yang menyukai dunia arsitektural Italia, maka Anda perlu berkunjung ke Galleria Vittorio Emanuele II di Kota Milan.

Anda akan bisa jalan-jalan dan membeli berbagai macam hal di tempat tersebut, karena memang bangunan tersebut adalah pusat perbelanjjan di Negara Italia yang sangat terkenal. Pembangunan tempat ini sudah dimulai pada tahun 1865.

Sedangkan Anda yang suka wisata alam, maka Anda perlu untuk berkunjung ke Taman Bardini. Tempat tersebut memiliki luas mencapai 4 Hektar dan memiliki panorama yang sangat indah di bak lukisan dan juga bisa menikmati adanya pemandangan indah di kebun mawar.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Benua Eropa dengan lengkap, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya . Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Peta Benua Eropa

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply