PETA JAKARTA

PETA JAKARTA : Sejarah, Iklim, Geografis, Data Sosial [LENGKAP]

Peta Jakarta – pada pembahasan kali ini kita akan membahasa tentang Peta Jakarta yang dimana Jakarta merupakan salah satu Provinsi dari Pulau Jawa dan juga Jakarta merupakan Ikon dari Negara Indonesia atau Ibu Kotanya Negara Indonesia.

Dan paling banyak juga imigrasi dari Provinsi yang lain untuk mrngadu nasib di Kota Jakarta. Mari langsung saja kita akan siamk artikel di bawah ini supaya kita lebih paham dan lebih mengetahui tentang provinsi yang ada di Kota Jakarta.

Peta Jakarta – Tahukah anda, bahwa hingga dekade 70-an, peta Jakarta yang kita punyai merupakan warisan dari Pemerintahan Kolonil Belanda ? hal itu agak sedikit sulit untuk dipercaya.

Terlebih hidup pada zaman sekarang, kita dimudahkan untuk menemukan lokasi dengan alat GPS (Geographic Positioning System).

Kini hanya bermodalkan telepon genggam pintar dan data internet, kita bisa menemukan lokasi hingga yang paling pelosok sekali pun. Sedikit mundur ke belakang, sebelum masa GPS semakin merajalela, kita bisa mengenal peta sebagai petunjuk arah.

Peta dibuat dengan memasukkan informasi-informasi tempat dalam bentuk gambar dan denah yang sebagai mana dengan kondisi aslinya. Peta digambarkan secara berskala dari ukuran yang sebenarnya. Konsep gambar yang berskala ini pun dipakai pula dalam GPS yang banyak kita gunakan sekarang.

Sebelum komputerasi membawa di segala bidang pada periode tahun ke 90-an, banyak hal yang harus dilakukan secara manual. Termasuk proses pembuatan peta harus dilakukan dengan manual, karena belum ada aplikasi pembuatan peta semacam GIS (Geographic Information System).

Maka jangan kaget dengan minimnya perhatian yang akan diberikan untuk memperbarui peta, meski itu adalah peta Ibukota Negara kita yang tercinta, sebelum milenium yang ke dua.

GAMBAR PETA JAKARTA

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

PETA JAKARTA LENGKAP

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

PETA BUTA JAKARTA

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

PETA ADMINISTRASI JAKARTA

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta atau (DKI Jakarta) adalah Ibu Kota Negara Indonesia dan Kota terbesar di Indonesia. Jakarta adalah satu-satunya Kota di Indonesia yang memiliki status setingkat dengan Provinsi. Jakarta sendiri terletak di pesisir bagian dari barat laut Pulau Jawa.

Dulu pernah dikenal dengan beberapa nama diantaranya adalah Sunda Kelapa, Batavia dan Jayakarta. Dalam dunia Internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, ataupun lebih dikenal lagi dengan sebutan The Big Durian karena di nilai Kota yang sebanding dengan New York City (Big Apple) di Indonesia.

Kota Jakarta mempunyai luas sekitar 661,52 Km² dan luas lautan sekitar 6.977,5 Km², dengan penduduknya berjumlah 10.374.235 jiwa.

Wilayah metropolitan di Jakarta atau (Jabodetabek) yang memiliki penduduk sekitar 28 juta jiwa, metropolitan adalah terbesar di Asia Tenggara ataupun di urutan ke dua di Dunia.

Sebagai pusat politik, pusat bisnis, dan pusat kebudayaan, Jakarta adalah tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, Perusahaan Asing, dan Perusahaan Swasta.

Kota Jakarta juga sebagai tempat kedudukan lembaga-lembaga Pemerintahan dan kantor seketariat ASEAN.

Kota Jakarta dilayani oleh 2 bandar udara internasional, yaitu adalah Bandar Udara Soekarno-Hatta dan Bandar Udara Halim Perdanakusuma, dan pelabuhan laut di Sunda Kelapa, Tanjung Priok dan Ancol.

GEOGRAFIS JAKARTA

 

Jika dilihat dari Peta Indonesia Jakarta berada dibagian sebelah utaranya Pulau Jawa tepatnya berada di muara Ciliwung, Teluk Jakarta. Jakarta juga terletak di dataran rendah dengan ketinggian mencapai rata-rata 8 meter dpl.

Hal tersebut mengakibatkan Jakarta biasa terjadi banjir. Sebelah selatan Jakarta adalah daerah pegunungan dengan curah hujan yang tinggi. Jakarta dilalui oleh 13 sungai yang semuanya bermuara ke Teluk Jakarta.

Sungai yang terpenting dari Jakarta adalah sungai Ciliwung, yang membelah Kota menjadi dua bagian. Di sebelah timur dan selatan Jakarta yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat dan si sebelah baratnya berbatasan dengan Provinsi Banten.

Kepulauan Seribu adalah Kabupaten Administratif yang terletak di Teluk Jakarta. Sekitar 105 Pulau yang terletak sejauh 45 Km (28 mil) dari sebuah utara Kota.

Kekuatan tanah yang ada di Wilayah DKI Jakarta mengikuti pola yang sama dengan pencapaian lapisan keras di wilayah bagian utara di kedalaman 10 m sampai 25 m. Makin ke Selatan permukaan keras semakin pula dangkal yaitu antara 8 m sampai 15 m.

Kondisi Jakarta pada saat dahulu sangatlah masih bersih dan terawat, maka dari itu orang dahulu banyak yang menggunakan mata pencahariaannya seperti berkebun dan bertani. Karena kondisi di Jakarta pada saat itu Jakarta dipenuhi dengan rawa-rawa.

DATA SOSIAL JAKARTA

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

Keberadaan Suku Betawi di Jakarta mempunyai berbagai corak, baik dari drama permainan, seni, makanan dan minuman, dan bahasa.

Terdapat berbagai jenis seni seperti seni tari yaitu adalah tari gegot, cokek, nandak ganjen, ronggeng blantuk, yapong, topeng dan sirih kuning.

Sedangkan untuk seni drama seperti seni lenong (lenom preman, samrah, teatrikal atau teater). Sedangkan untuk seni musik seperti musik gambang kromong, keroncong tugu, tanjidor, rebana, kasidah, ketimpring, marawis, japin dan lain-lainnya.

Seni tradisional seperti seni gasing, arak-arakan ondel-ondel, pencak silat (jingkrik). Sedangkan untuk makanan ada berbagai makanan seperti soto, kerak telor, gado-gado betawi, sayur asem, nasi uduk betawi, gabus pucung dan nasi kebuli.

Untuk minuman ada berbagai minuman seperti bir pletok, es selendang mayang, teh manis, kupi, es cendol, doger dan skoteng.

Bahasa yang ada di Jakarta dipengaruhi oleh berbagai budaya seperti bahasa Cina, Melayu, Arab dan Portugis (Eropa). Suku atau orang betawi merupakan hasil pembauran dari berbagai etnik yang datang dari seluruh pelosok Indonesia dan antar bangsa yang prosesnya berbilang ratusan tahun.

Dari proses itulah lahirnya berbagai unsur dari budaya betawi, contohnya adalah bahasa betawi, masakannya, keseniannya dan lain-lainnya.

Data kependudukan dari hasil pembaruan berbagai etnik bisa dilihat dengan adanya penamaan kampung-kampung yang ada di Jakarta, seperti kampung melayu, kampung ambon, kampung arab, kampung tugu.

IKLIM JAKARTA

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

Jakarta mempunyai suhu udara yang panas dan kering ataupun disebut beriklim tropis. Terletak di bagian barat Indonesia, Jakarta mengalami puncak musim penghujan di bulan Januari dan bulan Februari dengan rata-rata hujan yang mencapai 350 milimeter dan suhu dari Jakarta rata-rata mencapai 27°C.

Curah hujan antara bulan Januari dan dan dahulu di bulan Februari adalah hujan yang paling tinggi, pada saat itulah Jakarta dilanda banjir setiap tahunnya, dan ujung dari musim kemarau pada bulan Agustus dengan rata-rata curah hujannya mencapai 60 milimeter.

Di bulan September dan dahulu bulan Oktober adalah hai-hari yang paling panas di Jakarta, dengan suhu udara bisa mencapai 40°C. Suhu rata-rata tahunan berkisar mencapai 25°C-38°C (77°C-100 °F).

PEMBAGIAN WILAYAH JAKARTA

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

Provinsi DKI Jakarta memiliki luas mencapai 662,33 Kilometer persegi yang terbagi menjadi 6 Wilayah Kota atau Kabupaten Administratif, dengan 44 Kecamaan dan 267 Kelurahan.

Total populasi penduduknya berdasarkan hasil survey pada tahun 2015 berjumlah 10.177.924 jiwa dengan kepadatan mencapai 15.367 jiwa per kilometer perseginya. Rata-rata pertumbuhan penduduk adalah bertambah 1,02 persen di bandingkan di tahun sebelumnya.

1. Kabupaten Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah satu-satunya Kabupaten yang terdapat di Wilayah Provinsi DKI Jakarta. Daerah Kepulauan Seribu berada di Laut Jawa, sebelah utaranya wilayah Jakarta di Pulau Jawa.

Kepulauan Seribu adalah wilayah manajerial Jakarta yang terkecil, dengan Cuma mempunyai 2 Kecamatan dan 6 Kelurahan, serta luas Wilayahnya mencapai 8,7 kilometer persegi.

Jumlah populasi penduduk dan kepadatan penduduknya pun terkecil dibandingkan dengan wilayah manajerial Jakarta yang lainnya, populasi 23.340 jiwa dengan kepadatan 2684 jiwa per kilometer persegi. Kegiatan Administrasi Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu dijalankan di Pulau Pramuka.

2. Kota Jakarta Barat

Kota Jakarta Barat adalah tempat populasi yang terbesar kedua di Provinsi DKI Jakarta, penduduk jiwanya mencapai 2.463.560 denngan kepadatan 19.018 jiwa per kilometer persegi. Nilai kepadatan ini adalah yang tertinggi di seluruh Provinsi tersebut.

Mempunyai luas wilayah 129,54 Kilometer persegi yang terbagi menjadi 8 Kecamatan dan 56 Kelurahan. Pusat Pemerintahan Kota di selenggarakan di Kembang.

3. Kota Jakarta Pusat

Kota Jakarta Pusat adalah letak dimana Pusat Pemerintahan Republik Indonesia dan Pusat dari Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta berada. Di Kota inilah Istana Kepresidenan yang menjadi simbol pusat dari Pemerintahan Negara ini berdiri.

Sementara itu, kegiatan Pemerintahan untuk Kota Jakarta Pusat sendiri diusahakan di Menteng. Kota Jakarta Pusat berfungsi sebagai letak Pemerintahan Pusat, Jakarta Pusat memiliki populasi terkecil kedua sesudah Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta.

Jumlah total populasi penduduk adalah 914.182 jiwa dengan tingkatan kepadatan sebesar 18.993 jiwa per kilometer persegi, menjadikan Kota Jakarta Pusat sebagai Kota terpadat yang kedua. Tingginya nilai kepadatan dikarenakan luas wilayah yang hanyalah seluas 48,13 Kilometer persegi.

4. Kota Jakarta Selatan

Kota Jakarta Selatan merupakan konsentrasi pembangunan pada masa kekuasaan Belanda sesudah era VOC berakhir. Pusat Pemerintahan Kota dilangsungkan di Kebayoran modern dengan luas wilayah administratif mencapau 141,27 kilometer persegi.

Mempunyai 10 Kecamatan dan 65 Kelurahan. Jumlah Kecamatan dan Kelurahan terbanyak bersama dengan wilayah Jakarta Timur. Jumlah populasi penduduk Kota Jakarta Selatan sebesar 2.182.711 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 15.472 per kilo meter persegi.

5. Kota Jakarta Timur

Kota Jakarta Timur adalah Kota dengan daerah administratif terluas di Provinsi DKI Jakarta, yaitu mencapai 188,03 kilo meter persegi. Pusat Pemerintahan diselanggarakan di Cakung dan Kota Jakarta Timur mempunyai 10 Kecamatan dan 65 Kelurahan, sama jumlahnya dengan Jakarta Selatan.

Selain sebagai wilayah yang terluas, Kota Jakarta Timur juga mempunyai populasi penduduk tertinggi sebanyak 2.843.816 jiwa. Kepadatan penduduk Kota Jakarta Timur berlandasan luas wilayah terhitung sebesar 15.124 jiwa per kilometer persegi.

6. Kota Jakarta Utara

Kota Jakarta Utara merupakan pusat pertumbuhan Jakarta di masa lampau, dimana tempat Kota Tua berada (berbagai dengan Kota Jakarta Barat). Luas wilayah dari Kota Jakarta Utara merupakan yang terluas kedua setelah Kota Jakarta Timur.

Kota Jakarta Utara mempunyai luas 146,66 kilometer persegi dan mempunyai 6 Kecamatan dan 31 Kelurahan. Kegiatan administrasi Pemerintahan diselenggarakan di Koja.

Populasi penduduk Kota Jakarta Utara berjumlah 1.747.315 jiwa dan tersebar dengan kepadatan 11.914 jiwa per kilometer persegi. Kepadatan penduduk merupakan yang terendah kedua sesudah Kepulauan Seribu.

Dengan perkembangan teknologi, kini kita bisa memperoleh bermacam-macam Peta Jakarta sesuai dengan yang dibutuhkan. Peta penting daerah administratif, persebaran penduduk, tata ruang, persebaran kepadatan, sampai persebaran banjir pun bisa kita peroleh.

Ini tidak lepas dari jasa Holtorf yang sudah bersedia meluangkan waktunya hingga berpuluhan tahun menggambar Jakarta.

SEJARAH JAKARTA

PETA JAKARTA
PETA JAKARTA

Sebelum adanya nama Jakarta, Kota ini telah lebih dulu mengalami banyak pergantian nama. Nama pertama kali yang dimiliki oleh Kota Jakarta adalah Sunda Kelapa.

Bukti dari mengenai adanya pemukiman penduduk yang bernama Sunda Kelapa adalah Prasasti Tugu merupakan sebuah peninggalan yang tertanam di Daerah Jakarta Utara.

Prasasti Tugu mempunyai hubungan dengan empat prasasti lainnya yang diyakini berasal dari Zaman Kerajaan Hindu yaitu Kerajaan Tarumanegara ketika di pimpin oleh Raja Purnawarman.

Empat prasasti tersebut adalah Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu dan Prasasti Lebak. Nama dari Sunda dari kata Sunda Kelapa yang muncul pada abad ke 10 yang terdapat dalam Prasasti Kebon Kopi II yang dipekirakan ada pada tahun ke 932 Masehi.

Pada tahun 1030 sampai 1579 berdirilah sebuah Kerajaan yang bernama Padjajaran di wilayah Jawa Barat. Yang keberadaan Kerajaan Padjajaran telah diketahui tempatnya di daerah batu tulis yang sekarang bernama Kota Bogor. Letak dari Ibukota dari kerajaan ini dinyatakan pada Prasasti Batu Tulis pada tahun 1433 Masehi.

1. Masa Pendudukan Jepang

Kekuasaan Kolonial Belanda berakhir di Indonesia pada tahun 1942 saat pihak dari Belanda menyerahkan kekuasaannya kepada Pemerintahan Jepang. Penjajahan di Indonesia terus berlanjut dengan datangnya Pemerintahan Jepang dan berkuasa pada tahun 1942 sampai 1945.

Jepang menyuarakan propaganda 3A adalah Jepang sebgai Pemimpin Asia, Pelindung Asia, dan Cahaya Asia. Jepang menggunakan taktik yang sedemikian rupa dengan berpura-pura merangkul Rakyat Indonesia supaya kekuasaannya perlahan-lahan bisa di terima oleh Rakyat Indonesia.

Jepang melatih pemuda-pemuda Indonesia untuk siap berperang dengan membentuk PETA (Pembela Tanah Air) dan menjanjikan kepada Indonesia kemerdekaan dengan membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 1 Mei 1945.

Nama Batavia yang di buat oleh Belanda pun mengalami pergantian dengan menjadi Jakarta saat masa pendudukan Jepang. Pada saat itu Jepang memutuskan terlibat dengan Perang Dunia ke II.

2. Peran Kota Jakarta dalam Kemerdekaan Indonesia

Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia ke II menjadikan bumerang untuk Negeri matahari terbit itu. Pada tahun 1945 pihak sekutu melepaskan bom atom dari udara bertepatan di Kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan di Kota Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.

Dengan keadaan Negara yang tengah luluh lantak maka terjadilah kekosongan kekuasan di Indonesia karena dari pihak Jepang yang tengah fokus pada trategi pengeboman.

Hal tersebut membuat sebagaian pemuda Indonesia bersikeras untuk segera memproklamasikan kemerdekaan dan ketegangan pun sempat muncul terjadi dengan golongan yang tua.

Pada akhir tanggal 17 Agustus 1945 bertempatan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor.56 Jakarta yaitu rumah Bung Karno pada pukul 10.00 pagi dibacakan Proklamasi Kemerdekaan oleh Bung Karno yang didampingi oleh Bung Hatta dan diteruskan dengan pengibaran Bendera Merah Putih.

Berita yang mengenai Kemerdekaan dan telah diproklamasikan Kemerdekaan Indonesia dilakukan melewati stasiun radio RRI Jakarta.

KOTA DAN KABUPATEN YANG ADA DI JAKARTA

Di bawah ini adalah Kota atau Kabupaten yang berada di Jakarta:

  1. Kabupaten Kepulauan Seribu.
  2. Kota Jakarta Pusat.
  3. Kota Jakarta Barat.
  4. Kota Jakarta Selatan.
  5. Kota Jakarta Timur.
  6. Kota Jakarta Utara.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Peta Jakarta dengan lengkap, kurang lebihnya mohon maaf. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Peta Jakarta

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *